Mata Pelajaran : Seni Rupa
Hari/Tanggal : Jum'at/19 September 2025
Mengalami, merasakan, merespon, dan bereksperimen dengan aneka sumber.
Mengamati, merekam dan mengumpulkan pengalaman dan informasi serupa.
Menciptakan
Memilih, menggunakan dan/atau menerapkan berbagai media, bahan, alat, teknologi dan proses yang sesuai dengan tujuan tertentu.
Murid memahami unsur seni rupa
Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) :
Mengamati benda-benda di sekitar (daun, kain, perabot, bunga, gambar) lalu menyampaikan pendapatnya: mana yang terlihat indah, dan mengapa.
Menyampaikan pendapat pribadi tentang keindahan menggunakan kata-kata sederhana (misalnya: "warnanya bagus", "garisnya halus", "saya suka bentuknya").
Assalamu'alaikum wr.wb
Tabik Pun..
Selamat Pagi anak shalih dan shalihah...
Bagaimana kabarnya hari ini anak sholih dan sholihah?
Semoga semua sehat selalu, dalam lindungan Allah subhanahu wata'ala ya sayang..
Ayo anak ibu guru, sudah siap semua untuk belajar hari ini?
Sebelum memulai pembelajaran mari kita membaca doa terlebih dahulu:
“Radhitu billahi Rabbaa, wa bil Islami diina, wa bi Muhammadin nabiyyaa wa rasula robbi zidnii 'ilmanwarzuqni fahma.”
KISI-KISI SUMATIF 1 SENI RUPA
1. Seni di Sekitarku
Ada seni di sekitar kita. Perhatikanlah!
ada banyak benda baik yang ciptakan Tuhan.
Terinspirasi ciptaan Tuhan, manusia juga menciptakan benda baik.
Benda yang bernilai seni.
Benda yang bernilai guna
Seni ada di sekitarmu.
Amati, rasakan dan alami.
Selalu ada sisi yang spesial dan artistik.
Bahkan dari benda-benda yang biasa kamu lihat sehari-hari
Dinding Batu
Lemari Buku
Pemandangan Pancawati Bogor
Peserta didik bisa membuat kreasi dari apa yang kamu amati.
Walaupun mengamati benda yang sama, kreasi masing-masing peserta didik pasti akan berbeda
dari kreasi orang lain.
Lalu peserta didik menjawab pertanyaan yang ibu guru berikan :
1. Sebutkan ada seni apa saja yang ada di sekitarmu?
2. Gambarkan 1 seni yang ada di sekitarmu!
3. Gambarkan 3 contoh seni yang berwarna kuning!
4. Benda apa saja yang bernilai seni?
5. Benda apasaja yang bernilai guna?
2. Aneka Garis
Garis berbentuk dari kumpulan titik yang berderet dan berhimpitan.
Ada beberapa macam garis.
Ada garis lurus.
Ada garis lengkung.
Contoh :

5. Gambarkanlah garis lengkung!
Lihatlah semua garis ini. Semua menunjukkan gerakan.
Mari gerakkan jari atau tanganmu mengikuti garisnya.
Garis seperti apa yang kamu rasakan?
Sekarang pejamkan matamu.
Dengarkan lagu yang diputarkan gurumu.
Gerakkan tanganmu mengikuti irama lagu.
Garis seperti apa yang kamu dapatkan?
Gambar Rambut Bergelombang :
adalah rambut yang memiliki pola rambut berombak, tidak lurus dan tidak keriting
Gambar Gerakan Ombak
Lalu peserta didik menjawab pertanyaan yang ibu guru berikan :
1. Apa pengertian garis yang menunjukkan gerakan?
2. Sebutkan contoh garis yang menunjukkan gerakan!
3. Gambarkan contoh garis yang menunjukkan gerakan?
4. Garis apakah yang kamu temukan di sekitarmu?
5. Gambarkan lengkung ombak!
4. Tekstur Benda
Tekstur benda adalah sifat permukaan benda yang dapat dilihat atau diraba, seperti halus, kasar, licin, atau berbulu.
untuk benda 3 dimensi, tekstur dapat dirasakan secara langsung saat disebtuh, sementara pada karya 2 dimensi seperti lukisan, tekstur bisa merupakan visual dari permukaan benda.
- Halus:Boneka, selimut, kertas, atau kulit buah yang halus.
- Kasar:Kulit kayu, permukaan batu, atau karpet.
- Berbulu:Bulu hewan atau permukaan kain flanel.
- Licin :
- Kaca, seperti cermin, gelas minum, dan kaca jendela memiliki permukaan yang sangat halus dan licin.
- Berduri :
- Pohon Kaktus, kulit salak, dan kulit nanas.
- Jenis-jenis Warna
- 1. Warna PrimerWarna dasar yang tidak dapat dihasilkan dari pencampuran warna lain, seperti merah, kuning, dan biru.
- 2. Warna Sekunder
: Warna yang dihasilkan dari pencampuran dua warna primer. - Merah + Kuning = Oranye
- Kuning + Biru = Hijau
- Biru + Merah = Ungu
- 3. Warna Tersier
Warna yang terbentuk dari pencampuran warna primer dengan warna sekunder
Peran Warna dalam Seni Rupa- Menciptakan SuasanaWarna dapat membangkitkan emosi dan perasaan, misalnya warna cerah untuk kebahagiaan atau warna gelap untuk kesedihan.
- Mewakili AlamWarna membantu menggambarkan objek alam secara realistis, seperti warna hijau untuk daun atau biru untuk langit.
- Menarik PerhatianWarna berfungsi untuk menarik perhatian audiens pada suatu karya seni.
PENUTUP
Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.