Jumat, 19 September 2025

KELAS 1 MATERI SENI RUPA, JUM'AT 19 SEPTEMBER 2025

Mata Pelajaran : Seni Rupa

Hari/Tanggal : Jum'at/19 September 2025

Satuan Pendidikan : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung
Fase/Kelas : A/1 
BAB/Tema :  1/Seni di Sekitarku
Materi Pembelajaran : Seni di Sekitarku
 
Capaian Pembelajaran (CP) :  

Mengalami, merasakan, merespon, dan bereksperimen dengan aneka sumber.

Mengamati, merekam dan mengumpulkan pengalaman dan informasi serupa.


Menciptakan

Memilih, menggunakan dan/atau menerapkan berbagai media, bahan, alat, teknologi dan  proses yang sesuai dengan tujuan tertentu.

 
Tujuan Pembelajaran (TP) :

Murid memahami unsur seni rupa


Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) :

  1. Mengamati benda-benda di sekitar (daun, kain, perabot, bunga, gambar) lalu menyampaikan pendapatnya: mana yang terlihat indah, dan mengapa.

  2. Menyampaikan pendapat pribadi tentang keindahan menggunakan kata-kata sederhana (misalnya: "warnanya bagus", "garisnya halus", "saya suka bentuknya").


 Assalamu'alaikum wr.wb

Tabik Pun..

Selamat Pagi anak shalih dan shalihah...

Bagaimana kabarnya hari ini anak sholih dan sholihah?                                                               

Semoga semua sehat selalu, dalam lindungan Allah subhanahu wata'ala ya sayang..               

Ayo anak ibu guru, sudah siap semua untuk belajar hari ini? 

Sebelum memulai pembelajaran mari kita membaca doa terlebih dahulu:

“Radhitu billahi Rabbaa, wa bil Islami diina, wa bi Muhammadin nabiyyaa wa rasula robbi zidnii 'ilmanwarzuqni fahma.”

KISI-KISI SUMATIF 1 SENI RUPA

1. Seni di Sekitarku

Ada seni di sekitar kita. Perhatikanlah!

ada banyak benda baik yang ciptakan Tuhan.

Terinspirasi ciptaan Tuhan, manusia juga menciptakan benda baik.

Benda yang bernilai seni.

Benda yang bernilai guna

Seni ada di sekitarmu.

Amati, rasakan dan alami.

Selalu ada sisi yang spesial dan artistik.

       Bahkan dari benda-benda yang biasa kamu lihat sehari-hari

Permen


Dinding Batu
Lemari Buku
Lapak Penjual Buah




Pemandangan Pancawati Bogor 





Peserta didik bisa membuat kreasi dari apa yang kamu amati.

  Walaupun mengamati benda yang sama, kreasi masing-masing peserta didik pasti akan berbeda       
  dari kreasi orang lain.


Lalu peserta didik menjawab pertanyaan yang ibu guru berikan :

1. Sebutkan ada seni apa saja yang ada di sekitarmu?

2. Gambarkan 1 seni yang ada di sekitarmu!

3. Gambarkan 3 contoh seni yang berwarna kuning!

4. Benda apa saja yang bernilai seni?

5. Benda apasaja yang bernilai guna?



2. Aneka Garis 

Garis berbentuk dari kumpulan titik yang berderet dan berhimpitan.

Ada beberapa macam garis.

Ada garis lurus.

Ada garis lengkung.

Contoh :


Garis Lurus :

Garis lurus  adalah garis yang menghubungkan dua titik pada suatu bidang dan memanjang hingga tak terhingga pada kedua arahnya.

Garis Lengkung :

Garis lengkung adalah garis dengan arah membelok 

Garis Horizontal :
Garis Horizontal adalah merupakan garis lurus yang memanjang dari kiri ke kanan atau dari kanan ke kiri.

Garis Vertikal :
Garisvertikal adalah garis yang kita gambar dari atas ke bawah

Garis Diagonal :
Garis diagonal adalah garis yang menghubungkan dua sudut yang tidak berdekatan.

Garis Kurva :
Garis kurva adalah garis yang adalah garis bengkok. Kurva dibuat apabila terjadi penyimpangan pada suatu garis lurus.

Garis Gelombang :

Garis gelombang adalah garis yang melengkung secara bergantian ke arah yang berlawanan.

Lalu siswa menjawab pertanyaan yang ibu guru berikan :

1. Apa itu garis horizontal?
2. Gambar gunung termasuk contoh gambar yang berbentuk garis ?
3. Garis lurus disebut juga garis?

4. Garis yang menghubungkan dua sudut yang tidak berdekatan disebut garis ?
5. Gambarkanlah garis lengkung!

3. Garis yang Menunjukkan Gerakan

Lihatlah semua garis ini. Semua menunjukkan gerakan.

Mari gerakkan jari atau tanganmu mengikuti garisnya. 


Garis seperti apa yang kamu rasakan?

Sekarang pejamkan matamu. 


Dengarkan lagu yang diputarkan gurumu. 

Gerakkan tanganmu mengikuti irama lagu. 

Garis seperti apa yang kamu dapatkan?


Gambar Rambut Bergelombang :

adalah rambut yang memiliki pola rambut berombak, tidak lurus dan tidak keriting




Gambar Lengkung Ombak :



Gambar Asap


Gambar Gerakan Ombak


Lalu peserta didik menjawab pertanyaan yang ibu guru berikan :

1. Apa pengertian garis yang menunjukkan gerakan?

2. Sebutkan contoh garis yang menunjukkan gerakan!

3. Gambarkan contoh garis yang menunjukkan gerakan? 

4. Garis apakah yang kamu temukan di sekitarmu?

5. Gambarkan lengkung ombak!


4. Tekstur Benda 


Tekstur benda adalah sifat permukaan benda yang dapat dilihat atau diraba, seperti halus, kasar, licin, atau berbulu.

untuk benda 3 dimensi, tekstur dapat dirasakan secara langsung saat disebtuh, sementara pada karya 2 dimensi seperti lukisan, tekstur bisa merupakan visual dari permukaan benda.


  • Halus:Boneka, selimut, kertas, atau kulit buah yang halus. 
  • Kasar:Kulit kayu, permukaan batu, atau karpet. 
  • Berbulu:Bulu hewan atau permukaan kain flanel. 
  • Licin :
  • Kaca, seperti cermin, gelas minum, dan kaca jendela memiliki permukaan yang sangat halus dan licin. 
  • Berduri :
  • Pohon Kaktus, kulit salak, dan kulit nanas.
5. Unsur Warna 

Materi warna benda dalam seni rupa meliputi warna primersekunder, dan tersier yang merupakan dasar dari pencampuran warna, serta peran warna dalam menciptakan suasana, realisme, dan simbolisme melalui pantulan cahaya dan pigmen pada benda. Warna juga berfungsi menyampaikan emosi dan pesan seniman, dengan warna cerah untuk kebahagiaan dan warna gelap untuk kesedihan atau ketakutan. 

  • Jenis-jenis Warna
    • 1. Warna PrimerWarna dasar yang tidak dapat dihasilkan dari pencampuran warna lain, seperti merah, kuning, dan biru. 
    • 2. Warna Sekunder
      : Warna yang dihasilkan dari pencampuran dua warna primer.
      • Merah + Kuning = Oranye
      • Kuning + Biru = Hijau
      • Biru + Merah = Ungu
    • 3. Warna Tersier
      Warna yang terbentuk dari pencampuran warna primer dengan warna sekunder
    Peran Warna dalam Seni Rupa
    • Menciptakan SuasanaWarna dapat membangkitkan emosi dan perasaan, misalnya warna cerah untuk kebahagiaan atau warna gelap untuk kesedihan.
    • Mewakili AlamWarna membantu menggambarkan objek alam secara realistis, seperti warna hijau untuk daun atau biru untuk langit. 
    • Menarik PerhatianWarna berfungsi untuk menarik perhatian audiens pada suatu karya seni. 

PENUTUP

Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.                    

    Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini? Apa yang         telah kalian pelajari hari ini? 
    Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia.

    Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.
    Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa. Yuk sebelum berdoa kita tepuk jari terlebih             dahulu! Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang baik di rumah bersama keluarga kalian ya…
    Ibu guru akhiri.
    Wassalamu’aalaikumsalam wr.wb