Selasa, 22 Oktober 2024

KELAS 3 TEMA 4 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 2&3, SELASA 22 OKTOBER 2024

Hari / Tanggal           : Selasa,  22 Oktober 2024

Tema 4                        : Kewajiban dan Hakku

Subtema 1                 : Kwajiban dan hakku di rumah 

Pembelajaran          : 2 & 3


PENDAHULUAN (15 MENIT) 

Assalaamualaikum, Wr.Wb

Selamat pagi anak sholih/sholihah semangat ya belajar hari ini, tapi sebelum belajar jangan lupa mandi, sarapan yang bergizi, sholat dhuha serta murojaah yaa. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!

Anak shaleh dan shalehah, sebelum memulai belajar hari ini, masih ingatkah yang kita pelajari di pertemuan sebelumnya?

Iyaps di pertemuan sebelumnya kita telah belajar tentang kewajiban dan hak di rumah dalam kalimat saran, mengrkeasikan bilangan cacah dengan berbagai cara serta menyanyikan lagu dengan pola irama sederhana bertempo lambat

Pada hari ini kita akan masih membahas tentang kewajiban dan hak di rumah


tujuan pembelajaran hari ini adalah anak-anak dapat menunjukkan ungkapan kalimatsaran, masukan atau penyelesaian; dapat mengkreasikan dua bilangan cacah penjumlahan; dapat memeragakan pola irama lagu 


KEGIATAN INTI (40 MENIT) 

PEMBELAJARAN 2

Ayo Membaca Bacalah dengan nyaring! 

Bersyukur Memiliki Pakaian 

Manusia wajib melindungi tubuhnya. Siti juga selalu melindungi tubuhnya. Ia selalu melindungi tubuhnya dengan mengenakan pakaian yang rapi. 

 Memiliki pakaian adalah hak setiap orang. Siti mendapat pakaian dari orang tuanya. Siti memiliki berbagai pakaian untuk dipakainya sehari-hari. Siti memiliki pakaian untuk bermain dan untuk tidur. Siti juga memiliki seragam sekolah. Pakaian Siti selalu bersih dan rapi. Pakaian membuat Siti merasa nyaman. Pakaian melindungi tubuh Siti dari udara dingin dan panas matahari. Pakaian juga dapat menjaga Siti dari gangguan serangga


Tuliskan saran-saranmu! 
1. Udin minta dibelikan baju baru. Di lemari, baju Udin masih banyak dan masih bagus. ____________________________________________ 
2. Rok Dayu robek karena digunakan bermain lompat tali. ____________________________________________ 
3. Beni ingin bermain dengan tetangganya. Ia masih mengenakan seragam sekolah. ____________________________________________ 
4. Pulang sekolah Lani sangat lelah. Ia tidur siang tanpa berganti baju. 
____________________________________________ 

PEMBELAJARAN 3

Ayo Membaca 

Setiap anak berhak memiliki tubuh sehat. 

Apa itu tubuh sehat? Apa yang harus kamu lakukan agar memiliki tubuh sehat? Berdiskusilah dengan teman-temanmu! 

Lalu bacalah teks berikut dengan nyaring! 

Memiliki Tubuh Sehat 

Kamu wajib menjaga kesehatan tubuh. Tubuh yang sehat membuatmu dapat belajar dan bermain. Tubuh yang sehat juga membuatmu dapat berjalan dan bekerja. 

Tubuh yang sehat membuatmu dapat bergerak aktif dan gesit. Setiap anak berhak memiliki tubuh yang sehat. Namun, ada juga anak yang mudah sakit. Tubuh anak yang sakit menjadi lemah sehingga susah bergerak. Mereka seharusnya menjaga tubuhnya agar selalu sehat.

Menjaga tubuh tetap sehat merupakan kewajiban kita semua. Apa yang harus kamu lakukan agar tubuhmu sehat?

 Pertama, makan makanan tyang bergizi dan makan dengan teratur. 

 Kedua, istirahat yang cukup. 

Ketiga, rajinlah berolahraga. 

Keempat, minum air putih baik untuk tubuh


Ayo Mencoba 

Keluarga Dayu sering sarapan kentang. Ayah Dayu memiliki kebun kentang. Lima panen terakhir, ayah Dayu memanen 1.000, 1.200, 1.300, 1.500, dan 2.000 buah kentang. Ayah Dayu menyimpan sebagian kentang di rumah. Sebagiannya lagi dijual ke pasar.

TUGAS:

Sekarang buatlah cerita versimu sendiri, dengan jumlah angka dan kreasi bilangan cacah mu ya.


 KEGIATAN PENUTUP (15 MENIT)

Anak shaleh dan shalehah berikut tadi adalah materi kita hari ini

Yuk kita simpulkan bersama:

1. Salah satu kewajiban kita adalah memakai pakaian

2. Kita juga berkewajiban menjaga pakaian agar tetap bersih, rapih, dan tidak rusak

3. Mendapatkan pakaian adalah hak setiap orang

4. Ketika memberikan saran seseorang dapat menggunakan kata "sebaiknya" atau "seharusnya"

5. Menjaga kesehatan tubuh merupakan sebuah kewajiban

6. Untuk mengkreasikan bilangan cacah anak-anak dapat mengurang dan menjumlah tiap bagian secara sama

Alhamdulillah anak-anak semua sudah dapat menunjukkan ungkapan kalimatsaran, masukan atau penyelesaian; dapat mengkreasikan dua bilangan cacah penjumlahan; dapat memeragakan pola irama lagu. Namun masih ada satu siswa yang masih belum bisa mengkreasikan penjumlahan dua bilangan cacah dengan mandiri. Semoga anak-anak dapat lebih mandiri dan fokus dalam kegiatan belajar di kelas.


Semoga pembelajaran hari ini dapat bermanfaat

tetap semangat belajar

Wassalamu'alaikum wr wb

KELAS 3 TEMA 4 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 1, SENIN 21 OKTOBER 2024

Hari / Tanggal           : Senin, 21 OKtober 2024

Tema 4                        : Kewajiban dan Hakku

Subtema 1                 : Kwajiban dan hakku di rumah 

Pembelajaran          : 1


PENDAHULUAN (15 MENIT) 

Assalaamualaikum, Wr.Wb

Selamat pagi anak sholih/sholihah semangat ya belajar hari ini, tapi sebelum belajar jangan lupa mandi, sarapan yang bergizi, sholat dhuha serta murojaah yaa. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!

Anak shaleh dan shalehah, sebelum memulai belajar hari ini, masih ingatkah yang kita pelajari di pertemuan sebelumnya?

Iyaps di pertemuan sebelumnya kita telah menyelesaikan tema 3 tentang benda-benda di sekitar kita, wujud bendanya serta perubahan-perubahan wujud benda yang ada

Hari ini kita akan memulai tema yang baru yaitu tentang Kewajiban dan Hakku 

Apaka anak-anak masih ingat apa itu kewajiban?

Apakah itu hak?

Dapatkah menyebutkan contoh keduanya?

Iyaps hari ini kita akan pelajari itu semua ya

tujuan pembelajaran hari ini adalah anak-anak dapat menunjukkan ungkapan kalimatsaran, masukan atau penyelesaian; dapat mengkreasikan dua bilangan cacah penjumlahan; dapat memeragakan pola irama lagu 

                 : Kwajiban dan hakku di rumah 

Pembelajaran          : 1


PENDAHULUAN (15 MENIT) 

Assalaamualaikum, Wr.Wb

Selamat pagi anak sholih/sholihah semangat ya belajar hari ini, tapi sebelum belajar jangan lupa mandi, sarapan yang bergizi, sholat dhuha serta murojaah yaa. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!

Anak shaleh dan shalehah, sebelum memulai belajar hari ini, masih ingatkah yang kita pelajari di pertemuan sebelumnya?

Iyaps di pertemuan sebelumnya kita telah menyelesaikan tema 3 tentang benda-benda di sekitar kita, wujud bendanya serta perubahan-perubahan wujud benda yang ada

Hari ini kita akan memulai tema yang baru yaitu tentang Kewajiban dan Hakku 

Apaka anak-anak masih ingat apa itu kewajiban?

Apakah itu hak?

Dapatkah menyebutkan contoh keduanya?

Iyaps hari ini kita akan pelajari itu semua ya

tujuan pembelajaran hari ini adalah anak-anak dapat menunjukkan ungkapan kalimatsaran, masukan atau penyelesaian; dapat mengkreasikan dua bilangan cacah penjumlahan; dapat memeragakan pola irama lagu 


KEGIATAN INTI (40 MENIT) 

Ayo Membaca 

Bacalah dengan suara senyap! 

Kasih Sayang di Rumah 


Manusia tidak bisa hidup sendiri. Sebagai manusia kita wajib saling mengasihi dan menyayangi. Menyayangi keluarga merupakan salah satu kewajiban kita.

Di dalam setiap kewajiban selalu ada hak yang kita dapatkan. Kewajiban dan hak hendaknya dilaksanakan secara seimbang. Akan tetapi, masih ada orang yang tidak melaksanakan kewajibannya. Setiap orang harus melaksanakan kewajiban. 



 Sebagai seorang anak, kamu harus menyayangi orang tuamu. Kamu juga harus berterima kasih kepada kedua orang tuamu. Kamu harus mendoakan mereka setiap hari. Menyayangi orang tua, berterima kasih kepadanya, dan mendoakannya merupakan kewajiban setiap anak. 

Kamu harus bersyukur karena orang tuamu menyayangimu. Mereka juga selalu menjaga dan mendoakanmu. Jadi, setiap orang harus menjalankan kewajibannya. Laksanakanlah kewajibanmu, maka kamu akan menerima hakmu! Perhatikan teks “Kasih Sayang di Rumah”! Garis bawahilah kalimat saran yang kamu temukan! 

Amati contoh kemungkinan berikut ini! 

Tuliskan lima kemungkinan lain di bawah contoh!
Buatlah kreasi bilangan cacahmu sendiri ya

Amati liriknya! 
Cobalah nyanyikan sesuai kreasimu! 
Perhatikan gurumu bernyanyi! Ikuti perlahan-lahan dengan irama yang benar! 

Jika Ibuku Tua Nanti 
AT Mahmud 

Jika ibuku tua nanti, 
 beruban berambut putih, akan kujaga ibuku, 
agar senang selalu, 

Jika ayahku tua nanti, 
berjalan bertongkat kayu, akan kutuntun selalu, 
kemana ayah pergi



Dapatkah kamu menentukan pola irama dari lagu di atas?

Ayo nyanyikan bersama teman-temanmu ya


 KEGIATAN PENUTUP (15 MENIT)

Anak shaleh dan shalehah berikut tadi adalah materi kita hari ini

Yuk kita simpulkan bersama:

1. Kewajiban di rumah adalah menyayangi orangtua, membantu orangtua, dan menghormati orangtua

2. Hakku di rumah adalah mendapatkan kasih sayang, mendapatkan perawatan dan mendapatkan waktu bersama

3. Bilangan cacah memiliki banyak variasi penjumlahan

4. Pola irama merupakan panjang pendeknya bunyi dalam sebuah lagu


Semoga pembelajaran hari ini dapat bermanfaat

tetap semangat belajar

Wassalamu'alaikum wr wb

Kamis, 17 Oktober 2024

KELAS 3 KISI-KISI PTS TEMA 2 SUBTEMA 3&4, KAMIS 17 OKTOBER 2024

 Hari / Tanggal : Kamis, 17 Oktober 2024

Tema 2 : Menyayangi Tumbuhan dan Hewan

Subtema 3 & 4        



Assalaamualaikum, Wr.Wb


Selamat pagi anak sholih/sholihah semangat ya belajar hari ini, tapi sebelum belajar jangan lupa mandi, sarapan yang bergizi, sholat dhuha serta murojaah yaa. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!


Karena hari ini anak-anak semua melaksanakan PTS Tema 2 Sub 3 dan 4, berikut Bu Resti bagikan kisi-kisinya ya:

KISI-KISI PTS TEMA 2 SUB 3 & 4

Selamat belajar semoga hasil hari ini maksimal ya


Wassalamu'alaikum wr wb

Rabu, 16 Oktober 2024

KELAS 3 KISI-KISI PTS TEMA 2 SUBTEMA 1&2, RABU 16 OKTOBER 2024

Hari / Tanggal : Rabu, 16 Oktober 2024

Tema 2 : Menyayangi Tumbuhan dan Hewan

Subtema 1 & 2           



Assalaamualaikum, Wr.Wb


Selamat pagi anak sholih/sholihah semangat ya belajar hari ini, tapi sebelum belajar jangan lupa mandi, sarapan yang bergizi, sholat dhuha serta murojaah yaa. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!


Karena hari ini anak-anak semua melaksanakan PTS Tema 2 Sub 1 dan 2, berikut Bu Resti bagikan kisi-kisinya ya:

KISI-KISI PTS TEMA 2 SUB 1 & 2

Selamat belajar semoga hasil hari ini maksimal ya


Wassalamu'alaikum wr wb

Selasa, 15 Oktober 2024

KELAS 3 KISI-KISI PTS TEMA 1 SUBTEMA 3&4, SELASA 15 OKTOBER 2024

Hari / Tanggal : Selasa, 15 Oktober 2024

Tema 1 : Ciri-Ciri Makhluk Hidup

Subtema 1 & 2           



Assalaamualaikum, Wr.Wb


Selamat pagi anak sholih/sholihah semangat ya belajar hari ini, tapi sebelum belajar jangan lupa mandi, sarapan yang bergizi, sholat dhuha serta murojaah yaa. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!


Karena hari ini anak-anak semua melaksanakan PTS Tema 1 Sub 3 dan 4, berikut Bu Resti bagikan kisi-kisinya ya:

KISI-KISI PTS TEMA 1 SUB 3 & 4

Selamat belajar semoga hasil hari ini maksimal ya


Wassalamu'alaikum wr wb

Senin, 14 Oktober 2024

KISI-KISI PTS TEMA 1 SUBTEMA 1&2, SENIN 14 OKTOBER 2024

Hari / Tanggal           :  Senin, 14 Oktober 2024

Tema 1                        : Ciri-Ciri Makhluk Hidup

Subtema 1 & 2           


Assalaamualaikum, Wr.Wb


Selamat pagi anak sholih/sholihah semangat ya belajar hari ini, tapi sebelum belajar jangan lupa mandi, sarapan yang bergizi, sholat dhuha serta murojaah yaa. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!


Karena hari ini anak-anak semua melaksanakan PTS Tema 1 Sub 1 dan 2, berikut bu Resti bagikan kisi-kisinya ya:

KISI KISI TEMA 1 SUB 1& 2

Selamat belajar semoga hasil hari ini maksimal ya

Wassalamu'alaikum wr wb

Kamis, 10 Oktober 2024

KELAS 3 TEMA 3 SUBTEMA 4 PEMBELAJARAN 5, KAMIS 10 OKTOBER 2024

 Hari / Tanggal           :  Kamis, 10 Oktober 2024

Tema 3                        : Benda di Sekitarku

Subtema 4                 : Keajaiban Perubahan Wujud Di Sekitarku 

Pembelajaran          : 5


PENDAHULUAN (15 MENIT) 

Assalaamualaikum, Wr.Wb

Selamat pagi anak sholih/sholihah semangat ya belajar hari ini, tapi sebelum belajar jangan lupa mandi, sarapan yang bergizi, sholat dhuha serta murojaah yaa. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!

Anak shaleh dan shalehah, sebelum memulai belajar hari ini, masih ingatkah yang kita pelajari di pertemuan sebelumnya?

DI pelajaran sebelumnya kita telah mempelajari tentang kesamaan lirik lagu dan mengkonversi satuan waktu.

Pada hari ini kita akan masih belajar tentang perubahan benda di sekitar kita yaitu proses terjadinya hujan

Adapun tujuan pembelajaran hari ini yaitu anak-anak dapat memahami perubahan wujud yang terjadi saat hujan serta menghitung lama waktu suatu kejadian berlangsung.


KEGIATAN INTI (40 MENIT)

PEMBELAJARAN 5

Proses terjadinya hujan melalui beberapa tahap perubahan wujud. Penguapan terjadi pada saat air dipermukaan bumi menguap karena terkena panas matahari. Uap air akan berubah menjadi awan. Setelah itu terjadi proses pengembunan di mana uap air berubah menjadi titiktitik air yang disebut pengembunan.

Ayo Mengamati
Pernahkah kamu memperhatikan terjadinya hujan? Hujan terjadi karena adanya perubahan wujud. Sebagian permukaan bumi berisi air. Ada sungai, danau, kolam, dan lautan yang terisi air.

Air di permukaan bumi menguap terkena panas matahari. Uap air akan berubah menjadi awan. Awan akan mengembun menjadi titik-titik air. Kemudian, titik-titik air jatuh ke bumi. Itulah yang dikenal sebagai hujan.

 


Ayo Berdiskusi
Perubahan wujud yang terjadi di sekitarmu merupakan perubahan alami. Perubahan yang terjadi di alam inilah yang patut disyukuri.

 

Proses terjadinya hujan melalui beberapa tahap perubahan wujud. Penguapan terjadi pada saat air dipermukaan bumi menguap karena terkena panas matahari. Uap air akan berubah menjadi awan. Setelah itu terjadi proses pengembunan di mana uap air berubah menjadi titik-titik air yang disebut pengembunan.

Ayo Menulis
Kamu telah mengurutkan proses terjadinya hujan. Jelaskan yang terjadi di setiap gambar! Mulailah dari nomor 1.


Ayo Mengamati
Siti hendak pergi ke rumah teman untuk mengerjakan tugas. Saat itu hujan turun dengan derasnya. Siti menunggu hingga hujan reda. Hujan turun sejak pukul 07.15 pagi dan berhenti pukul 09.10. Berapa lama hujan turun?




Lama hujan turun

45 menit + 1 jam + 10 menit = 1 jam 55 menit
Jadi, hujan turun selama 1 jam 55 menit

Udin pergi ke sekolah diantar ayah. Udin berangkat pukul 06.25. Perjalanan dari rumah ke sekolah membutuhkan waktu 30 menit. Pukul berapa Udin sampai di sekolah?

 

30 menit setelah pukul 06.25 adalah 06.55. Udin sampai di sekolah pukul 06.55.


Ayo Mengamati
Saat musim hujan, jejak sepatu siswa membasahi lantai sekolah. Akibatnya, lantai sekolah menjadi basah dan licin. Udin berjalan dengan cepat karena takut terlambat masuk sekolah. Udin tidak memperhatikan lantai yang basah dan licin.

Udin pun tegelincir, buku yang dibawanya jatuh berserakan. Udin terlihat menahan sakit di kakinya. Kamu berada di dekat Udin saat itu. Apa yang kamu lakukan? Tuliskan pendapatmu!

 KEGIATAN PENUTUP (15 MENIT)

Anak shaleh dan shalehah berikut tadi adalah materi kita hari ini

Yuk kita simpulkan bersama:

1. Terjadi proses penguapan dan pengembunan dalam siklus hujan

2. Dua buah lagu memungkinkan lirik lagu yang sama

3. Untuk dapat menghitung lama waktu berlangsung kita dapat menambahkan menitnya terlebih dahulu, lalu jamnya kemudian dengan susun ke bawah


Semoga pembelajaran hari ini dapat bermanfaat

tetap semangat belajar

Wassalamu'alaikum wr wb

Rabu, 09 Oktober 2024

KELAS 3 TEMA 3 SUBTEMA 4 PEMBELAJARAN 4, RABU 9 OKTOBER 2024

 Hari / Tanggal           : Rabu, 9 Oktober 2024

Tema 3                        : Benda di Sekitarku

Subtema 4                 : Keajaiban Perubahan Wujud Di Sekitarku 

Pembelajaran          : 4


PENDAHULUAN (15 MENIT) 

Assalaamualaikum, Wr.Wb

Selamat pagi anak sholih/sholihah semangat ya belajar hari ini, tapi sebelum belajar jangan lupa mandi, sarapan yang bergizi, sholat dhuha serta murojaah yaa. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!

Anak shaleh dan shalehah, sebelum memulai belajar hari ini, masih ingatkah yang kita pelajari di pertemuan sebelumnya?

Iyaps kemarin kita telah belajar tentang proses pembuatan garam dan gulali sebagai salah satu bentuk perubahan wujud benda yang ada di sekitar kita

Hari ini kita akan belajar tentang EFEK GLOBAL WARMING, koNVERSI SATUAN WAKTU, DAN CARA MELIPAT PAKAIAN.

Adapun tujuan pembelajaran hari ini yaitu siswa dapat memahami tentang global warming, mengkonversi satuan waktu, dan mempraktikkan cara melipat pakaian


Embun biasanya akan terbentuk dengan baik pada malam hari yang cerah dan tenang. Karena jika ada angin yang bertiup, maka tidak akan ada cukup waktu bagi uap air untuk bersentuhan dengan permukaan objek yang dingin sehingga uap air tidak akan dapat mengembun. Kemudian ketika matahari bersinar kembali dan memanaskan permukaan objek-objek, embun akan menguap kembali.


Embun adalah salah satu peristiwa perubahan wujud di alam. Embun terjadi karena di pagi hari udara lebih dingin sehingga uap air (berwujud gas) di udara berubah menjadi partikel air (wujud cair). Perubahan wujud ini disebut pengembunan.

Ayo Membaca
Perhatikan syair dari dua lagu di bawah ini!

Pahami syair lagu di atas! 



Ayo Mencoba
Lengkapi tabel di bawah ini!

Isilah dengan kata yang hanya ada di lagu Embun Pagi.

Isilah dengan kata yang ada di kedua lagu.

Isilah dengan kata yang hanya ada di lagu Embun.



Gunakan kamus! Carilah arti kata berikut ini!

1.     Surya adalah matahari.

2.     Dini adalah pagi sekali atau belum waktunya.

3.     Percik adalah titik-titik air yang berhamburan.

4.     Linang adalah meleleh.

5.     Intan adalah batu permata yang berkilauan.

6.     Cemerlang adalah bercahaya atau bersinar sangat terang; berkilauan.

7.     Ria adalah riang gembira. suka cita.

8.     Riang adalah suka hati; girang sekali

9.     Kilau adalah cahaya gemerlap; cahaya berkilap.

10.  Sejuk adalah berasa atau terasa dingin.

Temukan juga bahasa daerahmu yang mempunyai arti sama!

Ayo Menulis
Embun juga merupakan peristiwa perubahan wujud di alam. Embun terjadi karena di pagi hari udara lebih dingin. Oleh karena itu, uap air (berwujud gas) di udara berubah menjadi partikel air (wujud cair). Perubahan wujud dari gas menjadi cair disebut mengembun.

KEGIATAN PENUTUP(15 MENIT)

Itu tadi materi kita hari ini ya

mari kita simpulkan:

1. Pemanasan global/global warming dapat terjadi karena polusi udara yang tinggi

2. Penyebab polusi udara adalah asap kendaraan, asap pabrik

3. Untuk mengkoversi lamanya kejadian, jumlah kan satuan yang sama

4. Setiap pakaian memiliki cara melipat yang berbeda

Kesimpulan

Alhamdulillah anak-anak semua sudah dapat  memahami tentang global warming, mengkonversi satuan waktu, dan mempraktikkan cara melipat pakaian. Namun masih ada 3 siswa yang masih belum tepat mengonversi satuan waktu ke dalam jam dan menit. Semoga anak-anak semua dapat lebih giat lagi untuk belajar ya.

Itu tadi rangkaian materi kita hari ini ya

Semoga bermanfaat

Tetap semangat belajar dan berlatih

Wassalamu'alaikum wr wb

Selasa, 08 Oktober 2024

KELAS 3 TEMA 3 SUBTEMA 4 PEMBELAJARAN 3, SELASA 08 OKTOBER 2024

 Hari / Tanggal           : Selasa, 8 Oktober 2024

Tema 3                        : Benda di Sekitarku

Subtema 4                 : Keajaiban Perubahan Wujud Di Sekitarku 

Pembelajaran          : 3


PENDAHULUAN (15 MENIT) 

Assalaamualaikum, Wr.Wb

Selamat pagi anak sholih/sholihah semangat ya belajar hari ini, tapi sebelum belajar jangan lupa mandi, sarapan yang bergizi, sholat dhuha serta murojaah yaa. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!

Anak shaleh dan shalehah, sebelum memulai belajar hari ini, masih ingatkah yang kita pelajari di pertemuan sebelumnya?

Iyaps kemarin kita telah belajar tentang proses pembuatan garam dan gulali sebagai salah satu bentuk perubahan wujud benda yang ada di sekitar kita

Hari ini kita akan belajar tentang EFEK GLOBAL WARMING, koNVERSI SATUAN WAKTU, DAN CARA MELIPAT PAKAIAN.

Adapun tujuan pembelajaran hari ini yaitu siswa dapat memahami tentang global warming, mengkonversi satuan waktu, dan mempraktikkan cara melipat pakaian 

KEGIATAN INTI (40 MENIT)

PEMBELAJARAN 3

Ayo Membaca
Pemanasan Global
Pemanasan global disebut juga global warming. Pemanasan global terjadi jika suhu bumi meningkat. Akibatnya, es di wilayah kutub akan mencair. Hal ini menyebabkan permukaan air laut naik. Jika dibiarkan, maka dalam puluhan tahun mendatang pulau-pulau di dunia akan tenggelam.

Pemanasan global terjadi karena polusi udara yang tinggi. Asap kendaraan bermotor dan asap pabrik menyebabkan pancaran sinar matahari tidak dapat keluar dari bumi. Akibatnya, suhu bumi semakin panas.

Tumbuhan dan hewan pun merasakan dampak pemanasan global. Akibat kesulitan beradaptasi, beberapa jenis hewan dan tumbuhan mungkin akan mengalami kepunahan. Pada akhirnya, manusia akan merasakan kekurangan bahan makanan dan mengalami bencana kelaparan.



Kita dapat mengurangi laju pemanasan global. Caranya dengan mengurangi pencemaran udara. Contohnya berjalan kaki atau menggunakan sepeda untuk pergi ke tempat yang dekat. Mencintai dan memelihara tumbuhan dan tanaman. Menghemat pemakaian listrik dan air.

Kamu telah membaca tentang pemanasan global. Tuliskanlah kosakata baru yang kamu ketahui dari bacaan di atas! Temukan arti kata-kata tersebut dalam kamus!


Ayo Berlatih
Kita dapat mengurangi laju pemanasan global. Caranya dengan mengurangi pemakaian kendaraan. Seperti mobil ataupun motor. Lakukan gaya hidup sehat. Gunakan sepeda untuk jarak tempuh yang dekat.

Siti dan teman-temannya ke sekolah naik sepeda. Waktu yang ditempuh Siti dan teman-temannya dari rumah menuju sekolah adalah 90 menit.


Berapa jam, waktu yang ditempuh Siti dari rumah menuju sekolah dengan bersepeda?

Ayo Mengamati
Menghemat penggunaan listrik merupakan contoh dalam menahan laju pemanasan global. Udin menyalakan lampu kamar di pagi hari selama 1 jam 30 menit. Pada malam hari selama 4 jam 45 menit. Berapa lama Udin menyalakan lampu kamar?

Jadi, 1 jam 30 menit + 4 jam 45 menit
= 5 jam + 1 jam + 15 menit
= 6 jam 15 menit

Edo pergi ke rumah paman naik motor. Rumah paman berada di luar kota. Waktu yang dibutuhkan Edo ke rumah paman 1 jam 30 menit. Bila menggunakan kendaraan umum, waktu yang dibutuhkan 1 jam 55 menit. Berapa perbedaan waktu menggunakan motor dibandingkan kendaraan umum?

Jadi, 1 jam 55 menit – 1 jam 30 menit = 25 menit

Ayo berlatih

Ayo berlatih menambahkan dan mengurangkan waktu di bawah ini! Nomor 1 telah dicontohkan.
1. 7 jam 20 menit + 2 jam 30 menit =
7 jam + 2 jam = 9 jam
20 menit + 30 menit = 50 menit
9 jam + 50 menit = 9 jam 50 menit
Jadi, 7 jam 20 menit + 2 jam 30 menit = 9 jam 50 menit

Ayo Mencoba
Kekuasaan Tuhan sangat luar biasa. Tahukah kamu posisi matahari yang sangat ideal dengan bumi? Posisi ini mengakibatkan bumi tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin. Panas matahari tidak membuat semua air menguap. Masih cukup air di muka bumi ini setiap harinya.

Setiap hari kita membutuhkan sinar matahari untuk mengeringkan baju setelah dicuci. Pernahkah kamu membantu ibu menjemur pakaian? Atau membantu melipat setelah kering?

Lipatlah aneka jenis pakaian atau perlengkapan berbahan kain yang tersedia. Berlatihlah terus agar
lipatanmu lebih rapi lagi! Kamu diharapkan sudah dapat melipat dengan rapi. 


Kesimpulan
Alhamdulillah pembelajaran hari ini berjalan dengan lancar. Semua siswa dapat mengikuti pembelajaran dengan baik, semua siswa juga memahami tentang global warming, mengkonversi satuan waktu, dan mempraktikkan cara melipat pakaian

Terima kasih telah belajar hari ini
Tetap semangat
Wassalamualaikum wr wb

Senin, 07 Oktober 2024

KELAS 3 TEMA 3 SUBTEMA 4 PEMBELAJARAN 1&2, SENIN 7 OKTOBER 2024

Hari / Tanggal           :  Senin, 7 Oktober 2024

Tema 3                        : Benda di Sekitarku

Subtema 4                 : Keajaiban Perubahan Wujud Di Sekitarku 

Pembelajaran          : 1 & 2


PENDAHULUAN (15 MENIT) 

Assalaamualaikum, Wr.Wb

Selamat pagi anak sholih/sholihah semangat ya belajar hari ini, tapi sebelum belajar jangan lupa mandi, sarapan yang bergizi, sholat dhuha serta murojaah yaa. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!

Anak shaleh dan shalehah, sebelum memulai belajar hari ini, masih ingatkah yang kita pelajari di pertemuan sebelumnya?

Iyaps di pertemuan sebelumnya kita sudah belajar tentang perubahan-perubahan wujud benda. 

Pada pertemuan kali ini kita akan belajar tentang perubahan-perubahan wujud benda di sekitar kita

Adapun tujuan pembelajaran hari ini adalah agar anak-anak dapat mengidentifikasi perubahan wujud benda garam, mampu mengkonversi dalam satuan waktu, mempraktikkan melipat baju, dan mengidentifikasi sikap bersatu dan tolong menolong.

KEGIATAN INTI (40 Menit)

Ayo Membaca
Bertani Garam
Garam dihasilkan dari air laut. Di pinggir pantai, petani garam membuat ladang garam. Ladang garam ini berbentuk tambak-tambak untuk menampung air laut.

Ladang garam terbentang luas di pantai yang tidak memiliki banyak sungai. Contohnya di pantai utara Pulau Jawa, Madura, Sumatra, Sulawesi, dan pantai-pantai di daerah Nusa Tenggara.

Bagaimana proses menghasilkan garam? Pertama, petani menyiapkan petak-petak tambak. Tanah di dalam petak tambak terlebih dulu harus dipadatkan.

Setelah tambak garam dibuat, lalu diisi air laut dengan kedalaman tertentu. Air laut yang terkena sinar matahari akan menguap dan meninggalkan kristal-kristal garam.

Untuk mendapatkan lapisan garam yang tebal, setiap hari harus ditambah air lautnya. Hal ini untuk menggantikan air laut yang menguap. Setelah sekitar 210 hari atau setelah musim kemarau berakhir, lapisan garam di dasar tambak pun harus segera dipanen. Memanennya jangan menunggu musim hujan tiba. Mengapa? Sebab kualitas garam akan menurun atau tidak bagus.

Garam-garam setelah dipanen lalu dijual ke pabrik untuk ditambah zat iodium dan dikirim ke daerah-daerah.
Sumber : www.bobo.kidnesia.com

Ayo Bercerita
Perubahan wujud terjadi pada proses pembuatan garam. Bantulah Siti menceritakan proses pembuatan garam. Buatlah bentuk cerita bergambar!


 

 

Ayo Mengamati
Waktu yang dibutuhkan petani garam untuk mengisi satu petak air laut adalah dua jam. Berapa lama waktu yang diperlukan dalam satuan menit?

Satuan jam dapat diubah menjadi menit. Diskusikan bersama temanmu! Isikan hasilnya pada titik-titik berikut.

1 jam = 60 menit

Perhatikan cara penyelesaiannya di bawah ini!

2 jam = 2 x 60 menit = 120 menit
Jadi, waktu yang dibutuhkan petani garam untuk mengisi satu petak adalah 120 menit.

Untuk memanen satu petak garam, petani garam memerlukan waktu 90 menit. Berapa lama waktu yang diperlukan dalam satuan jam?

 

90 menit = 60 menit + 30 menit = 1 jam + 30 menit
Jadi, waktu yang dibutuhkan untuk memanen satu petak garam adalah 1 jam 30 menit.

Setelah memanen garam, petani membawa garam hasil panen ke pabrik. Waktu yang ditempuh petani menuju pabrik dengan berjalan kaki adalah 1 jam 20 menit. Berapa lama waktu yang dibutuhkan dalam menit?

1 jam = 60 menit
1 jam 20 menit = 60 menit + 20 menit = 80 menit

 


Ayo Mencoba
Sebutkan perubahan wujud yang terjadi saat menjemur pakaian basah! Ya benar, penguapan. Sama seperti proses pembuatan garam. Baju mengering karena air dalam baju yang basah menguap terkena panas matahari. Setelah baju mengering, lipatlah dengan rapi dan susunlah di lemari.

Perhatikan cara melipat kaos berikut ini! Ikutilah langkah-langkahnya!

  1. Letakkan kaos di permukaan yang datar dengan bagian depan berada di bawah. Haluskan kaos
  2. Lipat bagian bawah kaos terlebih dahulu.
  3. Lipat bagian kanan kaos, lipat juga lengan kaosnya.
  4. Lipat bagian kiri dengan cara yang sama .
  5. Lipat lengan kaos bagian kiri
  6. Buat lipatan tengah sehingga kaos terbagi menjadi dua bagian yang sama lalu lipat kaos.
  7. Kaos sudah terlipat dengan baik.

 

PEMBELAJARAN 2

Perubahan wujud zat adalah perubahan yang terjadi dari wujud zat satu ke zat lainnya pada suatu benda. Perubahan ini dapat terjadi karena adanya penyerapan dan pelepasan kalor. Perubahan terjadi saat tercapainya titik suhu tertentu oleh senyawa zat tersebut. Contohnya adalah air yang sudah mencapai titik beku akan berubah menjadi benda padat atau air yang telah mencapai titik didih akan berubah menjadi gas.

Ayo Mencoba
Asyiknya Membuat Gulali
Gulali adalah sejenis permen yang terbuat dari gula pasir. Rasanya manis dan mudah membuatnya. Sambil membuat gulali, cermati perubahan wujud yang terjadi!

A. Alat dan Bahan

  1. 500 gram gula pasir.
  2. 250 ml air matang.
  3.  Pewarna makanan
  4. Tusuk sate


B. Cara Membuat

  1. Campurkan 500 gram gula pasir dengan 250 ml air matang. Kemudian, tambahkan pewarna jika diperlukan.
  2. Aduk campuran tersebut hingga merata. Kemudian, panaskan di atas api sedang.
  3. Aduk-aduk terus hingga mendidih dan airnya mulai berkurang. Setelah itu, angkat dari api dan diamkan sampai adonan mengental.
  4. Jika sudah dingin dan mengental, maka adonan gulali tersebut sudah boleh dibentuk. Lilitkan pada tusuk sate dan bentuk menjadi aneka bentuk yang kamu sukai.

Ayo Mengamati
Kamu sudah melakukan dan mencermati cara membuat gulali. Sekarang, tuliskan perubahan wujud yang terjadi selama pembuatan gulali. Tuliskan contohnya!

No.

Peristiwa

Perubahan Wujud yang Terjadi

1.

Gula dicampur air

Mencair

2.

Air mendidih

Menguap

3.

Adonan gulali mengental

Membeku


Ayo Berdiskusi
Kelompokmu telah mempraktikkan membuat gulali. Apa yang terjadi jika setiap anggota kelompokmu tidak melaksanakan tugas masing-masing? Atau tidak bekerja sama?

Ayo bercerita
Indonesia merupakan negara yang kaya akan budaya-budaya yang beragam. Indonesia yang terdiri atas pulau-pulau dari sabang sampai merauke. Tentunya juga memiliki budaya maupun tradisi yang berbeda-beda di setiap tempatnya.


Keberagaman yang ada di Indonesia seharusnya dapat mempererat hubungan antarmasyarakat satu dengan yang lainnya. Sama seperti semboyan nasional kita yaitu, “Bhinneka Tunggal Ika” yang artinya “Berbeda-beda tetapi tetap satu”. Kita harus bisa menjaga persatuan dan kesatuan Negara, meskipun kita datang dari latar belakang yang beragam.

Persatuan dan kesatuan dapat dilatih mulai dari lingkungan terdekat. Mulai dari lingkungan rumah dan lingkungan sekolah. Di lingkungan rumah, sikap bersatu dimulai dengan saling menghargai pendapat dan peran yang beragam di rumah. Saling menghormati hak dan kewajiban masing-masing.

Tugas kelompok akan berhasil jika menunjukkan sikap bersatu. Sikap bersatu banyak contohnya. Diskusikan bersama kelompokmu! Makna dan contoh kegiatan yang menunjukkan sikap bersatu!

Sikap bersatu adalah berkumpulanya individu menjadi saru tanpa memandang ras, suku, agama, warna kulit dan keturunan untuk mencapai tujuan tertentu.

Contoh sikap bersatu ;

  1. Saling menghargai pendapat dan peran yang beragam. 
  2. Saling menghormati hak dan kewajiban masing-masing
  3. Saling menghargai keragaman suku bangsa dan budaya.
  4. Tidak merendahkan adat istiadat lain. 
  5. Menghormati segala bentuk tradisi lain yang tidak sama dengan tradisi sendiri.

Ayo Mengamati
Dalam keluarga, penting untuk mempunyai sikap bersatu. Berilah tanda centang (√) pada gambar berikut! Gambar yang menunjukkan sikap bersatu dalam keluarga.

 


Ayo Bercerita
Kamu telah memilih aktivitas yang menunjukkan saling membantu di rumah. Perhatikan cerita Edo di bawah ini!

Hai, namaku Edo. Aku bersekolah di SD Nusantara. Setiap pagi sebelum berangkat sekolah, aku merapikan tempat tidurku. Aku juga menolong ibu menjaga adikku, ketika ibu memasak sarapan.


Pada sore hari, aku membantu ibu menyiram bunga dan pohon di kebun. Pada malam hari, ayah dan ibu membantuku mengulang pelajaran di rumah. Di rumah, kami saling tolong-menolong. Tolong-menolong membuat pekerjaan menjadi mudah dan ringan. Akupun menjadi semakin sayang kepada ayah dan ibu.

Bagaimana dengan ceritamu? Ceritakan pengalamanmu saling tolong-menolong dalam keluarga! Presentasikan di depan kelas!

Aku tinggal bersama adik dan kedua orangtuaku. Sebelum berangkat sekolah aku membantu ibu mencuci piring. Tugas tersebut sudah biasa saya lakukan setiap hari. Sepulang sekolah aku juga ikut membantu ibu menjaga adikku yang masih kecil.

Saat malam hari biasanya ayah dan ibuku juga membantu aku saat kesulitan mengulang pelajaran di sekolah. Mereka dengan ikhlas membantuku. Kebiasaan tolong menolong sudah menjadi kebiasaan keluarga kami. Dengan tolong menolong semua anggota keluarga saling bekerjasama. Aku merasa bangga terhadap keluargaku.

Berikut tadi materi yang dapat bu guru sampaikan.

Yuk kita simpulkan bersama

1. Pembuatan garam adalah contoh perubahan wujud benda menguap

2. 1 jam = 60 menit

3. Perubahan wujud benda terjadi karena adanya perubahan kalor benda melalui proses pemanasan

4. Sikap bersatu artinya adalah saling menghormati perbedaan yang ada

5. SIkap tolong menolong dapat dilakukan dimana saja.

Kesimpulan

Alhamdulillah pembelajaran hari ini berjalan dengan lancar. Semua siswa dapat mengikuti pembelajaran dengan baik dan semua siswa dapat mengidentifikasi perubahan wujud benda garam, mampu mengkonversi dalam satuan waktu, mempraktikkan melipat baju, dan mengidentifikasi sikap bersatu dan tolong menolong.

Nah itu tadi materi kita hari ini

semoga bermanfaat, 

assalamu'alaikum wr wb

Jumat, 04 Oktober 2024

KELAS 3 TEMA 3 SUBTEMA 3 PEMBELAJARAN 6, JUM'AT 04 OKTOBER 2024

 Hari / Tanggal           : Jumat, 4 Oktober 2024

Tema 3                        : Benda di Sekitarku

Subtema 3                 : Perubahan Wujud Benda

Pembelajaran          : 6


PENDAHULUAN (15 MENIT) 

Assalaamualaikum, Wr.Wb

Selamat pagi anak sholih/sholihah semangat ya belajar hari ini, tapi sebelum belajar jangan lupa mandi, sarapan yang bergizi, sholat dhuha serta murojaah yaa. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!

Anak shaleh dan shalehah, sebelum memulai belajar hari ini, masih ingatkah yang kita pelajari di pertemuan sebelumnya?

Iyaps di pertemuan sebelumnya kita sudah belajar tentang wujud-wujud benda. Hari ini kita akan melanjutkan pembelajarannya ya

Tujuan pembelajaran hari ini adalah agar anak-anak dapat mengidentifikasi proses perubahan wujud benda dengan tepat.


Pameran adalah kegiatan yang dilakukan oleh para siswa baik itu perorangan ataupun kelompok untuk menyampaikan ide gagasan pada siswa lain. Pameran kelas/ sekolah merupakan kegiatan memperlihatkan karya yang dihasilkan oleh siswa selama menempuh pembelajaran di sekolah kepada orang banyak, baik di dalam lingkungan sekolah maupun di luar lingkungan sekolah. Melalui pameran, seorang siswa bisa memperkenalkan karya-karyanya kepada masyarakat baik dilingkungan sekolah ataupun masyarakat umum.

Pameran di sekolah memiliki fungsi sebagai sarana yang strategis dalam memupuk, membina, dan mengembangkan kemampuan siswa dalam melakukan apresiasi terhadap karya yang dipamerkan. Melalui kegiatan pameran siswa dilatih untuk memberikan tanggapan dan penilaian baik secara lisan, tertulis, maupun melalui perbuatan/sikap.

Kehadiran pameran dalam konteks pembelajaran di sekolah memiliki fungsi tersendiri, di antaranya fungsi pendidikan (edukasi) dan fungsi hiburan (rekreasi). Melalui kegiatan pameran, para siswa diberi kesempatan untuk melakukan penilaian terhadap karya  yang dipamerkan. Kegiatan pameran juga menyajikan hiburan bagi warga sekolah dan masyarakat sekitarnya

Ayo Berlatih
Banyak Ragam Perubahan di Sekitarku
Hari yang ditunggu telah tiba. Kelompokmu akan memamerkan hasil pekerjaan kepada teman-teman yang lain. Bersiaplah untuk mempresentasikan hasil penelitianmu. Penelitian tentang perubahan wujud pada proses memasak makanan. Undanglah teman-temanmu dari kelas lain. Jadi, teman-teman kelas lain dapat melihat hasil penelitan kelasmu!


Ayo Berkreasi
Tuliskan waktu pelaksanaan pemeran di kelasmu!

Pameran dilaksanakan mulai pukul 08.00 sampai dengan pukul 10.00.


Perhatikan alat yang digunakan untuk menunjukkan waktu!

Apakah perbedaan dan persamaan antara ketiga jenis jam di atas?
Persamaannya
Ketiga jam tersebut sama sama berfungsi untuk menunjukan waktu.

Perbedaannya :

  1. Jam analog memiliki jarum penunjuk jam yang akan berputar setiap detik menit dan jam.

  2. Jam digital hanya menunjukan angka waktu yangg akan berubah setiap menit dan jamnya.

  3. Jam pasir tidak memiliki angka, hanya perpindahan pasir yang menunjukan berubahnya waktu

Kesimpulan
Alhamdulillah pembelajaran hari ini berjalan dengan lancar. Semua siswa dapat mengidentifikasi proses perubahan wujud benda dengan tepat.

Demian pembelajaran kita hari ini. Semoga anak sholeh sholeheh dapat memahaminya dengan baik

Wassalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh

Kamis, 03 Oktober 2024

KELAS 3 TEMA 3 SUBTEMA 3 PEMBELAJARAN 5, KAMIS 03 OKTOBER 2024

Hari / Tanggal           :Kamis, 3 Oktober 2024

Tema 3                        : Benda di Sekitarku

Subtema 3                 : Perubahan Wujud Benda

Pembelajaran          : 5


PENDAHULUAN (15 MENIT) 

Assalaamualaikum, Wr.Wb

Selamat pagi anak sholih/sholihah semangat ya belajar hari ini, tapi sebelum belajar jangan lupa mandi, sarapan yang bergizi, sholat dhuha serta murojaah yaa. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!

Anak shaleh dan shalehah, sebelum memulai belajar hari ini, masih ingatkah yang kita pelajari di pertemuan sebelumnya?

Iyaps di pertemuan sebelumnya kita sudah belajar tentang wujud-wujud benda. Hari ini kita akan melanjutkan pembelajarannya ya

Tujuan pembelajaran hari ini adalah agar anak-anak dapat mengidentifikasi proses perubahan wujud benda dengan tepat.


Pameran adalah kegiatan yang dilakukan oleh para siswa baik itu perorangan ataupun kelompok untuk menyampaikan ide gagasan pada siswa lain. Pameran kelas/ sekolah merupakan kegiatan memperlihatkan karya yang dihasilkan oleh siswa selama menempuh pembelajaran di sekolah kepada orang banyak, baik di dalam lingkungan sekolah maupun di luar lingkungan sekolah. Melalui pameran, seorang siswa bisa memperkenalkan karya-karyanya kepada masyarakat baik dilingkungan sekolah ataupun masyarakat umum.

Pameran di sekolah memiliki fungsi sebagai sarana yang strategis dalam memupuk, membina, dan mengembangkan kemampuan siswa dalam melakukan apresiasi terhadap karya yang dipamerkan. Melalui kegiatan pameran siswa dilatih untuk memberikan tanggapan dan penilaian baik secara lisan, tertulis, maupun melalui perbuatan/sikap.

Kehadiran pameran dalam konteks pembelajaran di sekolah memiliki fungsi tersendiri, di antaranya fungsi pendidikan (edukasi) dan fungsi hiburan (rekreasi). Melalui kegiatan pameran, para siswa diberi kesempatan untuk melakukan penilaian terhadap karya  yang dipamerkan. Kegiatan pameran juga menyajikan hiburan bagi warga sekolah dan masyarakat sekitarnya

Ayo Berlatih
Banyak Ragam Perubahan di Sekitarku
Hari yang ditunggu telah tiba. Kelompokmu akan memamerkan hasil pekerjaan kepada teman-teman yang lain. Bersiaplah untuk mempresentasikan hasil penelitianmu. Penelitian tentang perubahan wujud pada proses memasak makanan. Undanglah teman-temanmu dari kelas lain. Jadi, teman-teman kelas lain dapat melihat hasil penelitan kelasmu!


Ayo Berkreasi
Tuliskan waktu pelaksanaan pemeran di kelasmu!

Pameran dilaksanakan mulai pukul 08.00 sampai dengan pukul 10.00.


Perhatikan alat yang digunakan untuk menunjukkan waktu!

Apakah perbedaan dan persamaan antara ketiga jenis jam di atas?
Persamaannya
Ketiga jam tersebut sama sama berfungsi untuk menunjukan waktu.

Perbedaannya :

  1. Jam analog memiliki jarum penunjuk jam yang akan berputar setiap detik menit dan jam.

  2. Jam digital hanya menunjukan angka waktu yangg akan berubah setiap menit dan jamnya.

  3. Jam pasir tidak memiliki angka, hanya perpindahan pasir yang menunjukan berubahnya waktu

Lingkarilah satuan waktu yang biasa digunakan!


KESIMPULAN

- pameran adalah kegiatan menyampaikan ide/gagasan

- fungsinya untu edukasi atau rekreasi


Alhamdulillah anak-anak semua sudah dapat memahami konsep pameran dan fungsinya. Namun masih ada 2 siswa yang masih harus belajar lebih giat lagi untuk memahami konsep pameran dan fungsinya ya

Terima kasih anak saleh dan salehah yang telah belajar hari ini

Semoga bermanfaat

Wassalamulaikum wr wb

Selasa, 01 Oktober 2024

KELAS 3 TEMA 3 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 3, SELASA 01 OKTOBER 2024

Hari / Tanggal : Selasa, 1 Oktober 2024

Tema 3 : Benda di Sekitarku

Subtema 2 : Wujud Benda

Pembelajaran : 3

 

Assalamu'alaikum, Wr.Wb


Selamat pagi anak sholih/sholihah semangat ya belajar hari ini, tapi sebelum belajar jangan lupa mandi, sarapan yang bergizi, sholat dhuha serta murojaah yaa. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!


Tujuan pembelajaran hari ini adalah dengan mengamati penjelasan guru, siswa dapat menuliskan macam-macam perubahan wujud benda

Pada pembelajaran sebelumnya kita telah mempelajari macam-macam wujud benda.

PEMBELAJARAN 3

Berdasarkan wujudnya, benda dibagi menjadi tiga yaitu :benda padat, benda cair, dan benda gas. Menguap adalah peristiwa perubahan zat cair menjadi gas. Contohnya air yang direbus jika dibiarkan lama-kelamaan akan habis, bensin yang dibiarkan berada pada tempat terbuka lama-lama juga akan habis berubah menjadi gas.

Ayo Mencoba
Ke Mana Perginya Air?
Pernahkah kamu mencuci baju?Atau membantu ibu cuci baju. Coba perhatikan apa yang terjadi saat
baju basah dijemur di bawah terik matahari. Ternyata, baju yang basah lama-kelamaan mengering.Mengapa hal ini dapat terjadi? Ayo, diskusikan bersama temanmu!

Ayo Mengamati
Menguap merupakan peristiwa perubahan wujud.Wujud dari cair menjadi gas.Peristiwa ini disebabkan oleh pemanasan.Contoh peristiwa menguap adalah baju basah yang dijemur lama-kelamaan mengering.Air dalam baju menguap karena terkena panas matahari.

Ayo Berkreasi
Matahari membantu proses penguapan yang terjadi di muka bumi. Jika tidak dengan bantuan sinar matahari, baju yang dijemur sulit mengering.Matahari mempunyai peran yang penting bagi kehidupan manusia di bumi.

Keindahan matahari mengilhami seniman untuk membuat gambar dekorasi.Gambar dekorasi yang bertema matahari.Ada beberapa motif matahari di sekitar kita.


Ayo Mengamati
Ikan asin merupakan contoh makanan yang diproses melalui pengeringan.Dalam pengeringan, ikan dijemur di bawah terik matahari.Mengapa?Agar kandungan airnya menguap.Ikan pun menjadi kering.

Ikan asin dibuat dengan cara dikeringkan terlebih dahulu. Perubahan wujud terjadi pada proses pembuatan ikan asin. Perubahan wujud yang terjadi adalah penguapan.

Coba sebutkan makanan tradisional di daerahmu yang dibuat dengan pengeringan?
Bahan pangan yang diawetkan dengan cara pengeringan misalnya :

Ikan Asin, Sale Pisang, Kerupuk, dan Manisan

Perhatikan gambar berikut! Dayu sedang berbelanja di pasar tradisional.Dayu melihat aneka makanan.

Bagaimana mengubah satuan kilogram ke gram?

1 kg 500 gram = 1.000 gram + 500 gram = 1.500 gram

 


Dayu membeli ikan asin.Ikan asin ditimbang dengan timbangan.Timbangan menunjukkan berat sebagai berikut.Berat ikan asin 2 kg 500 gram.

1 kg = 1.000 gram

Berapa gram berat ikan asin yang dibeli Dayu?

2 kg 500 gram = 2.000 gram + 500 gram = 2.500 gram

Demikian pembelajaran hari ini. Semoga bermanfaat.

Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh