Selasa, 20 Mei 2025

KELAS 3 TEMA 8 SUBTEMA 3 PEMBELAJARAN 6, SELASA 20 MEI 2025

Hari / Tanggal : Selasa, 20 Mei 2025

Tema 8 : Praja Muda Karana
Subtema 3 : Aku Suka Bertualang
Pembelajaran : 6

Alat Peraga: Video

Kompetensi Dasar:

PPKN (3.1) Memahami arti gambar pada lambang negara Garuda Pancasila

Bahasa (3.9) Memahami simbol/lambang (lalu lintas, pramuka, lambang negara) beserta artinya dalam teks lisan, tulis, dan visual

MTK (3.13) menjelaskan data berkaitan dengan peserta didik yang disajikan dalam diagram gambar

SBdP (3.1) mengidentifikasi kombinasi garis, bidang, dan warna dalam sebuah karya dekoratif



Assalaamualaikum, Wr.Wb

Selamat pagi anak sholih/sholihah semangat ya belajar hari ini, tapi sebelum belajar jangan lupa mandi, sarapan yang bergizi, sholat dhuha serta murojaah yaa.Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!

Tujuan pembelajaran hari ini siswa dapat mengidentifikasi data terkait peserta didik yang disajikan dalam diagram gambar dengan benar, siswa dapat mengumpulkan data dan mengelompokkannya menurut kategori tertentu dengan benar.

AYO MEMBACA


Nenek mengucapkan terimakasih karena telah dibantu. Nenek juga memberikan sebungkus makanan tradisional. Makanan tradisional itu empek-empek. Empek-empek berasal dari kampung halaman nenek. Masih ada banyak contoh makanan tradisional lainnya. Contoh kue tradisional lainnya adalah onde-onde, kelepon, dodol, serabi, dan kue lapis.


Berbagai jenis makanan tradisional merupakan kekayaan indonesia. Rumah adat dan suku juga kekayaan indonesia. Begitupun pakaian adat dan agama yang sangat beragam di indonesia lambang kekayaan dan kekuatan, kita harus hidup rukun untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

Apakah kamu dan teman-temanmu suka kue tradisional?
Perhatikan diagram makanan tradisional yang disukai anak-anak.
Kue tradisional yang disukai oleh 50 orang



TUGAS HARI INI :
Jawablah pertanyaan berikut berdasarkan diagram tersebut!
1. Berapa banyak anak yang menyukai serabi?
Jawab: 

2. Berapa banyak anak yang menyukai kelepon?
Jawab: 

3. Apa nama kue yang paling banyak disukai?
Jawab: 

4. Apa nama kue yang paling sedikit disukai?
Jawab: 

5. Berapa banyak perbedaan antara yang menyukai kue lapis dan kue onde-onde?
Jawab: 

Kerjakan latihan di buku ya

Nanti akan kita bahas setelah masuk kembali (tidak perlu kirim WA mr)

Mari, kita akhiri kegiatan belajar di rumah hari ini dengan membaca doa sesudah belajar. Terima kasih.. Sampai jumpa besok yaa anak sholih shaliha.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Senin, 19 Mei 2025

KELAS 3 TEMA 8 SUBTEMA 3 PEMBELAJARAN 2&3, SENIN 19 MEI 2025

Hari / Tanggal : Senin, 19 Mei 2025

Tema 8 : Praja Muda Karana
Subtema 3 : Aku Suka Bertualang
Pembelajaran : 2 dan 3

Alat Peraga: Video

Kompetensi Dasar:

PPKN (3.1) Memahami arti gambar pada lambang negara Garuda Pancasila

Bahasa (3.9) Memahami simbol/lambang (lalu lintas, pramuka, lambang negara) beserta artinya dalam teks lisan, tulis, dan visual

MTK (3.13) menjelaskan data berkaitan dengan peserta didik yang disajikan dalam diagram gambar

SBdP (3.1) mengidentifikasi kombinasi garis, bidang, dan warna dalam sebuah karya dekoratif

 


Assalaamualaikum, Wr.Wb
Selamat pagi anak sholih/sholihah semangat ya belajar hari ini, tapi sebelum belajar jangan lupa mandi, sarapan yang bergizi, sholat dhuha serta murojaah yaa. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!

Tujuan pembelajaran hari ini siswa dapat menjelaskan “Bhinneka Tunggal Ika” pada lambang negara “Garuda Pacasila” dengan benar, dapat mengklasifikasi jenis lambang/simbol lalu lintas dengan, dapat mengklasifikasi jenis lambang/simbol lalu lintas dengan benar.

Mengenal Budaya Indonesia



Indonesia negara yang kaya akan budaya. Ada berbagai macam suku dan agama di indonesia. Masyarakat memiliki kebiasaan dan budaya yang sangat beragam. Bertualang untuk mengenal budaya indonesia merupakan tanda cinta tanah air. Bertualang untuk mengenal keindahaupakan kegiatan menyenangkan.

Keragaman budaya dipengaruhi oleh letak wilayah indonesia. Indonesia negeri yang sangat luas dan kaya. Indonesia yang luas terdiri atas lautan dan daratan. Indonesia juga memiliki pantai dan pegunungan yang sangat indah. Kebiasaan masyarakat di pegunungan berbeda dengan masyarakat di pesisir pantai.

Meskipun berbeda-beda bangsa indonesia tetap hidup rukun. Semua bekerja sama menjaga indonesia. Hal ini sesuai dengan semboyan indonesia, yaitu Bhineka Tunggal Ika.


Semboyan tersebut terdapat pada lambang negara Garuda Pancasila. Semboyan tersebut tertulis pada pita yang dicengkram burung garuda. Keberagaman harus disyukuri sebagai rahmat dari tuhan. Menerima dan menghormati perbedaan termasuk sikap yang disukai tuhan.


Sikap udin dan kawan-kawan sesuai dengan semboyan negara indonesia. Semboyan negara indonesia adalah Bhineka Tunggal Ika. Bhineka artinya berbeda-beda. Tunggal artinya satu. Ika artinya juga. Bhineka Tunggal Ika berarti, meskipun berbeda-beda tetapi satu juga, meskipun memiliki banyak suku bangsa dan agama, tetapi semua tetap satu, indonesia.

Ayo Berlatih
Berilah tanda centang (√) untuk contoh sikap menghormati perbedaan.
Berilah tanda silang (x) untuk contoh sikap tidak menghormati perbedaan.

NO

SIKAP

TANDA

1

Bermain dengan semua teman

2

Menolak pendapat orang lain

x

3

Memanggil teman dengan sebutan yang tidak baik

x

4

Memberi kesempatan teman untuk beribadah

5

Tidak memaksa teman yang takut bermain sepeda



Ayah dan ibu siti berasal dari Sumatera Barat. Kampung halaman orang tua siti berada di daerah pegunungan yang asri. Udara pegunungan sangat sejuk dan pemandangannya indah. Ada sungai, sawah, dan air terjun. Jalan di pegunungan berkelok-kelok dan menanjak. Pengemudi harus berhati-hati saat melintas jalan dipegunungan. Apalagi saat hujan turun, jalannya menjadi lebih licin. Rambu lalu lintas dipasang untuk menjaga keamanan pengendara.


Ayo Berlatih
Pasangkan simbol rambu-rambu lalu lintas berikut dengan artinya!




Bersepeda Bersama Teman


Hari ini udin dan teman-teman bermain di lingkungan sekitar rumah. Mereka ingin berkeliling menggunakan sepeda. tidak semua teman udin ikut bermain menggunakan sepeda, teman udin ada yang belum dapat mengendarai sepeda.

Udin dan teman-teman melewati jalan raya. Mereka melihat rambu-rambu lalu lintas. Udin dan teman-teman menaati peraturan lalu lintas. Lampu lalu lintas merupakan salah satu rambu lalu lintas, lampu lalu lintas terdiri atas 3 warna, yaitu merah, kuning, dan hijau.

Lampu hijau menyala, berarti kendaraan boleh melaju. Lampu kuning menyala, berarti kendaraan harus bersiap-siap melaju atau berhenti. Lampu merah menyala, berarti kendaraan harus berhenti.

Udin dan teman-teman mentaati peraturan lalu lintas. Petualangan dengan bersepeda membuat udin dan teman-teman senang. Mereka juga menjadi lebih paham mengenai rambu-rambu lalu lintas.


TUGAS HARI INI

Jawablah pertanyaan berikut sesuai bacaan sebelumnya, Hal. 129-130!

1. Apa kendaraan yang digunakan udin dan teman-teman?
2. Mengapa teman udin ada yang tidak ikut bermain?
3. Apa saja warna yang ada pada lampu lalu lintas?
4. Tuliskan arti setiap warna yang ada pada lampu lalu lintas?

Jangan lupa tugasnya kirimkan ke WA ibu guru yaa. 

Bagaimana pembelajaran hari ini apakah menyenangkan? Jika ada yang kurang paham bisa langsung ditanayakan ke ibu guru yaa.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Jumat, 16 Mei 2025

KELAS 3 TEMA 8 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 6, JUM'AT 16 MEI 2025

Hari/Tanggal             : Jumat, 16 Mei 2025

 Tema 8                        : Praja Muda Karana

Subtema 2                  : Aku Anak Mandiri

Pembelajaran             : 6

 Alat Peraga: Video dan penggaris ukur

Kompetensi Dasar:
PPKN (3.1) Memahami arti gambar pada lambang negara Garuda Pancasila
Bahasa (3.9) Memahami simbol/lambang (lalu lintas, pramuka, lambang negara) beserta artinya dalam teks lisan, tulis, dan visual
MTK (3.12) Mengalisis bangun datar berdasarkan sifat yang dimiliki
SBdP (3.3) dinamika gerak tari

Assalaamualaikum, Wr.Wb

 

Tujuan pembelajaran hari ini setelah membaca, siswa dapat mengidentifikasi gambar perisai di bagian dada burung garuda pada lambang negara “Garuda Pancasila” dengan benar, mengindentifikasi jenis  lambang/simbol pramukadari teks yang dibaca dengan benar serta siswa dapat memberi contoh bangun datar dengan sifat-sifat tertentu melalui gambar dan atau benda-benda konkret dengan benar.

 

AYO MEMBACA



Udin pemimpin kelompok barung biru. Udin memimpin teman-temannya mendirikan tenda  untuk berkemah. Udin membagi tugas kepada semua  anggota kelompok. Pembagian tugas dilakukan secara adil dan merata. Udin membagi tugas sesuai dengan keterampilan anggota kelompok. Semua anggota kelompok mengerjakan dengan senang dan gembira. Semua anggota mengerjakan pekerjaan  secara mandiri.





Udin membagi tugas secara adil kepada semua anggota kelompok. Pembagian tugas disesuaikan dengan kemampuan yang dimiliki anggota. Udin sudah melaksanakan pengamalan sila kelima Pancasila. Sila kelima Pancasila berbunyi keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Lambang sila kelima berupa padi dan kapas.

 

Perhatikan perilaku sehari-hari berikut!

Tarik garis untuk menghubungkan dengan lambang  sila Pancasila yang sesuai!

 


AYO BERLATIH

Siti memiliki beberapa tanda pengenal seperti berikut.



Tanda jabatan berbentuk persegi panjang.

Tanda barung berbentuk segitiga.

Tanda pandu sedunia berbentuk persegi.

Apakah kamu tahu perbedaan ketiga bentuk  tersebut?


Perhatikan bangun-bangun di bawah ini!

Jawablah pertanyaan dengan cara memberi warna pada jawaban yang tepat!

1. Bangun manakah yang memiliki 4 sisi dan panjang semua sisinya sama?


2. Bangun manakah yang memiliki 3 sisi?


 

Buatlah gambar seperti petunjuk berikut!

1. Bangun datar memiliki 4 sisi.

Kedua sisi yang berhadapan sama panjang.

Memiliki 4 titik sudut

Semua sudut yang dimiliki merupakan sudut siku-siku


2.Bangun datar yang memiliki 3 sisi  dan 3 titik sudut.

 

 

3.Bangun datar memiliki 4 sisi.

Semua sisi berukuran sama.

Memiliki 4 titik sudut.

Semua sudut yang dimiliki merupakan sudut siku-siku.


Jangan lupa ucapkan terima kasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah hari ini! Mari, kita akhiri kegiatan belajar di rumah hari ini dengan membaca doa sesudah belajar. Terima kasih.. Sampai jumpa besok yaa anak sholih shaliha.

Wassalamualaikum Wr. Wb

Kamis, 15 Mei 2025

KELAS 3 TEMA 8 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 4, KAMIS 15 MEI 2025

Hari / Tanggal : Kamis, 15 Mei 2025

Tema 8 : Praja Muda Karana
Subtema 2 : Aku Anak Mandiri
Pembelajaran : 4 

Alat Peraga: Video dan penggaris ukur
Kompetensi Dasar:
PPKN (3.1) Memahami arti gambar pada lambang negara Garuda Pancasila
Bahasa (3.9) Memahami simbol/lambang (lalu lintas, pramuka, lambang negara) beserta artinya dalam teks lisan, tulis, dan visual
MTK (3.12) Mengalisis bangun datar berdasarkan sifat yang dimiliki
SBdP (3.3) dinamika gerak tari



Assalaamualaikum, Wr.Wb
Hari ini kita akan belajar tema delapan subtema 2 pembelajaran empat. Tujuan pembelajaran hari inisetelah mengamati, siswa dapat memberikan pendapat tentang perilaku sehari-hariyang sesuai dengan artisila Pancasiladengan benar dan Setelah membaca teks, siswa dapat menceritakan pengalaman mengamalkanmakna simbol Pramuka dengan benar.

Mandiri Saat Melaksanakan Ibadah


Udin dan teman-teman taat dalam beribadah.Mereka melaksanakan ibadah dengan kesadaran sendiri.Mereka berani pergi ke tempat ibadah sendiri.Tempat ibadah dekat dengan tempat tinggal.Mereka selalu meyiapkan peralatan beribadah sendiri.Mereka mandiri saat melaksanakan ibadah.Taat dalam beribadah sesuai dengan janji pramuka.Salah satu janji pramuka yaitu takwa kepada Tuhan yang Maha Esa.Taat dalam beribadah juga sesuai dengan pengamalan sila pertama Pancasila.Bunyi sila pertama Pancasila yaitu Ketuhanan Yang Maha Esa.Lambang dari sila pertama Pancasila berbentuk bintang. 

Ketuhanan Yang Maha Esa


Berikut ini beberapa contoh sikap pengamalan sila pertama Pancasila.



AYO BERLATIH 

Tuliskan 5 contoh perilaku yang menunjukkanpengamalan sila pertama Pancasila!
1. Maria menghormati temannya dengan tidak bermain gaduh ketika sedang beribadah.
2. Siti berbagi makanan dengan makanan yang berbeda agama/kepercayaan
3. Katrina berteman dengan semua teman dan tidak pandang agama
4. Anisa merawat kucing dengan penuh kasih saying karena kucing adalah ciptaan Tuhan.
5. Riko melaksanakan shalat dengan taat 

Anggota pramuka harus menjadi orang yang taatterhadap Tuhan. Taat beribadah termasuk sikap pengamalan sila pertama Pancasila. Mencintai dan menjaga makhluk ciptaan Tuhan juga pengamalansila pertama Pancasila. 

Memanfaatkan tanaman dengan cara yangbaik termasuk menjaga makhluk ciptaan Tuhan. Misalkan memanfaatkan pohon kelapa.Beberapa manfaat pohon kelapa adalah sebagai berikut.



Buah kelapa dapat bertahan lama.Buah kelapaselalu kuat dalam berbagai keadaan.Artinya,anggota pramuka selalu taat terhadap Tuhan.Anggota Pramuka seorang yang memiliki tubuhyang kuat dan sehat.Anggota pramuka selalu kuatdalam menghadapi tantangan. 

Buah kelapa dapat tumbuh dimana saja.Artinya,anggota pramuka dapat menyesuaikan dengankeadaan sekelilingnya. 

Pohon kelapa menjulang lurus keatas.Pohonkelapa salah satu pohon yang tertinggi diIndonesia.Artinya, anggota pramuka mempunyaicita-cita yang tinggi.Anggota pramukaberpendirian teguh. 

Pohon kelapa tumbuh kuat dan erat di dalam tanah.Artinya anggota pramuka memiliki tekad yang kuat.Anggota pramuka berpegang kuat pada landasan yang baik. 

Kelapa merupakan pohon serba guna.Mulai dari ujung daun hingga akar pohon kelapa sangatbermanfaat.Artinya, anggota pramuka adalahmanusia yang berguna.Anggota pramuka berguna untuk tanah air.Anggota pramuka berguna untukbangsa dan negara kesatuan Republik Indonesia.Anggota pramuka berguna untuk umat manusia. 

Bagaimana pelajaran hari ini apakah menyenangkan? Jika ada yang kurang jelas, bisa ditanyakan ke ibu guru ya. Tetap semangat belajar dan berlatihnya. Jangan lupa murojaah dan sholat lima waktunya. 

Wassalamualaikum Wr. Wb

Rabu, 14 Mei 2025

KELAS 3 TEMA 8 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 2 DAN 3, RABU 14 MEI 2025

Hari / Tanggal : Rabu, 14 Mei  2025

Tema 8 : Praja Muda Karana

Subtema 2 : Aku Anak Mandiri

Pembelajaran : 2 dan 3 

Alat Peraga: Video

Kompetensi Dasar:

PPKN (3.1) Memahami arti gambar pada lambang negara Garuda Pancasila

Bahasa (3.9) Memahami simbol/lambang (lalu lintas, pramuka, lambang negara) beserta artinya dalam teks lisan, tulis, dan visual

MTK (3.12)  Mengalisis bangun datar berdasarkan sifat yang dimiliki
SBdP (3.3) dinamika gerak tari



Assalaamualaikum, Wr.Wb
Hari ini kita akan belajar tema delapan subtema dua pembelajaran dua dan tiga. Tujuan pembelajaran hari ini peserta didik dapat menulis pendapat tentang perilaku sehari-hariyang sesuai dengan artisimbol-simbol sila Pancasila dengan benar, mengidentifikasi perbedaan berbagaibangun datar berdasarkan sifat-sifatnya dengan benar, mengidentifikasi kombinasi gerak kuatlemah tangan, kaki, dan kepala dalam tarian dengan benar. 

Mandiri dalam Mengambil Keputusan


Anggota pramuka dilatih untuk mengambilkeputusan secara mandiri. Misalkan mengambilkeputusan dalam menentukan nama kelompok.Semua anggota kelompok akan ikut berdiskusi.Setiap anggota kelompok dapat menyampaikanpendapat.Diskusi kelompok dipimpin oleh ketuakelompok.Setelah selesai berdiskusi, semuaanggota setuju.Nama kelompok telah ditetapkan. 

Salah satu janji pramuka yaitu patuh dan sukabermusyawarah.Bermusyawarah artinya berdiskusi untuk membicarakan masalah.Bermusyawarah juga untuk menyelesaikan masalah. Bermusyawarah juga merupakan salah satupengamalan sila Pancasila.Bermusyawarahmerupakan pengamalan sila keempat.Silakeempat berbunyi kerakyatan yang dipimpin olehhikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratanperwakilan.Simbol sila keempat Pancasila berupakepala banteng.


Berikut ini contoh-contoh pelaksanaan silakeempat Pancasila.



AYO MEMBACA

Mandiri Mengerjakan Pekerjaan Rumah



Udin anggota pramuka yang rajin dan mandiri.Udin selalu merapikan kamar tidur sendiri.Udinmengerjakan pekerjaan rumah secara mandiri.Udin juga menyiapkan peralatan sekolah secaramandiri.Udin juga rajin membantu orang tua.Udinsudah dapat membersihkan rumah.Udin juga sukamembantu pekerjaan Ibu di dapur.Udin juga sudahdapat menjahit atribut pramuka dengan bantuanIbu.Udin cakap dan mandiri melakukan berbagaikegiatan. 

Udin mendapat tanda khusus karena cakapdalam berbagai bidang.Tanda kecakapan khususmerupakan salah satu tanda pengenal pramuka.Selain tanda khusus, ada juga tanda umum.Tandaumum digunakan oleh seluruh anggota pramuka.Tanda umum pramuka diantaranya; tanda tutupkepala dan tanda pelantikan.Ada juga setanganleher, tanda harian, tanda WOSM atau tandapramuka sedunia. 

Ada berbagai macam tanda kecakapan khusus(TKK).Tanda kecakapan khusus wajib sepuluhbuah.Berikut ini sepuluh tanda kecakapan khusus.


Tanda kecakapan khusus diberikan untukmenambah semangat anggota pramuka.Tandakecakapan khusus bertujuan untuk melatihketerampilan serta kemandirian. 

Bentuk dan tingkatan tanda kecakapan khusussetiap kelompok pramuka berbeda.Untuk pramukasiaga berbentuk segitiga dan hanya satu tingkatan.Untuk pramuka penggalang ada tiga tingkatandengan bentuk yang berbeda.Tingkat purwaberbentuk lingkaran.Tingkat madya berbentukpersegi.Tingkat utama berbentuk segilima.Berikut contoh gambar TKK menabung sesuaitingkatan.


AYO BERLATIH 

Masih ingatkah kalian dengan bentuk bangundatar?
Apakah kalian tahu sifat-sifat bangun datar?Perhatikan gambar persegi berikut ini!


Ikuti kegiatan berikut untuk mengetahui sifatpersegi!
Siapkan tali untuk mengukur sisi persegi!Siapkan pula pojok siku-siku yang terbuat dari potongan kertas!  

Persegi 1

Ukur sisi AB, BC, CD, DA menggunakan tali, lalu potong.


Amati potongan tali!Apa yang kalian temukan?
Panjang sisi AB, BC, CD, DA = 4 CM.
Ukur semua sudut persegi menggunakan pojok siku-siku!


Apa yang kalian temukan?
Besar sudut A = 90° sudut B = 90°, sudut C = 90°, sudut D= 90° 

Lakukan kegiatan yang sama untuk persegi 2 dan persegi 3! 

Jawablah pertanyaan berikut ini berdasarkan kegiatan sebelumnya!
Jawaban pertanyaan akan membantumu membuat simpulan sifat persegi.
1. Apakah persegi merupakan bangun segi empat?
Jawaban: Iya, persegi merupakan bangun segi empat. 

2. Bagaimana ukuran panjang sisi-sisinya?
Jawaban: Ukuran panjang tiap-tiap sisinya adalah sama. 

3. Bagaimana ukuran besar sudutnya?
Jawaban: Ukuran besar sudutnya memiliki besar yang sama. 

Berikut ini contoh tanda kecakapan khusus berbentuk persegi.

Tanda kecakapan khusus terdiri atas lima bidang.Setiap bidang memiliki warna khusus.Bidangagama berwarna dasar kuning.Bidang patriotism dan seni budaya berwarna dasar merah.Bidang ketangkasan dan kesehatan berwarna dasar putih. Bidang keterampilan dan teknik pembangunanberwarna dasar hijau.Bidang sosial berwarnadasar biru. 

AYO MENARI
Masih ingatkah kamu dengan tari Tempurung yang sudah dipelajari sebelumnya?
Ikuti petunjuk berikut untuk berlatih menari tari Tempurung!
1. Tepukkan tangan ke depan atas dan ke bawah belakang. Tepukkan tangan sambil berjalan dalam barisan.
2. Tepukkan tangan dua kali di sebelah kiridan sebelah kanan. Tepukkan tangan secarabergantian sebanyak empat kali.

3. Jalan ke kiri dua langkah dan tepukkan satu kali.Lalu, jalan ke kanan dua langkah dan tepukkantangan satu kali. Lakukan gerakan tepuk tangansambil melompat. Lakukan sebanyak dua kali.

4. Tepukkan tangan di sebelah kiri bawah. Tepukkantangan di sebelah kanan bawah. Tepukkantangan di sebelah kiri atas. Tepukkan tangan disebelah kanan atas sambil mengangkat kaki kiri.Lakukan sebanyak dua kali.

5. Jalan ke kiri dua langkah dan tepuk tangan satukali. Lalu, jalan ke kanan dua langkah dan tepuktangan satu kali. Sambil melangkah tengokkan kepala ke kiri dan ke kanan secara bergantian. Lakukan sebanyak dua kali.

6. Tepukkan tangan ke depan atas dan ke belakangbawah. Tepuk tangan dilakukan sambil berjalanmembentuk lingkaran. Lalu, dengan gerakan yangsama berjalan keluar meninggalkan tempat menari.


TUGAS HARI INI 

Setelah membaca teks berjudul “Mandiri dalam Mengambil Keputusan” Hal.64-65
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut:
1. Apa arti bermusyawarah?
2. Sebutkan 3 contoh kegiatan bermusyawarah.
3. Termasuk pengamalan sila keberapa kegiatan bermusyawarah?
4. Apa simbol dari sila Pancasila yang berbunyi kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan? 

Bagaimana pelajaran hari ini apakah menyenangkan? Jika ada yang kurang jelas, bisa ditanyakan ke ibu guru ya. Tetap semangat belajar dan berlatihnya. Jangan lupa murojaah dan sholat lima waktunya. 

Kesimpulan
Alhamdulillah pembelajaran hari ini berjalan dengan lancar. Semua siswa dapat mengikuti pelajaran dengan baik dan dapat menulis pendapat tentang perilaku sehari-hari yang sesuai dengan arti simbol-simbol sila Pancasila dengan benar, mengidentifikasi perbedaan berbagai bangun datar berdasarkan sifat-sifatnya dengan benar, mengidentifikasi kombinasi gerak kuat lemah tangan, kaki, dan kepala dalam tarian dengan benar. Namun masih terdapat dua anak yang belum dapat mengikuti pembelajaran dengan baik

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Jumat, 09 Mei 2025

KELAS 3 TEMA 8 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 6, JUM'AT 9 MEI 2025

Hari / Tanggal : Jumat, 9 Mei 2025

Tema 8 : Praja Muda Karana

Subtema 1 : Aku Anggota Pramuka

Pembelajaran : 6

Alat Peraga: Video dan Gmeet


Kompetensi Dasar:


PPKN (3.1) Memahami arti gambar pada lambang negara Garuda Pancasila


Bahasa (3.9) Memahami simbol/lambang (lalu lintas, pramuka, lambang negara) beserta artinya dalam teks lisan, tulis, dan visual


MTK (3.1) Menjelaskan sudut, jenis sudut (lancip, tumpul, siku-siku), dan satuan pengukuran tidak baku.


SBdP (3.2) Mengetahui bentuk dan pola irama lagu

Assalaamualaikum, Wr.Wb

Hari ini kita belajar tema delapan subtema satu pembelajaran enam. Tujuan pembelajaran hari ini siswa dapat menjelaskan arti gambar bagian-bagian burung garuda pada lambang negara “Garuda Pancasila” dengan benar, siswa dapat mengindentifikasi informasi terkait arti lambang negara dari teks yang dibaca dengan benar, siswa dapat menjelaskan perbedaan antara sudut siku-siku, sudut lancip, dan sudut tumpul dengan benar.


Nah sekarang kita akan belajar untuk mengetahui pemakaian atribut pramuka ,memahami Titik sudut, memahami makna lambang garuda pancasila Udin dan teman-teman dibagi dalam beberapa kelompok. Kelompok dalam pramuka siaga disebut dengan barung. Barung biasanya terdiri atas 6 orang anggota pramuka siaga.


Udin, Edo, dan Beni dan tiga teman lainnya bergabung dalam satu barung. Mereka memilih nama barung Merah. Siti, Lani, Dayu, dan tiga teman lainnya membentuk satu barung. Mereka memilih nama barung putih.


Tanda barung berbentuk segitiga. Tanda barung tidak bergambar. Warna tanda barung dipilih hasil diskusi anggota barung.


Setiap warna memiliki arti, Nama barung merupakan cerminan sifat-sifat baik. Sifat baik itu akan ditiru oleh anggota barung tersebut,


Penggunaan Tanda/Atribut Pramuka Siaga Putri





Warna tanda barung diutamakan mengambil warna dari Garuda Pancasila. Warna tersebut merah, putih, kuning, hijau, dan hitam. Jika diperlukan dapat diambil warna lain.


Perhatikan kembali lambang negara Garuda Pancasila ! Amati bagian yang memiliki warna merah, kuning, hijau, dan hitam.





Yuk kita tuliskan bagian warna yang terdapat pada lambang garuda pancasila.




Perhatikan kembali lambang barung berikut ini !

Apa warna yang kalmu pilih untuk kelompokmu ? Mengapa? Jelaskan pilihan wranamu disesuaikan dengan arti warna pada lambang negara Garuda Pancasila.

1. Warna putih memiliki arti kesucian, kebenaran, dan kemurnian.

2. Warna hitam memiliki makna keabadian.

3. Warna merah memiliki artian keberanian.

4. Warna hijau artinya adalah kesuburan dan kemakmuran.

5. Warna kuning berarti kebesaran, kemegahan, dan keluhuran

Setelah mengetahui arti warna pada lambang burung Garuda, selanjutnya perhatikan tanda barung berikut. Tanda barung berbentuk segitiga sama sisi.

Segitiga memiliki sudut dan titik sudut. Tunjukan sudut yang dimiliki segitiga ! Berapa banyak sudut yang dimiliki segitiga? (3) Apa jenis sudut yang dimiliki segitiga? (Lancip)

TUGAS

Tentukan jenis sudut yang dimiliki gambar berikut !











Semboyan Bhinneka Tunggal Ika merupakan kutipan dari Kakawin Sutasoma karya Mpu Tantular. Kata “bhinneka” memiliki arti beraneka ragam atau berbeda-beda, sedang kata “tunggal” berarti satu, dan kata “ika” bermakna itu. Secara harfiah Bhinneka Tunggal Ika diartikan “Beraneka Satu Itu”, yang bermakna meskipun berbeda beda tapi pada hakikatnya tetap satu kesatuan. Semboyan ini digunakan untuk melambangkan kesatuan dan persatuan Bangsa Indonesia yang terdiri dari beraneka ragam ras, budaya, bahasa daerah, agama, suku bangsa dan kepercayaan.

Bagaimana pelajaran hari ini, apakah menyenangkan ? Jika ada yang kurang paham bisa langsung ditanyakan ke sir ya. Jangan lupa murojaah dan sholat lima waktu. Tetap semagat berlatih dan belajar.


Wassalamualaikum Wr. Wb.

Kamis, 08 Mei 2025

KELAS 3 TEMA 8 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 5, KAMIS 8 MEI 2025

 Hari / Tanggal             : Kamis, 8 Mei 2025

Tema 8                        : Praja Muda Karana

Subtema 1                  : Aku Anggota Pramuka

Pembelajaran             : 5

 Alat Peraga: Video dan Gmeet

Kompetensi Dasar:

PPKN (3.1) Memahami arti gambar pada lambang negara Garuda Pancasila

Bahasa (3.9) Memahami simbol/lambang (lalu lintas, pramuka, lambang negara) beserta artinya dalam teks lisan, tulis, dan visual

MTK (3.1) Menjelaskan sudut, jenis sudut (lancip, tumpul, siku-siku), dan satuan pengukuran tidak baku.

SBdP (3.2) Mengetahui bentuk dan pola irama lagu


Assalaamualaikum, Wr.Wb

Selamat pagi anak sholih/sholihah semangat ya belajar hari ini, tapi sebelum belajar jangan lupa mandi, sarapan yang bergizi, sholat dhuha serta murojaah yaa. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!

 

Tujuan pembelajaran hari ini, siswa dapat menjelaskan tentang jenis-jenis sudut dengan benar.


menentukan jenis sudut, Ikuti contoh berikut.


Macam-macam Sudut yaitu :

No.

Gambar

Penjelasan

1.

Sudut lancip adalah sudut yang besarnya kurang dari 90º

2.

Sudut siku-siku adalah sudut yang besarnya 90º

3.

Sudut tumpul adalah sudut yang besarnya lebih dari 90º dan kurang dari 180º

4.

Sudut lurus adalah sudut yang sama dengan 180º

Perhatikan gambar di bawah ini !
Tentukan macam-macam sudut pada gambar berikut 


Amati benda-benda di sekitar kelasmu !
Dapatkah kamu menemukan sudut lancip dan sudut tumpul? Coba sebutkan masing-masing lima buah !

Ayo Membaca
Sekarang coba kalian perhatikan gambar-gambar di bawah ini. Apakah gambar tersebut memiliki sudut? Tunjukan!

Tahukah kamu, lambang apakah itu?
Gambar tersebut merupakan lambang pramuka beberapa daerah di Indonesia. Gambar lambang pramuka setiap daerah berbeda-beda. Keberagaman tersebut sesui dengan keunikan dan keunggulan yang dimiliki setiap daerah. Meskipun demikian tujuan semua anggota pramuka di Indonesia sama.

Keberagaman lambang pramuka ini sesuai dengan semboyan negara kita yaitu Bhinneka Tunggal Ika.

Arti semboyan Bhinneka Tunggal Ika adalah "beraneka ragam" atau berbeda-beda. Kata "tunggal berarti "satu". Kata ika berarti juga. Arti Bhinneka Tunggal Ika adalah "Berbeda-beda tetapi tetap satu juga."

Semboyan ini digunakan untuk menggambarkan persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia. Bangsa Indonesia terdiri atas beraneka ragam budaya. Bangsa Indonesia memiliki banyak bahasa daerah. Bangsa Indonesia juga terdiri atas berbagai agama dan kepercayaan. Keberagaman yang dimiliki Indonesia adalah kekayaan kebudayaan. Keberagaman harus disyukuri dan dipelihara.

LATIHAN HARI INI 

Kerjakan Modul Tematik (Cerdas) Halaman 91-92 Kalian bisa lihat Soal di buku modul tematik (cerdas) untuk jawabannya kalian kerjakan di dalam LKS dan link berikut ini yaa 

KLIK DI SINI

Selamat mengerjakan! 

Wassalamualaikum Wr. Wb