Senin, 20 Januari 2025

KELAS 3 TEMA 5 SUBTEMA 3 PEMBELAJARAN 1, SENIN 20 JANUARI 2025

Hari / Tanggal          : Senin, 20 Januari 2025

Tema 5                        : Cuaca

Subtema 3                 : Pengaruh Perubahan Cuaca terhadap Kehidupan Manusia

Pembelajaran          : 1


PENDAHULUAN (15 MENIT) 


Assalaamualaikum Wr. Wb

Selamat pagi anak sholih/sholihah semangat ya belajar hari ini.
Hari ini kita akan belajar tema 5 subtema 3 pembelajaran 1

Tujuan pembelajaran hari ini Tujuan Pembelajaran hari ini adalah:

Siswa dapat mengidentifikasi informasi yang berkaitan dengan pengaruh perubahan cuaca terhadap kehidupan manusia dengan baiksiswa dapat menyarikan pokok-pokok informasi yang berkaitan dengan perubahan cuaca terhadap kehidupan manusia menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif dengan baiksiswa dapat menyelesaikan masalah sehari-hari yang melibatkan penjumlahan berpenyebut sama dengan benarsiswa dapat mengidentifikasi kombinasi garis, bidang, dan warna dalam sebuah karya dekoratif dengan benar.

KEGIATAN INTI (45 MENIT) 

Pengaruh Perubahan Cuaca terhadap Kehidupan Manusia 

Indonesia merupakan negara beriklim tropis. Cuaca berubah-ubah. Terkadang panas, berawan,

mendung, atau hujan. Keadaan cuaca dipengaruhi oleh tiga unsur. Ketiganya adalah matahari, angin, dan air. Cuaca sangat berpengaruh bagi kehidupan manusia. Mulai dari ketersediaan sumber daya alam. Ketersediaan alat transportasi. Bahkan, kelancaran aktivitas manusia sehari-hari. Apa saja pengaruh cuaca yang kamu rasakan?

 

Ayo Membaca

Dayu mendapat surat dari Komang. Komang adalah sepupu Dayu di Bali. Bacalah teks surat untuk Dayu. Bacalah dengan nyaring dan intonasi yang tepat!


Setelah kalian membaca surat diatas yuk kita bikin rangkuman, dalam bentuk peta pikiran. Lihat penjelsannya yaa bagaimana membuat rangkuman dalam bentuk peta pikiran.



Coba kalian lihat rangkuman dalam bentuk sebuah peta pikiran, jika kita ingin membuat rangkuman dalam bentuk peta pikiran pstikan ada beberapa kata tanya seperti kapan, apa, bagaimana, mengapa dan siapa.

 

Ayo Mengamati

Perhatikan gambar dibawah ini !



Yuk kita kelompokkan berdasarkan keadaan cuaca yang sama.

Kalian pasti sudah paham benda, makanan dan minuman berdasarkan keadaan cuaca.

 

Penjumlahan Pecahan

Perhatikan contoh di bawah ini

Dalam penjumlahan Pecahan jika penyebutnya nilainya sama besar, maka yang dijumlahkan hanya pembilang. Agar kalian lebih paham bagaimana penjumlahan pecahan, yuk sekarang kita kerjakan latihan dibawah  ini.

 

TUGAS

Kerjakan dibuku latihan tematik yaa


PENUTUP (10 MENIT)

Mari, kita akhiri kegiatan belajar di rumah hari ini dengan membaca doa sesudah belajar. Terima kasih.. Sampai jumpa besok yaa anak sholih shaliha.

Wassalamualaikum Wr. Wb

Jumat, 17 Januari 2025

KELAS 3 TEMA 5 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 6, JUM'AT 17 JANUARI 2025

 Hari / Tanggal          : Jumat, 17 Januari 2025

Tema 5                        : Cuaca

Subtema 2                 : Perubahan Cuaca

Pembelajaran          : 6


PENDAHULUAN (15 MENIT) 


Assalaamualaikum Wr. Wb

Selamat pagi anak sholih/sholihah semangat ya belajar hari ini.
Hari ini kita akan belajar tema 5 subtema 2 pembelajaran 6.

Tujuan pembelajaran hari ini dengan benda konkret, siswa dapat membandingkan dua pecahan berpenyebut sama dengan benar.

KEGIATAN INTI (45 MENIT)

AYO MEMBACA
Pagi ini, hujan masih turun rintik-rintik.Cuaca seperti ini sudah berlangsungsejak tadi malam.
Hari ini, Siti dan teman-teman berjanjiakan berkumpul di rumah Beni. Mereka akan berkreasi membuat alat peraga tentang pecahan dari barang bekas.
Siti, Lani, dan Dayu sudah tiba di rumah Beni. Mereka memakai payung. Tak lama kemudian, Udin pun tiba.Ia memakai jas hujan. 


Beni dan teman-teman bekerja sama membuattugas alat peraga pecahan. Setiap anggota kelompokmemiliki kemampuan yang berbeda.Namun,mereka bersatu menyelesaikan tugas tersebut.


PENUTUP (10 MENIT)

Mari, kita akhiri kegiatan belajar di rumah hari ini dengan membaca doa sesudah belajar. Terima kasih.. Sampai jumpa besok yaa anak sholih shaliha.

Wassalamualaikum Wr. Wb

Kamis, 16 Januari 2025

TEMA 5 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 5, KAMIS 16 JANUARI 2025

Hari / Tanggal          : Kamis, 16 Januari 2025

Tema 5                        : Cuaca

Subtema 2                 : Perubahan Cuaca

Pembelajaran          : 5


PENDAHULUAN (15 MENIT) 

Assalaamualaikum, Wr.Wb

Selamat pagi anak sholih/sholihah semangat ya belajar hari ini

Apakah anak-anak masih ingat materi di pertemuan sebelumnya?

iyaps kita telah belajar tentang kata atau istilah khusus dalam sebuah informasi terkait cuaca

Hari ini kita lanjutkan pembelajarannya ya!

Adapun tujuan pembelajaran hari ini yaitu siswa dapat menjelaskan makna/istilah yang berkaitan dengan pengaruh perubahan cuaca secara lisan/tulisan dengan benar. Serta dengan benda konkret, siswa dapat membandingkan dua pecahan

berpenyebut sama dengan benar.


KEGIATAN INTI (45 MENIT)


AYO MEMBACA

Beberapa hari ini cuaca berubah tak menentu. Terkadang hari ini cerah, esok cuaca hujan. Bahkan cuaca dapat juga berubah-ubah dalam sehari. Sore ini, Lani dan teman-teman sedang bermain di lapangan desa. Mereka menikmati sejuknya udara dan hembusan angin. Sinar matahari bersinar dari celah-celah awan.

Lani dan teman-teman beristirahat sejenak dari permainan mereka. Mereka duduk-duduk di pinggir lapangan. Lani lalu bercerita tentang berita tadi malam di radio. Ternyata, pengaruh cuaca terhadap  kehidupan manusia itu sangat besar.

 

Apa Saja Pengaruh Cuaca bagi Kehidupan Manusia?

Saat cuaca hujan, tanah akan menjadi basah. Berbagai jenis tumbuhan menyukai kondisi seperti ini.

Cuaca panas berpengaruh terhadap kegiatan menjemur pakaian basah. Pakaian yang kita jemur akan cepat kering.

Cuaca juga berpengaruh terhadap pakaian yang kamu gunakan. Saat cuaca hujan, suhu udara sangat dingin. Kita memakai pakaian tebal

agar tubuh tidak kedinginan.

Saat cuaca panas, tubuh kita berkeringat. Kita membutuhkan pakaian yang dapat menyerapkeringat.

 

AYO MENGAMATI


Pecahan pada gambar di atas memiliki angka pembilang yang sama. Namun, angka penyebutnya berbeda. Makin besar angka penyebutnya, makin kecil pula bagian pecahan tersebut.

Bagaimana jika angka penyebutnya sama namun angka pembilangnya yang berbeda-beda? Manakah yang lebih besar? 

Perhatikan gambar berikut ini.



Dapat disimpulkan bahwa untuk pecahan dengan penyebut yang sama:

“Makin besar pembilangnya, makin besar nilai pecahan tersebut.”

 

 

 

 

TUGAS HARI INI



 Tuliskan jawaban pada buku  ya nak.

Selamat mengerjakan!

KEGIATAN PENUTUP (15 MENIT)


Yaps, berikut tadi adalah materi kita har ini ya.

Yuk kita simpulkan bersama:

1. Pecahan dengan pembilang sama, memiliki nilai pecahan yang besar semakin kecil penyebutnya dan sebaliknya


Bagaimana pembelajaran hari ini?

Apakah anak-anak merasa senang?

Tetap semangat belajar dan berlatih ya anak-anak shaleh dan shalehah

Rabu, 15 Januari 2025

KELAS 3 TEMA 5 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 4, RABU 15 JANUARI 2025

  Hari / Tanggal          : Rabu, 15 Januari 2025

Tema 5                        : Cuaca

Subtema 2                 : Perubahan Cuaca

Pembelajaran          : 4


PENDAHULUAN (15 MENIT) 

Assalaamualaikum, Wr.Wb

Selamat pagi anak sholih/sholihah semangat ya belajar hari ini, tapi sebelum belajar jangan lupa mandi, sarapan yang bergizi, sholat dhuha serta murojaah yaa. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!

Apakah anak-anak masih ingat materi di pertemuan sebelumnya?

iyaps kita telah belajar tentang contoh-contoh sikap bersatu dan manfaatnya serta membandingkan dua pecahan dengan media benda konkret

Hari ini kita lanjutkan pembelajarannya ya!

Adapun tujuan pembelajaran hari ini yaitu Dengan membaca, siswa dapat menemukan kata/istilah khusus yang berkaitan dengan pengaruh perubahan cuaca terhadap kehidupan menusia yang terdapat dalam teks bacaan dengan tepat.


KEGIATAN INTI (45 MENIT)

AYO MEMBACA

Bacalah artikel berita berikut:

 

ARTIKEL 1

Pengaruh Cuaca terhadap

Kesehatan dan Perilaku

Jakarta, CNN Indonesia–Kondisi cuaca ternyata memiliki berpengaruh besar terhadap manusia. Pengaruhnya adalah sebagai berikut.

1.        Udara sejuk dapat membuat tidur menjadi nyenyak.

Udara yang sejuk, tidak terasa panas. Angin berhembus dengan lembut. Kita pun dapat tidur dengan nyenyak. Kebalikannya, udara yang panas membuat kita berkeringat. Tidur pun menjadi tidak nyaman.

2.        Hujan dapat membuat alergi kian parah.

Banyak orang yang pilek karena alergi.  Salah satunya karena cuaca dingin. Saat cuaca hujan, udara menjadi lebih dingin. Alergi pun dapat bertambah parah.

3.        Hari yang cerah sangat meningkatkan suasana hati.

Saat cuaca cerah, langit terlihat biru. Kicauan burung-burung pun terdengar. Suasana ini dapat membuat hati bahagia sepanjang hari.

ARTIKEL 2

Perubahan Cuaca Penyebab

Kenaikan Jumlah Pasien

REPUBLIKA.CO.ID, KEDIRI – Kepala Dinas Kesehatan Kota Kediri, berbicara tentang dampak perubahan cuaca.

Di Kediri terjadi perubahan cuaca yang tidak menentu. Cuaca panas dan dingin berganti dengan cepat.

Daya tahan tubuh menjadi terganggu. Akibatnya, orang mudah terserang penyakit.

Hal ini menyebabkan kunjungan pasien ke rumah sakit meningkat. Dari 400-500 orang per hari, menjadi 600-700 orang per hari.

Ada 2 penyakit yang sering dikeluhkan pasien saat perubahan cuaca ini. Penyakit itu adalah infeksi saluran pernafasan akut (ISPA) dan diare.

Penyakit tersebut sebenarnya dapat dicegah. Caranya dengan banyak makan sayur, buahbuahan, dan minum air putih.

Selain itu, Dianjurkan agar warga banyak berolahraga.

Setelah membaca kedua artikel di atas mari tuliskan beberapa kata atau istilah khusus yang kita temukan ke dalam table berikut

 

Selamat mengerjakan!


KEGIATAN PENUTUP (15 MENIT)

Yaps, berikut tadi adalah materi kita har ini ya.

Yuk kita simpulkan bersama:

"Kata khusus merupakan kata yang memiliki makna secara khusus dalam satu topik//tema tertentu"

Bagaimana pembelajaran hari ini?

Apakah anak-anak merasa senang?

Tetap semangat belajar dan berlatih ya anak-anak shaleh dan shalehah

Selasa, 14 Januari 2025

KRLAS 3 TEMA 5 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 2 & 3, SELASA 14 JANUARI 2025

Hari / Tanggal          : Selasa, 14 Januari 2025

Tema 5                        : Cuaca

Subtema 2                 : Perubahan Cuaca

Pembelajaran          : 2 dan 3


PENDAHULUAN (15 MENIT) 

Assalaamualaikum, Wr.Wb

Selamat pagi anak sholih/sholihah semangat ya belajar hari ini, tapi sebelum belajar jangan lupa mandi, sarapan yang bergizi, sholat dhuha serta murojaah yaa. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!

Apakah anak-anak masih ingat materi di pertemuan sebelumnya?

iyaps kita telah belajar tentang informasi perubahan cuaca, membandingkan dua pecahan dan mengenal gerakan lagu "burung ketilang"

Hari ini kita lanjutkan pembelajarannya ya!

Adapun tujuan pembelajaran hari ini yaitu dengan membaca, siswa dapat mengidentifikasi informasi yang berkaitan

dengan pengaruh perubahan cuaca terhadap kehidupan menusia dengan tepat. Dan  Siswa dapat menulis pokok-pokok informasi yang

berkaitan dengan pengaruh perubahan cuaca terhadap kehidupan menusia menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif dengan benar.


KEGIATAN INTI (45 MENIT)

AYO MEMBACA

Lani, Siti, dan Dayu bermain lompat tali. Edo,  Beni, dan Udin bermain kelereng. Teman yang lain sedang membaca buku atau bermain bekel. Saat sedang asyik beristirahat, tiba-tiba hujan pun turun. Mula-mula, hujan turun rintik-rintik, lama-kelamaan makin deras.


Mereka pun bergegas merapikan semua alat permainan. Mereka bersatu untuk saling membantu merapikan mainan.  Mereka lalu masuk ke dalam kelas. Bagaimana caranya agar mereka dapat beraktivitas di dalam kelas dengan leluasa? Mereka bersatu saling membantu menggeser meja dan kursi ke sisi ruangan. Kini, ruang kelas terlihat lebih lapang. Mereka dapat melanjutkan aktivitas bermain dengan nyaman.

 


AYO MENGAMATI

Siti mengambil dua kotak kue cokelat dan vanilla. Kue-kue tersebut diletakkan di atas meja.

 


Mula-mula Siti memotong kue cokelat menjadi 2 bagian sama besar seperti berikut.



Lalu, Siti memotong kue vanila menjadi 3 bagian sama besar seperti berikut.



Manakah yang lebih besar? Manakah yang lebih  kecil? Berilah tanda “>” (lebih besar dari) atau “<” (lebih kecil dari) di tempat yang telah tersedia:



Perhatikan lambang bilangan pecahan beserta potongan kue cokelat dan kue vanila berikut:



Lambang bilangan pecahan di atas memiliki pembilang yang sama, yaitu 1. Namun, bilangan penyebutnya berbeda-beda.

Jadi untuk pecahan dengan angka pembilang sama:

“Makin besar angka penyebutnya, makin kecil nilai pecahan tersebut.”

 TUGAS HARI INI:

 

Selamat mengerjakan!


KEGIATAN PENUTUP (15 MENIT)

Yaps, berikut tadi adalah materi kita har ini ya.

Yuk kita simpulkan bersama:

1. Sikap bersatu merupakan pengamalan sila pancasila ketiga

2. Mengerjakan pekerjaan secara bersama-sama dapat mempermudah suatu pekerjaan

3. Pecahan dengan pembilang sama memiliki nilai pecahan paling besar pada angka penyebut paling kecil atau semakin besar penyebutnya maka nilai pecahan semakin kecil


Bagaimana pembelajaran hari ini?

Apakah anak-anak merasa senang?

Tetap semangat belajar dan berlatih ya anak-anak shaleh dan shalehah


Akhir kata 

wassalamu'aialkum wr wb

Senin, 13 Januari 2025

KELAS 3 TEMA 5 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 1, SENIN 13 JANUARI 2025

Hari / Tanggal          : Senin, 13 Januari 2025

Tema 5                        : Cuaca

Subtema 2                 : Perubahan Cuaca

Pembelajaran          : 1


PENDAHULUAN (15 MENIT) 

Assalaamualaikum, Wr.Wb

Selamat pagi anak sholih/sholihah semangat ya belajar hari ini, tapi sebelum belajar jangan lupa mandi, sarapan yang bergizi, sholat dhuha serta murojaah yaa. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!

Apakah anak-anak masih ingat materi di pertemuan sebelumnya?

iyaps kita telah belajar tentang keadaan cuaca, bentuk pecahan, dan pola irama lagu

Adapun tujuan pembelajaran hari ini yaitu siswa dapat menulis pokok-pokok informasi yang berkaitan dengan pengaruh perubahan cuaca terhadap kehidupan menusia menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif dengan tepat. Serta, dengan benda konkret, siswa dapat membandingkan dua pecahan berpembilang sama dengan benar.

KEGIATAN INTI (45 MENIT)

Ayo Membaca

Apakah yang dimaksud dengan perubahan cuaca?

Mengapa perubahan cuaca dapat terjadi?

Bacalah teks informasi berikut tentang cuaca!

Cuaca dan Perubahannya

Cuaca di sekitar kita dapat berubah-ubah. Cuaca dapat berubah setiap hari. Jika hari ini hujan, esok cuaca dapat menjadi cerah. Jika hari ini cerah, esok dapat saja berubah menjadi hujan.

Saat cuaca cerah, matahari bersinar terang sehingga udara menjadi panas. Cuaca berawan terjadi ketika awan berkumpul menutupi sinar matahari.




Cuaca mendung pertanda akan segera turun hujan. Langit berwarna kelabu. Sebelum hujan terkadang udara terasa agak panas. Jika hujan turun, udara terasa dingin. Titik-titik air mulai turun menjadi hujan rintik-rintik atau gerimis.


 

AYO MENGAMATI

Beni mengambil satu buah melon. Melon itu sudah dipotong-potong oleh Dayu di rumah. Beni lalu  menghitung potongan melon tersebut.

Melon yang pertama telah dipotong menjadi 8 bagian sama besar. Dalam bentuk nilai pecahan, bagian itu dilambangkan dengan


Setelah itu, Edo mengambil buah melon yang  kedua. Melon itu juga sudah dipotong-potong. Edo menghitung potongan melon tersebut.

Melon yang kedua dipotong menjadi 6 bagian yang sama besar. Dalam bentuk pecahan, bagian itu dilambangkan dengan


Lani mengambil 1 potong buah dari melon yang  pertama. Sedangkan Beni mengambil 1 potong buah dari melon yang kedua. Apakah potongan buah dari kedua melon itu sama besar? Mengapa?


 

AYO MENYANYI


TUGAS HARI INI

Bandingkan potongan buah melon!

Isilah dengan tanda “>” (Lebih dari) atau “<” (Kurang dari) pada latihan berikut:


KEGIATAN PENUTUP (15 MENIT)

Yaps, berikut tadi adalah materi kita har ini ya.

Yuk kita simpulkan bersama:

1. Cuaca dapat berganti tiap harinya

2. Sebelum cuaca hujan udara terasa agak panas

3. Pecahan dengan penyebut besar bernilai lebih kecil pecahannya


Bagaimana pembelajaran hari ini?

Apakah anak-anak merasa senang?

Tetap semangat belajar dan berlatih ya anak-anak shaleh dan shalehah

KESIMPULAN

Alhamdulillah pembelajaran hari ini berjalan dengan lancar. Semua siswa dapat mengikuti dan memahami materi. Semua siswa dapat menulis pokok-pokok informasi yang berkaitan dengan pengaruh perubahan cuaca terhadap kehidupan menusia menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif dengan tepat. Serta, dengan benda konkret, siswa dapat membandingkan dua pecahan berpembilang sama dengan benar.

Akhir kata 

wassalamu'aialkum wr wb

Jumat, 10 Januari 2025

KELAS 3 TEMA 5 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 6, JUM'AT 10 JANUARI 2025

Hari / Tanggal          : Jumat, 10 Januari 2025

Tema 5                        : Cuaca

Subtema 1                 : Keadaan Cuaca

Pembelajaran          : 6


PENDAHULUAN (15 MENIT) 

Assalaamualaikum, Wr.Wb

Selamat pagi anak sholih/sholihah semangat ya belajar hari ini, tapi sebelum belajar jangan lupa mandi, sarapan yang bergizi, sholat dhuha serta murojaah yaa. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!

Apakah anak-anak masih ingat materi di pertemuan sebelumnya?

iyaps kita telah belajar tentang contoh makanan khas dari betawi yaitu kueh cucur, dan cara membandingkan pecahan dengan penyebut sama.

Hari ini kita akan melanjutkan pembelajaran kita kembali ya

Adapun tujuan pembelajaran hari ini yaitu siswa siswa dapat memberi contoh sikap bersatu dalam keberagaman di kehidupan sehari-hari dengan baik, siswa dapat menentukan pecahan sebagai bagian dari yang utuh dengan benar, Dengan kegiatan mewarnai gambar, siswa dapat menyajikan pecahan sebagai bagian dari yang utuh dengan benar

KEGIATAN INTI (45 MENIT)

FESTIVAL MAKANAN NUSANTARA

 


Hari Sabtu yang cerah. 

Siti dan kawan-kawan melangkah dengan gembira. 

Mereka siap untuk merayakan festival makanan tradisional. 

 

Lani memakai pakaian adat Bali. 

Udin dengan pakaian Betawi. 

Edo tampak gagah dengan pakaian Maluku. 

Festival makin semarak. Para peserta memakai pakaian daerah. 

 

Orang tua dan guru sudah mulai berdatangan. 

Lani bertugas menyambut para undangan. Lani selalu tersenyum ramah. 

Mengunjungi festival makanan sungguh menyenangkan. 

Kamu dapat mencicipi makanan yang dipamerkan. 

Kamu juga dapat mencari informasi. 

Informasi tentang beragam daerah di Indonesia. 

Kamu juga dapat mengenal ragam pakaian adat daerahnya

 

Keberagaman negara kita  adalah sebuah anugerah. 

Kita harus saling menghormati setiap perbedaan. 

Perbedaan membuat kita kaya. 

Menjaga persatuan dan kesatuan adalah tugas kita bersama.

 

TUGAS HARI INI

Dari stan Betawi, tersisa dodol. Dodolnya berbentuk bulat dan lonjong. Yuk, kita mewarnai gambar dodol betawi. Warnai berdasarkan lambang bilangan pecahan yang diketahui!


Selamat berlatih ya!

PENUTUP (15 MENIT)

Yaps, berikut tadi adalah materi kita har ini ya.

Yuk kita simpulkan bersama:

1. Setiap daerah memiliki pakaian daerah yang berbeda-beda

2. Keberagaman membuat kita kaya

3. Menjaga persatuan dan kesatuan adalah tugas bersama


Bagaimana pembelajaran hari ini?

Apakah anak-anak merasa senang?

Tetap semangat belajar dan berlatih ya anak-anak shaleh dan shalehah


Akhir kata 

wassalamu'aialkum wr wb

Kamis, 09 Januari 2025

KELAS 3 TEMA 5 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 5, KAMIS 9 JANUARI 2025

Hari / Tanggal          : Kamis, 9 Januari 2025

Tema 5                        : Cuaca

Subtema 1                 : Keadaan Cuaca

Pembelajaran          : 5


PENDAHULUAN (15 MENIT) 

Assalaamualaikum, Wr.Wb

Selamat pagi anak sholih/sholihah semangat ya belajar hari ini, tapi sebelum belajar jangan lupa mandi, sarapan yang bergizi, sholat dhuha serta murojaah yaa. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!

Apakah anak-anak masih ingat materi di pertemuan sebelumnya?

iyaps kita telah belajar tentang nama-nama makanan khas tiap daerah serta kata-kata yang berhubungan dengan cuaca

Hari ini kita akan melanjutkan pembelajaran kita kembali ya

Adapun tujuan pembelajaran hari ini yaitu siswa dapat menyampaikan informasi yang tepat sesuai kosakata mengenai keadaan cuaca dengan efektif. siswa dapar menyontohkan sikap bersatu dalam keberagaman dengan baik, siswa dapat menentukan nilai pecahan sebagai bagian dari yang utuh dengan tepat

KEGIATAN INTI (45 MENIT)

Festival Makanan

Festival ragam makanan akan dilaksanakan besok. 

Udin, Beni, Siti, dan teman-teman mulai sibuk. 

Mereka mempersiapkan segala sesuatunya. 

Mereka akan membawa makanan sesuai daerah asalnya. 

Hari ini mereka akan menghias kelas. 

Ruang festival akan menjadi lebih meriah. 

Udin membagi kelompok kerja teman-teman. 

Kelompok Beni bertugas menyusun meja dan kursi. 

Mereka membaginya berdasarkan nama pulau besar di Indonesia. 

 

Kelompok Siti bertugas membuat daftar makanan. 

Apa saja makanan yang akan dipamerkan saat festival? 

Daftar makanan ditulis di karton besar. 

Kelompok Lani bertugas menjadi penerima tamu. 

Mereka juga akan mengatur acara festival.

 Acara akan menjadi lebih tertib dan teratur. 

Kelompok Edo bertugas menyiapkan musik dan lagu. 

Musik dan lagu untuk mengiringi acara festival. 

Acara festival akan menjadi lebih meriah. 

Kelompok Dayu akan menyiapkan hiburan. 

Hiburan pembuka berupa tarian daerah.

Tarian daerah untuk menyambut para tamu yang hadir.

Perbedaan adalah karunia dari Tuhan. Perbedaan menunjukkan bahwa kita bangsa yang kaya.

Perbedaan hendaknya membuat kita makin bangga. Bangga menjadi anak Indonesia. Kita

tetap harus saling menghormati. Kita juga harus  menjaga persatuan bangsa.

Festival makanan telah tiba.

Udin membawa kue cucur khas Betawi.

 


                                                Kue Cucur

Hari ini Udin membawa contoh untuk dicicip teman-teman sekelas. 

1. Satu kue cucur dibagi dua untuk Siti dan Lani. Masing-masing mendapat seperdua (1 /2). 

2. Satu kue cucur lainnya dibagi tiga untuk Beni,Edo, Udin.Masing-masing mendapat sepertiga (1/3). 

3. Satu  lagi kue cucur dibagi empat untuk temanteman lainnya. Masing-masing mendapat seperempat ( 1 /4 ). 

Manakah yang besar nilainya antara 1/ 2, 1/ 3, dan 1/ 4?

yang lebih besar adalah 1/2

 

TUGAS HARI INI 


Selamat berlatih ya!

PENUTUP (15 MENIT)

Yaps, berikut tadi adalah materi kita har ini ya.

Yuk kita simpulkan bersama:

1. Setiap daerah memiliki makanan khas yang beragam

2. Kueh cucur merupakan makanan khas betawi

3. Semakin besar penyebut pecahan, maka semakin kecil nilai pecahannya


Bagaimana pembelajaran hari ini?

Apakah anak-anak merasa senang?

Tetap semangat belajar dan berlatih ya anak-anak shaleh dan shalehah

Kesimpulan

Alhamdulillah pembelajaran hari ini berjalan dengan lancar, seluruh siswa dapat mengikuti pembelajaran dengan baik dan seluruh siswa dapat menyampaikan informasi yang tepat sesuai kosakata mengenai keadaan cuaca dengan efektif serta siswa dapat menyontohkan sikap bersatu dalam keberagaman dengan baik, juga siswa dapat menentukan nilai pecahan sebagai bagian dari yang utuh dengan tepat


Akhir kata 

wassalamu'aialkum wr wb

Rabu, 08 Januari 2025

KELAS 3 TEMA 5 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 4, RABU 8 JANUARI 2025

Hari / Tanggal          : Rabu, 8 Januari 2025

Tema 5                        : Cuaca

Subtema 1                 : Keadaan Cuaca

Pembelajaran          : 4


PENDAHULUAN (15 MENIT) 

Assalaamualaikum, Wr.Wb

Selamat pagi anak sholih/sholihah semangat ya belajar hari ini, tapi sebelum belajar jangan lupa mandi, sarapan yang bergizi, sholat dhuha serta murojaah yaa. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!

Apakah anak-anak masih ingat materi di pertemuan sebelumnya?

iyaps kita telah belajar tentang jenis-jenis cuaca, bilangan pecahan dan menuliskan kata-kata terkait cuaca

Hari ini kita akan melanjutkan pembelajaran kita kembali ya

Adapun tujuan pembelajaran hari ini yaitu siswa dapat menentukan kosakata berkaitan dengan keadaan cuaca secara benar, siswa dapat menceritakan kembali informasi terkait keadaan cuaca dengan kalimat yang benar.

KEGIATAN INTI (45 MENIT)

KUMPUL KATA

Siti, Dayu, dan Lani bermain “Kumpul Kata”. Begitu banyak kata berserakan di meja. Mereka akan mengumpulkan kata-kata tentang cuaca. Ayo, kita bantu mereka mengumpulkan kata-kata yang berhubungan dengan cuaca.



Ayo Berdiskusi

Siti, Dayu, dan Lani melanjutkan diskusi. Mereka berdiskusi tentang asal daerahnya. Daerah yang menjadi asal-usul orang tua mereka. Dayu berasal dari Bali. Siti berasal dari Padang. Setiap daerah memiliki makanan khas yang berbeda. Tahukah kamu makanan dan minuman khas daerahmu? Apa nama makanan dan minuman yang enak dinikmati pada saat cuaca hujan?

Biasanya, saat hujan, kita menyantap makanan atau minuman yang menghangatkan tubuh. Makanan dan minuman khas Indonesia sangat beragam. Dapat dinikmati dalam berbagai suasana dan cuaca. Termasuk yang disantap saat cuaca hujan. Kita harus mensyukuri karunia Tuhan untuk hal ini. Kita memiliki beragam suku bangsa. Kita juga memiliki beragam budaya. Kita pun memiliki beragam jenis makanan dan minuman.



 

TUGAS HARI INI

Mengumpulkan Kata –kata yang berhubungan dengan cuaca

Setelah selesai mengumpulkan kata, buatlah kesimpulan pemahamanmu terhadap cuaca

Berikut tadi adalah materi kita hari ini ya:

Yuk Kita simpulkan bersama:

1. Makanan hangat cocok disantap ketika cuaca hujan

2. Makanan dan minuman pada cuaca tertentu akan berbeda pada setiap daerah


Bagaimana pembelajaran hari ini?

Apakah anak-anak merasa senang?

Tetap semangat belajar dan berlatih ya


AKhir kata wassalamu'aialkum wr wb

Selasa, 07 Januari 2025

KELAS 3 TEMA 5 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 2 & 3, SELASA 7 JANUARI 2025

 Hari / Tanggal           : Selasa, 7 Januari 2025

Tema 5                        : Cuaca

Subtema 1                 : Keadaan Cuaca

Pembelajaran          : 2 dan 3


PENDAHULUAN (15 MENIT) 

Assalaamualaikum, Wr.Wb

Selamat pagi anak sholih/sholihah semangat ya belajar hari ini, tapi sebelum belajar jangan lupa mandi, sarapan yang bergizi, sholat dhuha serta murojaah yaa. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!

Apakah ana-akan masih ingat materi di pertemuan sebelumnya?

iyaps kita telah belajar tentang jenis-jenis cuaca, bilangan pecahan dan menyanyikan lagu ambilkan bulan bu.

Hari ini kita akan melanjutkan pembelajaran kita kembali ya

Adapun tujuan pembelajaran hari ini yaitu siswa dapat menentukan kosakata berkaitan dengan keadaan cuaca secara benar, siswa dapat menceritakan kembali informasi terkait keadaan cuaca dengan kalimat yang benar.

KEGIATAN INTI (45 MENIT)

Ayo Membaca !

Hujan deras turun semalaman. Pagi hari terasa

lebih dingin. Udin, Edo, dan Beni berangkat sekolah

bersama. Edo memakai jaket ke sekolah. Jaket

berguna untuk melindungi tubuh dari udara dingin.

Kita memerlukan pakaian tambahan saat udara

dingin. Pakaian tambahan jaket atau sweater

membuat tubuh hangat. 

Makanan juga dapat membuat tubuh hangat.

Begitu juga minuman. Banyak makanan dan

minuman yang dapat menghangatkan tubuh.

Edo dan kawan-kawan berdiskusi dengan serunya.

Mereka akan mengadakan festival makanan

daerah. Setiap siswa membawa makanan dari

daerah asalnya. Kemudian, mereka memberikan

penjelasan singkat tentang makanan tersebut.

 

Pecahan

Ibu membuat telur dadar satu bundaran besar.

Ibu memotongnya menjadi 8 bagian.

Setiap anggota keluarga mendapat 2 potong.

Ini sama artinya dengan setiap anggota keluarga mendapatkan dua perdelapan bagian telur dadar.

 

 

Siti menambahkan timun pada piring nasi goreng.

Satu buah timun dipotong menjadi 16 bagian.

Setiap anggota keluarga mendapatkan 4 potong timun.

Ini sama artinya dengan setiap anggota keluarga mendapat empat perenam belas bagian timun.

 


Wah, ternyata Ibu juga menambahkan sosis.

Ada 1 buah sosis yang Ibu siapkan.

Satu buah sosis dipotong menjadi enam bagian.

Sosis dibagi hanya untuk Ayah, Siti, dan adik.

Masing-masing mendapat 2 dari 6 potong.

Ini sama artinya masing-masing mendapat dua perenam bagian sosis.

 

TUGAS HARI INI

Bacalah Cerita dibawah ini !


 

Setelah membaca cerita Persahabatan Matahari dan Awan, jawablah pertanyaan berikut ini.

1. Siapakah tokoh yang terdapat dalam cerita tersebut?

2. Apa yang membuat Matahari merasa kesal?

3. Apa yang telah dilakukan manusia sehingga Matahari kesal?

4. Seandainya kalian menjadi Matahari. Apa yang akan kalian lakukan terhadap manusia yang tidak disiplin?


PENUTUP (15 MENIT)

Berikut tadi adalah materi kita hari ini, mari kita simpulkan

1. Keadaan cuaca mempengaruhi manusia berpakaian

2. Pada cuaca hujan manusia akan memakai baju yang tebal

3. Nilai pecahan selalu sama besar


Bagaimana pembelajaran hari ini?

Apakah anak-anak merasa senang?

Tetap semangat belajar dan berlatih ya


AKhir kata wassalamu'aialkum wr wb

Senin, 06 Januari 2025

KELAS 3 TEMA 5 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 1, SENIN 6 JANUARI 2025

Hari / Tanggal           : Senin, 6 Januari 2025

Tema 5                        : Cuaca

Subtema 1                 : Keadaan Cuaca

Pembelajaran          : 1


PENDAHULUAN (15 MENIT) 

Assalaamualaikum, Wr.Wb

Selamat pagi anak sholih/sholihah semangat ya belajar hari ini, tapi sebelum belajar jangan lupa mandi, sarapan yang bergizi, sholat dhuha serta murojaah yaa. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!

Adapun tujuan pembelajaran pada hari ini yaitu siswa dapat mengidentifikasi informasi mengenai keadaan cuaca dengan benarsiswa dapat mengidentifikasi pecahan sebagai bagian dari sesuatu yang utuh dari benda konkret dengan tepat.

KEGIATAN INTI (45 MENIT)

Keadaan Cuaca

Apa sih cuaca itu ? apakah ada yang sudah tahu.  Cuaca adalah keadaan udara pada tempat dan waktu

tertentu. Indonesia memiliki empat jenis cuaca, yaitu cuaca berawan, mendung, hujan, dan cerah.

Cuaca yang berbeda dapat membuat kegiatan manusia berubah. Agar kalian lebih memamahi apa itu keadaan

cuaca yuk kita simak video berikut ini :

https://youtu.be/WtdHufOb8is

Mengenal Pecahan Sederhana

Ibu memotong kue menjadi delapan bagian.

Berarti, setiap potongnya merupakan seperdelapan bagian dari kue yang utuh.

Kata seperdua, seperempat, dan seperdelapan merupakan bilangan pecahan.

 



Ayo bernyanyi!

Cuaca malam masih diselimuti hujan.

Saat hujan, bulan tak tampak di langit.

Ibu mendendangkan lagu

Ambilkan Bulan Bu. Ibu menemani Siti belajar di kamar.

Ayo, kita bernyanyi lagu Ambilkan Bulan Bu bersama-sama.

Nyanyikanlah dengan irama yang tepat.

Ada bagian yang kita nyanyikan dengan tempo irama cepat.

Ada bagian yang kita nyanyikan dengan tempo irama sedang.

Ada pula bagian yang dinyanyikan dengan tempo irama lambat.

Perhatikan lagu Ambilkan Bulan Bu.

Kalimat 1 dan 2 memiliki tempo irama yang sama.

Menyanyi dapat membuat hati senang.

Menyanyi juga dapat menenangkan hati.

 PENUTUP (10 MENIT)

Yuk kita simpulkan materi hari ini:

1. Cuaca adalah keadaan udara pada tempat dan waktu tertentu. 

2. Indonesia memiliki empat jenis cuaca, yaitu cuaca berawan, mendung, hujan, dan cerah.

3. Setiap benda yang dipotong menjadi sama bagian dsebut pecahan seperti 1/2, 1/4 dst


Berikut tadi pembelajar hari ini

bagaimana? apakah kamu senang belajar hari ini?

Tetap Semangat  belajar dan giat selalu ya 

Wassalamualaikum Wr. Wb

Jumat, 06 Desember 2024

KELAS 3 REMEDIAL DAN PENGAYAAN PAS SEMESTER GANJIL

Hari/Tanggal : Jumat, 6 Desember 2024

Materi : Remedial dan Pengayaan Tema 1

Kelas : 3A


Assalaamualaikum, Wr.Wb


Selamat pagi anak sholih/sholihah semangat ya belajar hari ini, tapi sebelum belajar jangan lupa mandi, sarapan yang bergizi, sholat dhuha serta murojaah yaa. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!

Untuk remedial dan pengayaan hari ini silakan anak-anak kerjakan soal-soal berikut ya:

1. Apa yang dimaksud pewawancara?

2. ⁠Apa yang dimaksud kalimat saran?

3. ⁠hitunglah operasi bilangan berikut:

- 18 x 7 = 

- ⁠288 : 24 =

4. Tuliskan cara perkembangbiakan tumbuhan dan contoh tanamannnya.

5. ⁠Tuliskan lima lagu anak-anak beserta penciptanya.


Terima kasih sudah belajar hari ini

Semoga anak-anak semua menjadi anak yang pintar, saleh dan salehah.


Wassalamualaikum wr wb