Rabu, 17 Januari 2024

KELAS 1 MATERI PENDIDIKAN PANCASILA, RABU 17 JANUARI 2024

Hari/Tanggal                :  Rabu/17 Januari 2024   Satuan Pendidikan         : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung                         Fase/Kelas                     :  A/1                  BAB/Tema                    :  4/Aku Cinta Lingkungan Sekitar    Materi Pembelajaran     : Lingkungan Sekitar


Assalamualaikum, Wr. Wb

Selamat Pagi anak shalih dan shalihah...

Bagaimana kabarnya hari ini anak sholih dan sholihah?                                                           

Semoga semua sehat selalu, dalam lindungan Allah subhanahu wata'ala ya sayang..               

Ayo anak ibu guru, sudah siap semua untuk belajar hari ini? 

Materi Pendidikan Pancasila Hari ini yaitu adalah tentang lingkungan sekitar. 


A. Capaian Pembelajaran (CP)

Pada akhir Fase A, Peserta didik dapat mengenal karakteristik dan ciri-ciri fisik lingkungan rumah dan sekolah, sebagai bagian tidak terpisahkan dari wilayah NKRI. Ia dapat menyebutkan contoh perilaku dan sikap yang menjaga lingkungan sekitar serta mempraktikannya di rumah dan di sekolah



B. Alur Tujuan Pembelajaran ( ATP)

1. Melalui menggambar denah bagian luar bangunan rumah, peserta didik dapat menyebutkan dan menggambarkan batas-batas wilayah bagian utara, selatan, timur dan barat dari rumahnya (P/ CK/BK).

2. Melalui mengamati dan menjaga kebersihan bagian luar  bangunan rumah, peserta didik dapat menunjukkan sikap bertanggung jawab terhadap batas-batas wilayah bagian utara, selatan, timur dan barat. (K/CD/SS). 

3. Melalui mengamati lingkungan sekitar rumah, peserta didik dapat menunjukkan sikap bersahabat dengan tetangga dan dapat menyebutkan rumah tetangga terdekat bagian utara, selatan,timur dan barat (P/CK/ EK).


C. Tujuan Pembelajaran (TP)

1. Melalui kegiatan mengidentifikasi denah lingkungan tempat tinggal, peserta didik dapat menunjukkan sikap bersyukur terhadap anugera Tuhan YME.

2. Melalui menganalisa video denah rumah, peserta didik dapat menyebutkan dan  menuliskan bagian-bagian dari ruangan rumahnya serta cara membersihkan rumahnya.

3. Melalui menganalisa denah rumah, peserta didik dapat mengembangkan sikap mandiri.

4. Melalui menyimak cerita tentang kondisi rumah yang bersih, peserta didik dapat menunjukkan sikap bertanggung jawab terhadap ruangan-ruangan rumahnya dengan menjaga dan menciptakan kebersihan dan kerapian dan ketertibannya..


Sebelum memulai pembelajaran hari ini, mari kita berdoa terlebih dahulu.

Membaca doa sebelum belajar:

“Radhitu billahi Rabbaa, wa bil Islami diina, wa bi Muhammadin nabiyyaa wa rasula robbi zidnii 'ilman warzuqni fahma.”

Lingkungan Sekitar

A. Menyimak

Belva dan Fiza bersahabat 

Belva dan Firza rukun walau berbeda


Saat libur sekolah, Belva berkunjung ke rumah Fiza. 

Terlihat Fiza sedang membersihkan jaca jendela

Fiza membersihkan kaca jendela dengan kemoceng

Fiza menjaga kebersihan rumahnya

Fiza mencintai rumahnya

Bagaimana kamu membersihkan rumah? 

Peserta didik diperintahkan untuk memasangkan bentuk benda dengan alat kebersihan yang benar. 


A. Keramik



B.  Kemoceng





C. Meja





D. Jendela





E. Pembersih Kaca




F. Bunga



G. Sapu



B. Mengmati


Fiza membersihkan lingkungan sekitar rumah. 

Di halaman rumah banyak tanaman

Fiza menyapu halaman dengan sapu lidi

Menyapu halaman adalah perbuatan baik. 

PENUTUP

Baik anak-anak sekian materi yang ibu guru sampaikan, semoga setelah kalian membaca materi pada hari ini kalian akan lebih mengerti tentang lingkungan sekitar kalian dan menghormati teman kalian satu sama lain yaa.


Mohon untuk selalu di ingat dan dijalankan yaa anak sholeh dan sholehah.

Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.       

Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini? Apa yang telah kalian pelajari hari ini?

Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia.

Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.

Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa. 

Ibu guru akhiri, Wassalamu'alaikum Wr. Wb

Selasa, 16 Januari 2024

KELAS 1 MATERI SENI MUSIK, SELASA 16 JANUARI 2024

Hari/Tanggal : Selasa/16 Januari 2024                                                                                              Satuan Pendidikan : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung                                                                Fase/Kelas : A/1                                                                                                                          BAB/Tema : 3/Dengarkan dan Bunyikan   

Materi Pembelajaran : Bermain Bunyi                                                                                 


CP :

Peserta didik mampu mengenali diri sendiri, sesama, dan lingkungan yang beragam (berkebhinekaan), serta mampu memberi kesan atas praktik bermusik lewat bernyanyi atau bermain alat/ media musik baik sendiri maupun bersama-sama dalam bentuk sederhana.


Tujuan Pembelajaran :

Peserta didik mampu menemukan berbagai jenis warna bunyi non-musikal, baik melodis dan non-melodis.


 ATP : 

3.1 peserta didik dapat menirukan berbagai jenis warna bunyi nonmusikal. 



Assalamualaikum anak sholih/ah.. 


Bagaimana kabarnya hari ini anak sholeh dan sholehah? Semoga semua sehat selalu, dalam lindungan Allah subhanahu wata'ala ya sayang..

Ayo anak ibu guru, sudah siap semua untuk belajar hari ini? Hari ini kita akan belajaran mata pelajaran SBdp Seni Musik tentang bermain bunyi. 

 A. Bermain Bunyi 

Banyak bunyi yang kamu dengar di sekitar. Ada suara orang-orang yang bicara. Di sekolah, tentu kamu mendengar bunyi bel. Ada pula bunyi lembaran kertas buku dibuka atau bunyi pintu diketuk. 


• BUNYI BEL

Tet tet tet


•BUNYI KERTAS

Srek srek srek



• BUNYI PINTU

Tok tok tok


Setiap bunyi terdengar berbeda. perbedaan suara pada bunyi disebut warna bunyi.

Bunyi-bunyi di atas adalah bunyi nonmusikal. Bunyi nonmusikal adalah bunyi yang berasal bukan dari alat musik. 

 Bunyi nonmusikalada dua macam, yaitu bunyi nonmusikal nonmelodis dan bunyi nonmusikal melodis.

PENUTUP 

Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.                    

Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini? Apa yang telah kalian pelajari hari ini? 

Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia.

Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.

Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa. Yuk sebelum berdoa kita tepuk jari terlebih dahulu!Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang baik di rumah bersama keluarga kalian ya…

Ibu guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

KELAS 1 MATERI MATEMATIKA, SELASA 16 JANUARI 2024

Hari/Tanggal : Selasa/16 Januari 2024                                                                                            Satuan Pendidikan : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung                                                               Fase/Kelas : A/1                                                                                                                            BAB/Tema : 5/ Ayo Membilang Sampai dengan 20                                                                        Materi Pembelajaran : Menghitung, membaca dan menulis bilangan                                                                        


CP :

Pada akhir fase A, peserta didik menunjukkan pemahaman dan memiliki intuisi bilangan(numbersense) pada bilangan cacah sampai 100, mereka dapat membaca,menulis,menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, serta melakukan komposisi (menyusun) dan dekomposisi (mengurai) bilangan.


Tujuan Pembelajaran :

1. Menghitung banyaknya benda sampai   dengan 20.

2. Membaca lambang bilangan sampai dengan 20.

3. Menuliskan lambang bilangan sampai dengan 20.

4. Memperkirakan banyak benda (estimasi) sampai dengan 20.


 ATP : 

1. Peserta didik dapat menghitung banyaknya benda sampai dengan 20









Assalamualaikum anak sholih/ah.. 

Bagaimana kabarnya hari ini anak sholeh dan sholehah? Semoga semua sehat selalu, dalam lindungan Allah subhanahu wata'ala ya sayang..

Ayo anak ibu guru, sudah siap semua untuk belajar hari ini? Hari ini kita akan belajaran mata pelajaran Matematika yaitu membilang sampai dengan 20.


Halim dan Malosi selesai bermain kelereng.

Mereka merapikan kelereng.

Halim menghitung banyak kelereng. 9, 10, 11, ....

Lalu, kelereng disimpan ke dalam stoples.

Halim selalu ingat pesan Ibu.


Halim dan Malosi selesai bermain kelereng.

Mereka merapikan kelereng.

Halim menghitung banyak kelereng. 9, 10, 11, ....

Lalu, kelereng disimpan ke dalam stoples.

Halim selalu ingat pesan Ibu.

Selesai bermain, rapikan mainanmu

A. Menghitung, Membaca, dan Menulis Bilangan

Ternyata Halim mempunyai 15 kelereng.


PENUTUP 

Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.                    

Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini? Apa yang telah kalian pelajari hari ini? 

Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia.

Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.

Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa. Yuk sebelum berdoa kita tepuk jari terlebih dahulu!Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang baik di rumah bersama keluarga kalian ya…

Ibu guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.


Senin, 15 Januari 2024

KELAS 1 MATERI BAHASA INDONESIA, SENIN 15 JANUARI 2024

 Hari/Tanggal : Senin/15 Januari 2024

Satuan Pendidikan : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung 

Fase/Kelas : A/1 

BAB/Tema : 5/ Bunyi Apa? 

Materi Pembelajaran : Bersikap Baik terhadap Teman


Capaian Pembelajaran (CP):

• Menyimak

1. Peserta didik mampu bersikap menjadi pendengar yang penuh perhatian

2. Peserta didik menunjukkan minat pada tuturan yang didengar serta mampu memahami pesan lisan dan informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan/didengar), instruksi lisan, dan percakapan yang berkaitan dengan tujuan berkomunikasi


•Membaca dan Memirsa

1. Peserta didik mampu bersikap menjadi pembaca dan pemirsa yang menunjukkan minat terhadap teks yang dibaca atau dipirsa. 

2. Peserta didik mampu membaca kata-kata yang dikenalinya sehari-hari dengan fasih.

3. Peserta didik mampu memahami informasi dari bacaan dan tayangan yang dipirsa tentang diri dan lingkungan, narasi imajinatif, dan puisi anak. 

4. Peserta didik mampu memaknai kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa dengan bantuan ilustrasi.


•Berbicara dan Mempresentasikan

1. Peserta didik mampu berbicara dengan santun tentang beragam topik yang dikenali menggunakan volume dan intonasi yang tepat sesuai konteks.

2. Peserta didik mampu merespons dengan bertanya tentang sesuatu, menjawab, dan menanggapi komentar orang lain (teman, guru, dan orang dewasa) dengan baik dan santun dalam suatu percakapan.

3. Peserta didik mampu mengungkapkan gagasan secara lisan dengan atau tanpa bantuan gambar/ilustrasi

4. Peserta didik mampu menceritakan kembali suatu isi informasi yang dibaca atau didengar, dan menceritakan kembali teks narasi yang dibacakan atau dibaca dengan topik diri dan lingkungan


•Menulis

1. Peserta didik mampu menunjukkan keterampilan menulis permulaan dengan benarbenar (cara memegang alat tulis, jarak mata dengan buku, menebalkan garis/huruf, dll.) di atas kertas dan/atau melalui media digital.

2. Peserta didik mengembangkan tulisan tangan yang semakin baik.

3. Peserta didik mampu menulis teks deskripsi dengan beberapa kalimat  sederhana,  menulis teks  rekon tentang pengalaman diri, menulis kembali narasi berdasarkan teks fiksi yang dibaca atau didengar, menulis teks prosedur tentang kehidupan sehari-hari,  dan menulis teks eksposisi tentang kehidupan sehari-hari.


Tujuan Pembelajaran:

• Dengan menyimak dan menanggapi bacaan tentang sikap baik kepada teman, peserta didik dapat mengenali tanda titik pada akhir kalimat serta membaca dan menulis kata-kata yang diawali dengan huruf ‘m’.

•Membaca:

Mengenali dan mengeja kombinasi huruf pada suku kata dan kata yang sering ditemui.

•Menulis:

Menuliskan suku kata sederhana pada kata-kata yang sering ditemui sehari-hari.


ATP:



Amati gambar di atas. 

Lalu, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut. 

1. Apa yang sedang dilakukan anak-anak pada gambar di 

atas?

2. Berada di mana mereka?

3. Pernahkah kalian memainkan permainan itu?

Mimi ingin menyapa Maya,

tetapi Mimi malu.



PENUTUP 

Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.                    

Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini? Apa yang telah kalian pelajari hari ini? 

Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia.

Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.

Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa. Yuk sebelum berdoa kita tepuk jari terlebih dahulu!Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang baik di rumah bersama keluarga kalian ya…

Ibu guru akhiri, 

Wassalamu’aalaikumsalam wr.wb


Jumat, 12 Januari 2024

KELAS 1 MATERI PRAMUKA, JUM'AT 12 JANUARI 2024

Hari/Tanggal ​​: Jum'at/ 12 Januari 2024                                                                                          Satuan Pendidikan​: SD Al Azhar 1 Bandar Lampung                                                              Fase/Kelas ​​: A/1                                                                                                                                    Materi ​​​: Pramuka Siaga


Bagaimana kabarnya hari ini anak sholeh dan sholehah?                                                               

Semoga semua sehat selalu, dalam lindungan Allah subhanahu wata'ala ya sayang..               

Ayo anak ibu guru, sudah siap semua untuk belajar hari ini? 

Sebelum memulai pembelajaran jangan lupa untuk mandi terlebih dahulu, sarapan, sholat dhuha dan murajaah yaa.


Kemudian mari kita membaca doa sebelum belajar:

“Radhitu billahi Rabbaa, wa bil Islami diina, wa biMuhammadin nabiyyaa wa rasula robbi zidnii 'ilmanwarzuqni fahma”.

Hari ini kita akan belajar mata pelajaran Pramuka, materi yang kita bahas adalah cara memberikan dan membalas salam pramuka. Yuk kita simak materi di bawah ini ^_^.



Cara Memberikan dan Membalas Salam Pramuka :

Secara umum sikap ketika memberikan salam pramuka adalah berdiri, mengambil posisi sikap sempurna (siap) , tangan kiri lurus dan mengepal di samping badam sedangkan tangan kanan diangkat pada pelipis. 

•Posisi telapak tangan miring, terbuka, dengan punggung tangan di bagian atas dan kelima jari rapat

• Pemberian salam pramuka saat membawa tongkat adalah sebagai berikut :

Saat memberikan salam biasa :

Tongkat diangkat dengan tangan kanan, sedangkan tangan kiri diangkat di bawah dada dengan posisi telapak tangan terbuka, punggung tangan di bagian atas, dan kelima jari rapat. 


• Saat memberikan salam penghormatan dan janji :

Tongkat dimiringkan dan dipegang dengan tangan kiri, sedangkan pangkal tongkat tetap di posisi semula. Tangan kanan diangkat pada pelipis. Posisi telapak tangan miring, terbuka, dengan punggung tangan di bagian atas dan kelima jari rapat. 

• Dalam keadaan duduk, salam pramuka diberikan dengan merapatkan kedua kaki, lutut ditekuk, badan ditegakkan, tangan kiri rapat di sisi tubuh sebatas siku dan lengan bawah diletakkan di atas paha, sedangkan tangan kanan diangkat pada pelipis dengan posisi telapak tangan miring terbuka, dengan punggunh tangan di bagian atas dan kelima jari rapat. 

•Dalam keadaan yang tidak memungkinkan (terutama untuk pemberian salam pramuka sebagai salam biasa), salam pramuka dapat diberikan tanpa mengambil posisi sikap sempurna. Namun, cukup dengan mengangkat tangan kanan pada pelipis dengan posisi telapak tangan miring, terbuka, dengan punggung tangan di bagian atas dan kelima jari rapat

• sikap memberikqn salam pramuka sebagai salam biasa, sikap-sikap di atas disertai dengan ucapan salam pramuka yang di ucapkan secara langsung. 

•saat memberikan salam pramuka sebagai sqlqm penghormatan dan salam janji tidak perlu diucapkan salam pramuka. 

Setiap anggota gerakan pramuka yang menerima salam pramuka diwajibkan untuk menjawabnya. 

Cara menjawab salam pramuka adalah dengan mengambil sikap badan saat memberikan salam pramuka disertai dengan mengucapkan kata "salam"  dengan tegas


PENUTUP

Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.                    

Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini? Apa yang telah kalian pelajari hari ini? 

Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia.

Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.

Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa. Yuk sebelum berdoa kita tepuk jari terlebih dahulu!Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang baik di rumah bersama keluarga kalian ya…

Ibu guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

Kamis, 11 Januari 2024

KELAS 1 MATERI P5, KAMIS 11 JANUARI 2024

 HARI/TANGGAL    : KAMIS, 11 JANUARI 2024 

KELAS                : I (SATU)

SEMESTER          : II (DUA) 

MATERI              : P5 (RONCEKU KREATIVIRASKU)


Selamat pagi anak sholeh sholehah Ibu guru, apa kabarnya? semoga semua dalam keadaan sehat wal afiat. 

Hari ini kita kembali memulai pembelajaran di awal semester genap tahun pelajaran 2023/2024. 

Sebelum memulai pembelajaran silahkan persipakan dirimu dahulu dengan membaca doa. 

Hari ini kita akan melaksanakan pembelajaran P5 dengan Tema Kewirausahaan, Topik Ronceku Kreativitasku. Berikut uraian pembelajaran secara lengkap. 

Tema : Kewirausahaan 

Topik : Ronceku Kreativitasku 

Tujuan : Dengan mengangkat tema “kewirausahaan” dan mengacu kepada Profil Pelajar Pancasila, projek penguatan profil pelajar Pancasila ini ditujukan untuk melatih peserta didik melakukan aktivitas yang bermanfaat bagi perkembangan motoriknya dengan cara meronce memanfaatkan alat dan bahan di sekitarnya dan menghasilkan karya yang memiliki nilai jual.


Target Pencapaian Projek Profil: Melalui pengalaman pengelolaan projek profil ini, selain memahami tema “Kewirausahaan” dan mengadopsinya sebagai gaya hidup sehari-hari, peserta didik diharapkan telah mengembangkan tiga dimensi Profil Pelajar Pancasila yaitu kreatif, mandiri, dan bernalar kritis.


Pembelajaran P5 hari ini akan kita mulai dengan menyaksikan video pemnfaatan alat dan bahan yang dapat digunakan untuk dijadikan hasil karya. Silahkan simak video berikut ya...


Video meronce menggunakan kertas origami


video meronce menggunakan sedotan atau pipet


Nah jika kalian sudah menyaksikan video di atas maka kalian faham bahwa alat dan bahan di lingkungan sekitar kita ternyata bisa kita jadikan karya yang indah dan bernilai. 

Selanjutnya silahkan gambarkan alat dan bahan apa saja yang kalian ketahui yang dapat dijadikan atau dimanfaatkan untuk membuat karya yang bernilai. Silahkan gambarkan ke kertas yang telah disiapkan oleh gurumu. 


Demikian pembelajaran hari ini, semoga selalu dilimpahi ilmu yang bermanfaat. Jangan lupa untuk selalu berdoa dan sholat lima waktu. Sampai jumpa pada pembelajaran selanjutnya. 


Terimakasih 

Wassalaamualaikum Wr Wb


Jumat, 01 Desember 2023

KELAS 1 KISI-KISI SAS BAHASA LAMPUNG, JUM'AT 01 DESEMBER 2023

Hari/tanggal : Jum'at/ 01 Desember 2023
Kelas/sem    : 1/ Ganjil (SD AL-AZHAR 1 Bandar Lampung)

Bismillah...

Assalamu'alaikum Wr.Wb.

Selamat Malam anak Sholih/ah, bagaimana kabarnya Malam ini?
In syaa Allah semangat ya Nak...
Besok, kalian akan melaksanakan SAS Bahasa Indonesia ya sayang...
Dimana, materinya yaitu 


Bahasa Lampung

Bab 1. Aksara Lampung 
Dilampung memiliki anak aksara 20, berikut contoh anak aksara

Bab 2. Anggota Keluarga
Dalam Bahasa Lampung ada anggota keluarga, mari kita simak anggota keluarga dibawah ini

1. Apak                        Ayah

2. Emak                       Ibu

3. Abang/Udo             Kakak Laki-laki

4. Kakak/Ngah/Bai    Kakak Perempuan

5. Kemaman               Paman

6. Keminan                 Bibi

7. Datuk                      Kakek

8. Nyai                        Nenek

9. Sekelik                   Saudara

10. Appeu/Umpu        Cucu

Bab 3. Warna dalam Bahasa Lampung 
Dalam bahasa Lampung terdapat warna-warna, mari kita pelajari sayang....


Bab 4. Angka dalam Bahasa Lampung

Baiklah itu dia ringkasan materi untuk sholeh-sholehah belajar di rumah. 

Semoga sholeh-sholehah diberikan kemudahan dan kelancaran dalam mengerjakan soal-soalnya ya. Jangan lupa berdoa sebelum memulai mengerjakan dan Good Luck Kids:)

Baiklah untuk minggu ini hanya itu saja yang dapat ibu Guru sampaikan. Ibu Guru ucapkan terimakasih atas perhatiannya. Tetap semangat dan tetap istiqomah untuk melaksanakan shalat 5 waktu berjamaah dan tepat waktu ya sholeh sholehah:)

Wassalamualaikum wr wb