Selasa, 18 Februari 2025

KELAS 3 TEMA 6 SUBTEMA 3 PEMBELAJARAN 4, RABU 19 FEBRUARI 2025

 Hari/ Tanggal              :  Rabu 19 Februari 2025

Tema 6                        : Energi dan Perubahannya

Subtema 3                  : Energi Alternatif

Pembelajaran             : 4

 

Tujuan pembelajaran hari ini siswa dapat menemukan kata/istilah khusus yang berkaitan dengan konsep energi alternatif dengan benar, dan setelah mengamati gambar, siswa dapat membuat kewajiban sebagai warga sekolah dengan benar.

 


 

Air merupakan sumber energi yang aklternatif, energi air dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan.

Sebagai pengganti bahan bakar minyak, air digunakan untuk pembangkit listrik. Untuk penerangan, orang banyak menggunakan bahan bakar minyak.

Sekarang, penerangan lebih banyak menggunakan energi listrik. Bahkan saat ini sudah di produksi kendaraan-kendaraan bertenaga listrik. Saat ini, listrik menjadi kebutuhan yang sangat penting bagi masyarakat. Terutama bagi masyarakat di daerah perkotaan. Listrik dari hasil tenaga air tergolong energi yang tidak pernah habis. Meskipun demikian, kita tetap harus menggunakannya dengan hemat.


LATIHAN HARI INI

Kerjakan Modul Tematik (Cerdas)

 Halaman 50-52 ya

Tuliskan jawabannya dengan menggunakan Google form di bawah ini:

LEMBAR JAWABAN


Selamat mengerjakan!

Kesimpulan

Alhamdulillah anak anak semua sudah dapat menemukan kata/istilah khusus yang berkaitan dengan konsep energi alternatif dengan benar. Hanya ada tiga siswa yang masih kesulitan menentukan istilah khusus terkait energi alternatif. Semoga kedepannya anak anak semua bisa lebih giat lagi belajarnya


Wassalamualaikum wr wb

Senin, 17 Februari 2025

KELAS 3 TEMA 4 SUBTEMA 1PEMBELAJARAN 2&3, SELASA 18 F3BRUARI 2025

Hari/ Tanggal              : Selasa, 18 Februari 2025

Tema 6                        : Energi dan Perubahannya

Subtema 3                  : Energi Alternatif

Pembelajaran             : 2 dan 3

 

Tujuan pembelajaran hari ini siswa mampu menyusun dan menyampaikan kembali informasi terkait perubahan energi menggunakan kalimat sendiri dengan tepat, siswa dapat mengidentifikasi kewajiban-kewajiban terkait perubahan energi, siswa dapat menemukan kata/istilah khusus yang berkaitan dengan konsep energi alternatif dengan benar, siswa dapat menyebutkan cara menentukan lamanya suatu kejadian dengan kejadian lain dengan satuan waktu tertentu dengan benar.


Udin dan kawan-kawan sedang belajar tentang angin. Mereka berencana bermain layang-layang. Hal ini untuk mengamati manfaat angin. Mereka memilih bermain dilapangan yang luas. Bermain dilapangan luas leluasa untuk bergerak, bermain dilapangan luas juga dapat angin yang cukup.

Angin diperlukan untuk menerbangkan layang-layang. Angin sedang sangat baik untuk bermain layang-layang. Angin sedang artinya angin yang tidak terlalu besar. Udin dan kawan-kawan memilih bermain di sore hari, karena angin pada siang sampai sore hari sangat cocok untuk bermain layang-layang.

Zaman dahulu angin sudah digunakan dalam kehidupan manusia. Angin digunakan untuk menggerakkan perahu layar. Angin juga digunakan untuk menggerakkan roda penggilingan padi.

Gerak angin dapat dijadikan sebagai energi alternatif. Energi alternatif adalah energi pengganti bahan bakar minyak. Gerak angin dapat diubah menjadi energi listrik, energi listrik ini digunakan sebagai pengganti bahan bakar minyak.

Energi angin dapat dimanfaatkan untuk Pembangkit Listrik Tenaga Angin Bayu (PLTB), Pembangkit ini mengubah gerak angin menjadi listrik menggunakan kincir angin. Kincir angin ini biasa disebut dengan turbin angin.

 

Menikmati energi yang tersedia adalah hak manusia.

Kewajiban manusia adalah menjaga ketersedian energi.

Hak dan kewajiban harus berjalan seimbang.

Anak-anak memiliki hak untuk bermain.

Kewajiban anak adalah membagi waktu bermain dan belajar dengan benar.

Memberi kesempatan kepada semua teman agar dapat ikut bermain, termasuk contoh sikap memenuhi hak.

Hak dan kewajiban harus dilakukan secara seimbang. 

 

AYO BERCERITA

 

Gerak air termasuk salah satu energi alternatif, semakin kuat gerak air, semakin besar pula energi yang dihasilkan. Gerak air digunakan untuk menggerakkan turbin atau kincir, gerakan turbin dapat dimanfaatkan untuk banyak hal, diantaranya menghasilkan listrik dan menggerakkan mesin penggiling gandum.

 

Air sangat penting bagi kehidupan makhluk hidup, manusia membutuhkan air, hewan dan tumbuhan juga membutuhkan air, kita harus menjaga ketersediaan air, menjaga lingkungan tetap bersih termasuk sikap dari menjaga air. Kebersihan air berpengaruh terhadap kesehatan manusia. Oleh karena itu, gunakanlah selalu air yang bersih.

Saat ini banyak minuman kemasan yang dijual , perhatikan tanda khusus pada kemasan, tanda yang berupa batas waktu penggunaan air. Apabila melebihi waktu tersebut, maka minuman dalam kemasan sudah tidak dapat digunakan. Kondisi air setelah tanggal tersebut sudah tidak baik. Jika tetap diminum dapat menyebabkan keracunan.



Kondisi tidak baik disebut juga kedaluwarsa.

Perhatikan gambar berikut!

Lihatlah tanda 18/07/08. Artinya, minuman sebaiknya digunakan sebelum tanggal 18 bulan juli tahun 2008, ada kemasan yang menunjukkan waktu secara lengkap. Ada juga kemasan yang tidak lengkap menunjukkan waktu penggunaan. Jadi, perhatikan waktu penggunaan makanan dan minuman. Agar kita terhindar dari bahaya, makanan atau minuman yang kedaluwarsa berbahaya untuk kesehatan. Makanan atau minuman yang kedaluwarsa tidak dapat memberi energi bagi tubuh.

LATIHAN (Dikerjakan di buku tulis latihan tematiknya yaa)


Selamat mengerjakan! 

Kesimpulan

Alhamdulillah anak anak hari ini sudah dapat dapat mengidentifikasi kewajiban-kewajiban terkait perubahan energi, menemukan kata/istilah khusus yang berkaitan dengan konsep energi alternatif dengan benar, dan menyebutkan cara menentukan lamanya suatu kejadian dengan kejadian lain dengan satuan waktu tertentu dengan benar. Namun, masih ada 2 siswa yang masih kesulitan menentukan lamanya suatu kejadian berlangsung karena kurangnya penalaran Konsep waktu.

Semoga dengan belajar hari ini, anak anak semua dapat belajar lebih baik lagi ya

Wassalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh

KELAS 3 TEMA 6 SUBTEMA 3 PEMBELAJARAN 1, SENIN 17 FEBRUARI 2025

Hari/ Tanggal          :  Senin, 17 Februari 2025

Tema 6                        : Energi dan Perubahannya

Subtema 3                  : Energi Alternatif

Pembelajaran            : 1

 

Hari ini kita belajar Tema 6 yaitu tentang Energi dan Perubahannya. Tujuan pembelajaran hari ini siswa dapat mengidentifikasi informasi yang berkaitan dengan energi dengan benar.

 

Sebelum membaca materi hari ini yuk simak video berikut:



AYO MEMBACA

 Apakah energi alternatif itu?

Energi alternatif adalah sumber energi yang dapat menggantikan

Bahan bakar minyak (BBM).

Pencarian dan penggunaan energi alternatif sebenernya sudah lama

diupayan manusia. Namun hingga saat ini usaha tersebut belum diperoleh secara maksimal.

Akan tetapi, penggunaannya akan semakin meningkat. Usaha ini dilakukan karena semakin sedikitnya

persediaan bahan bakar minyak.

 

Apa sajakah yang termasuk energi alternatif?

Perhatikan gambar-gambar berikut!

Ada beberapa contoh energi alternatif. Ada energi panas matahari. Ada energi gerak angin dan energi gerak air. Energi-energi tersebut mudah diperoleh, murah, dan berlimpah. Panas matahari, gerak air, dan gerak angin/bayu, dapat diubah menjadi energi listrik. Listrik yang dihasilkan oleh matahari, air, dan angin inilah yang dapat digunakan sebagai pengganti bahan bahan bakar minyak. Energi matahari dimanfaatkan untuk membuat pembangkit listrik tenaga surya (PLTS). 

Energi air dimanfaatkan untuk membuat pembangkit listrik tenaga listrik (PLTA). Energi angin dimanfaatkan untuk membuat pembangkit listrik tenaga angin/bayu (PLTB). Pembangkit listrik tenaga angin merupakan sumber energi yang sangat ramah lingkungan.

Kalian dapat memanfaatkan energi matahari, air, dan angin. Dengan energi alternatif dapat menghemat penggunaan bahan bakar minyak. Manusia tidak lagi tergantung pada bahan bakar minyak.

Angin merupakan contoh energi alternatif, Angin ada dimana-mana, Ada banyak contoh kegiatan pemanfaatan angin, angin dapat menggerakkan layang-layang.

 

LATIHAN HARI INI

(Dikerjakan di buku tulis latihan tematiknya yaa) 


Selamat mengerjakan!

Kesimpulan

Alhamdulillah, setelah belajar hari ini, anak-anak sudah dapat mengidentifikasi informasi yang berkaitan dengan energi dengan benar. Namun, masih ada dua siswa yang belum bisa menuliskan contoh energi alternatif dengan benar.

Anak-anak lebih semangat lagi belajarnya ya

Terima kasih

Wassalamualaikum wr wb

Jumat, 14 Februari 2025

KELAS 3 TEMA 6 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 6, JUM'AT 14 FEBRUARI 2025

Hari/ Tanggal              : Jumat, 14 Februari 2025

Tema 6                        : Energi dan Perubahannya

Subtema 2                  : Perubahan Energi

Pembelajaran             : 6

 

Tujuan pembelajaran hari ini adalah Dengan diskusi, siswa mampu mengidentifikasi hak dan kewajiban terkait penggunaan energi dengan tepat. Dengan menyampaikan hasil diskusi, siswa mampu menunjukkan hak dan kewajiban terkait penggunaan energi dengan tepat.

Kalian sudah mempelajari bahwa perubahan energy selalu terjadi kapanpun dan di manapun. Seringkali kita tidak menyadari terjadinya perubahan energi. Contohnya, ketika menonton televisi. Kalian tidak menyadari bahwa telah terjadi perubahan energy listrik menjadi energi cahaya.  Perubahan energi lainnya yang sering tidak disadari, misalnya saat buah jatuh. Saat buah jatuh juga terjadi perubahan energi. Perubahan tersebut energi gerak menjadi energi bunyi. Perubahan energi adalah peristiwa yang setiap


saat dapat diamati. Sekarang, susunlah informasi perubahan energi.  Lihat tabel berikut untuk membantumu!


Energi adalah karunia Tuhan yang sangat besar. Manusia tidak mampu menciptakan energi. Manusia juga tidak mampu memusnahkannya. Manusia hanya mampu mengubah bentuknya.

Perubahan energi dari satu bentuk ke  bentuk lainnya. Perubahan inilah yang dapat  dimanfaatkan.

Siapapun berhak memanfaatkan energi yang ada di muka bumi ini. Namun, jika ada hak, maka akan ada kewajiban yang harus ditunaikan. Contohnya kita berhak menggunakan listrik. Akan tetapi kita juga berkewajiban membayar rekening listrik.

Kesimpulan

Alhamdulillah anak-anak semua sudah dapat menuliskan contoh perubahan energi yang ada di sekitar kita. Namun masih ada dua anak yang masih harus lebih giat belajar lagi ya

Berikut adalah kegiatan belajar hari ini

Wassalamualaikum wr wb

Kamis, 13 Februari 2025

KELAS 3 TEMA 6 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 5, KAMIS 13 FEBRUARI 2025

Hari/ Tanggal              : Kamis, 13 Februari 2025

Tema 6                        : Energi dan Perubahannya

Subtema 2                  : Perubahan Energi

Pembelajaran             : 5

 

Tujuan pembelajaran hari ini adalah Dengan menulis, siswa mampu memberikan contoh pengalaman dalam menunjukkan perilaku yang menjalankan kewajiban dalam menggunakan energi. Dengan mengerjakan soal, siswa mampu mengidentifikasi satuan waktu jam dan menit dengan tepat.


Sebagai warga sekolah yang baik kalian memiliki kewajiban untuk menggunakan energi dengan baik. Berikut ini contoh perilaku yang menunjukkan kewajiban menggunakan energi dengan baik.

 Berikan tanda centang (√) pada gambar yang sesuai. Berikan tanda silang (X) pada gambar yang tidak sesuai!




 

Ayo BERLATIH

Setiap hari kita menggunakan energi. Tanpa energy manusia tidak dapat melakukan aktivitas. Semakin lama aktivitas dilakukan, maka semakin besar energi yang digunakan.

Hitunglah lama waktu pada kegiatan berikut! Tentukan satuan waktu yang sesuai!



LATIHAN

Tuliskan 3 contoh kewajiban menggunakan energi

di rumah!

Selamat mengerjakan!

Kesimpulan

Alhamdulillah anak anak semua sudah dapat memberikan contoh pengalaman dalam menunjukkan perilaku yang menjalankan kewajiban dalam menggunakan energi. Namun masih ada dua siswa yang masih harus dibimbing dalam menyebutkannya.

Semoga anak-anak semua dapat belajar lebih giat lagi ya

Terima kasih sudah belajar hari ini

Wassalamualaikum wr wb

Selasa, 11 Februari 2025

KELAS 3 TEMA 6 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 4, RABU 12 FEBRUARI 2025

 Hari/ Tanggal : Rabu, 12 Februari 2025

Tema 6 : Energi dan Perubahannya

Subtema 2 : Perubahan Energi

Pembelajaran : 4




Tujuan pembelajaran hari ini dengan membaca, siswa mampu mengidentifikasi kewajiban yang terkait dengan penggunaan energi. Dengan mengidentifikasi lama suatu kegiatan, siswa mampu menentukan satuan waktu yang tepat untuk mengukur lama suatu kegiatan berlangsung.


Selain olahraga secara rutin kalian harus makan dan minum yang bergizi. Gizi yang terkandung di dalam makanan membuat tubuhmu sehat dan berenergi. Ketika tubuhmu sehat tidak akan merasa lemas atau lemah. Tubuh yang sehat mampu melakukan kegiatan yang bermanfaat. Makanan yang baik untuk kesehatan tubuh adalah buah-buahan. Orang yang berjasa dalam menyediakan buah-buahan adalah para petani.





Para petani bekerja keras mengeluarkan energi agar buahbuahan yang ditanam berbuah lebat. Tanaman tersebut dirawat dan diberi

pupuk. Dengan demikian, tanaman tumbuh subur. Tanaman membutuhkan waktu lama hingga buahnya siap dipanen. Setelah panen, petani akan mengangkut dan menjualnya ke pasar. Semua kegiatan petani membutuhkan energi. Oleh karena itu, kalian wajib menghargai energi yang sudah dikeluarkan petani.

Coba, sekarang pikirkan baju yang dipakai. Mulai dari menanam pohon kapasnya sampai menjadi baju. Perhatikan gambar proses pembuatan baju berikut!





Energi apa sajakah yang dikeluarkan untuk menghasilkan selembar kain? Apa kewajiban yang harus dilakukan terhadap pakaian yang kita miliki?





AYO BERLATIH

Bu Nia pergi ke pasar. Bu Nia akan membeli bahan untuk menjahit. Dia berangkat dari rumah pukul 08.30. Setelah 45 menit, Bu Nia selesai belanja. Dia pun segera pulang. Pukul berapa Bu Nia pulang dari pasar? Gambarkan dengan jarum jam!

Jawab

Berangkat pukul 08.30

Lama di pasar 45 menit.

Jadi, Bu Nia pulang dari pasar pukul 09.15.

Perhatikan penjelasannya!








Pukul 08.75 = Pukul 08.00 + (60 menit + 15 menit)

= Pukul 08.00 + (1 jam + 15 menit)

= Pukul 09.00 + 15 menit

Jadi, Bu Nia pulang dari pasar pukul 09.15

Jadi dapat kita gambarkan jarum jamnya sebagai berikut.









LATIHAN

Nah, berikut ini beberapa soal tentang lamanya suatu kejadian. Jawablah soal-soal tersebut!

1. Pak Ahmad menanam bibit cabai pada awal bulan Maret. Pada bulan akhir Juni cabai-cabai tersebut sudah siap dipanen. Berapa lama proses menanam cabai tersebut?

2. Seorang penjahit bisa menjahit 3 baju dalam sehari. Jika dia harus menjahit 15 baju, berapahari yang dia butuhkan?

3. Pada hari Senin, ibu membawa bahan ke tukang jahit. Ibu ingin menjahit bajunya. Pada hari Sabtu baju tersebut sudah selesai dijahit. Berapa hari waktu yang dibutuhkan untuk menjahit baju ibu?

4. Lani membantu ibu membuat kue bolu di dapur. Ibu mulai membuat kue pukul 09.00. Pukul 10.30 kue pun matang. Berapa lama waktu yang dihabiskan untuk membuat kue tersebut?

5. Ayah mulai mencuci mobil pukul 08.00. Lamanya ayah mencuci mobil adalah 45 menit. Pukul berapa ayah selesai mencuci mobil? Gambarkan dengan menggunakan jarum jam.


Selamat mengerjakan!

Kesimpulan
Alhamdulillah pembelajaran hari ini berjalan dengan lancar. Semua sisawa dapat mengidentifikasi kewajiban yang terkait dengan penggunaan energi dan mengidentifikasi lama suatu kegiatan, siswa mampu menentukan satuan waktu yang tepat untuk mengukur lama suatu kegiatan berlangsung. Namun masih ada 2 siswa yang belum mandiri mengerjakan soal-soal.

Terimakasih sudah belajar hari ini

Wassalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh

Senin, 10 Februari 2025

KELAS 3 TEMA 6 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 2&3, SELASA 11 FEBRUARI 2025

Hari/ Tanggal          : Selasa, 11 Februari 2025

Tema 6                        : Energi dan Perubahannya

Subtema 2                  : Perubahan Energi

Pembelajaran             2 dan 3

 

Tujuan pembelajaran hari ini adalah Dengan mengamati teks dan mendengar penjelasan guru, siswa dapatmengidentifikasi kewajiban-kewajiban terkait perubahan energi. Serta, Dengan menyimak dialog yang ada di buku, siswa mampu mengidentifikasi jenisjenis satuan waktu dalam kehidupan sehari-hari.

 

Setelah melakukan kegiatan jasmani, badan kita akan terasa lelah. Energi perlu dikembalikan lagi. Istirahat sejenak dan minum air putih dapat  menyegarkan kembali tubuh kita. Perubahan energi bukan hanya terjadi di dalam tubuh manusia. Perubahan energi dapat dilihat pada peralatan yang kita gunakan sehari-hari. Pelajarilah lebih lanjut contoh perubahan energi.

 

1.       Perubahan energi listrik menjadi energi panas

Peristiwa perubahan energi ini dapat terjadi  pada  seterika listrik. Saat kabel seterika diberi aliran listrik, seketika itu energi listrik berubah menjadi energi panas. Peristiwa yang sama juga terjadi pada kompor listrik dan penanak nasi listrik.



2.       Perubahan energy listrik menjadi energy gerak

Perubahan energi lainnya adalah perubahan  energi listrik menjadi energi gerak. Lihatlah alat-alat berikut. Saat menggunakan peralatan tersebut, terjadi perubahan energi listrik menjadi energi gerak.



3.       Perubahan energy kimia menjadi energy panas

Contoh perubahan energi kimia menjadi energi  panas dapat dilihat pada kompor minyak tanah. Sebelum digunakan kompor diisi dengan minyak tanah terlebih dahulu. Kompor dinyalakan dengan api. Timbullah panas. Dengan energy panas itu kita dapat memasak nasi, memasak air, menggoreng ikan, dan lain-lain. Energi kimia lainnya adalah gas. Gas dapat digunakan untuk menyalakan kompor. Saat kompor gas menyala terjadi perubahan energi kimia menjadi energy panas.



4.       Perubahan energy gerak menjadi energy bunyi

Contoh perubahan energi gerak menjadi  energi bunyi dapat kita lihat saat seorang  pemain drum memainkan alat musik drumnya.  Ia menggunakan energi geraknya untuk membunyikan drum. Contoh lainnya yaitu saat kentongan dipukul. Energi gerak pemukul kentongan berubah menjadi energi bunyi.



 

AYO BERLATIH

Pukul 05.00 Lani bangun tidur. Kemudian mandi,  berpakaian, dan menyiapkan perlengkapan sekolah. Kegiatan ini dilakukan sampai pukul 05.30. Lama kegiatan tersebut adalah



 Jadi, lama waktu yang diperlukan adalah 30 menit.

Ayah pergi bekerja pukul 07.30. Ayah pulang dari kantor dan sampai di rumah pukul 18.00. Lama ayah bekerja dan waktu yang diperlukan dalam perjalanan adalah



LATIHAN

Berikut ini adalah jadwal kegiatan harian Lani. Berdasarkan tabel berikut tentukan lamanya masing-masing kegiatan.

 



Selamat mengerjakan!

Kesimpulan

Alhamdulillah setelah belajar hari ini anak-anak semua sudah dapat mengidentifikasi kewajiban-kewajiban terkait perubahan energi dan mampu mengidentifikasi jenis-jenis satuan waktu dalam kehidupan sehari-hari. Namun masih ada tiga siswa yang masih belum mandiri menyelesaikan soal-soal berkaitan dengan lama suatu kegiatan berlangsung. 

Terima kasih sudah belajar giat hari ini


Wassalamualaikum wr wb

KELAS 3 TEMA 6 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 1, SENIN 10 FEBRUARI 2025

Hari/ Tanggal          : Senin, 10 Februari 2025

Tema 6                       : Energi dan Perubahannya

Subtema 2                  : Perubahan Energi

Pembelajaran           1

Tujuan pembelajaran hari ini adalah dengan membaca teks, siswa dapat mengidentifikasi informasi terkait perubahan energi dengan tepat. Serta, dengan mengidentifikasi lamanya suatu kegiatan, siswa dapat menentukan satuan waktu yang tepat lamanya suatu kegiatan.

 

AYO MEMBACA

Perubahan Energi

Lani sedang membantu ibu di dapur. Lani memperhatikan kompor yang sedang menyala. Lani bertanya kepada ibu, bagaimana kompor itu dapat menyala. Kompor dapat menyala karena ada bahan bakarnya. Bahan bakar yang sering digunakan untuk kompor adalah minyak tanah dan gas.  Energi pada minyak tanah dan gas adalah energy kimia.  Minyak tanah diserap oleh sumbu kompor. Sumbu kompor disulut api hingga menyala. Pada saat kompor menyala terjadi perubahan dari energi kimia menjadi energi panas. Saat kompor gas menyala juga terjadi perubahan energi kimia menjadi energi panas.



Perubahan energi juga terjadi di dalam tubuh. Makanan merupakan sumber energi kimia di dalam tubuh. Makanan tersebut diolah menjadi sarisari makanan. Sari-sari makanan diubah menjadi energi. Karena energy inilah seluruh bagian tubuh dapat bekerja. Mata, mulut, tangan, dan kaki dapat bekerja karena adanya energi. Begitu pula bagian-bagian tubuh lainnya.

 


 





LATIHAN 

Ayo kita coba tuliskan perubahan energy yang ada di sekolah dan di rumah seperti contoh:


Selamat mengerjakan!

Kesimpulan

Alhamdulillah, setelah belajar hari ini anak-anak semua sudah dapat mengidentifikasi informasi terkait perubahan energi dengan tepat. Namun masih ada 2 orang yang belum dengan lancar menyebutkan contoh-contoh perubahan energi di sekitar kita. Semoga anak-anak semua bisa lebih rajin lagi ya belajanya

 Terima kasih

Wassalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh

Jumat, 07 Februari 2025

KELAS 3 TEMA 6 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 6, JUM'AT 7 FEBRUARI 2025

Hari/ Tanggal              : Jumat, 7 Februari 2025

Tema 6                        : Energi dan Perubahannya

Subtema 1                  : Sumber Energi

Pembelajaran             : 6

 Tujuan Pembelajaran: dengan membaca peserta didik dapat mengidentifikasi sumber-sumber energi di sekitarnya, menghitung lama kegiatan berlangsung, dan menyebutkan alat musik ritmis dengan tepat 

Ayo Membaca!

Guru menjelaskan pentingnya melestarikan sumber energi. Setelah mendengar penjelasan guru, Siti memahami. Kini Siti menyadari kewajiban menghemat energi. Siti tidak lagi membiarkan keran air terbuka setelah selesai dipakai. Siti tidak lagi menghambur-hamburkan air saat mandi. Siti juga mulai membiasakan diri mematikan lampu yang tidak diperlukan.

Siti telah melaksanakan kewajibannya di rumah. Orang tuanya memberikan hak untuk memanfaatkan energi. Berikut ini contoh hak yang diperoleh Siti.
1. Mendapatkan makanan dan minuman sebagai sumber energi.
2. Menggunakan lampu saat belajar.
3. Menyalakan kipas angin saat kepanasan.
4. Menyalakan televisi untuk hiburan.

Kita boleh menuntut hak setelah melaksanakan kewajiban. Jadi kewajiban harus didahulukan daripada hak. Hak dan kewajiban harus dilaksanakan secara seimbang.

Setiap kegiatan membutuhkan waktu. Dari satu kegiatan ke kegiatan lain. Perhatikan tabel kegiatan berikut!

Mulai Kegiatan

Selesai Kegiatan

Lamanya

Pukul 07.00

Pukul 10.00

3 jam

Hari Senin

Hari Jumat

5 hari

Bulan Januari

Bulan Mei

5 bulan

Pukul 09.00

Pukul 12.00

3 jam

Pukul 14.00

Pukul 15.30

1 jam 30 menit

 

Alat yang digunakan di rumah

Waktu mulai
digunakan

Waktu selesai
digunakan

Lama
penggunaan

Mesin Air

04.00

05.30

1 jam 30 menit

Kipas Angin

21.00

04.00

7 jam 0 menit

Televisi

14.30

17.00

2 jam 30 menit

Lampu Listrik

19.30

21.00

1 jam 30 menit

Penanak Nasi Listrik

10.00

10.30

0 jam 30 menit

 

TUGAS Hari ini :

Diskuksikan bersama ayah, bunda atau kakak tentang kewajiban dan Hak untuk memanfaatkan energi

Silahkan Lengkapi Tabel dibawah ini:

NO

Kewajiban

Hak

1.

Mematikan keran air jika tidak dipakai.

 

2.

Tidak membuang-buang makanan

 

3.

Mematikan lampu di siang hari.

 

4.

Tidak menghamburkan air di kamar mandi.

 

5.

Menghabiskan minum yang sudah diambil

 

 

Kamis, 06 Februari 2025

KELAS 3 TEMA 6 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 5, KAMIS 6 FEBRUARI 2025

Hari/ Tanggal              : Kamis, 6 Februari 2025

Tema 6                        : Energi dan Perubahannya

Subtema 1                  : Sumber Energi

Pembelajaran             : 5

 

Ayo Mengamati!

Hari ini, Siti pulang sekolah dijemput ibu. Mereka pulang naik angkutan umum. Siti senang pulang bersama ibu. Tiba-tiba, mobil yang mereka tumpangi mogok. Ternyata, mobil itu kehabisan bahan bakar.

Para penumpang terpaksa turun. Mereka mencari kendaraan lain. Begitu pula dengan Siti dan ibunya. Setelah naik kendaraan lain, Siti dan ibunya asyik bercakap-cakap. Simaklah percakapan mereka!

Siti

:

Bu, mengapa ya angkot tadi mogok?

Ibu

:

Sebab bensinnya habis. Kalau bensinnya habis mesinnya tidak dapat hidup. Akibatnya mobil tersebut mogok.

Siti

:

Berarti bensin sumber energi mobil, ya Bu?

Ibu

:

Benar, Nak! Bensin adalah salah satu jenis  bahan bakar minyak untuk kendaraan.

Siti

:

Bahan bakar minyak terbuat dari apa, Bu?

Ibu

:

Bahan bakar minyak (BBM) berasal dari fosil hewan. Fosil hewan adalah hewan yang mati dan tertimbun di dalam tanah, jutaan tahun yang lalu.

Siti

:

Berarti sulit ya Bu memperoleh BBM itu?

Ibu

:

Iya, Nak! Butuh waktu yang sangat lama.

Siti

:

Apakah BBM hanya untuk menghidupkan kendaraan, Bu?

Ibu

:

Oh, tidak! BBM itu bukan hanya untuk kendaraan. BBM juga dapat digunakan di dapur untuk menyalakan kompor. Di pabrik, untuk menghidupkan mesin-mesin pabrik. Jadi, di mana saja BBM banyak digunakan.

Siti

:

Lama kelamaan dapat habis ya Bu?

Ibu

:

Betul, Nak! Oleh karena itu kita harus menghemat penggunaan BBM. Mengapa? Karena cadangan BBM di bumi makin sedikit.

Siti

:

Oh begitu ya, Bu?

Ibu

:

Iya, Nak. Wah, kita sudah sampai. Ayo, siap-siap turun!

Siti

:

Oh, iya Bu!

 

Berdasarkan percakapan di atas, kita dapat mengetahui tentang BBM. Untuk menghasilkan BBM membutuhkan butuh waktu yang lama. Penduduk dunia semakin padat, sehingga kebutuhan terhadap BBM semakin banyak. BBM dipakai setiap hari oleh manusia. Untuk menghasilkannya dibutuhkan waktu jutaan tahun. Itulah sebabnya, kita berkewajiban untuk melakukan penghematan BBM agar tidak cepat habis.

No.

Cara Menghemat BBM

1.

Beralih menggunakan kendaraan umum saat bepergian

2.

Cukup berjalan kaki saat akan menuju tempat yang dekat

3.

Menggunakan sepeda saat pergi ke tempat yang dekat

4.

Mengurangi penggunaan BBM dengan menggunakan dengan energi alternatif

5.

Menggunakan BBM dengan bijak sesuai kebutuhan

Ayo Mengamati
Sesampainya di rumah, Siti melihat jam dinding. Siti bertanya kepada ibu pukul berapakah sekarang. Ibu menjelaskan bahwa sekarang pukul 11.00. Lihatlah gambar berikut!



Gambar ini menunjukkan pukul 11.00.
Jarum pendek terletak pada angka 11
Jarum panjang terletak pada angka 12

Berikut ini video mengenai mementukan lama kegiatan dalam satuan jam.

https://youtu.be/uGY0Ck35ys8

15 menit kemudian Siti makan siang. Berarti Siti makan pada pukul 11.15. Bagaimana cara menggambarkan pukul 11.15 pada jarum jam? Lihatlah gambar berikut!




Jarum pendek sedikit melewati angka 11. Jarum panjang berada di angka 3

Lima belas menit kemudian, Siti telah selesai makan. Jarum jam dinding di rumahnya menunjukkan pukul 11.30. Lihat gambar berikut ini!


Jarum pendek terletak di antara angka 11 dan 12
Jarum panjang terletak pada angka 6

Perhatikan gambar-gambar berikut! Tentukan letak jarum jam untuk waktu-waktu berikut ini!


Kalian harus mengetahui bahwa dalam satu hari ada 24 jam. Pukul 00.00 sampai pukul 12.00 dimulai dari tengah malam sampai tengah hari. Setelah pukul 12.00 siang adalah pukul 13.00. Pukul 13.00 dapat disebut pukul 01.00 siang. Dengan demikian pukul 14.00 sama dengan pukul 02.00 siang. Lihatlah gambar di bawah ini!

Gambar

Keterangan


Gambar di samping menunjukkan pukul 13.00.
Jarum pendek di angka 1.
Jarum panjang di angka 12.
Jadi pukul 13.00 sama dengan pukul 01.00 siang.

Gambar di samping menunjukkan pukul 14.00.
Jarum pendek di angka 2.
Jarum panjang di angka 12.
Jadi pukul 14.00 sama dengan pukul 2 siang.


Siti bangun tidur pukul 05.00 lalu Kemudian Siti mandi, ibadah, dan melakukan persiapan berangkat sekolah. Kegiatan itu berlangsung selama 1 jam. Artinya pukul 06.00 Siti siap berangkat sekolah.

Jika Siti berangkat sekolah pukul 06.00 pagi. Siti sampai di sekolah pukul 07.00. Jadi lama perjalanan Siti ke sekolah adalah 1 jam.

LATIHAN

Kerjakan Latihan pada buku tema 6 halaman 47 nomor 1-5. Kerjakan dibuku latihan tematik dan hasilnya jgn lupa dikirimkan ke WA ibu guru yaa..

KESIMPULAN

Alhamdulillah pembelajaran hari ini berjalan dengan lancar. Semua siswa dapat mengikuti pembelajaran dengan baik.

Wassalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh

Rabu, 05 Februari 2025

KELAS 3 TEMA 6 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 4, RABU 5 FEBRUARI 2025

Hari/ Tanggal              : Rabu, 5 Februari 2025

Tema 6                        : Energi dan Perubahannya

Subtema 1                  : Sumber Energi

Pembelajaran             : 4

 

Air dan Angin

Ayo Membaca
Air dan Angin adalah Sumber Energi Air bukan hanya sumber energi bagi tubuh. Air juga sumber energi listrik. Cara memanfaatkannya adalah air ditampung pada sebuah bendungan atau waduk. Lalu, bagaimana air di bendungan dapat menghasilkan energi listrik?
Caranya adalah air di bendungan dialirkan. Aliran air ini memiliki kekuatan yang disebut energi kinetik. Energi kinetik air menggerakkan kincir atau turbin. Gerakan kincir air akan menggerakkan generator listrik. Generator listrik inilah yang membangkitkan energi listrik.
Bendungan atau waduk yang dimanfaatkan untuk menghasilkan energi listrik disebut Pembangkit Listrik Tenaga Air atau PLTA. Berikut ini adalah beberapa nama PLTA yang ada di Indonesia.

No.

Nama PLTA

Lokasi

1.

PLTA Jati Luhur

Purwakarta, Jawa Barat

2.

PLTA Maninjau

Agam, Sumatera Barat

3.

PLTA Karangkates

Malang, Jawa Timur

4.

PLTA Sigura-gura

Simorea, Sumatera Utara

5.

PLTA Musi

Kapahiang, Bengkulu

6.

PLTA Gajah Mungkur

Wonogiri, Jawa Tengah


Sumber energi lainnya adalah udara. Di dalam udara terdapat oksigen. Oksigen penting bagi kelangsungan hidup manusia. Manusia bernafas menghirup oksigen. Udara bukan hanya sumber energi bagi tubuh. Udara juga dapat dimanfaatkan sebagai energi listrik.

Udara yang bergerak disebut bayu atau angin. Bayu (angin) memiliki energi kinetik. Energi kinetik inilah yang dapat menggerakkan kincir. Kincir angin dapat menggerakkan generator listrik. Generator listrik akan membangkitkan energi listrik.
Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) terbesar di Indonesia terdapat di Sidrap, Sulawesi Selatan.

·                     Air merupakan sumber energi bagi tubuh dan sumber energi listrik

·                     Aliran air dari bendungan memiliki energi kinetik yang berguna untuk menggerakkan kincir atau turbin.

·                     Bendungan atau waduk dimanfaatkan untuk menghasilkan energi listrik disebut Pembangkit Listrik Tenaga Air atau PLTA.

·                     Udara bukan hanya sumber energi bagi tubuh tetapi juga dapat dimanfaatkan sebagai energi listrik.

·                     Angin memiliki energi kinetik yang dapat menggerakkan kincir.


Ayo Mencoba
Kita wajib menjaga dan melestarikan lingkungan, karena lingkungan adalah tempat hidup. Lingkungan memberi sumber energi untuk kita. Namun, energi tersebut terbatas persediaannya. Apa yang harus kita lakukan sebagai bagian dari lingkungan, untuk menghemat energi?
Lakukan wawancara kepada salah satu anggota keluargamu.  Lakukan wawancara secara bergantian. Catatlah hasil wawancaramu!

Seperti Contoh di bawah ini :

A

:

Apa manfaat menghemat energi?

B

:

Menghemat energi dapat menjaga ketersediaan energi untuk masa yang akan datang

A

:

Di mana saja kita bisa menghemat energi?

B

:

Kita bisa menghemat energi di mana saja, di sekolah, di rumah dan lain-lain

A

:

Kapan kita menghemat energi?

B

:

Kita bisa menghemat energi kapan saja.

A

:

Siapa yang harus menghemat energi?

B

:

Setiap anggota masyarakat harus melakukan penghematan energi.

A

:

Mengapa kita harus menghemat energi?

B

:

Energi yang tersedia di alam suatu saat akan mengalami kekurangan.

A

:

Bagaimana cara menghemat energi?

B

:

Menghemat energi dapat dilakukan dengan cara menggunakan energi seperlunya saja dan tidak boros menggunakan energi

 

LATIHAN

Mintalah orangtuamu/ kakak untuk mewawancarai mu. Susunlah beberapa pertanyaan tentang menghemat energi. Catatlah hasil wawancaramu!

Pertanyaan!

1.                   Apa manfaat menghemat energi?

2.                   Di mana saja kita bisa menghemat energi?

3.                   Kapan kita menghemat energi?

4.                   Mengapa kita harus menghemat energi?

5.                   Bagaimana cara menghemat energi?

 

Selamat mengerjakan!