Minggu, 26 Mei 2024

KISI-KISI SAS MENULIS, SENIN 27 MEI 2024

Kisi kisi Menulis Senin 27 Mei 2024

 Hari / Tanggal : Senin/ 27 Mei 2024

Mata Pelajaran : Menulis

Kelas : 1 (SD Al - Azhar 1 Bandar Lampung)

Assalamualaikum wr.wb

Bagaimana kabar anak sholeh dan sholehah ?

Alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT aamiin.

Pada pertemuan kali ini, kita akan memberikan kisi-kisi untuk Sumatif Akhir Semester. Sholeh-Sholehah bisa mempelajari dari kisi-kisi ini ya :). Kisi-kisi nya yaitu cara menulis tegak sambung atau halus kasar dengan baik dan benar Berikut kisi-kisi nya:

Silahkan anak2 belajar menulis halus kasar yang rapih dan benar dirumah ya sayangg. Tetap semangat belajarnya semoga mendapatkan hasil yang memuaskan. Selamat menunaikan ibadah puasa anak sholeh sholehah🥰🥰🥰

Ibu guru akhiri, Wassalamualaikum wr wb😇🙏🏻

Rabu, 22 Mei 2024

KELAS 1 MATERI PENDIDIKAN PANCASILA, RABU 22 MEI 2024

Hari/tanggal                 : Rabu, 22 Mei 2024

BAB/Tema                    :  5/Suka bergotong royong  

Materi Pembelajaran     : Bergotong royong




Assalamu'alaikum wr.wb

Selamat Pagi anak shalih dan shalihah...

Bagaimana kabarnya hari ini anak sholih dan sholihah?                                                           

Semoga semua sehat selalu, dalam lindungan Allah subhanahu wata'ala ya sayang..               

Ayo anak ibu guru, sudah siap semua untuk belajar hari ini? 

Materi Pendidikan Pancasila Hari ini yaitu adalah tentang lingkungan sekitar. 

 

A. Capaian Pembelajaran (CP)

Pada akhir Fase A, Peserta didik mampu menyadari pentingnya gotong royong, dalam lingkungan keluarga dan lingkungan masyarakat. Dengan memahami pentingnya bergotong royong, peserta didik diharapkan mampu menganalisis karakteristik peran setiap individu untuk dapat berkontribusi dalam gotong royong

 

B. Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) 

 Peserta didik mampu menyadari pentingnya gotong royong dalam lingkungan keluarga dan lingkungan masyarakat. Dengan memahami pentingnya gotong royong, peserta didik diharapkan mampu menganalisis karakteristik peran setiap individu untuk dapat kontribusi dalam gotong royong. 

C. Tujuan Pembelajaran (TP)

1. Menunjukkan sikap bersyukur kepada Tuhan YME terhadsp koreksi diri. 

2. Menunjukkan sikap menerima dan berempati terhadap kondisi orang lain. 

3. Membandingkan pekerjaan rumah yang dilaksanakan sendiri dan bersama-sama


Sebelum memulai pembelajaran hari ini, mari kita berdoa terlebih dahulu.

Membaca doa sebelum belajar:

“Radhitu billahi Rabbaa, wa bil Islami diina, wa bi Muhammadin nabiyyaa wa rasula robbi zidnii 'ilman warzuqni fahma.”ingkungan Sekitar

Bergotong Royong di Sekolah

Apa itu gotong royong? 

Gotong royong brarti mengangkat / mengerjakan suatu pekerjaan secara bersama-sama. 



Contoh gotong royong di sekolah :

1. Membersihkan lingkungan sekolah

2. Menata meja dan kursi kelas

3. Membersihkan ruang kelas

4. Membuat taman di depan kelas

Sesama teman kita harus saling membantu, hidup rukun. 

Kita  dianjurkan untuk saling menyanyangi. 

Saling menghargai. 

Saling menyanyantuni

Saling berbagi

Jika kita selalu rukun, Tuhan akan mengasihi kita. 

Tugas :

1. Sebutkan 5 contoh gotong royong di sekolah yang kamu ketahui! 

(Di kerjakan di buku tulis pendidikan pancasila, di beri garis tutup) 

PENUTUP

Baik anak-anak sekian materi yang ibu guru sampaikan, semoga setelah kalian membaca materi pada hari ini kalian akan lebih mengerti tentang gotong royong dan menghormati teman kalian satu sama lain yaa.

Mohon untuk selalu di ingat dan dijalankan yaa anak sholeh dan sholehah.

Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.       

Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini? Apa yang telah kalian pelajari hari ini?

Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia.

Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.

Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa. 

Ibu guru akhiri, Wassalamu'alaikum Wr. Wb

Selasa, 21 Mei 2024

KELAS 1 MATERI MATEMATIKA, SELASA 21 MEI 2024

Hari/Tanggal : Selasa/21 Mei 2024

Satuan Pendidikan : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung 

Fase/Kelas : A/1 

BAB/Tema : 8/ Mengenal Diagram

Materi Pembelajaran : Diagram Gambar 


Tujuan Pembelajaran :

1.  Peserta didik dapat mengelompokkan objek

2. Peserta didik dapat menghitung setiap kelompok objek

3. Peserta didik dapat membaca daftar tabel maksimal empat kategori

4. Peserta didik dapat membaca diagram gambar maksimal empat kategori

5. Peserta didik dapat menginterpretasikan diagram gambar maksimal empat kategori.


Assalamu'alaikum wr.wb

Tabik Pun..

Selamat Pagi anak shalih dan shalihah...

Bagaimana kabarnya hari ini anak sholih dan sholihah?                                                  

Semoga semua sehat selalu, dalam lindungan Allah subhanahu wata'ala ya sayang..         

Apakah pagi ini sudah sholat Dhuha anak Sholih dan Sholihah? Jika belum mari kita sholat Dhuha terlebih dahulu ya sayang...

Ayo anak ibu guru, sudah siap semua untuk belajar hari ini? 

Sebelum memulai pembelajaran mari kita membaca doa terlebih dahulu:

“Radhitu billahi Rabbaa, wa bil Islami diina, wa bi Muhammadin nabiyyaa wa rasula robbi zidnii 'ilmanwarzuqni fahma.”


BAB 8 DIAGRAM

Pagi itu diadakan senam pagi, setelah senam pagi siswa melakukan olahraga permainanan. 

Ada yang bermain sepakbola, ada yang bermain bulu tangkis, ada yang bermain tenis meja. 


Perhatikan gambar di atas! 

Semua melakukan olahraga permainan. Tetapi, permainannya tidak sama, sesuai dengan pilihan masing-masing. Ayo kita hitung bersama. 

Siswa yang bermain tenis meja sebanyak 2

Siswa yang bermain sepak bola sebanyak.... 

Siswa yang bermain bulu tangkis sebanyak... 

Sekarang perhatikan bentuk di bawah. 

Satu gambar kepala menunjukkan satu siswa yang bermain. 



A. Mengelompokkan Data

Perhatikan siswa yang sedang berolahraga 

Ayo kita kelompokkan siswa-siswa tersebut menurut jenis olahraganya. 


Silahkan kerjakan soal evaluasi di bawah ini, dengan cara tuliskan soal dan jawaban di buku latihan Matematika kalian masing-masing.

1. Pada gambar di atas, Ada berapa kelompok olahragakah?.......

2. Kelompok olahraga apa saja yang terdapat pada gambar di atas?......

3. Masing-masing kelompok terdapat berapa anak yang sedang ber-olahraga?.....

4. Ada berapa warnakah bola didalam kotak?.....

5. Gambarkan kembali dan Kelompokkan bola sesuai dengan warna nya.....


PENUTUP 

Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.                    

Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini? Apa yang telah kalian pelajari hari ini? 

Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia.

Jangan lupa kumpulkan jawaban soal Evaluasi, dan kirimkan kegiatan anak-anak dirumah seperti sedang Sholat Dhuha, mengerjakan soal dari ibu guru dengan cara di fotokan dan di jadikan kolase kirimkan ke nomor WhatsApp ibu guru.


Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.

Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa. Yuk sebelum berdoa kita tepuk jari terlebih dahulu!Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang baik di rumah bersama keluarga kalian ya…

Ibu guru akhiri, 

Wassalamu’aalaikums

Senin, 20 Mei 2024

KELAS 1 MATERI BAHASA INDONESIA, SENIN 20 MEI 2024

Hari/Tanggal : Senin/ 20 Mei 2024

Satuan Pendidikan : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung

Fase/Kelas : A/1 

BAB/Tema : 8/ di Sekitar Rumah

Materi Pembelajaran : Mengeksplorasi Lingkungan Sekitar




Capaian Pembelajaran :

•Menyimak
Peserta didik mampu bersikap menjadi pendengar yang penuh perhatian. 
Peserta didik menunjukkan minat pada tuturan yang didengar serta mampu memahami pesan lisan dan informasi dari audio, teks aural (teks yang di bacakan dan/atau didengar), instruksi lisan, dan percakapan yang berkaitan dengan tujuan berkomunikasi. 
•Membaca dan Memirsa
Peserta didik mampu bersikap menjadi pembaca dan pemirsa yang menujukkan minat terhadap teks yang dibaca atau dipirsa. 
Peserta didik mampu membaca kata –kata yang dikenalinya sehari-hari dengan fasih. 
Peserta didik mampu memahami informasi dari bacaan dan tayangan yang dipirsa tentang diri dan lingkungan, narasi imajinatif, dan puisi anak. 
Peserta didik mampu memaknai kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa dengan bantuan ilustrasi.
•Berbicara dan Mempresentasikan
Peserta didik mampu berbicara dengan santun tentang beragam topik yang dikenali menggunakan volume dan intonasi yang tepat sesuai konteks. 
Peserta didik mampu merespon dengan bertanya tentang sesuatu, menjawab, dan menanggapi komentar orang lain (teman, guru, dan orang dewasa) dengan baik dan santun dalam suatu percakapan. 
Peserta didik mampu mengungkapkan gagasan secara lisan dengan atau tanpa bantuan gambar/ilustrasi.
Peserta didik mampu menceritakan kembali suatu isi informasi yang dibaca atau didengar; dan menceritakan kembali teks narasi yang di bacakan atau dibaca dengan topik diri dan lingkungan
•Menulis
Peserta   didik   mampu menunjukkan keterampilan menulis permulaan dengan benar (cara memegang alat tulis, jarak mata dengan buku, menebalkan garis/huruf, dll.) di atas kertas dan/atau melalui media digital.
Peserta didik mampu mengembangkan tulisan tangan yang semakin baik. 
Peserta didik mampu menulis teks deskripsi dengan beberapa kalimat sederhana, menulis teks rekon tentang pengalaman diri, menulis kembali narasi berdasarkan teks fiksi yang dibaca atau didengar, menulis teks prosedur tantang kehidupan sehari-hari, dan menulis teks eksposisi tentang kehidupan sehari-hari.


Tujuan Pembelajaran :

•Menyimak :
Dengan menyimak dan menanggapi bacaan tentang lingkungan dan pekerja di sekitar rumah, peserta didik dapat membaca dan menulis kata yang sering ditemui 
•Membaca:
Mengenali dan mengeja kombinasi huruf pada suku kata dan kata yang sering ditemui.
Menulis:
Menuliskan suku kata sederhana pada kata-kata yang sering ditemui sehari-hari.

Assalamu'alaikum wr.wb

Tabik Pun..

Selamat Pagi anak shalih dan shalihah...

Bagaimana kabarnya hari ini anak sholih dan sholihah?                                                               

Semoga semua sehat selalu, dalam lindungan Allah subhanahu wata'ala ya sayang..               

Ayo anak ibu guru, sudah siap semua untuk belajar hari ini? 

Sebelum memulai pembelajaran mari kita membaca doa terlebih dahulu:

“Radhitu billahi Rabbaa, wa bil Islami diina, wa bi Muhammadin nabiyyaa wa rasula robbi zidnii 'ilmanwarzuqni fahma.”

MENGAMATI

Amatilah gambar ini! 


Sekarang, jawablah pertanyaan-pertanyaan guru ini.
1. Siapa saja petugas berseragam pada gambar di atas?
2. Apa saja pekerjaan mereka?
3. Petugas apa saja yang ada di dekat sekolah?
4. Petugas apa saja yang ada di dekat rumah?

MEMBACA

Siapa saja petugas berseragam itu?
Baca bersama-sama dengan teman, ya

BERBICARA

Alat dan baju seragam siapa ini? 
Pasangkan baju seragam ini dengan pemiliknya, ya.
Ikuti petunjuk guru.



PENUTUP 
Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.                    
Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini? Apa yang telah kalian pelajari hari ini? 
Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia.

Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.
Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa. Yuk sebelum berdoa kita tepuk jari terlebih dahulu!Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang baik di rumah bersama keluarga kalian ya…
Ibu guru akhiri, 
Wassalamu’aalaikumsalam wr.wb

Rabu, 15 Mei 2024

KELAS 1 MATERI P5, KAMIS 16 MEI 2024

HARI/TANGGAL    : Kamis, 16 Mei 2024 

KELAS                : I (SATU)

SEMESTER          : II (DUA) 

MATERI              : P5 (RONCEKU KREATIVIRASKU)



Assalaamualaikum Wr Wb 

Selamat pagi anak sholeh sholehah Ibu guru, apa kabarnya? semoga semua dalam keadaan sehat wal afiat🥰💪🏻
Sebelum memulai pembelajaran silahkan persipakan dirimu dahulu dengan membaca doa. Semangat belajar daring anak2 sholeh sholehah


Hari ini kita akan melaksanakan pembelajaran P5 dengan Tema Kewirausahaan, Topik Ronceku Kreativitasku. Berikut uraian pembelajaran secara lengkap. 

Tema : Kewirausahaan 
Topik : Ronceku Kreativitasku 
Tujuan : Dengan mengangkat tema “kewirausahaan” dan mengacu kepada Profil Pelajar Pancasila, projek penguatan profil pelajar Pancasila ini ditujukan untuk melatih peserta didik melakukan aktivitas yang bermanfaat bagi perkembangan motoriknya dengan cara meronce memanfaatkan alat dan bahan di sekitarnya dan menghasilkan karya yang memiliki nilai jual.

Target Pencapaian Projek Profil: Melalui pengalaman pengelolaan projek profil ini, selain memahami tema “Kewirausahaan” dan mengadopsinya sebagai gaya hidup sehari-hari, peserta didik diharapkan telah mengembangkan tiga dimensi Profil Pelajar Pancasila yaitu kreatif, mandiri, dan bernalar kritis.

🌈 Meronce dari bahan buatan. Bahan buatan yang dapat digunakan bisa berasal dari produk hasil buatan manusia seperti monte, manik-manik, pita sintesis, kertas berwarna, sedotan, rantai plastik, dan masih banyak lagi.

Tugas!
Hari ini tugas anak2 yaitu menyimak video meronce menggunakan manik - manik. Silahkan anak2 semua menyimak video tersebut dan mengirimkan dokumentasi ke ibu guru saat kalian menyimak videonya🥰🙏🏻


Simak video berikut ini : 



Demikian pembelajaran hari ini, semoga selalu dilimpahi ilmu yang bermanfaat. Jangan lupa untuk selalu berdoa dan sholat lima waktu. Sampai jumpa pada pembelajaran selanjutnya. 

Terimakasih 
Wassalaamualaikum Wr Wb 

Selasa, 14 Mei 2024

KELAS 1 MATERI BAHASA LAMPUNG, RABU 15 MEI 2024

Hari/Tanggal            : Rabu/15 Mei 2024             

Satuan Pendidikan    : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung      

Fase/Kelas                : A/1                                   

Materi                : Kosa Kata Dalam Bahasa Lampung           

Bagaimana kabarnya hari ini anak sholeh dan sholehah? Semoga semua sehat selalu, dalam lindungan Allah subhanahu wata'ala ya sayang..

Ayo anak ibu guru, sudah siap semua untuk belajar hari ini? Hari ini kita akan belajar mata pelajaran Bahasa Lampung

Di pertemuan sebelumkan kita sudah mempelajari tentang anak huruf. Nah supaya sholeh sholihah tidak bosan hari ini kita akan belajar tentang kosa kata dalam bahasa lampung

Simak baik-baik yaa😉😉

Beberapa Kosakata Bahasa Lampung yang harus kalian Tahu!

1.    Lunik = Kecil

2.    Balak = Besar

3.    Lamban = rumah

4.    Sekula = sekolah

5.    Pasagh = pasar

6.    Mulang = pulang

7.    Cakak = naik

8.    Haga = mau

9.    Lapah = pergi

10. Nyak = saya

Setelah ibu guru jelaskan, apakah anak-anak sudah paham?

Jika sudah mari kita sama-sama mengerjakan latihan di bawah ini😊😊

TUGAS

Yuk untuk mengulang beberapa kosakata bahasa lampung yang sudah pernah dipelajari, kerjakan soal dibawah ya!

1.    Lapah pasar artinya ....

2.    Nyak haga mengan.

Mengan artinya ....

3.    Cakak mubil artinya ....

4.    Adik miwang.

Miwang artinya ....

5.    Ayah mejong di koghsi.

Mejong artinya ....

6.    Kawai handak.

Handak artinya....

7.    Ayah ngawil iwak di kali.

Iwak artinya ....

8.    Delapan bahasa lampungnya ....

9.    Kemanan artinya ....

10. Tangan bahasa lampungnya ....

Tugas di kerjakan di buku latihan bahasa lampung. Di kumpulkan ketika masuk sekolah yaa😉

Jika merasa kesulitan boleh minta tolong ayah/bunda untuk membantu mengerjakan tugas. Jangan lupa untuk mengucapkan terimakasih ketika kita di bantu😉😉

Penutup

Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.                    

Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini? Apa yang telah kalian pelajari hari ini? 

Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia.

Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.

Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa. Yuk sebelum berdoa kita tepuk jari terlebih dahulu!Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang baik di rumah bersama keluarga kalian ya…

Ibu guru akhiri, Wassalamu’alaikum wr.wb

KELAS 1 MATERI SENI MUSIK, SELASA 14 MEI 2024

Hari/Tanggal              : Selasa/ 14 Mei 2024             

Satuan Pendidikan    : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung                                       

Fase/Kelas                : A/1                                   

BAB/Tema                 : 3/Dengarkan dan Bunyikan   

Materi Pembelajaran : Bermain Bunyi  


CP :
Peserta didik mampu mengenali diri sendiri, sesama, dan lingkungan yang beragam (berkebhinekaan), serta mampu memberi kesan atas praktik bermusik lewat bernyanyi atau bermain alat/ media musik baik sendiri maupun bersama-sama dalam bentuk sederhana.

Tujuan Pembelajaran :
1. Peserta didik dapat menirukan berbagai jenis warna bunyi non-musikal.
2. Peserta didik dapat membandingkan jenis waena bunyi musikal melodis dan non melodis.

 ATP : 
1. Megidentifikasi jenis-jenis nada.
2. Mengidentifikasi jenis-jenis alat musik.

Assalamualaikum anak sholih/ah.. 

Bagaimana kabarnya hari ini anak sholeh dan sholehah? Semoga semua sehat selalu, dalam lindungan Allah subhanahu wata'ala ya sayang..

Ayo anak ibu guru, sudah siap semua untuk belajar hari ini? Hari ini kita akan belajar mata pelajaran seni musik 
Ada banyak jenis alat musik yaitu jenis alat musik ritmis dan alat musik melodis.
a. Alat musik ritmis adalah alat musik yang tidak memiliki nada atau tingkatan nada, contoh nya seperti:
   1. Drum



    2. Gong
   3. Marakas


4. Kricikan

b. Alat musik Melodis adalah alat musik yang mempunyai tingkatan nada atau yang disebut tangga nada, Tingkatan nada memiliki nada yaitu Do Re Mi Fa Sol La Si Do.
Contoh alat musik melodis yaitu:
1. Piano
2. Gitar
3. Angklung

Silahkan kerjakan soal evaluasi di bawah ini, dengan cara tuliskan soal dan jawaban di buku latihan Seni Musik  kalian masing-masing.

1. Apa yang maksud dengan alat musik ritmis?
2. Apa yang dimaksud dengan alat musik melodis?
3. Sebutkan contoh alat musik ritmis?
4. Sebutkan contoh alat musik melodis?
5. Sebutkan bunyi nada!

PENUTUP 

Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.                    

Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini? Apa yang telah kalian pelajari hari ini? 

Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia.

Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.

Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa. Yuk sebelum berdoa kita tepuk jari terlebih dahulu!Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang baik di rumah bersama keluarga kalian ya…

Ibu guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb

KELAS 1 MATERI MATEMATIKA, SELASA 14 MEI 2024

Hari/Tanggal : Selasa/14 Mei 2024

Satuan Pendidikan : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung 

Fase/Kelas : A/1 

BAB/Tema : 8/ Mengenal Diagram

Materi Pembelajaran : Diagram Gambar 


Tujuan Pembelajaran :

1.  Peserta didik dapat mengelompokkan objek

2. Peserta didik dapat menghitung setiap kelompok objek

3. Peserta didik dapat membaca daftar tabel maksimal empat kategori

4. Peserta didik dapat membaca diagram gambar maksimal empat kategori

5. Peserta didik dapat menginterpretasikan diagram gambar maksimal empat kategori.


Assalamu'alaikum wr.wb

Tabik Pun..

Selamat Pagi anak shalih dan shalihah...

Bagaimana kabarnya hari ini anak sholih dan sholihah?                                                  

Semoga semua sehat selalu, dalam lindungan Allah subhanahu wata'ala ya sayang..         

Apakah pagi ini sudah sholat Dhuha anak Sholih dan Sholihah? Jika belum mari kita sholat Dhuha terlebih dahulu ya sayang...

Ayo anak ibu guru, sudah siap semua untuk belajar hari ini? 

Sebelum memulai pembelajaran mari kita membaca doa terlebih dahulu:

“Radhitu billahi Rabbaa, wa bil Islami diina, wa bi Muhammadin nabiyyaa wa rasula robbi zidnii 'ilmanwarzuqni fahma.”


BAB 8 DIAGRAM

Pagi itu diadakan senam pagi, setelah senam pagi siswa melakukan olahraga permainanan. 

Ada yang bermain sepakbola, ada yang bermain bulu tangkis, ada yang bermain tenis meja. 


Perhatikan gambar di atas! 

Semua melakukan olahraga permainan. Tetapi, permainannya tidak sama, sesuai dengan pilihan masing-masing. Ayo kita hitung bersama. 

Siswa yang bermain tenis meja sebanyak 2

Siswa yang bermain sepak bola sebanyak.... 

Siswa yang bermain bulu tangkis sebanyak... 

Sekarang perhatikan bentuk di bawah. 

Satu gambar kepala menunjukkan satu siswa yang bermain. 



A. Mengelompokkan Data

Perhatikan siswa yang sedang berolahraga 

Ayo kita kelompokkan siswa-siswa tersebut menurut jenis olahraganya. 


Silahkan kerjakan soal evaluasi di bawah ini, dengan cara tuliskan soal dan jawaban di buku latihan Matematika kalian masing-masing.

1. Pada gambar di atas, Ada berapa kelompok olahragakah?.......

2. Kelompok olahraga apa saja yang terdapat pada gambar di atas?......

3. Masing-masing kelompok terdapat berapa anak yang sedang ber-olahraga?.....

4. Ada berapa warnakah bola didalam kotak?.....

5. Gambarkan kembali dan Kelompokkan bola sesuai dengan warna nya.....


PENUTUP 

Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.                    

Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini? Apa yang telah kalian pelajari hari ini? 

Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia.

Jangan lupa kumpulkan jawaban soal Evaluasi, dan kirimkan kegiatan anak-anak dirumah seperti sedang Sholat Dhuha, mengerjakan soal dari ibu guru dengan cara di fotokan dan di jadikan kolase kirimkan ke nomor WhatsApp ibu guru.


Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.

Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa. Yuk sebelum berdoa kita tepuk jari terlebih dahulu!Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang baik di rumah bersama keluarga kalian ya…

Ibu guru akhiri, 

Wassalamu’aalaikums

Senin, 13 Mei 2024

KELAS 1 MATERI PENDIDIKAN PANCASILA, SENIN 13 MEI 2024

Hari/Tanggal          : Senin/13 Mei 2024

Satuan Pendidikan : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung                       

Fase/Kelas             :  A/1                 

BAB/Tema            :  5/Suka bergotong royong  

Materi Pembelajaran     : Bergotong royong




Assalamu'alaikum wr.wb

Selamat Pagi anak shalih dan shalihah...

Bagaimana kabarnya hari ini anak sholih dan sholihah?                                                           

Semoga semua sehat selalu, dalam lindungan Allah subhanahu wata'ala ya sayang..               

Apakah sudah solat duha semua anak sholih dan sholihah?

Ayo anak ibu guru, sudah siap semua untuk belajar hari ini? 

Materi Pendidikan Pancasila Hari ini yaitu adalah tentang bergotong royong.

A. Capaian Pembelajaran (CP)

Pada akhir Fase A, Peserta didik mampu menyadari pentingnya gotong royong, dalam lingkungan keluarga dan lingkungan masyarakat. Dengan memahami pentingnya bergotong royong, peserta didik diharapkan mampu menganalisis karakteristik peran setiap individu untuk dapat berkontribusi dalam gotong royong

B. Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) 

 Peserta didik mampu menyadari pentingnya gotong royong dalam lingkungan keluarga dan lingkungan masyarakat. Dengan memahami pentingnya gotong royong, peserta didik diharapkan mampu menganalisis karakteristik peran setiap individu untuk dapat kontribusi dalam gotong royong. 

C. Tujuan Pembelajaran (TP)

1. Menunjukkan sikap bersyukur kepada Tuhan YME terhadsp koreksi diri. 

2. Menunjukkan sikap menerima dan berempati terhadap kondisi orang lain. 

3. Membandingkan pekerjaan rumah yang dilaksanakan sendiri dan bersama-sama

Sebelum memulai pembelajaran hari ini, mari kita berdoa terlebih dahulu.

Membaca doa sebelum belajar:

“Radhitu billahi Rabbaa, wa bil Islami diina, wa bi Muhammadin nabiyyaa wa rasula robbi zidnii 'ilman warzuqni fahma.”ingkungan Sekitar

Bergotong Royong di lingkungan sekolah 


Gotong royong diartikan sebagai bentuk kegiatan yang dilakukan secara bersama dengan sukarela.

Sedangkan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), gotong royong merupakan kerja sama atau tolong menolong, dan saling membantu di antara anggota atau suatu komunitas.

Kegiatan gotong royong justru bisa dilakukan di banyak tempat karena sudah menjadi budaya dari Bangsa.

Anak sholih sholiha ibu guru bisa melakukan gotong royong saat berada di sekolah dengan beberapa cara.

Berikut akan ibu guru disampaikan beberapa contoh kegiatan gotong royong yang bisa dilakukan saat berada di sekolah:

1.Bekerja sama menjaga nama baik sekolah dengan menjaga tindakan selama di sekolah atau di luar sekolah.

2. Membersihkan tempat ibadah yang ada di lingkungan sekolah.

3. Mengumpulkan sampah yang berserakan dan membuang pada tempatnya.

4. Gotong royong membersihkan halaman sekolah. 

5. Bergotong royong membersihkan saluran air yang ada di sekolah.

6. Bekerja bakti membersihkan toilet sekolah.

7. Memberikan sumbangan untuk membantu teman yang sedang mengalami kesulitan.

8. Gotong royong dalam merapikan ruang kelas setiap harinya(piket kelas)


Silahkan kerjakan soal evaluasi di bawah ini, dengan cara tuliskan soal dan jawaban di buku tulis pendidikan pancasila  kalian masing-masing yaaa!🤗

1. Perhatikan gambar di atas!apa yang sedang mereka lakukan?
2. Sebutkan 3 contoh gotong royong di sekolah!
3. Apa manfaat gotong royong?
4. Apa yang dimaksud dengan gotong royong?
5. Pekerjaan yang dilakukan bersama-sama disebut?

PENUTUP

Baik anak-anak sekian materi yang ibu guru sampaikan, semoga setelah kalian membaca materi pada hari ini kalian akan lebih mengerti tentang gotong royong dan menghormati teman kalian satu sama lain yaa.

Mohon untuk selalu di ingat dan dijalankan yaa anak sholeh dan sholehah.

Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.       

Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini? Apa yang telah kalian pelajari hari ini?

Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia.

Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.

Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa. 

Ibu guru akhiri, Wassalamu'alaikum Wr. Wb

KELAS 1 MATERI BAHASA INDONESIA, SENIN 13 MEI 2024

Hari /Tanggal : Senin, 13 Mei 2024

Satuan Pendidikan : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung

Fase/Kelas : A/1 

BAB/Tema : 8/ di Sekitar Rumah

Materi Pembelajaran : Mengeksplorasi Lingkungan Sekitar



Tujuan Pembelajaran:
• Menyimak 
Dengan menyimak dan menanggapi bacaan tentang lingkungan dan pekerja di sekitar rumah, peserta didik dapat membaca dan menulis kata yang sering ditemui.
• Membaca:
Mengenali dan mengeja kombinasi huruf pada suku kata dan kata yang sering ditemui.
• Menulis:
Menuliskan suku kata sederhana pada kata-kata yang sering ditemui sehari-hari.


Assalamu'alaikum wr.wb

Tabik Pun..

Selamat Pagi anak shalih dan shalihah...

Bagaimana kabarnya hari ini anak sholih dan sholihah?                                                  
Semoga semua sehat selalu, dalam lindungan Allah subhanahu wata'ala ya sayang..         

Apakah pagi ini sudah sholat Dhuha anak Sholih dan Sholihah?
Jika belum mari kita sholat Dhuha terlebih dahulu ya sayang...

Ayo anak ibu guru, sudah siap semua untuk belajar hari ini? 

Sebelum memulai pembelajaran mari kita membaca doa terlebih dahulu:

“Radhitu billahi Rabbaa, wa bil Islami diina, wa bi Muhammadin nabiyyaa wa rasula robbi zidnii 'ilmanwarzuqni fahma.”

Bab 8
Di Sekitar Rumah










Silahkan kerjakan soal evaluasi di bawah ini, dengan cara tuliskan soal dan jawaban di buku latihan Bahasa Indonesia kalian masing-masing 



PENUTUP 
Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.                    
Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini? Apa yang telah kalian pelajari hari ini? 
Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia.

Jangan lupa kumpulkan jawaban soal Evaluasi, dan kirimkan kegiatan anak-anak dirumah seperti sedang Sholat Dhuha, mengerjakan soal dari ibu guru dengan cara di fotokan dan di jadikan kolase kirimkan ke nomor WhatsApp ibu guru.

Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.
Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa. Yuk sebelum berdoa kita tepuk jari terlebih dahulu!Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang baik di rumah bersama keluarga kalian ya…
Ibu guru akhiri, 
Wassalamu’aalaikumsalam wr.wb

Rabu, 08 Mei 2024

KELAS 1 MATERI PENDIDIKAN PANCASILA, RABU 08 MEI 2024

Hari/Tanggal: Rabu/08 Mei 2024

Satuan Pendidikan : SD Al Azhar 1        Bandar Lampung                       

Fase/Kelas                     :  A/1                 

BAB/Tema                    :  5/Suka bergotong royong  

Materi Pembelajaran     : Bergotong royong




Assalamu'alaikum wr.wb

Selamat Pagi anak shalih dan shalihah...

Bagaimana kabarnya hari ini anak sholih dan sholihah?                                                           

Semoga semua sehat selalu, dalam lindungan Allah subhanahu wata'ala ya sayang..               

Ayo anak ibu guru, sudah siap semua untuk belajar hari ini? 

Materi Pendidikan Pancasila Hari ini yaitu adalah tentang lingkungan sekitar. 

 

A. Capaian Pembelajaran (CP)

Pada akhir Fase A, Peserta didik mampu menyadari pentingnya gotong royong, dalam lingkungan keluarga dan lingkungan masyarakat. Dengan memahami pentingnya bergotong royong, peserta didik diharapkan mampu menganalisis karakteristik peran setiap individu untuk dapat berkontribusi dalam gotong royong

 

B. Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) 

 Peserta didik mampu menyadari pentingnya gotong royong dalam lingkungan keluarga dan lingkungan masyarakat. Dengan memahami pentingnya gotong royong, peserta didik diharapkan mampu menganalisis karakteristik peran setiap individu untuk dapat kontribusi dalam gotong royong. 

C. Tujuan Pembelajaran (TP)

1. Menunjukkan sikap bersyukur kepada Tuhan YME terhadsp koreksi diri. 

2. Menunjukkan sikap menerima dan berempati terhadap kondisi orang lain. 

3. Membandingkan pekerjaan rumah yang dilaksanakan sendiri dan bersama-sama


Sebelum memulai pembelajaran hari ini, mari kita berdoa terlebih dahulu.

Membaca doa sebelum belajar:

“Radhitu billahi Rabbaa, wa bil Islami diina, wa bi Muhammadin nabiyyaa wa rasula robbi zidnii 'ilman warzuqni fahma.”ingkungan Sekitar

Bergotong Royong di Keluargaku



Namaku ayu

Aku tinggal dengan ayah dan ibu

Rumahku selalu bersih dan rapi. 

Kami bersama-sama menjaga kebersihan.

Kebersihan rumah tanggung jawab bersama. 


Kami bergotong royong membersihkan rumah

Ibu menyiram bunga

Ayah memotonh dahan dan ranting

Aku mencabut rumput

Adik membuang sampah

Kami melakukannya bersama sama

Pekerjaan menjadi ringan

Pekerjaan juga cepat selesai

PENUTUP

Baik anak-anak sekian materi yang ibu guru sampaikan, semoga setelah kalian membaca materi pada hari ini kalian akan lebih mengerti tentang gotong royong dan menghormati teman kalian satu sama lain yaa.

Mohon untuk selalu di ingat dan dijalankan yaa anak sholeh dan sholehah.

Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.       

Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini? Apa yang telah kalian pelajari hari ini?

Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia.

Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.

Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa. 

Ibu guru akhiri, Wassalamu'alaikum Wr. Wb

Selasa, 07 Mei 2024

KELAS 1 MATERI MATEMATIKA, SELASA 07 MEI 2024

Hari/Tanggal : Selasa,  07 Mei 2024                                                                                         

Satuan Pendidikan : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung                                                             

Fase/Kelas : A/1                                                                                                                            

BAB/Tema : 7/Mengukur panjang benda                                                                        

Materi Pembelajaran : mengukur panjang benda

CP :

Peserta didik dapat membandingkan banyak benda. 

Peserta didik dapat mengukur dan mengestimasi panjang benda menggunakan satuan tidak baku


Tujuan Pembelajaran :

1.  Peserta didik dapat membandingkan banyak beda

2. Peserta didik dapat mengurutkan benda berdasarkan panjang benda 

3. Peserta didik dapat mengestimasi panjang benda menggunakan satuan tidak baku

4. Peserta didik dapat mengukur panjang benda menggunakan objek lain dalam satuan tidak baku


 ATP : 

1. Membandingkan banyak benda

2. Mengukur panjang benda menggunakan objek lain dan satuan tidak baku

Assalamualaikum anak sholih/ah.. 

Bagaimana kabarnya hari ini anak sholeh dan sholehah? Semoga semua sehat selalu, dalam lindungan Allah subhanahu wata'ala ya sayang..

Ayo anak ibu guru, sudah siap semua untuk belajar hari ini? Hari ini kita akan belajar  mata pelajaran matematika tentang mengukur panjang benda. 

B. Mengukur panjang benda

Kita bisa mengikur tinggi badan malosi

Kita bisa mengukur panjang benda. 

Guru memberikan soal tenatng mengukur panjang benda. 


Panjang pensil A =    ........ Kotak

Panjang pensil B = .......  Kotak

Panjang pensil C = .... Kotak

Pensil A lebih... Dari pensil... 

Pensil B lebih... Dari pensil ... 

Pensil yang paling panjang adalah... 

Pensil yang paling pendek adalah... 

Urutan pensil dari yang paling pendek.. 


PENUTUP

Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.                    

Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini? Apa yang telah kalian pelajari hari ini? 

Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia.

Terimakasih atas kerjasamanya ☀ ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.

Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa. Yuk sebelum berdoa kita tepuk jari terlebih dahulu!Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang baik di rumah bersama keluarga kalian ya…

Ibu guru akhiri, Wassalamu’alaikum wr.wb