Rabu, 29 November 2023

KELAS 1 KISI-KISI SAS MATEMATIKA, KAMIS 30 NOVEMBER 2023

KELAS 1 KISI-KISI SAS MATEMATIKA, KAMIS 30 NOVEMBER 2023

Bismillah...

Assalamu'alaikum Wr.Wb. Selamat sore anak Sholih/ah, bagaimana kabarnya sore ini? In syaa Allah semangat ya Nak... Besok, kalian akan melaksanakan STS Matematika ya sayang... Dimana, materinya yaitu :

Bab 1 : Menghitung/membilang sampai dengan 10

Bab 2: Penjumlahan sampai dengan 10

Perhatikan gambar berikut ya
Berdasarkan gambar diatas 

1. Ada berapa anak yang bermain lompat tali?

2. Ada berapa anak yang datang?

Mari kita hitung bersama-sama yaa anak-anak..

Yaa betul ada 4 Anak yang bermain lompat tali dan adda 2 anak yang datang.

Perhatikan gambar dibawah ini yaaa..
Contoh dari penjumlahan berulang :

BAB 3: Pengurangan Sampai dengan 10

Contoh pengurangan dengan soal cerita:



BAB 4: Mengenal Bentuk


Segiempat memiliki 4 sisi.

Segitiga memiliki 3 sisi.


Lingkaran atau lengkung tidak memiliki sisi.


Pada gambar diatas ada beberapa bangun datar, mari kita sebutkan bersama yaa Nak☺️

InsyaAllah besok sudah siap untuk mengikuti SAS ya Nak, dan semoga Allah memberikan hasil yang terbaik dari SAS hari esok aamiin.. ☺️

Ibu guru akhiri, Wassalamu'alaikum Wr.Wb

Selasa, 28 November 2023

KELAS 1 KISI-KISI SAS SBDP, RABU 29 NOVEMBER 2023

Kisi-kisi SAS SBdP

Hari/Tanggal : Rabu/ 29 November 2023

Bismillah...

Assalamu'alaikum Wr.Wb.

Selamat malam anak Sholih/ah, bagaimana kabarnya?

In syaa Allah semangat ya Nak...

Besok, kalian akan melaksanakan SAS SBdP ya sayang..

Silahkan kalian mempelajari materi ini di rumah ya nak. Semangat belajar anak baik ibu guru. 

Adapun Materi SBdP di hari esok adalah seperti gambar bawah ini :

1. Bernyanyi lagu daerah dan lagu nasional

Apakah kalian mengenal pakaian adat dibawah ini?                                                                                  Dapatkah kalian menuliskan satu judul lagu dari pakaian adat tersebut?

Nyanyikan lagu tersebut!




1. Sang bumi ruwa jurai (lampung)

2. Ampar2 pisang (kalimantan) 

3. Ayo mama (maluku) 

4. Gundul2 pacul (jawa) 

5. Yamko (papua)

Pembelajaran Alternatif:

Pembelajaran alternatif dilakukan manakala media pembelajaran di atas tidak

tersedia di Sekolah. Adapun media pembelajaran alternatif yang relevan untuk

digunakan guru adalah sebagai berikut:

1. Gambar rumah adat dan pakaian adat.

Guru menunjukkan gambar rumah adat atau pakaian adat dan peserta
didik menyanyikan lagu dari gambar yang ditunjukkan guru.
Media pembelajaran alternatif tersebut di atas memiliki relevansi substansi
yakni memberikan aktivitas belajar bernyanyi dengan tema lagu nasional
kepada peserta didik. 

Bernyanyi Lagu Nasional 

1. Indonesia raya                                                                                                                                            2. Garuda pancasila                                                                                                                                      3. Berkibarlah benderaku                                                                                                                            4. Maju tak gentar  

Di sekolah, Arda sering menyanyikan lagu ”Sorak-sorak Bergembira”
Bersama teman-temannya Arda juga menyanyikan lagu ”Maju tak 
Gentar”
Ketika upacara bendera, Arda sangat senang menyanyikan lagu 
”Indonesia Raya”
Apalagi dinyanyikan bersama-sama, Arda sangat bersemangat.
Nah bagaimana denganmu?
Lagu nasional apa saja yang kamu sukai?
Nyanyikan salah satu lagu nasional yang kamu sukai!

LAGU DAERAH 

Apakah kalian mengenal pakaian adat dibawah ini?                                                                                  Dapatkah kalian menuliskan satu judul lagu dari pakaian adat tersebut?

Nyanyikan lagu tersebut!




1. Sang bumi ruwa jurai (lampung)

2. Ampar2 pisang (kalimantan) 

3. Ayo mama (maluku) 

4. Gundul2 pacul (jawa) 

5. Yamko (papua)


2. Tepuk Tangan dan Entakan Kaki

sedang bernyanyi, tepukan tangan atau entakan kaki membentuk irwma atau ritme musik

A. Ketukan dalam Musik

Dalam irama musik, kita mendengar ketukan.

Ketukan berulang dan teratur yang disebut pulsa.

Contoh ketukan berulang dan teratur, seperti dengut jantung, tetesan air, dan detak arloji atau jam dinding.

Pulsa atau ketukan dapat bergerak cepat, sedang dan lambat.

Kecepatan gerak lagu itu disebut tempo.

Jika digambarkan seperti ini :

Lambat                Sedang                Cepat


Contoh lagu: 

Contoh lagu tempo lambat      : Bagimu Negeri

Contoh lagu tempo sedang     : Kalau Kau Suka Hati

Contoh lagu tempo cepat        : Naik Delman

B. Bermain Pola Ritme atau Irama

Peserta didik sudah diajarkan tentang cara memainkan ritme dengan ketukan berulang

Kini saatnya praktik bermain bermacam pola ritme. 

Bermain Pola Ritme atau Irama dengan Alat

Peseta didik dapat menggunakan alat-alat disekitat menjadi alat ketukan irama

Lakukan permainan sebelumnya dengan alat pukul sederhana. 

Misalnya galon, kaleng, atau botol diisi beras. 

Serta pemukul dari potor kayu.


3. Pserta didik mampu membuat kategori lagu nasional dan lagu daerah berdasarkan pada lirik lagu

Baik, hari ini kita akan mempelajari tentang bunyi nonmusikan nonmelodis. 

1. Bunyi nonmusikal nonmelodis

Bunyi nonmusikal nonmelodis adalah bunyi yang berasal dari benda dan alam sekitar yang tidak memiliki susunan nada. 

Contohnya seperti bunyi suara orang, bunyi bel, bunyi lembar kertas dibuka, dan bunyi pintu diketuk dan msih banyak lagi benda-benda di sekitar kita. 

Latihan bunyi nonmusikal nonmelodis:

Cobalah kamu mainkan bunyi benda-benda yang ada di sekitarmu! 

Tentukanlah bunyi dari suara yang dihasilkan! 

Tugas kelompok :

Buat kelompok terdiri dari 3 siswa. 

Setiap dua kelompok maju ke depan kelas. 

Kelompok 1

Memperaktikkan gerak hewan

Kelompok 2

Menirukan bunyi hewan tersebut

Kemudian, kelompok 1 menirukan sebuah bunyi

Kelompok 2 bertugas menyebutkan nama penghasil bunyi. 

Lakukanlah bergantian. 

Silahkan Pelajari materi SBdP ini di rumah ya nak🥰

Semangat anak sholeh and sholehah ibu guru🙏🏻

Jangan lupa membaca doa sebelum belajar. 

InsyaAllaho siap ya Nak, dan semoga Allah memberikan hasil yang terbaik dari SAS hari esok aamiin.. ☺️

Wassalamualaikum wr wb

KELAS 1 KISI-KISI SAS BAHASA INDONESIA, RABU 29 NOVEMBER 2023

Kisi-kisi SAS Bahasa Indonesia, Rabu 29 November 2023



                SUMATIF AKHIR SEMESTER




Hari/Tanggal : Rabu/ 29 November 2023

Bismillah...

Assalamu'alaikum Wr.Wb.

Selamat malam anak Sholih/ah, bagaimana kabarnya?

In syaa Allah semangat ya Nak...

Besok, kalian akan melaksanakan SAS Bahasa Indonesia ya sayang...

Dimana, materinya yaitu Bab 1 bunyi apa, Bab 2 ayo bermain, Bab 3 Awas Kuman. 

Silahkan kalian mempelajari materi ini di rumah ya nak. Semangat belajar anak baik ibu guru. 

Adapun Materi Bahasa Indonesia di hari esok adalah seperti gambar bawah ini :

1. Bab 1 Bunyi apa

 Melafalkan huruf, membaca suku kata yang berawalan dari huruf 'b' dan menulis nama sendiri. 

Diskusikan gambar sampul di atas dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan ini.

1. Apa warna bola Boni?
2. Di mana Boni mengejar bolanya?
3. Di mana bola Boni jatuh?
4. Siapa yang bermain dengan bola Boni?
5. Ceritakan kembali, mengapa Boni kehilangan bolanya.

Simak guru membacakan cerita ini.






1. Apa warna bola Boni?

2. Di mana Boni mengejar bolanya?

3. Di mana bola Boni jatuh?

4. Siapa yang bermain dengan bola Boni?

5. Ceritakan kembali, mengapa Boni kehilangan bolanya? 


Lafalkan huruf ini.. 



Lalu, lafalkan huruf yang terdapat pada kata-kata berikut. 

Ayo Menulis.. 


Buatlah kartu nama kalian. 

Dengarkan Guru memberipetunjuk untuk membuatnya. 

Tulis nama kalian pada kartu.

2. Lalu, gambar benda kesukaan kalian di baliknya

Dengan membuat kartu nama, kalian berlatih menulis nama sendiri.Sekarang, perkenalkan diri kalian di depan kelas.Guru akan membimbing kalian. Tunjukkan kartu nama kalian di depan kelas.

1.Tulis nama kalian pada kartu.

2. Lalu,gambar benda kesukaan kalian di baliknya

Dengan membuat kartu nama, kalian berlatih menulis nama sendiri. Membaca Kartu Kata

1. Ikuti guru membaca kata-kata yang berawalan suku kata

‘ba-’, ‘bu-’, dan ‘be-’.

2. Dapatkah kalian menyebutkan kata-kata lain yang memiliki

suku kata ‘ba-’, ‘bu-’, dan ‘be-’?


BERBICARA

Kalian akan mendiskusikan arti kata ‘sibuk’.

Lihat dua gambar di bawah.

Jawablah pertanyaan-pertanyaan ini.

1. Pasar mana yang terlihat sibuk?

2. Apa yang kalian lihat pada gambar pasar yang sibuk?

3. Apa bedanya pasar yang sibuk dan pasar yang tidak sibuk? 

Bab 2 Ayo Bermain

Peaerta didik dapat membaca dan menulia suku kata yang diawali dengan huruf 'c' dan 'h'. 

Dengarkan guru membacakan pertanyaan-pertanyaan
berikut. Lalu, jawablah.
1. Ada di mana binatang-binatang itu?
2. Permainan apa saja yang kalian lihat pada gambar itu?
3. Mana gambar yang menunjukkan kegiatan bermain
dengan tidak aman?
Tunjukkan kepada guru, lalu jelaskan alasan kalian.


4. Mana gambar yang menunjukkan kegiatan bermain
dengan aman? Tunjukkan kepada guru, lalu jelaskan
alasan kalian.
5. Kegiatan bermain apa lagi yang tidak aman untuk anakanak?

Nyanyikan lagu di bawah ini.

Gantilah kata-kata ‘tepuk tangan’ dan ‘pegang hidung’dengan

kata-kata sendiri, ya.

Kalau kau suka hati, tepuk tangan

Kalau kau suka hati, tepuk tangan

Kalau kau suka hati, ayo kita lakukan

Kalau kau suka hati, tepuk tangan

Kalau kau suka hati, pegang hidung

Kalau kau suka hati, pegang hidung

Kalau kau suka hati, ayo kita lakukan

Kalau kau suka hati, pegang hidung



menanggapi bacaan tentang tempat dan aturan bermain.

TANDA BACA

Tanda tanya dan tanda seru

Tanda seru (!) digunakan dalam kalimat larangan atau

perintah.

Tanda tanya (?) digunakan dalam kalimat tanya.

Cara membacanya berbeda.

Ikuti guru membaca kalimat-kalimat di bawah ini.

Gunakan intonasi yang benar, ya.

1. Jangan!

2. Apakah kalian mau bermain denganku?

3. Hati-hati!

4. Apakah kamu terluka? 

aturan bermain.

1. Bacalah dengan teman-teman.
Ikuti petunjuk guru kalian.


2. Lafalkan bunyi huruf ‘h’ dengan benar.



3. Binatang apa yang namanya diawali dengan huruf ‘h’?
Tunjukkan kepada guru dan sebutkan namanya.


4. Bacalah suku kata berikut ini.
Ikuti guru membacanya, ya.



1. Bacalah kartu kata bersama dengan guru. 
Kata-kata apa lagi yang dimulai dengan suku kata ‘ha-‘, 
‘hi-‘, ‘hu-‘, ‘he-‘, dan ‘ho-‘?
Tunjukkan kepada guru, ya.

Bab 3 Awas Kuman

Tentang "kuman"

Setelah menyimak cerita di atas, jawablah pertanyaan-

pertanyaan berikut ini.

a. Mengapa kalian tidak boleh menyebarkan kuman kepada 

orang lain?

b. Apa yang bisa kalian lakukan agar kuman tidak berpindah 

ke tubuh orang lain?

Lalu, dengarkan penjelasan 

guru di bawah ini. 

Cuci tangan perlu dilakukan 

sesering mungkin:

• setiap selesai buang air 

kecil dan buang air besar;

• sebelum menyentuh 

makanan;

• sepulang dari bepergian 

atau bermain;

• sebelum tidur.

Cuci tangan harus sampai bersih.

Cuci tangan tidak harus cepat-cepat. 

Kalian bisa melakukannya . 

Membuat Kartu Nama
Dengarkan guru bercerita dan menjelaskan caranya.
Ini hari pertama masuk sekolah bagi katak, kelinci, kakaktua,
dan kijang.
Mereka belum dapat menulis nama sendiri.
Kalian akan membantu mereka.
1. Tuliskan nama mereka.
Lihat halaman sebelumnya untuk mengetahui nama
mereka.
2. Lalu, gambarlah makanan kesukaan mereka pada kartu
itu.
Makanan kesukaan kijang sudah digambarkan untuk
kalian.
Silahkan Pelajari materi bahasa Indonesia ini di rumah ya nak🥰

Semangat anak sholeh and sholehah ibu guru🙏🏻

Jangan lupa membaca doa sebelum belajar. 

InsyaAllaho siap ya Nak, dan semoga Allah memberikan hasil yang terbaik dari SAS hari esok aamiin.. ☺️

Wassalamualaikum wr wb

Senin, 27 November 2023

KELAS 1 KISI-KISI SAS PENDIDIKAN PANCASILA, SELASA 28 NOVEMBER 2023

 Kisi-kisi SAS Pendidikan Pancasila.

Hari/Tanggal : Selasa, 28 November 2023

Fase/Kelas : A/Kelas 1

Assalamualaikum Warohmatullahi wabarokatuh 

Anak soleh dan sholeha🥰🤗

Apa kabarnya hari ini?semoga selalu sehat yaaa, aamiin

Ibu guru akan memberikan kisi-kisi Sumatif Akhir Semester Pendidikan Pancasila yaaa, yang materinya dari Unit 1 sampai Unit 3.

Materi pembelajaran :

 1. Unit 1/ BAB 1 = Aku Cinta Pancasila (Mengenal lambang Pancasila)

2. Unit 2/BAB 2 = Aku anak yang patuh Aturan (Mengenal aturan dirumah dan disekolah, Hak dan kewajiban dirumah dan disekolah)

3. Unit 3/Bab 3 =  Ayo memperkenalkan diri (identitas diri)

Assalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh

Bismillah...

 bab 1 Ayo Cinta Pancasila yaitu dimana di dalamnya terdapat simbol dan lambang garuda Pancasila. 

Pancasila terdiri atas 5 sila yaitu:

  1. Ketuhanan yang maha esa
  2. Kemanusiaan yang adil dan beradab
  3. Persatuan Indonesia
  4. Kerakyatan yang di pimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan
  5. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia 


Simbol Pancasila 


 



 BAB 2 AKU ANAK YANG PATUH ATURAN


yaitu dimana di dalamnya terdapat aturan aturan yang ada di rumah dan sekolah. 












Bab 3 Ayo memperkenalkan diri

Identitas diri adalah ciri-ciri khusus yang kita miliki.

Identitas diri antara lain adalah nama, keluarga, alamat, sekolah, dan sebagainya.

Ayo perkenalkan diri kalian didepan kelas/di depan teman baru!🤗

Contoh perkenalan diri yaitu:

Hai, teman-teman

Perkenalkan, Namaku Nadia

Umurku tuhuh tahun.

Aku anak kedua.

Kakaku bima, kelas lima.

Rambutku lurus.

Kulitku sawo matang.

Hobiku menyanyi dan menari.

In syaa Allah siap ya Nak, dan semoga Allah memberikan hasil yang terbaik dari STS hari esok aamiin.. ☺️

Ibu guru akhiri, Wassalamu'alaikum Wr.Wb.


Anak-anak jangan lupa menghafal contoh aturan dirumah dan disekolah yaa..

Selamat belajar, semoga berhasil mengerjakam soalnya🤗

Wassalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh

KELAS 1 SUMATIF AKHIR SEMESTER (SAS) MENULIS, SENIN 27 NOVEMBER 2023

SUMATIF AKHIR SEMESTER

Menulis

Hari/Tanggal : Senin/ 27 November 2023

Bismillah...

Assalamu'alaikum Wr.Wb.

Selamat sore anak Sholih/ah, bagaimana kabarnya?

In syaa Allah semangat ya Nak...

Besok, kalian akan melaksanakan SAS Menulis ya sayang...

Dimana, materinya yaitu menulis huruf Tegak Sambung dengan baik dan benar. 

Silahkan kalian berlatih menulis huruf tegak sambung di rumah ya nak menggunakan buku lalisba yang sudah diberikan dan diikuti sesuai dengan contoh. Semangat Berlatih anak baik ibu guru. 

Adapun Materi Menulis di hari esok adalah seperti gambar bawah ini. 



Silahkan Pelajari cara menulis tegak sambung yang baik dan benar dengan rapih di rumah🥰

Semangat anak sholeh and sholehah ibu guru🙏🏻

Jangan lupa membaca doa sebelum belajar. 


InsyaAllaho siap ya Nak, dan semoga Allah memberikan hasil yang terbaik dari SAS hari esok aamiin.. ☺️

Wassalamualaikum wr wb

Jumat, 24 November 2023

KELAS 1 MATERI PRAMUKA, JUM'AT 24 NOVEMBER 2023

Hari/Tanggal ​​              : Jum’at, 24 November 2023
Satuan Pendidikan​      : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung                        
Fase/Kelas​                   ​: A/1       
Materi ​​  ​                      : Pramuka


Assalamualaikum anak sholih/ah.        

Bagaimana kabarnya hari ini anak sholeh dan sholehah?                                                               
Semoga semua sehat selalu, dalam lindungan Allah subhanahuwata'ala ya sayang..               
Ayo anak ibu guru, sudah siap semua untuk belajar hari ini? 

Sebelum memulai pembelajaran jangan lupa untuk mandi terlebih dahulu, sarapan, sholat dhuha dan murajaah yaa.

Kemudian mari kita membaca doa sebelum belajar:
“Radhitu billahi Rabbaa, wa bil Islami diina, wa bi Muhammadin nabiyyaa wa rasula robbi zidnii 'ilmanwarzuqni fahma.”

 

Hari ini kita akan belajar mata pelajaran Pramuka, materi yang di bahas tentang Gerakan Pramuka, Tujuan, Prinsip serta Sifat Gerakan Pramuka di Indonesia. Yuk kita simak materi di bawah ini ^_^.

 

Gerakan Pramuka

Gerakan Pramuka adalah organisasi pendidikan nonformal yang menyelenggarakan pendidikan kepanduan yang dilaksanakan di Indonesia. Kata Pramuka merupakan singkatan dari Praja Muda Karana, yang memiliki arti Orang Muda yang Suka Berkarya.

Tujuan Gerakan Pramuka
Gerakan Pramuka bertujuan untuk membentuk setiap Pramuka agar memiliki kepribadian yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia, berjiwa patriotik, taat hukum, disiplin, menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa, dan memiliki berkecakapan hidup sebagai kader bangsa dalam menjaga dan membangun Negeara Kesatuan Republik Indonesia, mengamalkan Pancasila, serta melestarikan lingkungan.

Prinsip Dasar Kepramukaan

§  Iman dan taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa;

§  Peduli terhadap bangsa dan tanah air, sesama hidup dan alam seisinya;

§  Peduli terhadap dirinya pribadi; dan

§  Taat kepada Kode Kehormatan Pramuka.

Sifat
Berdasarkan resolusi Konferensi Kepanduan Sedunia tahun 1924 di Kopenhagen, Denmark, maka Kepanduan mempunyai tiga sifat atau ciri khas, yaitu :

§  Nasional, yang berarti suatu organisasi yang menyelenggarakan kepanduan di suatu negara haruslah menyesuaikan pendidikannya itu dengan keadaan, kebutuhan dan kepentingan masyarakat, bangsa dan negara.

§  Internasional, yang berarti bahwa organisasi kepanduan di negara manapun di dunia ini harus membina dan mengembangkan rasa persaudaraan dan persahabatan antara sesama Pandu dan sesama manusia, tanpa membedakan kepercayaan/agama, golongan, tingkat, suku dan bangsa.

§  Universal, yang berarti bahwa kepanduan dapat dipergunakan di mana saja untuk mendidik anak-anak dari bangsa apa saja.

 

Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik. 
Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini? 
Apa yang telah kalian pelajari hari ini? 

Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia.
Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.
Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa terlebihdahulu.
Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang baik di rumah bersama keluarga kalian ya…

 

Ibu guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb. 

Kamis, 23 November 2023

KELAS 1 MATERI P5, KAMIS 23 NOVEMBER 2023

Hari/Tanggal : 23 November 2023

Satuan  Pendidikan : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung        Fase/Kelas                 : A/1                 

Tahun Pelajaran         : 2023/2024

Tema : Gaya Hidup Berkelanjutan

Topik : Cerdik Kelola Sampah Plastik

Dimensi : Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME dan akhlak mulia

Subtema :   

1. Memahami keterhubungan ekosistem Bumi

2. Menjaga lingkungan alam sekitar

Target Pencapaian di Fase A :     

  1. Mengidentifikasi berbagai ciptaan Tuhan

  2. Membiasakan bersyukur atas lingkungan alam sekitar dan berlatih untuk menjaganya

Materi Kegiatan : Pengenalan Hiasan yang Terbuat dari Sampah Plastik

Assalamu'alaikum wr.wb

Tabik pun... 

Bagaimana kabarnya hari ini anak sholeh dan sholehah? Semoga semua sehat selalu, dalam lindungan Allah subhanahu wata'ala ya sayang.. 

Ayo anak ibu guru, sudah siap semua untuk belajar hari ini? 

Sebelum memulai pembelajaran jangan lupa untuk mandi terlebih dahulu, sarapan, sholat dhuha dan murajaah yaa.

Mari kita mulai pembelajaran hari ini dengan membaca doa sebelum belajar
“Radhitu billahi Rabbaa, wa bil Islami diina, wa bi Muhammadin nabiyyaa wa rasula robbi zidnii 'ilman warzuqni fahma.”

Minggu lalu kita sudah melakukan Refleksi Awal pembelajran P5. Alhamdulillah anak-anak ibu yang sholeh/ah dapat mengikutinya dengan sangat baik ^_^

Di pembelajaran sebelumnya juga kita sudah membuat kolase dari daun kering. Daun kering merupakan salah satu contoh dari sampah organik. Hari ini materi yang akan kita bahas adalah tentang sampah plastik. Sampah plastik merupakan salah satu contoh dari sampah anorganik.

Sampah plastik ternyata bisa bermanfaat dan bisa kita gunakan di kehidupan sehari-hari.

Sampah Plastik :

Sampah plastik merupakan salah satu jenis sampah yang memberikan ancaman serius terhadap lingkungan karena selain jumlahnya cenderung semakin besar, kantong plastik adalah jenis sampah yang sulit terurai oleh proses alam (non biodegradable) dan merupakan salah satu pencemar xenobiotik (pencemar yang tidak dikenal oleh sistem biologis di lingkungan mengakibatkan senyawa pencemar terakumulasi di alam. 

Hari ini kita akan melaksanakan aksi. Yaitu Kalase dari kertas. Adapun alat dan bahan yang dipersiapkan hari ini :

🌸 Kertas

🌸 Gunting

🌸 Lem Kertas

🌸 Pola Gambar




PENUTUP 

Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.                    

Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini? Apa yang telah kalian pelajari hari ini? 

Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia.

Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.

Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa. Yuk sebelum berdoa kita tepuk jari terlebih dahulu!Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang baik di rumah bersama keluarga kalian ya…

Ibu guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

Rabu, 22 November 2023

KELAS 1 MATERI PENDIDIKAN PANCASILA, RABU 22 NOVEMBER 2023

Hari/Tanggal                    :  Rabu, 22 November  2023       

Satuan Pendidikan       : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung                        

Fase/Kelas                   :  A/1                 

BAB/Tema                    :  III/ Ayo Memperkenalkan Diri dengan Sopan           

Materi Pembelajaran     : Ayo memperkenalkan diri


Tabik Pun..

Selamat Pagi anak shalih dan shalihah...

Bagaimana kabarnya hari ini anak sholih dan sholihah?                                                           

Semoga semua sehat selalu, dalam lindungan Allah subhanahu wata'ala ya sayang..               
Ayo anak ibu guru, sudah siap semua untuk belajar hari ini? 

Materi Pendidikan Pancasila Hari ini yaitu adalah ttentang memperkenalkan diri.

A. Capaian Pembelajaran (CP) :

Peserta didik mampu menyebutkan identitas dirinya sesuai dengan jenis kelamin, ciri-ciri fisik, dan hobinya. Peserta didik mampu menyebutkan identitas diri (fisik dan non fisik) keluarga dan teman- temannya di lingkungan rumah dan di sekolah. Peserta didik mampu menceritakan dan menghargai perbedaan baik fisik (contoh : warna kulit, jenis rambut, dll) maupun nonfisik (contoh : miskin, kaya, dll) keluarga dan teman-temannya di lingkungan rumah dan sekolah..

B. Alur Tujuan Pembelajaran ( ATP)

1.3 Peserta didik mengenali dirinya sendiri, sebagai individu, bagian dari masyarakat dan lingkunganya sebagai warga negara Indonesia dan warga negara Dunia. Peserta didik juga mengenali Indonesia itu Bhineka Tunggal Ika baik dari segi suku, ras, bahasa, agama dan kelompok sosial.

C. Tujuan Pembelajaran (TP)

Peserta didik mampu:

1.   Memperkenalkan diri sendiri dan teman

2.  Menjelaskan keragaman di sekitarnya

3.   Menjelaskan cara menghargai keragaman

4.   Menerapkan sikap menghargai perbedaan dalam kehidupan sehari-hari

Sebelum memulai pembelajaran hari ini, mari kita berdoa terlebih dahulu.
Membaca doa sebelum belajar:
“Radhitu billahi Rabbaa, wa bil Islami diina, wa bi Muhammadin nabiyyaa wa rasula robbi zidnii 'ilman warzuqni fahma.”

Pembelajaran sebelumnya yaitu tentang keberagaman.

Baik ibu guru akan lanjutkan pembelajaran nya tentang cara menghargai keberagaman.




Anak sholeh dan sholehah... Sebelum masuk ke pembelajaran, ibu guru akan bertanya kepada kalian, apakah kalian mempunyai banyak teman?jika punya apakah warna kulit, suku dan agama kalian sama?

Anak sholeh dan sholehah... perlu kalian ketahui bahwa kita tinggal di Negara Indonesia yang memiliki semboyan Bhineka Tunggal Ika yang artimya walaupun kita berbeda-beda tetapi tetap satu, maksud nya adalah... kita harus memiliki sikap toleransi dengan orang lain, kita harus mau menerima perbedaan yang ada pada teman, keluarga dan masyarakat lainya..
Perbedaan dan keberagaman diterima sebagai karunia dan Tuhan..
Keberagaman dalam keluarga harus di hargai.
Bagaimana caranya?
1. Saling membantu anggota keluarga
2. Melaksanakan hobi bersama keluarga 

Jangan lupa untuk selalu:
1. Mengembangkan atau memiliki perilaku ramah dan menerima terhadap teman
2. Saling toleransi dan menghormati antar sesama
3. Mengembangkan semangat kekeluaragaan dan saling bertegur sapa antar teman
4. Menghormati teman yang sedang beribadah
5. Tidak mengejek teman yang memiliki kebudayaan yang unik maupun bahasa yang khas

Baik anak-anak sekian materi yang ibu guru sampaikan, semoga setelah kalian membaca materi pada hari ini kalian akan lebih mengerti perbedaan antar teman kalian dan menghormati teman kalian satu sama lain yaaa...

Mohon untuk selalu di ingat dan dijalankan yaa anak sholeh dan sholehah.

Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.       

Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini? Apa yang telah kalian pelajari hari ini? 

Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia.

Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.

Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa. 

Ibu guru akhiri, Wassalamu'alaikum Wr. Wb

Selasa, 21 November 2023

KELAS 1 MATERI SBDP, SELASA 21 NOVEMBER 2023

Hari/Tanggal                  :  Selasa, 21 November  2023      Satuan Pendidikan        :  SD Al Azhar 1 Bandar Lampung  Fase/Kelas                     :  A/1                                                  BAB/Tema                     :  Bermain dan Bernyanyi                  Materi  Pembelajaran    :  Tepuk Tangan dan Entakan Kaki

CP :

Peserta didik mampu mengimitasi bunyi-musik sederhana dengan mengenal unsur-unsur bunyi-musik baik intrinsik maupun ekstrinsik.

Tujuan Pembelajaran :

Peserta didik mampu membuat kategori lagu nasional dan lagu daerah berdasarkan pada lirik lagu

ATP :

1.1 Mampu bernyanyi secara mandiri dan bersama lagu nasional guna membangun rasa nasionalisme.          Mampu bernyanyi bersama lagu daerah secara mandiri dan bersama. Menemukan perbedaan lagu  nasional dan lagu daerah dengan tepat. Membuat kategori lagu nasional dan lagu daerah  berdasarkan pada lirik lagu.

Assalamualaikum anak sholih/ah.. Bagaimana kabarnya hari ini anak sholeh dan sholehah? Semoga semua sehat selalu, dalam lindungan Allah subhanahu wata'ala ya sayang.. Ayo anak ibu guru, sudah siap semua untuk belajar hari ini?            

Hri ini kita akan belajaran mata pelajaran SBdp Seni Musik.

Tujuan Pembelajaran

Pserta didik mampu membuat kategori lagu nasional dan lagu daerah berdasarkan pada lirik lagu

Baik, hari ini kita akan mempelajari tentang bunyi nonmusikan nonmelodis. 

1. Bunyi nonmusikal nonmelodis

Bunyi nonmusikal nonmelodis adalah bunyi yang berasal dari benda dan alam sekitar yang tidak memiliki susunan nada. 

Contohnya seperti bunyi suara orang, bunyi bel, bunyi lembar kertas dibuka, dan bunyi pintu diketuk dan msih banyak lagi benda-benda di sekitar kita. 

Latihan bunyi nonmusikal nonmelodis:

Cobalah kamu mainkan bunyi benda-benda yang ada di sekitarmu! 

Tentukanlah bunyi dari suara yang dihasilkan! 

Tugas kelompok :

Buat kelompok terdiri dari 3 siswa. 

Setiap dua kelompok maju ke depan kelas. 

Kelompok 1

Memperaktikkan gerak hewan

Kelompok 2

Menirukan bunyi hewan tersebut

Kemudian, kelompok 1 menirukan sebuah bunyi

Kelompok 2 bertugas menyebutkan nama penghasil bunyi. 

Lakukanlah bergantian. 


PENUTUP 

Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.                    

Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini? Apa yang telah kalian pelajari hari ini? 

Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia.


Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.

Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa. Yuk sebelum berdoa kita tepuk jari terlebih dahulu!Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang baik di rumah bersama keluarga kalian ya…

Ibu guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

KELAS 1 MATERI MATEMATIKA, SELASA 21 NOVEMBER 2023

 Hari/Tanggal          : Selasa, 21 November 2023         

Satuan Pendidikan : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung                        
Fase/Kelas             : A/1                  
BAB/Tema            : Mengenal Bentuk
Materi                    : Menyusun dan Mengurai Bentuk Bangun

Capaian Pembelajaran (CP)

Pada   akhir   Fase   A,   peserta   didik   dapat   mengenal berbagai bangun datar (segitiga, segiempat, segibanyak, lingkaran)  dan  bangun  ruang  (balok,  kubus,  kerucut, dan bola). Mereka dapat menyusun (komposisi) dan mengurai (dekomposisi) suatu bangun datar (segitiga, segiempat, dan segibanyak). 

Alur Tujuan Pembelajaran (ATP)

  1. Peserta didik dapat mendeskripsikan, mengelompokkan dan membedakan, mengenal dan memberi nama bangun datar sesuai dengan bentuknya yaitu segitiga, segiempat, dan bentuk lengkung.

Tujuan Pembelajaran (TP)

  1. Peserta didik dapat mendeskripsikan benda berdasarkan bentuknya.

  2. Peserta didik dapat mengelompokkan dan membedakan benda berbentuk bangun datar (Segitiga, segi empat, lingkaran)

  3. Peserta didik dapat mengenal nama bentuk dasar, yaitu segitiga, segi empat, dan bentuk lengkung.

  4. Peserta didik dapat memberi nama bentuk dasar, yaitu segitiga, segi empat, dan bentuk lengkung.

  5. Peserta didik dapat mengelompokkan benda berdasarkan bentuk, warna, dan ukurannya.

  6. Peserta didik dapat menyusun bentuk bangun.

  7. Peserta didik dapat mengurai bentuk bangun.

Assalamu Alaikum Waalaikumsalaam GIF - Assalamu Alaikum Salam  Waalaikumsalaam - Discover & Share GIFs

Bagaimana kabarnya hari ini anak sholeh dan sholehah?                                                               
Semoga semua sehat selalu, dalam lindungan Allah subhanahu wata'ala ya sayang..               
Ayo anak ibu guru, sudah siap semua untuk belajar hari ini? 

Sebelum memulai pembelajaran jangan lupa untuk mandi terlebih dahulu, sarapan, sholat dhuha dan murajaah yaa.

Hari ini kita akan belajar mata pelajaran Matematika, materi yang akan kita bahas adalah tentang mengenal bentuk. Tujuannya yaitu supaya anak sholeh dan sholehah paham bentuk apa saja yang ada di sekitar kita

Mari kita mulai pembelajaran hari ini dengan membaca doa sebelum belajar terlebih dahulu.
“Radhitu billahi Rabbaa, wa bil Islami diina, wa bi Muhammadin nabiyyaa wa rasula robbi zidnii 'ilman warzuqni fahma.”

Setelah membaca doa mari kita masuk ke materi pembelajran hari ini ^_^


Setelah ibu guru jelaskan apakah anak sholeh/hah sudah paham???

Mari kita coba kerjakan latihan berikut ^_^




Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.                    

Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini? Apa yang telah kalian pelajari hari ini? 

Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia.


Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.

Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa.

Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang baik di rumah bersama keluarga kalian ya…

Ibu guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.