Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Hari/Tanggal : Kamis/ 24 Juli 2025
Murid mampu memahami informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), instruksi lisan, dan percakapan yang berkaitan dengan diri, keluarga, dan/atau lingkungan.
Membaca dan Memirsa
Murid mampu membaca kata-kata yang dikenali sehari-hari dengan fasih.
Murid mampu memaknai kosakata baruan/atau kosakata Bahasa Indonesia serapan dari bahasa daerah dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa dengan bantuan ilustrasi.
Berbicara dan Mempresentasikan
Murid mampu menceritakan kembali suatu isi informasi yang dibaca atau didengar; dan menceritakan kembali teks narasi yang dibacakan atau dibaca dengan topik diri, keluarga, dan/atau lingkungan.
Menulis
Murid mampu menunjukkan keterampilan menulis permulaan dengan benar di atas kertas dan/atau melalui media digital.
Murid mampu mengembangkan tulisan tangan yang semakin baik
Mengenal cara membaca awal (membaca huruf demi huruf, kata demi kata, dengan lafal dan intonasi sederhana).
Menceritakan kembali bagaimana cara membaca permulaan yang baik menurut pemahamannya.
Mengetahui dan menyebutkan sikap menyimak yang baik, misalnya: duduk tenang, mata mengarah pada guru, tidak berbicara saat mendengarkan.
Menyimak cerita yang dibacakan atau diperdengarkan guru, baik secara lisan maupun audiovisual.
Menjawab pertanyaan sederhana berdasarkan isi cerita.
Menyimak cerita yang melibatkan gerakan fisik (misalnya: tokoh melompat, berjalan, tidur).
Menirukan gerakan dalam cerita sesuai instruksi atau kreativitas sendiri.
Assalamu'alaikum wr.wb
Tabik Pun..
Selamat Pagi anak shalih dan shalihah...
Bagaimana kabarnya hari ini anak sholih dan sholihah?
Semoga semua sehat selalu, dalam lindungan Allah subhanahu wata'ala ya sayang..
Ayo anak ibu guru, sudah siap semua untuk belajar hari ini?
Sebelum memulai pembelajaran mari kita membaca doa terlebih dahulu:
“Radhitu billahi Rabbaa, wa bil Islami diina, wa bi Muhammadin nabiyyaa wa rasula robbi zidnii 'ilmanwarzuqni fahma.”
Membaca
Huruf apa ini?
Bagaimana bunyinya?
Bacalah bersama teman-teman.
Huruf kapital dan huruf kecil berbeda bentuknya. Amati bentuk huruf-huruf di atas.
Membaca
Berbicara
Sekarang, perkenalkan diri kalian di depan kelas.
Guru akan membimbing kalian.
1. Tunjukkan kartu nama kalian di depan kelas.
Perkenalkan nama kalian.
2. Tunjukkan benda kesukaan kalian di kartu itu.
Ceritakan benda itu. Mengapa kalian menyukainya?
Membaca
Bo-la Bo-ni bi-ru
Guru telah membuat kartu kata.
Ikuti guru membaca kata-kata yang berawalan ‘bo-’ dan ‘bi-’.
1. Dapatkah kalian menemukan kartu kata yang kata
katanya berawalan suku kata ‘bo-’ dan ‘bi-’?
2. Pisahkan kartu kata yang kata-katanya berawalan ‘bo-’
dari kartu kata yang kata-katanya berawalan ‘bi-’.
Ikuti petunjuk guru.
Dengan membaca 'bo' dan 'bi', kalian berlatih merangkai huruf menjadi suku kata.
PENUTUP
Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.
Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini? Apa yang telah kalian pelajari hari ini?
Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia
Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.
Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa. Yuk sebelum berdoa kita tepuk jari terlebih dahulu!Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang baik di rumah bersama keluarga kalian ya…
Ibu guru akhiri,
Wassalamu’aalaikumsalam wr.wb