Jumat, 04 Agustus 2023

KELAS 1 MATERI PRAMUKA, JUM'AT 04 AGUSTUS 2023

 Hari/Tanggal : Jum'at, 4 Agustus 2023         Satuan Pendidikan : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung                        Fase/Kelas : A/1       Materi : Pramuka


Assalamualaikum anak sholih/ah.        
Bagaimana kabarnya hari ini anak sholeh dan sholehah?                                                               
Semoga semua sehat selalu, dalam lindungan Allah subhanahu wata'ala ya sayang..               
Ayo anak ibu guru, sudah siap semua untuk belajar hari ini? 

Sebelum memulai pembelajaran jangan lupa untuk mandi terlebih dahulu, sarapan, sholat dhuha dan murajaah yaa.

Kemudian mari kita membaca doa sebelum belajar:
“Radhitu billahi Rabbaa, wa bil Islami diina, wa bi Muhammadin nabiyyaa wa rasula robbi zidnii 'ilman warzuqni fahma.”


Hari ini kita akan belajar mata pelajaran Pramuka, apa itu Pramuka? yuk kita simak materi di bawah ini ^_^.


Sejarah Hari Pramuka

Organisasi Pramuka di Indonesia ditandai dengan munculnya cabang milik Belanda dengan nama Nederlandesche Padvinders Organisatie (NPO) pada tahun 1912.

Kemudian pada 1916, berubah nama menjadi Nederlands Indische Padvinders Vereniging (NIVP).

Di tahun yang sama, Mangkunegara VII membentuk Organisasi Kepanduan pertama Indonesia dengan nama Javaansche Padvinder Organisatie (JPO).

Lahirnya JPO memicu gerakan nasional lainnya untuk membuat organisasi sejenis pada saat itu.

Di antaranya Hizbul Wahton (HM) pada 1918, JJP (Jong Java Padvinderij) pada 1923, Nationale Padvinders (NP), Nationaal Indonesische Padvinderij (NATIPIJ), Pandoe Pemoeda Sumatra (PPS) dan dan penyatuan organisasi pandu diawali dengan lahirnya INPO (Indonesische Padvinderij Organisatie) pada 1926.

Organisasi tersebut dibuat sebagai peleburan dua organisasi kepanduan, yakni Nationale Padvinderij Organisatie (NPO) dan Jong Indonesische Padvinderij Organisatie (JIPO).

Melihat semakin banyaknya organisasi pramuka milik Indonesia, Belanda melarang organisasi kepramukaan di luar milik Belanda mengguakan istilah Padvinder.

Oleh karena itu, KH Agus Salim memperkenalkan istilah “Pandu” atau “Kepanduan” untuk organisasi Kepramukaan milik Indonesia.

Pada 23 Mei 1928, muncul Persaudaraan Antar Pandu Indonesia (PAPI) yang anggotanya terdiri dari INPO, SIAP, NATIPIJ, PPS.

Setelah kemerdekaan, lahirlah kepanduan yang bersifat nasional, yaitu Pandu Rakyat Indonesia pada 28 Desember 1945.

Dalam perjalanan sejarahnya, organisasi kepanduan yang jumlahnya ratusan dibagi menjadi beberapa federasi.

Menyadari adanya kelemahan dari beberapa federasi tersebut maka dibentuklah Persatuan Kepanduan Indonesia (PERKINDO).

Namun juga terkendala karena kurangnya kekompakan antara anggota yang tergabung di dalamnya.

Pada 1960 pemerintah dan MPRS berupaya untuk membenahi organisasi kepramukaan di Indonesia.

Sebagai tindak lanjut upaya tersebut, pada 9 Maret 1961, Preseiden Soekarno mengumpulkan tokoh-tokoh dari gerakan kepramukaan indonesia.

Presiden mengatakan bahwa organisasi kepanduan yang ada harus diperbaharui, aktivitas pendidikan haruslah diganti dan seluruh organisasi kepanduan yang ada dilebur menjadi satu dengah nama Pramuka.

Dalam kesempatan ini juga Presiden membentuk panitia pembentukan gerakan Pramuka yang tediri dari Sultan Hamengkubuwono XI, Prof Prijono, Dr A Aziz Saleh serta Achmadi.

Peristiwa ini kemudian dikenal dengan Hari Tunas Gerakan Pramuka.

Buah hasil kerja panitia tersebut yaitu dengan dikeluarkannya lampiran keputusan Presiden nomor 238 tahun 1961 pada 20 Mei 1961 tentang Gerakan Pramuka, maka peristiwa ini disebut sebagai Hari permulaan Tahun kerja.

Pada 30 Juli 1961 bertempat di Istora Senayan, seluruh tokoh–tokoh kepanduan indonesia menyatakan menggabungkan diri dengan orgnaisasi gerakan Pramuka.

Hari bersejarah ini disebut sebagai Hari Ikrar Gerakan Pramuka.

Kemudian, pada 14 Agustus 1961 dilakukan MAPINAS (Majelis Pimpinan Nasional) yang diketuai oleh Preiden Soekarno, wakil ketua I Sultan Hamengkubuwono XI dan wakil ketua II Brigjen TNI Dr. A. Azis Saleh.

Ditandai dengan penyerahan panji-panji Pramuka oleh Presiden Soekarno kepada tokoh-tokoh Pramuka.

Penyerahan dihadiri oleh ribuan anggota Pramuka untuk memperkenalkan gerakan Pramuka kepada Masyarakat.

Maka peristiwa ini dikenal sebagai hari lahir Pramuka yang sampai saat ini masih terus diperingati.

Arti Lambang Pramuka

Lambang Gerakan Pramuka diciptakan oleh seorang Pembina Pramuka, yakni Bapak Sumardjo Armodipuro.

Lambang pramuka sudah digunakan sejak 14 Agustus 1961 lalu, saat Gerakan Pramuka diperkenalkan ke masyarakat.

Sejak saat itulah, lambang tunas kelapa ini digunakan pada benda-benda Pramuka, seperti bendera, papan nama hingga lencana.

Ada beberapa alasan mengapa tunas kelapa dipilih sebagai lambang Gerakan Pramuka.

Pertama, tunas kelapa melambangkan setiap anggota Pramuka merupakan tunas bangsa Indonesia.

Sebagai tunas bangsa, kita harus bisa mengharumkan nama Indonesia.

Kemudian, tunas kelapa dapat bertahan lama dalam kondisi apa pun.

Hal ini melambangkan bahwa setiap anggota Pramuka harus bisa bertahan dalam menghadapi segala tantangan untuk mengabdi kepada bangsa Indonesia.

unas kelapa yang bisa tumbuh di mana saja melambangkan setiap anggota Pramuka bisa menyesuaikan diri dengan keadaan sekitar.

Perlu diketahui, pohon kelapa juga tumbuh tinggi menjulang dan menjadi salah satu pohon tertinggi.

Hal ini menunjukkan bahwa setiap anggota Pramuka memiliki cita-cita yang tinggi dan bisa tetap tegak berdiri.

Lalu, akar pohon kelapa biasanya tumbuh kuat di tanah yang melambangkan bahwa setiap anggota Pramuka berpegang pada keyakinan yang kuat untuk mencapai cita-citanya.

Selain itu, pohon kelapa adalah pohon yang memiliki banyak manfaat.

Hal tersebut melambangkan setiap anggota Pramuka merupakan manusia yang berguna bagi negara Indonesia

Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik. 
Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini? 
Apa yang telah kalian pelajari hari ini? 

Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia.
Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.
Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa terlebih dahulu.
Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang baik di rumah bersama keluarga kalian ya…

Ibu guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb. ^_^


Kamis, 03 Agustus 2023

KELAS 1 MATERI P5, KAMIS 03 AGUSTUS 2023

 Hari/Tanggal             : Kamis, 3 Agustus 2023        

Satuan Pendidikan    : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung                       

Fase/Kelas                : A/1                 

Tahun Pelajaran        : 2023/2024

Tema                         : Gaya Hidup Berkelanjutan

Topik                         : Cerdik Kelola Sampah Plastik


Dimensi                                      : Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME dan akhlak mulia

Subtema                                     :   1. Memahami keterhubungan ekosistem Bumi

                                                        2. Menjaga lingkungan alam sekitar

Target Pencapaian di Fase A :     1Mengidentifikasi berbagai ciptaan Tuhan

                                                        2. Membiasakan bersyukur atas lingkungan alam sekitar dan                                                             berlatih untuk menjaganya

Materi Kegiatan : Kotak Prediksi Perubahan Plastik


Tabik pun... 

Bagaimana kabarnya hari ini anak sholeh dan sholehah? Semoga semua sehat selalu, dalam lindungan Allah subhanahu wata'ala ya sayang.. 

Ayo anak ibu guru, sudah siap semua untuk belajar hari ini?            

Hari ini kita akan Mempelajari tentang .Perubahan dan perbedaan bunga plastik dan bunga segar.

Tujuan Pembelajaran yaitu agar peserta didik mengetahui perbedaan bunga plastik dan bunga segar dan mengetahui prubahan yang terjadi pada kedua benda tersebut.


Mari anak sholih dan sholihah mari kita ulas sedikit tentang menjaga kebersihan lingkungan yang sudah kita bahas minggu yang lalu, apakah kalian sudah menjaga kebersihan lingkungan dirumah dan disekolah?

Anak-anak ibu guru yang ibu sayang, ingatlah selalu bahwa sampah yang kita hasilkan itu adalah milik kita dan kita harus betanggung jawab untuk sampah tersebut, bertanggung jawab nya yaitu dengan cara membuang sampah pada tempat yang sudah disediakan yaaa..

Ada yang sudah tau apa itu sampah organik dan anorganik?

Baik mari kita simak penjelasan nya dibawah ini yaaa...

Sampah organik adalah sampah yang terdiri atas bahan-bahan organik. Sifat sampah organik adalah tidak tahan lama dan cepat membusuk. Biasanya sampah jenis ini berasal dari makhluk hidup. Contohnya adalah sayur-sayuran, buah-buah yang membusuk, sisa nasi, daun, dan sebagainya.

Sedangkan,

Sampah anorganik adalah sampah yang terdiri atas bahan-bahan anorganik. Contoh bahan-bahan anorganik adalah bahan logam, plastik, kaca, karet, dan kaleng. Sifat sampah anorganik adalah tahan lama dan sukar membusuk. Sampah ini tidak mudah diuraikan oleh mikroorganisme tanah.

PENUTUP
Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.                    
Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini? Apa yang telah kalian pelajari hari ini? 
Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia.

Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.
Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa. Yuk sebelum berdoa kita tepuk jari terlebih dahulu!Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang baik di rumah bersama keluarga kalian ya…
Ibu guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

Rabu, 02 Agustus 2023

KELAS 1 MATERI BAHASA INDONESIA, SELASA 02 AGUSTUS 2023

Hari/Tanggal             : Selasa, 02 Agustus 2023                  Satuan Pendidikan    : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung      Fase/Kelas                 : A/1                                                      BAB/Tema                : Bunyi Apa?/Bunyi dan Panca Indra    Materi                        : Persiapan Membaca                    Pembelajaran            : Persiapan Membaca, persiapan menulis

                                                            

Capaian Pembelajaran (CP) :
Membaca:
Mengenali bentuk dan melafalkan bunyi huruf.
Menulis:
Menuliskan kata-kata yang sering ditemui.
Membaca
Mengenali dan mengeja kombinasi abjad pada suku kata dan kata yang sering ditemui.
Membaca:
Mengenali dan mengeja kombinasi abjad pada kata dan suku kata yang sering ditemui.

Tujuan Pembelajaran :
Dengan menyimak dan menanggapi bacaan tentang bunyi dan pancaindra secara lisan, peserta didik dapat mengenali abjad, merangkai suku kata yang diawali huruf ‘b’, menulis huruf ‘B’ dan ‘b,’ serta menulis namanya sendiri. 
ATP :
1.2 Dengan menyimak dan menanggapi bacaan tentang tempat dan aturan bermain, peserta didik dapat mengenali tanda tanya dan tanda seru dalam kalimat, serta membaca dan menulis suku kata yang diawali dengan huruf ‘h’ dan ‘c’.

Assalamualaikum wr.wb, anak-anak sholeh/ha
Bagaimana kabarnya hari ini anak sholeh/sholehah?
Semoga semua dalam keadaan sehat selalu, dalam lindungan Allah Subhanahu Wata’Ala ya sayang…
Ayo anak-anak Ibu Guru, sudah siap untuk belajar hari ini?
Hari ini kita akan belajar mata pelajaran bahasa Indonesia, yaitu dengan menyimak dan menanggapi bacaan tentang bunyi dan pancaindra secara lisan, peserta didik wajib mengamati gambar di bawah ini.

Menyimak
Simaklah, lalu ikuti guru membacanya.
Menulis
Kalian akan berlatih menulis.
Peganglah pensil dengan benar.
Saat menulis, duduk yang tegak.
Sekarang, tuliskan huruf awal nama binatang-binatang ini.
Guru akan membimbing kalian.

PENUTUP
Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.                    
Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini? Apa yang telah kalian pelajari hari ini? 
Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia.

Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.
Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa. Yuk sebelum berdoa kita tepuk jari terlebih dahulu!Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang baik di rumah bersama keluarga kalian ya…
Ibu guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb

KELAS 1 MATERI BAHASA LAMPUNG, RABU 02 AGUSTUS 2023

MATERI AJAR

 

KELAS : I
Mata Pelajaran : BAHASA LAMPUNG
Pertemuan Ke : 2
Materi : Induk Huruf Aksara Lampung
Hari/tanggal : Senin, 2 Agustus 2021

 

Assalamualaikum anak sholih/ah..        
Bagaimana kabarnya hari ini anak sholeh dan sholehah?                                                               
Semoga semua sehat selalu, dalam lindungan Allah subhanahu wata'ala ya sayang..               
Ayo anak ibu guru, sudah siap semua untuk belajar hari ini? 

Sebelum memulai pembelajaran jangan lupa untuk mandi terlebih dahulu, sarapan, sholat dhuha dan murajaah yaa.

Hari ini kita akan belajar mata pelajaran Bahasa Lampung, tujuan pembelajarannya yaitu supaya anak sholeh/ah ibu guru mengenal kebudayaan lampung salah satunya aksara lampung

Kita harus bangga dong sebagai warga provinsi Lampung yang memiliki Bahasa Daerah beserta aksaranya.

Nah, untuk melestarikan budaya dan bahasa Provinsi kita, yuk kita lanjutkan belajar Aksara Lampung.

Mengenal Induk Aksara Lampung

Induk aksara lampung ada 20 aksara.
Nah sebelum kita lanjutkan belajarnya, yukk kita sama-sama melihat Video Pengenalan aksara Lampung…


Atau klik di bawah yaa jika video diatas tidak tampil

https://youtu.be/NG8GdiJiEC0


Kalau kemarin kita sudah belajar aksara yang ke-1 sampai ke-4, hari ini kita lanjutkan belajar aksara lampung yang ke-5 sampai ke-8.

 



  dibaca BA



          



      dibaca MA




 dibaca TA


  

 

dibaca DA




Ucapkan secara berulang agar kalian hafal 4 induk aksara lampung di atas ya…!!

 

T U G A S

Salinlah di buku tulis bahasa lampung!

Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik. 

Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini? 

Apa yang telah kalian pelajari hari ini? 

Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia.

Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.

Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa terlebih dahulu.

Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang baik di rumah bersama keluarga kalian ya…

Ibu guru akhiri, 


Wassalamu’alaikum Wr.Wb. ^-^


Selasa, 01 Agustus 2023

KELAS 1 MATERI MATEMATIKA, SELASA 01 AGUSTUS 2023

Hari/Tanggal : Selasa, 01 Agustus 2023        
Satuan Pendidikan : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung                       
Fase/Kelas : A/1                 
BAB/Tema : Ayo Membilang sampai dengan 10/Menghitung, Membaca dan Menulis Bilangan  
Materi : Membandingkan banyak benda


Capaian Pembelajaran (CP)

  • Peserta didik menunjukkan pemahaman dan memiliki intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 20, mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, serta melakukan komposisi (menyusun) dan dekomposisi (mengurai) bilangan.

  • Peserta didik dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan menggunakan benda-benda konkret yang banyaknya sampai 20.

Tujuan Pembelajaran

Peserta didik dapat menunjukkan konsep sama banyak, lebih banyak, dan lebih sedikit dari dua kelompok benda menggunakan benda konkret.

Assalamualaikum anak sholih/ah..        

Bagaimana kabarnya hari ini anak sholeh dan sholehah?                                                               
Semoga semua sehat selalu, dalam lindungan Allah subhanahu wata'ala ya sayang..               
Ayo anak ibu guru, sudah siap semua untuk belajar hari ini? 

Sebelum memulai pembelajaran jangan lupa untuk mandi terlebih dahulu, sarapan, sholat dhuha dan murajaah yaa.

Hari ini kita akan belajar mata pelajaran Matematika, tujuan pembelajarannya yaitu peserta didik dapat mengenal bilangan asli sampai dengan10, menulis dan membaca lambang bilangan dengan benar, serta membandingkan dua bilangan.

Mari kita mulai pembelajaran hari ini dengan membaca doa sebelum belajar
“Radhitu billahi Rabbaa, wa bil Islami diina, wa bi Muhammadin nabiyyaa wa rasula robbi zidnii 'ilman warzuqni fahma.”

Selanjutnya simak materi berikut ini ya anak sholih/ah ^-^


Membandingkan Banyak Benda

Peserta didik dapat berdiskusi secara berkelompok. Dalam setiap kelompok, peserta didik dapat mengamati gambar di buku siswa tentang kursi dan layang-layang. Dalam kelompok, peserta didik mendiskusikan pertanyaan berikut ini.

  1. Benda apa yang paling banyak?

  2. Benda apa yang paling sedikit?

  3. Apa alasan kalian?

Setiap kelompok mendapat kesempatan untuk menyampaikan pendapat mereka


  1. Sama banyak

Sama banyak adalah jika semua benda kelompok pertama mempunyai pasangan di kelompok yang kedua. Begitu pula sebaliknya.



  1. Lebih Banyak dan Lebih Sedikit

Lebih banyak adalah jika kelompok pertama memiliki sisa benda yang tidak punya pasangan.



Lebih sedikit adalah jika kelompok kedua memiliki benda yang tidak punya pasangan.




KELAS 1 MATERI SENI MUSIK, SELASA 1 AGUSTUS 2023

Hari/Tanggal                       :  Selasa, 1 Agustus 2023                                                                                   

Satuan Pendidikan             :  SD Al Azhar 1 Bandar Lampung                                                           

Fase/Kelas                          :  A/1                                                                                                     

BAB/Tema                           :  Bernyanyi Lagu Nasional/ Lagu Nasional                                                        

Materi                                  :   Bermain dan Bernyanyi                                                                               

Pembelajaran                      :   Lagu Nasional                                                                                                            


Bagaimana kabarnya hari ini anak sholeh dan sholehah? Semoga semua sehat selalu, dalam lindungan Allah subhanahu wata'ala ya sayang.. Ayo anak ibu guru, sudah siap semua untuk belajar hari ini?            

Hri ini kita akan belajaran mata pelajaran SBdp Seni Musik.

Tujuan Pembelajaran: Peserta didik mampu bernyanyi secara mandiri dan bersama lagu nasional guna membangun rasa nasionalisme.

Ayo anak-anak apakah kalian mengetahui tentang musik? Apakah kalian tau tentang lagu nasional?

Kegiatan Belajar 1

Bernyanyi Lagu Nasional 

1. Indonesia raya                                                                     2. Garuda pancasila                                                                3. Berkibarlah benderaku                                                     

4. Maju tak gentar  


Di sekolah, Arda sering menyanyikan lagu ”Sorak-sorak Bergembira”
Bersama teman-temannya Arda juga menyanyikan lagu ”Maju tak 
Gentar”
Ketika upacara bendera, Arda sangat senang menyanyikan lagu 
”Indonesia Raya”
Apalagi dinyanyikan bersama-sama, Arda sangat bersemangat.
Nah bagaimana denganmu?
Lagu nasional apa saja yang kamu sukai?
Nyanyikan salah satu lagu nasional yang kamu sukai!


PENUTUP

Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik. Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini? Apa yang telah kalian pelajari hari ini? 

Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia.
Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.
Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa. Yuk sebelum berdoa kita tepuk jari terlebih dahulu!Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang baik di rumah bersama keluarga kalian ya…
Ibu guru akhiri, 

Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

KESIMPULAN MATERI BAHASA INDONESIA, SENIN 31 JULI 2023

Kesimpulan Materi Bahasa Indonesia, Senin 31 Juli 202 

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Selamat siang anak-anak sholeh/ah...

Bagaimana belajar hari ini disekolah apakah menyenangkan. 

Insyaallah semuanya menyenangkan yaa. 


Alhamdulillah, hari ini kita sudah belajar di sekolah dengan Happy dan anak2 ibu guru semua hebat sudah mengikuti pembelajaran dengan baik.

Apa yang anak-anak dapat dari materi yang telah kita bahas hari ini?

Alhamdulillah kalian di sekolah telah belajar bahasa Indonesia mengenai Pagi yang sibuk, dimana kalian semua sudah mengetahui suasana pada saat di pagi hari. Serta suara apa saja yang terdengar di suasana pagi hari. 

Kemudian kalian sudah belajar mengenal suara dari hewan yang ada di sekitar kita. Contohnya seperti suara ayam, kucing, burung dan kambing. Kemudian kalian menirukan suara dari masing hewan yang ada di sekitar serta kalian sudah mempelajari huruf apa saja yang ada pada huruf yang terdapat di dalam suara hewan tersebut

Contohnya :

Suara Burung : cuit cuit

Terdapat huruf C-U-I-T

Jumlah hurufnya yaitu 5

Melalui video pembelajaran yang sudah ibuguru tayangkan alhamdulillah tujuan pembelajaran kita tercapai. 


Alhamdulillah materi yang telah kita bahas hari ini semuanya sudah tercapai, Ibu Guru harap kalian bisa mengulasnya kembali di rumah ya Nak sholeh/ah

Terimakasih, karna hari ini kalian telah belajar dengan hati yang bahagia dan mengikuti pembelajaran dengan baik😘

Semangat belajar dirumah jangan lupa sholat. Ibu guru akhiri, Wassalamu'alaikum Wr.Wb.