Senin, 10 Februari 2025

KELAS 3 TEMA 6 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 2&3, SELASA 11 FEBRUARI 2025

Hari/ Tanggal          : Selasa, 11 Februari 2025

Tema 6                        : Energi dan Perubahannya

Subtema 2                  : Perubahan Energi

Pembelajaran             2 dan 3

 

Tujuan pembelajaran hari ini adalah Dengan mengamati teks dan mendengar penjelasan guru, siswa dapatmengidentifikasi kewajiban-kewajiban terkait perubahan energi. Serta, Dengan menyimak dialog yang ada di buku, siswa mampu mengidentifikasi jenisjenis satuan waktu dalam kehidupan sehari-hari.

 

Setelah melakukan kegiatan jasmani, badan kita akan terasa lelah. Energi perlu dikembalikan lagi. Istirahat sejenak dan minum air putih dapat  menyegarkan kembali tubuh kita. Perubahan energi bukan hanya terjadi di dalam tubuh manusia. Perubahan energi dapat dilihat pada peralatan yang kita gunakan sehari-hari. Pelajarilah lebih lanjut contoh perubahan energi.

 

1.       Perubahan energi listrik menjadi energi panas

Peristiwa perubahan energi ini dapat terjadi  pada  seterika listrik. Saat kabel seterika diberi aliran listrik, seketika itu energi listrik berubah menjadi energi panas. Peristiwa yang sama juga terjadi pada kompor listrik dan penanak nasi listrik.



2.       Perubahan energy listrik menjadi energy gerak

Perubahan energi lainnya adalah perubahan  energi listrik menjadi energi gerak. Lihatlah alat-alat berikut. Saat menggunakan peralatan tersebut, terjadi perubahan energi listrik menjadi energi gerak.



3.       Perubahan energy kimia menjadi energy panas

Contoh perubahan energi kimia menjadi energi  panas dapat dilihat pada kompor minyak tanah. Sebelum digunakan kompor diisi dengan minyak tanah terlebih dahulu. Kompor dinyalakan dengan api. Timbullah panas. Dengan energy panas itu kita dapat memasak nasi, memasak air, menggoreng ikan, dan lain-lain. Energi kimia lainnya adalah gas. Gas dapat digunakan untuk menyalakan kompor. Saat kompor gas menyala terjadi perubahan energi kimia menjadi energy panas.



4.       Perubahan energy gerak menjadi energy bunyi

Contoh perubahan energi gerak menjadi  energi bunyi dapat kita lihat saat seorang  pemain drum memainkan alat musik drumnya.  Ia menggunakan energi geraknya untuk membunyikan drum. Contoh lainnya yaitu saat kentongan dipukul. Energi gerak pemukul kentongan berubah menjadi energi bunyi.



 

AYO BERLATIH

Pukul 05.00 Lani bangun tidur. Kemudian mandi,  berpakaian, dan menyiapkan perlengkapan sekolah. Kegiatan ini dilakukan sampai pukul 05.30. Lama kegiatan tersebut adalah



 Jadi, lama waktu yang diperlukan adalah 30 menit.

Ayah pergi bekerja pukul 07.30. Ayah pulang dari kantor dan sampai di rumah pukul 18.00. Lama ayah bekerja dan waktu yang diperlukan dalam perjalanan adalah



LATIHAN

Berikut ini adalah jadwal kegiatan harian Lani. Berdasarkan tabel berikut tentukan lamanya masing-masing kegiatan.

 



Selamat mengerjakan!

Kesimpulan

Alhamdulillah setelah belajar hari ini anak-anak semua sudah dapat mengidentifikasi kewajiban-kewajiban terkait perubahan energi dan mampu mengidentifikasi jenis-jenis satuan waktu dalam kehidupan sehari-hari. Namun masih ada tiga siswa yang masih belum mandiri menyelesaikan soal-soal berkaitan dengan lama suatu kegiatan berlangsung. 

Terima kasih sudah belajar giat hari ini


Wassalamualaikum wr wb

KELAS 3 TEMA 6 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 1, SENIN 10 FEBRUARI 2025

Hari/ Tanggal          : Senin, 10 Februari 2025

Tema 6                       : Energi dan Perubahannya

Subtema 2                  : Perubahan Energi

Pembelajaran           1

Tujuan pembelajaran hari ini adalah dengan membaca teks, siswa dapat mengidentifikasi informasi terkait perubahan energi dengan tepat. Serta, dengan mengidentifikasi lamanya suatu kegiatan, siswa dapat menentukan satuan waktu yang tepat lamanya suatu kegiatan.

 

AYO MEMBACA

Perubahan Energi

Lani sedang membantu ibu di dapur. Lani memperhatikan kompor yang sedang menyala. Lani bertanya kepada ibu, bagaimana kompor itu dapat menyala. Kompor dapat menyala karena ada bahan bakarnya. Bahan bakar yang sering digunakan untuk kompor adalah minyak tanah dan gas.  Energi pada minyak tanah dan gas adalah energy kimia.  Minyak tanah diserap oleh sumbu kompor. Sumbu kompor disulut api hingga menyala. Pada saat kompor menyala terjadi perubahan dari energi kimia menjadi energi panas. Saat kompor gas menyala juga terjadi perubahan energi kimia menjadi energi panas.



Perubahan energi juga terjadi di dalam tubuh. Makanan merupakan sumber energi kimia di dalam tubuh. Makanan tersebut diolah menjadi sarisari makanan. Sari-sari makanan diubah menjadi energi. Karena energy inilah seluruh bagian tubuh dapat bekerja. Mata, mulut, tangan, dan kaki dapat bekerja karena adanya energi. Begitu pula bagian-bagian tubuh lainnya.

 


 





LATIHAN 

Ayo kita coba tuliskan perubahan energy yang ada di sekolah dan di rumah seperti contoh:


Selamat mengerjakan!

Kesimpulan

Alhamdulillah, setelah belajar hari ini anak-anak semua sudah dapat mengidentifikasi informasi terkait perubahan energi dengan tepat. Namun masih ada 2 orang yang belum dengan lancar menyebutkan contoh-contoh perubahan energi di sekitar kita. Semoga anak-anak semua bisa lebih rajin lagi ya belajanya

 Terima kasih

Wassalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh

Jumat, 07 Februari 2025

KELAS 3 TEMA 6 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 6, JUM'AT 7 FEBRUARI 2025

Hari/ Tanggal              : Jumat, 7 Februari 2025

Tema 6                        : Energi dan Perubahannya

Subtema 1                  : Sumber Energi

Pembelajaran             : 6

 Tujuan Pembelajaran: dengan membaca peserta didik dapat mengidentifikasi sumber-sumber energi di sekitarnya, menghitung lama kegiatan berlangsung, dan menyebutkan alat musik ritmis dengan tepat 

Ayo Membaca!

Guru menjelaskan pentingnya melestarikan sumber energi. Setelah mendengar penjelasan guru, Siti memahami. Kini Siti menyadari kewajiban menghemat energi. Siti tidak lagi membiarkan keran air terbuka setelah selesai dipakai. Siti tidak lagi menghambur-hamburkan air saat mandi. Siti juga mulai membiasakan diri mematikan lampu yang tidak diperlukan.

Siti telah melaksanakan kewajibannya di rumah. Orang tuanya memberikan hak untuk memanfaatkan energi. Berikut ini contoh hak yang diperoleh Siti.
1. Mendapatkan makanan dan minuman sebagai sumber energi.
2. Menggunakan lampu saat belajar.
3. Menyalakan kipas angin saat kepanasan.
4. Menyalakan televisi untuk hiburan.

Kita boleh menuntut hak setelah melaksanakan kewajiban. Jadi kewajiban harus didahulukan daripada hak. Hak dan kewajiban harus dilaksanakan secara seimbang.

Setiap kegiatan membutuhkan waktu. Dari satu kegiatan ke kegiatan lain. Perhatikan tabel kegiatan berikut!

Mulai Kegiatan

Selesai Kegiatan

Lamanya

Pukul 07.00

Pukul 10.00

3 jam

Hari Senin

Hari Jumat

5 hari

Bulan Januari

Bulan Mei

5 bulan

Pukul 09.00

Pukul 12.00

3 jam

Pukul 14.00

Pukul 15.30

1 jam 30 menit

 

Alat yang digunakan di rumah

Waktu mulai
digunakan

Waktu selesai
digunakan

Lama
penggunaan

Mesin Air

04.00

05.30

1 jam 30 menit

Kipas Angin

21.00

04.00

7 jam 0 menit

Televisi

14.30

17.00

2 jam 30 menit

Lampu Listrik

19.30

21.00

1 jam 30 menit

Penanak Nasi Listrik

10.00

10.30

0 jam 30 menit

 

TUGAS Hari ini :

Diskuksikan bersama ayah, bunda atau kakak tentang kewajiban dan Hak untuk memanfaatkan energi

Silahkan Lengkapi Tabel dibawah ini:

NO

Kewajiban

Hak

1.

Mematikan keran air jika tidak dipakai.

 

2.

Tidak membuang-buang makanan

 

3.

Mematikan lampu di siang hari.

 

4.

Tidak menghamburkan air di kamar mandi.

 

5.

Menghabiskan minum yang sudah diambil

 

 

Kamis, 06 Februari 2025

KELAS 3 TEMA 6 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 5, KAMIS 6 FEBRUARI 2025

Hari/ Tanggal              : Kamis, 6 Februari 2025

Tema 6                        : Energi dan Perubahannya

Subtema 1                  : Sumber Energi

Pembelajaran             : 5

 

Ayo Mengamati!

Hari ini, Siti pulang sekolah dijemput ibu. Mereka pulang naik angkutan umum. Siti senang pulang bersama ibu. Tiba-tiba, mobil yang mereka tumpangi mogok. Ternyata, mobil itu kehabisan bahan bakar.

Para penumpang terpaksa turun. Mereka mencari kendaraan lain. Begitu pula dengan Siti dan ibunya. Setelah naik kendaraan lain, Siti dan ibunya asyik bercakap-cakap. Simaklah percakapan mereka!

Siti

:

Bu, mengapa ya angkot tadi mogok?

Ibu

:

Sebab bensinnya habis. Kalau bensinnya habis mesinnya tidak dapat hidup. Akibatnya mobil tersebut mogok.

Siti

:

Berarti bensin sumber energi mobil, ya Bu?

Ibu

:

Benar, Nak! Bensin adalah salah satu jenis  bahan bakar minyak untuk kendaraan.

Siti

:

Bahan bakar minyak terbuat dari apa, Bu?

Ibu

:

Bahan bakar minyak (BBM) berasal dari fosil hewan. Fosil hewan adalah hewan yang mati dan tertimbun di dalam tanah, jutaan tahun yang lalu.

Siti

:

Berarti sulit ya Bu memperoleh BBM itu?

Ibu

:

Iya, Nak! Butuh waktu yang sangat lama.

Siti

:

Apakah BBM hanya untuk menghidupkan kendaraan, Bu?

Ibu

:

Oh, tidak! BBM itu bukan hanya untuk kendaraan. BBM juga dapat digunakan di dapur untuk menyalakan kompor. Di pabrik, untuk menghidupkan mesin-mesin pabrik. Jadi, di mana saja BBM banyak digunakan.

Siti

:

Lama kelamaan dapat habis ya Bu?

Ibu

:

Betul, Nak! Oleh karena itu kita harus menghemat penggunaan BBM. Mengapa? Karena cadangan BBM di bumi makin sedikit.

Siti

:

Oh begitu ya, Bu?

Ibu

:

Iya, Nak. Wah, kita sudah sampai. Ayo, siap-siap turun!

Siti

:

Oh, iya Bu!

 

Berdasarkan percakapan di atas, kita dapat mengetahui tentang BBM. Untuk menghasilkan BBM membutuhkan butuh waktu yang lama. Penduduk dunia semakin padat, sehingga kebutuhan terhadap BBM semakin banyak. BBM dipakai setiap hari oleh manusia. Untuk menghasilkannya dibutuhkan waktu jutaan tahun. Itulah sebabnya, kita berkewajiban untuk melakukan penghematan BBM agar tidak cepat habis.

No.

Cara Menghemat BBM

1.

Beralih menggunakan kendaraan umum saat bepergian

2.

Cukup berjalan kaki saat akan menuju tempat yang dekat

3.

Menggunakan sepeda saat pergi ke tempat yang dekat

4.

Mengurangi penggunaan BBM dengan menggunakan dengan energi alternatif

5.

Menggunakan BBM dengan bijak sesuai kebutuhan

Ayo Mengamati
Sesampainya di rumah, Siti melihat jam dinding. Siti bertanya kepada ibu pukul berapakah sekarang. Ibu menjelaskan bahwa sekarang pukul 11.00. Lihatlah gambar berikut!



Gambar ini menunjukkan pukul 11.00.
Jarum pendek terletak pada angka 11
Jarum panjang terletak pada angka 12

Berikut ini video mengenai mementukan lama kegiatan dalam satuan jam.

https://youtu.be/uGY0Ck35ys8

15 menit kemudian Siti makan siang. Berarti Siti makan pada pukul 11.15. Bagaimana cara menggambarkan pukul 11.15 pada jarum jam? Lihatlah gambar berikut!




Jarum pendek sedikit melewati angka 11. Jarum panjang berada di angka 3

Lima belas menit kemudian, Siti telah selesai makan. Jarum jam dinding di rumahnya menunjukkan pukul 11.30. Lihat gambar berikut ini!


Jarum pendek terletak di antara angka 11 dan 12
Jarum panjang terletak pada angka 6

Perhatikan gambar-gambar berikut! Tentukan letak jarum jam untuk waktu-waktu berikut ini!


Kalian harus mengetahui bahwa dalam satu hari ada 24 jam. Pukul 00.00 sampai pukul 12.00 dimulai dari tengah malam sampai tengah hari. Setelah pukul 12.00 siang adalah pukul 13.00. Pukul 13.00 dapat disebut pukul 01.00 siang. Dengan demikian pukul 14.00 sama dengan pukul 02.00 siang. Lihatlah gambar di bawah ini!

Gambar

Keterangan


Gambar di samping menunjukkan pukul 13.00.
Jarum pendek di angka 1.
Jarum panjang di angka 12.
Jadi pukul 13.00 sama dengan pukul 01.00 siang.

Gambar di samping menunjukkan pukul 14.00.
Jarum pendek di angka 2.
Jarum panjang di angka 12.
Jadi pukul 14.00 sama dengan pukul 2 siang.


Siti bangun tidur pukul 05.00 lalu Kemudian Siti mandi, ibadah, dan melakukan persiapan berangkat sekolah. Kegiatan itu berlangsung selama 1 jam. Artinya pukul 06.00 Siti siap berangkat sekolah.

Jika Siti berangkat sekolah pukul 06.00 pagi. Siti sampai di sekolah pukul 07.00. Jadi lama perjalanan Siti ke sekolah adalah 1 jam.

LATIHAN

Kerjakan Latihan pada buku tema 6 halaman 47 nomor 1-5. Kerjakan dibuku latihan tematik dan hasilnya jgn lupa dikirimkan ke WA ibu guru yaa..

KESIMPULAN

Alhamdulillah pembelajaran hari ini berjalan dengan lancar. Semua siswa dapat mengikuti pembelajaran dengan baik.

Wassalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh

Rabu, 05 Februari 2025

KELAS 3 TEMA 6 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 4, RABU 5 FEBRUARI 2025

Hari/ Tanggal              : Rabu, 5 Februari 2025

Tema 6                        : Energi dan Perubahannya

Subtema 1                  : Sumber Energi

Pembelajaran             : 4

 

Air dan Angin

Ayo Membaca
Air dan Angin adalah Sumber Energi Air bukan hanya sumber energi bagi tubuh. Air juga sumber energi listrik. Cara memanfaatkannya adalah air ditampung pada sebuah bendungan atau waduk. Lalu, bagaimana air di bendungan dapat menghasilkan energi listrik?
Caranya adalah air di bendungan dialirkan. Aliran air ini memiliki kekuatan yang disebut energi kinetik. Energi kinetik air menggerakkan kincir atau turbin. Gerakan kincir air akan menggerakkan generator listrik. Generator listrik inilah yang membangkitkan energi listrik.
Bendungan atau waduk yang dimanfaatkan untuk menghasilkan energi listrik disebut Pembangkit Listrik Tenaga Air atau PLTA. Berikut ini adalah beberapa nama PLTA yang ada di Indonesia.

No.

Nama PLTA

Lokasi

1.

PLTA Jati Luhur

Purwakarta, Jawa Barat

2.

PLTA Maninjau

Agam, Sumatera Barat

3.

PLTA Karangkates

Malang, Jawa Timur

4.

PLTA Sigura-gura

Simorea, Sumatera Utara

5.

PLTA Musi

Kapahiang, Bengkulu

6.

PLTA Gajah Mungkur

Wonogiri, Jawa Tengah


Sumber energi lainnya adalah udara. Di dalam udara terdapat oksigen. Oksigen penting bagi kelangsungan hidup manusia. Manusia bernafas menghirup oksigen. Udara bukan hanya sumber energi bagi tubuh. Udara juga dapat dimanfaatkan sebagai energi listrik.

Udara yang bergerak disebut bayu atau angin. Bayu (angin) memiliki energi kinetik. Energi kinetik inilah yang dapat menggerakkan kincir. Kincir angin dapat menggerakkan generator listrik. Generator listrik akan membangkitkan energi listrik.
Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) terbesar di Indonesia terdapat di Sidrap, Sulawesi Selatan.

·                     Air merupakan sumber energi bagi tubuh dan sumber energi listrik

·                     Aliran air dari bendungan memiliki energi kinetik yang berguna untuk menggerakkan kincir atau turbin.

·                     Bendungan atau waduk dimanfaatkan untuk menghasilkan energi listrik disebut Pembangkit Listrik Tenaga Air atau PLTA.

·                     Udara bukan hanya sumber energi bagi tubuh tetapi juga dapat dimanfaatkan sebagai energi listrik.

·                     Angin memiliki energi kinetik yang dapat menggerakkan kincir.


Ayo Mencoba
Kita wajib menjaga dan melestarikan lingkungan, karena lingkungan adalah tempat hidup. Lingkungan memberi sumber energi untuk kita. Namun, energi tersebut terbatas persediaannya. Apa yang harus kita lakukan sebagai bagian dari lingkungan, untuk menghemat energi?
Lakukan wawancara kepada salah satu anggota keluargamu.  Lakukan wawancara secara bergantian. Catatlah hasil wawancaramu!

Seperti Contoh di bawah ini :

A

:

Apa manfaat menghemat energi?

B

:

Menghemat energi dapat menjaga ketersediaan energi untuk masa yang akan datang

A

:

Di mana saja kita bisa menghemat energi?

B

:

Kita bisa menghemat energi di mana saja, di sekolah, di rumah dan lain-lain

A

:

Kapan kita menghemat energi?

B

:

Kita bisa menghemat energi kapan saja.

A

:

Siapa yang harus menghemat energi?

B

:

Setiap anggota masyarakat harus melakukan penghematan energi.

A

:

Mengapa kita harus menghemat energi?

B

:

Energi yang tersedia di alam suatu saat akan mengalami kekurangan.

A

:

Bagaimana cara menghemat energi?

B

:

Menghemat energi dapat dilakukan dengan cara menggunakan energi seperlunya saja dan tidak boros menggunakan energi

 

LATIHAN

Mintalah orangtuamu/ kakak untuk mewawancarai mu. Susunlah beberapa pertanyaan tentang menghemat energi. Catatlah hasil wawancaramu!

Pertanyaan!

1.                   Apa manfaat menghemat energi?

2.                   Di mana saja kita bisa menghemat energi?

3.                   Kapan kita menghemat energi?

4.                   Mengapa kita harus menghemat energi?

5.                   Bagaimana cara menghemat energi?

 

Selamat mengerjakan!

Selasa, 04 Februari 2025

KELAS 3 TEMA 6 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 2&3, SELASA 4 FEBRUARI 2025

Hari / Tanggal : Selasa, 4 Februari 2025

Tema 6 : Energi dan Perubahannya

Subtema 1 : Sumber Energi

Pembelajaran : 2 dan 3



PENDAHULUAN (15 MENIT)

Assalaamualaikum Wr. Wb


Selamat pagi anak sholih/sholihah semangat ya belajar hari ini.
Hari ini kita akan belajar tema 6 subtema 1 pembelajaran 2 dan 3


Tujuan pembelajaran hari ini adalah:

1. Dengan permainan menyusun kartu huruf, siswa mampu menemukan kosakata terkait sumber energi dengan tepat.

2. Dengan permainan menyusun kata, siswa mampu menyusun informasi terkait sumber energi menggunakan kalimat sendiri dengan tepat.

3. Dengan mendengar penjelasan guru, siswa dapat mengidentifikasi kewajiban-kewajiban di rumah terkait sumber energi.

4. Dengan mengamati gambar, siswa dapat menentukan perilaku yang menunjukkan kewajiban di rumah terkait penghematan sumber energi.

Ayo Berdiskusi
Ketika diminum, maka air akan memberi energi. Tubuh kita memerlukan air sampai 3 liter setiap hari.
Tubuh kita akan lemah jika kekurangan air. Sehingga kita harus memiliki persediaan air bersih yang cukup di rumah.
Tidak di semua tempat tersedia air bersih yang cukup. Di beberapa tempat, orang bahkan harus membeli air untuk keperluan sehari-hari.
Karena itu kita wajib menghemat penggunaan air di rumah.
Matikan keran air sesudah digunakan.
Jangan menghamburkan air untuk keperluan yang tidak penting.
Kalau minum air matang harus dihabiskan. Masih banyak lagi contoh kewajiban di rumah dalam menghemat energi.

Karena kebutuhan akan energi secara terus menerus dan besar-besaran, maka ada kemungkinan kita akan kekurangan energi dari tahun ke tahun.
Karena hal tersebut maka kita perlu melakukan penghematan energi supaya tidak terjadi kekurangan energi.
Cara yang baik dalam menggunakan energi antara lain :

1. Menggunakan energi seperlunya;

2. Tidak membuang-buang/boros energi;

3. Menjaga ketersediaan energi dengan baik.

Ayo Mengamati

Setelah berdiskusi, amatilah gambar berikut ini! Tentukan perilaku yang menunjukkan kewajiban menghemat air! Beri tanda centang (√) untuk gambar yang tepat. Beri tanda silang (X) untuk gambar yang tidak tepat!





Nah, ingat ya bahwa menghemat energi itu adalah suatu kewajiban!
Kebutuhan akan energi secara terus menerus dan besar-besaran, maka ada kemungkinan kita akan kekurangan energi dari tahun ke tahun. Karena hal tersebut  maka kita perlu melakukan penghematan energi.

Menjaga Kelestarian Energi

Menjaga Kelestarian Energi adalah Kewajiban Bersama
Setelah melakukan kegiatan, tubuh kita merasa lelah. Saat tubuh lelah, kita membutuhkan istirahat. Istirahat akan mengembalikan kesegaran tubuh. Selain istirahat, kita membutuhkan asupan makanan dan minuman. Makanan dan minuman membuat tubuh berenergi kembali.

Makanan adalah sumber energi bagi tubuh. Sebagian besar makanan berasal dari tumbuh-tumbuhan. Karena itu, kita wajib memelihara dan melestarikan tumbuh-tumbuhan.

Selain makanan, tubuh juga membutuhkan minuman sebagai sumber energi. Untuk minum, kita membutuhkan air bersih. Namun, saat ini banyak sumber air yang sudah tercemar. Baik sumber air di kota maupun di desa. Pencemaran air disebabkan oleh sampah atau limbah. Sampah dan limbah yang dibuang ke air itulah yang mencemarkan air.

Air bukan hanya sebagai sumber energi bagi tubuh. Air juga merupakan sumber energi listrik. Listrik adalah salah satu energi yang sangat dibutuhkan manusia.

Bumi yang kita tempati adalah milik semua makhluk yang hidup di bumi. Kita harus menjaga kelestarian energinya. Kita tidak boleh memikirkan kepentingan diri sendiri. Kita harus memikirkan kepentingan bersama. Jika sumber energi habis, maka kehidupan manusia akan terancam.

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk melestarikan sumber energi. Di antaranya adalah:

1.            Merawat dan memelihara tanam-tanaman,

2.            Melakukan penghijauan,

3.            Tidak membuang sampah dan limbah ke sumber air,

4.            Menggunakan air secukupnya saja.

 

Marilah mencoba untuk menerapkannya dalam kegiatan sehari-hari

 

Ayo Mengamati
Berikut ini adalah macam-macam satuan waktu.
Ada tahun, bulan, minggu, hari, jam, menit, dan detik. Kali ini, kita hanya akan mempelajari tentang
tahun, bulan, minggu, dan hari. Tentang jam, menit, dan detik akan dipelajari kemudian.
1 tahun sama dengan 12 bulan.
1 bulan terdiri atas 28 sampai 31 hari.

Berikut ini video mengenai menentukan lama kegiatan.



https://youtu.be/CUouaLbYsIw

Lihat tabel di bawah ini!

No.

Nama Bulan

Jumlah Hari

1.

Januari

31

2.

Februari

28 atau 29

3.

Maret

31

4.

April

30

5.

Mei

31

6.

Juni

30

7.

Juli

31

8.

Agustus

31

9.

September

30

10.

Oktober

31

11.

November

30

12.

Desember

31

Khusus bulan Februari setiap 4 tahun sekali jumlah harinya ada 29 hari.

Banyak hari dari Minggu sampai dengan Sabtu adalah 7 hari. Tujuh hari itu disebut seminggu. Satu bulan terdiri dari 4 minggu atau lebih, tergantung jumlah hari dalam bulannya. Kalau jumlahnya ada 28 hari, berarti sebulan sama dengan 4 minggu. Jika jumlahnya 31 hari berarti 1 bulan sama dengan 4 minggu 3 hari.

Perhatikan tabel pada halaman di atas. Kemudian lengkapi tabel berikut!

No.

Nama Bulan

Jumlah Minggu dan Hari

1.

Januari

4 minggu 3 hari

2.

Februari

4 minggu atau 4 minggu 1 hari

3.

Maret

4 minggu 3 hari

4.

April

4 minggu 2 hari

5.

Mei

4 minggu 3 hari

6.

Juni

4 minggu 2 hari

7.

Juli

4 minggu 3 hari

8.

Agustus

4 minggu 3 hari

9.

September

4 minggu 2 hari

10.

Oktober

4 minggu 3 hari

11.

November

4 minggu 2 hari

12.

Desember

4 minggu 3 hari


Ayo Mencoba
Masih ingatkah lagu yang dipelajari pada Pembelajaran 1? Ayo menyanyikan lagi bersama-sama! Coba perhatikan kembali irama lagu tersebut! Kemudian mainkan musik mengikuti pola irama
lagunya. Gunakan alat-alat musik berikut ini!



Alat-alat musik tersebut adalah alat musik ritmis. Mari mainkan secara berkelompok. Satu kelompok memainkan satu jenis alat musik.

Bait pertama, baris pertama lagu diiringi dengan bunyi marakas. Bait pertama baris kedua diiringi dengan tamborin. Bait pertama baris ketiga diiringi kastanyet. Bait pertama baris keempat diiringi rebana.

Bait kedua polanya sama dengan bait pertama. Bait ketiga dari baris pertama sampai dengan keempat diiringi oleh semua alat musik.


Matahari adalah sumber energi yang paling penting di bumi. Kita harus bersyukur atas karunia Tuhan karena adanya energi matahari. Ungkapan syukur dapat ditunjukkan melalui sebuah syair lagu.

Melalui lagu kita dapat mengungkapkan perasaan kita terhadap apa saja. Seperti lagu berikut ini yang mengungkapkan rasa suka cita dan syukur atas adanya matahari sebagai sumber energi.

LATIHAN

Setelah memahami penjelasan di atas. Lengkapi tabel berikut ini! Kerjakan latihanmu 

1 tahun = .. bulan

1 minggu = .. hari

2 tahun = .. bulan

2 minggu = .. hari

3 tahun = .. bulan

3 minggu = .. hari

4 tahun = ... bulan

4 minggu = .. hari

5 tahun = ..  bulan

5 minggu = .. hari






Wassalamualaikum Wr. Wb

Senin, 03 Februari 2025

KELAS 3 TEMA 6 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 1, SENIN 3 FEBRUARI 2025

Hari/ Tanggal              :  Senin, 3 Februari 2025

Tema 6                        : Energi dan Perubahannya

Subtema 1                  : Sumber Energi

Pembelajaran             : 1

 

Ayo Membaca

Matahari Sumber Energi Terbesar

 

Semua benda yang menghasilkan energi disebut sumber energi. 

Tuhan menciptakan bermacam-macam sumber energi. 

Air dan udara adalah sumber energi. Tumbuhan dan hewan adalah sumber makanan. 

Makanan menghasilkan energi bagi tubuh. Jadi, tumbuhan dan hewan juga sumber energi.

Sumber energi lainnya yang ada di bumi adalah matahari. 

Matahari menghasilkan energi cahaya dan panas. 

Cahaya dan panas matahari merupakan sumber kehidupan di bumi. 

Matahari adalah sumber energi terbesar di bumi.

Tanpa matahari, tumbuhan tidak dapat melakukan fotosintesis. 

Dari proses fotosintesis dihasilkan makanan dan oksigen. 

Makanan dan oksigen sangat penting bagi kelangsungan hidup manusia dan makhluk hidup lainnya.

 


Selain membantu proses fotosintesis, sinar matahari juga merupakan sumber energi listrik. 

Melalui Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS), energi cahaya matahari diubah menjadi energi listrik. Salah satu PLTS terbesar di Indonesia terdapat di Kabupaten Karangasem, Bali.

Jadi pada cerita di atas dapat kita simpulkan :

Sumber energi adalah semua benda yang menghasilkan energi. 

Air, udara, tumbuhan dan hewan adalah sumber energi. 

Sumber energi lainnya adalah matahari. Cahaya dan panas matahari merupakan sumber kehidupan di bumi.

Matahari membantu tumbuhan melakukan fotosintesis untuk makanan dan oksigen. 

Sinar matahari juga merupakan sumber energi listrik. 

Energi cahaya matahari diubah menjadi energi listrik melalui PLTS. 

Salah satu PLTS terbesar di Indonesia terdapat di Kabupaten Karangasem, Bali.

 

Ayo Bernyanyi

Matahari adalah sumber energi yang paling penting di bumi. Kita harus bersyukur atas karunia Tuhan karena adanya energi matahari. Ungkapan syukur dapat ditunjukkan melalui sebuah syair lagu.


Berikut video Lagu Matahari Karya Nurkhasanah.

https://youtu.be/GsCeunWatSo

 

Melalui lagu kita dapat mengungkapkan perasaan kita terhadap apa saja. Seperti lagu berikut ini yang
mengungkapkan rasa suka cita dan syukur atas adanya matahari sebagai sumber energi.

Ayo kita belajar menyanyikan lagu berikut! Jangan malu atau ragu. Bernyanyilah dengan percaya diri!

 


Perhatikan perbedaan yang dapat dirasakan saat menyanyikan lagu tersebut! 

Cermati lagu pada bait pertama dan bait kedua. 

Adakah perbedaan rasa saat menyanyikannya?

Bandingkan dengan bait ketiga. Adakah perbedaannya! 

Bait ketiga lagu di atas memiliki perbedaan irama dengan bait pertama dan kedua.

 

Ayo Mengamati
Untuk membuktikan bahwa matahari adalah sumber energi panas, Siti melakukan percobaan. 

Siti menyiapkan segumpal kapas dan sebuah kaca pembesar. 

Lalu Siti meletakkan kapas di atas sebuah wadah. Siti memegang kaca pembesar di atas kapas. 

Siti mengumpulkan sinar matahari ke kaca pembesar dan mengarahkan kumpulan cahaya itu ke kapas. Beberapa waktu kemudian kapas mulai mengeluarkan asap dan terbakar.

Pada percobaan di atas, kita mengetahui bahwa cahaya matahari tidak langsung membakar kapas. Butuh waktu lama sampai kapas dapat terbakar. Kegiatan sehari-hari juga membutuhkan waktu.

Ada kegiatan yang lama dan ada kegiatan yang singkat. Perhatikan gambar berikut ini! 

Beri tanda centang (√) pada gambar kegiatan yang waktunya lebih lama! 

Beri tanda silang (X) untuk kegiatan yang lebih singkat!

 


Kalian sudah dapat membedakan mana kegiatan yang lebih lama dan mana yang lebih singkat. Carilah contoh lainnya!

 

LATIHAN 

Tulislah 5 contoh kegiatan yang lebih lama dilakukan dan lebih singkat dilakukan. 

 

Selamat mengerjakan!

 

Jangan lupa ucapkan terima kasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah hari ini! Mari, kita akhiri kegiatan belajar di rumah hari ini dengan membaca doa sesudah belajar. Terima kasih.. Sampai jumpa besok yaa anak sholih shaliha.

 

Wassalamualaikum Wr. Wb