Rabu, 29 November 2023
KELAS 1 KISI-KISI SAS MATEMATIKA, KAMIS 30 NOVEMBER 2023
Selasa, 28 November 2023
KELAS 1 KISI-KISI SAS SBDP, RABU 29 NOVEMBER 2023
Kisi-kisi SAS SBdP
Bismillah...
Assalamu'alaikum Wr.Wb.
Selamat malam anak Sholih/ah, bagaimana kabarnya?
In syaa Allah semangat ya Nak...
Besok, kalian akan melaksanakan SAS SBdP ya sayang..
Silahkan kalian mempelajari materi ini di rumah ya nak. Semangat belajar anak baik ibu guru.
Adapun Materi SBdP di hari esok adalah seperti gambar bawah ini :
1. Bernyanyi lagu daerah dan lagu nasional
Apakah kalian mengenal pakaian adat dibawah ini? Dapatkah kalian menuliskan satu judul lagu dari pakaian adat tersebut?
Nyanyikan lagu tersebut!
1. Sang bumi ruwa jurai (lampung)
2. Ampar2 pisang (kalimantan)
3. Ayo mama (maluku)
4. Gundul2 pacul (jawa)
5. Yamko (papua)
Pembelajaran Alternatif:
Pembelajaran alternatif dilakukan manakala media pembelajaran di atas tidak
tersedia di Sekolah. Adapun media pembelajaran alternatif yang relevan untuk
digunakan guru adalah sebagai berikut:
1. Gambar rumah adat dan pakaian adat.
Bernyanyi Lagu Nasional
1. Indonesia raya 2. Garuda pancasila 3. Berkibarlah benderaku 4. Maju tak gentar
Apakah kalian mengenal pakaian adat dibawah ini? Dapatkah kalian menuliskan satu judul lagu dari pakaian adat tersebut?
Nyanyikan lagu tersebut!
1. Sang bumi ruwa jurai (lampung)
2. Ampar2 pisang (kalimantan)
3. Ayo mama (maluku)
4. Gundul2 pacul (jawa)
5. Yamko (papua)
2. Tepuk Tangan dan Entakan Kaki
sedang bernyanyi, tepukan tangan atau entakan kaki membentuk irwma atau ritme musik
A. Ketukan dalam Musik
Dalam irama musik, kita mendengar ketukan.
Ketukan berulang dan teratur yang disebut pulsa.
Contoh ketukan berulang dan teratur, seperti dengut jantung, tetesan air, dan detak arloji atau jam dinding.
Pulsa atau ketukan dapat bergerak cepat, sedang dan lambat.
Kecepatan gerak lagu itu disebut tempo.
Jika digambarkan seperti ini :
Lambat Sedang Cepat
Contoh lagu:
Contoh lagu tempo lambat : Bagimu Negeri
Contoh lagu tempo sedang : Kalau Kau Suka Hati
Contoh lagu tempo cepat : Naik Delman
B. Bermain Pola Ritme atau Irama
Peserta didik sudah diajarkan tentang cara memainkan ritme dengan ketukan berulang
Kini saatnya praktik bermain bermacam pola ritme.
Bermain Pola Ritme atau Irama dengan Alat
Peseta didik dapat menggunakan alat-alat disekitat menjadi alat ketukan irama
Lakukan permainan sebelumnya dengan alat pukul sederhana.
Misalnya galon, kaleng, atau botol diisi beras.
Serta pemukul dari potor kayu.
3. Pserta didik mampu membuat kategori lagu nasional dan lagu daerah berdasarkan pada lirik lagu |
Baik, hari ini kita akan mempelajari tentang bunyi nonmusikan nonmelodis.
1. Bunyi nonmusikal nonmelodis
Bunyi nonmusikal nonmelodis adalah bunyi yang berasal dari benda dan alam sekitar yang tidak memiliki susunan nada.
Contohnya seperti bunyi suara orang, bunyi bel, bunyi lembar kertas dibuka, dan bunyi pintu diketuk dan msih banyak lagi benda-benda di sekitar kita.
Latihan bunyi nonmusikal nonmelodis:
Cobalah kamu mainkan bunyi benda-benda yang ada di sekitarmu!
Tentukanlah bunyi dari suara yang dihasilkan!
Tugas kelompok :
Buat kelompok terdiri dari 3 siswa.
Setiap dua kelompok maju ke depan kelas.
Kelompok 1
Memperaktikkan gerak hewan
Kelompok 2
Menirukan bunyi hewan tersebut
Kemudian, kelompok 1 menirukan sebuah bunyi
Kelompok 2 bertugas menyebutkan nama penghasil bunyi.
Lakukanlah bergantian.
KELAS 1 KISI-KISI SAS BAHASA INDONESIA, RABU 29 NOVEMBER 2023
Kisi-kisi SAS Bahasa Indonesia, Rabu 29 November 2023
SUMATIF AKHIR SEMESTER
Bismillah...
Assalamu'alaikum Wr.Wb.
Selamat malam anak Sholih/ah, bagaimana kabarnya?
In syaa Allah semangat ya Nak...
Besok, kalian akan melaksanakan SAS Bahasa Indonesia ya sayang...
Dimana, materinya yaitu Bab 1 bunyi apa, Bab 2 ayo bermain, Bab 3 Awas Kuman.
Silahkan kalian mempelajari materi ini di rumah ya nak. Semangat belajar anak baik ibu guru.
Adapun Materi Bahasa Indonesia di hari esok adalah seperti gambar bawah ini :
1. Bab 1 Bunyi apa
Melafalkan huruf, membaca suku kata yang berawalan dari huruf 'b' dan menulis nama sendiri.
Diskusikan gambar sampul di atas dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan ini.
1. Apa warna bola Boni?
2. Di mana Boni mengejar bolanya?
3. Di mana bola Boni jatuh?
4. Siapa yang bermain dengan bola Boni?
5. Ceritakan kembali, mengapa Boni kehilangan bolanya?
Lafalkan huruf ini..
Lalu, lafalkan huruf yang terdapat pada kata-kata berikut.
Ayo Menulis..
Buatlah kartu nama kalian.
Dengarkan Guru memberipetunjuk untuk membuatnya.
Tulis nama kalian pada kartu.
2. Lalu, gambar benda kesukaan kalian di baliknya
Dengan membuat kartu nama, kalian berlatih menulis nama sendiri.Sekarang, perkenalkan diri kalian di depan kelas.Guru akan membimbing kalian. Tunjukkan kartu nama kalian di depan kelas.
1.Tulis nama kalian pada kartu.
2. Lalu,gambar benda kesukaan kalian di baliknya
Dengan membuat kartu nama, kalian berlatih menulis nama sendiri. Membaca Kartu Kata
1. Ikuti guru membaca kata-kata yang berawalan suku kata
‘ba-’, ‘bu-’, dan ‘be-’.
2. Dapatkah kalian menyebutkan kata-kata lain yang memiliki
suku kata ‘ba-’, ‘bu-’, dan ‘be-’?
BERBICARA
Kalian akan mendiskusikan arti kata ‘sibuk’.
Lihat dua gambar di bawah.
Jawablah pertanyaan-pertanyaan ini.
1. Pasar mana yang terlihat sibuk?
2. Apa yang kalian lihat pada gambar pasar yang sibuk?
3. Apa bedanya pasar yang sibuk dan pasar yang tidak sibuk?
Bab 2 Ayo Bermain
Peaerta didik dapat membaca dan menulia suku kata yang diawali dengan huruf 'c' dan 'h'.
Nyanyikan lagu di bawah ini.
Gantilah kata-kata ‘tepuk tangan’ dan ‘pegang hidung’dengan
kata-kata sendiri, ya.
Kalau kau suka hati, tepuk tangan
Kalau kau suka hati, tepuk tangan
Kalau kau suka hati, ayo kita lakukan
Kalau kau suka hati, tepuk tangan
Kalau kau suka hati, pegang hidung
Kalau kau suka hati, pegang hidung
Kalau kau suka hati, ayo kita lakukan
menanggapi bacaan tentang tempat dan aturan bermain.
TANDA BACA
Tanda tanya dan tanda seru
Tanda seru (!) digunakan dalam kalimat larangan atau
perintah.
Tanda tanya (?) digunakan dalam kalimat tanya.
Cara membacanya berbeda.
Ikuti guru membaca kalimat-kalimat di bawah ini.
Gunakan intonasi yang benar, ya.
1. Jangan!
2. Apakah kalian mau bermain denganku?
3. Hati-hati!
4. Apakah kamu terluka?
Bab 3 Awas Kuman
Tentang "kuman"
Setelah menyimak cerita di atas, jawablah pertanyaan-
pertanyaan berikut ini.
a. Mengapa kalian tidak boleh menyebarkan kuman kepada
orang lain?
b. Apa yang bisa kalian lakukan agar kuman tidak berpindah
ke tubuh orang lain?
Lalu, dengarkan penjelasan
guru di bawah ini.
Cuci tangan perlu dilakukan
sesering mungkin:
• setiap selesai buang air
kecil dan buang air besar;
• sebelum menyentuh
makanan;
• sepulang dari bepergian
atau bermain;
• sebelum tidur.
Cuci tangan harus sampai bersih.
Cuci tangan tidak harus cepat-cepat.
Kalian bisa melakukannya .
Senin, 27 November 2023
KELAS 1 KISI-KISI SAS PENDIDIKAN PANCASILA, SELASA 28 NOVEMBER 2023
Kisi-kisi SAS Pendidikan Pancasila.
Hari/Tanggal : Selasa, 28 November 2023
Fase/Kelas : A/Kelas 1
Assalamualaikum Warohmatullahi wabarokatuh
Anak soleh dan sholeha🥰🤗
Apa kabarnya hari ini?semoga selalu sehat yaaa, aamiin
Ibu guru akan memberikan kisi-kisi Sumatif Akhir Semester Pendidikan Pancasila yaaa, yang materinya dari Unit 1 sampai Unit 3.
Materi pembelajaran :
1. Unit 1/ BAB 1 = Aku Cinta Pancasila (Mengenal lambang Pancasila)
2. Unit 2/BAB 2 = Aku anak yang patuh Aturan (Mengenal aturan dirumah dan disekolah, Hak dan kewajiban dirumah dan disekolah)
3. Unit 3/Bab 3 = Ayo memperkenalkan diri (identitas diri)
Assalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh
Bismillah...
bab 1 Ayo Cinta Pancasila yaitu dimana di dalamnya terdapat simbol dan lambang garuda Pancasila.
Pancasila terdiri atas 5 sila yaitu:
- Ketuhanan yang maha esa
- Kemanusiaan yang adil dan beradab
- Persatuan Indonesia
- Kerakyatan yang di pimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan
- Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia
Simbol Pancasila
BAB 2 AKU ANAK YANG PATUH ATURAN
yaitu dimana di dalamnya terdapat aturan aturan yang ada di rumah dan sekolah.
Bab 3 Ayo memperkenalkan diri
Identitas diri adalah ciri-ciri khusus yang kita miliki.
Identitas diri antara lain adalah nama, keluarga, alamat, sekolah, dan sebagainya.
Ayo perkenalkan diri kalian didepan kelas/di depan teman baru!🤗
Contoh perkenalan diri yaitu:
Hai, teman-teman
Perkenalkan, Namaku Nadia
Umurku tuhuh tahun.
Aku anak kedua.
Kakaku bima, kelas lima.
Rambutku lurus.
Kulitku sawo matang.
Hobiku menyanyi dan menari.
In syaa Allah siap ya Nak, dan semoga Allah memberikan hasil yang terbaik dari STS hari esok aamiin.. ☺️
Ibu guru akhiri, Wassalamu'alaikum Wr.Wb.
Anak-anak jangan lupa menghafal contoh aturan dirumah dan disekolah yaa..
Selamat belajar, semoga berhasil mengerjakam soalnya🤗
Wassalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh
KELAS 1 SUMATIF AKHIR SEMESTER (SAS) MENULIS, SENIN 27 NOVEMBER 2023
SUMATIF AKHIR SEMESTER
Bismillah...
Assalamu'alaikum Wr.Wb.
Selamat sore anak Sholih/ah, bagaimana kabarnya?
In syaa Allah semangat ya Nak...
Besok, kalian akan melaksanakan SAS Menulis ya sayang...
Dimana, materinya yaitu menulis huruf Tegak Sambung dengan baik dan benar.
Silahkan kalian berlatih menulis huruf tegak sambung di rumah ya nak menggunakan buku lalisba yang sudah diberikan dan diikuti sesuai dengan contoh. Semangat Berlatih anak baik ibu guru.
Adapun Materi Menulis di hari esok adalah seperti gambar bawah ini.
Silahkan Pelajari cara menulis tegak sambung yang baik dan benar dengan rapih di rumah🥰
Semangat anak sholeh and sholehah ibu guru🙏🏻
Jangan lupa membaca doa sebelum belajar.
InsyaAllaho siap ya Nak, dan semoga Allah memberikan hasil yang terbaik dari SAS hari esok aamiin.. ☺️
Wassalamualaikum wr wb
Jumat, 24 November 2023
KELAS 1 MATERI PRAMUKA, JUM'AT 24 NOVEMBER 2023
Hari/Tanggal : Jum’at, 24 November 2023
Satuan Pendidikan : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung
Fase/Kelas : A/1
Materi : Pramuka
Assalamualaikum anak sholih/ah.
Bagaimana kabarnya hari ini anak sholeh dan sholehah?
Semoga semua sehat selalu, dalam lindungan Allah subhanahuwata'ala ya sayang..
Ayo anak ibu guru, sudah siap semua untuk belajar hari ini?
Sebelum memulai pembelajaran jangan lupa untuk mandi terlebih dahulu, sarapan, sholat dhuha dan murajaah yaa.
Kemudian mari kita membaca doa sebelum belajar:
“Radhitu billahi Rabbaa, wa bil Islami diina, wa bi Muhammadin nabiyyaa wa rasula robbi zidnii 'ilmanwarzuqni fahma.”
Hari ini kita akan belajar mata pelajaran Pramuka, materi yang di bahas tentang Gerakan Pramuka, Tujuan, Prinsip serta Sifat Gerakan Pramuka di Indonesia. Yuk kita simak materi di bawah ini ^_^.
Gerakan Pramuka
Gerakan Pramuka adalah organisasi pendidikan nonformal yang menyelenggarakan pendidikan kepanduan yang dilaksanakan di Indonesia. Kata Pramuka merupakan singkatan dari Praja Muda Karana, yang memiliki arti Orang Muda yang Suka Berkarya.
Tujuan Gerakan Pramuka
Gerakan Pramuka bertujuan untuk membentuk setiap Pramuka agar memiliki kepribadian yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia, berjiwa patriotik, taat hukum, disiplin, menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa, dan memiliki berkecakapan hidup sebagai kader bangsa dalam menjaga dan membangun Negeara Kesatuan Republik Indonesia, mengamalkan Pancasila, serta melestarikan lingkungan.
Prinsip Dasar Kepramukaan
§ Iman dan taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa;
§ Peduli terhadap bangsa dan tanah air, sesama hidup dan alam seisinya;
§ Peduli terhadap dirinya pribadi; dan
§ Taat kepada Kode Kehormatan Pramuka.
Sifat
Berdasarkan resolusi Konferensi Kepanduan Sedunia tahun 1924 di Kopenhagen, Denmark, maka Kepanduan mempunyai tiga sifat atau ciri khas, yaitu :
§ Nasional, yang berarti suatu organisasi yang menyelenggarakan kepanduan di suatu negara haruslah menyesuaikan pendidikannya itu dengan keadaan, kebutuhan dan kepentingan masyarakat, bangsa dan negara.
§ Internasional, yang berarti bahwa organisasi kepanduan di negara manapun di dunia ini harus membina dan mengembangkan rasa persaudaraan dan persahabatan antara sesama Pandu dan sesama manusia, tanpa membedakan kepercayaan/agama, golongan, tingkat, suku dan bangsa.
§ Universal, yang berarti bahwa kepanduan dapat dipergunakan di mana saja untuk mendidik anak-anak dari bangsa apa saja.
Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.
Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini?
Apa yang telah kalian pelajari hari ini?
Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia.
Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.
Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa terlebihdahulu.
Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang baik di rumah bersama keluarga kalian ya…
Ibu guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.
Kamis, 23 November 2023
KELAS 1 MATERI P5, KAMIS 23 NOVEMBER 2023
Hari/Tanggal : 23 November 2023
Tahun Pelajaran : 2023/2024
Tema : Gaya Hidup Berkelanjutan
Topik : Cerdik Kelola Sampah Plastik
Dimensi : Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME dan akhlak mulia
Subtema :
1. Memahami keterhubungan ekosistem Bumi
2. Menjaga lingkungan alam sekitar
Target Pencapaian di Fase A :
Mengidentifikasi berbagai ciptaan Tuhan
Membiasakan bersyukur atas lingkungan alam sekitar dan berlatih untuk menjaganya
Materi Kegiatan : Pengenalan Hiasan yang Terbuat dari Sampah Plastik
Assalamu'alaikum wr.wb
Tabik pun...
Bagaimana kabarnya hari ini anak sholeh dan sholehah? Semoga semua sehat selalu, dalam lindungan Allah subhanahu wata'ala ya sayang..
Ayo anak ibu guru, sudah siap semua untuk belajar hari ini?
Sebelum memulai pembelajaran jangan lupa untuk mandi terlebih dahulu, sarapan, sholat dhuha dan murajaah yaa.
Mari kita mulai pembelajaran hari ini dengan membaca doa sebelum belajar
“Radhitu billahi Rabbaa, wa bil Islami diina, wa bi Muhammadin nabiyyaa wa rasula robbi zidnii 'ilman warzuqni fahma.”
Minggu lalu kita sudah melakukan Refleksi Awal pembelajran P5. Alhamdulillah anak-anak ibu yang sholeh/ah dapat mengikutinya dengan sangat baik ^_^
Di pembelajaran sebelumnya juga kita sudah membuat kolase dari daun kering. Daun kering merupakan salah satu contoh dari sampah organik. Hari ini materi yang akan kita bahas adalah tentang sampah plastik. Sampah plastik merupakan salah satu contoh dari sampah anorganik.
Sampah plastik ternyata bisa bermanfaat dan bisa kita gunakan di kehidupan sehari-hari.
Sampah Plastik :
Sampah plastik merupakan salah satu jenis sampah yang memberikan ancaman serius terhadap lingkungan karena selain jumlahnya cenderung semakin besar, kantong plastik adalah jenis sampah yang sulit terurai oleh proses alam (non biodegradable) dan merupakan salah satu pencemar xenobiotik (pencemar yang tidak dikenal oleh sistem biologis di lingkungan mengakibatkan senyawa pencemar terakumulasi di alam.
Hari ini kita akan melaksanakan aksi. Yaitu Kalase dari kertas. Adapun alat dan bahan yang dipersiapkan hari ini :
🌸 Kertas
🌸 Gunting
🌸 Lem Kertas
🌸 Pola Gambar
PENUTUP
Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.
Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini? Apa yang telah kalian pelajari hari ini?
Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia.
Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.
Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa. Yuk sebelum berdoa kita tepuk jari terlebih dahulu!Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang baik di rumah bersama keluarga kalian ya…
Ibu guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.
Rabu, 22 November 2023
KELAS 1 MATERI PENDIDIKAN PANCASILA, RABU 22 NOVEMBER 2023
Hari/Tanggal : Rabu, 22 November 2023
Satuan Pendidikan : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung
Fase/Kelas : A/1
BAB/Tema : III/ Ayo Memperkenalkan Diri dengan Sopan
Materi Pembelajaran : Ayo memperkenalkan diri
Selamat Pagi anak shalih dan shalihah...
Bagaimana kabarnya hari ini anak sholih dan sholihah?
Semoga semua sehat selalu, dalam lindungan Allah subhanahu wata'ala ya sayang..
Ayo anak ibu guru, sudah siap semua untuk belajar hari ini?
Materi Pendidikan Pancasila Hari ini yaitu adalah ttentang memperkenalkan diri.
A. Capaian Pembelajaran (CP) :
Peserta didik mampu menyebutkan identitas dirinya sesuai dengan jenis kelamin, ciri-ciri fisik, dan hobinya. Peserta didik mampu menyebutkan identitas diri (fisik dan non fisik) keluarga dan teman- temannya di lingkungan rumah dan di sekolah. Peserta didik mampu menceritakan dan menghargai perbedaan baik fisik (contoh : warna kulit, jenis rambut, dll) maupun nonfisik (contoh : miskin, kaya, dll) keluarga dan teman-temannya di lingkungan rumah dan sekolah..
B. Alur Tujuan Pembelajaran ( ATP)
1.3 Peserta didik mengenali dirinya sendiri, sebagai individu, bagian dari masyarakat dan lingkunganya sebagai warga negara Indonesia dan warga negara Dunia. Peserta didik juga mengenali Indonesia itu Bhineka Tunggal Ika baik dari segi suku, ras, bahasa, agama dan kelompok sosial.
C. Tujuan Pembelajaran (TP)
Peserta didik mampu:
1. Memperkenalkan diri sendiri dan teman
2. Menjelaskan keragaman di sekitarnya
3. Menjelaskan cara menghargai keragaman
4. Menerapkan sikap menghargai perbedaan dalam kehidupan sehari-hari
Sebelum memulai pembelajaran hari ini, mari kita berdoa terlebih dahulu.
Membaca doa sebelum belajar:
“Radhitu billahi Rabbaa, wa bil Islami diina, wa bi Muhammadin nabiyyaa wa rasula robbi zidnii 'ilman warzuqni fahma.”
Pembelajaran sebelumnya yaitu tentang keberagaman.
Baik ibu guru akan lanjutkan pembelajaran nya tentang cara menghargai keberagaman.
Anak sholeh dan sholehah... Sebelum masuk ke pembelajaran, ibu guru akan bertanya kepada kalian, apakah kalian mempunyai banyak teman?jika punya apakah warna kulit, suku dan agama kalian sama?
Mohon untuk selalu di ingat dan dijalankan yaa anak sholeh dan sholehah.
Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.
Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini? Apa yang telah kalian pelajari hari ini?
Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia.
Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.
Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa.
Ibu guru akhiri, Wassalamu'alaikum Wr. Wb
Selasa, 21 November 2023
KELAS 1 MATERI SBDP, SELASA 21 NOVEMBER 2023
Hari/Tanggal : Selasa, 21 November 2023 Satuan Pendidikan : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung Fase/Kelas : A/1 BAB/Tema : Bermain dan Bernyanyi Materi Pembelajaran : Tepuk Tangan dan Entakan Kaki
CP :
Peserta didik mampu mengimitasi bunyi-musik sederhana dengan mengenal unsur-unsur bunyi-musik baik intrinsik maupun ekstrinsik.
Tujuan Pembelajaran :
Peserta didik mampu membuat kategori lagu nasional dan lagu daerah berdasarkan pada lirik lagu |
ATP :
1.1 Mampu bernyanyi secara mandiri dan bersama lagu nasional guna membangun rasa nasionalisme. Mampu bernyanyi bersama lagu daerah secara mandiri dan bersama. Menemukan perbedaan lagu nasional dan lagu daerah dengan tepat. Membuat kategori lagu nasional dan lagu daerah berdasarkan pada lirik lagu.
Assalamualaikum anak sholih/ah.. Bagaimana kabarnya hari ini anak sholeh dan sholehah? Semoga semua sehat selalu, dalam lindungan Allah subhanahu wata'ala ya sayang.. Ayo anak ibu guru, sudah siap semua untuk belajar hari ini?
Hri ini kita akan belajaran mata pelajaran SBdp Seni Musik.
Tujuan Pembelajaran:
Pserta didik mampu membuat kategori lagu nasional dan lagu daerah berdasarkan pada lirik lagu |
Baik, hari ini kita akan mempelajari tentang bunyi nonmusikan nonmelodis.
1. Bunyi nonmusikal nonmelodis
Bunyi nonmusikal nonmelodis adalah bunyi yang berasal dari benda dan alam sekitar yang tidak memiliki susunan nada.
Contohnya seperti bunyi suara orang, bunyi bel, bunyi lembar kertas dibuka, dan bunyi pintu diketuk dan msih banyak lagi benda-benda di sekitar kita.
Latihan bunyi nonmusikal nonmelodis:
Cobalah kamu mainkan bunyi benda-benda yang ada di sekitarmu!
Tentukanlah bunyi dari suara yang dihasilkan!
Tugas kelompok :
Buat kelompok terdiri dari 3 siswa.
Setiap dua kelompok maju ke depan kelas.
Kelompok 1
Memperaktikkan gerak hewan
Kelompok 2
Menirukan bunyi hewan tersebut
Kemudian, kelompok 1 menirukan sebuah bunyi
Kelompok 2 bertugas menyebutkan nama penghasil bunyi.
Lakukanlah bergantian.
PENUTUP
Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.
Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini? Apa yang telah kalian pelajari hari ini?
Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia.
Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.
Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa. Yuk sebelum berdoa kita tepuk jari terlebih dahulu!Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang baik di rumah bersama keluarga kalian ya…
Ibu guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.
KELAS 1 MATERI MATEMATIKA, SELASA 21 NOVEMBER 2023
Hari/Tanggal : Selasa, 21 November 2023
Satuan Pendidikan : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung
Fase/Kelas : A/1
BAB/Tema : Mengenal Bentuk
Materi : Menyusun dan Mengurai Bentuk Bangun
Capaian Pembelajaran (CP)
Pada akhir Fase A, peserta didik dapat mengenal berbagai bangun datar (segitiga, segiempat, segibanyak, lingkaran) dan bangun ruang (balok, kubus, kerucut, dan bola). Mereka dapat menyusun (komposisi) dan mengurai (dekomposisi) suatu bangun datar (segitiga, segiempat, dan segibanyak).
Alur Tujuan Pembelajaran (ATP)
Peserta didik dapat mendeskripsikan, mengelompokkan dan membedakan, mengenal dan memberi nama bangun datar sesuai dengan bentuknya yaitu segitiga, segiempat, dan bentuk lengkung.
Tujuan Pembelajaran (TP)
Peserta didik dapat mendeskripsikan benda berdasarkan bentuknya.
Peserta didik dapat mengelompokkan dan membedakan benda berbentuk bangun datar (Segitiga, segi empat, lingkaran)
Peserta didik dapat mengenal nama bentuk dasar, yaitu segitiga, segi empat, dan bentuk lengkung.
Peserta didik dapat memberi nama bentuk dasar, yaitu segitiga, segi empat, dan bentuk lengkung.
Peserta didik dapat mengelompokkan benda berdasarkan bentuk, warna, dan ukurannya.
Peserta didik dapat menyusun bentuk bangun.
Peserta didik dapat mengurai bentuk bangun.
Bagaimana kabarnya hari ini anak sholeh dan sholehah?
Semoga semua sehat selalu, dalam lindungan Allah subhanahu wata'ala ya sayang..
Ayo anak ibu guru, sudah siap semua untuk belajar hari ini?
Sebelum memulai pembelajaran jangan lupa untuk mandi terlebih dahulu, sarapan, sholat dhuha dan murajaah yaa.
Hari ini kita akan belajar mata pelajaran Matematika, materi yang akan kita bahas adalah tentang mengenal bentuk. Tujuannya yaitu supaya anak sholeh dan sholehah paham bentuk apa saja yang ada di sekitar kita
Mari kita mulai pembelajaran hari ini dengan membaca doa sebelum belajar terlebih dahulu.
“Radhitu billahi Rabbaa, wa bil Islami diina, wa bi Muhammadin nabiyyaa wa rasula robbi zidnii 'ilman warzuqni fahma.”
Setelah membaca doa mari kita masuk ke materi pembelajran hari ini ^_^
Setelah ibu guru jelaskan apakah anak sholeh/hah sudah paham???
Mari kita coba kerjakan latihan berikut ^_^
Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.
Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini? Apa yang telah kalian pelajari hari ini?
Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia.
Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.
Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa.
Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang baik di rumah bersama keluarga kalian ya…
Ibu guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.