MATERI PEMBELAJARAN
Hari/ Tanggal : Selasa, 29 Maret 2022
Tema 7 : Benda, Hewan, dan Tanaman di Sekitarku
Subtema 4 : Bentuk, Warna, Ukuran, dan Permukaan Benda
Pembelajaran : 3 dan 4
Assalamualaikum Wr. Wb.
Anak-anak sudah siap belajar hari ini? Ayo, jangan lupa cuci tangan terlebih dahulu ya dengan sabun pada air mengalir sebelum dan sesudah memulai kegiatan! Nah, kalau sudah cuci tangan, mari kita bersiap memulai pembelajaran hari ini. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini! Mintalah bantuan kepada ayah/bunda untuk mendampingi selama melakukan kegiatan pembelajaran, ya! Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan.
Ayo Bermain Peran
Bacalah percakapan berikut dengan cermat.
Ibu : Mengapa kamu sedih, Mutiara?
Mutiara : Penggarisku hilang, Bu.
Ibu : Mungkin kamu lupa menyimpannya. Tiba-tiba Udin datang.
Udin : Mengapa kamu sedih, Kakak?
Mutiara : Penggarisku hilang, Udin.
Udin : Maksud Kakak, penggaris yang berwarna merah?
Mutiara : Iya, betul, warnanya merah.
Udin : Maafkan aku, Kakak. Aku tadi meminjamnya sebentar.
Ibu : Udin, kalau meminjam penggaris Kakak, harus minta izin.
Udin : Iya, Bu. Maafkan aku, Kakak.
Kakak dan Udin bersalaman.
Kakak memaafkan Udin.
Udin berjanji tidak akan mengulangi perbuatannya.
Udin akan meminta izin sebelum memakai barang orang lain.
Bacalah kembali percakapan di atas.
Mainkan peran bersama temanmu.
Buatlah percakapan dengan bahasamu sendiri.
Mainkan peran di depan teman-temanmu.
Mainkan dengan percaya diri.
Ingatlah. Jika ingin meminjam barang teman harus meminta izin terlebih dahulu.
Perhatikan gambar berikut ini.
Ayo Berlatih
Siti anak yang rajin.
Siti merapikan kamar setiap hari.
Hari ini Siti ingin merapikan buku.
Ada banyak buku yang sudah tidak dipakai.
Siti ingin menyumbangkan kepada orang lain.
Siti memisahkan buku yang akan disumbangkan.
Siti memiliki 43 buah buku.
Siti ingin menyumbangkan 21 buah buku.
Ada berapa buku Siti yang tersisa?
Buku Siti yang tersisa ada 22 buah buku.
Pernyataan tersebut dapat ditulis 43 – 21 = ...
Selain itu, dapat juga ditulis seperti berikut.
Mari Mencoba
Lani dan Siti bermain seluncur.
Lani dan Siti dapat meluncur dengan baik.
Permukaan papan seluncur halus.
Edo dan Beni bermain pasir.
Mereka membuat berbagai bentuk dari pasir.
Permukaan pasir kasar.
Permukaan benda ada yang kasar dan ada yang halus.
Amati gambar-gambar di bawah ini.
Kertas adalah benda dapat digunakan untuk membuat karya.
Bentuknya juga dapat diubah-ubah.
Kertas dapat dilipat menjadi berbagai bentuk.
Kertas dapat dilipat menjadi bentuk segitiga.
Kertas dapat dilipat menjadi bentuk pesawat dan perahu.
Karet ada yang lentur dan ada yang kaku.
Karet yang lentur dapat ditarik.
Karet yang kaku tidak dapat ditarik.
Karet dapat digunakan untuk mengikat.
Benda memiliki permukaan yang berbeda.
Benda terbuat dari bahan yang berbeda.
Ada benda yang aman untuk dimainkan.
Ada pula benda yang berbahaya untuk dimainkan.
Gunakan benda sesuai dengan fungsinya.
Badan dapat bergerak lentur seperti karet.
Lihatlah gerakan pesenam pada gambar di atas.
Badannya meliuk ke kanan dan ke kiri.
Pesenam dapat melakukan gerakan karena rajin berlatih.
Kamu juga harus rajin berlatih.
Dengan berlatih, kamu dapat melakukan gerakan tersebut.
Coba lakukan gerakan meliuk berikut.
Tujuan gerakan ini yaitu untuk melenturkan tubuh.
Tahapan gerakan meliuk sebagai berikut :
1. Sikap awal badan berdiri tegak.
2. Rentangkan kedua tangan ke depan.
Mulailah memutar badan ke arah :
a. Bawah (membungkukkan badan)
b. Kiri bawah
c. Ke samping kiri dan kanan
d. Ke atas ( melentingkan badan)
e. Kanan atas
f. Kiri atas
Tugas
Coba selesaikan soal berikut ini.
Selamat mengerjakan!
Jangan lupa ucapkan terima kasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah hari ini! Mari, kita akhiri kegiatan belajar di rumah hari ini dengan membaca doa sesudah belajar. Terima kasih.. Sampai jumpa besok yaa sholih shaliha.
Wassalamualaikum Wr. Wb.