Kisi-kisi SAS SBdP
Bismillah...
Assalamu'alaikum Wr.Wb.
Selamat malam anak Sholih/ah, bagaimana kabarnya?
In syaa Allah semangat ya Nak...
Besok, kalian akan melaksanakan SAS SBdP ya sayang..
Silahkan kalian mempelajari materi ini di rumah ya nak. Semangat belajar anak baik ibu guru.
Adapun Materi SBdP di hari esok adalah seperti gambar bawah ini :
1. Bernyanyi lagu daerah dan lagu nasional
Apakah kalian mengenal pakaian adat dibawah ini? Dapatkah kalian menuliskan satu judul lagu dari pakaian adat tersebut?
Nyanyikan lagu tersebut!
1. Sang bumi ruwa jurai (lampung)
2. Ampar2 pisang (kalimantan)
3. Ayo mama (maluku)
4. Gundul2 pacul (jawa)
5. Yamko (papua)
Pembelajaran Alternatif:
Pembelajaran alternatif dilakukan manakala media pembelajaran di atas tidak
tersedia di Sekolah. Adapun media pembelajaran alternatif yang relevan untuk
digunakan guru adalah sebagai berikut:
1. Gambar rumah adat dan pakaian adat.
Bernyanyi Lagu Nasional
1. Indonesia raya 2. Garuda pancasila 3. Berkibarlah benderaku 4. Maju tak gentar
Apakah kalian mengenal pakaian adat dibawah ini? Dapatkah kalian menuliskan satu judul lagu dari pakaian adat tersebut?
Nyanyikan lagu tersebut!
1. Sang bumi ruwa jurai (lampung)
2. Ampar2 pisang (kalimantan)
3. Ayo mama (maluku)
4. Gundul2 pacul (jawa)
5. Yamko (papua)
2. Tepuk Tangan dan Entakan Kaki
sedang bernyanyi, tepukan tangan atau entakan kaki membentuk irwma atau ritme musik
A. Ketukan dalam Musik
Dalam irama musik, kita mendengar ketukan.
Ketukan berulang dan teratur yang disebut pulsa.
Contoh ketukan berulang dan teratur, seperti dengut jantung, tetesan air, dan detak arloji atau jam dinding.
Pulsa atau ketukan dapat bergerak cepat, sedang dan lambat.
Kecepatan gerak lagu itu disebut tempo.
Jika digambarkan seperti ini :
Lambat Sedang Cepat
Contoh lagu:
Contoh lagu tempo lambat : Bagimu Negeri
Contoh lagu tempo sedang : Kalau Kau Suka Hati
Contoh lagu tempo cepat : Naik Delman
B. Bermain Pola Ritme atau Irama
Peserta didik sudah diajarkan tentang cara memainkan ritme dengan ketukan berulang
Kini saatnya praktik bermain bermacam pola ritme.
Bermain Pola Ritme atau Irama dengan Alat
Peseta didik dapat menggunakan alat-alat disekitat menjadi alat ketukan irama
Lakukan permainan sebelumnya dengan alat pukul sederhana.
Misalnya galon, kaleng, atau botol diisi beras.
Serta pemukul dari potor kayu.
3. Pserta didik mampu membuat kategori lagu nasional dan lagu daerah berdasarkan pada lirik lagu |
Baik, hari ini kita akan mempelajari tentang bunyi nonmusikan nonmelodis.
1. Bunyi nonmusikal nonmelodis
Bunyi nonmusikal nonmelodis adalah bunyi yang berasal dari benda dan alam sekitar yang tidak memiliki susunan nada.
Contohnya seperti bunyi suara orang, bunyi bel, bunyi lembar kertas dibuka, dan bunyi pintu diketuk dan msih banyak lagi benda-benda di sekitar kita.
Latihan bunyi nonmusikal nonmelodis:
Cobalah kamu mainkan bunyi benda-benda yang ada di sekitarmu!
Tentukanlah bunyi dari suara yang dihasilkan!
Tugas kelompok :
Buat kelompok terdiri dari 3 siswa.
Setiap dua kelompok maju ke depan kelas.
Kelompok 1
Memperaktikkan gerak hewan
Kelompok 2
Menirukan bunyi hewan tersebut
Kemudian, kelompok 1 menirukan sebuah bunyi
Kelompok 2 bertugas menyebutkan nama penghasil bunyi.
Lakukanlah bergantian.