Hari/Tanggal : Selasa, 01 Agustus 2023
Satuan Pendidikan : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung
Fase/Kelas : A/1
BAB/Tema : Ayo Membilang sampai dengan 10/Menghitung, Membaca dan Menulis Bilangan
Materi : Membandingkan banyak benda
Capaian Pembelajaran (CP)
Peserta didik menunjukkan pemahaman dan memiliki intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 20, mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, serta melakukan komposisi (menyusun) dan dekomposisi (mengurai) bilangan.
Peserta didik dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan menggunakan benda-benda konkret yang banyaknya sampai 20.
Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat menunjukkan konsep sama banyak, lebih banyak, dan lebih sedikit dari dua kelompok benda menggunakan benda konkret.
Assalamualaikum anak sholih/ah..
Bagaimana kabarnya hari ini anak sholeh dan sholehah?
Semoga semua sehat selalu, dalam lindungan Allah subhanahu wata'ala ya sayang..
Ayo anak ibu guru, sudah siap semua untuk belajar hari ini?
Sebelum memulai pembelajaran jangan lupa untuk mandi terlebih dahulu, sarapan, sholat dhuha dan murajaah yaa.
Hari ini kita akan belajar mata pelajaran Matematika, tujuan pembelajarannya yaitu peserta didik dapat mengenal bilangan asli sampai dengan10, menulis dan membaca lambang bilangan dengan benar, serta membandingkan dua bilangan.
Mari kita mulai pembelajaran hari ini dengan membaca doa sebelum belajar
“Radhitu billahi Rabbaa, wa bil Islami diina, wa bi Muhammadin nabiyyaa wa rasula robbi zidnii 'ilman warzuqni fahma.”
Selanjutnya simak materi berikut ini ya anak sholih/ah ^-^
Membandingkan Banyak Benda
Peserta didik dapat berdiskusi secara berkelompok. Dalam setiap kelompok, peserta didik dapat mengamati gambar di buku siswa tentang kursi dan layang-layang. Dalam kelompok, peserta didik mendiskusikan pertanyaan berikut ini.
Benda apa yang paling banyak?
Benda apa yang paling sedikit?
Apa alasan kalian?
Setiap kelompok mendapat kesempatan untuk menyampaikan pendapat mereka
Sama banyak
Sama banyak adalah jika semua benda kelompok pertama mempunyai pasangan di kelompok yang kedua. Begitu pula sebaliknya.
Lebih Banyak dan Lebih Sedikit
Lebih banyak adalah jika kelompok pertama memiliki sisa benda yang tidak punya pasangan.
Lebih sedikit adalah jika kelompok kedua memiliki benda yang tidak punya pasangan.