Jumat, 03 Oktober 2025
KELAS 1 MATERI SENI RUPA, JUM'AT 3 OKTOBER 2025
Rabu, 01 Oktober 2025
KELAS 1 MATERI BAHASA INDONESIA, RABU 1 OKTOBER 2025
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Hari/Tanggal : Rabu/ 1 Oktober 2025
Menyimak
Murid mampu bersikap menjadi pendengar yang penuh perhatian.
Murid menunjukkan minat pada tuturan yang didengar serta mampu memahami informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), instruksi lisan, dan percakapan yang berkaitan dengan diri, keluarga, dan/atau lingkungan.
Membaca dan Memirsa
Murid mampu bersikap menjadi pembaca dan pemirsa yang menunjukkan minat terhadap teks yang dibaca atau dipirsa.
Murid mampu membaca kata-kata yang dikenali sehari-hari dengan fasih. Murid mampu memahami informasi dari bacaan dan tayangan yang dipirsa tentang diri dan lingkungan, narasi imajinatif, dan puisi anak.
Murid mampu memaknai kosakata baruan/atau kosakata Bahasa Indonesia serapan dari bahasa daerah dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa dengan bantuan ilustrasi.
Berbicara dan Mempresentasikan
Murid mampu berbicara dengan santun tentang beragam topik yang dikenali menggunakan volume dan intonasi yang tepat sesuai konteks.
Murid mampu merespons dengan bertanya tentang sesuatu, menjawab, dan menanggapi komentar orang lain (teman, guru, dan/atau orang dewasa) dengan baik dan santun dalam suatu percakapan.
Murid mampu menceritakan kembali suatu isi informasi yang dibaca atau didengar; dan menceritakan kembali teks narasi yang dibacakan atau dibaca dengan topik diri, keluarga, dan/atau lingkungan.
Menulis
Murid mampu menunjukkan keterampilan menulis permulaan dengan benar di atas kertas dan/atau melalui media digital.
Murid mampu mengembangkan tulisan tangan yang semakin baik.
Murid mampu menulis berbagai teks tentang diri, keluarga, dan/atau lingkungan dengan beberapa kalimat sederhana
Mengenal cara membaca awal (membaca huruf demi huruf, kata demi kata, dengan lafal dan intonasi sederhana).
Menceritakan kembali bagaimana cara membaca permulaan yang baik menurut pemahamannya.
Mengetahui dan menyebutkan sikap menyimak yang baik, misalnya: duduk tenang, mata mengarah pada guru, tidak berbicara saat mendengarkan.
Menyimak cerita yang dibacakan atau diperdengarkan guru, baik secara lisan maupun audiovisual.
Menjawab pertanyaan sederhana berdasarkan isi cerita.
Menyimak cerita yang melibatkan gerakan fisik (misalnya: tokoh melompat, berjalan, tidur).
Menirukan gerakan dalam cerita sesuai instruksi atau kreativitas sendiri.
Melalui latihan menjawab pertanyaan terhadap teks “Hati-Hati!”yang dibacakan, Murid dapat menyimpulkan informasi serta menceritakan Kembali simpulannya dengan tepat.
Melalui kegiatan menjawab pertanyaan guru tentang perbuatan yang boleh dan tidak boleh dilakukan, Murid menyampaikan pendapatnya dengan relevan, jelas, dan sopan.
Assalamu'alaikum wr.wb
Tabik Pun..
Selamat Pagi anak shalih dan shalihah...
Bagaimana kabarnya hari ini anak sholih dan sholihah?
Semoga semua sehat selalu, dalam lindungan Allah subhanahu wata'ala ya sayang..
Ayo anak ibu guru, sudah siap semua untuk belajar hari ini?
Sebelum memulai pembelajaran mari kita membaca doa terlebih dahulu:
“Radhitu billahi Rabbaa, wa bil Islami diina, wa bi Muhammadin nabiyyaa wa rasula robbi zidnii 'ilmanwarzuqni fahma.”
BAB 2
AYO BERMAIN
MENYIMAK
Amati gambar ini sambil menyimak guru membaca ceritanya.
AYO BERMAIN
MENIRUKAN DAN MELAKUKAN
Nyanyikan lagu di bawah ini.
Gantilah kata-kata ‘tepuk tangan’ dan ‘pegang hidung’dengan
kata-kata sendiri, ya.
Kalau kau suka hati, tepuk tangan
Kalau kau suka hati, tepuk tangan
Kalau kau suka hati, ayo kita lakukan
Kalau kau suka hati, tepuk tangan
Kalau kau suka hati, pegang hidung
Kalau kau suka hati, pegang hidung
Kalau kau suka hati, ayo kita lakukan
Kalau kau suka hati, pegang hidung
BERBICARA
Setelah membaca kalimat di atas, jawablah pertanyaan-pertanyaan
guru dengan jelas dan sopan.
TANDA BACA
1. Mana perbuatan yang tidak boleh dilakukan? Mengapa?
2. Mana perbuatan yang boleh dilakukan? Mengapa?
Ikuti guru membaca kalimat-kalimat di bawah ini.
Gunakan intonasi yang benar, ya.
1. Jangan!
2. Apakah kalian mau bermain denganku?
3. Hati-hati!
4. Apakah kamu terluka?
PENUTUP
Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.
Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini? Apa yang telah kalian pelajari hari ini?
Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia
Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.
Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa. Yuk sebelum berdoa kita tepuk jari terlebih dahulu!Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang baik di rumah bersama keluarga kalian ya…
Ibu guru akhiri,
Wassalamu’aalaikumsalam wr.wb
Selasa, 30 September 2025
KELAS 1 MATERI MATEMATIKA, SELASA 30 SEPTEMBER 2025
Senin, 29 September 2025
KELAS 1 MATERI BAHASA INDONESIA, SENIN 29BSEPTEMBER 2025
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Hari/Tanggal : Senin/29 September 2025
Menyimak
Murid mampu bersikap menjadi pendengar yang penuh perhatian.
Murid menunjukkan minat pada tuturan yang didengar serta mampu memahami informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), instruksi lisan, dan percakapan yang berkaitan dengan diri, keluarga, dan/atau lingkungan.
Membaca dan Memirsa
Murid mampu bersikap menjadi pembaca dan pemirsa yang menunjukkan minat terhadap teks yang dibaca atau dipirsa.
Murid mampu membaca kata-kata yang dikenali sehari-hari dengan fasih. Murid mampu memahami informasi dari bacaan dan tayangan yang dipirsa tentang diri dan lingkungan, narasi imajinatif, dan puisi anak.
Murid mampu memaknai kosakata baruan/atau kosakata Bahasa Indonesia serapan dari bahasa daerah dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa dengan bantuan ilustrasi.
Berbicara dan Mempresentasikan
Murid mampu berbicara dengan santun tentang beragam topik yang dikenali menggunakan volume dan intonasi yang tepat sesuai konteks.
Murid mampu merespons dengan bertanya tentang sesuatu, menjawab, dan menanggapi komentar orang lain (teman, guru, dan/atau orang dewasa) dengan baik dan santun dalam suatu percakapan.
Murid mampu menceritakan kembali suatu isi informasi yang dibaca atau didengar; dan menceritakan kembali teks narasi yang dibacakan atau dibaca dengan topik diri, keluarga, dan/atau lingkungan.
Menulis
Murid mampu menunjukkan keterampilan menulis permulaan dengan benar di atas kertas dan/atau melalui media digital.
Murid mampu mengembangkan tulisan tangan yang semakin baik.
Murid mampu menulis berbagai teks tentang diri, keluarga, dan/atau lingkungan dengan beberapa kalimat sederhana
Mengenal cara membaca awal (membaca huruf demi huruf, kata demi kata, dengan lafal dan intonasi sederhana).
Menceritakan kembali bagaimana cara membaca permulaan yang baik menurut pemahamannya.
Mengetahui dan menyebutkan sikap menyimak yang baik, misalnya: duduk tenang, mata mengarah pada guru, tidak berbicara saat mendengarkan.
Menyimak cerita yang dibacakan atau diperdengarkan guru, baik secara lisan maupun audiovisual.
Menjawab pertanyaan sederhana berdasarkan isi cerita.
Menyimak cerita yang melibatkan gerakan fisik (misalnya: tokoh melompat, berjalan, tidur).
Menirukan gerakan dalam cerita sesuai instruksi atau kreativitas sendiri.
Melalui latihan menjawab pertanyaan terhadap teks “Hati-Hati!”yang dibacakan, Murid dapat menyimpulkan informasi serta menceritakan Kembali simpulannya dengan tepat.
Melalui kegiatan menjawab pertanyaan guru tentang perbuatan yang boleh dan tidak boleh dilakukan, Murid menyampaikan pendapatnya dengan relevan, jelas, dan sopan.
Assalamu'alaikum wr.wb
Tabik Pun..
Selamat Pagi anak shalih dan shalihah...
Bagaimana kabarnya hari ini anak sholih dan sholihah?
Semoga semua sehat selalu, dalam lindungan Allah subhanahu wata'ala ya sayang..
Ayo anak ibu guru, sudah siap semua untuk belajar hari ini?
Sebelum memulai pembelajaran mari kita membaca doa terlebih dahulu:
“Radhitu billahi Rabbaa, wa bil Islami diina, wa bi Muhammadin nabiyyaa wa rasula robbi zidnii 'ilmanwarzuqni fahma.”
KISI-KISI SUMATIF 2 BAHASA INDONESIA
BAB 2
AYO BERMAIN
MENYIMAK
Amati gambar ini sambil menyimak guru membaca ceritanya.
AYO BERMAIN
MENIRUKAN DAN MELAKUKAN
Nyanyikan lagu di bawah ini.
Gantilah kata-kata ‘tepuk tangan’ dan ‘pegang hidung’dengan
kata-kata sendiri, ya.
Kalau kau suka hati, tepuk tangan
Kalau kau suka hati, tepuk tangan
Kalau kau suka hati, ayo kita lakukan
Kalau kau suka hati, tepuk tangan
Kalau kau suka hati, pegang hidung
Kalau kau suka hati, pegang hidung
Kalau kau suka hati, ayo kita lakukan
Kalau kau suka hati, pegang hidung
BERBICARA
Setelah membaca kalimat di atas, jawablah pertanyaan-pertanyaan
guru dengan jelas dan sopan.
TANDA BACA
1. Mana perbuatan yang tidak boleh dilakukan? Mengapa?
2. Mana perbuatan yang boleh dilakukan? Mengapa?
Ikuti guru membaca kalimat-kalimat di bawah ini.
Gunakan intonasi yang benar, ya.
1. Jangan!
2. Apakah kalian mau bermain denganku?
3. Hati-hati!
4. Apakah kamu terluka?
PENUTUP
Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.
Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini? Apa yang telah kalian pelajari hari ini?
Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia
Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.
Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa. Yuk sebelum berdoa kita tepuk jari terlebih dahulu!Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang baik di rumah bersama keluarga kalian ya…
Ibu guru akhiri,
Wassalamu’aalaikumsalam wr.wb
Rabu, 24 September 2025
KELAS 1 MATERI MATEMATIKA, RABU 24 SEPTEMBER 2025
Selasa, 23 September 2025
KELAS 1 MATERI BAHASA INDONESIA, SELASA 23 SEPTEMBER 2025
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Hari/Tanggal : Selasa/ 23 September 2025
Menyimak
Murid mampu bersikap menjadi pendengar yang penuh perhatian.
Murid menunjukkan minat pada tuturan yang didengar serta mampu memahami informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), instruksi lisan, dan percakapan yang berkaitan dengan diri, keluarga, dan/atau lingkungan.
Membaca dan Memirsa
Murid mampu bersikap menjadi pembaca dan pemirsa yang menunjukkan minat terhadap teks yang dibaca atau dipirsa.
Murid mampu membaca kata-kata yang dikenali sehari-hari dengan fasih. Murid mampu memahami informasi dari bacaan dan tayangan yang dipirsa tentang diri dan lingkungan, narasi imajinatif, dan puisi anak.
Murid mampu memaknai kosakata baruan/atau kosakata Bahasa Indonesia serapan dari bahasa daerah dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa dengan bantuan ilustrasi.
Berbicara dan Mempresentasikan
Murid mampu berbicara dengan santun tentang beragam topik yang dikenali menggunakan volume dan intonasi yang tepat sesuai konteks.
Murid mampu merespons dengan bertanya tentang sesuatu, menjawab, dan menanggapi komentar orang lain (teman, guru, dan/atau orang dewasa) dengan baik dan santun dalam suatu percakapan.
Murid mampu menceritakan kembali suatu isi informasi yang dibaca atau didengar; dan menceritakan kembali teks narasi yang dibacakan atau dibaca dengan topik diri, keluarga, dan/atau lingkungan.
Menulis
Murid mampu menunjukkan keterampilan menulis permulaan dengan benar di atas kertas dan/atau melalui media digital.
Murid mampu mengembangkan tulisan tangan yang semakin baik.
Murid mampu menulis berbagai teks tentang diri, keluarga, dan/atau lingkungan dengan beberapa kalimat sederhana
Mengenal cara membaca awal (membaca huruf demi huruf, kata demi kata, dengan lafal dan intonasi sederhana).
Menceritakan kembali bagaimana cara membaca permulaan yang baik menurut pemahamannya.
Mengetahui dan menyebutkan sikap menyimak yang baik, misalnya: duduk tenang, mata mengarah pada guru, tidak berbicara saat mendengarkan.
Menyimak cerita yang dibacakan atau diperdengarkan guru, baik secara lisan maupun audiovisual.
Menjawab pertanyaan sederhana berdasarkan isi cerita.
Menyimak cerita yang melibatkan gerakan fisik (misalnya: tokoh melompat, berjalan, tidur).
Menirukan gerakan dalam cerita sesuai instruksi atau kreativitas sendiri.
Melalui latihan menjawab pertanyaan terhadap teks “Hati-Hati!”yang dibacakan, Murid dapat menyimpulkan informasi serta menceritakan Kembali simpulannya dengan tepat.
Melalui kegiatan menjawab pertanyaan guru tentang perbuatan yang boleh dan tidak boleh dilakukan, Murid menyampaikan pendapatnya dengan relevan, jelas, dan sopan.
Assalamu'alaikum wr.wb
Tabik Pun..
Selamat Pagi anak shalih dan shalihah...
Bagaimana kabarnya hari ini anak sholih dan sholihah?
Semoga semua sehat selalu, dalam lindungan Allah subhanahu wata'ala ya sayang..
Ayo anak ibu guru, sudah siap semua untuk belajar hari ini?
Sebelum memulai pembelajaran mari kita membaca doa terlebih dahulu:
“Radhitu billahi Rabbaa, wa bil Islami diina, wa bi Muhammadin nabiyyaa wa rasula robbi zidnii 'ilmanwarzuqni fahma.”
BAB 2
AYO BERMAIN
MENIRUKAN DAN MELAKUKAN
Nyanyikan lagu di bawah ini.
Gantilah kata-kata ‘tepuk tangan’ dan ‘pegang hidung’dengan
kata-kata sendiri, ya.
Kalau kau suka hati, tepuk tangan
Kalau kau suka hati, tepuk tangan
Kalau kau suka hati, ayo kita lakukan
Kalau kau suka hati, tepuk tangan
Kalau kau suka hati, pegang hidung
Kalau kau suka hati, pegang hidung
Kalau kau suka hati, ayo kita lakukan
Kalau kau suka hati, pegang hidung
BERBICARA
Setelah membaca kalimat di atas, jawablah pertanyaan-pertanyaan
guru dengan jelas dan sopan.
TANDA BACA
1. Mana perbuatan yang tidak boleh dilakukan? Mengapa?
2. Mana perbuatan yang boleh dilakukan? Mengapa?
Ikuti guru membaca kalimat-kalimat di bawah ini.
Gunakan intonasi yang benar, ya.
1. Jangan!
2. Apakah kalian mau bermain denganku?
3. Hati-hati!
4. Apakah kamu terluka?
Assalamu'alaikum wr.wb
Tabik Pun.
Selamat Pagi anak shalih dan shalihah...
Bagaimana kabarnya hari ini anak-anak Sholih dan Sholihah
Semoga semua sehat selalu, dalam lindungan Allah subhanahu wata'ala ya sayang..
Ayo anak ibu guru, sudah siap semua untuk belajar hari ini?
Sebelum memulai pembelajaran mari kita membaca doa terlebih dahulu:
“Radhitu billahi Rabbaa, wa bil Islami diina, wa bi Muhammadin nabiyyaa wa rasula robbi zidnii 'ilmanwarzuqni fahma.”
Hari ini kita akan melakukan Ulangan harian matematika, apakah masih ingat materi yang ibu guru sampaikan? Mari kita ulang kembali materi yang ibu guru sampaikan agar dapat mengerjakan soal ulangan dengan baik
Perhatikan materi dibawah ini:
1. Materi angka 1-10
PENUTUP
Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.
Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini? Apa yang telah kalian pelajari hari ini?
Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia
Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.
Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa. Yuk sebelum berdoa kita tepuk jari terlebih dahulu!Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang baik di rumah bersama keluarga kalian ya…
Ibu guru akhiri,
Wassalamu’aalaikumsalam wr.wb
Jumat, 19 September 2025
KELAS 1 MATERI SENI RUPA, JUM'AT 19 SEPTEMBER 2025
Mata Pelajaran : Seni Rupa
Hari/Tanggal : Jum'at/19 September 2025
Mengalami, merasakan, merespon, dan bereksperimen dengan aneka sumber.
Mengamati, merekam dan mengumpulkan pengalaman dan informasi serupa.
Menciptakan
Memilih, menggunakan dan/atau menerapkan berbagai media, bahan, alat, teknologi dan proses yang sesuai dengan tujuan tertentu.
Murid memahami unsur seni rupa
Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) :
Mengamati benda-benda di sekitar (daun, kain, perabot, bunga, gambar) lalu menyampaikan pendapatnya: mana yang terlihat indah, dan mengapa.
Menyampaikan pendapat pribadi tentang keindahan menggunakan kata-kata sederhana (misalnya: "warnanya bagus", "garisnya halus", "saya suka bentuknya").
Assalamu'alaikum wr.wb
Tabik Pun..
Selamat Pagi anak shalih dan shalihah...
Bagaimana kabarnya hari ini anak sholih dan sholihah?
Semoga semua sehat selalu, dalam lindungan Allah subhanahu wata'ala ya sayang..
Ayo anak ibu guru, sudah siap semua untuk belajar hari ini?
Sebelum memulai pembelajaran mari kita membaca doa terlebih dahulu:
“Radhitu billahi Rabbaa, wa bil Islami diina, wa bi Muhammadin nabiyyaa wa rasula robbi zidnii 'ilmanwarzuqni fahma.”
KISI-KISI SUMATIF 1 SENI RUPA
1. Seni di Sekitarku
Ada seni di sekitar kita. Perhatikanlah!
ada banyak benda baik yang ciptakan Tuhan.
Terinspirasi ciptaan Tuhan, manusia juga menciptakan benda baik.
Benda yang bernilai seni.
Benda yang bernilai guna
Seni ada di sekitarmu.
Amati, rasakan dan alami.
Selalu ada sisi yang spesial dan artistik.
Bahkan dari benda-benda yang biasa kamu lihat sehari-hari
Dinding Batu
Lemari Buku
Pemandangan Pancawati Bogor
Peserta didik bisa membuat kreasi dari apa yang kamu amati.
Walaupun mengamati benda yang sama, kreasi masing-masing peserta didik pasti akan berbeda
dari kreasi orang lain.
Lalu peserta didik menjawab pertanyaan yang ibu guru berikan :
1. Sebutkan ada seni apa saja yang ada di sekitarmu?
2. Gambarkan 1 seni yang ada di sekitarmu!
3. Gambarkan 3 contoh seni yang berwarna kuning!
4. Benda apa saja yang bernilai seni?
5. Benda apasaja yang bernilai guna?
2. Aneka Garis
Garis berbentuk dari kumpulan titik yang berderet dan berhimpitan.
Ada beberapa macam garis.
Ada garis lurus.
Ada garis lengkung.
Contoh :

5. Gambarkanlah garis lengkung!
Lihatlah semua garis ini. Semua menunjukkan gerakan.
Mari gerakkan jari atau tanganmu mengikuti garisnya.
Garis seperti apa yang kamu rasakan?
Sekarang pejamkan matamu.
Dengarkan lagu yang diputarkan gurumu.
Gerakkan tanganmu mengikuti irama lagu.
Garis seperti apa yang kamu dapatkan?
Gambar Rambut Bergelombang :
adalah rambut yang memiliki pola rambut berombak, tidak lurus dan tidak keriting
Gambar Gerakan Ombak
Lalu peserta didik menjawab pertanyaan yang ibu guru berikan :
1. Apa pengertian garis yang menunjukkan gerakan?
2. Sebutkan contoh garis yang menunjukkan gerakan!
3. Gambarkan contoh garis yang menunjukkan gerakan?
4. Garis apakah yang kamu temukan di sekitarmu?
5. Gambarkan lengkung ombak!
4. Tekstur Benda
Tekstur benda adalah sifat permukaan benda yang dapat dilihat atau diraba, seperti halus, kasar, licin, atau berbulu.
untuk benda 3 dimensi, tekstur dapat dirasakan secara langsung saat disebtuh, sementara pada karya 2 dimensi seperti lukisan, tekstur bisa merupakan visual dari permukaan benda.
- Halus:Boneka, selimut, kertas, atau kulit buah yang halus.
- Kasar:Kulit kayu, permukaan batu, atau karpet.
- Berbulu:Bulu hewan atau permukaan kain flanel.
- Licin :
- Kaca, seperti cermin, gelas minum, dan kaca jendela memiliki permukaan yang sangat halus dan licin.
- Berduri :
- Pohon Kaktus, kulit salak, dan kulit nanas.
- Jenis-jenis Warna
- 1. Warna PrimerWarna dasar yang tidak dapat dihasilkan dari pencampuran warna lain, seperti merah, kuning, dan biru.
- 2. Warna Sekunder
: Warna yang dihasilkan dari pencampuran dua warna primer. - Merah + Kuning = Oranye
- Kuning + Biru = Hijau
- Biru + Merah = Ungu
- 3. Warna Tersier
Warna yang terbentuk dari pencampuran warna primer dengan warna sekunder
Peran Warna dalam Seni Rupa- Menciptakan SuasanaWarna dapat membangkitkan emosi dan perasaan, misalnya warna cerah untuk kebahagiaan atau warna gelap untuk kesedihan.
- Mewakili AlamWarna membantu menggambarkan objek alam secara realistis, seperti warna hijau untuk daun atau biru untuk langit.
- Menarik PerhatianWarna berfungsi untuk menarik perhatian audiens pada suatu karya seni.
PENUTUP
Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.