Selasa, 16 Januari 2024

KELAS 1 MATERI MATEMATIKA, SELASA 16 JANUARI 2024

Hari/Tanggal : Selasa/16 Januari 2024                                                                                            Satuan Pendidikan : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung                                                               Fase/Kelas : A/1                                                                                                                            BAB/Tema : 5/ Ayo Membilang Sampai dengan 20                                                                        Materi Pembelajaran : Menghitung, membaca dan menulis bilangan                                                                        


CP :

Pada akhir fase A, peserta didik menunjukkan pemahaman dan memiliki intuisi bilangan(numbersense) pada bilangan cacah sampai 100, mereka dapat membaca,menulis,menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, serta melakukan komposisi (menyusun) dan dekomposisi (mengurai) bilangan.


Tujuan Pembelajaran :

1. Menghitung banyaknya benda sampai   dengan 20.

2. Membaca lambang bilangan sampai dengan 20.

3. Menuliskan lambang bilangan sampai dengan 20.

4. Memperkirakan banyak benda (estimasi) sampai dengan 20.


 ATP : 

1. Peserta didik dapat menghitung banyaknya benda sampai dengan 20









Assalamualaikum anak sholih/ah.. 

Bagaimana kabarnya hari ini anak sholeh dan sholehah? Semoga semua sehat selalu, dalam lindungan Allah subhanahu wata'ala ya sayang..

Ayo anak ibu guru, sudah siap semua untuk belajar hari ini? Hari ini kita akan belajaran mata pelajaran Matematika yaitu membilang sampai dengan 20.


Halim dan Malosi selesai bermain kelereng.

Mereka merapikan kelereng.

Halim menghitung banyak kelereng. 9, 10, 11, ....

Lalu, kelereng disimpan ke dalam stoples.

Halim selalu ingat pesan Ibu.


Halim dan Malosi selesai bermain kelereng.

Mereka merapikan kelereng.

Halim menghitung banyak kelereng. 9, 10, 11, ....

Lalu, kelereng disimpan ke dalam stoples.

Halim selalu ingat pesan Ibu.

Selesai bermain, rapikan mainanmu

A. Menghitung, Membaca, dan Menulis Bilangan

Ternyata Halim mempunyai 15 kelereng.


PENUTUP 

Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.                    

Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini? Apa yang telah kalian pelajari hari ini? 

Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia.

Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.

Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa. Yuk sebelum berdoa kita tepuk jari terlebih dahulu!Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang baik di rumah bersama keluarga kalian ya…

Ibu guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.


Senin, 15 Januari 2024

KELAS 1 MATERI BAHASA INDONESIA, SENIN 15 JANUARI 2024

 Hari/Tanggal : Senin/15 Januari 2024

Satuan Pendidikan : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung 

Fase/Kelas : A/1 

BAB/Tema : 5/ Bunyi Apa? 

Materi Pembelajaran : Bersikap Baik terhadap Teman


Capaian Pembelajaran (CP):

• Menyimak

1. Peserta didik mampu bersikap menjadi pendengar yang penuh perhatian

2. Peserta didik menunjukkan minat pada tuturan yang didengar serta mampu memahami pesan lisan dan informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan/didengar), instruksi lisan, dan percakapan yang berkaitan dengan tujuan berkomunikasi


•Membaca dan Memirsa

1. Peserta didik mampu bersikap menjadi pembaca dan pemirsa yang menunjukkan minat terhadap teks yang dibaca atau dipirsa. 

2. Peserta didik mampu membaca kata-kata yang dikenalinya sehari-hari dengan fasih.

3. Peserta didik mampu memahami informasi dari bacaan dan tayangan yang dipirsa tentang diri dan lingkungan, narasi imajinatif, dan puisi anak. 

4. Peserta didik mampu memaknai kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa dengan bantuan ilustrasi.


•Berbicara dan Mempresentasikan

1. Peserta didik mampu berbicara dengan santun tentang beragam topik yang dikenali menggunakan volume dan intonasi yang tepat sesuai konteks.

2. Peserta didik mampu merespons dengan bertanya tentang sesuatu, menjawab, dan menanggapi komentar orang lain (teman, guru, dan orang dewasa) dengan baik dan santun dalam suatu percakapan.

3. Peserta didik mampu mengungkapkan gagasan secara lisan dengan atau tanpa bantuan gambar/ilustrasi

4. Peserta didik mampu menceritakan kembali suatu isi informasi yang dibaca atau didengar, dan menceritakan kembali teks narasi yang dibacakan atau dibaca dengan topik diri dan lingkungan


•Menulis

1. Peserta didik mampu menunjukkan keterampilan menulis permulaan dengan benarbenar (cara memegang alat tulis, jarak mata dengan buku, menebalkan garis/huruf, dll.) di atas kertas dan/atau melalui media digital.

2. Peserta didik mengembangkan tulisan tangan yang semakin baik.

3. Peserta didik mampu menulis teks deskripsi dengan beberapa kalimat  sederhana,  menulis teks  rekon tentang pengalaman diri, menulis kembali narasi berdasarkan teks fiksi yang dibaca atau didengar, menulis teks prosedur tentang kehidupan sehari-hari,  dan menulis teks eksposisi tentang kehidupan sehari-hari.


Tujuan Pembelajaran:

• Dengan menyimak dan menanggapi bacaan tentang sikap baik kepada teman, peserta didik dapat mengenali tanda titik pada akhir kalimat serta membaca dan menulis kata-kata yang diawali dengan huruf ‘m’.

•Membaca:

Mengenali dan mengeja kombinasi huruf pada suku kata dan kata yang sering ditemui.

•Menulis:

Menuliskan suku kata sederhana pada kata-kata yang sering ditemui sehari-hari.


ATP:



Amati gambar di atas. 

Lalu, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut. 

1. Apa yang sedang dilakukan anak-anak pada gambar di 

atas?

2. Berada di mana mereka?

3. Pernahkah kalian memainkan permainan itu?

Mimi ingin menyapa Maya,

tetapi Mimi malu.



PENUTUP 

Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.                    

Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini? Apa yang telah kalian pelajari hari ini? 

Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia.

Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.

Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa. Yuk sebelum berdoa kita tepuk jari terlebih dahulu!Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang baik di rumah bersama keluarga kalian ya…

Ibu guru akhiri, 

Wassalamu’aalaikumsalam wr.wb


Jumat, 12 Januari 2024

KELAS 1 MATERI PRAMUKA, JUM'AT 12 JANUARI 2024

Hari/Tanggal ​​: Jum'at/ 12 Januari 2024                                                                                          Satuan Pendidikan​: SD Al Azhar 1 Bandar Lampung                                                              Fase/Kelas ​​: A/1                                                                                                                                    Materi ​​​: Pramuka Siaga


Bagaimana kabarnya hari ini anak sholeh dan sholehah?                                                               

Semoga semua sehat selalu, dalam lindungan Allah subhanahu wata'ala ya sayang..               

Ayo anak ibu guru, sudah siap semua untuk belajar hari ini? 

Sebelum memulai pembelajaran jangan lupa untuk mandi terlebih dahulu, sarapan, sholat dhuha dan murajaah yaa.


Kemudian mari kita membaca doa sebelum belajar:

“Radhitu billahi Rabbaa, wa bil Islami diina, wa biMuhammadin nabiyyaa wa rasula robbi zidnii 'ilmanwarzuqni fahma”.

Hari ini kita akan belajar mata pelajaran Pramuka, materi yang kita bahas adalah cara memberikan dan membalas salam pramuka. Yuk kita simak materi di bawah ini ^_^.



Cara Memberikan dan Membalas Salam Pramuka :

Secara umum sikap ketika memberikan salam pramuka adalah berdiri, mengambil posisi sikap sempurna (siap) , tangan kiri lurus dan mengepal di samping badam sedangkan tangan kanan diangkat pada pelipis. 

•Posisi telapak tangan miring, terbuka, dengan punggung tangan di bagian atas dan kelima jari rapat

• Pemberian salam pramuka saat membawa tongkat adalah sebagai berikut :

Saat memberikan salam biasa :

Tongkat diangkat dengan tangan kanan, sedangkan tangan kiri diangkat di bawah dada dengan posisi telapak tangan terbuka, punggung tangan di bagian atas, dan kelima jari rapat. 


• Saat memberikan salam penghormatan dan janji :

Tongkat dimiringkan dan dipegang dengan tangan kiri, sedangkan pangkal tongkat tetap di posisi semula. Tangan kanan diangkat pada pelipis. Posisi telapak tangan miring, terbuka, dengan punggung tangan di bagian atas dan kelima jari rapat. 

• Dalam keadaan duduk, salam pramuka diberikan dengan merapatkan kedua kaki, lutut ditekuk, badan ditegakkan, tangan kiri rapat di sisi tubuh sebatas siku dan lengan bawah diletakkan di atas paha, sedangkan tangan kanan diangkat pada pelipis dengan posisi telapak tangan miring terbuka, dengan punggunh tangan di bagian atas dan kelima jari rapat. 

•Dalam keadaan yang tidak memungkinkan (terutama untuk pemberian salam pramuka sebagai salam biasa), salam pramuka dapat diberikan tanpa mengambil posisi sikap sempurna. Namun, cukup dengan mengangkat tangan kanan pada pelipis dengan posisi telapak tangan miring, terbuka, dengan punggung tangan di bagian atas dan kelima jari rapat

• sikap memberikqn salam pramuka sebagai salam biasa, sikap-sikap di atas disertai dengan ucapan salam pramuka yang di ucapkan secara langsung. 

•saat memberikan salam pramuka sebagai sqlqm penghormatan dan salam janji tidak perlu diucapkan salam pramuka. 

Setiap anggota gerakan pramuka yang menerima salam pramuka diwajibkan untuk menjawabnya. 

Cara menjawab salam pramuka adalah dengan mengambil sikap badan saat memberikan salam pramuka disertai dengan mengucapkan kata "salam"  dengan tegas


PENUTUP

Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.                    

Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini? Apa yang telah kalian pelajari hari ini? 

Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia.

Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.

Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa. Yuk sebelum berdoa kita tepuk jari terlebih dahulu!Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang baik di rumah bersama keluarga kalian ya…

Ibu guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

Kamis, 11 Januari 2024

KELAS 1 MATERI P5, KAMIS 11 JANUARI 2024

 HARI/TANGGAL    : KAMIS, 11 JANUARI 2024 

KELAS                : I (SATU)

SEMESTER          : II (DUA) 

MATERI              : P5 (RONCEKU KREATIVIRASKU)


Selamat pagi anak sholeh sholehah Ibu guru, apa kabarnya? semoga semua dalam keadaan sehat wal afiat. 

Hari ini kita kembali memulai pembelajaran di awal semester genap tahun pelajaran 2023/2024. 

Sebelum memulai pembelajaran silahkan persipakan dirimu dahulu dengan membaca doa. 

Hari ini kita akan melaksanakan pembelajaran P5 dengan Tema Kewirausahaan, Topik Ronceku Kreativitasku. Berikut uraian pembelajaran secara lengkap. 

Tema : Kewirausahaan 

Topik : Ronceku Kreativitasku 

Tujuan : Dengan mengangkat tema “kewirausahaan” dan mengacu kepada Profil Pelajar Pancasila, projek penguatan profil pelajar Pancasila ini ditujukan untuk melatih peserta didik melakukan aktivitas yang bermanfaat bagi perkembangan motoriknya dengan cara meronce memanfaatkan alat dan bahan di sekitarnya dan menghasilkan karya yang memiliki nilai jual.


Target Pencapaian Projek Profil: Melalui pengalaman pengelolaan projek profil ini, selain memahami tema “Kewirausahaan” dan mengadopsinya sebagai gaya hidup sehari-hari, peserta didik diharapkan telah mengembangkan tiga dimensi Profil Pelajar Pancasila yaitu kreatif, mandiri, dan bernalar kritis.


Pembelajaran P5 hari ini akan kita mulai dengan menyaksikan video pemnfaatan alat dan bahan yang dapat digunakan untuk dijadikan hasil karya. Silahkan simak video berikut ya...


Video meronce menggunakan kertas origami


video meronce menggunakan sedotan atau pipet


Nah jika kalian sudah menyaksikan video di atas maka kalian faham bahwa alat dan bahan di lingkungan sekitar kita ternyata bisa kita jadikan karya yang indah dan bernilai. 

Selanjutnya silahkan gambarkan alat dan bahan apa saja yang kalian ketahui yang dapat dijadikan atau dimanfaatkan untuk membuat karya yang bernilai. Silahkan gambarkan ke kertas yang telah disiapkan oleh gurumu. 


Demikian pembelajaran hari ini, semoga selalu dilimpahi ilmu yang bermanfaat. Jangan lupa untuk selalu berdoa dan sholat lima waktu. Sampai jumpa pada pembelajaran selanjutnya. 


Terimakasih 

Wassalaamualaikum Wr Wb


Jumat, 01 Desember 2023

KELAS 1 KISI-KISI SAS BAHASA LAMPUNG, JUM'AT 01 DESEMBER 2023

Hari/tanggal : Jum'at/ 01 Desember 2023
Kelas/sem    : 1/ Ganjil (SD AL-AZHAR 1 Bandar Lampung)

Bismillah...

Assalamu'alaikum Wr.Wb.

Selamat Malam anak Sholih/ah, bagaimana kabarnya Malam ini?
In syaa Allah semangat ya Nak...
Besok, kalian akan melaksanakan SAS Bahasa Indonesia ya sayang...
Dimana, materinya yaitu 


Bahasa Lampung

Bab 1. Aksara Lampung 
Dilampung memiliki anak aksara 20, berikut contoh anak aksara

Bab 2. Anggota Keluarga
Dalam Bahasa Lampung ada anggota keluarga, mari kita simak anggota keluarga dibawah ini

1. Apak                        Ayah

2. Emak                       Ibu

3. Abang/Udo             Kakak Laki-laki

4. Kakak/Ngah/Bai    Kakak Perempuan

5. Kemaman               Paman

6. Keminan                 Bibi

7. Datuk                      Kakek

8. Nyai                        Nenek

9. Sekelik                   Saudara

10. Appeu/Umpu        Cucu

Bab 3. Warna dalam Bahasa Lampung 
Dalam bahasa Lampung terdapat warna-warna, mari kita pelajari sayang....


Bab 4. Angka dalam Bahasa Lampung

Baiklah itu dia ringkasan materi untuk sholeh-sholehah belajar di rumah. 

Semoga sholeh-sholehah diberikan kemudahan dan kelancaran dalam mengerjakan soal-soalnya ya. Jangan lupa berdoa sebelum memulai mengerjakan dan Good Luck Kids:)

Baiklah untuk minggu ini hanya itu saja yang dapat ibu Guru sampaikan. Ibu Guru ucapkan terimakasih atas perhatiannya. Tetap semangat dan tetap istiqomah untuk melaksanakan shalat 5 waktu berjamaah dan tepat waktu ya sholeh sholehah:)

Wassalamualaikum wr wb


Rabu, 29 November 2023

KELAS 1 KISI-KISI SAS MATEMATIKA, KAMIS 30 NOVEMBER 2023

KELAS 1 KISI-KISI SAS MATEMATIKA, KAMIS 30 NOVEMBER 2023

Bismillah...

Assalamu'alaikum Wr.Wb. Selamat sore anak Sholih/ah, bagaimana kabarnya sore ini? In syaa Allah semangat ya Nak... Besok, kalian akan melaksanakan STS Matematika ya sayang... Dimana, materinya yaitu :

Bab 1 : Menghitung/membilang sampai dengan 10

Bab 2: Penjumlahan sampai dengan 10

Perhatikan gambar berikut ya
Berdasarkan gambar diatas 

1. Ada berapa anak yang bermain lompat tali?

2. Ada berapa anak yang datang?

Mari kita hitung bersama-sama yaa anak-anak..

Yaa betul ada 4 Anak yang bermain lompat tali dan adda 2 anak yang datang.

Perhatikan gambar dibawah ini yaaa..
Contoh dari penjumlahan berulang :

BAB 3: Pengurangan Sampai dengan 10

Contoh pengurangan dengan soal cerita:



BAB 4: Mengenal Bentuk


Segiempat memiliki 4 sisi.

Segitiga memiliki 3 sisi.


Lingkaran atau lengkung tidak memiliki sisi.


Pada gambar diatas ada beberapa bangun datar, mari kita sebutkan bersama yaa Nak☺️

InsyaAllah besok sudah siap untuk mengikuti SAS ya Nak, dan semoga Allah memberikan hasil yang terbaik dari SAS hari esok aamiin.. ☺️

Ibu guru akhiri, Wassalamu'alaikum Wr.Wb

Selasa, 28 November 2023

KELAS 1 KISI-KISI SAS SBDP, RABU 29 NOVEMBER 2023

Kisi-kisi SAS SBdP

Hari/Tanggal : Rabu/ 29 November 2023

Bismillah...

Assalamu'alaikum Wr.Wb.

Selamat malam anak Sholih/ah, bagaimana kabarnya?

In syaa Allah semangat ya Nak...

Besok, kalian akan melaksanakan SAS SBdP ya sayang..

Silahkan kalian mempelajari materi ini di rumah ya nak. Semangat belajar anak baik ibu guru. 

Adapun Materi SBdP di hari esok adalah seperti gambar bawah ini :

1. Bernyanyi lagu daerah dan lagu nasional

Apakah kalian mengenal pakaian adat dibawah ini?                                                                                  Dapatkah kalian menuliskan satu judul lagu dari pakaian adat tersebut?

Nyanyikan lagu tersebut!




1. Sang bumi ruwa jurai (lampung)

2. Ampar2 pisang (kalimantan) 

3. Ayo mama (maluku) 

4. Gundul2 pacul (jawa) 

5. Yamko (papua)

Pembelajaran Alternatif:

Pembelajaran alternatif dilakukan manakala media pembelajaran di atas tidak

tersedia di Sekolah. Adapun media pembelajaran alternatif yang relevan untuk

digunakan guru adalah sebagai berikut:

1. Gambar rumah adat dan pakaian adat.

Guru menunjukkan gambar rumah adat atau pakaian adat dan peserta
didik menyanyikan lagu dari gambar yang ditunjukkan guru.
Media pembelajaran alternatif tersebut di atas memiliki relevansi substansi
yakni memberikan aktivitas belajar bernyanyi dengan tema lagu nasional
kepada peserta didik. 

Bernyanyi Lagu Nasional 

1. Indonesia raya                                                                                                                                            2. Garuda pancasila                                                                                                                                      3. Berkibarlah benderaku                                                                                                                            4. Maju tak gentar  

Di sekolah, Arda sering menyanyikan lagu ”Sorak-sorak Bergembira”
Bersama teman-temannya Arda juga menyanyikan lagu ”Maju tak 
Gentar”
Ketika upacara bendera, Arda sangat senang menyanyikan lagu 
”Indonesia Raya”
Apalagi dinyanyikan bersama-sama, Arda sangat bersemangat.
Nah bagaimana denganmu?
Lagu nasional apa saja yang kamu sukai?
Nyanyikan salah satu lagu nasional yang kamu sukai!

LAGU DAERAH 

Apakah kalian mengenal pakaian adat dibawah ini?                                                                                  Dapatkah kalian menuliskan satu judul lagu dari pakaian adat tersebut?

Nyanyikan lagu tersebut!




1. Sang bumi ruwa jurai (lampung)

2. Ampar2 pisang (kalimantan) 

3. Ayo mama (maluku) 

4. Gundul2 pacul (jawa) 

5. Yamko (papua)


2. Tepuk Tangan dan Entakan Kaki

sedang bernyanyi, tepukan tangan atau entakan kaki membentuk irwma atau ritme musik

A. Ketukan dalam Musik

Dalam irama musik, kita mendengar ketukan.

Ketukan berulang dan teratur yang disebut pulsa.

Contoh ketukan berulang dan teratur, seperti dengut jantung, tetesan air, dan detak arloji atau jam dinding.

Pulsa atau ketukan dapat bergerak cepat, sedang dan lambat.

Kecepatan gerak lagu itu disebut tempo.

Jika digambarkan seperti ini :

Lambat                Sedang                Cepat


Contoh lagu: 

Contoh lagu tempo lambat      : Bagimu Negeri

Contoh lagu tempo sedang     : Kalau Kau Suka Hati

Contoh lagu tempo cepat        : Naik Delman

B. Bermain Pola Ritme atau Irama

Peserta didik sudah diajarkan tentang cara memainkan ritme dengan ketukan berulang

Kini saatnya praktik bermain bermacam pola ritme. 

Bermain Pola Ritme atau Irama dengan Alat

Peseta didik dapat menggunakan alat-alat disekitat menjadi alat ketukan irama

Lakukan permainan sebelumnya dengan alat pukul sederhana. 

Misalnya galon, kaleng, atau botol diisi beras. 

Serta pemukul dari potor kayu.


3. Pserta didik mampu membuat kategori lagu nasional dan lagu daerah berdasarkan pada lirik lagu

Baik, hari ini kita akan mempelajari tentang bunyi nonmusikan nonmelodis. 

1. Bunyi nonmusikal nonmelodis

Bunyi nonmusikal nonmelodis adalah bunyi yang berasal dari benda dan alam sekitar yang tidak memiliki susunan nada. 

Contohnya seperti bunyi suara orang, bunyi bel, bunyi lembar kertas dibuka, dan bunyi pintu diketuk dan msih banyak lagi benda-benda di sekitar kita. 

Latihan bunyi nonmusikal nonmelodis:

Cobalah kamu mainkan bunyi benda-benda yang ada di sekitarmu! 

Tentukanlah bunyi dari suara yang dihasilkan! 

Tugas kelompok :

Buat kelompok terdiri dari 3 siswa. 

Setiap dua kelompok maju ke depan kelas. 

Kelompok 1

Memperaktikkan gerak hewan

Kelompok 2

Menirukan bunyi hewan tersebut

Kemudian, kelompok 1 menirukan sebuah bunyi

Kelompok 2 bertugas menyebutkan nama penghasil bunyi. 

Lakukanlah bergantian. 

Silahkan Pelajari materi SBdP ini di rumah ya nak🥰

Semangat anak sholeh and sholehah ibu guru🙏🏻

Jangan lupa membaca doa sebelum belajar. 

InsyaAllaho siap ya Nak, dan semoga Allah memberikan hasil yang terbaik dari SAS hari esok aamiin.. ☺️

Wassalamualaikum wr wb

KELAS 1 KISI-KISI SAS BAHASA INDONESIA, RABU 29 NOVEMBER 2023

Kisi-kisi SAS Bahasa Indonesia, Rabu 29 November 2023



                SUMATIF AKHIR SEMESTER




Hari/Tanggal : Rabu/ 29 November 2023

Bismillah...

Assalamu'alaikum Wr.Wb.

Selamat malam anak Sholih/ah, bagaimana kabarnya?

In syaa Allah semangat ya Nak...

Besok, kalian akan melaksanakan SAS Bahasa Indonesia ya sayang...

Dimana, materinya yaitu Bab 1 bunyi apa, Bab 2 ayo bermain, Bab 3 Awas Kuman. 

Silahkan kalian mempelajari materi ini di rumah ya nak. Semangat belajar anak baik ibu guru. 

Adapun Materi Bahasa Indonesia di hari esok adalah seperti gambar bawah ini :

1. Bab 1 Bunyi apa

 Melafalkan huruf, membaca suku kata yang berawalan dari huruf 'b' dan menulis nama sendiri. 

Diskusikan gambar sampul di atas dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan ini.

1. Apa warna bola Boni?
2. Di mana Boni mengejar bolanya?
3. Di mana bola Boni jatuh?
4. Siapa yang bermain dengan bola Boni?
5. Ceritakan kembali, mengapa Boni kehilangan bolanya.

Simak guru membacakan cerita ini.






1. Apa warna bola Boni?

2. Di mana Boni mengejar bolanya?

3. Di mana bola Boni jatuh?

4. Siapa yang bermain dengan bola Boni?

5. Ceritakan kembali, mengapa Boni kehilangan bolanya? 


Lafalkan huruf ini.. 



Lalu, lafalkan huruf yang terdapat pada kata-kata berikut. 

Ayo Menulis.. 


Buatlah kartu nama kalian. 

Dengarkan Guru memberipetunjuk untuk membuatnya. 

Tulis nama kalian pada kartu.

2. Lalu, gambar benda kesukaan kalian di baliknya

Dengan membuat kartu nama, kalian berlatih menulis nama sendiri.Sekarang, perkenalkan diri kalian di depan kelas.Guru akan membimbing kalian. Tunjukkan kartu nama kalian di depan kelas.

1.Tulis nama kalian pada kartu.

2. Lalu,gambar benda kesukaan kalian di baliknya

Dengan membuat kartu nama, kalian berlatih menulis nama sendiri. Membaca Kartu Kata

1. Ikuti guru membaca kata-kata yang berawalan suku kata

‘ba-’, ‘bu-’, dan ‘be-’.

2. Dapatkah kalian menyebutkan kata-kata lain yang memiliki

suku kata ‘ba-’, ‘bu-’, dan ‘be-’?


BERBICARA

Kalian akan mendiskusikan arti kata ‘sibuk’.

Lihat dua gambar di bawah.

Jawablah pertanyaan-pertanyaan ini.

1. Pasar mana yang terlihat sibuk?

2. Apa yang kalian lihat pada gambar pasar yang sibuk?

3. Apa bedanya pasar yang sibuk dan pasar yang tidak sibuk? 

Bab 2 Ayo Bermain

Peaerta didik dapat membaca dan menulia suku kata yang diawali dengan huruf 'c' dan 'h'. 

Dengarkan guru membacakan pertanyaan-pertanyaan
berikut. Lalu, jawablah.
1. Ada di mana binatang-binatang itu?
2. Permainan apa saja yang kalian lihat pada gambar itu?
3. Mana gambar yang menunjukkan kegiatan bermain
dengan tidak aman?
Tunjukkan kepada guru, lalu jelaskan alasan kalian.


4. Mana gambar yang menunjukkan kegiatan bermain
dengan aman? Tunjukkan kepada guru, lalu jelaskan
alasan kalian.
5. Kegiatan bermain apa lagi yang tidak aman untuk anakanak?

Nyanyikan lagu di bawah ini.

Gantilah kata-kata ‘tepuk tangan’ dan ‘pegang hidung’dengan

kata-kata sendiri, ya.

Kalau kau suka hati, tepuk tangan

Kalau kau suka hati, tepuk tangan

Kalau kau suka hati, ayo kita lakukan

Kalau kau suka hati, tepuk tangan

Kalau kau suka hati, pegang hidung

Kalau kau suka hati, pegang hidung

Kalau kau suka hati, ayo kita lakukan

Kalau kau suka hati, pegang hidung



menanggapi bacaan tentang tempat dan aturan bermain.

TANDA BACA

Tanda tanya dan tanda seru

Tanda seru (!) digunakan dalam kalimat larangan atau

perintah.

Tanda tanya (?) digunakan dalam kalimat tanya.

Cara membacanya berbeda.

Ikuti guru membaca kalimat-kalimat di bawah ini.

Gunakan intonasi yang benar, ya.

1. Jangan!

2. Apakah kalian mau bermain denganku?

3. Hati-hati!

4. Apakah kamu terluka? 

aturan bermain.

1. Bacalah dengan teman-teman.
Ikuti petunjuk guru kalian.


2. Lafalkan bunyi huruf ‘h’ dengan benar.



3. Binatang apa yang namanya diawali dengan huruf ‘h’?
Tunjukkan kepada guru dan sebutkan namanya.


4. Bacalah suku kata berikut ini.
Ikuti guru membacanya, ya.



1. Bacalah kartu kata bersama dengan guru. 
Kata-kata apa lagi yang dimulai dengan suku kata ‘ha-‘, 
‘hi-‘, ‘hu-‘, ‘he-‘, dan ‘ho-‘?
Tunjukkan kepada guru, ya.

Bab 3 Awas Kuman

Tentang "kuman"

Setelah menyimak cerita di atas, jawablah pertanyaan-

pertanyaan berikut ini.

a. Mengapa kalian tidak boleh menyebarkan kuman kepada 

orang lain?

b. Apa yang bisa kalian lakukan agar kuman tidak berpindah 

ke tubuh orang lain?

Lalu, dengarkan penjelasan 

guru di bawah ini. 

Cuci tangan perlu dilakukan 

sesering mungkin:

• setiap selesai buang air 

kecil dan buang air besar;

• sebelum menyentuh 

makanan;

• sepulang dari bepergian 

atau bermain;

• sebelum tidur.

Cuci tangan harus sampai bersih.

Cuci tangan tidak harus cepat-cepat. 

Kalian bisa melakukannya . 

Membuat Kartu Nama
Dengarkan guru bercerita dan menjelaskan caranya.
Ini hari pertama masuk sekolah bagi katak, kelinci, kakaktua,
dan kijang.
Mereka belum dapat menulis nama sendiri.
Kalian akan membantu mereka.
1. Tuliskan nama mereka.
Lihat halaman sebelumnya untuk mengetahui nama
mereka.
2. Lalu, gambarlah makanan kesukaan mereka pada kartu
itu.
Makanan kesukaan kijang sudah digambarkan untuk
kalian.
Silahkan Pelajari materi bahasa Indonesia ini di rumah ya nak🥰

Semangat anak sholeh and sholehah ibu guru🙏🏻

Jangan lupa membaca doa sebelum belajar. 

InsyaAllaho siap ya Nak, dan semoga Allah memberikan hasil yang terbaik dari SAS hari esok aamiin.. ☺️

Wassalamualaikum wr wb