Tema 3 : Benda di Sekitarku
Subtema 1 : Aneka Benda di Sekitarku
Pembelajaran : 6
PENDAHULUAN (15 MENIT)
Assalaamualaikum, Wr.Wb
Selamat pagi anak sholih/sholihah semangat ya belajar hari ini, tapi sebelum belajar jangan lupa mandi, sarapan yang bergizi, sholat dhuha serta murojaah yaa. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!
Anak shaleh dan shalehah, masih ingatkah pelajaran kemarin?
Yes, kita sudah belajar tentang macam-macam benda yang terbuat dari logam, karet dan kaca.
Hari ini kita akan coba belajar tentang kelebihan dan kekurangan dari bahan pembentuk benda.
Adapun tujuan pembelajaran hari ini yaitu siswa mampu mengerti makna menghargai pendapat orang lain, menyusun informasi terkait bahan pembuat benda, dan siswa dapat mengkonversi panjang m ke cm
KEGIATAN BELAJAR (40 MENIT)
Ayo Berdiskusi
Tentukan 5 benda yang akan diselidiki oleh tiap-tiap kelompok! Tuliskanlah hasil musyawarah di bawah ini!
Apa yang terjadi jika kita menghormati pendapat temanmu?Jika kita menghargai pendapat teman maka musyawarah yang berjalan sehat tanpa ada pemaksaan pendapat.
Musyawarah berjalan menyenangkan karena menghasilkan keputusan yang menyenangkan bagi semua orang.
Ceritakan pengalaman menghargai pendapat orang lain saat musyawarah!
Pengalaman menghargai pendapat orang lain memang tidak mudah untuk dilakukan. Tidak semua orang pandai memahami dan memaklumi perbedaan. Apabila kita berhasil memahami perbedaan, maka hal tersebut adalah hal yang baik.
Ayo Mencoba
Setiap kelompok telah memilih benda. Lakukan penyelidikan bahan yang terbaik untuk membentuk
benda tersebut! Kamu harus memilih bahan yang tepat untuk membuat benda. Karena pemilihan bahan dapat menjadikan benda berfungsi maksimal.
Apa bahan yang baik untuk membuat daun jendela? Apakah dari kayu, alumunium atau kaca?
Untuk memecahkannya, selidiki bersama. Langkah kerjanya adalah sebagai berikut:
1. Tentukan benda yang akan kamu selidiki. Pilihlah benda di sekitarmu.
2. Isilah tabel di bawah ini! Perhatikan contoh seperti pada nomor 1.
Ayo Menulis
Pilihlah satu benda yang telah kamu selidiki. Tuliskan secara lengkap hasil penyelidikanmu! Hal-hal berikut harus termuat dalam tulisanmu.Penjelasan bentuk benda (warna, ukuran, dan bentuk).
Fungsi benda.
Alasanmu memilih bahan tertentu untuk membuat benda tersebut.
Menyebutkan kelebihan bahan tersebut.
Menyebutkan kekurangan bahan tersebut.
Ayo Mencoba
Meteran gulung disebut juga meteran saku. Meteran gulung berfungsi untuk mengukur panjang benda yang lebih dari satu meter. Meteran ini biasa digunakan pekerja bangunan atau tukang kayu.
Siti akan menata ulang kamar tidurnya. Sebelum menata, Siti mengukur benda-benda di kamarnya. Ukuran yang diperoleh Siti seperti berikut ini!
1. Bantulah Siti menemukan ukurannya!
a. 254 cm = 2 m + 54 cm
b. 390 cm = 3 m + 90 cm
c. 365 cm = 3 m + 65 cm
d. 909 cm = 9 m + 9 cm
e. 400 cm = 4 m + 0 cm
2. Tukang membutuhkan bahan kayu untuk membuat meja. Bahan kayu yang diperlukan 250 cm. Pilihlah bahan kayu yang sesuai kebutuhan.
250 cm = 2 m + 50 cm
3. Kain yang dibutuhkan untuk membuat baju 2 m. Pilihlah kain yang sesuai kebutuhan.
2 m = 200 cm
Anak shaleh dan shalehah
Berikut tadi pembelajaran kita hari ini
yuk kita simpulkan bersama-sama:
1. Dalam musyawarah kita wajib menghargai setiap pendapat dan tidak boleh bersikap egois
2. Setiap benda memiliki kelebihan dan kekurangan berdasarkan bahan pembuatanya
3. Satuan panjang m ke cm dapat dituliskan dengan dua cara, dengan cm atau tanpa cm
Alhamdulillah anak shaleh dan shalehah semua sudah dapat mengerti makna menghargai pendapat orang lain, menyusun informasi terkait bahan pembuat benda, dan siswa dapat mengkonversi panjang m ke cm. Namun masih ada 2 anak yang masih harus lebih mandiri dalam mengkonversi panjang dari m ke cm.
Yap, semoga pembelajaran hari ini dapat bermanfaat untuk kita semua ya nak
Tetap semangat belajar dan berlatih
AKhir kata, wassalamualaikum wr wb