Senin, 20 November 2023

KELAS 1 KESIMPULAN MATERI, SENIN 20 NOVEMBER 2023

Kesimpulan Materi Ajar Bahasa Indonesia dan Pendidikan Pancasila

Pendidikan Pancasila

Keberagaman dalam keluarga harus di hargai.
Bagaimana caranya?
1. Saling membantu anggota keluarga
2. Melaksanakan hobi bersama keluarga 

Jangan lupa untuk selalu:
1. Mengembangkan atau memiliki perilaku ramah dan menerima terhadap teman
2. Saling toleransi dan menghormati antar sesama
3. Mengembangkan semangat kekeluaragaan dan saling bertegur sapa antar teman
4. Menghormati teman yang sedang beribadah
5. Tidak mengejek teman yang memiliki kebudayaan yang unik maupun bahasa yang khas.

Bahasa Indonesia

Mari anak-anak kita amati dan kita jawab bersama yaa..
Amati gambar ini dengan saksama.
Lalu, jawablah pertanyaan-pertanyaan guru berdasarkan 
gambar di atas. 
1. Apa yang ada di pasar? Penjual dan pembeli
2. Apa saja makanan yang dijual di pasar? Baju, makanan, mainan
3. Apa saja mainan yang dijual di pasar? Balon
4. Di gambar itu ada makanan yang bersih. Tunjukkan 
kepada guru. Arum manis
5. Mengapa makanan itu bersih? Karena tertutup dan terhindar dari lalat 
6. Di gambar itu ada juga makanan yang kotor. Tunjuklah 
makanan itu. 
7. Mengapa makanan itu kotor? Karena tidak tertutup dan dihinggapi lalat.

Baik sekian dan terimakasih pembelajaran hari ini, semoga Allah memberikan kita nikmat sehat dan ilmu yang bermanfaat yaa anak sholeh san sholehaa..

KELAS 1 MATERI BAHASA INDONESIA, SENIN 20 NOVEMBER 2023

Hari/Tanggal : Senin/ 20 November 2023
Satuan Pendidikan : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung 
Fase/Kelas : A/1 
BAB/Tema : Ayo Bermain
Materi : Menyimak
Pembelajaran : Menyimak dan menanggapi bacaan


Capaian Pembelajaran (CP):

Berbicara dan Mempresentasikan :
1. Peserta didik mampu berbicara dengan santun tentang beragam topik yang dikenali menggunakan volume dan intonasi yang tepat sesuai konteks.
2. Peserta didik mampu merespons dengan bertanya tentang sesuatu, menjawab, dan menanggapi komentar orang lain (teman, guru, dan orang dewasa) dengan baik dan santun dalam suatu percakapan.
3. Peserta didik mampu mengungkapkan gagasan secara lisan dengan atau tanpa bantuan gambar/ilustrasi
4. Peserta didik mampu menceritakan kembali suatu isi informasi yang dibaca atau didengar, dan menceritakan kembali teks narasi yang dibacakan atau dibaca dengan topik diri dan lingkungan

Tujuan Pembelajaran:

1. Melalui latihan menjawab pertanyaan terhadap teks “Hati-Hati!”yang dibacakan, peserta didik dapat menyimpulkan informasi serta menceritakan Kembali simpulannya dengan tepat.
2. Melalui kegiatan menirukan intonasi guru saat membacakan teks nonfiksi “Hati-Hati!” pada Buku Siswa, peserta didik mengenali kalimat tanya, kalimat ajakan, kalimat perintah, dan kalimat larangan.
3. Melalui kegiatan menjawab pertanyaan guru tentang perbuatan yang boleh dan tidak boleh dilakukan, peserta didik menyampaikan pendapatnya dengan relevan, jelas, dan sopan.
4. Melalui kegiatan merangkaikan bunyi huruf ‘h’ dan huruf vokal lain, peserta didik dapat membaca suku kata dengan baik. 
5. Melalui latihan menuliskan huruf kapital ‘H’, huruf kecil ‘h;, dan suku kata yang diawali dengan huruf ‘h’, peserta didik mampu mengenali perbedaan bentuk huruf kapital, huruf kecil, dan merangkai huruf ‘h; dengan huruf vokal lain dengan tepat. 
6. Melalui kegiatan menjawab pertanyaan tentang gambar “Di Taman Kota”, peserta didik dapat memahami serta menyimpulkan dan mengaitkan hal yang dilihat pada gambar dengan pengalamannya sendiri dengan baik. 
7. Melalui kegiatan menjawab pertanyaan guru tentang gambar, peserta didik mampu menanggapi orang lain dengan jelas dan santun. 
8. Melalui kegiatan menggambarkan cara Caca dapat naik sepeda roda dua, peserta didik menuliskan simpulannya terhadap awal, tengah, akhir bacaan
9. Melalui kegiatan menulis nama orang yang diawali dengan huruf ‘c’, peserta didik dapat menulis huruf dengan arah yang benar.
10. Peserta didik dapat membaca dan menulis suku kata ‘ka-’, ‘ki-’, ‘ku.

ATP:
1.2 Dengan menyimak dan menanggapi bacaan tentang tempat dan aturan bermain, peserta didik dapat mengenali tanda tanya dan tanda seru dalam kalimat, serta membaca dan menulis suku kata yang diawali dengan huruf ‘h’ dan ‘c’


Assalamualaikum wr.wb, anak-anak sholeh/ha
Bagaimana kabarnya hari ini anak sholeh/sholehah?
Semoga semua dalam keadaan sehat selalu, dalam lindungan Allah Subhanahu Wata’Ala ya sayang…
Ayo anak-anak Ibu Guru, sudah siap untuk belajar hari ini?
Hari ini kita akan belajar mata pelajaran bahasa Indonesia, yaitu dengan menyimak dan menanggapi bacaan tentang tempat dan aturan bermain.
Amati gambar ini dengan saksama.
Lalu, jawablah pertanyaan-pertanyaan guru berdasarkan
gambar di atas.
1. Apa yang ada di pasar?
2. Apa saja makanan yang dijual di pasar?
3. Apa saja mainan yang dijual di pasar?
4. Di gambar itu ada makanan yang bersih. Tunjukkan
kepada guru.
5. Mengapa makanan itu bersih?
6. Di gambar itu ada juga makanan yang kotor. Tunjuklah
makanan itu.
7. Mengapa makanan itu kotor?

Perhatikan lagi gambar pasar itu.
Berikan tanda silang untuk makanan yang kotor dan tanda
centang untuk makanan yang bersih.
PENUTUP 
Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.                    
Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini? Apa yang telah kalian pelajari hari ini? 
Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia.

Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.
Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa. Yuk sebelum berdoa kita tepuk jari terlebih dahulu!Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang baik di rumah bersama keluarga kalian ya…
Ibu guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

KELAS 1 MATERI PENDIDIKAN PANCASILA, SENIN 20 NOVEMBER 2023

 Hari/Tanggal                :  Selasa, 20 November  2023       

Satuan Pendidikan         : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung                        

Fase/Kelas                     :  A/1                 

BAB/Tema                    :  III/ Ayo Memperkenalkan Diri dengan Sopan           

Materi Pembelajaran     : Ayo memperkenalkan diri


Tabik Pun..

Selamat Pagi anak shalih dan shalihah...

Bagaimana kabarnya hari ini anak sholih dan sholihah?                                                           

Semoga semua sehat selalu, dalam lindungan Allah subhanahu wata'ala ya sayang..               
Ayo anak ibu guru, sudah siap semua untuk belajar hari ini? 

Materi Pendidikan Pancasila Hari ini yaitu adalah ttentang memperkenalkan diri.

A. Capaian Pembelajaran (CP) :

Peserta didik mampu menyebutkan identitas dirinya sesuai dengan jenis kelamin, ciri-ciri fisik, dan hobinya. Peserta didik mampu menyebutkan identitas diri (fisik dan non fisik) keluarga dan teman- temannya di lingkungan rumah dan di sekolah. Peserta didik mampu menceritakan dan menghargai perbedaan baik fisik (contoh : warna kulit, jenis rambut, dll) maupun nonfisik (contoh : miskin, kaya, dll) keluarga dan teman-temannya di lingkungan rumah dan sekolah..

B. Alur Tujuan Pembelajaran ( ATP)

1.3 Peserta didik mengenali dirinya sendiri, sebagai individu, bagian dari masyarakat dan lingkunganya sebagai warga negara Indonesia dan warga negara Dunia. Peserta didik juga mengenali Indonesia itu Bhineka Tunggal Ika baik dari segi suku, ras, bahasa, agama dan kelompok sosial.

C. Tujuan Pembelajaran (TP)

Peserta didik mampu:

1.   Memperkenalkan diri sendiri dan teman

2.  Menjelaskan keragaman di sekitarnya

3.   Menjelaskan cara menghargai keragaman

4.   Menerapkan sikap menghargai perbedaan dalam kehidupan sehari-hari

Sebelum memulai pembelajaran hari ini, mari kita berdoa terlebih dahulu.
Membaca doa sebelum belajar:
“Radhitu billahi Rabbaa, wa bil Islami diina, wa bi Muhammadin nabiyyaa wa rasula robbi zidnii 'ilman warzuqni fahma.”

Pembelajaran sebelumnya yaitu tentang keberagaman.

Baik ibu guru akan lanjutkan pembelajaran nya tentang cara menghargai keberagaman.




Anak sholeh dan sholehah... Sebelum masuk ke pembelajaran, ibu guru akan bertanya kepada kalian, apakah kalian mempunyai banyak teman?jika punya apakah warna kulit, suku dan agama kalian sama?

Anak sholeh dan sholehah... perlu kalian ketahui bahwa kita tinggal di Negara Indonesia yang memiliki semboyan Bhineka Tunggal Ika yang artimya walaupun kita berbeda-beda tetapi tetap satu, maksud nya adalah... kita harus memiliki sikap toleransi dengan orang lain, kita harus mau menerima perbedaan yang ada pada teman, keluarga dan masyarakat lainya..
Perbedaan dan keberagaman diterima sebagai karunia dan Tuhan..
Keberagaman dalam keluarga harus di hargai.
Bagaimana caranya?
1. Saling membantu anggota keluarga
2. Melaksanakan hobi bersama keluarga 

Jangan lupa untuk selalu:
1. Mengembangkan atau memiliki perilaku ramah dan menerima terhadap teman
2. Saling toleransi dan menghormati antar sesama
3. Mengembangkan semangat kekeluaragaan dan saling bertegur sapa antar teman
4. Menghormati teman yang sedang beribadah
5. Tidak mengejek teman yang memiliki kebudayaan yang unik maupun bahasa yang khas

Baik anak-anak sekian materi yang ibu guru sampaikan, semoga setelah kalian membaca materi pada hari ini kalian akan lebih mengerti perbedaan antar teman kalian dan menghormati teman kalian satu sama lain yaaa...

Mohon untuk selalu di ingat dan dijalankan yaa anak sholeh dan sholehah.

Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.       

Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini? Apa yang telah kalian pelajari hari ini? 

Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia.

Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.

Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa. 

Ibu guru akhiri, Wassalamu'alaikum Wr. Wb

Jumat, 17 November 2023

KELAS 1 MATERI PRAMUKA, JUM'AT 17 NOVEMBER 2023

Hari/Tanggal : Jum'at, 17 November 2023        

Satuan Pendidikan : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung                       
Fase/Kelas : A/1      
Materi : Pramuka

Bagaimana kabarnya hari ini anak sholeh dan sholehah?                                                               
Semoga semua sehat selalu, dalam lindungan Allah subhanahu wata'ala ya sayang..               
Ayo anak ibu guru, sudah siap semua untuk belajar hari ini? 

Sebelum memulai pembelajaran jangan lupa untuk mandi terlebih dahulu, sarapan, sholat dhuha dan murajaah yaa.

Kemudian mari kita membaca doa sebelum belajar:
“Radhitu billahi Rabbaa, wa bil Islami diina, wa bi Muhammadin nabiyyaa wa rasula robbi zidnii 'ilman warzuqni fahma”.

Hari ini kita akan belajar mata pelajaran Pramuka, materi yang kita bahas adalah pramuka siaga. Apa si pramuka siaga itu?. Yuk kita simak materi di bawah ini ^_^.


Siaga adalah sebutan bagi anggota Pramuka yang berumur 7-10 tahun. Disebut Pramuka Siaga karena sesuai dengan kiasan pada masa perjuangan bangsa Indonesia, yaitu ketika rakyat Indonesia mensiagakan dirinya untuk mencapai kemerdekaan dengan ditandai berdirinya Boedi Oetomo pada tahun 1908 sebagai tonggak awal perjuangan bangsa Indonesia.

Satuan Satuan terkecil dalam Pramuka Siaga disebut Barung dan satuan-satuan dari beberapa barung disebut Perindukan.Setiap Barung beranggotakan 5-10 orang Pramuka Siaga dan dipimpin oleh seorang Pemimpin Barung yang dipilih oleh anggota Barung itu sendiri.

Masing-masing Pemimpin Barung ini kemudian akan memilih satu orang dari mereka yang akan menjadi Pemimpin Barung Utama yang disebut Sulung. Sebuah Perindukan terdiri dari beberapa Barung yang akan dipimpin oleh Sulung.

Dalam Pramuka Siaga ada tiga tingkat, yaitu:

  1. Mula

  2. Bantu

  3. Tata

Setiap anggota Barung yang telah menyelesaikan SKU ( Syarat Kecakapan Umum ) berhak mengenakan TKU ( Tanda Kecakapan Umum ) sesuai tingkatannya  yang dikenakan pada lengan baju sebelah kiri dibawah tanda barung berwarna dasar hijau. TKU untuk Siaga berbentuk sebuah janur atau disebut Mancung yakni bunga pohon kelapa yang baru tumbuh

Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik. 
Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini? 
Apa yang telah kalian pelajari hari ini? 

Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia.
Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.
Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa terlebih dahulu.
Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang baik di rumah bersama keluarga kalian ya…

Ibu guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb. 

Kamis, 16 November 2023

KELAS 1 MATERI P5, KAMIS 16 NOVEMBER 2023

Materi Ajar, Kamis 16 November 2023 (P5)

Satuan Pendidikan : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung       

Fase/Kelas                 : A/1                 

Tahun Pelajaran         : 2023/2024

Tema : Gaya Hidup Berkelanjutan

Topik : Cerdik Kelola Sampah Plastik

Dimensi : Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME dan akhlak mulia

Subtema :   

1. Memahami keterhubungan ekosistem Bumi

2. Menjaga lingkungan alam sekitar

Target Pencapaian di Fase A :     

  1. Mengidentifikasi berbagai ciptaan Tuhan

  2. Membiasakan bersyukur atas lingkungan alam sekitar dan berlatih untuk menjaganya

Materi Kegiatan : Pengenalan Hiasan yang Terbuat dari Sampah Plastik


Assalamu'alaikum wr.wb


Tabik pun... 

Bagaimana kabarnya hari ini anak sholeh dan sholehah? Semoga semua sehat selalu, dalam lindungan Allah subhanahu wata'ala ya sayang.. 

Ayo anak ibu guru, sudah siap semua untuk belajar hari ini? 

Sebelum memulai pembelajaran jangan lupa untuk mandi terlebih dahulu, sarapan, sholat dhuha dan murajaah yaa.

Mari kita mulai pembelajaran hari ini dengan membaca doa sebelum belajar
“Radhitu billahi Rabbaa, wa bil Islami diina, wa bi Muhammadin nabiyyaa wa rasula robbi zidnii 'ilman warzuqni fahma.”

Minggu lalu kita sudah melakukan Refleksi Awal pembelajran P5. Alhamdulillah anak-anak ibu yang sholeh/ah dapat mengikutinya dengan sangat baik ^_^

Di pembelajaran sebelumnya juga kita sudah membuat kolase dari daun kering. Daun kering merupakan salah satu contoh dari sampah organik. Hari ini materi yang akan kita bahas adalah tentang sampah plastik. Sampah plastik merupakan salah satu contoh dari sampah anorganik.

Sampah plastik ternyata bisa bermanfaat dan bisa kita gunakan di kehidupan sehari-hari.

Sampah Plastik :

Sampah plastik merupakan salah satu jenis sampah yang memberikan ancaman serius terhadap lingkungan karena selain jumlahnya cenderung semakin besar, kantong plastik adalah jenis sampah yang sulit terurai oleh proses alam (non biodegradable) dan merupakan salah satu pencemar xenobiotik (pencemar yang tidak dikenal oleh sistem biologis di lingkungan mengakibatkan senyawa pencemar terakumulasi di alam. 

Hari ini kita akan melaksanakan aksi. Yaitu Kalase dari kertas. Adapun alat dan bahan yang dipersiapkan hari ini :

🌸 Kertas

🌸 Gunting

🌸 Lem Kertas

🌸 Pola Gambar




PENUTUP 

Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.                    

Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini? Apa yang telah kalian pelajari hari ini? 

Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia.

Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.

Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa. Yuk sebelum berdoa kita tepuk jari terlebih dahulu!Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang baik di rumah bersama keluarga kalian ya…

Ibu guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

Rabu, 15 November 2023

KELAS 1 MATERI BAHASA INDONESIA, RABU 15 NOVEMBER 2023

Hari/Tanggal : Rabu/15 November 2023

Satuan Pendidikan : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung 

Fase/Kelas : A/1 

BAB/Tema : Ayo Bermain

Materi : Menyimak

Pembelajaran : Menyimak dan menanggapi bacaan


Capaian Pembelajaran (CP):

Berbicara dan Mempresentasikan :
1. Peserta didik mampu berbicara dengan santun tentang beragam topik yang dikenali menggunakan volume dan intonasi yang tepat sesuai konteks.
2. Peserta didik mampu merespons dengan bertanya tentang sesuatu, menjawab, dan menanggapi komentar orang lain (teman, guru, dan orang dewasa) dengan baik dan santun dalam suatu percakapan.
3. Peserta didik mampu mengungkapkan gagasan secara lisan dengan atau tanpa bantuan gambar/ilustrasi
4. Peserta didik mampu menceritakan kembali suatu isi informasi yang dibaca atau didengar, dan menceritakan kembali teks narasi yang dibacakan atau dibaca dengan topik diri dan lingkungan

Tujuan Pembelajaran:

1. Melalui latihan menjawab pertanyaan terhadap teks “Hati-Hati!”yang dibacakan, peserta didik dapat menyimpulkan informasi serta menceritakan Kembali simpulannya dengan tepat.
2. Melalui kegiatan menirukan intonasi guru saat membacakan teks nonfiksi “Hati-Hati!” pada Buku Siswa, peserta didik mengenali kalimat tanya, kalimat ajakan, kalimat perintah, dan kalimat larangan.
3. Melalui kegiatan menjawab pertanyaan guru tentang perbuatan yang boleh dan tidak boleh dilakukan, peserta didik menyampaikan pendapatnya dengan relevan, jelas, dan sopan.
4. Melalui kegiatan merangkaikan bunyi huruf ‘h’ dan huruf vokal lain, peserta didik dapat membaca suku kata dengan baik. 
5. Melalui latihan menuliskan huruf kapital ‘H’, huruf kecil ‘h;, dan suku kata yang diawali dengan huruf ‘h’, peserta didik mampu mengenali perbedaan bentuk huruf kapital, huruf kecil, dan merangkai huruf ‘h; dengan huruf vokal lain dengan tepat. 
6. Melalui kegiatan menjawab pertanyaan tentang gambar “Di Taman Kota”, peserta didik dapat memahami serta menyimpulkan dan mengaitkan hal yang dilihat pada gambar dengan pengalamannya sendiri dengan baik. 
7. Melalui kegiatan menjawab pertanyaan guru tentang gambar, peserta didik mampu menanggapi orang lain dengan jelas dan santun. 
8. Melalui kegiatan menggambarkan cara Caca dapat naik sepeda roda dua, peserta didik menuliskan simpulannya terhadap awal, tengah, akhir bacaan
9. Melalui kegiatan menulis nama orang yang diawali dengan huruf ‘c’, peserta didik dapat menulis huruf dengan arah yang benar.
10. Peserta didik dapat membaca dan menulis suku kata ‘ka-’, ‘ki-’, ‘ku-’, 

ATP:
1.2 Dengan menyimak dan menanggapi bacaan tentang tempat dan aturan bermain, peserta didik dapat mengenali tanda tanya dan tanda seru dalam kalimat, serta membaca dan menulis suku kata yang diawali dengan huruf ‘K’ 

Assalamualaikum wr.wb, anak-anak sholeh/ha
Bagaimana kabarnya hari ini anak sholeh/sholehah?
Semoga semua dalam keadaan sehat selalu, dalam lindungan Allah Subhanahu Wata’Ala ya sayang…
Ayo anak-anak Ibu Guru, sudah siap untuk belajar hari ini?
Minggu kemarin kita sudah belajar tentang Kuman dan Kata yang berawalan dari suku kata Ka Ki Ku Ke Ko.
Ibu ulangi sedikit tentang materi di Unit 3 ini ya anak-anak sholeh dan sholeha dengan menyimak dan menanggapi bacaan tentang tempat dan aturan bermain.
Tentang "kuman"

Setelah menyimak cerita di atas, jawablah pertanyaan-
pertanyaan berikut ini.
a. Mengapa kalian tidak boleh menyebarkan kuman kepada 
orang lain?
b. Apa yang bisa kalian lakukan agar kuman tidak berpindah 
ke tubuh orang lain?
Lalu, dengarkan penjelasan 
guru di bawah ini. 
Cuci tangan perlu dilakukan 
sesering mungkin:
• setiap selesai buang air 
kecil dan buang air besar;
• sebelum menyentuh 
makanan;
• sepulang dari bepergian 
atau bermain;
• sebelum tidur.
Cuci tangan harus sampai bersih.
Cuci tangan tidak harus cepat-cepat. 
Kalian bisa melakukannya sambil menyanyikan lagu ini.
Ikuti guru, ya. 

Cuci Tangan
Ayo kita cuci tangan
Gunakan sabun tangan
Basahi telapak tangan
Kemudian punggung tangan
Jangan lupa sela jarimu. 

1. Kalian telah belajar membaca kata-kata yang memiliki suku 
kata ‘ku-‘. Sekarang, bacalah beberapa suku kata berikut.


2. Temukan dan bacalah suku kata ‘ka-‘, ‘ki-‘, ‘ku-‘, ‘ke-‘, ‘ko-‘ 
dalam nama-nama binatang di bawah ini. Tandai suku kata 
yang diawali dengan huruf ‘k,’ ya.

PENUTUP 
Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.                    
Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini? Apa yang telah kalian pelajari hari ini? 
Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia.

Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.
Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa. Yuk sebelum berdoa kita tepuk jari terlebih dahulu!Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang baik di rumah bersama keluarga kalian ya…
Ibu guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

Senin, 13 November 2023

KELAS 1 MATERI MATEMATIKA, SELASA 14 NOVEMBER 2023

 

Hari/Tanggal          : Selasa, 14 November 2023         
Satuan Pendidikan : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung                        
Fase/Kelas             : A/1                  
BAB/Tema            : Mengenal Bentuk
Materi                    : Mendeskripsikan Benda Berdasarkan Bentuk

Capaian Pembelajaran (CP)

Pada   akhir   Fase   A,   peserta   didik   dapat   mengenal berbagai bangun datar (segitiga, segiempat, segibanyak, lingkaran)  dan  bangun  ruang  (balok,  kubus,  kerucut, dan bola). Mereka dapat menyusun (komposisi) dan mengurai (dekomposisi) suatu bangun datar (segitiga, segiempat, dan segibanyak). 

Alur Tujuan Pembelajaran (ATP)

  1. Peserta didik dapat mendeskripsikan, mengelompokkan dan membedakan, mengenal dan memberi nama bangun datar sesuai dengan bentuknya yaitu segitiga, segiempat, dan bentuk lengkung.

Tujuan Pembelajaran (TP)

  1. Peserta didik dapat mendeskripsikan benda berdasarkan bentuknya.

  2. Peserta didik dapat mengelompokkan dan membedakan benda berbentuk bangun datar (Segitiga, segi empat, lingkaran)

  3. Peserta didik dapat mengenal nama bentuk dasar, yaitu segitiga, segi empat, dan bentuk lengkung.

  4. Peserta didik dapat memberi nama bentuk dasar, yaitu segitiga, segi empat, dan bentuk lengkung.

  5. Peserta didik dapat mengelompokkan benda berdasarkan bentuk, warna, dan ukurannya.

  6. Peserta didik dapat menyusun bentuk bangun.

  7. Peserta didik dapat mengurai bentuk bangun.

Assalamu Alaikum Waalaikumsalaam GIF - Assalamu Alaikum Salam  Waalaikumsalaam - Discover & Share GIFs

Bagaimana kabarnya hari ini anak sholeh dan sholehah?                                                               
Semoga semua sehat selalu, dalam lindungan Allah subhanahu wata'ala ya sayang..               
Ayo anak ibu guru, sudah siap semua untuk belajar hari ini? 

Sebelum memulai pembelajaran jangan lupa untuk mandi terlebih dahulu, sarapan, sholat dhuha dan murajaah yaa.

Hari ini kita akan belajar mata pelajaran Matematika, materi yang akan kita bahas adalah tentang mengenal bentuk. Tujuannya yaitu supaya anak sholeh dan sholehah paham bentuk apa saja yang ada di sekitar kita

Mari kita mulai pembelajaran hari ini dengan membaca doa sebelum belajar terlebih dahulu.
“Radhitu billahi Rabbaa, wa bil Islami diina, wa bi Muhammadin nabiyyaa wa rasula robbi zidnii 'ilman warzuqni fahma.”

Setelah membaca doa mari kita masuk ke materi pembelajran hari ini ^_^


Oke, anak sholeh/ah ibu guru minggu lalu kita telah masuk ke materi mengenal bentuk benda, hari ini kita akan mengelompokkan benda berdasarkan bentuk, ukuran dan warnanya.


Berdasarkan ukuran 


Setelah ibu guru jelaskan apakah anak sholeh/hah sudah paham???

Mari kita coba kerjakan latihan berikut ^_^





Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.                    

Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini? Apa yang telah kalian pelajari hari ini? 

Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia.


Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.

Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa.

Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang baik di rumah bersama keluarga kalian ya…

Ibu guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.



KELAS 1 MATERI BAHASA INDONESIA, SENIN 13 NOVEMBER 2023

Hari/Tanggal : Senin/13 November 2023

Satuan Pendidikan : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung 

Fase/Kelas : A/1 

BAB/Tema : Ayo Bermain

Materi : Menyimak

Pembelajaran : Menyimak dan menanggapi bacaan


Capaian Pembelajaran (CP):

Berbicara dan Mempresentasikan :
1. Peserta didik mampu berbicara dengan santun tentang beragam topik yang dikenali menggunakan volume dan intonasi yang tepat sesuai konteks.
2. Peserta didik mampu merespons dengan bertanya tentang sesuatu, menjawab, dan menanggapi komentar orang lain (teman, guru, dan orang dewasa) dengan baik dan santun dalam suatu percakapan.
3. Peserta didik mampu mengungkapkan gagasan secara lisan dengan atau tanpa bantuan gambar/ilustrasi
4. Peserta didik mampu menceritakan kembali suatu isi informasi yang dibaca atau didengar, dan menceritakan kembali teks narasi yang dibacakan atau dibaca dengan topik diri dan lingkungan

Tujuan Pembelajaran:

1. Melalui latihan menjawab pertanyaan terhadap teks “Hati-Hati!”yang dibacakan, peserta didik dapat menyimpulkan informasi serta menceritakan Kembali simpulannya dengan tepat.
2. Melalui kegiatan menirukan intonasi guru saat membacakan teks nonfiksi “Hati-Hati!” pada Buku Siswa, peserta didik mengenali kalimat tanya, kalimat ajakan, kalimat perintah, dan kalimat larangan.
3. Melalui kegiatan menjawab pertanyaan guru tentang perbuatan yang boleh dan tidak boleh dilakukan, peserta didik menyampaikan pendapatnya dengan relevan, jelas, dan sopan.
4. Melalui kegiatan merangkaikan bunyi huruf ‘h’ dan huruf vokal lain, peserta didik dapat membaca suku kata dengan baik. 
5. Melalui latihan menuliskan huruf kapital ‘H’, huruf kecil ‘h;, dan suku kata yang diawali dengan huruf ‘h’, peserta didik mampu mengenali perbedaan bentuk huruf kapital, huruf kecil, dan merangkai huruf ‘h; dengan huruf vokal lain dengan tepat. 
6. Melalui kegiatan menjawab pertanyaan tentang gambar “Di Taman Kota”, peserta didik dapat memahami serta menyimpulkan dan mengaitkan hal yang dilihat pada gambar dengan pengalamannya sendiri dengan baik. 
7. Melalui kegiatan menjawab pertanyaan guru tentang gambar, peserta didik mampu menanggapi orang lain dengan jelas dan santun. 
8. Melalui kegiatan menggambarkan cara Caca dapat naik sepeda roda dua, peserta didik menuliskan simpulannya terhadap awal, tengah, akhir bacaan
9. Melalui kegiatan menulis nama orang yang diawali dengan huruf ‘c’, peserta didik dapat menulis huruf dengan arah yang benar.
10. Peserta didik dapat membaca dan menulis suku kata ‘ka-’, ‘ki-’, ‘ku-’, 

ATP:
1.2 Dengan menyimak dan menanggapi bacaan tentang tempat dan aturan bermain, peserta didik dapat mengenali tanda tanya dan tanda seru dalam kalimat, serta membaca dan menulis suku kata yang diawali dengan huruf ‘K’ 

Assalamualaikum wr.wb, anak-anak sholeh/ha
Bagaimana kabarnya hari ini anak sholeh/sholehah?
Semoga semua dalam keadaan sehat selalu, dalam lindungan Allah Subhanahu Wata’Ala ya sayang…
Ayo anak-anak Ibu Guru, sudah siap untuk belajar hari ini?
Minggu kemarin kita sudah belajar tentang Kuman dan Kata yang berawalan dari suku kata Ka Ki Ku Ke Ko.
Ibu ulangi sedikit tentang materi di Unit 3 ini ya anak-anak sholeh dan sholeha dengan menyimak dan menanggapi bacaan tentang tempat dan aturan bermain.
Tentang "kuman"

Setelah menyimak cerita di atas, jawablah pertanyaan-
pertanyaan berikut ini.
a. Mengapa kalian tidak boleh menyebarkan kuman kepada 
orang lain?
b. Apa yang bisa kalian lakukan agar kuman tidak berpindah 
ke tubuh orang lain?
Lalu, dengarkan penjelasan 
guru di bawah ini. 
Cuci tangan perlu dilakukan 
sesering mungkin:
• setiap selesai buang air 
kecil dan buang air besar;
• sebelum menyentuh 
makanan;
• sepulang dari bepergian 
atau bermain;
• sebelum tidur.
Cuci tangan harus sampai bersih.
Cuci tangan tidak harus cepat-cepat. 
Kalian bisa melakukannya sambil menyanyikan lagu ini.
Ikuti guru, ya. 

Cuci Tangan
Ayo kita cuci tangan
Gunakan sabun tangan
Basahi telapak tangan
Kemudian punggung tangan
Jangan lupa sela jarimu. 

1. Kalian telah belajar membaca kata-kata yang memiliki suku 
kata ‘ku-‘. Sekarang, bacalah beberapa suku kata berikut.


2. Temukan dan bacalah suku kata ‘ka-‘, ‘ki-‘, ‘ku-‘, ‘ke-‘, ‘ko-‘ 
dalam nama-nama binatang di bawah ini. Tandai suku kata 
yang diawali dengan huruf ‘k,’ ya.






Sudah paham kan?nah besok kita akan mengadakan Sumatif Unit 3 yaaa nak, berikut contoh soal sumatif Unit 3 nyaa🥰
1. Kuman sangat berbahaya, kuman dapat menyebabkan ....
2. Saat bersin sebaiknya menutup mulut dengan tisu atau sapu tangan, supaya ...
3. Mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir dapat menghilangkan ....

 

4.  gambar di samping menunjukkan lingkungan yang ...

 

5. Saat melakukan kesalahan, sebaiknya kita ...
6.  ... u ... a 
7. gambar di samping adalah ...

 

8.  makanan harus ditutup supaya tidak dihinggapi ...

 

9. Tuliskan 2 kata yang diawali suku kata “ko” ...

 

 

10.  jika kita tinggal di lingkungan bersih, maka kita akan selalu ...
Selamat mengerjakan sumatif besok yaa anak-anak, semoga berhasil🤗

PENUTUP 
Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.                    
Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini? Apa yang telah kalian pelajari hari ini? 
Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia.

Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.
Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa. Yuk sebelum berdoa kita tepuk jari terlebih dahulu!Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang baik di rumah bersama keluarga kalian ya…
Ibu guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

Rabu, 08 November 2023

KELAS 1 MATERI BAHASA INDONESIA, RABU 08 NOVEMBER 2023

Hari/Tanggal : Rabu/08 November 2023

Satuan Pendidikan : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung 

Fase/Kelas : A/1 

BAB/Tema : Ayo Bermain

Materi : Menyimak

Pembelajaran : Menyimak dan menanggapi bacaan


Capaian Pembelajaran (CP):

Berbicara dan Mempresentasikan :
1. Peserta didik mampu berbicara dengan santun tentang beragam topik yang dikenali menggunakan volume dan intonasi yang tepat sesuai konteks.
2. Peserta didik mampu merespons dengan bertanya tentang sesuatu, menjawab, dan menanggapi komentar orang lain (teman, guru, dan orang dewasa) dengan baik dan santun dalam suatu percakapan.
3. Peserta didik mampu mengungkapkan gagasan secara lisan dengan atau tanpa bantuan gambar/ilustrasi
4. Peserta didik mampu menceritakan kembali suatu isi informasi yang dibaca atau didengar, dan menceritakan kembali teks narasi yang dibacakan atau dibaca dengan topik diri dan lingkungan

Tujuan Pembelajaran:

1. Melalui latihan menjawab pertanyaan terhadap teks “Hati-Hati!”yang dibacakan, peserta didik dapat menyimpulkan informasi serta menceritakan Kembali simpulannya dengan tepat.
2. Melalui kegiatan menirukan intonasi guru saat membacakan teks nonfiksi “Hati-Hati!” pada Buku Siswa, peserta didik mengenali kalimat tanya, kalimat ajakan, kalimat perintah, dan kalimat larangan.
3. Melalui kegiatan menjawab pertanyaan guru tentang perbuatan yang boleh dan tidak boleh dilakukan, peserta didik menyampaikan pendapatnya dengan relevan, jelas, dan sopan.
4. Melalui kegiatan merangkaikan bunyi huruf ‘h’ dan huruf vokal lain, peserta didik dapat membaca suku kata dengan baik. 
5. Melalui latihan menuliskan huruf kapital ‘H’, huruf kecil ‘h;, dan suku kata yang diawali dengan huruf ‘h’, peserta didik mampu mengenali perbedaan bentuk huruf kapital, huruf kecil, dan merangkai huruf ‘h; dengan huruf vokal lain dengan tepat. 
6. Melalui kegiatan menjawab pertanyaan tentang gambar “Di Taman Kota”, peserta didik dapat memahami serta menyimpulkan dan mengaitkan hal yang dilihat pada gambar dengan pengalamannya sendiri dengan baik. 
7. Melalui kegiatan menjawab pertanyaan guru tentang gambar, peserta didik mampu menanggapi orang lain dengan jelas dan santun. 
8. Melalui kegiatan menggambarkan cara Caca dapat naik sepeda roda dua, peserta didik menuliskan simpulannya terhadap awal, tengah, akhir bacaan
9. Melalui kegiatan menulis nama orang yang diawali dengan huruf ‘c’, peserta didik dapat menulis huruf dengan arah yang benar.
10. Peserta didik dapat membaca dan menulis suku kata ‘ka-’, ‘ki-’, ‘ku-’, 

ATP:
1.2 Dengan menyimak dan menanggapi bacaan tentang tempat dan aturan bermain, peserta didik dapat mengenali tanda tanya dan tanda seru dalam kalimat, serta membaca dan menulis suku kata yang diawali dengan huruf ‘h’ dan ‘c’


Assalamualaikum wr.wb, anak-anak sholeh/ha
Bagaimana kabarnya hari ini anak sholeh/sholehah?
Semoga semua dalam keadaan sehat selalu, dalam lindungan Allah Subhanahu Wata’Ala ya sayang…
Ayo anak-anak Ibu Guru, sudah siap untuk belajar hari ini?
Hari ini kita akan belajar mata pelajaran bahasa Indonesia, yaitu dengan menyimak dan menanggapi bacaan tentang tempat dan aturan bermain.
Tentang "kuman"

Setelah menyimak cerita di atas, jawablah pertanyaan-
pertanyaan berikut ini.
a. Mengapa kalian tidak boleh menyebarkan kuman kepada 
orang lain?
b. Apa yang bisa kalian lakukan agar kuman tidak berpindah 
ke tubuh orang lain?
Lalu, dengarkan penjelasan 
guru di bawah ini. 
Cuci tangan perlu dilakukan 
sesering mungkin:
• setiap selesai buang air 
kecil dan buang air besar;
• sebelum menyentuh 
makanan;
• sepulang dari bepergian 
atau bermain;
• sebelum tidur.
Cuci tangan harus sampai bersih.
Cuci tangan tidak harus cepat-cepat. 
Kalian bisa melakukannya sambil menyanyikan lagu ini.
Ikuti guru, ya. 

Cuci Tangan
Ayo kita cuci tangan
Gunakan sabun tangan
Basahi telapak tangan
Kemudian punggung tangan
Jangan lupa sela jarimu. 

1. Kalian telah belajar membaca kata-kata yang memiliki suku 
kata ‘ku-‘. Sekarang, bacalah beberapa suku kata berikut.


2. Temukan dan bacalah suku kata ‘ka-‘, ‘ki-‘, ‘ku-‘, ‘ke-‘, ‘ko-‘ 
dalam nama-nama binatang di bawah ini. Tandai suku kata 
yang diawali dengan huruf ‘k,’ ya.
PENUTUP 
Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.                    
Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini? Apa yang telah kalian pelajari hari ini? 
Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia.

Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.
Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa. Yuk sebelum berdoa kita tepuk jari terlebih dahulu!Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang baik di rumah bersama keluarga kalian ya…
Ibu guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

Selasa, 07 November 2023

KELAS 1 MATERI MATEMATIKA, SELASA 07 NOVEMBER 2023

Hari/Tanggal          : Selasa, 7 November 2023         

Satuan Pendidikan : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung                        
Fase/Kelas             : A/1                  
BAB/Tema            : Pengurangan Sampai dengan 10
Materi                    : Cerita Pengurangan

Capaian Pembelajaran (CP)

  • Peserta didik menunjukkan pemahaman dan memiliki intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 20, mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, serta melakukan komposisi (menyusun) dan dekomposisi (mengurai) bilangan.

  • Peserta didik dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan menggunakan benda-benda konkret yang banyaknya sampai 20.

Alur Tujuan Pembelajaran (ATP)

  1. Menunjukkan konsep penjumlahan dan pengurangan sampai dengan 20 dengan benda konkret, gambar, cerita, atau cara manipulatif lainnya.

Tujuan Pembelajaran (TP)

  1. Menunjukkan konsep pengurangan sampai dengan 10 dengan benda konkret, gambar, cerita atau manipulatif lainya.

  2. Menuliskan operasi hitung untuk memecahkan masalah pengurangan



Bagaimana kabarnya hari ini anak sholeh dan sholehah?                                                               
Semoga semua sehat selalu, dalam lindungan Allah subhanahu wata'ala ya sayang..               
Ayo anak ibu guru, sudah siap semua untuk belajar hari ini? 

Sebelum memulai pembelajaran jangan lupa untuk mandi terlebih dahulu, sarapan, sholat dhuha dan murajaah yaa.

Hari ini kita akan belajar mata pelajaran Matematika, tujuan pembelajarannya yaitu peserta didik mampu menunjukkan konsep pengurangan sampai dengan 10.

Mari kita mulai pembelajaran hari ini dengan membaca doa sebelum belajar
“Radhitu billahi Rabbaa, wa bil Islami diina, wa bi Muhammadin nabiyyaa wa rasula robbi zidnii 'ilman warzuqni fahma.”

Setelah membaca doa mari kita masuk ke materi pembelajran hari ini ^_^

Di pertemuan sebelumnya ibu guru sudah menjelaskan mengenai Pengurangan, hari ini ibu guru akan sedikit menjelaskan kembali dan memberikan latihan mengenai Pengurangan. Yuk kita simak materi di bawah ini ^_^

Setelah ibu guru membahas kembali sedikit materi minggu lalu, ada yang sudah paham?

Kalau sudahhh, mari kita kerjakan latihan di bawah ini ^_^





Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.                    

Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini? Apa yang telah kalian pelajari hari ini? 

Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia.


Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.

Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa.

Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang baik di rumah bersama keluarga kalian ya…

Ibu guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.