Kamis, 31 Juli 2025
KELAS 1 MATERI BAHASA INDONESIA, KAMIS 31 JULI 2025
Rabu, 30 Juli 2025
KELAS 1 MATERI MATEMATIKA, RABU 30 JULI 2025
Senin, 28 Juli 2025
KELAS 1 MATERI MATEMATIKA, SELASA 29 JULI 2025
KELAS 1 MATERI BAHASA INDONESIA, SENIN 28 JULI 2025
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Hari/Tanggal : Senin/28 Juli 2025
Murid mampu memahami informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), instruksi lisan, dan percakapan yang berkaitan dengan diri, keluarga, dan/atau lingkungan.
Membaca dan Memirsa
Murid mampu membaca kata-kata yang dikenali sehari-hari dengan fasih.
Murid mampu memaknai kosakata baruan/atau kosakata Bahasa Indonesia serapan dari bahasa daerah dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa dengan bantuan ilustrasi.
Berbicara dan Mempresentasikan
Murid mampu menceritakan kembali suatu isi informasi yang dibaca atau didengar; dan menceritakan kembali teks narasi yang dibacakan atau dibaca dengan topik diri, keluarga, dan/atau lingkungan.
Menulis
Murid mampu menunjukkan keterampilan menulis permulaan dengan benar di atas kertas dan/atau melalui media digital.
Murid mampu mengembangkan tulisan tangan yang semakin baik
Mengenal cara membaca awal (membaca huruf demi huruf, kata demi kata, dengan lafal dan intonasi sederhana).
Menceritakan kembali bagaimana cara membaca permulaan yang baik menurut pemahamannya.
Mengetahui dan menyebutkan sikap menyimak yang baik, misalnya: duduk tenang, mata mengarah pada guru, tidak berbicara saat mendengarkan.
Menyimak cerita yang dibacakan atau diperdengarkan guru, baik secara lisan maupun audiovisual.
Menjawab pertanyaan sederhana berdasarkan isi cerita.
Menyimak cerita yang melibatkan gerakan fisik (misalnya: tokoh melompat, berjalan, tidur).
Menirukan gerakan dalam cerita sesuai instruksi atau kreativitas sendiri.
Assalamu'alaikum wr.wb
Tabik Pun..
Selamat Pagi anak shalih dan shalihah...
Bagaimana kabarnya hari ini anak sholih dan sholihah?
Semoga semua sehat selalu, dalam lindungan Allah subhanahu wata'ala ya sayang..
Ayo anak ibu guru, sudah siap semua untuk belajar hari ini?
Sebelum memulai pembelajaran mari kita membaca doa terlebih dahulu:
“Radhitu billahi Rabbaa, wa bil Islami diina, wa bi Muhammadin nabiyyaa wa rasula robbi zidnii 'ilmanwarzuqni fahma.”
Membaca
Huruf apa ini?
Bagaimana bunyinya?
Bacalah bersama teman-teman.
Huruf kapital dan huruf kecil berbeda bentuknya. Amati bentuk huruf-huruf di atas.
Membaca
Berbicara
Sekarang, perkenalkan diri kalian di depan kelas.
Guru akan membimbing kalian.
1. Tunjukkan kartu nama kalian di depan kelas.
Perkenalkan nama kalian.
2. Tunjukkan benda kesukaan kalian di kartu itu.
Ceritakan benda itu. Mengapa kalian menyukainya?
Membaca
Bo-la Bo-ni bi-ru
Guru telah membuat kartu kata.
Ikuti guru membaca kata-kata yang berawalan ‘bo-’ dan ‘bi-’.
1. Dapatkah kalian menemukan kartu kata yang kata
katanya berawalan suku kata ‘bo-’ dan ‘bi-’?
2. Pisahkan kartu kata yang kata-katanya berawalan ‘bo-’
dari kartu kata yang kata-katanya berawalan ‘bi-’.
Ikuti petunjuk guru.
Dengan membaca 'bo' dan 'bi', kalian berlatih merangkai huruf menjadi suku kata.
PENUTUP
Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.
Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini? Apa yang telah kalian pelajari hari ini?
Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia
Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.
Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa. Yuk sebelum berdoa kita tepuk jari terlebih dahulu!Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang baik di rumah bersama keluarga kalian ya…
Ibu guru akhiri,
Wassalamu’aalaikumsalam wr.wb
Jumat, 25 Juli 2025
KELAS 1 MATERI SENI RUPA, JUM'AT 25 JULI 2025
Mata Pelajaran : Seni Rupa
Hari/Tanggal : Jum'at/25 Juli 2025
Mengalami
Mengalami, merasakan, merespon, dan bereksperimen dengan aneka sumber.
Mengamati, merekam dan mengumpulkan pengalaman dan informasi serupa.
Menciptakan
Memilih, menggunakan dan/atau menerapkan berbagai media, bahan, alat, teknologi dan proses yang sesuai dengan tujuan tertentu.
Murid memahami unsur seni rupa
Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) :
Mengamati benda-benda di sekitar (daun, kain, perabot, bunga, gambar) lalu menyampaikan pendapatnya: mana yang terlihat indah, dan mengapa.
Menyampaikan pendapat pribadi tentang keindahan menggunakan kata-kata sederhana (misalnya: "warnanya bagus", "garisnya halus", "saya suka bentuknya").
Assalamu'alaikum wr.wb
Tabik Pun..
Selamat Pagi anak shalih dan shalihah...
Bagaimana kabarnya hari ini anak sholih dan sholihah?
Semoga semua sehat selalu, dalam lindungan Allah subhanahu wata'ala ya sayang..
Ayo anak ibu guru, sudah siap semua untuk belajar hari ini?
Sebelum memulai pembelajaran mari kita membaca doa terlebih dahulu:
“Radhitu billahi Rabbaa, wa bil Islami diina, wa bi Muhammadin nabiyyaa wa rasula robbi zidnii 'ilmanwarzuqni fahma.”
1. Seni di Sekitarku
Ada seni di sekitar kita. Perhatikanlah!
ada banyak benda baik yang ciptakan Tuhan.
Terinspirasi ciptaan Tuhan, manusia juga menciptakan benda baik.
Benda yang bernilai seni.
Benda yang bernilai guna
Seni ada di sekitarmu.
Amati, rasakan dan alami.
Selalu ada sisi yang spesial dan artistik.
Bahkan dari benda-benda yang biasa kamu lihat sehari-hari
Dinding Batu
Lemari Buku
Pemandangan Pancawati Bogor
Peserta didik bisa membuat kreasi dari apa yang kamu amati.
Walaupun mengamati benda yang sama, kreasi masing-masing peserta didik pasti akan berbeda
dari kreasi orang lain.
Lalu peserta didik menjawab pertanyaan yang ibu guru berikan :
1. Sebutkan ada seni apa saja yang ada di sekitarmu?
2. Gambarkan 1 seni yang ada di sekitarmu!
3. Gambarkan 3 contoh seni yang berwarna kuning!
4. Benda apa saja yang bernilai seni?
5. Benda apasaja yang bernilai guna?
PENUTUP
Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.
Rabu, 23 Juli 2025
KELAS 1 MATERI BAHASA INDONESIA, KAMIS 24 JULI 2025
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Hari/Tanggal : Kamis/ 24 Juli 2025
Murid mampu memahami informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), instruksi lisan, dan percakapan yang berkaitan dengan diri, keluarga, dan/atau lingkungan.
Membaca dan Memirsa
Murid mampu membaca kata-kata yang dikenali sehari-hari dengan fasih.
Murid mampu memaknai kosakata baruan/atau kosakata Bahasa Indonesia serapan dari bahasa daerah dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa dengan bantuan ilustrasi.
Berbicara dan Mempresentasikan
Murid mampu menceritakan kembali suatu isi informasi yang dibaca atau didengar; dan menceritakan kembali teks narasi yang dibacakan atau dibaca dengan topik diri, keluarga, dan/atau lingkungan.
Menulis
Murid mampu menunjukkan keterampilan menulis permulaan dengan benar di atas kertas dan/atau melalui media digital.
Murid mampu mengembangkan tulisan tangan yang semakin baik
Mengenal cara membaca awal (membaca huruf demi huruf, kata demi kata, dengan lafal dan intonasi sederhana).
Menceritakan kembali bagaimana cara membaca permulaan yang baik menurut pemahamannya.
Mengetahui dan menyebutkan sikap menyimak yang baik, misalnya: duduk tenang, mata mengarah pada guru, tidak berbicara saat mendengarkan.
Menyimak cerita yang dibacakan atau diperdengarkan guru, baik secara lisan maupun audiovisual.
Menjawab pertanyaan sederhana berdasarkan isi cerita.
Menyimak cerita yang melibatkan gerakan fisik (misalnya: tokoh melompat, berjalan, tidur).
Menirukan gerakan dalam cerita sesuai instruksi atau kreativitas sendiri.
Assalamu'alaikum wr.wb
Tabik Pun..
Selamat Pagi anak shalih dan shalihah...
Bagaimana kabarnya hari ini anak sholih dan sholihah?
Semoga semua sehat selalu, dalam lindungan Allah subhanahu wata'ala ya sayang..
Ayo anak ibu guru, sudah siap semua untuk belajar hari ini?
Sebelum memulai pembelajaran mari kita membaca doa terlebih dahulu:
“Radhitu billahi Rabbaa, wa bil Islami diina, wa bi Muhammadin nabiyyaa wa rasula robbi zidnii 'ilmanwarzuqni fahma.”
Membaca
Huruf apa ini?
Bagaimana bunyinya?
Bacalah bersama teman-teman.
Huruf kapital dan huruf kecil berbeda bentuknya. Amati bentuk huruf-huruf di atas.
Membaca
Berbicara
Sekarang, perkenalkan diri kalian di depan kelas.
Guru akan membimbing kalian.
1. Tunjukkan kartu nama kalian di depan kelas.
Perkenalkan nama kalian.
2. Tunjukkan benda kesukaan kalian di kartu itu.
Ceritakan benda itu. Mengapa kalian menyukainya?
Membaca
Bo-la Bo-ni bi-ru
Guru telah membuat kartu kata.
Ikuti guru membaca kata-kata yang berawalan ‘bo-’ dan ‘bi-’.
1. Dapatkah kalian menemukan kartu kata yang kata
katanya berawalan suku kata ‘bo-’ dan ‘bi-’?
2. Pisahkan kartu kata yang kata-katanya berawalan ‘bo-’
dari kartu kata yang kata-katanya berawalan ‘bi-’.
Ikuti petunjuk guru.
Dengan membaca 'bo' dan 'bi', kalian berlatih merangkai huruf menjadi suku kata.
PENUTUP
Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.
Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini? Apa yang telah kalian pelajari hari ini?
Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia
Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.
Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa. Yuk sebelum berdoa kita tepuk jari terlebih dahulu!Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang baik di rumah bersama keluarga kalian ya…
Ibu guru akhiri,
Wassalamu’aalaikumsalam wr.wb
Senin, 21 Juli 2025
KELAS 1 MATERI MATEMATIKA, SELASA 22 JULI 2025
Mata Pelajaran : Matematika
Hari/Tanggal : Selasa/22 Juli 2025
Satuan Pendidikan : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung
Fase/Kelas : A/1
BAB/Tema : Ayo Membilang sampai dengan 10/ Menghitung , Membaca, dan Menulis bilangan.
Materi Pembelajaran : Membilang Sampai Dengan 10
Capaian Pembelajaran (CP) :
Peserta didik menunjukkan pemahaman dan memiliki intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 100. Peserta didik dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, serta melakukan komposisi (menyusun) dan dekomposisi (mengurai) bilangan. Mereka dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan menggunakan benda-benda konkret yang banyaknya sampai 20.
Peserta didik menunjukkan pemahaman pecahan sebagai bagian dari keseluruhan melalui konteks membagi sebuah benda atau kumpulan benda sama banyak (pecahan yang diperkenalkan adalah setengah dan seperempat)
Mengenal bilangan 1 sampai dengan 10 menggunakan kumpulan benda konkret.
Menunjukkan simbol bilangan yang sesuai dengan jumlah benda yang dihitung.
Tujuan Pembelajaran (TP) :
Peserta didik dapat mengenal bilangan sampai dengan 10.Assalamu'alaikum wr.wb
Tabik Pun.
Selamat Pagi anak shalih dan shalihah...
Bagaimana kabarnya hari ini anak sholih dan sholihah?
Semoga semua sehat selalu, dalam lindungan Allah subhanahu wata'ala ya sayang..
Ayo anak ibu guru, sudah siap semua untuk belajar hari ini?
Sebelum memulai pembelajaran mari kita membaca doa terlebih dahulu:
“Radhitu billahi Rabbaa, wa bil Islami diina, wa bi Muhammadin nabiyyaa wa rasula robbi zidnii 'ilmanwarzuqni fahma.”
PENUTUP
Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.
Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini? Apa yang telah kalian pelajari hari ini?
Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia
Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.
Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa. Yuk sebelum berdoa kita tepuk jari terlebih dahulu!Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang baik di rumah bersama keluarga kalian ya…
Ibu guru akhiri,
Wassalamu’aalaikumsalam wr.wb
Minggu, 20 Juli 2025
KELAS 1 MATERI BAHASA INDONESIA, SENIN 21 JULI 2025
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Hari/Tanggal : Senin/21 Juli 2025
Murid mampu memahami informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), instruksi lisan, dan percakapan yang berkaitan dengan diri, keluarga, dan/atau lingkungan.
Membaca dan Memirsa
Murid mampu membaca kata-kata yang dikenali sehari-hari dengan fasih.
Murid mampu memaknai kosakata baruan/atau kosakata Bahasa Indonesia serapan dari bahasa daerah dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa dengan bantuan ilustrasi.
Berbicara dan Mempresentasikan
Murid mampu menceritakan kembali suatu isi informasi yang dibaca atau didengar; dan menceritakan kembali teks narasi yang dibacakan atau dibaca dengan topik diri, keluarga, dan/atau lingkungan.
Menulis
Murid mampu menunjukkan keterampilan menulis permulaan dengan benar di atas kertas dan/atau melalui media digital.
Murid mampu mengembangkan tulisan tangan yang semakin baik
Mengenal cara membaca awal (membaca huruf demi huruf, kata demi kata, dengan lafal dan intonasi sederhana).
Menceritakan kembali bagaimana cara membaca permulaan yang baik menurut pemahamannya.
Mengetahui dan menyebutkan sikap menyimak yang baik, misalnya: duduk tenang, mata mengarah pada guru, tidak berbicara saat mendengarkan.
Menyimak cerita yang dibacakan atau diperdengarkan guru, baik secara lisan maupun audiovisual.
Menjawab pertanyaan sederhana berdasarkan isi cerita.
Menyimak cerita yang melibatkan gerakan fisik (misalnya: tokoh melompat, berjalan, tidur).
Menirukan gerakan dalam cerita sesuai instruksi atau kreativitas sendiri.
Assalamu'alaikum wr.wb
Tabik Pun..
Selamat Pagi anak shalih dan shalihah...
Bagaimana kabarnya hari ini anak sholih dan sholihah?
Semoga semua sehat selalu, dalam lindungan Allah subhanahu wata'ala ya sayang..
Ayo anak ibu guru, sudah siap semua untuk belajar hari ini?
Sebelum memulai pembelajaran mari kita membaca doa terlebih dahulu:
“Radhitu billahi Rabbaa, wa bil Islami diina, wa bi Muhammadin nabiyyaa wa rasula robbi zidnii 'ilmanwarzuqni fahma.”
Simak Ibu Guru membaca cerita di bawah ini :
SIAP-SIAP BELAJAR
PENUTUP
Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.
Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini? Apa yang telah kalian pelajari hari ini?
Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia
Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.
Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa. Yuk sebelum berdoa kita tepuk jari terlebih dahulu!Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang baik di rumah bersama keluarga kalian ya…
Ibu guru akhiri,
Wassalamu’aalaikumsalam wr.wb
Kamis, 22 Mei 2025
KELAS 3 TEMA 8 SUBTEMA 4 PEMBELAJARAN 4, KAMIS 22 MEI 2025
Hari / Tanggal : Kamis 22 Mei 2025
Tema 8 : Praja Muda KaranaSubtema 4 : Aku Suka Berkarya
Pembelajaran : 5
Kompetensi Dasar:
PPKN (3.1) Memahami arti gambar pada lambang negara Garuda Pancasila
Bahasa (3.7) Mencermati informasi tentang konsep delapan arah mata angin dan pemanfaatannya dalam teks lisan, visual, tulisan, atau eksplorasi lingkungan
MTK (3.13) menjelaskan data berkaitan dengan peserta didik yang disajikan dalam diagram gambar
SBdP (3.4) mengidentifikasi ciri-ciri gabungan teknik lipat, potong, dan sambung dalam karya keterampilan.
Assalaamualaikum, Wr.Wb
Selamat pagi anak sholih/sholihah semangat ya belajar hari ini, tapi sebelum belajar jangan lupa mandi, sarapan yang bergizi, sholat dhuha serta murojaah yaa. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!
Tujuan pembelajaran hari ini siswa dapat mengidentifikasi perilaku yang sesuai dengan pengamalan sila Pancasila dengan benar, siswa dapat menginterpretasikan data yang disajikan dalam bentuk diagram gambar dengan benar, siswa dapat menemukan arah perjalanan secara runtut, siswa dapat menggunakan kata tentang delapan arah mata angin dan pemanfaatannya dalam denah dengan tepat.
Hari ini di perpustakaan SD Nusantara terlihat sangat ramai. Ada banyak anak-anak berkumpul di sana. Siti dan teman-teman sedang menerima sumbangan barang bekas. Barang bekas akan digunakan untuk kegiatan amal. SD Nusantara berencana mengadakan kegiatan penjualan barang bekas. Barang bekas tersebut harus masih bisa digunakan dan dijual dengan harga murah. Barang bekas dikumpulkan dari semua siswa SD Nusantara.
Selain barang bekas, mereka juga mengumpulkan buku bekas. Buku bekas akan dikirimkan ke sekolah atau tempat yang membutuhkan.
Siti dan teman-teman bekerja secara bergantian. Mereka mencatat dan mengumpulkan barang yangditerima. Mereka juga membantu mempersiapkan semua keperluan kegiatan amal dengan baik.
Mereka juga selalu berdiskusi untuk mempersiapkan kegiatan agar berjalan dengan baik. Kegiatan berbagi dengan sesama yang membutuhkan merupakan kegiatan yang sangat baik. Kegiatan ini menunjukkan sikap kepedulian terhadap sesama, gotong royong, dan saling menolong.
Ayo Berdiskusi
Diskusikan bersama temanmu. Carilah contoh sikap pengamalan sila Pancasila yang sesuai dengan bacaan tersebut!
No | Sila Pancasila | Contoh Sikap |
1 | Sila pertama | Bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa. |
2 | Sila kedua | Menolong teman yang sedang mengalami kesusahan |
3 | Sila ketiga | Bekerja sama dan saling menolong |
4 | Sila keempat | Mendamaikan teman yang sedang berselisih |
4 | Sila kelima | Membagi tugas secara adil kepada |
Diskusikan sikap yang dapat kamu lakukan untuk mengamalkan sila kedua Pancasila! Sampaikan hasil diskusi kepada teman-temanmu yang lain!
Ayo Berlatih
Berikut ini adalah data banyaknya sumbangan buku dalam waktu satu minggu.
No | Hari | Banyak sumbangan buku |
1 | Senin | 20 |
2 | Selasa | 14 |
3 | Rabu | 4 |
4 | Kamis | 10 |
5 | Jumat | 8 |
6 | Sabtu | 12 |
Pembuatan diagram akan menggunakan tanda ⊕ Setiap satu tanda ⊕ mewakili 2 buah buku. Tanda ⊕⊕berarti ada 4 buah buku. Tanda ⊕⊕⊕ berarti 6 buah buku.
Diagram akan digambar seperti berikut ini!
Jawablah pertanyaan berikut sesuai diagram yang tersedia!
1. Berapa banyak buku sumbangan yang diterima pada hari Jumat? (8 buah)
2. Berapa banyak buku sumbangan yang diterima pada hari Sabtu? (12 buah)
3. Hari apakah terdapat buku sumbangan paling banyak?(senin 20 buah)
4. Hari apakah terdapat buku sumbangan paling sedikit? (Rabu 4 buah)
5. Berapa banyak perbedaan buku sumbangan pada hari Rabu dan Sabtu?(8 buah)
6. Berapa banyak perbedaan buku sumbangan pada hari Senin dan Selasa?(6 buah)
7. Berapa banyak perbedaan buku sumbangan pada hari Kamis dan Jumat?(2 buah)
8. Berapa banyak buku sumbangan dari hari Senin sampai Selasa?(34 buah)
9. Berapa banyak buku sumbangan dari hari Senin sampai Rabu?(38 buah)
10. Berapa banyak buku sumbangan dari Senin sampai Sabtu?(68 buah)
Buatlah diagram dengan menggunakan data berikut ini! Gunakan tanda ☆ untuk mewakili setiap 5 orang!
No | Nama Barang Bekas | Banyak sumbangan buku |
1 | Mainan bekas | 15 |
2 | Sepatu bekas | 35 |
3 | Buku bekas | 40 |
4 | Baju bekas | 55 |
Gambarkan data dalam tabel berikut!
Mari, kita akhiri kegiatan belajar di rumah hari ini dengan membaca doa sesudah belajar. Terima kasih.. Sampai jumpa besok yaa anak sholih shaliha.
Wassalamualaikum Wr. Wb
KELAS 3 TEMA 8 SUBTEMA 4 PEMBELAJARAN 5, KAMIS 22 MEI 2025
Hari / Tanggal : Kamis 22 Mei 2025
Tema 8 : Praja Muda KaranaSubtema 4 : Aku Suka Berkarya
Pembelajaran : 5
Kompetensi Dasar:
PPKN (3.1) Memahami arti gambar pada lambang negara Garuda Pancasila
Bahasa (3.7) Mencermati informasi tentang konsep delapan arah mata angin dan pemanfaatannya dalam teks lisan, visual, tulisan, atau eksplorasi lingkungan
MTK (3.13) menjelaskan data berkaitan dengan peserta didik yang disajikan dalam diagram gambar
SBdP (3.4) mengidentifikasi ciri-ciri gabungan teknik lipat, potong, dan sambung dalam karya keterampilan.
Assalaamualaikum, Wr.Wb
Selamat pagi anak sholih/sholihah semangat ya belajar hari ini, tapi sebelum belajar jangan lupa mandi, sarapan yang bergizi, sholat dhuha serta murojaah yaa. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!
Tujuan pembelajaran hari ini siswa dapat mengidentifikasi perilaku yang sesuai dengan pengamalan sila Pancasila dengan benar, siswa dapat menginterpretasikan data yang disajikan dalam bentuk diagram gambar dengan benar, siswa dapat menemukan arah perjalanan secara runtut, siswa dapat menggunakan kata tentang delapan arah mata angin dan pemanfaatannya dalam denah dengan tepat.
Hari ini di perpustakaan SD Nusantara terlihat sangat ramai. Ada banyak anak-anak berkumpul di sana. Siti dan teman-teman sedang menerima sumbangan barang bekas. Barang bekas akan digunakan untuk kegiatan amal. SD Nusantara berencana mengadakan kegiatan penjualan barang bekas. Barang bekas tersebut harus masih bisa digunakan dan dijual dengan harga murah. Barang bekas dikumpulkan dari semua siswa SD Nusantara.
Selain barang bekas, mereka juga mengumpulkan buku bekas. Buku bekas akan dikirimkan ke sekolah atau tempat yang membutuhkan.
Siti dan teman-teman bekerja secara bergantian. Mereka mencatat dan mengumpulkan barang yangditerima. Mereka juga membantu mempersiapkan semua keperluan kegiatan amal dengan baik.
Mereka juga selalu berdiskusi untuk mempersiapkan kegiatan agar berjalan dengan baik. Kegiatan berbagi dengan sesama yang membutuhkan merupakan kegiatan yang sangat baik. Kegiatan ini menunjukkan sikap kepedulian terhadap sesama, gotong royong, dan saling menolong.
Ayo Berdiskusi
Diskusikan bersama temanmu. Carilah contoh sikap pengamalan sila Pancasila yang sesuai dengan bacaan tersebut!
No | Sila Pancasila | Contoh Sikap |
1 | Sila pertama | Bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa. |
2 | Sila kedua | Menolong teman yang sedang mengalami kesusahan |
3 | Sila ketiga | Bekerja sama dan saling menolong |
4 | Sila keempat | Mendamaikan teman yang sedang berselisih |
4 | Sila kelima | Membagi tugas secara adil kepada |
Diskusikan sikap yang dapat kamu lakukan untuk mengamalkan sila kedua Pancasila! Sampaikan hasil diskusi kepada teman-temanmu yang lain!
Ayo Berlatih
Berikut ini adalah data banyaknya sumbangan buku dalam waktu satu minggu.
No | Hari | Banyak sumbangan buku |
1 | Senin | 20 |
2 | Selasa | 14 |
3 | Rabu | 4 |
4 | Kamis | 10 |
5 | Jumat | 8 |
6 | Sabtu | 12 |
Pembuatan diagram akan menggunakan tanda ⊕ Setiap satu tanda ⊕ mewakili 2 buah buku. Tanda ⊕⊕berarti ada 4 buah buku. Tanda ⊕⊕⊕ berarti 6 buah buku.
Diagram akan digambar seperti berikut ini!
Jawablah pertanyaan berikut sesuai diagram yang tersedia!
1. Berapa banyak buku sumbangan yang diterima pada hari Jumat? (8 buah)
2. Berapa banyak buku sumbangan yang diterima pada hari Sabtu? (12 buah)
3. Hari apakah terdapat buku sumbangan paling banyak?(senin 20 buah)
4. Hari apakah terdapat buku sumbangan paling sedikit? (Rabu 4 buah)
5. Berapa banyak perbedaan buku sumbangan pada hari Rabu dan Sabtu?(8 buah)
6. Berapa banyak perbedaan buku sumbangan pada hari Senin dan Selasa?(6 buah)
7. Berapa banyak perbedaan buku sumbangan pada hari Kamis dan Jumat?(2 buah)
8. Berapa banyak buku sumbangan dari hari Senin sampai Selasa?(34 buah)
9. Berapa banyak buku sumbangan dari hari Senin sampai Rabu?(38 buah)
10. Berapa banyak buku sumbangan dari Senin sampai Sabtu?(68 buah)
Buatlah diagram dengan menggunakan data berikut ini! Gunakan tanda ☆ untuk mewakili setiap 5 orang!
No | Nama Barang Bekas | Banyak sumbangan buku |
1 | Mainan bekas | 15 |
2 | Sepatu bekas | 35 |
3 | Buku bekas | 40 |
4 | Baju bekas | 55 |
Gambarkan data dalam tabel berikut!
Mari, kita akhiri kegiatan belajar di rumah hari ini dengan membaca doa sesudah belajar. Terima kasih.. Sampai jumpa besok yaa anak sholih shaliha.
Wassalamualaikum Wr. Wb
Rabu, 21 Mei 2025
KELAS 3 TEMA 8 SUBTEMA 4 PEMBELAJARAN 2&3, RABU 21 MEI 2025
Hari / Tanggal : Rabu, 21 Mei 2025
Subtema 4 : Aku Suka Berkarya
Pembelajaran : 2 dan 3
Alat Peraga: Video dan poster
Kompetensi Dasar:
PPKN (3.1) Memahami arti gambar pada lambang negara Garuda Pancasila
Bahasa (3.7) Mencermati informasi tentang konsep delapan arah mata angin dan pemanfaatannya dalam teks lisan, visual, tulisan, atau eksplorasi lingkungan
MTK (3.13) menjelaskan data berkaitan dengan peserta didik yang disajikan dalam diagram gambar
SBdP (3.4) mengidentifikasi ciri-ciri gabungan teknik lipat, potong, dan sambung dalam karya keterampilan.
Assalaamualaikum, Wr.Wb
Selamat pagi anak sholih/sholihah semangat ya belajar hari ini, tapi sebelum belajar jangan lupa mandi, sholat dhuha serta murojaah yaa. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!
Tujuan pembelajaran hari ini siswa dapat mengidentifikasi pokok pikiran tentang konsep delapan arah mata angin dan pemanfaatannya dalam denah dengan benar. Siswa dapat mengidentifikasi perilaku yang sesuai dengan arti gambar dalam lambang negara “Garuda Pancasila” dengan benar, siswa dapat menjelaskan gerak dengan ketahanan dalam rangka pengembangan kebugaran jasmani melalui permainan sederhana dengan benar.
Hari ini, SD Nusantara kedatangan tamu. Tamu yang datang tim juri penilai lomba kebersihan sekolah. Mereka ingin melihat kondisi SD
Nusantara. Udin dan beberapa teman ditunjuk menjadi petugas penerima tamu. Mereka harus mendampingi tamu. Mereka juga bertugas memberikan penjelasan tentang SD Nusantara. Udin dan teman-teman berbagi tugas menerima tamu. Pembagian tugas berdasarkan denah sekolah yang sudah disiapkan. Udin dan Lani bertugas menjelaskan bagian utara sekolah. Edo dan Dayu bertugas menjelaskan bagian selatan sekolah. Siti bertugas menjelaskan bagian timur sekolah. Beni menjelaskan bagian barat sekolah.
Udin dan teman-teman bertugas dengan baik. Mereka menjelaskan program sekolah dengan jelas dan santun. Mereka juga dapat menjawab pertanyaan dengan lancar dan jelas.
Para penerima tamu telah bertugas dengan baik. Para juri memberikan pujian kepada mereka. Kepala sekolah dan para guru juga memberikan pujian. Semua anak-anak senang dan bersemangat mengerjakan tugasnya.
Ayo Menulis
Perhatikan kembali bacaan tentang Menjadi Petugas Penerima Tamu! Bacaan tersebut memiliki 4 paragraf. Paragraf adalah susunan beberapa kalimat yang mengandung satu pikiran pokok. Penulisan paragraf dimulai dengan garis baru. Pikiran pokok adalah ide utama dari sebuah paragraf.
Cobalah menemukan pikiran pokok dari bacaan “Menjadi Petugas Penerima Tamu”
Pikiran pokok pada paragraf pertama adalah
SD Nusantara kedatangan tamu
Pikiran pokok pada paragraf kedua adalah
Udin dan teman-teman berbagi tugas.
Pikiran pokok pada paragraf ketiga adalah
Udin dan teman-teman bertugas dengan baik
Ayo Bercerita !
Bekerja sama termasuk pengamalan sila ketiga Pancasila. Sila ketiga Pancasila berbunyi persatuan Indonesia. Simbol sila ketiga berupa pohon beringin. Bangsa Indonesia sangat besar dan beragam. Sila ketiga berpesan agar kita dapatmenjaga persatuan dan kesatuan bangsa. Seluruh warga negara juga berkewajiban menjaga nama baik Indonesia.
Kerja sama dengan teman bagian dari pengamalan sila ketiga. Bekerja sama membuat tugas menjadi lebih ringan dan mudah.
Pada umumnya dalam menyusun paragraf berdasarkan gambarnya menggunakan gambar gambar seri. Gambar seri ialah rangkaian dari beberapa gambar yang menggambarkan sebuah peristwa. Tiap tiap bagian dari gambar tersebut memiliki ceritanya masing masing.
Gambar-gambar inilah yang nantinya disusun secara urut hingga membentuk cerita yang runtut dan menarik. Langkah pertama dalam menyusun gambar seri ialah menentukan judul cerita dari gambar tersebut. Langkah selanjutnya ialah penentuan peristiwa pertama pada gambar. Peristiwa tersebut harus disusun dengan urut dan logis.
Paragraf adalah susunan beberapa kalimat yang mengandung satu pikiran pokok. Penulisan paragraf dimulai dengan garis baru. Pikiran pokok adalah ide utama dari sebuah paragraf.
Tuliskan karangan sebanyak 4 paragraf! Tuliskan karangan berdasarkan pikiran pokok yang diberikan! Perhatikan gambar untuk membantumu! Berikut ini adalah pikiran pokok dari setiap paragraf.
1. Hari Minggu Udin melakukan perjalanan di lingkungan sekitar.
2. Sebelum melakukan perjalanan, Udin mempelajari denah lokasi terlebih dahulu.
3. Selama perjalanan, Udin dan teman-teman selalu bekerja sama.
4. Udin dan teman-teman merasa senang melakukan kegiatan perjalanan.
Hari Minggu Udin melakukan perjalanan di lingkungan sekitar. Udin dan teman-teman mempersiapkan perbekalan yang dibutuhkan pada saat penjelajahan lingkungan. Mereka terlihat gembira dan bersemangat.
Sebelum melakukan perjalanan, Udin mempelajari denah lokasi terlebih dahulu. Denah lokasi memudahkan melakukan pejalanan penjelajahan. Melalui denah lokasi Udin dan teman-teman dapat mengetahui rute yang harus dilalui.
Selama perjalanan, Udin dan teman-teman selalu bekerja sama. Salah satunya pada saat akan menyeberangi sungai. Udin dan teman-temanya saling membantu..
Udin dan teman-teman merasa senang melakukan kegiatan perjalanan. Kegiatan perjalanan banyak memberikan pengalaman yang menarik.
Kegiatan perjalanan dalam pramuka disebut penjelajahan. Kegiatan penjelajahan melatih banyak keterampilan. Kegiatan penjelajahan juga banyak memberikan pengalaman menarik. Salah satu yang diperlukan saat melakukan penjelajahan adalah peta lokasi atau denah. Denah membantu kita lebih mudah mencapai tempat tujuan.
Membuat gambar atau model denah termasuk kegiatan berkarya. Cobalah membuat gambar dan model denah sekolah!
Kumpulkan terlebih dahulu informasi yang lengkap mengenai sekolah. Lakukan secara berkelompok! Cari informasi mengenai banyak kelas. Cari juga informasi mengenai banyak bangunan yang ada di sekolah. Pastikan semua tempat tercatat dengan lengkap. Pastikan pula semua tempat sesuai dengan arah mata angin. Lengkapi informasi mengenai banyak siswa setiap kelas untuk membuat diagram.
Tuliskan paling sedikit 10 informasi sekolahmu pada tabel berikut!
No | Bagian Sekolah | Posisi |
1 | Ruang kelas 1- 3 | Sebelah utara halaman sekolah |
2 | Perpustakaan | Sebelah barat ruang kelas 1 |
3 | Ruang Guru | Sebelah barat ruang kelas 4 |
4 | Ruang Kepala Sekolah | Sebelah utara ruang guru |
5 | Ruang kelas 4 - 6 | Sebelah selatan halaman sekolah |
6 | Kamar Mandi/WC | Sebelah timur kelas 3 |
7 | Kantin | Sebelah timur halaman sekolah |
8 | Tempat Parkir | Sebelah selatan gudang |
9 | Gudang | Sebelah timur kelas 6 |
10 | UKS | Sebelah selatan kantin |
Mari, kita akhiri kegiatan belajar di rumah hari ini dengan membaca doa sesudah belajar. Terima kasih.. Sampai jumpa besok yaa anak sholih shaliha.
Wassalamualaikum Wr. Wb