Senin, 04 Agustus 2025

KELAS 1 MATERI BAHASA INDONESIA, SENIN 04 AGUSTUS 2025

Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia

Hari/Tanggal : Senin/04 Agustus 2025

Satuan Pendidikan : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung
Fase/Kelas : A/1 
BAB/Tema : Bunyi Apa/Bunyi dan Pancaindra 
Materi Pembelajaran : Persiapan membaca, persiapan Menulis 
Capaian Pembelajaran (CP) :
Menyimak
  • Murid mampu memahami informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), instruksi lisan, dan percakapan yang berkaitan dengan diri, keluarga, dan/atau lingkungan.

Membaca dan Memirsa

  • Murid mampu membaca kata-kata yang dikenali sehari-hari dengan fasih.

  • Murid mampu memaknai kosakata baruan/atau kosakata Bahasa Indonesia serapan dari bahasa daerah dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa dengan bantuan ilustrasi.


      Berbicara dan Mempresentasikan

  • Murid mampu menceritakan kembali suatu isi informasi yang dibaca atau didengar; dan menceritakan kembali teks narasi yang dibacakan atau dibaca dengan topik diri, keluarga, dan/atau lingkungan.

      Menulis

  • Murid mampu menunjukkan keterampilan menulis permulaan dengan benar di atas kertas    dan/atau melalui media digital. 

  • Murid mampu mengembangkan tulisan tangan yang semakin baik


Alur Tujuan Pembelajaran (ATP): 

  1. Mengenal cara membaca awal (membaca huruf demi huruf, kata demi kata, dengan lafal dan intonasi sederhana).

  2. Menceritakan kembali bagaimana cara membaca permulaan yang baik menurut pemahamannya.

  3. Mengetahui dan menyebutkan sikap menyimak yang baik, misalnya: duduk tenang, mata mengarah pada guru, tidak berbicara saat mendengarkan.

  4. Menyimak cerita yang dibacakan atau diperdengarkan guru, baik secara lisan maupun audiovisual.

  5. Menjawab pertanyaan sederhana berdasarkan isi cerita.

  6. Menyimak cerita yang melibatkan gerakan fisik (misalnya: tokoh melompat, berjalan, tidur).

  7. Menirukan gerakan dalam cerita sesuai instruksi atau kreativitas sendiri.


Tujuan Pembelajaran (TP) :

Dengan menyimak dan menanggapi bacaan tentang bunyi dan pancaindra secara lisan, Murid dapat mengenali abjad, merangkai suku kata yang diawali huruf ‘b’, menulis huruf ‘B’ dan ‘b,’ serta menulis namanya sendiri.

Assalamu'alaikum wr.wb

Tabik Pun..

Selamat Pagi anak shalih dan shalihah...

Bagaimana kabarnya hari ini anak sholih dan sholihah?                                                               

Semoga semua sehat selalu, dalam lindungan Allah subhanahu wata'ala ya sayang..               

Ayo anak ibu guru, sudah siap semua untuk belajar hari ini? 

Sebelum memulai pembelajaran mari kita membaca doa terlebih dahulu:

“Radhitu billahi Rabbaa, wa bil Islami diina, wa bi Muhammadin nabiyyaa wa rasula robbi zidnii 'ilmanwarzuqni fahma.”

Membaca 

Huruf apa ini?

Bagaimana bunyinya?

Bacalah bersama teman-teman.


Bahas Bahasa

Huruf kapital dan huruf kecil berbeda bentuknya. Amati bentuk huruf-huruf di atas.

Membaca




Berbicara

Sekarang, perkenalkan diri kalian di depan kelas.

Guru akan membimbing kalian.

1. Tunjukkan kartu nama kalian di depan kelas.

Perkenalkan nama kalian.

2. Tunjukkan benda kesukaan kalian di kartu itu.

Ceritakan benda itu. Mengapa kalian menyukainya?


Membaca

Bo-la Bo-ni bi-ru

Guru telah membuat kartu kata.

Ikuti guru membaca kata-kata yang berawalan ‘bo-’ dan ‘bi-’.

1. Dapatkah kalian menemukan kartu kata yang kata

katanya berawalan suku kata ‘bo-’ dan ‘bi-’?

2. Pisahkan kartu kata yang kata-katanya berawalan ‘bo-’

dari kartu kata yang kata-katanya berawalan ‘bi-’.

Ikuti petunjuk guru.

Dengan membaca 'bo' dan 'bi', kalian berlatih merangkai huruf menjadi suku kata.


PENUTUP 

Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.                    

Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini? Apa yang telah kalian pelajari hari ini? 

Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia

Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.

Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa. Yuk sebelum berdoa kita tepuk jari terlebih dahulu!Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang baik di rumah bersama keluarga kalian ya…

Ibu guru akhiri, 

Wassalamu’aalaikumsalam wr.wb

Jumat, 01 Agustus 2025

KELAS 1 MATERI SENI RUPA, JUM'AT 01 AGUSTUS 2025

Hari/Tanggal :Jumat/ 01 Agustus 2025
Satuan Pendidikan : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung
Fase/Kelas : A/1
BAB/Tema : 1/Aneka Garis
Materi Pembelajaran : Aneka Garis

Capaian Pembelajaran (CP) :
Menciptakan
Peserta didik membuat karya seni rupa menggunakan hasil pengamatannya terhadap lingkungan sekitar, menggunakan unsur garis, bentuk, dan warna.

Merefleksikan
Peserta didik menilai karya dan penciptaan karya seni rupa dengan menggunakan kosa kata sehari-hari

Tujuan Pembelajaran (TP) :
Siswa mampu mengidentifikasi berbagai jenis garis, pada gambar ataupun pada benda-benda di sekitarnya.
Siswa dapat menggambar sebuah pohon dengan menggunakan beberapa macam garis.
Siswa membandingkan dan mengambil kesimpulan tentang arti garis tipis dan garis tebal yang   
ditemukanpada pohon.
Assalamu'alaikum wr.wb
Tabik Pun..
Selamat Pagi anak shalih dan shalihah...
Bagaimana kabarnya hari ini anak sholih dan sholihah?                                                               
Semoga semua sehat selalu, dalam lindungan Allah subhanahu wata'ala ya sayang..               
Ayo anak ibu guru, sudah siap semua untuk belajar hari ini? 
Sebelum memulai pembelajaran mari kita membaca doa terlebih dahulu:
“Radhitu billahi Rabbaa, wa bil Islami diina, wa bi Muhammadin nabiyyaa wa rasula robbi zidnii 'ilmanwarzuqni fahma.”
2. Aneka Garis 
Garis berbentuk dari kumpulan titik yang berderet dan berhimpitan.
Ada beberapa macam garis.
Ada garis lurus.
Ada garis lengkung.
Contoh :


Garis Lurus :

Garis lurus  adalah garis yang menghubungkan dua titik pada suatu bidang dan memanjang hingga tak terhingga pada kedua arahnya.

Garis Lengkung :

Garis lengkung adalah garis dengan arah membelok 

Garis Horizontal :
Garis Horizontal adalah merupakan garis lurus yang memanjang dari kiri ke kanan atau dari kanan ke kiri.

Garis Vertikal :
Garisvertikal adalah garis yang kita gambar dari atas ke bawah

Garis Diagonal :
Garis diagonal adalah garis yang menghubungkan dua sudut yang tidak berdekatan.

Garis Kurva :
Garis kurva adalah garis yang adalah garis bengkok. Kurva dibuat apabila terjadi penyimpangan pada suatu garis lurus.

Garis Gelombang :

Garis gelombang adalah garis yang melengkung secara bergantian ke arah yang berlawanan.

Lalu siswa menjawab pertanyaan yang ibu guru berikan :

1. Apa itu garis horizontal?
2. Gambar gunung termasuk contoh gambar yang berbentuk garis ?
3. Garis lurus disebut juga garis?
4. Garis yang menghubungkan dua sudut yang tidak berdekatan disebut garis ?
5. Gambarkanlah garis lengkung!

PENUTUP 
Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.                    
Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini? Apa yang telah kalian pelajari hari ini? 
Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia.

Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.
Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa. Yuk sebelum berdoa kita tepuk jari terlebih dahulu! Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang baik di rumah bersama keluarga kalian ya…
Ibu guru akhiri.
Wassalamu’aalaikumsalam wr.wb

Kamis, 31 Juli 2025

KELAS 1 MATERI BAHASA INDONESIA, KAMIS 31 JULI 2025

Hari/Tanggal : Kamis/31 Juli 2025
Satuan Pendidikan : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung
Fase/Kelas : A/1
BAB/Tema : 1/Bunyi Apa
Materi Pembelajaran : Persiapan membaca, persiapan Menulis

Capaian Pembelajaran (CP) :
Menyimak :  
Peserta didik mampu bersikap menjadi pendengar yang penuh perhatian. Peserta didik menunjukkan minat pada tuturan yang didengar serta mampu memahami informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), instruksi lisan, dan percakapan yang berkaitan dengan diri, keluarga, dan/atau lingkungan.
Membaca dan Menyimak : 
Peserta didik mampu bersikap menjadi pembaca dan pemirsa yang menunjukkan minat terhadap teks yang dibaca atau dipirsa. Peserta didik mampu membaca kata-kata yang dikenali sehari-hari dengan fasih. Peserta didik mampu memahami informasi dari bacaan dan tayangan yang dipirsa tentang diri dan lingkungan, narasi imajinatif, dan puisi anak. Peserta didik mampu memaknai kosakata baruan/atau kosakata Bahasa Indonesia serapan dari bahasa daerah dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa dengan bantuan ilustrasi.
Alur Tujuan Pembelajaran (ATP): 

Dengan menyimak dan menanggapi bacaan tentang bunyi dan pancaindra secara lisan, peserta didik dapat mengenali abjad, merangkai suku kata yang diawali huruf ‘b’, menulis huruf ‘B’ dan ‘b,’ serta menulis namanya sendiri

Tujuan Pembelajaran (TP) :

Menyimak :
Melalui kegiatan menyimak cerita yang dibacakan dan menjawab pertanyaan yang berkaitan, peserta  didik  dapat  menemukan,  menyimpulkan  informasi, serta menceritakan kembali simpulannya dengan tepat.
Membaca dan Mengamati :
Melalui latihan menjawab pertanyaan terhadap teks “Hari-hati!” yang dibacakan, peserta didik dapat menyimpulkan informasi serta menceritakan kembali simpulannya dengan tepat.

Assalamu'alaikum wr.wb
Tabik Pun..
Selamat Pagi anak shalih dan shalihah...
Bagaimana kabarnya hari ini anak sholih dan sholihah?                                                               
Semoga semua sehat selalu, dalam lindungan Allah subhanahu wata'ala ya sayang..               
Ayo anak ibu guru, sudah siap semua untuk belajar hari ini? 
Sebelum memulai pembelajaran mari kita membaca doa terlebih dahulu:
“Radhitu billahi Rabbaa, wa bil Islami diina, wa bi Muhammadin nabiyyaa wa rasula robbi zidnii 'ilmanwarzuqni fahma.”
Membaca 
Huruf apa ini?
Bagaimana bunyinya?
Bacalah bersama teman-teman.
 
Bahas Bahasa

Huruf kapital dan huruf kecil berbeda bentuknya. Amati bentuk huruf-huruf di atas.
Membaca
  


Berbicara
Sekarang, perkenalkan diri kalian di depan kelas. Guru akan membimbing kalian.
1. Tunjukkan kartu nama kalian di depan kelas. Perkenalkan nama kalian.
2. Tunjukkan benda kesukaan kalian di kartu itu.
     Ceritakan benda itu. Mengapa kalian menyukainya?
Membaca
Bo-la Bo-ni bi-ru
Guru telah membuat kartu kata.
Ikuti guru membaca kata-kata yang berawalan ‘bo-’ dan ‘bi-’.
1. Dapatkah kalian menemukan kartu kata yang kata katanya berawalan suku kata ‘bo-’ dan ‘bi-’?
2. Pisahkan kartu kata yang kata-katanya berawalan ‘bo-’ dari kartu kata yang kata-katanya berawalan       
   ‘bi-’.
Ikuti petunjuk guru.
Dengan membaca 'bo' dan 'bi', kalian berlatih merangkai huruf menjadi suku kata.

PENUTUP 
Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.                    
Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini? Apa yang telah kalian pelajari hari ini? 
Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia.

Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.
Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa. Yuk sebelum berdoa kita tepuk jari terlebih dahulu! Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang baik di rumah bersama keluarga kalian ya…
Ibu guru akhiri.
Wassalamu’aalaikumsalam wr.

Rabu, 30 Juli 2025

KELAS 1 MATERI MATEMATIKA, RABU 30 JULI 2025

Hari/tanggal : Rabu/ 30 Juli 2025
Satuan Pendidikan : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung 
Fase/Kelas : A/1 
BAB/Tema : Ayo Membilang sampai dengan 10/Membandingkan
Materi Pembelajaran : Membandingkan

Capaian Pembelajaran :
Peserta didik dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, serta melakukan komposisi (menyusun) dan dekomposisi (mengurai) bilangan.
Tujuan Pembelajaran :

Dengan berlatih, peserta didik dapat mengidentifikasi banyaknya benda dalam suatu kelompok dan menunjukkan lambang bilangannya dengan percaya diri

Alur Tujuan Pembelajaran :
Memahami perbedaan nilai dan urutan angka sampai 10
Memahami penguraian angka 5 - 10


Assalamu'alaikum wr.wb
Tabik Pun.
Selamat Pagi anak shalih dan shalihah...
Bagaimana kabarnya hari ini anak sholih dan sholihah?                                                               
Semoga semua sehat selalu, dalam lindungan Allah subhanahu wata'ala ya sayang..               
Ayo anak ibu guru, sudah siap semua untuk belajar hari ini? 
Sebelum memulai pembelajaran mari kita membaca doa terlebih dahulu:
“Radhitu billahi Rabbaa, wa bil Islami diina, wa bi Muhammadin nabiyyaa wa rasula robbi zidnii 'ilmanwarzuqni fahma.”

Diminggu kemarin kita sudah belajar biangan 1 sampai 10, hari ini kita belajar tentang membandingkan, ada yang sudah tau membandingkan itu apa? Jika belum yukk kita belajar bersama.


   


 Apakah anak-anak sudah paham? Jika sudah yukk kita mengerjakan soal dibawah ini yaa.....


PENUTUP 
Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.                    
Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini? Apa yang telah kalian pelajari hari ini? 
Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia.

Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.
Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa. Yuk sebelum berdoa kita tepuk jari terlebih dahulu!Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang baik di rumah bersama keluarga kalian ya…
Ibu guru akhiri, 
Wassalamu’aalaikumsalam wr.wb

Senin, 28 Juli 2025

KELAS 1 MATERI MATEMATIKA, SELASA 29 JULI 2025

Hari/tanggal : Selasa/ 29 Juli 2025
Satuan Pendidikan : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung 
Fase/Kelas : A/1 
BAB/Tema : Ayo Membilang sampai dengan 10/Membandingkan
Materi Pembelajaran : Membandingkan

Capaian Pembelajaran :
Peserta didik dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, serta melakukan komposisi (menyusun) dan dekomposisi (mengurai) bilangan.
Tujuan Pembelajaran :

Dengan berlatih, peserta didik dapat mengidentifikasi banyaknya benda dalam suatu kelompok dan menunjukkan lambang bilangannya dengan percaya diri

Alur Tujuan Pembelajaran :
Memahami perbedaan nilai dan urutan angka sampai 10
Memahami penguraian angka 5 - 10


Assalamu'alaikum wr.wb
Tabik Pun.
Selamat Pagi anak shalih dan shalihah...
Bagaimana kabarnya hari ini anak sholih dan sholihah?                                                               
Semoga semua sehat selalu, dalam lindungan Allah subhanahu wata'ala ya sayang..               
Ayo anak ibu guru, sudah siap semua untuk belajar hari ini? 
Sebelum memulai pembelajaran mari kita membaca doa terlebih dahulu:
“Radhitu billahi Rabbaa, wa bil Islami diina, wa bi Muhammadin nabiyyaa wa rasula robbi zidnii 'ilmanwarzuqni fahma.”

Diminggu kemarin kita sudah belajar biangan 1 sampai 10, hari ini kita belajar tentang membandingkan, ada yang sudah tau membandingkan itu apa? Jika belum yukk kita belajar bersama.


   


 Apakah anak-anak sudah paham? Jika sudah yukk kita mengerjakan soal dibawah ini yaa.....


PENUTUP 
Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.                    
Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini? Apa yang telah kalian pelajari hari ini? 
Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia.

Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.
Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa. Yuk sebelum berdoa kita tepuk jari terlebih dahulu!Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang baik di rumah bersama keluarga kalian ya…
Ibu guru akhiri, 
Wassalamu’aalaikumsalam wr.wb

KELAS 1 MATERI BAHASA INDONESIA, SENIN 28 JULI 2025

Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia

Hari/Tanggal : Senin/28 Juli 2025

Satuan Pendidikan : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung
Fase/Kelas : A/1 
BAB/Tema : Bunyi Apa/Bunyi dan Pancaindra 
Materi Pembelajaran : Persiapan membaca, persiapan Menulis 
Capaian Pembelajaran (CP) :
Menyimak
  • Murid mampu memahami informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), instruksi lisan, dan percakapan yang berkaitan dengan diri, keluarga, dan/atau lingkungan.

Membaca dan Memirsa

  • Murid mampu membaca kata-kata yang dikenali sehari-hari dengan fasih.

  • Murid mampu memaknai kosakata baruan/atau kosakata Bahasa Indonesia serapan dari bahasa daerah dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa dengan bantuan ilustrasi.


      Berbicara dan Mempresentasikan

  • Murid mampu menceritakan kembali suatu isi informasi yang dibaca atau didengar; dan menceritakan kembali teks narasi yang dibacakan atau dibaca dengan topik diri, keluarga, dan/atau lingkungan.

      Menulis

  • Murid mampu menunjukkan keterampilan menulis permulaan dengan benar di atas kertas    dan/atau melalui media digital. 

  • Murid mampu mengembangkan tulisan tangan yang semakin baik


Alur Tujuan Pembelajaran (ATP): 

  1. Mengenal cara membaca awal (membaca huruf demi huruf, kata demi kata, dengan lafal dan intonasi sederhana).

  2. Menceritakan kembali bagaimana cara membaca permulaan yang baik menurut pemahamannya.

  3. Mengetahui dan menyebutkan sikap menyimak yang baik, misalnya: duduk tenang, mata mengarah pada guru, tidak berbicara saat mendengarkan.

  4. Menyimak cerita yang dibacakan atau diperdengarkan guru, baik secara lisan maupun audiovisual.

  5. Menjawab pertanyaan sederhana berdasarkan isi cerita.

  6. Menyimak cerita yang melibatkan gerakan fisik (misalnya: tokoh melompat, berjalan, tidur).

  7. Menirukan gerakan dalam cerita sesuai instruksi atau kreativitas sendiri.


Tujuan Pembelajaran (TP) :

Dengan menyimak dan menanggapi bacaan tentang bunyi dan pancaindra secara lisan, Murid dapat mengenali abjad, merangkai suku kata yang diawali huruf ‘b’, menulis huruf ‘B’ dan ‘b,’ serta menulis namanya sendiri.

Assalamu'alaikum wr.wb

Tabik Pun..

Selamat Pagi anak shalih dan shalihah...

Bagaimana kabarnya hari ini anak sholih dan sholihah?                                                               

Semoga semua sehat selalu, dalam lindungan Allah subhanahu wata'ala ya sayang..               

Ayo anak ibu guru, sudah siap semua untuk belajar hari ini? 

Sebelum memulai pembelajaran mari kita membaca doa terlebih dahulu:

“Radhitu billahi Rabbaa, wa bil Islami diina, wa bi Muhammadin nabiyyaa wa rasula robbi zidnii 'ilmanwarzuqni fahma.”

Membaca 

Huruf apa ini?

Bagaimana bunyinya?

Bacalah bersama teman-teman.


Bahas Bahasa

Huruf kapital dan huruf kecil berbeda bentuknya. Amati bentuk huruf-huruf di atas.

Membaca




Berbicara

Sekarang, perkenalkan diri kalian di depan kelas.

Guru akan membimbing kalian.

1. Tunjukkan kartu nama kalian di depan kelas.

Perkenalkan nama kalian.

2. Tunjukkan benda kesukaan kalian di kartu itu.

Ceritakan benda itu. Mengapa kalian menyukainya?


Membaca

Bo-la Bo-ni bi-ru

Guru telah membuat kartu kata.

Ikuti guru membaca kata-kata yang berawalan ‘bo-’ dan ‘bi-’.

1. Dapatkah kalian menemukan kartu kata yang kata

katanya berawalan suku kata ‘bo-’ dan ‘bi-’?

2. Pisahkan kartu kata yang kata-katanya berawalan ‘bo-’

dari kartu kata yang kata-katanya berawalan ‘bi-’.

Ikuti petunjuk guru.

Dengan membaca 'bo' dan 'bi', kalian berlatih merangkai huruf menjadi suku kata.


PENUTUP 

Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.                    

Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini? Apa yang telah kalian pelajari hari ini? 

Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia

Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.

Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa. Yuk sebelum berdoa kita tepuk jari terlebih dahulu!Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang baik di rumah bersama keluarga kalian ya…

Ibu guru akhiri, 

Wassalamu’aalaikumsalam wr.wb

Jumat, 25 Juli 2025

KELAS 1 MATERI SENI RUPA, JUM'AT 25 JULI 2025

Mata Pelajaran : Seni Rupa

Hari/Tanggal : Jum'at/25 Juli 2025

Satuan Pendidikan : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung
Fase/Kelas : A/1 
BAB/Tema :  1/Seni di Sekitarku
Materi Pembelajaran : Seni di Sekitarku
 
Capaian Pembelajaran (CP) :  

Mengalami

Mengalami, merasakan, merespon, dan bereksperimen dengan aneka sumber.

Mengamati, merekam dan mengumpulkan pengalaman dan informasi serupa.


Menciptakan

Memilih, menggunakan dan/atau menerapkan berbagai media, bahan, alat, teknologi dan  proses yang sesuai dengan tujuan tertentu.

 
Tujuan Pembelajaran (TP) :

Murid memahami unsur seni rupa


Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) :

  1. Mengamati benda-benda di sekitar (daun, kain, perabot, bunga, gambar) lalu menyampaikan pendapatnya: mana yang terlihat indah, dan mengapa.

  2. Menyampaikan pendapat pribadi tentang keindahan menggunakan kata-kata sederhana (misalnya: "warnanya bagus", "garisnya halus", "saya suka bentuknya").


 Assalamu'alaikum wr.wb

Tabik Pun..

Selamat Pagi anak shalih dan shalihah...

Bagaimana kabarnya hari ini anak sholih dan sholihah?                                                               

Semoga semua sehat selalu, dalam lindungan Allah subhanahu wata'ala ya sayang..               

Ayo anak ibu guru, sudah siap semua untuk belajar hari ini? 

Sebelum memulai pembelajaran mari kita membaca doa terlebih dahulu:

“Radhitu billahi Rabbaa, wa bil Islami diina, wa bi Muhammadin nabiyyaa wa rasula robbi zidnii 'ilmanwarzuqni fahma.”

1. Seni di Sekitarku

Ada seni di sekitar kita. Perhatikanlah!

ada banyak benda baik yang ciptakan Tuhan.

Terinspirasi ciptaan Tuhan, manusia juga menciptakan benda baik.

Benda yang bernilai seni.

Benda yang bernilai guna

Seni ada di sekitarmu.

Amati, rasakan dan alami.

Selalu ada sisi yang spesial dan artistik.

       Bahkan dari benda-benda yang biasa kamu lihat sehari-hari

Permen


Dinding Batu
Lemari Buku
Lapak Penjual Buah




Pemandangan Pancawati Bogor 





Peserta didik bisa membuat kreasi dari apa yang kamu amati.

  Walaupun mengamati benda yang sama, kreasi masing-masing peserta didik pasti akan berbeda       
  dari kreasi orang lain.


Lalu peserta didik menjawab pertanyaan yang ibu guru berikan :

1. Sebutkan ada seni apa saja yang ada di sekitarmu?

2. Gambarkan 1 seni yang ada di sekitarmu!

3. Gambarkan 3 contoh seni yang berwarna kuning!

4. Benda apa saja yang bernilai seni?

5. Benda apasaja yang bernilai guna?


PENUTUP

Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.                    

    Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini? Apa yang         telah kalian pelajari hari ini? 
    Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia.

    Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.
    Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa. Yuk sebelum berdoa kita tepuk jari terlebih             dahulu! Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang baik di rumah bersama keluarga kalian ya…
    Ibu guru akhiri.
    Wassalamu’aalaikumsalam wr.wb

Rabu, 23 Juli 2025

KELAS 1 MATERI BAHASA INDONESIA, KAMIS 24 JULI 2025

Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia

Hari/Tanggal : Kamis/ 24 Juli 2025

Satuan Pendidikan : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung
Fase/Kelas : A/1 
BAB/Tema : Bunyi Apa/Bunyi dan Pancaindra 
Materi Pembelajaran : Persiapan membaca, persiapan Menulis 
Capaian Pembelajaran (CP) :
Menyimak
  • Murid mampu memahami informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), instruksi lisan, dan percakapan yang berkaitan dengan diri, keluarga, dan/atau lingkungan.

Membaca dan Memirsa

  • Murid mampu membaca kata-kata yang dikenali sehari-hari dengan fasih.

  • Murid mampu memaknai kosakata baruan/atau kosakata Bahasa Indonesia serapan dari bahasa daerah dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa dengan bantuan ilustrasi.


      Berbicara dan Mempresentasikan

  • Murid mampu menceritakan kembali suatu isi informasi yang dibaca atau didengar; dan menceritakan kembali teks narasi yang dibacakan atau dibaca dengan topik diri, keluarga, dan/atau lingkungan.

      Menulis

  • Murid mampu menunjukkan keterampilan menulis permulaan dengan benar di atas kertas    dan/atau melalui media digital. 

  • Murid mampu mengembangkan tulisan tangan yang semakin baik


Alur Tujuan Pembelajaran (ATP): 

  1. Mengenal cara membaca awal (membaca huruf demi huruf, kata demi kata, dengan lafal dan intonasi sederhana).

  2. Menceritakan kembali bagaimana cara membaca permulaan yang baik menurut pemahamannya.

  3. Mengetahui dan menyebutkan sikap menyimak yang baik, misalnya: duduk tenang, mata mengarah pada guru, tidak berbicara saat mendengarkan.

  4. Menyimak cerita yang dibacakan atau diperdengarkan guru, baik secara lisan maupun audiovisual.

  5. Menjawab pertanyaan sederhana berdasarkan isi cerita.

  6. Menyimak cerita yang melibatkan gerakan fisik (misalnya: tokoh melompat, berjalan, tidur).

  7. Menirukan gerakan dalam cerita sesuai instruksi atau kreativitas sendiri.


Tujuan Pembelajaran (TP) :

Dengan menyimak dan menanggapi bacaan tentang bunyi dan pancaindra secara lisan, Murid dapat mengenali abjad, merangkai suku kata yang diawali huruf ‘b’, menulis huruf ‘B’ dan ‘b,’ serta menulis namanya sendiri.

Assalamu'alaikum wr.wb

Tabik Pun..

Selamat Pagi anak shalih dan shalihah...

Bagaimana kabarnya hari ini anak sholih dan sholihah?                                                               

Semoga semua sehat selalu, dalam lindungan Allah subhanahu wata'ala ya sayang..               

Ayo anak ibu guru, sudah siap semua untuk belajar hari ini? 

Sebelum memulai pembelajaran mari kita membaca doa terlebih dahulu:

“Radhitu billahi Rabbaa, wa bil Islami diina, wa bi Muhammadin nabiyyaa wa rasula robbi zidnii 'ilmanwarzuqni fahma.”

Membaca 

Huruf apa ini?

Bagaimana bunyinya?

Bacalah bersama teman-teman.


Bahas Bahasa

Huruf kapital dan huruf kecil berbeda bentuknya. Amati bentuk huruf-huruf di atas.

Membaca




Berbicara

Sekarang, perkenalkan diri kalian di depan kelas.

Guru akan membimbing kalian.

1. Tunjukkan kartu nama kalian di depan kelas.

Perkenalkan nama kalian.

2. Tunjukkan benda kesukaan kalian di kartu itu.

Ceritakan benda itu. Mengapa kalian menyukainya?


Membaca

Bo-la Bo-ni bi-ru

Guru telah membuat kartu kata.

Ikuti guru membaca kata-kata yang berawalan ‘bo-’ dan ‘bi-’.

1. Dapatkah kalian menemukan kartu kata yang kata

katanya berawalan suku kata ‘bo-’ dan ‘bi-’?

2. Pisahkan kartu kata yang kata-katanya berawalan ‘bo-’

dari kartu kata yang kata-katanya berawalan ‘bi-’.

Ikuti petunjuk guru.

Dengan membaca 'bo' dan 'bi', kalian berlatih merangkai huruf menjadi suku kata.


PENUTUP 

Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.                    

Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini? Apa yang telah kalian pelajari hari ini? 

Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia

Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.

Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa. Yuk sebelum berdoa kita tepuk jari terlebih dahulu!Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang baik di rumah bersama keluarga kalian ya…

Ibu guru akhiri, 

Wassalamu’aalaikumsalam wr.wb

Senin, 21 Juli 2025

KELAS 1 MATERI MATEMATIKA, SELASA 22 JULI 2025

Mata Pelajaran : Matematika

 Hari/Tanggal : Selasa/22 Juli 2025

Satuan Pendidikan : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung 

Fase/Kelas : A/1 

BAB/Tema : Ayo Membilang sampai dengan 10/ Menghitung , Membaca, dan Menulis bilangan. 

Materi Pembelajaran : Membilang Sampai Dengan 10



Capaian Pembelajaran (CP) :

  • Peserta didik menunjukkan pemahaman dan memiliki intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 100. Peserta didik dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, serta melakukan komposisi (menyusun) dan dekomposisi (mengurai) bilangan. Mereka dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan menggunakan benda-benda konkret yang banyaknya sampai 20. 

  • Peserta didik menunjukkan pemahaman pecahan sebagai bagian dari keseluruhan melalui konteks membagi sebuah benda atau kumpulan benda sama banyak (pecahan yang diperkenalkan adalah setengah dan seperempat)

Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) :

  1. Mengenal bilangan 1 sampai dengan 10 menggunakan kumpulan benda konkret.

  2. Menunjukkan simbol bilangan yang sesuai dengan jumlah benda yang dihitung.

Tujuan Pembelajaran (TP) :

Peserta didik dapat mengenal bilangan sampai dengan 10.

Assalamu'alaikum wr.wb

Tabik Pun.

Selamat Pagi anak shalih dan shalihah...

Bagaimana kabarnya hari ini anak sholih dan sholihah?                                                               

Semoga semua sehat selalu, dalam lindungan Allah subhanahu wata'ala ya sayang..               

Ayo anak ibu guru, sudah siap semua untuk belajar hari ini? 

Sebelum memulai pembelajaran mari kita membaca doa terlebih dahulu:

“Radhitu billahi Rabbaa, wa bil Islami diina, wa bi Muhammadin nabiyyaa wa rasula robbi zidnii 'ilmanwarzuqni fahma.”


PENUTUP 

Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.                    

Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini? Apa yang telah kalian pelajari hari ini? 

Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia

Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.

Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa. Yuk sebelum berdoa kita tepuk jari terlebih dahulu!Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang baik di rumah bersama keluarga kalian ya…

Ibu guru akhiri, 

Wassalamu’aalaikumsalam wr.wb

Minggu, 20 Juli 2025

KELAS 1 MATERI BAHASA INDONESIA, SENIN 21 JULI 2025

Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia

Hari/Tanggal : Senin/21 Juli 2025

Satuan Pendidikan : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung
Fase/Kelas : A/1 
BAB/Tema : Bunyi Apa/Bunyi dan Pancaindra 
Materi Pembelajaran : Persiapan membaca, persiapan Menulis 
Capaian Pembelajaran (CP) :
Menyimak
  • Murid mampu memahami informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), instruksi lisan, dan percakapan yang berkaitan dengan diri, keluarga, dan/atau lingkungan.

Membaca dan Memirsa

  • Murid mampu membaca kata-kata yang dikenali sehari-hari dengan fasih.

  • Murid mampu memaknai kosakata baruan/atau kosakata Bahasa Indonesia serapan dari bahasa daerah dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa dengan bantuan ilustrasi.


      Berbicara dan Mempresentasikan

  • Murid mampu menceritakan kembali suatu isi informasi yang dibaca atau didengar; dan menceritakan kembali teks narasi yang dibacakan atau dibaca dengan topik diri, keluarga, dan/atau lingkungan.

      Menulis

  • Murid mampu menunjukkan keterampilan menulis permulaan dengan benar di atas kertas    dan/atau melalui media digital. 

  • Murid mampu mengembangkan tulisan tangan yang semakin baik


Alur Tujuan Pembelajaran (ATP): 

  1. Mengenal cara membaca awal (membaca huruf demi huruf, kata demi kata, dengan lafal dan intonasi sederhana).

  2. Menceritakan kembali bagaimana cara membaca permulaan yang baik menurut pemahamannya.

  3. Mengetahui dan menyebutkan sikap menyimak yang baik, misalnya: duduk tenang, mata mengarah pada guru, tidak berbicara saat mendengarkan.

  4. Menyimak cerita yang dibacakan atau diperdengarkan guru, baik secara lisan maupun audiovisual.

  5. Menjawab pertanyaan sederhana berdasarkan isi cerita.

  6. Menyimak cerita yang melibatkan gerakan fisik (misalnya: tokoh melompat, berjalan, tidur).

  7. Menirukan gerakan dalam cerita sesuai instruksi atau kreativitas sendiri.


Tujuan Pembelajaran (TP) :

Dengan menyimak dan menanggapi bacaan tentang bunyi dan pancaindra secara lisan, Murid dapat mengenali abjad, merangkai suku kata yang diawali huruf ‘b’, menulis huruf ‘B’ dan ‘b,’ serta menulis namanya sendiri.

Assalamu'alaikum wr.wb

Tabik Pun..

Selamat Pagi anak shalih dan shalihah...

Bagaimana kabarnya hari ini anak sholih dan sholihah?                                                               

Semoga semua sehat selalu, dalam lindungan Allah subhanahu wata'ala ya sayang..               

Ayo anak ibu guru, sudah siap semua untuk belajar hari ini? 

Sebelum memulai pembelajaran mari kita membaca doa terlebih dahulu:

“Radhitu billahi Rabbaa, wa bil Islami diina, wa bi Muhammadin nabiyyaa wa rasula robbi zidnii 'ilmanwarzuqni fahma.”


Simak Ibu Guru membaca cerita di bawah ini :




SIAP-SIAP BELAJAR

Diskusikan gambar sampul di atas dengan menjawab

pertanyaan-pertanyaan ini.

1. Pernahkah kalian mendengar suara “Duk! Duk!”?

2. Biasanya, apa yang berbunyi “Duk! Duk!”?

3. Apa yang kalian lihat pada gambar di atas?

4. Menurut kalian, apa isi ceritanya?







Dengarkan guru membacakan pertanyaan nomor
1 - 5. Lalu, jawablah.

SOAL :

1. Apa warna bola Boni?
2. Di mana Boni mengejar bolanya?
3. Di mana bola Boni jatuh?
4. Siapa yang bermain dengan bola Boni?
5. Ceritakan kembali, mengapa Boni kehilangan bolanya.

PENUTUP 

Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.                    

Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini? Apa yang telah kalian pelajari hari ini? 

Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia

Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.

Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa. Yuk sebelum berdoa kita tepuk jari terlebih dahulu!Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang baik di rumah bersama keluarga kalian ya…

Ibu guru akhiri, 

Wassalamu’aalaikumsalam wr.wb