Senin, 12 Februari 2024

KELAS 1 MATERI BAHASA INDONESIA, SENIN 12 FEBRUARI 2024

Hari/Tanggal : Senin/ 12 Februari 2024
Satuan Pendidikan : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung 
Fase/Kelas : A/1 
BAB/Tema : 6/ Berbeda itu Tak Apa 
Materi Pembelajaran : Menghargai Perbedaan




Capaian Pembelajaran :
Menyimak :
1. Peserta didik mampu bersikap menjadi pendengar yang penuh perhatian. 
2. Peserta didik menunjukkan minat pada tuturan yang didengar serta mampu memahami pesan lisan dan informasi dari audio, teks aural (teks yang di bacakan dan/atau didengar), instruksi lisan, dan percakapan yang berkaitan dengan tujuan berkomunikasi. 
Membaca dan Memirsa
1. Peserta didik mampu bersikap menjadi pembaca dan pemirsa yang menujukkan minat terhadap teks yang dibaca atau dipirsa. 
2. Peserta didik mampu membaca kata –kata yang dikenalinya sehari-hari dengan fasih. 
3. Peserta didik mampu memahami informasi dari bacaan dan tayangan yang dipirsa tentang diri dan lingkungan, narasi imajinatif, dan puisi anak. 
4. Peserta didik mampu memaknai kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa dengan bantuan ilustrasi.
Berbicara dan Mempresentasikan
1. Peserta didik mampu berbicara dengan santun tentang beragam topik yang dikenali menggunakan volume dan intonasi yang tepat sesuai konteks. 
2. Peserta didik mampu merespon dengan bertanya tentang sesuatu, menjawab, dan menanggapi komentar orang lain (teman, guru, dan orang dewasa) dengan baik dan santun dalam suatu percakapan. 
3. Peserta didik mampu mengungkapkan gagasan secara lisan dengan atau tanpa bantuan gambar/ilustrasi.
4. Peserta didik mampu menceritakan kembali suatu isi informasi yang dibaca atau didengar; dan menceritakan kembali teks narasi yang di bacakan atau dibaca dengan topik diri dan lingkungan
Menulis
1. Peserta   didik   mampu menunjukkan keterampilan menulis permulaan dengan benar (cara memegang alat tulis, jarak mata dengan buku, menebalkan garis/huruf, dll.) di atas kertas dan/atau melalui media digital.
2. Peserta didik mampu mengembangkan tulisan tangan yang semakin baik. 
3. Peserta didik mampu menulis teks deskripsi dengan beberapa kalimat sederhana, menulis teks rekon tentang pengalaman diri, menulis kembali narasi berdasarkan teks fiksi yang dibaca atau didengar, menulis teks prosedur tantang kehidupan sehari-hari, dan menulis teks eksposisi tentang kehidupan sehari-hari.

Tujuan Pembelajaran :

Menyimak: 
Dengan menyimak dan menanggapi bacaan tentang sikap baik kepada teman, peserta didik dapat mengenali tanda titik pada akhir kalimat serta membaca dan menulis kata-kata yang diawali dengan huruf ‘g’.
Membaca:
Mengenali dan mengeja kombinasi huruf pada suku kata dan kata yang sering ditemui.
Menulis:
Menuliskan suku kata sederhana pada kata-kata yang sering ditemui sehari-hari.

Amati gambar sampul di atas, ya.
Lalu, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut. 
1. Binatang apa yang kalian lihat pada gambar di atas?
2. Ada di mana binatang-binatang itu?
3. Apa yang sedang mereka lakukan?
4. Mana yang bernama Kiki? Mana yang bernama Gaga?








Apakah kalian suka ceritanya?
Dengarkan pertanyaan-pertanyaan guru di bawah ini, lalu 
jawablah.

1. Siapa nama gajah pada cerita di atas?
2. Siapa nama kelinci pada cerita di atas?
3. Apa yang dilakukan gajah?
4. Apa yang dilakukan kelinci?
5. Apa yang dilakukan gajah dan kelinci bersama-sama?

PENUTUP 
Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.                    
Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini? Apa yang telah kalian pelajari hari ini? 
Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia.

Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.
Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa. Yuk sebelum berdoa kita tepuk jari terlebih dahulu!Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang baik di rumah bersama keluarga kalian ya…
Ibu guru akhiri, 
Wassalamu’aalaikumsalam wr.wb

Rabu, 07 Februari 2024

KELAS 1 MATERI BAHASA LAMPUNG, RABU 06 FEBRUARI 2024

KELAS :   I

MAPEL :   BAHASA LAMPUNG

Materi :  Anak Huruf Aksara Lampung

Hari/tanggal :  Rabu, 07 Februari 2024


 

Tabik Pun..

Selamat Pagi anak shalih dan shalihah...

Bagaimana kabarnya hari ini anak sholih dan sholihah?                                                               

Semoga semua sehat selalu, dalam lindungan Allah subhanahu wata'ala ya sayang..               

Ayo anak ibu guru, sudah siap semua untuk belajar hari ini? 

Sebelum memulai pembelajaran mari kita membaca doa terlebih dahulu:


“Radhitu billahi Rabbaa, wa bil Islami diina, wa bi Muhammadin nabiyyaa wa rasula robbi zidnii 'ilmanwarzuqni fahma.”


Mengenal Anak Huruf Aksara Lampung


Minggu kemarin kita sudah belajar anak huruf yang pertama, yaitu ulan i.

Hari ini, kita akan melanjutkan anak huruf yang kedua.

Anak huruf apakah itu?

Yuukk kita baca materi di bawah ya!

 



Anak huruf bitan u berbentuk seperti garis pendek. Letaknya berada di bawah induk huruf.

 

CONTOH


Yuuukk disalin yaaa materi nya di buku tulis, agar kalian tidak lupa dengan yang sudah pernah dipelajari.


Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.                    

Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini? Apa yang telah kalian pelajari hari ini? 

Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia.


Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.

Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa. Yuk sebelum berdoa kita tepuk jari terlebih dahulu!Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang baik di rumah bersama keluarga kalian ya…


Ibu guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

Selasa, 06 Februari 2024

KELAS 1 MATERI MATEMATIKA, SELASA 06 FEBRUARI 2024

Hari/Tanggal : Selasa, 06 Februari 2024                                Satuan Pendidikan : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung          Fase/Kelas : A/1                                                                      BAB/Tema : 5/ Ayo Membilang Sampai dengan 20            Materi Pembelajaran : Menghitung, membaca dan menulis bilangan                                                                        



CP :

Pada akhir fase A, peserta didik menunjukkan pemahaman dan memiliki intuisi bilangan(numbersense) pada bilangan cacah sampai 100, mereka dapat membaca,menulis,menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, serta melakukan komposisi (menyusun) dan dekomposisi (mengurai) bilangan.


Tujuan Pembelajaran :

1. Menghitung banyaknya benda sampai   dengan 20.

2. Membaca lambang bilangan sampai dengan 20.

3. Menuliskan lambang bilangan sampai dengan 20.

4. Memperkirakan banyak benda (estimasi) sampai dengan 20.


 ATP : 

1. Peserta didik dapat menghitung banyaknya benda sampai dengan 20



Assalamualaikum anak sholih/ah.. 

Bagaimana kabarnya hari ini anak sholeh dan sholehah? Semoga semua sehat selalu, dalam lindungan Allah subhanahu wata'ala ya sayang..

Ayo anak ibu guru, sudah siap semua untuk belajar hari ini? Hari ini kita akan belajar  mata pelajaran matematika tentang nilai tempat.

A. Nilai tempat puluhan dan satuan.

Setiap angka pada suatu bilangan memiliki nilai yang berbeda sesuai tempatnya.
Perhatikan contoh berikut.

1. Membandingkan dan Mengurutkan Bilangan 




PENUTUP 

Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.                    

Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini? Apa yang telah kalian pelajari hari ini? 

Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia.

Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.

Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa. Yuk sebelum berdoa kita tepuk jari terlebih dahulu!Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang baik di rumah bersama keluarga kalian ya…

Ibu guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

Senin, 05 Februari 2024

KELAS 1 MATERI BAHASA INDONESIA, SENIN 5 FEBRUARI 2024

Hari/Tanggal : Senin/5 Februari 2024
Satuan Pendidikan : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung 
Fase/Kelas : A/1 
BAB/Tema : 5/ Bunyi Apa? 
Materi Pembelajaran : Bersikap Baik terhadap Teman


Capaian Pembelajaran (CP):

• Menyimak
1. Peserta didik mampu bersikap menjadi pendengar yang penuh perhatian
2. Peserta didik menunjukkan minat pada tuturan yang didengar serta mampu memahami pesan lisan dan informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan/didengar), instruksi lisan, dan percakapan yang berkaitan dengan tujuan berkomunikasi

•Membaca dan Memirsa
1. Peserta didik mampu bersikap menjadi pembaca dan pemirsa yang menunjukkan minat terhadap teks yang dibaca atau dipirsa. 
2. Peserta didik mampu membaca kata-kata yang dikenalinya sehari-hari dengan fasih.
3. Peserta didik mampu memahami informasi dari bacaan dan tayangan yang dipirsa tentang diri dan lingkungan, narasi imajinatif, dan puisi anak. 
4. Peserta didik mampu memaknai kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa dengan bantuan ilustrasi.

•Berbicara dan Mempresentasikan
1. Peserta didik mampu berbicara dengan santun tentang beragam topik yang dikenali menggunakan volume dan intonasi yang tepat sesuai konteks.
2. Peserta didik mampu merespons dengan bertanya tentang sesuatu, menjawab, dan menanggapi komentar orang lain (teman, guru, dan orang dewasa) dengan baik dan santun dalam suatu percakapan.
3. Peserta didik mampu mengungkapkan gagasan secara lisan dengan atau tanpa bantuan gambar/ilustrasi
4. Peserta didik mampu menceritakan kembali suatu isi informasi yang dibaca atau didengar, dan menceritakan kembali teks narasi yang dibacakan atau dibaca dengan topik diri dan lingkungan

•Menulis
1. Peserta didik mampu menunjukkan keterampilan menulis permulaan dengan benarbenar (cara memegang alat tulis, jarak mata dengan buku, menebalkan garis/huruf, dll.) di atas kertas dan/atau melalui media digital.
2. Peserta didik mengembangkan tulisan tangan yang semakin baik.
3. Peserta didik mampu menulis teks deskripsi dengan beberapa kalimat  sederhana,  menulis teks  rekon tentang pengalaman diri, menulis kembali narasi berdasarkan teks fiksi yang dibaca atau didengar, menulis teks prosedur tentang kehidupan sehari-hari,  dan menulis teks eksposisi tentang kehidupan sehari-hari.

Tujuan Pembelajaran:

• Dengan menyimak dan menanggapi bacaan tentang sikap baik kepada teman, peserta didik dapat mengenali tanda titik pada akhir kalimat serta membaca dan menulis kata-kata yang diawali dengan huruf ‘m’.
Membaca:
Mengenali dan mengeja kombinasi huruf pada suku kata dan kata yang sering ditemui.
Menulis:
Menuliskan suku kata sederhana pada kata-kata yang sering ditemui sehari-hari,  dan menulis teks eksposisi tentang kehidupan sehari-hari.




PENUTUP 
Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.                    
Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini? Apa yang telah kalian pelajari hari ini? 
Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia.

Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.
Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa. Yuk sebelum berdoa kita tepuk jari terlebih dahulu!Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang baik di rumah bersama keluarga kalian ya…
Ibu guru akhiri, 
Wassalamu’aalaikumsalam wr.wb

Jumat, 02 Februari 2024

KELAS 1 MATERI PRAMUKA, JUM'AT 02 FEBRUARI 2024

Hari/Tanggal ​​: Jum'at/ 02 Febuari 2024    

Satuan Pendidikan​: SD Al Azhar 1 Bandar Lampung          Fase/Kelas ​​: A/1                                            

Materi ​​​: Pramuka Siaga




Bagaimana kabarnya hari ini anak sholeh dan sholehah?                                                               
Semoga semua sehat selalu, dalam lindungan Allah subhanahu wata'ala ya sayang..               
Ayo anak ibu guru, sudah siap semua untuk belajar hari ini? 

Sebelum memulai pembelajaran jangan lupa untuk mandi terlebih dahulu, sarapan, sholat dhuha dan murajaah yaa.

Kemudian mari kita membaca doa sebelum belajar:
“Radhitu billahi Rabbaa, wa bil Islami diina, wa biMuhammadin nabiyyaa wa rasula robbi zidnii 'ilmanwarzuqni fahma”.

Hari ini kita akan belajar mata pelajaran Pramuka, materi yang kita bahas adalah cara memberikan dan membalas salam pramuka. Yuk kita simak materi di bawah ini ^_^.


Cara Memberikan dan Membalas Salam Pramuka :

Secara umum sikap ketika memberikan salam pramuka adalah berdiri, mengambil posisi sikap sempurna (siap) , tangan kiri lurus dan mengepal di samping badam sedangkan tangan kanan diangkat pada pelipis. 

•Posisi telapak tangan miring, terbuka, dengan punggung tangan di bagian atas dan kelima jari rapat

• Pemberian salam pramuka saat membawa tongkat adalah sebagai berikut :
Saat memberikan salam biasa :
Tongkat diangkat dengan tangan kanan, sedangkan tangan kiri diangkat di bawah dada dengan posisi telapak tangan terbuka, punggung tangan di bagian atas, dan kelima jari rapat. 

• Saat memberikan salam penghormatan dan janji :
Tongkat dimiringkan dan dipegang dengan tangan kiri, sedangkan pangkal tongkat tetap di posisi semula. Tangan kanan diangkat pada pelipis. Posisi telapak tangan miring, terbuka, dengan punggung tangan di bagian atas dan kelima jari rapat. 

• Dalam keadaan duduk, salam pramuka diberikan dengan merapatkan kedua kaki, lutut ditekuk, badan ditegakkan, tangan kiri rapat di sisi tubuh sebatas siku dan lengan bawah diletakkan di atas paha, sedangkan tangan kanan diangkat pada pelipis dengan posisi telapak tangan miring terbuka, dengan punggunh tangan di bagian atas dan kelima jari rapat. 

•Dalam keadaan yang tidak memungkinkan (terutama untuk pemberian salam pramuka sebagai salam biasa), salam pramuka dapat diberikan tanpa mengambil posisi sikap sempurna. Namun, cukup dengan mengangkat tangan kanan pada pelipis dengan posisi telapak tangan miring, terbuka, dengan punggung tangan di bagian atas dan kelima jari rapat

• sikap memberikqn salam pramuka sebagai salam biasa, sikap-sikap di atas disertai dengan ucapan salam pramuka yang di ucapkan secara langsung. 

•saat memberikan salam pramuka sebagai sqlqm penghormatan dan salam janji tidak perlu diucapkan salam pramuka. 

Setiap anggota gerakan pramuka yang menerima salam pramuka diwajibkan untuk menjawabnya. 

Cara menjawab salam pramuka adalah dengan mengambil sikap badan saat memberikan salam pramuka disertai dengan mengucapkan kata "salam"  dengan tegas

PENUTUP

Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.                    

Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini? Apa yang telah kalian pelajari hari ini? 
Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia.

Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.
Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa. Yuk sebelum berdoa kita tepuk jari terlebih dahulu!Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang baik di rumah bersama keluarga kalian ya…
Ibu guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

Kamis, 01 Februari 2024

KELAS 1 MATERI P5, KAMIS 01 FEBRUARI 2024

 HARI/TANGGAL    : KAMIS, 01 FEBRUARI 2024 

KELAS                : I (SATU)

SEMESTER          : II (DUA) 

MATERI              : P5 (RONCEKU KREATIVIRASKU)




Selamat pagi anak sholeh sholehah Ibu guru, apa kabarnya? semoga semua dalam keadaan sehat wal afiat. 

Hari ini kita kembali memulai pembelajaran di awal semester genap tahun pelajaran 2023/2024. 

Sebelum memulai pembelajaran silahkan persipakan dirimu dahulu dengan membaca doa. 



Hari ini kita akan melaksanakan pembelajaran P5 dengan Tema Kewirausahaan, Topik Ronceku Kreativitasku. Berikut uraian pembelajaran secara lengkap. 


Tema : Kewirausahaan 

Topik : Ronceku Kreativitasku 

Tujuan : Dengan mengangkat tema “kewirausahaan” dan mengacu kepada Profil Pelajar Pancasila, projek penguatan profil pelajar Pancasila ini ditujukan untuk melatih peserta didik melakukan aktivitas yang bermanfaat bagi perkembangan motoriknya dengan cara meronce memanfaatkan alat dan bahan di sekitarnya dan menghasilkan karya yang memiliki nilai jual.


Target Pencapaian Projek Profil: Melalui pengalaman pengelolaan projek profil ini, selain memahami tema “Kewirausahaan” dan mengadopsinya sebagai gaya hidup sehari-hari, peserta didik diharapkan telah mengembangkan tiga dimensi Profil Pelajar Pancasila yaitu kreatif, mandiri, dan bernalar kritis.


Hari ini kita akan melanjutkan pembelajaran P5 yaitu dengan melakukan Refleksi awal 


Kegiatan refleksi atau kilas balik ini berguna untuk memeriksa pemahaman yang sudah tercapai selama ini. Sesuai sesi ini, guru merangkum hal-hal yang ditanyakan di lembar refleksinya. Pendidik membolehkan peserta didik memeriksa kertas-kertas kerjanya yang lalu (dari kegiatan terdahulu) tersebut. Perbolehkan juga peserta didik untuk bekerja di lantai, di selasar kelas (jika memungkinkan secara individu maupun duduk berkelompok. 

Pengayaan/Diferensiasi Proses

Guru dapat memfasilitasi kerja kelompok kecil untuk siswa yang masih belum lancar membaca agar dapat saling membantu

 

LEMBAR REFLEKSI BELAJAR

 

NAMA         :

 

NO

PERNYATAAN

BENAR

SALAH

1

Meronce adalah menyusun benda atau merangkai benda dengan seutas tali  

 

 

2

Apakah kegiatan meronce membuat kita bosan

 

 

3

Meronce dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja

 

 

4

Biji-bijian tidak dapat digunakan dalam meronce

 

 

5

Meronce merupakan kerajinan tangan

 

 

6

Meronce tidak harus menggunakan tali

 

 

7

Barang bekas seperti kertas tidak dapat dijadikan bahan dalam meronce

 

 

8

Meronce harus membutuhkan konsenstrasi yang tinggi

 

 

9

Meronce hanya dapat menggunakan bahan dari manik-manik saja

 

 

10

Dalam meronce harus memperhatikan warna, bentuk dan pola

 

 

 

 


Demikian pembelajaran hari ini, semoga selalu dilimpahi ilmu yang bermanfaat. Jangan lupa untuk selalu berdoa dan sholat lima waktu. Sampai jumpa pada pembelajaran selanjutnya. 


Terimakasih 

Wassalaamualaikum Wr Wb 

Rabu, 31 Januari 2024

KELAS 1 MATERI BAHASA INDONESIA, RABU 31 JANUARI 2024

Hari/Tanggal : Rabu, 31 Januari 2024

Satuan Pendidikan : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung

Fase/Kelas : A/1 

BAB/Tema : 5/ Bunyi Apa? 

Materi Pembelajaran : Bersikap Baik terhadap Teman


Capaian Pembelajaran (CP):


• Menyimak
1. Peserta didik mampu bersikap menjadi pendengar yang penuh perhatian
2. Peserta didik menunjukkan minat pada tuturan yang didengar serta mampu memahami pesan lisan dan informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan/didengar), instruksi lisan, dan percakapan yang berkaitan dengan tujuan berkomunikasi

•Membaca dan Memirsa
1. Peserta didik mampu bersikap menjadi pembaca dan pemirsa yang menunjukkan minat terhadap teks yang dibaca atau dipirsa. 
2. Peserta didik mampu membaca kata-kata yang dikenalinya sehari-hari dengan fasih.
3. Peserta didik mampu memahami informasi dari bacaan dan tayangan yang dipirsa tentang diri dan lingkungan, narasi imajinatif, dan puisi anak. 
4. Peserta didik mampu memaknai kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa dengan bantuan ilustrasi.

•Berbicara dan Mempresentasikan
1. Peserta didik mampu berbicara dengan santun tentang beragam topik yang dikenali menggunakan volume dan intonasi yang tepat sesuai konteks.
2. Peserta didik mampu merespons dengan bertanya tentang sesuatu, menjawab, dan menanggapi komentar orang lain (teman, guru, dan orang dewasa) dengan baik dan santun dalam suatu percakapan.
3. Peserta didik mampu mengungkapkan gagasan secara lisan dengan atau tanpa bantuan gambar/ilustrasi
4. Peserta didik mampu menceritakan kembali suatu isi informasi yang dibaca atau didengar, dan menceritakan kembali teks narasi yang dibacakan atau dibaca dengan topik diri dan lingkungan

•Menulis
1. Peserta didik mampu menunjukkan keterampilan menulis permulaan dengan benarbenar (cara memegang alat tulis, jarak mata dengan buku, menebalkan garis/huruf, dll.) di atas kertas dan/atau melalui media digital.
2. Peserta didik mengembangkan tulisan tangan yang semakin baik.
3. Peserta didik mampu menulis teks deskripsi dengan beberapa kalimat  sederhana,  menulis teks  rekon tentang pengalaman diri, menulis kembali narasi berdasarkan teks fiksi yang dibaca atau didengar, menulis teks prosedur tentang kehidupan sehari-hari,  dan menulis teks eksposisi tentang kehidupan sehari-hari.

Tujuan Pembelajaran:

• Dengan menyimak dan menanggapi bacaan tentang sikap baik kepada teman, peserta didik dapat mengenali tanda titik pada akhir kalimat serta membaca dan menulis kata-kata yang diawali dengan huruf ‘m’.
Membaca:
Mengenali dan mengeja kombinasi huruf pada suku kata dan kata yang sering ditemui.
Menulis:
Menuliskan suku kata sederhana pada kata-kata yang sering ditemui sehari-hari,  dan menulis teks eksposisi tentang kehidupan sehari-hari.




PENUTUP 
Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.                    
Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini? Apa yang telah kalian pelajari hari ini? 
Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia.

Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.
Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa. Yuk sebelum berdoa kita tepuk jari terlebih dahulu!Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang baik di rumah bersama keluarga kalian ya…
Ibu guru akhiri, 
Wassalamu’aalaikumsalam wr.wb

Selasa, 30 Januari 2024

KELAS 1 MATERI MATEMATIKA, SELASA 30 JANUARI 2024

Hari/Tanggal : Selasa, 30 Januari 2024                                Satuan Pendidikan : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung          Fase/Kelas : A/1                                                                     BAB/Tema : 5/ Ayo Membilang Sampai dengan 20            Materi Pembelajaran : Menghitung, membaca dan menulis bilangan                                                                        



CP :

Pada akhir fase A, peserta didik menunjukkan pemahaman dan memiliki intuisi bilangan(numbersense) pada bilangan cacah sampai 100, mereka dapat membaca,menulis,menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, serta melakukan komposisi (menyusun) dan dekomposisi (mengurai) bilangan.


Tujuan Pembelajaran :

1. Menghitung banyaknya benda sampai   dengan 20.

2. Membaca lambang bilangan sampai dengan 20.

3. Menuliskan lambang bilangan sampai dengan 20.

4. Memperkirakan banyak benda (estimasi) sampai dengan 20.


 ATP : 

1. Peserta didik dapat menghitung banyaknya benda sampai dengan 20



Assalamualaikum anak sholih/ah.. 

Bagaimana kabarnya hari ini anak sholeh dan sholehah? Semoga semua sehat selalu, dalam lindungan Allah subhanahu wata'ala ya sayang..

Ayo anak ibu guru, sudah siap semua untuk belajar hari ini? Hari ini kita akan belajar  mata pelajaran matematika tentang nilai tempat.

A. Nilai tempat puluhan dan satuan.

Setiap angka pada suatu bilangan memiliki nilai yang berbeda sesuai tempatnya.
Perhatikan contoh berikut.

1. Membandingkan dan Mengurutkan Bilangan 




PENUTUP 

Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.                    

Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini? Apa yang telah kalian pelajari hari ini? 

Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia.

Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.

Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa. Yuk sebelum berdoa kita tepuk jari terlebih dahulu!Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang baik di rumah bersama keluarga kalian ya…

Ibu guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

Senin, 29 Januari 2024

KELAS 1 MATERI BAHASA INDONESIA, SENIN 29 JANUARI 2024

Hari/Tanggal : Senin/29 Januari 2024
Satuan Pendidikan : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung 
Fase/Kelas : A/1 
BAB/Tema : 5/ Bunyi Apa? 
Materi Pembelajaran : Bersikap Baik terhadap Teman


Capaian Pembelajaran (CP):

• Menyimak
1. Peserta didik mampu bersikap menjadi pendengar yang penuh perhatian
2. Peserta didik menunjukkan minat pada tuturan yang didengar serta mampu memahami pesan lisan dan informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan/didengar), instruksi lisan, dan percakapan yang berkaitan dengan tujuan berkomunikasi

•Membaca dan Memirsa
1. Peserta didik mampu bersikap menjadi pembaca dan pemirsa yang menunjukkan minat terhadap teks yang dibaca atau dipirsa. 
2. Peserta didik mampu membaca kata-kata yang dikenalinya sehari-hari dengan fasih.
3. Peserta didik mampu memahami informasi dari bacaan dan tayangan yang dipirsa tentang diri dan lingkungan, narasi imajinatif, dan puisi anak. 
4. Peserta didik mampu memaknai kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa dengan bantuan ilustrasi.

•Berbicara dan Mempresentasikan
1. Peserta didik mampu berbicara dengan santun tentang beragam topik yang dikenali menggunakan volume dan intonasi yang tepat sesuai konteks.
2. Peserta didik mampu merespons dengan bertanya tentang sesuatu, menjawab, dan menanggapi komentar orang lain (teman, guru, dan orang dewasa) dengan baik dan santun dalam suatu percakapan.
3. Peserta didik mampu mengungkapkan gagasan secara lisan dengan atau tanpa bantuan gambar/ilustrasi
4. Peserta didik mampu menceritakan kembali suatu isi informasi yang dibaca atau didengar, dan menceritakan kembali teks narasi yang dibacakan atau dibaca dengan topik diri dan lingkungan

•Menulis
1. Peserta didik mampu menunjukkan keterampilan menulis permulaan dengan benarbenar (cara memegang alat tulis, jarak mata dengan buku, menebalkan garis/huruf, dll.) di atas kertas dan/atau melalui media digital.
2. Peserta didik mengembangkan tulisan tangan yang semakin baik.
3. Peserta didik mampu menulis teks deskripsi dengan beberapa kalimat  sederhana,  menulis teks  rekon tentang pengalaman diri, menulis kembali narasi berdasarkan teks fiksi yang dibaca atau didengar, menulis teks prosedur tentang kehidupan sehari-hari,  dan menulis teks eksposisi tentang kehidupan sehari-hari.

Tujuan Pembelajaran:

• Dengan menyimak dan menanggapi bacaan tentang sikap baik kepada teman, peserta didik dapat mengenali tanda titik pada akhir kalimat serta membaca dan menulis kata-kata yang diawali dengan huruf ‘m’.
Membaca:
Mengenali dan mengeja kombinasi huruf pada suku kata dan kata yang sering ditemui.
Menulis:
Menuliskan suku kata sederhana pada kata-kata yang sering ditemui sehari-hari,  dan menulis teks eksposisi tentang kehidupan sehari-hari.




PENUTUP 
Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.                    
Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini? Apa yang telah kalian pelajari hari ini? 
Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia.

Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.
Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa. Yuk sebelum berdoa kita tepuk jari terlebih dahulu!Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang baik di rumah bersama keluarga kalian ya…
Ibu guru akhiri, 
Wassalamu’aalaikumsalam wr.wb

Jumat, 26 Januari 2024

KELAS 1 MATERI PRAMUKA, JUM'AT 26 JANUARI 2024

Hari/Tanggal ​​: Jum'at/ 26 Januari 2024  

Satuan Pendidikan​: SD Al Azhar 1 Bandar Lampung          Fase/Kelas ​​: A/1                                            

Materi ​​​: Pramuka Siaga




Bagaimana kabarnya hari ini anak sholeh dan sholehah?                                                               
Semoga semua sehat selalu, dalam lindungan Allah subhanahu wata'ala ya sayang..               
Ayo anak ibu guru, sudah siap semua untuk belajar hari ini? 

Sebelum memulai pembelajaran jangan lupa untuk mandi terlebih dahulu, sarapan, sholat dhuha dan murajaah yaa.

Kemudian mari kita membaca doa sebelum belajar:
“Radhitu billahi Rabbaa, wa bil Islami diina, wa biMuhammadin nabiyyaa wa rasula robbi zidnii 'ilmanwarzuqni fahma”.

Hari ini kita akan belajar mata pelajaran Pramuka, materi yang kita bahas adalah cara memberikan dan membalas salam pramuka. Yuk kita simak materi di bawah ini ^_^.


Cara Memberikan dan Membalas Salam Pramuka :

Secara umum sikap ketika memberikan salam pramuka adalah berdiri, mengambil posisi sikap sempurna (siap) , tangan kiri lurus dan mengepal di samping badam sedangkan tangan kanan diangkat pada pelipis. 

•Posisi telapak tangan miring, terbuka, dengan punggung tangan di bagian atas dan kelima jari rapat

• Pemberian salam pramuka saat membawa tongkat adalah sebagai berikut :
Saat memberikan salam biasa :
Tongkat diangkat dengan tangan kanan, sedangkan tangan kiri diangkat di bawah dada dengan posisi telapak tangan terbuka, punggung tangan di bagian atas, dan kelima jari rapat. 

• Saat memberikan salam penghormatan dan janji :
Tongkat dimiringkan dan dipegang dengan tangan kiri, sedangkan pangkal tongkat tetap di posisi semula. Tangan kanan diangkat pada pelipis. Posisi telapak tangan miring, terbuka, dengan punggung tangan di bagian atas dan kelima jari rapat. 

• Dalam keadaan duduk, salam pramuka diberikan dengan merapatkan kedua kaki, lutut ditekuk, badan ditegakkan, tangan kiri rapat di sisi tubuh sebatas siku dan lengan bawah diletakkan di atas paha, sedangkan tangan kanan diangkat pada pelipis dengan posisi telapak tangan miring terbuka, dengan punggunh tangan di bagian atas dan kelima jari rapat. 

•Dalam keadaan yang tidak memungkinkan (terutama untuk pemberian salam pramuka sebagai salam biasa), salam pramuka dapat diberikan tanpa mengambil posisi sikap sempurna. Namun, cukup dengan mengangkat tangan kanan pada pelipis dengan posisi telapak tangan miring, terbuka, dengan punggung tangan di bagian atas dan kelima jari rapat

• sikap memberikqn salam pramuka sebagai salam biasa, sikap-sikap di atas disertai dengan ucapan salam pramuka yang di ucapkan secara langsung. 

•saat memberikan salam pramuka sebagai sqlqm penghormatan dan salam janji tidak perlu diucapkan salam pramuka. 

Setiap anggota gerakan pramuka yang menerima salam pramuka diwajibkan untuk menjawabnya. 

Cara menjawab salam pramuka adalah dengan mengambil sikap badan saat memberikan salam pramuka disertai dengan mengucapkan kata "salam"  dengan tegas

PENUTUP

Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.                    

Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini? Apa yang telah kalian pelajari hari ini? 
Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia.

Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.
Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa. Yuk sebelum berdoa kita tepuk jari terlebih dahulu!Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang baik di rumah bersama keluarga kalian ya…
Ibu guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

Kamis, 25 Januari 2024

KELAS 1 MATERI P5, KAMIS 25 JANUARI 2024

HARI/TANGGAL    : KAMIS, 25 JANUARI 2024 

KELAS                : I (SATU)

SEMESTER          : II (DUA) 

MATERI              : P5 (RONCEKU KREATIVIRASKU)



Assalaamualaikum Wr Wb 


Selamat pagi anak sholeh sholehah Ibu guru, apa kabarnya? semoga semua dalam keadaan sehat wal afiat. 

Hari ini kita kembali memulai pembelajaran di awal semester genap tahun pelajaran 2023/2024. 

Sebelum memulai pembelajaran silahkan persipakan dirimu dahulu dengan membaca doa. 


Hari ini kita akan melaksanakan pembelajaran P5 dengan Tema Kewirausahaan, Topik Ronceku Kreativitasku. Berikut uraian pembelajaran secara lengkap. 

Tema : Kewirausahaan 

Topik : Ronceku Kreativitasku 

Tujuan : Dengan mengangkat tema “kewirausahaan” dan mengacu kepada Profil Pelajar Pancasila, projek penguatan profil pelajar Pancasila ini ditujukan untuk melatih peserta didik melakukan aktivitas yang bermanfaat bagi perkembangan motoriknya dengan cara meronce memanfaatkan alat dan bahan di sekitarnya dan menghasilkan karya yang memiliki nilai jual.


Target Pencapaian Projek Profil: Melalui pengalaman pengelolaan projek profil ini, selain memahami tema “Kewirausahaan” dan mengadopsinya sebagai gaya hidup sehari-hari, peserta didik diharapkan telah mengembangkan tiga dimensi Profil Pelajar Pancasila yaitu kreatif, mandiri, dan bernalar kritis.


Hari ini kita akan melanjutkan pembelajaran P5 dengan mengetahui kelebihan aktivitas meronce dan mengenal hasil karya meronce. 


Kegiatan meronce merupakan pekerjaan yang mencerminkan wujud penghargaan terhadap keindahan benda-benda di alam. Selain itu meronce juga perwujudan sikap peduli lingkungan dengan memanfaatkan barang-barang bekas. Jika membuat roncean dari bahan biji-bijian berarti telah menunjukan kejelian akan keindahan biji-bijian. Misalnya saja biji jarak yang warnanya indah mengkilat seperti motif batik.


Biji sawo berwarna cokelat mengkilap, biji jali berwarna putih kebiruan, biji randu berwarna kecoklatan, biji petai cina berwarna hitam mengkilat. Dengan menggunakan bahan-bahan tersebut menunjukkan bahwa kita telah mengagumi ciptaan Tuhan Yang Maha Kuasa yang telah menciptakan segala keunikan, kekuatan, dan keindahannya masing-masing.


Apabila membuat roncean dari bahan manik-manik berarti kita telah menghargai mutu keindahan kreasi dari orang lain. Manik-manik bentuk dan warnanya bermacam-macam dengan keindahannya masing-masing. Hasil roncean dapat digunakan untuk benda hias dan benda pakai.


Hasil Karya Meronce


  1. Hasil meronce jenis Bahan Alam








  1. Hasil meronce jenis Bahan Buatan (Manik-manik)




3. Hasil Karya Meronce dari bahan bekas


Demikian pembelajaran hari ini, semoga selalu dilimpahi ilmu yang bermanfaat. Jangan lupa untuk selalu berdoa dan sholat lima waktu. Sampai jumpa pada pembelajaran selanjutnya. 


Terimakasih 

Wassalaamualaikum Wr Wb