Selasa, 04 Februari 2025

KELAS 3 TEMA 6 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 2&3, SELASA 4 FEBRUARI 2025

Hari / Tanggal : Selasa, 4 Februari 2025

Tema 6 : Energi dan Perubahannya

Subtema 1 : Sumber Energi

Pembelajaran : 2 dan 3



PENDAHULUAN (15 MENIT)

Assalaamualaikum Wr. Wb


Selamat pagi anak sholih/sholihah semangat ya belajar hari ini.
Hari ini kita akan belajar tema 6 subtema 1 pembelajaran 2 dan 3


Tujuan pembelajaran hari ini adalah:

1. Dengan permainan menyusun kartu huruf, siswa mampu menemukan kosakata terkait sumber energi dengan tepat.

2. Dengan permainan menyusun kata, siswa mampu menyusun informasi terkait sumber energi menggunakan kalimat sendiri dengan tepat.

3. Dengan mendengar penjelasan guru, siswa dapat mengidentifikasi kewajiban-kewajiban di rumah terkait sumber energi.

4. Dengan mengamati gambar, siswa dapat menentukan perilaku yang menunjukkan kewajiban di rumah terkait penghematan sumber energi.

Ayo Berdiskusi
Ketika diminum, maka air akan memberi energi. Tubuh kita memerlukan air sampai 3 liter setiap hari.
Tubuh kita akan lemah jika kekurangan air. Sehingga kita harus memiliki persediaan air bersih yang cukup di rumah.
Tidak di semua tempat tersedia air bersih yang cukup. Di beberapa tempat, orang bahkan harus membeli air untuk keperluan sehari-hari.
Karena itu kita wajib menghemat penggunaan air di rumah.
Matikan keran air sesudah digunakan.
Jangan menghamburkan air untuk keperluan yang tidak penting.
Kalau minum air matang harus dihabiskan. Masih banyak lagi contoh kewajiban di rumah dalam menghemat energi.

Karena kebutuhan akan energi secara terus menerus dan besar-besaran, maka ada kemungkinan kita akan kekurangan energi dari tahun ke tahun.
Karena hal tersebut maka kita perlu melakukan penghematan energi supaya tidak terjadi kekurangan energi.
Cara yang baik dalam menggunakan energi antara lain :

1. Menggunakan energi seperlunya;

2. Tidak membuang-buang/boros energi;

3. Menjaga ketersediaan energi dengan baik.

Ayo Mengamati

Setelah berdiskusi, amatilah gambar berikut ini! Tentukan perilaku yang menunjukkan kewajiban menghemat air! Beri tanda centang (√) untuk gambar yang tepat. Beri tanda silang (X) untuk gambar yang tidak tepat!





Nah, ingat ya bahwa menghemat energi itu adalah suatu kewajiban!
Kebutuhan akan energi secara terus menerus dan besar-besaran, maka ada kemungkinan kita akan kekurangan energi dari tahun ke tahun. Karena hal tersebut  maka kita perlu melakukan penghematan energi.

Menjaga Kelestarian Energi

Menjaga Kelestarian Energi adalah Kewajiban Bersama
Setelah melakukan kegiatan, tubuh kita merasa lelah. Saat tubuh lelah, kita membutuhkan istirahat. Istirahat akan mengembalikan kesegaran tubuh. Selain istirahat, kita membutuhkan asupan makanan dan minuman. Makanan dan minuman membuat tubuh berenergi kembali.

Makanan adalah sumber energi bagi tubuh. Sebagian besar makanan berasal dari tumbuh-tumbuhan. Karena itu, kita wajib memelihara dan melestarikan tumbuh-tumbuhan.

Selain makanan, tubuh juga membutuhkan minuman sebagai sumber energi. Untuk minum, kita membutuhkan air bersih. Namun, saat ini banyak sumber air yang sudah tercemar. Baik sumber air di kota maupun di desa. Pencemaran air disebabkan oleh sampah atau limbah. Sampah dan limbah yang dibuang ke air itulah yang mencemarkan air.

Air bukan hanya sebagai sumber energi bagi tubuh. Air juga merupakan sumber energi listrik. Listrik adalah salah satu energi yang sangat dibutuhkan manusia.

Bumi yang kita tempati adalah milik semua makhluk yang hidup di bumi. Kita harus menjaga kelestarian energinya. Kita tidak boleh memikirkan kepentingan diri sendiri. Kita harus memikirkan kepentingan bersama. Jika sumber energi habis, maka kehidupan manusia akan terancam.

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk melestarikan sumber energi. Di antaranya adalah:

1.            Merawat dan memelihara tanam-tanaman,

2.            Melakukan penghijauan,

3.            Tidak membuang sampah dan limbah ke sumber air,

4.            Menggunakan air secukupnya saja.

 

Marilah mencoba untuk menerapkannya dalam kegiatan sehari-hari

 

Ayo Mengamati
Berikut ini adalah macam-macam satuan waktu.
Ada tahun, bulan, minggu, hari, jam, menit, dan detik. Kali ini, kita hanya akan mempelajari tentang
tahun, bulan, minggu, dan hari. Tentang jam, menit, dan detik akan dipelajari kemudian.
1 tahun sama dengan 12 bulan.
1 bulan terdiri atas 28 sampai 31 hari.

Berikut ini video mengenai menentukan lama kegiatan.



https://youtu.be/CUouaLbYsIw

Lihat tabel di bawah ini!

No.

Nama Bulan

Jumlah Hari

1.

Januari

31

2.

Februari

28 atau 29

3.

Maret

31

4.

April

30

5.

Mei

31

6.

Juni

30

7.

Juli

31

8.

Agustus

31

9.

September

30

10.

Oktober

31

11.

November

30

12.

Desember

31

Khusus bulan Februari setiap 4 tahun sekali jumlah harinya ada 29 hari.

Banyak hari dari Minggu sampai dengan Sabtu adalah 7 hari. Tujuh hari itu disebut seminggu. Satu bulan terdiri dari 4 minggu atau lebih, tergantung jumlah hari dalam bulannya. Kalau jumlahnya ada 28 hari, berarti sebulan sama dengan 4 minggu. Jika jumlahnya 31 hari berarti 1 bulan sama dengan 4 minggu 3 hari.

Perhatikan tabel pada halaman di atas. Kemudian lengkapi tabel berikut!

No.

Nama Bulan

Jumlah Minggu dan Hari

1.

Januari

4 minggu 3 hari

2.

Februari

4 minggu atau 4 minggu 1 hari

3.

Maret

4 minggu 3 hari

4.

April

4 minggu 2 hari

5.

Mei

4 minggu 3 hari

6.

Juni

4 minggu 2 hari

7.

Juli

4 minggu 3 hari

8.

Agustus

4 minggu 3 hari

9.

September

4 minggu 2 hari

10.

Oktober

4 minggu 3 hari

11.

November

4 minggu 2 hari

12.

Desember

4 minggu 3 hari


Ayo Mencoba
Masih ingatkah lagu yang dipelajari pada Pembelajaran 1? Ayo menyanyikan lagi bersama-sama! Coba perhatikan kembali irama lagu tersebut! Kemudian mainkan musik mengikuti pola irama
lagunya. Gunakan alat-alat musik berikut ini!



Alat-alat musik tersebut adalah alat musik ritmis. Mari mainkan secara berkelompok. Satu kelompok memainkan satu jenis alat musik.

Bait pertama, baris pertama lagu diiringi dengan bunyi marakas. Bait pertama baris kedua diiringi dengan tamborin. Bait pertama baris ketiga diiringi kastanyet. Bait pertama baris keempat diiringi rebana.

Bait kedua polanya sama dengan bait pertama. Bait ketiga dari baris pertama sampai dengan keempat diiringi oleh semua alat musik.


Matahari adalah sumber energi yang paling penting di bumi. Kita harus bersyukur atas karunia Tuhan karena adanya energi matahari. Ungkapan syukur dapat ditunjukkan melalui sebuah syair lagu.

Melalui lagu kita dapat mengungkapkan perasaan kita terhadap apa saja. Seperti lagu berikut ini yang mengungkapkan rasa suka cita dan syukur atas adanya matahari sebagai sumber energi.

LATIHAN

Setelah memahami penjelasan di atas. Lengkapi tabel berikut ini! Kerjakan latihanmu 

1 tahun = .. bulan

1 minggu = .. hari

2 tahun = .. bulan

2 minggu = .. hari

3 tahun = .. bulan

3 minggu = .. hari

4 tahun = ... bulan

4 minggu = .. hari

5 tahun = ..  bulan

5 minggu = .. hari






Wassalamualaikum Wr. Wb

Senin, 03 Februari 2025

KELAS 3 TEMA 6 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 1, SENIN 3 FEBRUARI 2025

Hari/ Tanggal              :  Senin, 3 Februari 2025

Tema 6                        : Energi dan Perubahannya

Subtema 1                  : Sumber Energi

Pembelajaran             : 1

 

Ayo Membaca

Matahari Sumber Energi Terbesar

 

Semua benda yang menghasilkan energi disebut sumber energi. 

Tuhan menciptakan bermacam-macam sumber energi. 

Air dan udara adalah sumber energi. Tumbuhan dan hewan adalah sumber makanan. 

Makanan menghasilkan energi bagi tubuh. Jadi, tumbuhan dan hewan juga sumber energi.

Sumber energi lainnya yang ada di bumi adalah matahari. 

Matahari menghasilkan energi cahaya dan panas. 

Cahaya dan panas matahari merupakan sumber kehidupan di bumi. 

Matahari adalah sumber energi terbesar di bumi.

Tanpa matahari, tumbuhan tidak dapat melakukan fotosintesis. 

Dari proses fotosintesis dihasilkan makanan dan oksigen. 

Makanan dan oksigen sangat penting bagi kelangsungan hidup manusia dan makhluk hidup lainnya.

 


Selain membantu proses fotosintesis, sinar matahari juga merupakan sumber energi listrik. 

Melalui Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS), energi cahaya matahari diubah menjadi energi listrik. Salah satu PLTS terbesar di Indonesia terdapat di Kabupaten Karangasem, Bali.

Jadi pada cerita di atas dapat kita simpulkan :

Sumber energi adalah semua benda yang menghasilkan energi. 

Air, udara, tumbuhan dan hewan adalah sumber energi. 

Sumber energi lainnya adalah matahari. Cahaya dan panas matahari merupakan sumber kehidupan di bumi.

Matahari membantu tumbuhan melakukan fotosintesis untuk makanan dan oksigen. 

Sinar matahari juga merupakan sumber energi listrik. 

Energi cahaya matahari diubah menjadi energi listrik melalui PLTS. 

Salah satu PLTS terbesar di Indonesia terdapat di Kabupaten Karangasem, Bali.

 

Ayo Bernyanyi

Matahari adalah sumber energi yang paling penting di bumi. Kita harus bersyukur atas karunia Tuhan karena adanya energi matahari. Ungkapan syukur dapat ditunjukkan melalui sebuah syair lagu.


Berikut video Lagu Matahari Karya Nurkhasanah.

https://youtu.be/GsCeunWatSo

 

Melalui lagu kita dapat mengungkapkan perasaan kita terhadap apa saja. Seperti lagu berikut ini yang
mengungkapkan rasa suka cita dan syukur atas adanya matahari sebagai sumber energi.

Ayo kita belajar menyanyikan lagu berikut! Jangan malu atau ragu. Bernyanyilah dengan percaya diri!

 


Perhatikan perbedaan yang dapat dirasakan saat menyanyikan lagu tersebut! 

Cermati lagu pada bait pertama dan bait kedua. 

Adakah perbedaan rasa saat menyanyikannya?

Bandingkan dengan bait ketiga. Adakah perbedaannya! 

Bait ketiga lagu di atas memiliki perbedaan irama dengan bait pertama dan kedua.

 

Ayo Mengamati
Untuk membuktikan bahwa matahari adalah sumber energi panas, Siti melakukan percobaan. 

Siti menyiapkan segumpal kapas dan sebuah kaca pembesar. 

Lalu Siti meletakkan kapas di atas sebuah wadah. Siti memegang kaca pembesar di atas kapas. 

Siti mengumpulkan sinar matahari ke kaca pembesar dan mengarahkan kumpulan cahaya itu ke kapas. Beberapa waktu kemudian kapas mulai mengeluarkan asap dan terbakar.

Pada percobaan di atas, kita mengetahui bahwa cahaya matahari tidak langsung membakar kapas. Butuh waktu lama sampai kapas dapat terbakar. Kegiatan sehari-hari juga membutuhkan waktu.

Ada kegiatan yang lama dan ada kegiatan yang singkat. Perhatikan gambar berikut ini! 

Beri tanda centang (√) pada gambar kegiatan yang waktunya lebih lama! 

Beri tanda silang (X) untuk kegiatan yang lebih singkat!

 


Kalian sudah dapat membedakan mana kegiatan yang lebih lama dan mana yang lebih singkat. Carilah contoh lainnya!

 

LATIHAN 

Tulislah 5 contoh kegiatan yang lebih lama dilakukan dan lebih singkat dilakukan. 

 

Selamat mengerjakan!

 

Jangan lupa ucapkan terima kasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah hari ini! Mari, kita akhiri kegiatan belajar di rumah hari ini dengan membaca doa sesudah belajar. Terima kasih.. Sampai jumpa besok yaa anak sholih shaliha.

 

Wassalamualaikum Wr. Wb

Jumat, 31 Januari 2025

KELAS 3 TEMA 5 SUBTEMA 4 PEMBELAJARAN 5, JUM'AT 31 JANUARI 2025

Hari / Tanggal : Jumat, 31 Januari 2025

Tema 5             : Cuaca

Subtema 4     : Cuaca, Musim, dan Iklim

Pembelajaran : 5

AssalaamualaikumWr. Wb.
Hari ini kita akan belajar tema lima subtema empat pembelajaran lima.
Tujuan pembelajaran hari ini adalah Siswa dapat menyelesaikan masalah sehari-hari yang melibatkan pengurangan pecahan berpenyebut sama dengan benar.








Berkarya Dengan Kertas Bekas


Kelas siti dan teman-teman sudah terlihat bersih.
Siti melihat tumpukan kertas bekas bermain terbuang percuma.
Siti mengambil sisa kertas tadi dan membuat potongan kertas untuk belajar
Pengurangan pecahan berpenyebut sama.



Yuk mari kita berlatih menghitung pengurangan pecahan berpenyebut sama.




Ibu yakin anak sholih dan sholihah sudah bisa mengerjakan soal tentang pengurangan pecahan berpenyebut yang sama, agar lebih paham jangan lupa banyak berlatih dan belajar dirumah, tetap semangat jangan lupa sholat lima waktu dan murojaah yaa.

Wassalamualikum wr.wb.

Kamis, 30 Januari 2025

KELAS 3 TEMA 5 SUBTEMA 4 PEMBELAJARAN 2&3, KAMIS 30 JANUARI 2025

Hari / Tanggal          :  Kamis, 30 Januari 2025

Tema 5                        : Cuaca

Subtema 4                 : Cuaca, Musim dan Iklim

Pembelajaran          : 2 & 3



PENDAHULUAN (15 MENIT) 


Assalaamualaikum Wr. Wb

Selamat pagi anak sholih/sholihah semangat ya belajar hari ini.
Hari ini kita akan belajar tema 5 subtema 4 Pembelajarn 2 dan 3

Tujuan Pembelajaran 2 dan 3 hari ini adalah:

Siswa dapat menjelaskan dan menuliskan manfaat sikap bersatu dalam keberagaman dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan sekitar dengan lengkap dan benar. Dengan membaca, siswa dapat mengidentifikasi informasi yang berkaitan tentang cuaca, musim, dan iklim dengan tepat. Siswa dapat menyelesaikan masalah sehari-hari yang melibatkan pengurangan pecahan berpenyebut sama dengan benar.


KEGIATAN INTI (90 MENIT) 

PEMBELAJARAN 2 dan 3

 

         Tanda-tanda datangnya musim hujan makin terlihat. Cuaca hujan dan berangin lebih sering terjadi. Penduduk desa sedang bersiap-siap menghadapi musim hujan.

Kepala desa meminta warga untuk berkumpul di balai desa pada pukul 8 pagi. Kepala desa pun memberikan pengumuman.

 


Ayo Mengamati

Semua warga akan  melakukan kerja bakti pada hari Minggu. Kerja bakti dilakukan agar saat musim hujan tidak terjadi banjir di desa mereka.

Ada beberapa pekerjaan yang bisa dilakukan saat kerja bakti, yaitu:

1. Membersihkan saluran air dan bantaran sungai.

2. Menebang cabang pohon yang lebat agar tidak tumbang.

3. Membersihkan sampah dijalan desa.



Setiap warga boleh memilih jenis kerja bakti yang sesuai.

 

Ayo Beraktivitas

Udin dan teman-teman juga ikut dalam kerja bakti tersebut.

Mereka memilih pekerjaan yang sama, yaitu menyapu dan membersihkan sampah di jalan desa.

Terlihat edo sedang memunguti sampah, sedangkan udin memasukkan sampah-sampah ke tempat sampah. Sampah harus dibuang pada tempatnya.

Jika sampah dibuang sembarangan, apalagi ke saluran air, maka bisa terjadi banjir.  


Sambil bekerja, mereka pun bercakap-cakap.

 


Menjelang pukul 10 pagi, semua pekerjaan telah selesai.

Kepala desa berterima kasih kepada semua warga yang sudah ikut kerja bakti.

Kepala desa juga menyampaikan pentingnya bersatu dalam keberagaman untuk kepentingan bersama.

 






Ayo Mencoba

Mula-mula Edo menggunting kain berbentuk persegi panjang dan membaginya menjadi enam bagian.

Edo membaginya menjadi 6 bagian untuk mereka berenam. Masing-masing mendapatkan 1/6

bagian kain berbentuk persegi panjang.

 

Sekarang, Edo menggunting kain yang lain menjadi delapan bagian berbentuk segitiga.

Potongan kain ini akan diberikan untuk Beni dan Udin. Masing-masing akan mendapatkan 3/8 bagian kain.



Sisa kain 2/8 bagian disimpan untuk Edo. 

Jumat, 24 Januari 2025

KELAS 3 TEMA 5 SUBTEMA 3 PEMBELAJARAN 6, JUM'AT 24 JANUARI 2025

 Hari / Tanggal          : Jum'at, 24 Januari 2025

Tema 5                        : Cuaca

Subtema 3                 : Pengaruh Perubahan Cuaca terhadap Kehidupan Manusia

Pembelajaran          : 6


PENDAHULUAN (15 MENIT) 


Assalaamualaikum Wr. Wb

Selamat pagi anak sholih/sholihah semangat ya belajar hari ini.
Hari ini kita akan belajar tema 5 subtema 3 pembelajaran 6

Tujuan pembelajaran hari ini adalah: 

Memahami dan menulis pengalaman Memahami penjumlahan pecahan dengan penyebut sama.

KEGIATAN INTI (45 MENIT) 

Ayo Membaca


Penggalangan bantuan untuk pengungsi Gunung Agung sudah terkumpul. Hari ini, barang-barang bantuan akan dimasukkan dalam kardus-kardus. Udin mengajak teman-teman mengepak barang barang.
Barang-barang tersebut akan dititipkan melalui Dayu. Mereka akan mengunjungi keluarga di Bali.
Ayo, kita bantu Udin dan teman-teman memilah barang. Kumpulkan barang sesuai jenisnya. Baju baju dikumpulkan dalam satu kardus. Buku-buku juga dalam satu kardus. Selimut dalam satu kardus. Begitu juga barang-barang lainnya.


Ayo Mengamati


Menolong sesama adalah perbuatan mulia. Untuk menolong sesama, kita tidak boleh pilih-pilih. 

Apa pun latar belakang suku dan daerah asalnya. Perbedaan warna kulit bahkan agamanya. 

Kita wajib menolongnya.

Ini yang dilakukan oleh Udin dan teman-teman. Mereka mendapat kabar tentang pengungsi Gunung Agung. Mereka segera bergerak menghimpun bantuan.

Apakah kamu pernah menunjukkan sikap menolong selama ini?

Ani tidak membawa alat menggambar saat pelajaran menggambar. 

Danu, temannya membawa alat menggambar lebih. Sebagai teman yang baik, 

Danu meminjamkan alat menggambarnya kepada Ani.

 

Ayo Menulis

Siti dan teman-teman menitipkan barang bantuan untuk warga Bali. Mereka juga menitipkan surat untuk Komang, sepupu Dayu.



TUGAS HARI Ini

Temukan kata yang berhubungan dengan cuaca dalam surat di atas dan jelaskan makna kata-kata tersebut. Kamu boleh

menggunakan kamus untuk melihat makna katanya.

Selamat mengerjakan!


PENUTUP (10 MENIT)

Mari, kita akhiri kegiatan belajar di rumah hari ini dengan membaca doa sesudah belajar. Terima kasih.. Sampai jumpa besok yaa anak sholih shaliha.

Wassalamualaikum Wr. Wb

Kamis, 23 Januari 2025

KELAS 3 TEMA 5 SUBTEMA 3 PEMBELAJARAN 5, KAMIS 23 JANUARI 2025

Hari/ Tanggal : Kamis, 23 Januari 2025

Tema 5             : Cuaca
Subtema 3         : Pengaruh Perubahan Cuaca terhadap Kehidupan Manusia
Pembelajaran     : 5 


Assalaamualaikum Wr. Wb 

Hari ini kita akan belajar tema lima subtema tiga pembelajaran lima.
Tujuan pembelajaran hari ini:Siswwa dapat memahami tarian yang ada di Indonesia, Siswa dapat memahami teks bacaan berkenaan dengan tarian. 

Nah sekarang kita akan belajar untuk Memahami Tarian di indonesia Memahami teks bacaan berkenaan dengan suku bangsa Indonesia. Berikut materi pelajaran hari ini yaa. 

TARIAN DI INDONESIA



Tahukah kamu tarian apa saja yang ada di Indonesia? tentunya berbagai macam yaa, mari lihat gambar di bawah ini


Sekian pembelajaran kita hari semangat belajar dan berlatih!

Wassalamualikum wr.wb.

Rabu, 22 Januari 2025

KELAS 3 TEMA 5 PEMBELAJARAN 4, RABU 22 JANUARI 2025

Hari / Tanggal          : Rabu, 22 Januari 2025

Tema 5                        : Cuaca

Subtema 3                 : Pengaruh Perubahan Cuaca terhadap Kehidupan Manusia

Pembelajaran          : 4


PENDAHULUAN (15 MENIT) 


Assalaamualaikum Wr. Wb

Selamat pagi anak sholih/sholihah semangat ya belajar hari ini.
Hari ini kita akan belajar tema 5 subtema 3 pembelajaran 4

Tujuan pembelajaran hari ini Tujuan Pembelajaran hari ini adalah: 

Dengan kegiatan bertanya jawab, siswa dapat menjelaskan bagaimana menunjukkan sikap bersatu dalam keberagaman dengan benar. Dengan kegiatan wawancara, siswa dapat menyimulasikan bagaimana

sikap bersatu dalam keberagaman dengan benar.

KEGIATAN INTI (45 MENIT) 

PERUBAHAN CUACA

Cuaca saat ini memang mudah berubah. Hujan turun sepanjang hari. Saluran air tak mampu menampung air hujan. Manusia sering membuang sampah sembarangan. Saluran air tersumbat. Lingkungan pun menjadi banjir.

Saat musim kemarau, panas matahari terasa terik. Hujan tak turun hingga waktu yang lama. Kekeringan melanda wilayah suatu daerah. Cuaca seperti ini dapat memengaruhi kondisi kesehatan manusia. Untuk itu, kita harus menjaga kondisi tubuh. Caranya dengan makan makanan yang bergizi. Kita pun harus berolahraga secara teratur. Jangan lupa untuk beristirahat dengan cukup.

Kalian telah membaca teks bacaan di atas, Ibu guru sudah tebalkan kata-kata baru yang berkaitan dengan perubahan cuaca. Jelaskan makna kata sesuai pemahamanmu di depan orang tuamu yaa!

 

Sekarang baca kembali teks bacaan di bawah ini!

Memiliki sahabat sangat menyenangkan. Apalagi jika berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Dayu dan teman-teman bersahabat dengan Komang di Bali.

 


Mereka akan membantu para pengungsi Gunung Agung, Bali. Mereka telah menggalang bantuan dari warga sekolah. Bantuan berupa dana dan pakaian layak pakai.

Menjalin persahabatan bisa dilakukan dengan siapa saja. Walau berbeda asal sukunya. Berbeda pula warna kulit. Bahkan, berbeda agamanya. Kita tetap bersahabat. 

 

Berikut Daftar Beberapa Suku Bangsa di Indonesia.

No.

Nama Suku

Nama Daerah

1.

Gayo, Minangkabau, Batak, Simeulue, Palembang, Lampung

Sumatera

2.

Betawi, Sunda, Jawa, Madura, Tengger

Jawa

3.

Bali

Bali

4.

Banjar, Berau, Dayak, Maayan, Kutai

Kalimantan

5.

Buton, Minahasa, Bugis, Toraja

Sulawesi

6.

Rote, Sasak, Bima, Flores

Nusa Tenggara

7.

Ambon, Aru

Maluku

8.

Dani, Asmat

Papua

 

Untuk lebih memahami materi hari ini, silahkan simak video pembelajaran di bawah ini!

 


https://youtu.be/InIu8qWUHKA

 

TUGAS HAR INI

Buka buku cetak tematik Halaman 148-149. Baca teks pada halaman  148 kemudian kerjakan latihan yang ada pada halaman 149. Kerjakan di buku tulis tematik yaa.

Selamat mengerjakan!


PENUTUP (10 MENIT)

Mari, kita akhiri kegiatan belajar di rumah hari ini dengan membaca doa sesudah belajar. Terima kasih.. Sampai jumpa besok yaa anak sholih shaliha.

Wassalamualaikum Wr. Wb

Selasa, 21 Januari 2025

KELAS 3 TEMA 5 SUBTEMA 3 PEMBELAJARAN 2 & 3, SELASA 21 JANUARI 2025

Hari / Tanggal          :  Selasa, 21 Januari 2025

Tema 5                        : Cuaca

Subtema 3                 : Pengaruh Perubahan Cuaca terhadap Kehidupan Manusia

Pembelajaran          : 2 dan 3


PENDAHULUAN (15 MENIT) 


Assalaamualaikum Wr. Wb

Selamat pagi anak sholih/sholihah semangat ya belajar hari ini.
Hari ini kita akan belajar tema 5 subtema 3 pembelajaran 2 dan 3

Tujuan pembelajaran hari ini Tujuan Pembelajaran hari ini adalah: siswa dapat menjelaskan cara menunjukkan sikap bersatu dalam keberagaman di lingkungan sekitar dengan baiksiswa dapat menuliskan pokok-pokok informasi yang berkaitan dengan perubahan cuaca dan pengaruhnya pada aktivitas manusia dengan baik, siswa dapat menjelaskan cara penjumlahan pecahan berpenyebut sama dengan baik

 KEGIATAN INTI (45 MENIT)

Kemarin kita belajar tentang mengetahui Pengaruh cuaca bagi manusia, dan mengetahui tanda < dan > pada pecahan.

Nah hari ini kita belajar tentang mengetahui pengaruh perubahan cuaca bagi kehidupan manusia dan penjumlahan pecahan dengan penyebut yang sama. 

Dayu menceritakan banyak hal. Tak hanya bercerita tentang kondisi pengungsi. Komang juga bercerita keadaan kebun dan ladang petani. Kebun dan ladang mulai rusak. Terkena cuaca panas akibat abu vulkanik. Abu vulkanik ini berasal dari letusan gunung. Abu vulkanik membuat tanaman tidak bisa hidup.  Siti mengajak teman-teman berdiskusi. Tanaman apa yang tepat ditanam pada daerah dan musim tertentu. Diskusi dimulai dengan mendata asal daerah dengan tanaman khasnya.

 




Perubahan cuaca tak hanya berpengaruh pada hasil panen. Akan tetapi, juga berpengaruh pada alat transportasi. Saat cuaca hujan, mobil, angkutan kota, bahkan bus akan melaju dengan pelan.

Sore itu, Lani akan pergi ke rumah Opa. Ia berangkat naik bus bersama mama. Perjalanan ditempuh seperempat hari. Cukup lama dan membuat Lani bosa. Lani menulis soal-soal pecahan. Ini dilakukan untuk megusir rasa bosannya.

Apakah kamu dapat memcahkan soal-soal pecahan buatan Lani?

 

Tugas Hari ini

 



Selamat mengerjakan!

PENUTUP (10 MENIT)

Mari, kita akhiri kegiatan belajar di rumah hari ini dengan membaca doa sesudah belajar. Terima kasih.. Sampai jumpa besok yaa anak sholih shaliha.

Wassalamualaikum Wr. Wb

Senin, 20 Januari 2025

KELAS 3 TEMA 5 SUBTEMA 3 PEMBELAJARAN 1, SENIN 20 JANUARI 2025

Hari / Tanggal          : Senin, 20 Januari 2025

Tema 5                        : Cuaca

Subtema 3                 : Pengaruh Perubahan Cuaca terhadap Kehidupan Manusia

Pembelajaran          : 1


PENDAHULUAN (15 MENIT) 


Assalaamualaikum Wr. Wb

Selamat pagi anak sholih/sholihah semangat ya belajar hari ini.
Hari ini kita akan belajar tema 5 subtema 3 pembelajaran 1

Tujuan pembelajaran hari ini Tujuan Pembelajaran hari ini adalah:

Siswa dapat mengidentifikasi informasi yang berkaitan dengan pengaruh perubahan cuaca terhadap kehidupan manusia dengan baiksiswa dapat menyarikan pokok-pokok informasi yang berkaitan dengan perubahan cuaca terhadap kehidupan manusia menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif dengan baiksiswa dapat menyelesaikan masalah sehari-hari yang melibatkan penjumlahan berpenyebut sama dengan benarsiswa dapat mengidentifikasi kombinasi garis, bidang, dan warna dalam sebuah karya dekoratif dengan benar.

KEGIATAN INTI (45 MENIT) 

Pengaruh Perubahan Cuaca terhadap Kehidupan Manusia 

Indonesia merupakan negara beriklim tropis. Cuaca berubah-ubah. Terkadang panas, berawan,

mendung, atau hujan. Keadaan cuaca dipengaruhi oleh tiga unsur. Ketiganya adalah matahari, angin, dan air. Cuaca sangat berpengaruh bagi kehidupan manusia. Mulai dari ketersediaan sumber daya alam. Ketersediaan alat transportasi. Bahkan, kelancaran aktivitas manusia sehari-hari. Apa saja pengaruh cuaca yang kamu rasakan?

 

Ayo Membaca

Dayu mendapat surat dari Komang. Komang adalah sepupu Dayu di Bali. Bacalah teks surat untuk Dayu. Bacalah dengan nyaring dan intonasi yang tepat!


Setelah kalian membaca surat diatas yuk kita bikin rangkuman, dalam bentuk peta pikiran. Lihat penjelsannya yaa bagaimana membuat rangkuman dalam bentuk peta pikiran.



Coba kalian lihat rangkuman dalam bentuk sebuah peta pikiran, jika kita ingin membuat rangkuman dalam bentuk peta pikiran pstikan ada beberapa kata tanya seperti kapan, apa, bagaimana, mengapa dan siapa.

 

Ayo Mengamati

Perhatikan gambar dibawah ini !



Yuk kita kelompokkan berdasarkan keadaan cuaca yang sama.

Kalian pasti sudah paham benda, makanan dan minuman berdasarkan keadaan cuaca.

 

Penjumlahan Pecahan

Perhatikan contoh di bawah ini

Dalam penjumlahan Pecahan jika penyebutnya nilainya sama besar, maka yang dijumlahkan hanya pembilang. Agar kalian lebih paham bagaimana penjumlahan pecahan, yuk sekarang kita kerjakan latihan dibawah  ini.

 

TUGAS

Kerjakan dibuku latihan tematik yaa


PENUTUP (10 MENIT)

Mari, kita akhiri kegiatan belajar di rumah hari ini dengan membaca doa sesudah belajar. Terima kasih.. Sampai jumpa besok yaa anak sholih shaliha.

Wassalamualaikum Wr. Wb

Jumat, 17 Januari 2025

KELAS 3 TEMA 5 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 6, JUM'AT 17 JANUARI 2025

 Hari / Tanggal          : Jumat, 17 Januari 2025

Tema 5                        : Cuaca

Subtema 2                 : Perubahan Cuaca

Pembelajaran          : 6


PENDAHULUAN (15 MENIT) 


Assalaamualaikum Wr. Wb

Selamat pagi anak sholih/sholihah semangat ya belajar hari ini.
Hari ini kita akan belajar tema 5 subtema 2 pembelajaran 6.

Tujuan pembelajaran hari ini dengan benda konkret, siswa dapat membandingkan dua pecahan berpenyebut sama dengan benar.

KEGIATAN INTI (45 MENIT)

AYO MEMBACA
Pagi ini, hujan masih turun rintik-rintik.Cuaca seperti ini sudah berlangsungsejak tadi malam.
Hari ini, Siti dan teman-teman berjanjiakan berkumpul di rumah Beni. Mereka akan berkreasi membuat alat peraga tentang pecahan dari barang bekas.
Siti, Lani, dan Dayu sudah tiba di rumah Beni. Mereka memakai payung. Tak lama kemudian, Udin pun tiba.Ia memakai jas hujan. 


Beni dan teman-teman bekerja sama membuattugas alat peraga pecahan. Setiap anggota kelompokmemiliki kemampuan yang berbeda.Namun,mereka bersatu menyelesaikan tugas tersebut.


PENUTUP (10 MENIT)

Mari, kita akhiri kegiatan belajar di rumah hari ini dengan membaca doa sesudah belajar. Terima kasih.. Sampai jumpa besok yaa anak sholih shaliha.

Wassalamualaikum Wr. Wb

Kamis, 16 Januari 2025

TEMA 5 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 5, KAMIS 16 JANUARI 2025

Hari / Tanggal          : Kamis, 16 Januari 2025

Tema 5                        : Cuaca

Subtema 2                 : Perubahan Cuaca

Pembelajaran          : 5


PENDAHULUAN (15 MENIT) 

Assalaamualaikum, Wr.Wb

Selamat pagi anak sholih/sholihah semangat ya belajar hari ini

Apakah anak-anak masih ingat materi di pertemuan sebelumnya?

iyaps kita telah belajar tentang kata atau istilah khusus dalam sebuah informasi terkait cuaca

Hari ini kita lanjutkan pembelajarannya ya!

Adapun tujuan pembelajaran hari ini yaitu siswa dapat menjelaskan makna/istilah yang berkaitan dengan pengaruh perubahan cuaca secara lisan/tulisan dengan benar. Serta dengan benda konkret, siswa dapat membandingkan dua pecahan

berpenyebut sama dengan benar.


KEGIATAN INTI (45 MENIT)


AYO MEMBACA

Beberapa hari ini cuaca berubah tak menentu. Terkadang hari ini cerah, esok cuaca hujan. Bahkan cuaca dapat juga berubah-ubah dalam sehari. Sore ini, Lani dan teman-teman sedang bermain di lapangan desa. Mereka menikmati sejuknya udara dan hembusan angin. Sinar matahari bersinar dari celah-celah awan.

Lani dan teman-teman beristirahat sejenak dari permainan mereka. Mereka duduk-duduk di pinggir lapangan. Lani lalu bercerita tentang berita tadi malam di radio. Ternyata, pengaruh cuaca terhadap  kehidupan manusia itu sangat besar.

 

Apa Saja Pengaruh Cuaca bagi Kehidupan Manusia?

Saat cuaca hujan, tanah akan menjadi basah. Berbagai jenis tumbuhan menyukai kondisi seperti ini.

Cuaca panas berpengaruh terhadap kegiatan menjemur pakaian basah. Pakaian yang kita jemur akan cepat kering.

Cuaca juga berpengaruh terhadap pakaian yang kamu gunakan. Saat cuaca hujan, suhu udara sangat dingin. Kita memakai pakaian tebal

agar tubuh tidak kedinginan.

Saat cuaca panas, tubuh kita berkeringat. Kita membutuhkan pakaian yang dapat menyerapkeringat.

 

AYO MENGAMATI


Pecahan pada gambar di atas memiliki angka pembilang yang sama. Namun, angka penyebutnya berbeda. Makin besar angka penyebutnya, makin kecil pula bagian pecahan tersebut.

Bagaimana jika angka penyebutnya sama namun angka pembilangnya yang berbeda-beda? Manakah yang lebih besar? 

Perhatikan gambar berikut ini.



Dapat disimpulkan bahwa untuk pecahan dengan penyebut yang sama:

“Makin besar pembilangnya, makin besar nilai pecahan tersebut.”

 

 

 

 

TUGAS HARI INI



 Tuliskan jawaban pada buku  ya nak.

Selamat mengerjakan!

KEGIATAN PENUTUP (15 MENIT)


Yaps, berikut tadi adalah materi kita har ini ya.

Yuk kita simpulkan bersama:

1. Pecahan dengan pembilang sama, memiliki nilai pecahan yang besar semakin kecil penyebutnya dan sebaliknya


Bagaimana pembelajaran hari ini?

Apakah anak-anak merasa senang?

Tetap semangat belajar dan berlatih ya anak-anak shaleh dan shalehah