Senin, 28 Oktober 2024

KELAS 3 TEMA 4 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 1, SENIN 28 OKTOBER 2024

Hari / Tanggal           : Senin, 28 Oktober 2024

Tema 4                        : Kewajiban dan Hakku

Subtema 2                 : Kewajiban dan hakku di sekolah

Pembelajaran          : 1


PENDAHULUAN (15 MENIT) 

Assalaamualaikum, Wr.Wb

Selamat pagi anak sholih/sholihah semangat ya belajar hari ini, tapi sebelum belajar jangan lupa mandi, sarapan yang bergizi, sholat dhuha serta murojaah yaa. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!

Anak shaleh dan shalehah, sebelum memulai belajar hari ini, masih ingatkah yang kita pelajari di pertemuan sebelumnya?

Iyaps di pertemuan sebelumnya kita telah belajar tentang kewajiban dan hak di rumah serta mmengkreasikan bilangan cacahan ratusan

Hari ini kita akan belajar tentang hak dan kewajiban berkaitan dengan makanan dan membuat contoh kalimat saran dengan kata sebaiknya dan seharusnya. 

Adapun tujuan pembelajaran hari ini adalah siswa dapat membuat kalimat saran sederhana berkaitan dengan suatu kasus serta dapat membedakan kewajiban dan hak di sekolah

Anak-anak pintar adalah harapan orang tua. Apa yang dapat dilakukan agar menjadi anak yang pintar?

Bacalah dengan nyaring!


Rahasia Anak Pintar


Setiap anak di kelasmu pintar dan baik hati. Ada anak yang pintar olahraga atau menari. Ada juga yang pintar matematika atau bahasa.

Ada yang pintar menyanyi atau berteman dengan semua orang.

Apakah kamu dapat pintar tanpa berusaha?



Semua anak ingin pintar, tetapi belum tahu caranya. Jika ingin pintar, inilah rahasianya.

Dengarkan saat guru menjelaskan. Kerjakan tugas-tugas tepat waktu. Banyaklah membaca dan berlatih. Jangan mudah menyerah. Bertanyalah kepada gurumu. Atur juga waktu belajarmu dengan baik. Selain itu, bertemanlah dengan banyak orang. 





















AYO BERLATIH
KEGIATAN PENUTUP (10 MENIT)
Anak shaleh dan shalehah berikut tadi adalah materi kita hari ini ya
Yuk kita simpulkan:
1. Setiap anak memiliki keahlian yang berbeda 
2. Salah satu kewajiban seorang siswa di sekolah adalah mendengarkan dengan seksama penjelasan guru
3. Untuk mengkreasikan pengurangan bilangan cacah, dapat dibuat dengan menjumlahkan hasil dengan satu bilangan yang ditentukan.

KESIMPULAN
Alhamdulillah pembelajaran berjalan dengan baik, semua siswa dapat membuat kalimat saran sederhana berkaitan dengan suatu kasus serta dapat membedakan kewajiban dan hak di sekolah

Semoga pembelajaran hari ini dapat bermanfaat
AKhir kata,
Wassalamu'alaikum wr wb

Jumat, 25 Oktober 2024

KELAS 3 TEMA 4 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 6, JUM'AT 25 OKTOBER 2024

Hari / Tanggal           : Jumat, 25 Oktober 2024

Tema 4                        : Kewajiban dan Hakku

Subtema 1                 : Kwajiban dan hakku di rumah 

Pembelajaran          : 6


PENDAHULUAN (15 MENIT) 

Assalaamualaikum, Wr.Wb

Selamat pagi anak sholih/sholihah semangat ya belajar hari ini, tapi sebelum belajar jangan lupa mandi, sarapan yang bergizi, sholat dhuha serta murojaah yaa. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!

Anak shaleh dan shalehah, sebelum memulai belajar hari ini, masih ingatkah yang kita pelajari di pertemuan sebelumnya?

Iyaps di pertemuan sebelumnya kita telah belajar tentang kewajiban dan hak berkaitan dengan tubuh sehat serta mmengkreasikan bilangan cacahan ratusan

Hari ini kita akan belajar tentang hak dan kewajiban berkaitan dengan makanan dan membuat contoh kalimat saran dengan kata sebaiknya dan seharusnya. 

Adapun tujuan pembelajaran hari ini adalah siswa dapat membuat kalimat saran sederhana berkaitan dengan suatu kasus serta dapat membedakan kewajiban dan hak berkaitan dengan makanan


KEGIATAN INTI (45 MENIT)

AYO MEMBACA

Bacalah dengan nyaring!

Rumahku Bersih dan Nyaman



Rumah adalah rezeki dari Tuhan. Kita merasa nyaman ketika di rumah. Ibu menjadikan rumah terasa sejuk. Ayah menjadikan rumah terasa aman. Anak-anak menjadikan rumah terasa menyenangkan. Setiap anggota keluarga wajib menjaga tempat tinggal agar bersih. Tempat tinggal bersih membuat mereka nyaman. Tempat tinggal bersih juga mencegah mereka dari sakit. Bagaimana kita bisa mendapatkan tempat tinggal yang bersih?

Setiap anggota keluarga berhak mendapatkan rumah bersih. Mereka bersama-sama menjaga lantai agar bersih. Ruang tengah selalu rapi. Meja makan selalu bebas dari piring kotor. Dapur bersih dari sampah. Halaman tertata rapi. Simaklah masalah-masalah berikut ini! Sampaikan saranmu di depan kelas! 

Lakukan secara berkelompok!

1. Lani ingin lantai rumahnya selalu bersih. Saat pulang sekolah ia melihat lantai rumahnya kotor. Saran apa yang dapat kamu berikan kepada Lani?

2. Edo ingin rumahnya rapi. Bibi selalu merapikan rumah Edo. Sudah satu minggu bibi pulang kampung. Rumah Edo tampak berantakan. Apa saranmu untuk Edo?

3. Dayu ingin kamarnya rapi. Ia tidak bisa merapikan kamarnya sendiri. Apa yang seharusnya Dayu lakukan?

4. Ibu Beni ingin meja makan di rumahnya bersih. Beni hampir selalu meninggalkan sisa makanan di meja. Apa yang seharusnya Beni lakukan?

5. Siti ingin rumah yang menyenangkan. Ia sedang bersedih. Ayah dan ibu Siti sedang menengok nenek di kampung. Bagaimana seharusnya Siti bersikap?

AYO BERLATIH

Udin dan kakaknya mengumpulkan kelereng bersama-sama. Jumlah kelereng semuanya 600 buah. Berapa kemungkinan kelereng yang bisa dikumpulkan Udin? Berapa kemungkinan kelereng yang bisa dikumpulkan kakak Udin?


AYO BERDISKUSI

Udin dan Mutiara ingin rumahnya selalu rapi. Apa saja kewajiban yang harus Udin dan Mutiara lakukan? Apa saja hak Udin dan Mutiara?Diskusikan dengan temanmu, kemudian tulislah hasil diskusimu!


KEGIATAN PENUTUP (10 MENIT)
Anak shaleh dan shalehah berikut tadi adalah materi kita hari ini ya
Yuk kita simpulkan:
1. Kewajiban berkaitan dengan adalah semua anggota keluarga harus menjaga rumah tetap bersih agar terhindar dari penyakit.
2. Hak berkaitan dengan tempat tinggal yaitu mendapat rumah yang bersih dan rapih, dicintai dijaga dilindungi dan dihormati, diperlakukan dengan lembut dan sopan, serta mendapatkan tempat tinggal. 
3. Cara membuat kreasi bilangan cacah paling mudah adalah dengan mengurangi bilangan hasil dengan bilangan ratusan atau puluhan.

Alhamdulillah anak-anak semua sudag dapat membuat kalimat saran sederhana berkaitan dengan suatu kasus serta dapat membedakan kewajiban dan hak berkaitan dengan rumah/tempat tinggal.

Semoga pembelajaran hari ini dapat bermanfaat
AKhir kata,
Wassalamu'alaikum wr wb

Kamis, 24 Oktober 2024

KELAS 3 TEMA 4 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 4, KAMIS 24 OKTOBER 2024

Hari / Tanggal           : Kamis, 24 Oktober 2024

Tema 4                        : Kewajiban dan Hakku

Subtema 1                 : Kwajiban dan hakku di rumah 

Pembelajaran          : 5


PENDAHULUAN (15 MENIT) 

Assalaamualaikum, Wr.Wb

Selamat pagi anak sholih/sholihah semangat ya belajar hari ini, tapi sebelum belajar jangan lupa mandi, sarapan yang bergizi, sholat dhuha serta murojaah yaa. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!

Anak shaleh dan shalehah, sebelum memulai belajar hari ini, masih ingatkah yang kita pelajari di pertemuan sebelumnya?

Iyaps di pertemuan sebelumnya kita telah belajar tentang kewajiban dan hak berkaitan dengan tubuh sehat serta mmengkreasikan bilangan cacahan ratusan

Hari ini kita akan belajar tentang hak dan kewajiban berkaitan dengan makanan dan membuat contoh kalimat saran dengan kata sebaiknya dan seharusnya. 

Adapun tujuan pembelajaran hari ini adalah siswa dapat membuat kalimat saran sederhana berkaitan dengan suatu kasus serta dapat membedakan kewajiban dan hak berkaitan dengan makanan


KEGIATAN INTI (45 MENIT)

Ayo Mengamati 

Simaklah temanmu yang sedang membaca! 

Rumah Tempat Berlindung 



Setiap orang wajib melindungi dirinya dari bahaya. Salah satu tempat berlindung adalah tempat tinggal. Setiap orang berhak mendapatkan tempat tinggal. Tempat tinggal biasanya berbentuk rumah. Rumah memiliki bentuk yang berbeda-beda, tetapi manfaatnya sama. 

 Rumah merupakan tempat berlindung dan beristirahat. Rumah juga tempat berkumpul bersama keluarga. Kita tidur, mandi, makan, dan melepas lelah di rumah. Kita juga belajar banyak hal di rumah. Udin dan Mutiara mengeluhkan rumah mereka yang bocor. Ibu menasihati mereka agar bersyukur atas semua yang dimiliki. Ibu menyarankan mereka agar melihat orangorang yang lebih susah.  


Banyak anak yang tidak memiliki rumah. Banyak anak yang tetap bahagia meski rumahnya banjir. Dengan bersyukur, hati akan senang.

Amati kalimat-kalimat berikut!
 Apakah kalimat tersebut merupakan kewajiban atau hak? 
Kewajiban dan Hak di Rumah 
1. Bersyukur karena memiliki tempat tinggal. 
2. Mendapat rumah yang bersih dan rapi. 
3. Bicara lembut dan sopan
4. Membantu merapikan dan menata rumah. 
5. Dicintai, dijaga, dilindungi, dan dihargai. 
6. Saling mencintai, menjaga, melindungi, dan menghargai. 
 7. Diperlakukan dengan lembut dan sopan. 
8. Saling menolong dan memaafkan. 
9. Mendapat tempat tinggal. 
10. Menjaga kebersihan dan kerapian rumah.


Ayah Udin ingin rumah mereka nyaman. Ia berencana merapikan pagar rumah mereka. Ayah Udin membutuhkan 980 batu bata. Ia memiliki beberapa batu bata di rumah. Ayah membeli kekurangannya di toko bangunan. Berapa batu bata yang mungkin ayah Udin miliki dan berapa yang harus dibeli?


KEGIATAN PENUTUP (10 MENIT)
Anak shaleh dan shalehah berikut tadi adalah materi kita hari ini ya
Yuk kita simpulkan:
1. Kewajiban berkaitan dengan tempat berlindung bersyukur karena memiliki tempat tinggal, bicara yang sopan dan santun, membantu merapihkan rumah, saling menjaga mencintai melindungi dan menghargai, serta menjaga kerapihan rumah
2. Hak berkaitan dengan tempat tingga yaitu mendapat rumah yang bersih dan rapih, dicintai dijaga dilindungi dan dihormati, diperlakukan dengan lembut dan sopan, serta mendapatkan tempat tinggal. 
3. Cara membuat kreasi bilangan cacah paling mudah adalah dengan mengurangi bilangan hasil dengan 100 jika ratusan, 10 jika puluhan

Alhamdulillah anak-anak semua sudah membuat kalimat saran sederhana berkaitan dengan suatu kasus serta dapat membedakan kewajiban dan hak berkaitan dengan tempat tinggal. Namun masih ada dua siswa yang belum dapat mandiri membedakan kewajiban dan hak berkaitan dengan tempat tinggal.


Semoga pembelajaran hari ini dapat bermanfaat
AKhir kata,
Wassalamu'alaikum wr wb

Rabu, 23 Oktober 2024

KELAS 3 TEMA 4 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 4, RABU 23 OKTOBER 2024

Hari / Tanggal           : Rabu, 23 Oktober 2024

Tema 4                        : Kewajiban dan Hakku

Subtema 1                 : Kwajiban dan hakku di rumah 

Pembelajaran          : 4


PENDAHULUAN (15 MENIT) 

Assalaamualaikum, Wr.Wb

Selamat pagi anak sholih/sholihah semangat ya belajar hari ini, tapi sebelum belajar jangan lupa mandi, sarapan yang bergizi, sholat dhuha serta murojaah yaa. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!

Anak shaleh dan shalehah, sebelum memulai belajar hari ini, masih ingatkah yang kita pelajari di pertemuan sebelumnya?

Iyaps di pertemuan sebelumnya kita telah belajar tentang kewajiban dan hak berkaitan dengan tubuh sehat serta mmengkreasikan bilangan cacahan ratusan

Hari ini kita akan belajar tentang hak dan kewajiban berkaitan dengan makanan dan membuat contoh kalimat saran dengan kata sebaiknya dan seharusnya. 

Adapun tujuan pembelajaran hari ini adalah siswa dapat membuat kalimat saran sederhana berkaitan dengan suatu kasus serta dapat membedakan kewajiban dan hak berkaitan dengan makanan


KEGIATAN INTI (45 MENIT)

Bacalah permasalahan berikut ini! Berilah saran apa yang sebaiknya dilakukan! Berdiskusilah dengan kelompokmu! Lalu, sampaikan hasil diskusimu di depan kelas! 

 1. Ibuku selalu menyediakan makanan yang sehat dan bersih. Aku lebih suka jajan. Apa yang sebaiknya aku lakukan? 

= Sebaiknya kamu makan makanan yang sudah disediakan

= Seharusnya kamu jangan jajan

2. Setiap hari ibuku menyiapkan sarapan pagi. Aku sering terburu-buru dan tak sempat sarapan. Apa yang sebaiknya aku lakukan? 

 3. Ibu menyampaikan bahwa tanganku harus bersih ketika menyentuh makanan. Aku merasa itu tidak penting. Apa yang sebaiknya aku lakukan? 

4. Ayah selalu mengingatkanku agar berdoa sebelum dan sesudah makan. Aku sering kali tidak melakukannya. Apa yang sebaiknya aku lakukan?

 5. Ayahku selalu berpesan agar aku menghabiskan makananku. Aku masih sering makan bersisa. Apa yang sebaiknya aku lakukan?


HAK DAN KEWAJIBAN TENTANG MAKANAN

 1. Bersyukur atas semua makanan yang ada. 

 2. Mendapat makanan sehat dan bersih. 

 3. Makan makanan yang sudah disediakan. 

 4. Memilih makanan yang sehat. 

 5. Mendapat sarapan pagi sebelum ke sekolah. 

 6. Membaca doa sebelum dan sesudah makan. 

 7. Mendapat air minum yang bersih dan sehat. 

 8. Mengambil makanan secukupnya. 

 9. Mendapat makan siang yang sehat dan bersih. 

10. Menghabiskan makanan yang sudah diambil.

Ayo klasifikasikan mana saja yang hak dan kewajiban!


Kamu sudah mempelajari kewajiban dan hak yang berkaitan dengan makanan. 

Pernahkah kamu melaksanakannya di rumah? Ceritakanlah! Tulislah di tempat yang telah disediakan!


KEGIATAN PENUTUP (10 MENIT)
Anak shaleh dan shalehah berikut tadi adalah materi kita hari ini ya
Yuk kita simpulkan:
1. Kewajiban berkaitan dengan makanan contohnya adalah bersyukur atas makanan yang ada, membaca doa dan sebelum makan, makan makanan yang disediakan, mengambil makanan secukupnya, menghabiskan makanan yang sudah diambil
2. Hak berkaitan dengan makanan contohnya adalah menadapatkan makanan yang sehat dan bersih, memilih makanan yang sehat, mendapat minum yang bersih, mendapatkan sarapan, makan siang dan makan malam
3. Contoh memberikan kalimat saran diawali dengan kata "seharusnya" dan "sebaiknya"

Alhamdulillah anak-anak semua sudah dapat membuat kalimat saran sederhana berkaitan dengan suatu kasus serta dapat membedakan kewajiban dan hak berkaitan dengan makanan. Namun, masih ada 1 siswa yang belum menggunakan kalimat saran dengan struktur penuh dan kata sebaiknya, seharusnya, hendaknya, atau semestinya.


Semoga pembelajaran hari ini dapat bermanfaat
AKhir kata,
Wassalamu'alaikum wr wb

Selasa, 22 Oktober 2024

KELAS 3 TEMA 4 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 2&3, SELASA 22 OKTOBER 2024

Hari / Tanggal           : Selasa,  22 Oktober 2024

Tema 4                        : Kewajiban dan Hakku

Subtema 1                 : Kwajiban dan hakku di rumah 

Pembelajaran          : 2 & 3


PENDAHULUAN (15 MENIT) 

Assalaamualaikum, Wr.Wb

Selamat pagi anak sholih/sholihah semangat ya belajar hari ini, tapi sebelum belajar jangan lupa mandi, sarapan yang bergizi, sholat dhuha serta murojaah yaa. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!

Anak shaleh dan shalehah, sebelum memulai belajar hari ini, masih ingatkah yang kita pelajari di pertemuan sebelumnya?

Iyaps di pertemuan sebelumnya kita telah belajar tentang kewajiban dan hak di rumah dalam kalimat saran, mengrkeasikan bilangan cacah dengan berbagai cara serta menyanyikan lagu dengan pola irama sederhana bertempo lambat

Pada hari ini kita akan masih membahas tentang kewajiban dan hak di rumah


tujuan pembelajaran hari ini adalah anak-anak dapat menunjukkan ungkapan kalimatsaran, masukan atau penyelesaian; dapat mengkreasikan dua bilangan cacah penjumlahan; dapat memeragakan pola irama lagu 


KEGIATAN INTI (40 MENIT) 

PEMBELAJARAN 2

Ayo Membaca Bacalah dengan nyaring! 

Bersyukur Memiliki Pakaian 

Manusia wajib melindungi tubuhnya. Siti juga selalu melindungi tubuhnya. Ia selalu melindungi tubuhnya dengan mengenakan pakaian yang rapi. 

 Memiliki pakaian adalah hak setiap orang. Siti mendapat pakaian dari orang tuanya. Siti memiliki berbagai pakaian untuk dipakainya sehari-hari. Siti memiliki pakaian untuk bermain dan untuk tidur. Siti juga memiliki seragam sekolah. Pakaian Siti selalu bersih dan rapi. Pakaian membuat Siti merasa nyaman. Pakaian melindungi tubuh Siti dari udara dingin dan panas matahari. Pakaian juga dapat menjaga Siti dari gangguan serangga


Tuliskan saran-saranmu! 
1. Udin minta dibelikan baju baru. Di lemari, baju Udin masih banyak dan masih bagus. ____________________________________________ 
2. Rok Dayu robek karena digunakan bermain lompat tali. ____________________________________________ 
3. Beni ingin bermain dengan tetangganya. Ia masih mengenakan seragam sekolah. ____________________________________________ 
4. Pulang sekolah Lani sangat lelah. Ia tidur siang tanpa berganti baju. 
____________________________________________ 

PEMBELAJARAN 3

Ayo Membaca 

Setiap anak berhak memiliki tubuh sehat. 

Apa itu tubuh sehat? Apa yang harus kamu lakukan agar memiliki tubuh sehat? Berdiskusilah dengan teman-temanmu! 

Lalu bacalah teks berikut dengan nyaring! 

Memiliki Tubuh Sehat 

Kamu wajib menjaga kesehatan tubuh. Tubuh yang sehat membuatmu dapat belajar dan bermain. Tubuh yang sehat juga membuatmu dapat berjalan dan bekerja. 

Tubuh yang sehat membuatmu dapat bergerak aktif dan gesit. Setiap anak berhak memiliki tubuh yang sehat. Namun, ada juga anak yang mudah sakit. Tubuh anak yang sakit menjadi lemah sehingga susah bergerak. Mereka seharusnya menjaga tubuhnya agar selalu sehat.

Menjaga tubuh tetap sehat merupakan kewajiban kita semua. Apa yang harus kamu lakukan agar tubuhmu sehat?

 Pertama, makan makanan tyang bergizi dan makan dengan teratur. 

 Kedua, istirahat yang cukup. 

Ketiga, rajinlah berolahraga. 

Keempat, minum air putih baik untuk tubuh


Ayo Mencoba 

Keluarga Dayu sering sarapan kentang. Ayah Dayu memiliki kebun kentang. Lima panen terakhir, ayah Dayu memanen 1.000, 1.200, 1.300, 1.500, dan 2.000 buah kentang. Ayah Dayu menyimpan sebagian kentang di rumah. Sebagiannya lagi dijual ke pasar.

TUGAS:

Sekarang buatlah cerita versimu sendiri, dengan jumlah angka dan kreasi bilangan cacah mu ya.


 KEGIATAN PENUTUP (15 MENIT)

Anak shaleh dan shalehah berikut tadi adalah materi kita hari ini

Yuk kita simpulkan bersama:

1. Salah satu kewajiban kita adalah memakai pakaian

2. Kita juga berkewajiban menjaga pakaian agar tetap bersih, rapih, dan tidak rusak

3. Mendapatkan pakaian adalah hak setiap orang

4. Ketika memberikan saran seseorang dapat menggunakan kata "sebaiknya" atau "seharusnya"

5. Menjaga kesehatan tubuh merupakan sebuah kewajiban

6. Untuk mengkreasikan bilangan cacah anak-anak dapat mengurang dan menjumlah tiap bagian secara sama

Alhamdulillah anak-anak semua sudah dapat menunjukkan ungkapan kalimatsaran, masukan atau penyelesaian; dapat mengkreasikan dua bilangan cacah penjumlahan; dapat memeragakan pola irama lagu. Namun masih ada satu siswa yang masih belum bisa mengkreasikan penjumlahan dua bilangan cacah dengan mandiri. Semoga anak-anak dapat lebih mandiri dan fokus dalam kegiatan belajar di kelas.


Semoga pembelajaran hari ini dapat bermanfaat

tetap semangat belajar

Wassalamu'alaikum wr wb

KELAS 3 TEMA 4 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 1, SENIN 21 OKTOBER 2024

Hari / Tanggal           : Senin, 21 OKtober 2024

Tema 4                        : Kewajiban dan Hakku

Subtema 1                 : Kwajiban dan hakku di rumah 

Pembelajaran          : 1


PENDAHULUAN (15 MENIT) 

Assalaamualaikum, Wr.Wb

Selamat pagi anak sholih/sholihah semangat ya belajar hari ini, tapi sebelum belajar jangan lupa mandi, sarapan yang bergizi, sholat dhuha serta murojaah yaa. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!

Anak shaleh dan shalehah, sebelum memulai belajar hari ini, masih ingatkah yang kita pelajari di pertemuan sebelumnya?

Iyaps di pertemuan sebelumnya kita telah menyelesaikan tema 3 tentang benda-benda di sekitar kita, wujud bendanya serta perubahan-perubahan wujud benda yang ada

Hari ini kita akan memulai tema yang baru yaitu tentang Kewajiban dan Hakku 

Apaka anak-anak masih ingat apa itu kewajiban?

Apakah itu hak?

Dapatkah menyebutkan contoh keduanya?

Iyaps hari ini kita akan pelajari itu semua ya

tujuan pembelajaran hari ini adalah anak-anak dapat menunjukkan ungkapan kalimatsaran, masukan atau penyelesaian; dapat mengkreasikan dua bilangan cacah penjumlahan; dapat memeragakan pola irama lagu 

                 : Kwajiban dan hakku di rumah 

Pembelajaran          : 1


PENDAHULUAN (15 MENIT) 

Assalaamualaikum, Wr.Wb

Selamat pagi anak sholih/sholihah semangat ya belajar hari ini, tapi sebelum belajar jangan lupa mandi, sarapan yang bergizi, sholat dhuha serta murojaah yaa. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!

Anak shaleh dan shalehah, sebelum memulai belajar hari ini, masih ingatkah yang kita pelajari di pertemuan sebelumnya?

Iyaps di pertemuan sebelumnya kita telah menyelesaikan tema 3 tentang benda-benda di sekitar kita, wujud bendanya serta perubahan-perubahan wujud benda yang ada

Hari ini kita akan memulai tema yang baru yaitu tentang Kewajiban dan Hakku 

Apaka anak-anak masih ingat apa itu kewajiban?

Apakah itu hak?

Dapatkah menyebutkan contoh keduanya?

Iyaps hari ini kita akan pelajari itu semua ya

tujuan pembelajaran hari ini adalah anak-anak dapat menunjukkan ungkapan kalimatsaran, masukan atau penyelesaian; dapat mengkreasikan dua bilangan cacah penjumlahan; dapat memeragakan pola irama lagu 


KEGIATAN INTI (40 MENIT) 

Ayo Membaca 

Bacalah dengan suara senyap! 

Kasih Sayang di Rumah 


Manusia tidak bisa hidup sendiri. Sebagai manusia kita wajib saling mengasihi dan menyayangi. Menyayangi keluarga merupakan salah satu kewajiban kita.

Di dalam setiap kewajiban selalu ada hak yang kita dapatkan. Kewajiban dan hak hendaknya dilaksanakan secara seimbang. Akan tetapi, masih ada orang yang tidak melaksanakan kewajibannya. Setiap orang harus melaksanakan kewajiban. 



 Sebagai seorang anak, kamu harus menyayangi orang tuamu. Kamu juga harus berterima kasih kepada kedua orang tuamu. Kamu harus mendoakan mereka setiap hari. Menyayangi orang tua, berterima kasih kepadanya, dan mendoakannya merupakan kewajiban setiap anak. 

Kamu harus bersyukur karena orang tuamu menyayangimu. Mereka juga selalu menjaga dan mendoakanmu. Jadi, setiap orang harus menjalankan kewajibannya. Laksanakanlah kewajibanmu, maka kamu akan menerima hakmu! Perhatikan teks “Kasih Sayang di Rumah”! Garis bawahilah kalimat saran yang kamu temukan! 

Amati contoh kemungkinan berikut ini! 

Tuliskan lima kemungkinan lain di bawah contoh!
Buatlah kreasi bilangan cacahmu sendiri ya

Amati liriknya! 
Cobalah nyanyikan sesuai kreasimu! 
Perhatikan gurumu bernyanyi! Ikuti perlahan-lahan dengan irama yang benar! 

Jika Ibuku Tua Nanti 
AT Mahmud 

Jika ibuku tua nanti, 
 beruban berambut putih, akan kujaga ibuku, 
agar senang selalu, 

Jika ayahku tua nanti, 
berjalan bertongkat kayu, akan kutuntun selalu, 
kemana ayah pergi



Dapatkah kamu menentukan pola irama dari lagu di atas?

Ayo nyanyikan bersama teman-temanmu ya


 KEGIATAN PENUTUP (15 MENIT)

Anak shaleh dan shalehah berikut tadi adalah materi kita hari ini

Yuk kita simpulkan bersama:

1. Kewajiban di rumah adalah menyayangi orangtua, membantu orangtua, dan menghormati orangtua

2. Hakku di rumah adalah mendapatkan kasih sayang, mendapatkan perawatan dan mendapatkan waktu bersama

3. Bilangan cacah memiliki banyak variasi penjumlahan

4. Pola irama merupakan panjang pendeknya bunyi dalam sebuah lagu


Semoga pembelajaran hari ini dapat bermanfaat

tetap semangat belajar

Wassalamu'alaikum wr wb

Kamis, 17 Oktober 2024

KELAS 3 KISI-KISI PTS TEMA 2 SUBTEMA 3&4, KAMIS 17 OKTOBER 2024

 Hari / Tanggal : Kamis, 17 Oktober 2024

Tema 2 : Menyayangi Tumbuhan dan Hewan

Subtema 3 & 4        



Assalaamualaikum, Wr.Wb


Selamat pagi anak sholih/sholihah semangat ya belajar hari ini, tapi sebelum belajar jangan lupa mandi, sarapan yang bergizi, sholat dhuha serta murojaah yaa. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!


Karena hari ini anak-anak semua melaksanakan PTS Tema 2 Sub 3 dan 4, berikut Bu Resti bagikan kisi-kisinya ya:

KISI-KISI PTS TEMA 2 SUB 3 & 4

Selamat belajar semoga hasil hari ini maksimal ya


Wassalamu'alaikum wr wb

Rabu, 16 Oktober 2024

KELAS 3 KISI-KISI PTS TEMA 2 SUBTEMA 1&2, RABU 16 OKTOBER 2024

Hari / Tanggal : Rabu, 16 Oktober 2024

Tema 2 : Menyayangi Tumbuhan dan Hewan

Subtema 1 & 2           



Assalaamualaikum, Wr.Wb


Selamat pagi anak sholih/sholihah semangat ya belajar hari ini, tapi sebelum belajar jangan lupa mandi, sarapan yang bergizi, sholat dhuha serta murojaah yaa. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!


Karena hari ini anak-anak semua melaksanakan PTS Tema 2 Sub 1 dan 2, berikut Bu Resti bagikan kisi-kisinya ya:

KISI-KISI PTS TEMA 2 SUB 1 & 2

Selamat belajar semoga hasil hari ini maksimal ya


Wassalamu'alaikum wr wb

Selasa, 15 Oktober 2024

KELAS 3 KISI-KISI PTS TEMA 1 SUBTEMA 3&4, SELASA 15 OKTOBER 2024

Hari / Tanggal : Selasa, 15 Oktober 2024

Tema 1 : Ciri-Ciri Makhluk Hidup

Subtema 1 & 2           



Assalaamualaikum, Wr.Wb


Selamat pagi anak sholih/sholihah semangat ya belajar hari ini, tapi sebelum belajar jangan lupa mandi, sarapan yang bergizi, sholat dhuha serta murojaah yaa. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!


Karena hari ini anak-anak semua melaksanakan PTS Tema 1 Sub 3 dan 4, berikut Bu Resti bagikan kisi-kisinya ya:

KISI-KISI PTS TEMA 1 SUB 3 & 4

Selamat belajar semoga hasil hari ini maksimal ya


Wassalamu'alaikum wr wb

Senin, 14 Oktober 2024

KISI-KISI PTS TEMA 1 SUBTEMA 1&2, SENIN 14 OKTOBER 2024

Hari / Tanggal           :  Senin, 14 Oktober 2024

Tema 1                        : Ciri-Ciri Makhluk Hidup

Subtema 1 & 2           


Assalaamualaikum, Wr.Wb


Selamat pagi anak sholih/sholihah semangat ya belajar hari ini, tapi sebelum belajar jangan lupa mandi, sarapan yang bergizi, sholat dhuha serta murojaah yaa. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!


Karena hari ini anak-anak semua melaksanakan PTS Tema 1 Sub 1 dan 2, berikut bu Resti bagikan kisi-kisinya ya:

KISI KISI TEMA 1 SUB 1& 2

Selamat belajar semoga hasil hari ini maksimal ya

Wassalamu'alaikum wr wb

Kamis, 10 Oktober 2024

KELAS 3 TEMA 3 SUBTEMA 4 PEMBELAJARAN 5, KAMIS 10 OKTOBER 2024

 Hari / Tanggal           :  Kamis, 10 Oktober 2024

Tema 3                        : Benda di Sekitarku

Subtema 4                 : Keajaiban Perubahan Wujud Di Sekitarku 

Pembelajaran          : 5


PENDAHULUAN (15 MENIT) 

Assalaamualaikum, Wr.Wb

Selamat pagi anak sholih/sholihah semangat ya belajar hari ini, tapi sebelum belajar jangan lupa mandi, sarapan yang bergizi, sholat dhuha serta murojaah yaa. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!

Anak shaleh dan shalehah, sebelum memulai belajar hari ini, masih ingatkah yang kita pelajari di pertemuan sebelumnya?

DI pelajaran sebelumnya kita telah mempelajari tentang kesamaan lirik lagu dan mengkonversi satuan waktu.

Pada hari ini kita akan masih belajar tentang perubahan benda di sekitar kita yaitu proses terjadinya hujan

Adapun tujuan pembelajaran hari ini yaitu anak-anak dapat memahami perubahan wujud yang terjadi saat hujan serta menghitung lama waktu suatu kejadian berlangsung.


KEGIATAN INTI (40 MENIT)

PEMBELAJARAN 5

Proses terjadinya hujan melalui beberapa tahap perubahan wujud. Penguapan terjadi pada saat air dipermukaan bumi menguap karena terkena panas matahari. Uap air akan berubah menjadi awan. Setelah itu terjadi proses pengembunan di mana uap air berubah menjadi titiktitik air yang disebut pengembunan.

Ayo Mengamati
Pernahkah kamu memperhatikan terjadinya hujan? Hujan terjadi karena adanya perubahan wujud. Sebagian permukaan bumi berisi air. Ada sungai, danau, kolam, dan lautan yang terisi air.

Air di permukaan bumi menguap terkena panas matahari. Uap air akan berubah menjadi awan. Awan akan mengembun menjadi titik-titik air. Kemudian, titik-titik air jatuh ke bumi. Itulah yang dikenal sebagai hujan.

 


Ayo Berdiskusi
Perubahan wujud yang terjadi di sekitarmu merupakan perubahan alami. Perubahan yang terjadi di alam inilah yang patut disyukuri.

 

Proses terjadinya hujan melalui beberapa tahap perubahan wujud. Penguapan terjadi pada saat air dipermukaan bumi menguap karena terkena panas matahari. Uap air akan berubah menjadi awan. Setelah itu terjadi proses pengembunan di mana uap air berubah menjadi titik-titik air yang disebut pengembunan.

Ayo Menulis
Kamu telah mengurutkan proses terjadinya hujan. Jelaskan yang terjadi di setiap gambar! Mulailah dari nomor 1.


Ayo Mengamati
Siti hendak pergi ke rumah teman untuk mengerjakan tugas. Saat itu hujan turun dengan derasnya. Siti menunggu hingga hujan reda. Hujan turun sejak pukul 07.15 pagi dan berhenti pukul 09.10. Berapa lama hujan turun?




Lama hujan turun

45 menit + 1 jam + 10 menit = 1 jam 55 menit
Jadi, hujan turun selama 1 jam 55 menit

Udin pergi ke sekolah diantar ayah. Udin berangkat pukul 06.25. Perjalanan dari rumah ke sekolah membutuhkan waktu 30 menit. Pukul berapa Udin sampai di sekolah?

 

30 menit setelah pukul 06.25 adalah 06.55. Udin sampai di sekolah pukul 06.55.


Ayo Mengamati
Saat musim hujan, jejak sepatu siswa membasahi lantai sekolah. Akibatnya, lantai sekolah menjadi basah dan licin. Udin berjalan dengan cepat karena takut terlambat masuk sekolah. Udin tidak memperhatikan lantai yang basah dan licin.

Udin pun tegelincir, buku yang dibawanya jatuh berserakan. Udin terlihat menahan sakit di kakinya. Kamu berada di dekat Udin saat itu. Apa yang kamu lakukan? Tuliskan pendapatmu!

 KEGIATAN PENUTUP (15 MENIT)

Anak shaleh dan shalehah berikut tadi adalah materi kita hari ini

Yuk kita simpulkan bersama:

1. Terjadi proses penguapan dan pengembunan dalam siklus hujan

2. Dua buah lagu memungkinkan lirik lagu yang sama

3. Untuk dapat menghitung lama waktu berlangsung kita dapat menambahkan menitnya terlebih dahulu, lalu jamnya kemudian dengan susun ke bawah


Semoga pembelajaran hari ini dapat bermanfaat

tetap semangat belajar

Wassalamu'alaikum wr wb

Rabu, 09 Oktober 2024

KELAS 3 TEMA 3 SUBTEMA 4 PEMBELAJARAN 4, RABU 9 OKTOBER 2024

 Hari / Tanggal           : Rabu, 9 Oktober 2024

Tema 3                        : Benda di Sekitarku

Subtema 4                 : Keajaiban Perubahan Wujud Di Sekitarku 

Pembelajaran          : 4


PENDAHULUAN (15 MENIT) 

Assalaamualaikum, Wr.Wb

Selamat pagi anak sholih/sholihah semangat ya belajar hari ini, tapi sebelum belajar jangan lupa mandi, sarapan yang bergizi, sholat dhuha serta murojaah yaa. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!

Anak shaleh dan shalehah, sebelum memulai belajar hari ini, masih ingatkah yang kita pelajari di pertemuan sebelumnya?

Iyaps kemarin kita telah belajar tentang proses pembuatan garam dan gulali sebagai salah satu bentuk perubahan wujud benda yang ada di sekitar kita

Hari ini kita akan belajar tentang EFEK GLOBAL WARMING, koNVERSI SATUAN WAKTU, DAN CARA MELIPAT PAKAIAN.

Adapun tujuan pembelajaran hari ini yaitu siswa dapat memahami tentang global warming, mengkonversi satuan waktu, dan mempraktikkan cara melipat pakaian


Embun biasanya akan terbentuk dengan baik pada malam hari yang cerah dan tenang. Karena jika ada angin yang bertiup, maka tidak akan ada cukup waktu bagi uap air untuk bersentuhan dengan permukaan objek yang dingin sehingga uap air tidak akan dapat mengembun. Kemudian ketika matahari bersinar kembali dan memanaskan permukaan objek-objek, embun akan menguap kembali.


Embun adalah salah satu peristiwa perubahan wujud di alam. Embun terjadi karena di pagi hari udara lebih dingin sehingga uap air (berwujud gas) di udara berubah menjadi partikel air (wujud cair). Perubahan wujud ini disebut pengembunan.

Ayo Membaca
Perhatikan syair dari dua lagu di bawah ini!

Pahami syair lagu di atas! 



Ayo Mencoba
Lengkapi tabel di bawah ini!

Isilah dengan kata yang hanya ada di lagu Embun Pagi.

Isilah dengan kata yang ada di kedua lagu.

Isilah dengan kata yang hanya ada di lagu Embun.



Gunakan kamus! Carilah arti kata berikut ini!

1.     Surya adalah matahari.

2.     Dini adalah pagi sekali atau belum waktunya.

3.     Percik adalah titik-titik air yang berhamburan.

4.     Linang adalah meleleh.

5.     Intan adalah batu permata yang berkilauan.

6.     Cemerlang adalah bercahaya atau bersinar sangat terang; berkilauan.

7.     Ria adalah riang gembira. suka cita.

8.     Riang adalah suka hati; girang sekali

9.     Kilau adalah cahaya gemerlap; cahaya berkilap.

10.  Sejuk adalah berasa atau terasa dingin.

Temukan juga bahasa daerahmu yang mempunyai arti sama!

Ayo Menulis
Embun juga merupakan peristiwa perubahan wujud di alam. Embun terjadi karena di pagi hari udara lebih dingin. Oleh karena itu, uap air (berwujud gas) di udara berubah menjadi partikel air (wujud cair). Perubahan wujud dari gas menjadi cair disebut mengembun.

KEGIATAN PENUTUP(15 MENIT)

Itu tadi materi kita hari ini ya

mari kita simpulkan:

1. Pemanasan global/global warming dapat terjadi karena polusi udara yang tinggi

2. Penyebab polusi udara adalah asap kendaraan, asap pabrik

3. Untuk mengkoversi lamanya kejadian, jumlah kan satuan yang sama

4. Setiap pakaian memiliki cara melipat yang berbeda

Kesimpulan

Alhamdulillah anak-anak semua sudah dapat  memahami tentang global warming, mengkonversi satuan waktu, dan mempraktikkan cara melipat pakaian. Namun masih ada 3 siswa yang masih belum tepat mengonversi satuan waktu ke dalam jam dan menit. Semoga anak-anak semua dapat lebih giat lagi untuk belajar ya.

Itu tadi rangkaian materi kita hari ini ya

Semoga bermanfaat

Tetap semangat belajar dan berlatih

Wassalamu'alaikum wr wb

Selasa, 08 Oktober 2024

KELAS 3 TEMA 3 SUBTEMA 4 PEMBELAJARAN 3, SELASA 08 OKTOBER 2024

 Hari / Tanggal           : Selasa, 8 Oktober 2024

Tema 3                        : Benda di Sekitarku

Subtema 4                 : Keajaiban Perubahan Wujud Di Sekitarku 

Pembelajaran          : 3


PENDAHULUAN (15 MENIT) 

Assalaamualaikum, Wr.Wb

Selamat pagi anak sholih/sholihah semangat ya belajar hari ini, tapi sebelum belajar jangan lupa mandi, sarapan yang bergizi, sholat dhuha serta murojaah yaa. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!

Anak shaleh dan shalehah, sebelum memulai belajar hari ini, masih ingatkah yang kita pelajari di pertemuan sebelumnya?

Iyaps kemarin kita telah belajar tentang proses pembuatan garam dan gulali sebagai salah satu bentuk perubahan wujud benda yang ada di sekitar kita

Hari ini kita akan belajar tentang EFEK GLOBAL WARMING, koNVERSI SATUAN WAKTU, DAN CARA MELIPAT PAKAIAN.

Adapun tujuan pembelajaran hari ini yaitu siswa dapat memahami tentang global warming, mengkonversi satuan waktu, dan mempraktikkan cara melipat pakaian 

KEGIATAN INTI (40 MENIT)

PEMBELAJARAN 3

Ayo Membaca
Pemanasan Global
Pemanasan global disebut juga global warming. Pemanasan global terjadi jika suhu bumi meningkat. Akibatnya, es di wilayah kutub akan mencair. Hal ini menyebabkan permukaan air laut naik. Jika dibiarkan, maka dalam puluhan tahun mendatang pulau-pulau di dunia akan tenggelam.

Pemanasan global terjadi karena polusi udara yang tinggi. Asap kendaraan bermotor dan asap pabrik menyebabkan pancaran sinar matahari tidak dapat keluar dari bumi. Akibatnya, suhu bumi semakin panas.

Tumbuhan dan hewan pun merasakan dampak pemanasan global. Akibat kesulitan beradaptasi, beberapa jenis hewan dan tumbuhan mungkin akan mengalami kepunahan. Pada akhirnya, manusia akan merasakan kekurangan bahan makanan dan mengalami bencana kelaparan.



Kita dapat mengurangi laju pemanasan global. Caranya dengan mengurangi pencemaran udara. Contohnya berjalan kaki atau menggunakan sepeda untuk pergi ke tempat yang dekat. Mencintai dan memelihara tumbuhan dan tanaman. Menghemat pemakaian listrik dan air.

Kamu telah membaca tentang pemanasan global. Tuliskanlah kosakata baru yang kamu ketahui dari bacaan di atas! Temukan arti kata-kata tersebut dalam kamus!


Ayo Berlatih
Kita dapat mengurangi laju pemanasan global. Caranya dengan mengurangi pemakaian kendaraan. Seperti mobil ataupun motor. Lakukan gaya hidup sehat. Gunakan sepeda untuk jarak tempuh yang dekat.

Siti dan teman-temannya ke sekolah naik sepeda. Waktu yang ditempuh Siti dan teman-temannya dari rumah menuju sekolah adalah 90 menit.


Berapa jam, waktu yang ditempuh Siti dari rumah menuju sekolah dengan bersepeda?

Ayo Mengamati
Menghemat penggunaan listrik merupakan contoh dalam menahan laju pemanasan global. Udin menyalakan lampu kamar di pagi hari selama 1 jam 30 menit. Pada malam hari selama 4 jam 45 menit. Berapa lama Udin menyalakan lampu kamar?

Jadi, 1 jam 30 menit + 4 jam 45 menit
= 5 jam + 1 jam + 15 menit
= 6 jam 15 menit

Edo pergi ke rumah paman naik motor. Rumah paman berada di luar kota. Waktu yang dibutuhkan Edo ke rumah paman 1 jam 30 menit. Bila menggunakan kendaraan umum, waktu yang dibutuhkan 1 jam 55 menit. Berapa perbedaan waktu menggunakan motor dibandingkan kendaraan umum?

Jadi, 1 jam 55 menit – 1 jam 30 menit = 25 menit

Ayo berlatih

Ayo berlatih menambahkan dan mengurangkan waktu di bawah ini! Nomor 1 telah dicontohkan.
1. 7 jam 20 menit + 2 jam 30 menit =
7 jam + 2 jam = 9 jam
20 menit + 30 menit = 50 menit
9 jam + 50 menit = 9 jam 50 menit
Jadi, 7 jam 20 menit + 2 jam 30 menit = 9 jam 50 menit

Ayo Mencoba
Kekuasaan Tuhan sangat luar biasa. Tahukah kamu posisi matahari yang sangat ideal dengan bumi? Posisi ini mengakibatkan bumi tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin. Panas matahari tidak membuat semua air menguap. Masih cukup air di muka bumi ini setiap harinya.

Setiap hari kita membutuhkan sinar matahari untuk mengeringkan baju setelah dicuci. Pernahkah kamu membantu ibu menjemur pakaian? Atau membantu melipat setelah kering?

Lipatlah aneka jenis pakaian atau perlengkapan berbahan kain yang tersedia. Berlatihlah terus agar
lipatanmu lebih rapi lagi! Kamu diharapkan sudah dapat melipat dengan rapi. 


Kesimpulan
Alhamdulillah pembelajaran hari ini berjalan dengan lancar. Semua siswa dapat mengikuti pembelajaran dengan baik, semua siswa juga memahami tentang global warming, mengkonversi satuan waktu, dan mempraktikkan cara melipat pakaian

Terima kasih telah belajar hari ini
Tetap semangat
Wassalamualaikum wr wb