Tema 8 : Peristiwa Alam
Subtema 4 : Bencana Alam
Pembelajaran : Pengayaan
Bismillah..
Assalamualaikum Anak sholih dan sholihah…
Bagaimana kabarnya hari ini?
Masih semangat kah Nak?
Inshaa Allah masih selalu semangat ya sayang…
Masya Allah… anak-anak hebat Ibu guru!
Alhamdulillah, pada Minggu kemarin kalian telah menyelesaikan materi pada Tema 8. Itu artinya, kalian telah menyelesaikan 4 Tema untuk Semester Genap ini ya Nak..
Naaahh, pada Minggu ini kalian akan mengulang kembali materi-materi yang telah kalian pelajari selama Semester Genap.
Apakah anak-anak baik Ibu Guru sudah siap untuk memulainya?
Pada materi di Tema 8 Subtema 4 kalian telah mempelajari :
Bismillah..
Assalamualaikum Anak sholih dan sholihah…
Bagaimana kabarnya hari ini?
Masih semangat kah Nak?
Inshaa Allah masih selalu semangat ya sayang…
Masya Allah… anak-anak hebat Ibu guru!
Alhamdulillah, pada Minggu kemarin kalian telah menyelesaikan materi pada Tema 8. Itu artinya, kalian telah menyelesaikan 4 Tema untuk Semester Genap ini ya Nak..
Naaahh, pada Minggu ini kalian akan mengulang kembali materi-materi yang telah kalian pelajari selama Semester Genap.
Apakah anak-anak baik Ibu Guru sudah siap untuk memulainya?
Pada materi di Tema 8 Subtema 4 kalian telah mempelajari :
PPKN KD 3.4
Bencana alam adalah bencana yang berasal dari alam
Bencana alam menyebabkan banyak kerugian baik harta maupun jiwa
Bencana alam diantaranya: angin topan
banjir
gempa bumi tanah longsor
Ketika terjadi bencana alam, kita harus membantu .
Kerjasama adalah kegiatan/usaha yang dilakukan oleh beberapa orang untuk mencapai tujuan bersama.
Kerjasama dapat memupuk persatuan
Manfaat kerjasama:
pekerjaan berat menjadi ringan pekerjaan menjadi cepat selesai menjalin rasa persatuan
saling tolong menolong memudahkan pekerjaan
Contoh kerjasama di rumah:
membantu ibu bersih-bersih rumah membantu ibu memasak
menyiram tanaman
BAHASA INDONESIA KD 3.8
Menolong merupakan perbuatan yang terpuji
Meminta tolong harus dengan bahasa yang sopan
Ketika kita di tolong, ucapkan terima kasih.
Contoh kalimat meminta tolong :
Bacalah kalimat berikut ini!
MATEMATIKA KD 3.9
Alat ukur suhu tidak baku adalah telapak tangan
Jari telunjuk merupakan alat ukur suhu tidak baku.
Papan tulis di kelas terasa dingin
Tiang bendera di halaman sekolah terasa panas
Pagar di luar rumah terasa panas, sedangkan meja di dalam rumah terasa dingin.
Jika hari ini turun hujan sangat deras sehingga udara terasa dingin.
Cara mengukur suhu badan teman :
SBdP KD 3.4
Tanah liat dapat dijadikan bahan untuk membuat kerajinan
Bahan-bahan yang dibuat dari unsur-unsur alam disebut bahan alam, contonya tanah liat.
Alat dan bahan yang digunakan untuk membuat kerajinan dari tanah liat, diantaranya tanah liat, koran, papan landasan, dan air.
Agar tanah liat mudah dibentuk, dipukul-pukul di papan landasan.
Langkah-langkah membuat kerajinan dari tanah liat : siapkan alat dan bahan yang diperlukan
basahi kedua tangan dengan air ambil tanah liatsekepalan tangan
pukul-pukul tanah liat ke papan landasan supaya mudah dibentuk buat bentuk yang kamu iginkan
jemur tanah liat hingga mengering dan menjadi keras
Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.
Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? (refleksi)
Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini?
Apa yang telah kalian pelajari hari ini? (Review)
Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.
Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa.
Ibu guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.
Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? (refleksi)
Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini?
Apa yang telah kalian pelajari hari ini? (Review)
Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.
Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa.
Ibu guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.