Rabu, 25 September 2024

KELAS 3 TEMA 3 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 3 & 4, RABU 25 SEPTEMBER 2024


 Hari / Tanggal           :  Rabu, 25 September 2024

Tema 3                        : Benda di Sekitarku

Subtema 2                 : Wujud Benda

Pembelajaran             : 3 DAN 4


PENDAHULUAN (15 MENIT) 

Assalaamualaikum, Wr.Wb

Selamat pagi anak sholih/sholihah semangat ya belajar hari ini, tapi sebelum belajar jangan lupa mandi, sarapan yang bergizi, sholat dhuha serta murojaah yaa. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!

Anak shaleh dan shalehah, masih ingatkah materi yang kita pelajari di pertemuan sebelumnya?

Yap, di pertemuan sebelumnya kita sudah belaajr tentang ciri-ciri benda berdasarkan wujudnya serta perbedaan antara massa dan berat.

Hari ini kita akan belajar tentang sifat benda padat

Adapun tujuan pembelajaran hari ini adalah mengidentifikasi sifat benda padat, menemukan kata/istilah khusus yang berkaitan dengan materi, dan  siswa dapat memeragakan gerak lambat kaki dalam suatu tari dengan benar.

KEGIATAN PEMBELAJARAN (40 MENIT)

Ayo Mengamati
Benda Padat
Bentuk benda padat tidak dipengaruhi wadahnya. Benda padat tidak berubah bentuk jika hanya berpindah tempat. Misalnya saja, kacang goreng yang ada di piring.

Bentuk benda padat dapat diubah. Piring yang jatuh berserakan, kertas sobek, dan kacang tanah yang hancur setelah digerus, adalah contoh dari benda padat yang diubah. Perlakuan tertentu yang dilakukan oleh manusia pada berbagai benda padat Benda padat mempunyai sifat

  1. Bentuk benda padat tetap/tidak dipengaruhi wadahnya
  2. Benda padat dapat digenggam karena bentuknya padat

Ayo Bernyanyi
Apakah suara musik termasuk benda? Tentu saja tidak. Mengapa? Karena suara musik tidak mempunyai massa ataupun menempati ruang (volume). Mari kita menyanyikan lagu “Barisan Musik”.

Barisan Musik
Ciptaan A.T. Mahmud

Dengar suara musik, mengawali pawai
Seruling mengalun dan genderang bertalu
Pemainnya lincah, seragamnya elok
Sambil berbaris memainkan lagu

Suasana pun riang, siapa pun senang
Sorak sorai para penonton terkesan

Bum cas, bum cas, bum bum bum
Bum cas cas, bum cas cas,
bum bum bum bum
Trek tek tek bum bum 2x
Trek bum trek bum cas
bum bum bum


PENUTUP (15 MENIT)
Anak shaleh dan shalehah, berikut tadi materi yang kita pelajari hari ini,
Yuk kit simpulkan bersama:
1. Bentuk benda padat tetap atau tidak dipengaruhi wadahnya
2. Benda padat dapat digenggan karena bentuknya padat

PEMBELAJARAN 4

Adapun tujuan pembelajaran pada hari ini yaitu siswa dapat menemukan kosakata baru yang terkait dengan wujud padat dan memberikan contoh kegiatan gotong royong.


KEGIATAN INTI (40 MENIT)

Ayo Mencoba
Melihat Benda Cair Lebih Dekat Seperti benda padat, benda cair juga banyak di sekitar kita. Sekitar 70% permukaan bumi tertutup oleh air laut. Tubuh manusia hampir 2/3 bagian merupakan cairan.

Air adalah benda cair yang sering ditemui. Sebutkan benda lainnya yang termasuk benda cair. Pernahkah kamu melihat air dalam gelas tumpah? Bagaimanakah bentuk air tersebut? Apakah bentuk air yang tumpah sama dengan air di dalam gelas?

Dapatkah kamu menyimpulkan sifat benda cair? Benda cair mempunyai sifat

  1. Bentuk benda cair tidak tetap, selalu mengikuti bentuk wadahnya.
  2. Wujud benda cair sehingga tidak bisa digenggam.

Ayo Bercerita 
Kamu telah melakukan percobaan di atas. Percobaan untuk membuktikan sifat benda cair. Kemudian, ceritakan di depan kelas sifat dan manfaat benda cair dalam kehidupan sehari-hari.

Air merupakan salah satu contoh benda cair. Air umumnya digunakan  untuk minum, kegiatan lain memerlukan air antara lain mandi dan mencuci. Air juga digunakan para petani untuk mengairi sawah mereka. Para petambak juga membutuhkan air.

Ayo Berdiskusi.
Bacalah wacana di bawah ini!
Warga kampung tempat Siti tinggal sedang gotong royong. Mereka sedang menyiapkan lahan untuk
bermain anak-anak. Setiap warga membantu dengan caranya masing-masing



Bapak-bapak membantu membersihkan lahan. Ada yang membantu tenaga. Ada yang membantu menyediakan bahan-bahan yang diperlukan. Seperti pasir, semen, cat, dan lainnya.

Ibu-ibu dan anak-anak juga tidak mau kalah. Ibu-ibu menyiapkan minuman dan makanan kecil. Anak-anak membantu membawakan makanan dan minuman.


Lahan tempat bermain dapat diselesaikan dengan cepat. Anak-anak bergembira. Karena anak-anak dapat bermain di lapangan.

Kamu telah membaca cerita di atas! Diskusikan dengan temanmu! Apa yang menyebabkan pekerjaan cepat selesai!

Apakah kamu pernah mengikuti kegiatan gotong royong? Ceritakan di depan kelas yang pernah kamu lakukan!


PENUTUP (15 menit)

Anak shaleh dan shalehah berikut tadi adalah materi yang kita pelajari.

Yuk kita simpulkan bersama:

  • Bentuk benda cair tidak tetap, selalu mengikuti bentuk wadahnya
  • Wujud benda cair sehingga tidak bisa digenggam.
  • Bergotong royong dapat membuat pekerjaan me jadi cepat selesai

  • Kesimpulan
    Alhamdulillah anak-anak semua sudah dapat menemukan kosakata baru yang terkait dengan wujud padat dan memberikan contoh kegiatan gotong royong. 

    Semoga pembelajar hari ini dapat memberikan manfaat ya
    Tetap semangat belajar dan berlatih
    Akhir kata, wassalamu'alaikum wr wb

    Selasa, 24 September 2024

    KELAS 3 TEMA 3 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 2, SELASA 24 SEPTEMBER 2024


     Hari / Tanggal           :  Selasa, 24 September 2024

    Tema 3                        : Benda di Sekitarku

    Subtema 2                 : Wujud Benda

    Pembelajaran             : 2


    PENDAHULUAN (15 MENIT) 

    Assalaamualaikum, Wr.Wb

    Selamat pagi anak sholih/sholihah semangat ya belajar hari ini, tapi sebelum belajar jangan lupa mandi, sarapan yang bergizi, sholat dhuha serta murojaah yaa. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!


    Anak shaleh dan shalehah masih ingatkah pembelajaran kita kemarin?

    Yaps kita telah belajar tentang wujud benda serta contoh-contohnya. Tidak hanya itu, kita juga belajar mengenal satuan jarak km ke m.

    Hari ini kita akan melanjutkan pembelajaran kita

    Kita akan belajar tentang sifat wujud benda,  Adapun tujuan pembelajaran hari ini adalah siswa dapat mengidentifikasi sifat-sifat benda dan memahami arti penting menolong.


    KEGIATAN BELAJAR (40 MENIT)

    Ayo Membaca
    Benda memiliki ciri-ciri yang dapat diamati. Pada pembelajaran sebelumnya, kamu telah mengetahui wujud benda. Wujud benda dibedakan menjadi tiga, yaitu padat, cair, dan gas.

    Ciri-ciri benda antara lain memiliki massa dan ruang (volume). Apakah yang dimaksud massa dan volume? Siti memperhatikan bola basket dan bola plastik. Keduanya sama-sama bola, namun bahannya berbeda.

    Menurutmu, bola manakah yang massanya lebih besar? Simak percakapan Siti dengan Ibu guru berikut ini!

    Ibu Guru

    :

    Anak-anak perhatikan kedua bola di tangan ibu. Kedua bola mempunyai ukuran yang berbeda. Kedua bola bahannya juga berbeda. Menurutmu, bola manakah yang massanya lebih besar?

    Siti

    :

    Massa, Bu? Apakah massa itu, Bu?

    Ibu Guru

    :

    Yuk, lakukan percobaan bersama! Letakkan kedua bola pada timbangan. Apakah yang terjadi? Coba, lihatlah.

    Udin

    :

    Bola basket lebih berat, Bu!

    Ibu Guru

    :

    Benar, Udin. Bola basket bahan penyusunnya beda dengan bola plastik. Bola basket terbuat dari karet sintesis. Bola plastik terbuat dari plastik. Bola basket lebih berat daripada bola plastik. Banyaknya bahan penyusun yang terdapat dalam benda disebut massa.

    Siti

    :

    Jadi, bola yang lebih berat memiliki massa lebih besar?

    Ibu Guru

    :

    Benar, Siti! Massa umumnya diukur dengan satuan gram atau kilogram. Massa diukur dengan alat di bawah ini.



    Tahukah kamu?


    Berat dan massa mempunyai perbedaan. Massa benda di manamana sama. Namun, berat benda dapat berubah-ubah tergantung gaya tarik bumi di tempat itu. Gaya tarik bumi disebut juga gaya gravitasi. Contohnya massa tubuh di bumi ataupun di bulan sama. Namun, berat tubuh di bumi dengan di bulan berbeda. Berat tubuh astronot di bulan lebih ringan daripada di bumi.


    Yang diukur pada timbangan adalah massa bukan berat. Namun, karena istilah berat sudah umum digunakan dalam bahasa sehari-hari. Gravitasi di permukaan bumi relatif sama, sehingga penggunaan kata berat untuk menggantikan massa masih dibolehkan.
    Ayo Mengamati
    Selain massa, benda mempunyai volume. Apakah volume benda itu? Semua benda menempati ruang. Ukuran ruang yang ditempati oleh suatu benda disebut volume. Benda yang kecil menempati ruang yang lebih kecil dibandingkan benda yang besar. Hal ini berarti benda yang kecil memiliki volume yang kecil. Benda yang besar memiliki volume yang besar.

    Benda di sekeliling kita terdiri atas benda hidup dan benda tak hidup Benda mempunyai tiga wujud, yaitu padat, cair, dan gas. Benda mempunyai ciri-ciri, yaitu memiliki masa dan ruang (volume)


    KEGIATAN PENUTUP (15 MENIT)

    Anak shaleh dan shalehah, berikut tadi pembelajaran kita hari ini.

    Yuk kita simpulkan

    1. Bahan pembentuk benda dapat mempengaruhi massa benda

    2. Benda yang terbuat dari karet lebih berat dibandingkan benda dari plastik

    3. Perbedaan antara massa dan berat adalah bahwa massa tidak berubah dimanapun tempatnya

    Kesimpulan

    Alhamdulillah anak-anak semua siswa dapat mengidentifikasi sifat-sifat benda dan memahami arti penting menolong.

    Yups, itu tadi pembelajaran kita hari ini

    Semoga bermanfaat

    Jangan lupa belajar dan banyak berlatih

    Supaya anak shaleh dan shalehah dapat menjadi anak yang cerdas dan terampil


    Akhir kata wassalamu'alaikum wr wb

    Senin, 23 September 2024

    KELAS 3 TEMA 3 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 1, SENIN 23 SEPTEMBER 2024

    Hari / Tanggal           :  Senin,  23 September 2024

    Tema 3                        : Benda di Sekitarku

    Subtema 2                 : Wujud Benda

    Pembelajaran             : 1


    PENDAHULUAN (15 MENIT) 

    Assalaamualaikum, Wr.Wb

    Selamat pagi anak sholih/sholihah semangat ya belajar hari ini, tapi sebelum belajar jangan lupa mandi, sarapan yang bergizi, sholat dhuha serta murojaah yaa. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!

    Apakah anak-anak masih ingat pembelajaran sebelumnya kita sudah belajar tentang benda-benda di sekitar kita.

    Ada yang terbuat dari kertas, kayu, plastik, kaca, logam dan karet

    Setiap benda tersebut juga memiliki kelebihan dan kekurangannya berdasarkan bahan pembentuknya

    Kita juga sudah belajar cara mengukur benda-benda di sekitar kita lalu mengubahnya ke dalam beberapa satuan panjang

    Tentu saja kita belajar juga tentang musyawarah yang baik serta alat musik ritmis


    Hari ini kita akan masih belajar tentang benda-benda di sekitar kita.

    Tapi kita akan belajar tentang wujud benda benda tersebut.

    Bisakah kamu sebutkan wujud benda di sekitarmu?

    Atau, apa itu wujud benda?

    sebelum memulai pembelajaran, tujuan pembelajaran hari ini yaitu Siswa dapat mengidentifikasi informasi yang terkait dengan wujud benda, menuliskan pokok-pokok informasi yang berkaitan dengan wujud benda dengan kalimat efektif, mengkonversi satuan km ke m atau sebaliknya dengan tepat dan mengidentifikasi gerak kuat dan lemah kaki

    KEGIATAN PEMBELAJARAN (40 MENIT)

    Ayo Membaca
    Wujud Benda

    Setiap benda pasti memiliki wujud. Wujud benda ada tiga, yaitu padat, cair, dan gas. Tas, buku, dan pensil berwujud padat. Minyak dan air berwujud cair. Gas hidrogen dalam balon berwujud gas. Dapatkah kamu menyebutkan contoh lainnya?

    Di dapur, Dayu melihat benda-benda yang digunakan untuk memasak. Banyak pula bahan-bahan untuk dimasak. Seperti bawang, cabe, minyak goreng, dan kecap. Perhatikan gambar dapur rumah Dayu berikut ini!



    Kamu telah mengamati gambar di atas. Kelompokkan benda-benda yang ada dalam gambar sesuai wujudnya. Tuliskan hasil pengamatan dalam tabel berikut!

    Ayo Mengamati
    Pernahkah kamu naik alat transportasi seperti pada gambar? Tahukah kamu, termasuk ke dalam wujud benda apakah motor itu?

    Pada hari Minggu, Edo dibonceng ayah ke rumah nenek. Edo dibonceng ayah dengan motor. Perhatikan denah jarak ke rumah nenek berikut ini!



    Jarak rumah Edo ke rumah nenek 5 km 300 m. Jarak ini dapat ditulis 5 km lebih 300 m. Jarak dari
    rumah Edo ke kebun binatang 1.523 m. Satuan kilometer (km) dan meter (m) adalah satuan untuk menyatakan jarak.


     

    Jarak rumah Edo ke rumah nenek 5 km 300 m. Berapa jarak rumah Edo ke rumah nenek dalam satuan m?
    5 km + 300 m = 5.000 m + 300 m = 5.300 m
    Jadi, jarak rumah Edo ke rumah nenek adalah 5.300 m.

    Jarak yang harus ditempuh Edo dari rumah ke kebun binatang 1.523 m. Berapa Jarak rumah Edo ke kebun binatang dalam satuan km dan m?
    1.523 m = 1.000 m + 523 m = 1 km + 523 m

    Ayo Berlatih
    Ada bermacam-macam bentuk bangunan. Juga bahan pembentuk bangunan tersebut. Perhatikan denah jarak antarbangunan di bawah ini!



    Tentukan jarak dalam satuan m!


    Alat ukur ada bermacam-macam. Baik jenis maupun kegunaannya. Altimeter adalah alat yang digunakan untuk mengukur ketinggian suatu titik dari permukaan laut. Biasanya alat ini digunakan untuk mengukur tinggi pesawat saat terbang dari permukaan laut. Juga untuk mengukur tinggi gunung dan hal lain yang berhubungan dengan ketinggian.


    PENUTUP (15 MENIT)

    Anak shaleh dan shalehah berikut tadi pembelajaran kita hari ini ya

    Mari kita simpulkan apa yang sudah kita pelajari:

    1. WUjud benda ada 3 yaitu padat, cari dan gas

    2. Untuk mengkonversi km ke m gunakan tangga konversi jika naik dikalikan 10 jika turun dibagi 10

    Alhamdulillah anak-anak semua dapat mengidentifikasi informasi yang terkait dengan wujud benda, menuliskan pokok-pokok informasi yang berkaitan dengan wujud benda dengan kalimat efektif, mengkonversi satuan km ke m atau sebaliknya dengan tepat dan mengidentifikasi gerak kuat dan lemah kaki. Namun masih ada 3 siswa yang masih harus teliti untuk mengkonversi satuan panjang. Semoga kedepannya anak-anak semua dapat lebih teliti kembali

    Tetap semangat belajar ya anak shaleh dan shalehah

    semoga pembelajaran hari ini dapat bermanfaat

    akhir kata, wassalamu'alaikum wr wb

    Jumat, 20 September 2024

    KELAS 3 TEMA 3 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 6, JUM'AT 20 SEPTEMBER 2024

    Hari / Tanggal : Jum'at, 20 September 2024
    Tema 3 : Benda di Sekitarku
    Subtema 1 : Aneka Benda di Sekitarku
    Pembelajaran : 6




    PENDAHULUAN (15 MENIT)

    Assalaamualaikum, Wr.Wb

    Selamat pagi anak sholih/sholihah semangat ya belajar hari ini, tapi sebelum belajar jangan lupa mandi, sarapan yang bergizi, sholat dhuha serta murojaah yaa. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!

    Anak shaleh dan shalehah, masih ingatkah pelajaran kemarin?

    Yes, kita sudah belajar tentang macam-macam benda yang terbuat dari logam, karet dan kaca.

    Hari ini kita akan coba belajar tentang kelebihan dan kekurangan dari bahan pembentuk benda.

    Adapun tujuan pembelajaran hari ini yaitu siswa mampu mengerti makna menghargai pendapat orang lain, menyusun informasi terkait bahan pembuat benda, dan siswa dapat mengkonversi panjang m ke cm

    KEGIATAN BELAJAR (40 MENIT)

    Ayo Berdiskusi
    Tentukan 5 benda yang akan diselidiki oleh tiap-tiap kelompok! Tuliskanlah hasil musyawarah di bawah ini!



    Apa yang terjadi jika kita menghormati pendapat temanmu?Jika kita menghargai pendapat teman maka musyawarah yang berjalan sehat tanpa ada pemaksaan pendapat.
    Musyawarah berjalan menyenangkan karena menghasilkan keputusan yang menyenangkan bagi semua orang.


    Ceritakan pengalaman menghargai pendapat orang lain saat musyawarah!

    Pengalaman menghargai pendapat orang lain memang tidak mudah untuk dilakukan. Tidak semua orang pandai memahami dan memaklumi perbedaan. Apabila kita berhasil memahami perbedaan, maka hal tersebut adalah hal yang baik.

    Ayo Mencoba
    Setiap kelompok telah memilih benda. Lakukan penyelidikan bahan yang terbaik untuk membentuk
    benda tersebut! Kamu harus memilih bahan yang tepat untuk membuat benda. Karena pemilihan bahan dapat menjadikan benda berfungsi maksimal.



    Apa bahan yang baik untuk membuat daun jendela? Apakah dari kayu, alumunium atau kaca?
    Untuk memecahkannya, selidiki bersama. Langkah kerjanya adalah sebagai berikut:


    1. Tentukan benda yang akan kamu selidiki. Pilihlah benda di sekitarmu.


    2. Isilah tabel di bawah ini! Perhatikan contoh seperti pada nomor 1.




    Ayo Menulis
    Pilihlah satu benda yang telah kamu selidiki. Tuliskan secara lengkap hasil penyelidikanmu! Hal-hal berikut harus termuat dalam tulisanmu.Penjelasan bentuk benda (warna, ukuran, dan bentuk).
    Fungsi benda.
    Alasanmu memilih bahan tertentu untuk membuat benda tersebut.
    Menyebutkan kelebihan bahan tersebut.
    Menyebutkan kekurangan bahan tersebut.

    Ayo Mencoba
    Meteran gulung disebut juga meteran saku. Meteran gulung berfungsi untuk mengukur panjang benda yang lebih dari satu meter. Meteran ini biasa digunakan pekerja bangunan atau tukang kayu.

    Siti akan menata ulang kamar tidurnya. Sebelum menata, Siti mengukur benda-benda di kamarnya. Ukuran yang diperoleh Siti seperti berikut ini!

    1. Bantulah Siti menemukan ukurannya!
    a. 254 cm = 2 m + 54 cm
    b. 390 cm = 3 m + 90 cm
    c. 365 cm = 3 m + 65 cm
    d. 909 cm = 9 m + 9 cm
    e. 400 cm = 4 m + 0 cm

    2. Tukang membutuhkan bahan kayu untuk membuat meja. Bahan kayu yang diperlukan 250 cm. Pilihlah bahan kayu yang sesuai kebutuhan.








    250 cm = 2 m + 50 cm

    3. Kain yang dibutuhkan untuk membuat baju 2 m. Pilihlah kain yang sesuai kebutuhan.







    2 m = 200 cm


    Anak shaleh dan shalehah

    Berikut tadi pembelajaran kita hari ini

    yuk kita simpulkan bersama-sama:

    1. Dalam musyawarah kita wajib menghargai setiap pendapat dan tidak boleh bersikap egois

    2. Setiap benda memiliki kelebihan dan kekurangan berdasarkan bahan pembuatanya

    3. Satuan panjang m ke cm dapat dituliskan dengan dua cara, dengan cm atau tanpa cm

    Alhamdulillah anak shaleh dan shalehah semua sudah dapat mengerti makna menghargai pendapat orang lain, menyusun informasi terkait bahan pembuat benda, dan siswa dapat mengkonversi panjang m ke cm. Namun masih ada 2 anak yang masih harus lebih mandiri dalam mengkonversi panjang dari m ke cm. 


    Yap, semoga pembelajaran hari ini dapat bermanfaat untuk kita semua ya nak

    Tetap semangat belajar dan berlatih

    AKhir kata, wassalamualaikum wr wb

    Kamis, 19 September 2024

    KELAS TEMA 3 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 5, KAMIS 19 SEPTEMBER 2024

    Hari / Tanggal           :  Kamis, 19  September 2024

    Tema 3                        : Benda di Sekitarku

    Subtema 1                  : Aneka Benda di Sekitarku

    Pembelajaran             : 5


    PENDAHULUAN (15 MENIT) 

    Assalaamualaikum, Wr.Wb

    Selamat pagi anak sholih/sholihah semangat ya belajar hari ini, tapi sebelum belajar jangan lupa mandi, sarapan yang bergizi, sholat dhuha serta murojaah yaa. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!

    Masih ingatkah materi yang kita pelajari kemarin?

    Iyaps, kita sudha belajara tentang benda-benda yang terbuat dari plastik dan konsep mengurangi plastik dengan reduce (mengurangi), reuse (memanfaatkan kembali) dan recycle (mendaur ulang).

    Hari ini kita masih akan belajar tentang benda di sekitar kita, yaitu benda-benda yang terbuat kaca, logam dan karet. Tidak hanya itu, kita juga akan melanjutkan pelajaran tentang mengukur panjang benda ya!

    Adapun tujuan pembelajaran hari ini yaitu siswa dapat mengidentifikasi benda-benda yang terbuat dari bahan kaca, logam, dan karet dengan tepat, menceritakan pengalaman bermusyawarah dan siswa dapat mempraktikkan pengukuran dengan tepat.


    KEGIATAN PEMBELAJARAN (40 MENIT)

    Ayo Membaca
    Bacalah informasi berikut ini!



    Benda dari Kaca
    Ada benda-benda yang dibuat dari kaca. Benda tersebut, antara lain gelas, piring, mangkuk, kaca mata, akuarium, jendela, dan peralatan laboratorium. Kaca memiliki sifat kedap air dan tembus cahaya. Oleh karena itu, kaca digunakan untuk membuat benda yang tahan air.

    Benda dari Logam
    Coba amati benda yang ada di rumahmu! Adakah benda yang dibuat dari logam? Benda-benda tersebut, antara lain panci, penggorengan, sendok sayur, sendok makan, kerangka mobil, dan pagar rumah.
    Mengapa benda-benda tersebut dibuat dari logam? Karena logam memiliki sifat kuat, dapat dibentuk dan penghantar panas yang baik.

     

    Benda dari Karet
    Karet bersifat kuat dan lentur. Karet juga bersifat elastis, artinya, karet dapat ditarik memanjang dan jika dilepaskan akan kembali ke bentuk semula. Oleh karena itu, karet dimanfaatkan untuk berbagai keperluan, misalnya membuat ban, alas sepatu, dan pembungkus kabel. Meskipun karet bersifat kuat dan lentur, tetapi tidak tahan api

     

    Ayo Mengamati
    Amatilah benda-benda di sekitarmu! Adakah yang terbuat dari bahan kaca, logam, atau karet Tuliskan hasil pengamatanmu pada tabel yang telah disediakan!

    No.

    Nama Benda

    Bahan Pembentuk

    1.

    Gelas

    Kaca

    2.

    Pagar Sekolah

    Logam/Besi

    3.

    Daun Jendela

    Kaca

    4.

    Ban Sepeda

    Karet

    5.

    Spion

    Kaca


    Ayo Mencoba
    Kamu telah mengamati benda-benda di sekitarmu. Lengkapilah bagan berikut ini!


    Ayo Berdiskusi
    Kamu telah mempelajari aneka bahan pembentuk benda. Setiap bahan pembentuk benda mempunyai sifat yang khas. Perhatikan lingkungan kelas dan sekolahmu! Sebutkan bahan yang biasa digunakan
    untuk membuat tempat sampah!

    Ya, plastik, kayu, bahkan logam seperti alumunium dapat dibuat tempat sampah. Sekarang perhatikan tempat sampah di kelasmu! Terbuat dari apakah tempat sampah di kelasmu? Apakah jumlahnya mencukupi? Apakah anak-anak sudah mempunyai kesadaran dalam membuang sampah di tempatnya?

    Sekarang, musyawarahkan dengan teman sekelasmu! Bagaimana cara meningkatkan kebersihan di sekolahmu? Tuliskan hasil musyawarah di kotak berikut!


    Ayo Mencoba
    Perhatikan bahan yang digunakan untuk membuat penggaris! Plastik, kayu, dan alumunium (logam) adalah bahan yang dapat digunakan untuk membuat penggaris. Mengapa bahan kaca tidak digunakan untuk membuat penggaris? Coba perhatikan satuan yang tertera pada penggaris. Kamu akan melihat lebih dari satu satuan panjang. Ada satuan meter (m), centimeter (cm), dan milimeter (mm).

     


    Panjang mobil ayah Dayu adalah 410 cm Panjang mobil ayah Dayu dalam satuan m adalah
    410 cm = 400 cm + 10 cm
    = 4 m + 10 cm
    = 4 m 10 cm

    Ayo berlatih
    Lakukanlah aktivitas berikut ini!

    1. Perhatikan gambar benda yang harus kamu ukur!
    2. Ukurlah bagian benda sesuai gambar!
    3. Tuliskan perkiraanmu terlebih dahulu! (ukuran hasil tebakanmu tanpa menggunakan alat ukur)
    4. Ukurlah dengan menggunakan alat ukur!
    5. Lengkapilah tabel di bawah ini dengan hasil pengukuranmu!

    PENUTUP (15 MENIT)

    Anak shaleh dan shalehah
    Berikut tadi pembelajaran kita hari ini
    Mari kita simpulkan pembelajaran hari ini
    1. Benda yang terbuat dari logam contohnya adalah sendok, garpu dan gerbang sekolah
    2. Benda yang terbuat dari karet seperti ban motor, sepatu boot dan penghapus
    3. Benda yang terbuat dari kaca seperti spion, gelas dan piring.
    4. Bahan pembuat benda mempengaruhi fungsi dan ketahanan benda.
    5. Panjang benda dalam satuan meter dapat diubah menjadi ukuran cm

    Tetap semangat belajar ya
    Jangan lupa untuk selalu mengulang materi dan berlatih
    Akhir kata, wassalamu'alaikum wr wb.

    Rabu, 18 September 2024

    KELAS 3 TEMA 3 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 3&4, RABU 18 SEPTEMBER 2024

    Hari / Tanggal           :  Rabu,18 September  2024

    Tema 3                        : Benda di Sekitarku

    Subtema 1                  : Aneka Benda di Sekitarku

    Pembelajaran             : 3 dan 4

     

    Assalaamualaikum, Wr.Wb

    Selamat pagi anak sholih/sholihah semangat ya belajar hari ini, tapi sebelum belajar jangan lupa mandi, sarapan yang bergizi, sholat dhuha serta murojaah yaa. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!

    Anak shaleh dan shalehah, kemarin kita sudah mengenal bagaimana mengelompokkan benda-benda, menggunakan alat ukur, serta mengenal alat musik ritmis.



    Ayo Mengamati (5 menit)
    Kertas di Sekitar Kita
    Banyak benda yang terbuat dari kertas. Seperti buku tulis yang biasa digunakan. Contoh lain tisu, kardus, dan koran juga terbuat dari kertas.

    Kayu adalah bahan dasar untuk membuat kertas. Pembuatan kertas dilakukan secara bertahap di pabrik. Kayu-kayu besar dipotong hingga sebesar korek api. Setelah itu, kayu dipanaskan hingga
    menjadi bahan lunak seperti bubur. Bubur inilah yang disebut bubur kertas atau pulp.

    Proses selanjutnya, pulp diberi pewarna dan disaring hingga kandungan airnya habis. Pulp yang sudah kering meninggalkan ampas berupa serat selulosa yang saling terkait. Kemudian, serat selulosa ini digiling hingga pipih menjadi seukuran kertas yang diinginkan.

    Kertas memiliki sifat dapat menyerap air. Kertas dapat menyerap tinta pulpen dengan baik dan dapat dibaca dengan jelas.

    Ayo Berdiskusi (15 menit)
    Sebuah fakta menunjukkan kalau kita menghemat 1 ton kertas, berarti kita menghemat 13 batang pohon besar. Fakta yang luar biasa! Apa yang bisa kita lakukan untuk menghemat kertas?

    Ayo Mencoba (20 menit)
    Carilah arti kata berikut dengan tepat!

    No.

    Kosa Kata Baru

    Arti

    1.

    Selulosa

    karbohidrat kompleks atau polisakarida yang ditemukan dalam struktur dinding sel semua tumbuhan. 

    2.

    Lunak

    Lembut; empuk:

    3.

    Molekul

    Bagian terkecil senyawa yang terbentuk dari kumpulan atom yang terikat secara kimia

    4.

    Ampas

    Sisa barang yang telah diambil sarinya atau patinya

    5.

    Pulp

    Bubur kertas

    6.

    Pipih

    Tipis rata

    7.

    Menyerap

    Meresap, merembes

    8.

    Kardus

    Karton

    9.

    Serat

    Sel atau jaringan serupa benang atau pita panjang, berasal dari hewan atau tumbuhan

    10.

    Menggiling

    Melumatkan (memipihkan) sesuatu

    Buatlah kalimat dengan menggunakan kosakata di atas!

    Ayo Bernyanyi (10 menit)
    Bentuklah kelompok terdiri atas 4 atau 6 orang siswa. Setiap kelompok memilih dua jenis benda yang dapat menghasilkan bunyi-bunyian.

    Berlatihlah untuk mengiringi lagu “Teka-Teki”. Setiap kelompok akan mendapat giliran untuk menampilkan kemampuannya. Setelah bergiliran, tampillah secara bersama-sama! Lakukan dengan percaya diri! (lihat di Pembelajaran 1) 

    Ayo Berdiskusi (5 menit)
    Bahan dasar kertas adalah kayu. Kayu berasal dari pohon. Perhatikan gambar di bawah ini!



    No.

    Bagian yang Diukur

    Alat Ukur Yang Digunakan

    1.

    Tinggi Badamu

    Meteran Pita

    2.

    Panjang lingkar pinggang

    Meteran Pita

    3.

    Panjang meja di kelas

    Meteran Saku

    4.

    Panjang lompatan teman kelompokmu

    Meteran Rol

    5.

    Lebar papan tulis di kelasmu

    Meteran Saku

    6.

    Panjang halaman sekolah

    Meteran Rol


    Ayo Mencoba (20 menit)
    Kamu sudah berdiskusi tentang alat ukur. Alat ukur yang tepat untuk mengukur sesuatu. Coba lakukan kegiatan berikut ini!
    1. Ukurlah tinggi badan lima orang temanmu di kelas!
    2. Tuliskan hasilnya pada tabel di bawah ini. Gunakan satuan cm dalam pengukuranmu!

    3. Urutkanlah hasil pengukuranmu! Mulailah dari yang terpendek hingga yang tertinggi!

    No.

    Nama

    Tinggi Badan (cm)

    1.

    Siti

    122

    2.

    Dayu

    127

    3.

    Edo

    130

    4.

    Udin

    135

    5.

    Beni

    141


    ANak shaleh dan shalehah 

    berikut tadi pembelajaran hari ini 

    Mari kita simpulkan pembelajran hari ini:

    1. Kayu merupakan bahan pembuatan beberapa benda seperti buku dan kertas

    2. Untuk dapat mengukur panjang suatu benda dapat kita gunakan alat ukur yang berbeda juga contohnya tinggi badan diukur menggunakan meteran

    3. Bunyi dapat dihasilkan dari benturan dua benda, dan dapat menciptakan ketukan jika dipukulkan dengan pola irama yang baik

    ==============================================================================

    PEMBELAJARAN 4

    Adapun tujuan pembelajaran hari ini adalah mengetahui bahan pembentuk benda dari plastik, mengamati keadaan plastik di daerah sekitar serta pengalaman bermusyawarah di sekolah.

    Bisakah kamu sebutkan benda yang terbuat dari plastik di kelas?

    Lalu apa keunggulan benda berasalah dari plasik?

    adakah masalah yang timbul dari benda plastik?

    kita simak di bawah ini ya

    Plastik: Solusi dan Masalah  (15 menit)

    Sekarang ini, banyak sekali benda berbahan dasar plastik. Mengapa? Karena, plastik murah dan tahan lama. Bahan dari plastik tidak dapat menyerap air atau tidak tembus air. Plastik pun mudah dibentuk dan ringan. Oleh karena itu, plastik dapat dibuat menjadi berbagai benda.

    Plastik memberikan banyak manfaat. Akan tetapi, plastik juga dapat menimbulkan masalah. Plastik membutuhkan waktu yang lama untuk terurai secara alami, sekitar puluhan bahkan ratusan tahun.

    Perhatikan tabel berikut! Coba bandingkan waktu yang dibutuhkan plastik untuk terurai secara alami.

     


    Reduce adalah mengurangi penggunaan plastik. Contohnya ketika berbelanja. Sebaiknya membawa tas belanja sendiri, sehingga tidak perlu menggunakan kantong plastik.

    Reuse adalah memanfaatkan kembali sampah plastik. Misalnya, sampah kemasan botol minuman digunakan untuk membuat pot bunga.

    Recycle adalah daur ulang sampah plastik. Biasanya dilakukan di pabrik. Sampah plastik diolah menjadi barang baru yang dapat dimanfaatkan lagi.

    Ayo Mengamati (10 menit)
    Amatilah lingkungan di sekolahmu! Banyakkah sampah plastik dari kantong kemasan makanan dan minuman?

    Ayo Menulis (15 menit)
    Ceritakan hasil pengamatanmu tentang sampah plastic di sekolah secara tertulis. Perhatikan penggunaan huruf besar dan tanda baca yang tepat!

    Ayo Berdiskusi (10 menit)
    Bermusyawarahlah bersama seluruh teman di kelasmu! Musyawarah tentang cara mengurangi sampah plastik di sekolah.

     

    Penerapan sistem 3R (Reuse, Reduce, dan Recycle) menjadi salah satu solusi dalam menjaga lingkungan di sekitar kita yang murah dan mudah untuk dilakukan di samping mengolah sampah menjadi kompos atau memanfaatkan sampah menjadi sumber listrik (Pembangkit Listrik Tenaga Sampah).

    Selain itu, penerapan 3R ini juga dapat dilakukan oleh setiap orang dalam kegiatan sehari-hari. Reuse berarti menggunakan kembali sampah yang masih dapat digunakan untuk fungsi yang sama ataupun fungsi lainnya. Reduce berarti mengurangi segala sesuatu yang mengakibatkan sampah. Dan Recycle berarti mengolah kembali (daur ulang) sampah menjadi barang atau produk baru yang bermanfaat.


    Anak shaleh dan shalehah berikut tadi pembelajaran kita hari ini

    Ayo kita coba buat kesimpulan dari materi hari ini:

    1. Keunggulan benda terbuat dari plastik adalah murah, tahan lama dan tidak tembus air

    2. Masalah sampah plastik dapat diatasi dengan Recycle, Reuse dan Reduce

     Alhamdulillah anak-anak semua sudah dapat mengetahui bahan pembentuk benda dari plastik, mengamati keadaan plastik di daerah sekitar serta pengalaman bermusyawarah di sekolah serta mengenal bagaimana mengelompokkan benda-benda, menggunakan alat ukur, serta mengenal alat musik ritmis. Namun masih ada 4 siswa yang masih harus belajar lebih giat lagi terutama dalam menggunakan alat ukur.

    Tetap semangat belajar dan berlatih

    Semoga apa yang dipelajari hari ini dapat memberikan manfaat kepada semua anak shaleh dan shalehah ya

    Wassalamu'alaikum wr wb

    Jumat, 13 September 2024

    KELAS 3 TEMA 2 SUBTEMA 4 PEMBELAJARAN 6, JUM'AT 13 SEPTEMBER 2024

    Hari / Tanggal : Jumat, 13 September 2024

    Tema 2 : Menyayangi Tumbuhan dan Hewan

    Subtema 4 : Menyayangi Hewan

    Pembelajaran : 6



    Assalamu'alaikum, Wr.Wb


    Selamat pagi anak sholih/sholihah semangat ya belajar hari ini, tapi sebelum belajar jangan lupa mandi, sarapan yang bergizi, sholat dhuha serta murojaah yaa. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!


    Tujuan pembelajaran hari ini adalah dengan kegiatan review, siswa dapat menentukan pecahan sederhana (seperti1/2 , 1/3 ,dan 1/4 ) sesuai dengan gambar.


    Pada pembelajaran sebelumnya kita telah mempelajari sifat pertukaran pada perkalian untuk menyelesaikan soal-soal dengan tepat.  



    Berikut pembelajaran kita hari ini


    Kesimpulannya adalah

    -

    -

    -

    Semoga bermanfaat


    Wassalamu'alaikum wr wb

    Kamis, 12 September 2024

    KELAS 3 TEMA 2 SUBTEMA 4 PEMBELAJARAN 5, KAMIS 12 SEPTEMBER 2024

     Hari / Tanggal : Kamis, 12 September 2024

    Tema 2 : Menyayangi Tumbuhan dan Hewan

    Subtema 4 : Menyayangi  Hewan

    Pembelajaran : 5


    Assalamu'alaikum, Wr.Wb


    Selamat pagi anak sholih/sholihah semangat ya belajar hari ini, tapi sebelum belajar jangan lupa mandi, sarapan yang bergizi, sholat dhuha serta murojaah yaa. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!

    Tujuan pembelajaran hari ini adalah Dengan mengamati penjelasan guru, siswa dapat menentukan posisi pecahan sederhana (seperti 1/2, 1/3, dan 1/4 ) pada gambar. 

    Pada pembelajaran sebelumnya kita telah mempelajari sifat pertukaran pada perkalian untuk menyelesaikan soal-soal dengan tepat.  





    Berikut pembelajaran kita hari ini

    Kesimpulannya adalah

    -

    -

    -



    Semoga bermanfaat

    Wassalamu'alaikum wr wb

    Selasa, 10 September 2024

    KELAS 3 TEMA 2 SUBTEMA 4 PEMBELAJARAN 4, RABU 11 SEPTEMBER 2024

      Hari / Tanggal : Rabu, 11 September 2024

    Tema 2 : Menyayangi Tumbuhan dan Hewan

    Subtema 4 : Menyayangi  Hewan

    Pembelajaran : 4


    Assalamu'alaikum, Wr.Wb


    Selamat pagi anak sholih/sholihah semangat ya belajar hari ini, tapi sebelum belajar jangan lupa mandi, sarapan yang bergizi, sholat dhuha serta murojaah yaa. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!

    Tujuan pembelajaran hari ini adalah Dengan mengamati penjelasan guru, siswa dapat menentukan posisi pecahan sederhana (seperti 1/2, 1/3, dan 1/4 ) pada gambar. 

    Pada pembelajaran sebelumnya kita telah mempelajari sifat pertukaran pada perkalian untuk menyelesaikan soal-soal dengan tepat.  



    Berikut pembelajaran kita hari ini

    Kesimpulannya adalah

    - Nelayan adalah orang yang menangkap ikan di laut

    - Setiap profesi memiliki tugas dan tanggung jawabnya masing-masing

    - Nilai pecahan harus memiliki besar yang sama pada setiap potongannya


    Alhamdulillah, hari ini semua siswa sudah dapat menuliskan nama-nama pekerjaan dan perannya, serta menentukan posisi pecahan sederhana (seperti 1/2, 1/3, dan 1/4 ) pada gambar. Namun, masih ada 3 siswa yang masih harus belajar lebih giat lagi untuk dapat menentukan nilai pecahan menggunakan gambar. 


    Semoga bermanfaat

    Wassalamu'alaikum wr wb

    KELAS 3 TEMA 2 SUBTEMA 3 PEMBELAJARAN 2 & 3, SELASA 10 SEPTEMBER 2024

     Hari / Tanggal : Selasa, 10 September 2024

    Tema 2 : Menyayangi Tumbuhan dan Hewan

    Subtema 4 : Menyayangi  Hewan

    Pembelajaran : 2 dan 3


    Assalamu'alaikum, Wr.Wb


    Selamat pagi anak sholih/sholihah semangat ya belajar hari ini, tapi sebelum belajar jangan lupa mandi, sarapan yang bergizi, sholat dhuha serta murojaah yaa. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!

    Tujuan pembelajaran hari ini adalah Dengan mengamati penjelasan guru, siswa dapat menentukan posisi pecahan sederhana (seperti 1/2, 1/3, dan 1/4 ) pada gambar. 

    Pada pembelajaran sebelumnya kita telah mempelajari sifat pertukaran pada perkalian untuk menyelesaikan soal-soal dengan tepat.  



    Berikut pembelajaran kita hari ini

    Kesimpulannya adalah

    -

    -

    -



    Semoga bermanfaat

    Wassalamu'alaikum wr wb


    Senin, 09 September 2024

    KELAS 3 TEMA 2 SUBTEMA 4 PEMBELAJARAN 1, SENIN 09 SEPTEMBER 2024

    Hari / Tanggal : Senin, 09 September 2024

    Tema 2 : Menyayangi Tumbuhan dan Hewan

    Subtema 4 : Menyayangi  Hewan

    Pembelajaran : 1


    Assalamu'alaikum, Wr.Wb


    Selamat pagi anak sholih/sholihah semangat ya belajar hari ini, tapi sebelum belajar jangan lupa mandi, sarapan yang bergizi, sholat dhuha serta murojaah yaa. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!

    Tujuan pembelajaran hari ini adalah Dengan mengamati penjelasan guru, siswa dapat menentukan posisi pecahan sederhana (seperti 1/2, 1/3, dan 1/4 ) pada gambar. 

    Pada pembelajaran sebelumnya kita telah mempelajari sifat pertukaran pada perkalian untuk menyelesaikan soal-soal dengan tepat. 



    Berikut pembelajaran kita hari ini

    Kesimpulannya adalah

    Alhamdulillah pembelajaran hari ini berjalan dengan baik. Semua siswa dapat mengikuti dan memahami pembelajaran dengan baik

    -

    -



    Semoga bermanfaat

    Wassalamu'alaikum wr wb


    Jumat, 06 September 2024

    KELAS 3 TEMA 2 SUBTEMA 3 PEMBELAJARAN 6, JUM'AT 06 SEPTEMBER 2024

    Hari / Tanggal : Jumat, 6 September 2024

    Tema 2 : Menyayangi Tumbuhan dan Hewan

    Subtema 3 : Menyayangi Tumbuhan

    Pembelajaran : 6


    Assalamu'alaikum, Wr.Wb


    Selamat pagi anak sholih/sholihah semangat ya belajar hari ini, tapi sebelum belajar jangan lupa mandi, sarapan yang bergizi, sholat dhuha serta murojaah yaa. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!

    Tujuan pembelajaran hari ini adalah dengan kegiatan review, siswa dapat menggunakan 

    Pada pembelajaran sebelumnya kita telah mempelajari sifat pertukaran pada perkalian untuk menyelesaikan soal-soal dengan tepat. 








    Berikut pembelajaran kita hari ini

    Kesimpulannya adalah

    Alhamdulillah pembelajaran hari ini berjalan dengan lancar. Semua siswa dapat mengikuti dan memahami pembelajaran dengan baik

    -

    -



    Semoga bermanfaat

    Wassalamu'alaikum wr wb

    Kamis, 05 September 2024

    KELAS 3 TEMA 2 SUBTEMA 3 PEMBELAJARAN 5, KAMIS 05 SEPTEMBER 2024

      Hari / Tanggal : Kamis, 5 September 2024

    Tema 2 : Menyayangi Tumbuhan dan Hewan

    Subtema 3 : Menyayangi Tumbuhan

    Pembelajaran : 5


    Assalamu'alaikum, Wr.Wb


    Selamat pagi anak sholih/sholihah semangat ya belajar hari ini, tapi sebelum belajar jangan lupa mandi, sarapan yang bergizi, sholat dhuha serta murojaah yaa. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!

    Tujuan pembelajaran hari ini adalah dengan kegiatan review, siswa dapat menemukan sifat pertukaran pada penjumlahan dengan tepat.

    Pada pembelajaran sebelumnya kita telah belajar penjumlahan menggunakan garis bilangan.




    Berikut pembelajaran kita hari ini

    Kesimpulannya adalah

    Alhandulillah pembelajaran hari ini berjalan dengan lancar. Semua peserta didik dapat mengikuti pembelajaran dengan baik dan lancar

    -

    -



    Semoga bermanfaat

    Wassalamu'alaikum wr wb