Senin, 27 November 2023

KELAS 1 KISI-KISI SAS PENDIDIKAN PANCASILA, SELASA 28 NOVEMBER 2023

 Kisi-kisi SAS Pendidikan Pancasila.

Hari/Tanggal : Selasa, 28 November 2023

Fase/Kelas : A/Kelas 1

Assalamualaikum Warohmatullahi wabarokatuh 

Anak soleh dan sholeha🥰🤗

Apa kabarnya hari ini?semoga selalu sehat yaaa, aamiin

Ibu guru akan memberikan kisi-kisi Sumatif Akhir Semester Pendidikan Pancasila yaaa, yang materinya dari Unit 1 sampai Unit 3.

Materi pembelajaran :

 1. Unit 1/ BAB 1 = Aku Cinta Pancasila (Mengenal lambang Pancasila)

2. Unit 2/BAB 2 = Aku anak yang patuh Aturan (Mengenal aturan dirumah dan disekolah, Hak dan kewajiban dirumah dan disekolah)

3. Unit 3/Bab 3 =  Ayo memperkenalkan diri (identitas diri)

Assalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh

Bismillah...

 bab 1 Ayo Cinta Pancasila yaitu dimana di dalamnya terdapat simbol dan lambang garuda Pancasila. 

Pancasila terdiri atas 5 sila yaitu:

  1. Ketuhanan yang maha esa
  2. Kemanusiaan yang adil dan beradab
  3. Persatuan Indonesia
  4. Kerakyatan yang di pimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan
  5. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia 


Simbol Pancasila 


 



 BAB 2 AKU ANAK YANG PATUH ATURAN


yaitu dimana di dalamnya terdapat aturan aturan yang ada di rumah dan sekolah. 












Bab 3 Ayo memperkenalkan diri

Identitas diri adalah ciri-ciri khusus yang kita miliki.

Identitas diri antara lain adalah nama, keluarga, alamat, sekolah, dan sebagainya.

Ayo perkenalkan diri kalian didepan kelas/di depan teman baru!🤗

Contoh perkenalan diri yaitu:

Hai, teman-teman

Perkenalkan, Namaku Nadia

Umurku tuhuh tahun.

Aku anak kedua.

Kakaku bima, kelas lima.

Rambutku lurus.

Kulitku sawo matang.

Hobiku menyanyi dan menari.

In syaa Allah siap ya Nak, dan semoga Allah memberikan hasil yang terbaik dari STS hari esok aamiin.. ☺️

Ibu guru akhiri, Wassalamu'alaikum Wr.Wb.


Anak-anak jangan lupa menghafal contoh aturan dirumah dan disekolah yaa..

Selamat belajar, semoga berhasil mengerjakam soalnya🤗

Wassalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh

KELAS 1 SUMATIF AKHIR SEMESTER (SAS) MENULIS, SENIN 27 NOVEMBER 2023

SUMATIF AKHIR SEMESTER

Menulis

Hari/Tanggal : Senin/ 27 November 2023

Bismillah...

Assalamu'alaikum Wr.Wb.

Selamat sore anak Sholih/ah, bagaimana kabarnya?

In syaa Allah semangat ya Nak...

Besok, kalian akan melaksanakan SAS Menulis ya sayang...

Dimana, materinya yaitu menulis huruf Tegak Sambung dengan baik dan benar. 

Silahkan kalian berlatih menulis huruf tegak sambung di rumah ya nak menggunakan buku lalisba yang sudah diberikan dan diikuti sesuai dengan contoh. Semangat Berlatih anak baik ibu guru. 

Adapun Materi Menulis di hari esok adalah seperti gambar bawah ini. 



Silahkan Pelajari cara menulis tegak sambung yang baik dan benar dengan rapih di rumah🥰

Semangat anak sholeh and sholehah ibu guru🙏🏻

Jangan lupa membaca doa sebelum belajar. 


InsyaAllaho siap ya Nak, dan semoga Allah memberikan hasil yang terbaik dari SAS hari esok aamiin.. ☺️

Wassalamualaikum wr wb

Jumat, 24 November 2023

KELAS 1 MATERI PRAMUKA, JUM'AT 24 NOVEMBER 2023

Hari/Tanggal ​​              : Jum’at, 24 November 2023
Satuan Pendidikan​      : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung                        
Fase/Kelas​                   ​: A/1       
Materi ​​  ​                      : Pramuka


Assalamualaikum anak sholih/ah.        

Bagaimana kabarnya hari ini anak sholeh dan sholehah?                                                               
Semoga semua sehat selalu, dalam lindungan Allah subhanahuwata'ala ya sayang..               
Ayo anak ibu guru, sudah siap semua untuk belajar hari ini? 

Sebelum memulai pembelajaran jangan lupa untuk mandi terlebih dahulu, sarapan, sholat dhuha dan murajaah yaa.

Kemudian mari kita membaca doa sebelum belajar:
“Radhitu billahi Rabbaa, wa bil Islami diina, wa bi Muhammadin nabiyyaa wa rasula robbi zidnii 'ilmanwarzuqni fahma.”

 

Hari ini kita akan belajar mata pelajaran Pramuka, materi yang di bahas tentang Gerakan Pramuka, Tujuan, Prinsip serta Sifat Gerakan Pramuka di Indonesia. Yuk kita simak materi di bawah ini ^_^.

 

Gerakan Pramuka

Gerakan Pramuka adalah organisasi pendidikan nonformal yang menyelenggarakan pendidikan kepanduan yang dilaksanakan di Indonesia. Kata Pramuka merupakan singkatan dari Praja Muda Karana, yang memiliki arti Orang Muda yang Suka Berkarya.

Tujuan Gerakan Pramuka
Gerakan Pramuka bertujuan untuk membentuk setiap Pramuka agar memiliki kepribadian yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia, berjiwa patriotik, taat hukum, disiplin, menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa, dan memiliki berkecakapan hidup sebagai kader bangsa dalam menjaga dan membangun Negeara Kesatuan Republik Indonesia, mengamalkan Pancasila, serta melestarikan lingkungan.

Prinsip Dasar Kepramukaan

§  Iman dan taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa;

§  Peduli terhadap bangsa dan tanah air, sesama hidup dan alam seisinya;

§  Peduli terhadap dirinya pribadi; dan

§  Taat kepada Kode Kehormatan Pramuka.

Sifat
Berdasarkan resolusi Konferensi Kepanduan Sedunia tahun 1924 di Kopenhagen, Denmark, maka Kepanduan mempunyai tiga sifat atau ciri khas, yaitu :

§  Nasional, yang berarti suatu organisasi yang menyelenggarakan kepanduan di suatu negara haruslah menyesuaikan pendidikannya itu dengan keadaan, kebutuhan dan kepentingan masyarakat, bangsa dan negara.

§  Internasional, yang berarti bahwa organisasi kepanduan di negara manapun di dunia ini harus membina dan mengembangkan rasa persaudaraan dan persahabatan antara sesama Pandu dan sesama manusia, tanpa membedakan kepercayaan/agama, golongan, tingkat, suku dan bangsa.

§  Universal, yang berarti bahwa kepanduan dapat dipergunakan di mana saja untuk mendidik anak-anak dari bangsa apa saja.

 

Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik. 
Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini? 
Apa yang telah kalian pelajari hari ini? 

Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia.
Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.
Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa terlebihdahulu.
Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang baik di rumah bersama keluarga kalian ya…

 

Ibu guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb. 

Kamis, 23 November 2023

KELAS 1 MATERI P5, KAMIS 23 NOVEMBER 2023

Hari/Tanggal : 23 November 2023

Satuan  Pendidikan : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung        Fase/Kelas                 : A/1                 

Tahun Pelajaran         : 2023/2024

Tema : Gaya Hidup Berkelanjutan

Topik : Cerdik Kelola Sampah Plastik

Dimensi : Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME dan akhlak mulia

Subtema :   

1. Memahami keterhubungan ekosistem Bumi

2. Menjaga lingkungan alam sekitar

Target Pencapaian di Fase A :     

  1. Mengidentifikasi berbagai ciptaan Tuhan

  2. Membiasakan bersyukur atas lingkungan alam sekitar dan berlatih untuk menjaganya

Materi Kegiatan : Pengenalan Hiasan yang Terbuat dari Sampah Plastik

Assalamu'alaikum wr.wb

Tabik pun... 

Bagaimana kabarnya hari ini anak sholeh dan sholehah? Semoga semua sehat selalu, dalam lindungan Allah subhanahu wata'ala ya sayang.. 

Ayo anak ibu guru, sudah siap semua untuk belajar hari ini? 

Sebelum memulai pembelajaran jangan lupa untuk mandi terlebih dahulu, sarapan, sholat dhuha dan murajaah yaa.

Mari kita mulai pembelajaran hari ini dengan membaca doa sebelum belajar
“Radhitu billahi Rabbaa, wa bil Islami diina, wa bi Muhammadin nabiyyaa wa rasula robbi zidnii 'ilman warzuqni fahma.”

Minggu lalu kita sudah melakukan Refleksi Awal pembelajran P5. Alhamdulillah anak-anak ibu yang sholeh/ah dapat mengikutinya dengan sangat baik ^_^

Di pembelajaran sebelumnya juga kita sudah membuat kolase dari daun kering. Daun kering merupakan salah satu contoh dari sampah organik. Hari ini materi yang akan kita bahas adalah tentang sampah plastik. Sampah plastik merupakan salah satu contoh dari sampah anorganik.

Sampah plastik ternyata bisa bermanfaat dan bisa kita gunakan di kehidupan sehari-hari.

Sampah Plastik :

Sampah plastik merupakan salah satu jenis sampah yang memberikan ancaman serius terhadap lingkungan karena selain jumlahnya cenderung semakin besar, kantong plastik adalah jenis sampah yang sulit terurai oleh proses alam (non biodegradable) dan merupakan salah satu pencemar xenobiotik (pencemar yang tidak dikenal oleh sistem biologis di lingkungan mengakibatkan senyawa pencemar terakumulasi di alam. 

Hari ini kita akan melaksanakan aksi. Yaitu Kalase dari kertas. Adapun alat dan bahan yang dipersiapkan hari ini :

🌸 Kertas

🌸 Gunting

🌸 Lem Kertas

🌸 Pola Gambar




PENUTUP 

Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.                    

Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini? Apa yang telah kalian pelajari hari ini? 

Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia.

Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.

Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa. Yuk sebelum berdoa kita tepuk jari terlebih dahulu!Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang baik di rumah bersama keluarga kalian ya…

Ibu guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

Rabu, 22 November 2023

KELAS 1 MATERI PENDIDIKAN PANCASILA, RABU 22 NOVEMBER 2023

Hari/Tanggal                    :  Rabu, 22 November  2023       

Satuan Pendidikan       : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung                        

Fase/Kelas                   :  A/1                 

BAB/Tema                    :  III/ Ayo Memperkenalkan Diri dengan Sopan           

Materi Pembelajaran     : Ayo memperkenalkan diri


Tabik Pun..

Selamat Pagi anak shalih dan shalihah...

Bagaimana kabarnya hari ini anak sholih dan sholihah?                                                           

Semoga semua sehat selalu, dalam lindungan Allah subhanahu wata'ala ya sayang..               
Ayo anak ibu guru, sudah siap semua untuk belajar hari ini? 

Materi Pendidikan Pancasila Hari ini yaitu adalah ttentang memperkenalkan diri.

A. Capaian Pembelajaran (CP) :

Peserta didik mampu menyebutkan identitas dirinya sesuai dengan jenis kelamin, ciri-ciri fisik, dan hobinya. Peserta didik mampu menyebutkan identitas diri (fisik dan non fisik) keluarga dan teman- temannya di lingkungan rumah dan di sekolah. Peserta didik mampu menceritakan dan menghargai perbedaan baik fisik (contoh : warna kulit, jenis rambut, dll) maupun nonfisik (contoh : miskin, kaya, dll) keluarga dan teman-temannya di lingkungan rumah dan sekolah..

B. Alur Tujuan Pembelajaran ( ATP)

1.3 Peserta didik mengenali dirinya sendiri, sebagai individu, bagian dari masyarakat dan lingkunganya sebagai warga negara Indonesia dan warga negara Dunia. Peserta didik juga mengenali Indonesia itu Bhineka Tunggal Ika baik dari segi suku, ras, bahasa, agama dan kelompok sosial.

C. Tujuan Pembelajaran (TP)

Peserta didik mampu:

1.   Memperkenalkan diri sendiri dan teman

2.  Menjelaskan keragaman di sekitarnya

3.   Menjelaskan cara menghargai keragaman

4.   Menerapkan sikap menghargai perbedaan dalam kehidupan sehari-hari

Sebelum memulai pembelajaran hari ini, mari kita berdoa terlebih dahulu.
Membaca doa sebelum belajar:
“Radhitu billahi Rabbaa, wa bil Islami diina, wa bi Muhammadin nabiyyaa wa rasula robbi zidnii 'ilman warzuqni fahma.”

Pembelajaran sebelumnya yaitu tentang keberagaman.

Baik ibu guru akan lanjutkan pembelajaran nya tentang cara menghargai keberagaman.




Anak sholeh dan sholehah... Sebelum masuk ke pembelajaran, ibu guru akan bertanya kepada kalian, apakah kalian mempunyai banyak teman?jika punya apakah warna kulit, suku dan agama kalian sama?

Anak sholeh dan sholehah... perlu kalian ketahui bahwa kita tinggal di Negara Indonesia yang memiliki semboyan Bhineka Tunggal Ika yang artimya walaupun kita berbeda-beda tetapi tetap satu, maksud nya adalah... kita harus memiliki sikap toleransi dengan orang lain, kita harus mau menerima perbedaan yang ada pada teman, keluarga dan masyarakat lainya..
Perbedaan dan keberagaman diterima sebagai karunia dan Tuhan..
Keberagaman dalam keluarga harus di hargai.
Bagaimana caranya?
1. Saling membantu anggota keluarga
2. Melaksanakan hobi bersama keluarga 

Jangan lupa untuk selalu:
1. Mengembangkan atau memiliki perilaku ramah dan menerima terhadap teman
2. Saling toleransi dan menghormati antar sesama
3. Mengembangkan semangat kekeluaragaan dan saling bertegur sapa antar teman
4. Menghormati teman yang sedang beribadah
5. Tidak mengejek teman yang memiliki kebudayaan yang unik maupun bahasa yang khas

Baik anak-anak sekian materi yang ibu guru sampaikan, semoga setelah kalian membaca materi pada hari ini kalian akan lebih mengerti perbedaan antar teman kalian dan menghormati teman kalian satu sama lain yaaa...

Mohon untuk selalu di ingat dan dijalankan yaa anak sholeh dan sholehah.

Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.       

Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini? Apa yang telah kalian pelajari hari ini? 

Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia.

Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.

Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa. 

Ibu guru akhiri, Wassalamu'alaikum Wr. Wb

Selasa, 21 November 2023

KELAS 1 MATERI SBDP, SELASA 21 NOVEMBER 2023

Hari/Tanggal                  :  Selasa, 21 November  2023      Satuan Pendidikan        :  SD Al Azhar 1 Bandar Lampung  Fase/Kelas                     :  A/1                                                  BAB/Tema                     :  Bermain dan Bernyanyi                  Materi  Pembelajaran    :  Tepuk Tangan dan Entakan Kaki

CP :

Peserta didik mampu mengimitasi bunyi-musik sederhana dengan mengenal unsur-unsur bunyi-musik baik intrinsik maupun ekstrinsik.

Tujuan Pembelajaran :

Peserta didik mampu membuat kategori lagu nasional dan lagu daerah berdasarkan pada lirik lagu

ATP :

1.1 Mampu bernyanyi secara mandiri dan bersama lagu nasional guna membangun rasa nasionalisme.          Mampu bernyanyi bersama lagu daerah secara mandiri dan bersama. Menemukan perbedaan lagu  nasional dan lagu daerah dengan tepat. Membuat kategori lagu nasional dan lagu daerah  berdasarkan pada lirik lagu.

Assalamualaikum anak sholih/ah.. Bagaimana kabarnya hari ini anak sholeh dan sholehah? Semoga semua sehat selalu, dalam lindungan Allah subhanahu wata'ala ya sayang.. Ayo anak ibu guru, sudah siap semua untuk belajar hari ini?            

Hri ini kita akan belajaran mata pelajaran SBdp Seni Musik.

Tujuan Pembelajaran

Pserta didik mampu membuat kategori lagu nasional dan lagu daerah berdasarkan pada lirik lagu

Baik, hari ini kita akan mempelajari tentang bunyi nonmusikan nonmelodis. 

1. Bunyi nonmusikal nonmelodis

Bunyi nonmusikal nonmelodis adalah bunyi yang berasal dari benda dan alam sekitar yang tidak memiliki susunan nada. 

Contohnya seperti bunyi suara orang, bunyi bel, bunyi lembar kertas dibuka, dan bunyi pintu diketuk dan msih banyak lagi benda-benda di sekitar kita. 

Latihan bunyi nonmusikal nonmelodis:

Cobalah kamu mainkan bunyi benda-benda yang ada di sekitarmu! 

Tentukanlah bunyi dari suara yang dihasilkan! 

Tugas kelompok :

Buat kelompok terdiri dari 3 siswa. 

Setiap dua kelompok maju ke depan kelas. 

Kelompok 1

Memperaktikkan gerak hewan

Kelompok 2

Menirukan bunyi hewan tersebut

Kemudian, kelompok 1 menirukan sebuah bunyi

Kelompok 2 bertugas menyebutkan nama penghasil bunyi. 

Lakukanlah bergantian. 


PENUTUP 

Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.                    

Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini? Apa yang telah kalian pelajari hari ini? 

Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia.


Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.

Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa. Yuk sebelum berdoa kita tepuk jari terlebih dahulu!Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang baik di rumah bersama keluarga kalian ya…

Ibu guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

KELAS 1 MATERI MATEMATIKA, SELASA 21 NOVEMBER 2023

 Hari/Tanggal          : Selasa, 21 November 2023         

Satuan Pendidikan : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung                        
Fase/Kelas             : A/1                  
BAB/Tema            : Mengenal Bentuk
Materi                    : Menyusun dan Mengurai Bentuk Bangun

Capaian Pembelajaran (CP)

Pada   akhir   Fase   A,   peserta   didik   dapat   mengenal berbagai bangun datar (segitiga, segiempat, segibanyak, lingkaran)  dan  bangun  ruang  (balok,  kubus,  kerucut, dan bola). Mereka dapat menyusun (komposisi) dan mengurai (dekomposisi) suatu bangun datar (segitiga, segiempat, dan segibanyak). 

Alur Tujuan Pembelajaran (ATP)

  1. Peserta didik dapat mendeskripsikan, mengelompokkan dan membedakan, mengenal dan memberi nama bangun datar sesuai dengan bentuknya yaitu segitiga, segiempat, dan bentuk lengkung.

Tujuan Pembelajaran (TP)

  1. Peserta didik dapat mendeskripsikan benda berdasarkan bentuknya.

  2. Peserta didik dapat mengelompokkan dan membedakan benda berbentuk bangun datar (Segitiga, segi empat, lingkaran)

  3. Peserta didik dapat mengenal nama bentuk dasar, yaitu segitiga, segi empat, dan bentuk lengkung.

  4. Peserta didik dapat memberi nama bentuk dasar, yaitu segitiga, segi empat, dan bentuk lengkung.

  5. Peserta didik dapat mengelompokkan benda berdasarkan bentuk, warna, dan ukurannya.

  6. Peserta didik dapat menyusun bentuk bangun.

  7. Peserta didik dapat mengurai bentuk bangun.

Assalamu Alaikum Waalaikumsalaam GIF - Assalamu Alaikum Salam  Waalaikumsalaam - Discover & Share GIFs

Bagaimana kabarnya hari ini anak sholeh dan sholehah?                                                               
Semoga semua sehat selalu, dalam lindungan Allah subhanahu wata'ala ya sayang..               
Ayo anak ibu guru, sudah siap semua untuk belajar hari ini? 

Sebelum memulai pembelajaran jangan lupa untuk mandi terlebih dahulu, sarapan, sholat dhuha dan murajaah yaa.

Hari ini kita akan belajar mata pelajaran Matematika, materi yang akan kita bahas adalah tentang mengenal bentuk. Tujuannya yaitu supaya anak sholeh dan sholehah paham bentuk apa saja yang ada di sekitar kita

Mari kita mulai pembelajaran hari ini dengan membaca doa sebelum belajar terlebih dahulu.
“Radhitu billahi Rabbaa, wa bil Islami diina, wa bi Muhammadin nabiyyaa wa rasula robbi zidnii 'ilman warzuqni fahma.”

Setelah membaca doa mari kita masuk ke materi pembelajran hari ini ^_^


Setelah ibu guru jelaskan apakah anak sholeh/hah sudah paham???

Mari kita coba kerjakan latihan berikut ^_^




Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.                    

Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini? Apa yang telah kalian pelajari hari ini? 

Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia.


Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.

Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa.

Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang baik di rumah bersama keluarga kalian ya…

Ibu guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.


Senin, 20 November 2023

KELAS 1 KESIMPULAN MATERI, SENIN 20 NOVEMBER 2023

Kesimpulan Materi Ajar Bahasa Indonesia dan Pendidikan Pancasila

Pendidikan Pancasila

Keberagaman dalam keluarga harus di hargai.
Bagaimana caranya?
1. Saling membantu anggota keluarga
2. Melaksanakan hobi bersama keluarga 

Jangan lupa untuk selalu:
1. Mengembangkan atau memiliki perilaku ramah dan menerima terhadap teman
2. Saling toleransi dan menghormati antar sesama
3. Mengembangkan semangat kekeluaragaan dan saling bertegur sapa antar teman
4. Menghormati teman yang sedang beribadah
5. Tidak mengejek teman yang memiliki kebudayaan yang unik maupun bahasa yang khas.

Bahasa Indonesia

Mari anak-anak kita amati dan kita jawab bersama yaa..
Amati gambar ini dengan saksama.
Lalu, jawablah pertanyaan-pertanyaan guru berdasarkan 
gambar di atas. 
1. Apa yang ada di pasar? Penjual dan pembeli
2. Apa saja makanan yang dijual di pasar? Baju, makanan, mainan
3. Apa saja mainan yang dijual di pasar? Balon
4. Di gambar itu ada makanan yang bersih. Tunjukkan 
kepada guru. Arum manis
5. Mengapa makanan itu bersih? Karena tertutup dan terhindar dari lalat 
6. Di gambar itu ada juga makanan yang kotor. Tunjuklah 
makanan itu. 
7. Mengapa makanan itu kotor? Karena tidak tertutup dan dihinggapi lalat.

Baik sekian dan terimakasih pembelajaran hari ini, semoga Allah memberikan kita nikmat sehat dan ilmu yang bermanfaat yaa anak sholeh san sholehaa..

KELAS 1 MATERI BAHASA INDONESIA, SENIN 20 NOVEMBER 2023

Hari/Tanggal : Senin/ 20 November 2023
Satuan Pendidikan : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung 
Fase/Kelas : A/1 
BAB/Tema : Ayo Bermain
Materi : Menyimak
Pembelajaran : Menyimak dan menanggapi bacaan


Capaian Pembelajaran (CP):

Berbicara dan Mempresentasikan :
1. Peserta didik mampu berbicara dengan santun tentang beragam topik yang dikenali menggunakan volume dan intonasi yang tepat sesuai konteks.
2. Peserta didik mampu merespons dengan bertanya tentang sesuatu, menjawab, dan menanggapi komentar orang lain (teman, guru, dan orang dewasa) dengan baik dan santun dalam suatu percakapan.
3. Peserta didik mampu mengungkapkan gagasan secara lisan dengan atau tanpa bantuan gambar/ilustrasi
4. Peserta didik mampu menceritakan kembali suatu isi informasi yang dibaca atau didengar, dan menceritakan kembali teks narasi yang dibacakan atau dibaca dengan topik diri dan lingkungan

Tujuan Pembelajaran:

1. Melalui latihan menjawab pertanyaan terhadap teks “Hati-Hati!”yang dibacakan, peserta didik dapat menyimpulkan informasi serta menceritakan Kembali simpulannya dengan tepat.
2. Melalui kegiatan menirukan intonasi guru saat membacakan teks nonfiksi “Hati-Hati!” pada Buku Siswa, peserta didik mengenali kalimat tanya, kalimat ajakan, kalimat perintah, dan kalimat larangan.
3. Melalui kegiatan menjawab pertanyaan guru tentang perbuatan yang boleh dan tidak boleh dilakukan, peserta didik menyampaikan pendapatnya dengan relevan, jelas, dan sopan.
4. Melalui kegiatan merangkaikan bunyi huruf ‘h’ dan huruf vokal lain, peserta didik dapat membaca suku kata dengan baik. 
5. Melalui latihan menuliskan huruf kapital ‘H’, huruf kecil ‘h;, dan suku kata yang diawali dengan huruf ‘h’, peserta didik mampu mengenali perbedaan bentuk huruf kapital, huruf kecil, dan merangkai huruf ‘h; dengan huruf vokal lain dengan tepat. 
6. Melalui kegiatan menjawab pertanyaan tentang gambar “Di Taman Kota”, peserta didik dapat memahami serta menyimpulkan dan mengaitkan hal yang dilihat pada gambar dengan pengalamannya sendiri dengan baik. 
7. Melalui kegiatan menjawab pertanyaan guru tentang gambar, peserta didik mampu menanggapi orang lain dengan jelas dan santun. 
8. Melalui kegiatan menggambarkan cara Caca dapat naik sepeda roda dua, peserta didik menuliskan simpulannya terhadap awal, tengah, akhir bacaan
9. Melalui kegiatan menulis nama orang yang diawali dengan huruf ‘c’, peserta didik dapat menulis huruf dengan arah yang benar.
10. Peserta didik dapat membaca dan menulis suku kata ‘ka-’, ‘ki-’, ‘ku.

ATP:
1.2 Dengan menyimak dan menanggapi bacaan tentang tempat dan aturan bermain, peserta didik dapat mengenali tanda tanya dan tanda seru dalam kalimat, serta membaca dan menulis suku kata yang diawali dengan huruf ‘h’ dan ‘c’


Assalamualaikum wr.wb, anak-anak sholeh/ha
Bagaimana kabarnya hari ini anak sholeh/sholehah?
Semoga semua dalam keadaan sehat selalu, dalam lindungan Allah Subhanahu Wata’Ala ya sayang…
Ayo anak-anak Ibu Guru, sudah siap untuk belajar hari ini?
Hari ini kita akan belajar mata pelajaran bahasa Indonesia, yaitu dengan menyimak dan menanggapi bacaan tentang tempat dan aturan bermain.
Amati gambar ini dengan saksama.
Lalu, jawablah pertanyaan-pertanyaan guru berdasarkan
gambar di atas.
1. Apa yang ada di pasar?
2. Apa saja makanan yang dijual di pasar?
3. Apa saja mainan yang dijual di pasar?
4. Di gambar itu ada makanan yang bersih. Tunjukkan
kepada guru.
5. Mengapa makanan itu bersih?
6. Di gambar itu ada juga makanan yang kotor. Tunjuklah
makanan itu.
7. Mengapa makanan itu kotor?

Perhatikan lagi gambar pasar itu.
Berikan tanda silang untuk makanan yang kotor dan tanda
centang untuk makanan yang bersih.
PENUTUP 
Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.                    
Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini? Apa yang telah kalian pelajari hari ini? 
Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia.

Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.
Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa. Yuk sebelum berdoa kita tepuk jari terlebih dahulu!Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang baik di rumah bersama keluarga kalian ya…
Ibu guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

KELAS 1 MATERI PENDIDIKAN PANCASILA, SENIN 20 NOVEMBER 2023

 Hari/Tanggal                :  Selasa, 20 November  2023       

Satuan Pendidikan         : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung                        

Fase/Kelas                     :  A/1                 

BAB/Tema                    :  III/ Ayo Memperkenalkan Diri dengan Sopan           

Materi Pembelajaran     : Ayo memperkenalkan diri


Tabik Pun..

Selamat Pagi anak shalih dan shalihah...

Bagaimana kabarnya hari ini anak sholih dan sholihah?                                                           

Semoga semua sehat selalu, dalam lindungan Allah subhanahu wata'ala ya sayang..               
Ayo anak ibu guru, sudah siap semua untuk belajar hari ini? 

Materi Pendidikan Pancasila Hari ini yaitu adalah ttentang memperkenalkan diri.

A. Capaian Pembelajaran (CP) :

Peserta didik mampu menyebutkan identitas dirinya sesuai dengan jenis kelamin, ciri-ciri fisik, dan hobinya. Peserta didik mampu menyebutkan identitas diri (fisik dan non fisik) keluarga dan teman- temannya di lingkungan rumah dan di sekolah. Peserta didik mampu menceritakan dan menghargai perbedaan baik fisik (contoh : warna kulit, jenis rambut, dll) maupun nonfisik (contoh : miskin, kaya, dll) keluarga dan teman-temannya di lingkungan rumah dan sekolah..

B. Alur Tujuan Pembelajaran ( ATP)

1.3 Peserta didik mengenali dirinya sendiri, sebagai individu, bagian dari masyarakat dan lingkunganya sebagai warga negara Indonesia dan warga negara Dunia. Peserta didik juga mengenali Indonesia itu Bhineka Tunggal Ika baik dari segi suku, ras, bahasa, agama dan kelompok sosial.

C. Tujuan Pembelajaran (TP)

Peserta didik mampu:

1.   Memperkenalkan diri sendiri dan teman

2.  Menjelaskan keragaman di sekitarnya

3.   Menjelaskan cara menghargai keragaman

4.   Menerapkan sikap menghargai perbedaan dalam kehidupan sehari-hari

Sebelum memulai pembelajaran hari ini, mari kita berdoa terlebih dahulu.
Membaca doa sebelum belajar:
“Radhitu billahi Rabbaa, wa bil Islami diina, wa bi Muhammadin nabiyyaa wa rasula robbi zidnii 'ilman warzuqni fahma.”

Pembelajaran sebelumnya yaitu tentang keberagaman.

Baik ibu guru akan lanjutkan pembelajaran nya tentang cara menghargai keberagaman.




Anak sholeh dan sholehah... Sebelum masuk ke pembelajaran, ibu guru akan bertanya kepada kalian, apakah kalian mempunyai banyak teman?jika punya apakah warna kulit, suku dan agama kalian sama?

Anak sholeh dan sholehah... perlu kalian ketahui bahwa kita tinggal di Negara Indonesia yang memiliki semboyan Bhineka Tunggal Ika yang artimya walaupun kita berbeda-beda tetapi tetap satu, maksud nya adalah... kita harus memiliki sikap toleransi dengan orang lain, kita harus mau menerima perbedaan yang ada pada teman, keluarga dan masyarakat lainya..
Perbedaan dan keberagaman diterima sebagai karunia dan Tuhan..
Keberagaman dalam keluarga harus di hargai.
Bagaimana caranya?
1. Saling membantu anggota keluarga
2. Melaksanakan hobi bersama keluarga 

Jangan lupa untuk selalu:
1. Mengembangkan atau memiliki perilaku ramah dan menerima terhadap teman
2. Saling toleransi dan menghormati antar sesama
3. Mengembangkan semangat kekeluaragaan dan saling bertegur sapa antar teman
4. Menghormati teman yang sedang beribadah
5. Tidak mengejek teman yang memiliki kebudayaan yang unik maupun bahasa yang khas

Baik anak-anak sekian materi yang ibu guru sampaikan, semoga setelah kalian membaca materi pada hari ini kalian akan lebih mengerti perbedaan antar teman kalian dan menghormati teman kalian satu sama lain yaaa...

Mohon untuk selalu di ingat dan dijalankan yaa anak sholeh dan sholehah.

Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.       

Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini? Apa yang telah kalian pelajari hari ini? 

Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia.

Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.

Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa. 

Ibu guru akhiri, Wassalamu'alaikum Wr. Wb

Jumat, 17 November 2023

KELAS 1 MATERI PRAMUKA, JUM'AT 17 NOVEMBER 2023

Hari/Tanggal : Jum'at, 17 November 2023        

Satuan Pendidikan : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung                       
Fase/Kelas : A/1      
Materi : Pramuka

Bagaimana kabarnya hari ini anak sholeh dan sholehah?                                                               
Semoga semua sehat selalu, dalam lindungan Allah subhanahu wata'ala ya sayang..               
Ayo anak ibu guru, sudah siap semua untuk belajar hari ini? 

Sebelum memulai pembelajaran jangan lupa untuk mandi terlebih dahulu, sarapan, sholat dhuha dan murajaah yaa.

Kemudian mari kita membaca doa sebelum belajar:
“Radhitu billahi Rabbaa, wa bil Islami diina, wa bi Muhammadin nabiyyaa wa rasula robbi zidnii 'ilman warzuqni fahma”.

Hari ini kita akan belajar mata pelajaran Pramuka, materi yang kita bahas adalah pramuka siaga. Apa si pramuka siaga itu?. Yuk kita simak materi di bawah ini ^_^.


Siaga adalah sebutan bagi anggota Pramuka yang berumur 7-10 tahun. Disebut Pramuka Siaga karena sesuai dengan kiasan pada masa perjuangan bangsa Indonesia, yaitu ketika rakyat Indonesia mensiagakan dirinya untuk mencapai kemerdekaan dengan ditandai berdirinya Boedi Oetomo pada tahun 1908 sebagai tonggak awal perjuangan bangsa Indonesia.

Satuan Satuan terkecil dalam Pramuka Siaga disebut Barung dan satuan-satuan dari beberapa barung disebut Perindukan.Setiap Barung beranggotakan 5-10 orang Pramuka Siaga dan dipimpin oleh seorang Pemimpin Barung yang dipilih oleh anggota Barung itu sendiri.

Masing-masing Pemimpin Barung ini kemudian akan memilih satu orang dari mereka yang akan menjadi Pemimpin Barung Utama yang disebut Sulung. Sebuah Perindukan terdiri dari beberapa Barung yang akan dipimpin oleh Sulung.

Dalam Pramuka Siaga ada tiga tingkat, yaitu:

  1. Mula

  2. Bantu

  3. Tata

Setiap anggota Barung yang telah menyelesaikan SKU ( Syarat Kecakapan Umum ) berhak mengenakan TKU ( Tanda Kecakapan Umum ) sesuai tingkatannya  yang dikenakan pada lengan baju sebelah kiri dibawah tanda barung berwarna dasar hijau. TKU untuk Siaga berbentuk sebuah janur atau disebut Mancung yakni bunga pohon kelapa yang baru tumbuh

Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik. 
Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini? 
Apa yang telah kalian pelajari hari ini? 

Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia.
Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.
Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa terlebih dahulu.
Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang baik di rumah bersama keluarga kalian ya…

Ibu guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb. 

Kamis, 16 November 2023

KELAS 1 MATERI P5, KAMIS 16 NOVEMBER 2023

Materi Ajar, Kamis 16 November 2023 (P5)

Satuan Pendidikan : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung       

Fase/Kelas                 : A/1                 

Tahun Pelajaran         : 2023/2024

Tema : Gaya Hidup Berkelanjutan

Topik : Cerdik Kelola Sampah Plastik

Dimensi : Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME dan akhlak mulia

Subtema :   

1. Memahami keterhubungan ekosistem Bumi

2. Menjaga lingkungan alam sekitar

Target Pencapaian di Fase A :     

  1. Mengidentifikasi berbagai ciptaan Tuhan

  2. Membiasakan bersyukur atas lingkungan alam sekitar dan berlatih untuk menjaganya

Materi Kegiatan : Pengenalan Hiasan yang Terbuat dari Sampah Plastik


Assalamu'alaikum wr.wb


Tabik pun... 

Bagaimana kabarnya hari ini anak sholeh dan sholehah? Semoga semua sehat selalu, dalam lindungan Allah subhanahu wata'ala ya sayang.. 

Ayo anak ibu guru, sudah siap semua untuk belajar hari ini? 

Sebelum memulai pembelajaran jangan lupa untuk mandi terlebih dahulu, sarapan, sholat dhuha dan murajaah yaa.

Mari kita mulai pembelajaran hari ini dengan membaca doa sebelum belajar
“Radhitu billahi Rabbaa, wa bil Islami diina, wa bi Muhammadin nabiyyaa wa rasula robbi zidnii 'ilman warzuqni fahma.”

Minggu lalu kita sudah melakukan Refleksi Awal pembelajran P5. Alhamdulillah anak-anak ibu yang sholeh/ah dapat mengikutinya dengan sangat baik ^_^

Di pembelajaran sebelumnya juga kita sudah membuat kolase dari daun kering. Daun kering merupakan salah satu contoh dari sampah organik. Hari ini materi yang akan kita bahas adalah tentang sampah plastik. Sampah plastik merupakan salah satu contoh dari sampah anorganik.

Sampah plastik ternyata bisa bermanfaat dan bisa kita gunakan di kehidupan sehari-hari.

Sampah Plastik :

Sampah plastik merupakan salah satu jenis sampah yang memberikan ancaman serius terhadap lingkungan karena selain jumlahnya cenderung semakin besar, kantong plastik adalah jenis sampah yang sulit terurai oleh proses alam (non biodegradable) dan merupakan salah satu pencemar xenobiotik (pencemar yang tidak dikenal oleh sistem biologis di lingkungan mengakibatkan senyawa pencemar terakumulasi di alam. 

Hari ini kita akan melaksanakan aksi. Yaitu Kalase dari kertas. Adapun alat dan bahan yang dipersiapkan hari ini :

🌸 Kertas

🌸 Gunting

🌸 Lem Kertas

🌸 Pola Gambar




PENUTUP 

Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.                    

Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini? Apa yang telah kalian pelajari hari ini? 

Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia.

Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.

Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa. Yuk sebelum berdoa kita tepuk jari terlebih dahulu!Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang baik di rumah bersama keluarga kalian ya…

Ibu guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

Rabu, 15 November 2023

KELAS 1 MATERI BAHASA INDONESIA, RABU 15 NOVEMBER 2023

Hari/Tanggal : Rabu/15 November 2023

Satuan Pendidikan : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung 

Fase/Kelas : A/1 

BAB/Tema : Ayo Bermain

Materi : Menyimak

Pembelajaran : Menyimak dan menanggapi bacaan


Capaian Pembelajaran (CP):

Berbicara dan Mempresentasikan :
1. Peserta didik mampu berbicara dengan santun tentang beragam topik yang dikenali menggunakan volume dan intonasi yang tepat sesuai konteks.
2. Peserta didik mampu merespons dengan bertanya tentang sesuatu, menjawab, dan menanggapi komentar orang lain (teman, guru, dan orang dewasa) dengan baik dan santun dalam suatu percakapan.
3. Peserta didik mampu mengungkapkan gagasan secara lisan dengan atau tanpa bantuan gambar/ilustrasi
4. Peserta didik mampu menceritakan kembali suatu isi informasi yang dibaca atau didengar, dan menceritakan kembali teks narasi yang dibacakan atau dibaca dengan topik diri dan lingkungan

Tujuan Pembelajaran:

1. Melalui latihan menjawab pertanyaan terhadap teks “Hati-Hati!”yang dibacakan, peserta didik dapat menyimpulkan informasi serta menceritakan Kembali simpulannya dengan tepat.
2. Melalui kegiatan menirukan intonasi guru saat membacakan teks nonfiksi “Hati-Hati!” pada Buku Siswa, peserta didik mengenali kalimat tanya, kalimat ajakan, kalimat perintah, dan kalimat larangan.
3. Melalui kegiatan menjawab pertanyaan guru tentang perbuatan yang boleh dan tidak boleh dilakukan, peserta didik menyampaikan pendapatnya dengan relevan, jelas, dan sopan.
4. Melalui kegiatan merangkaikan bunyi huruf ‘h’ dan huruf vokal lain, peserta didik dapat membaca suku kata dengan baik. 
5. Melalui latihan menuliskan huruf kapital ‘H’, huruf kecil ‘h;, dan suku kata yang diawali dengan huruf ‘h’, peserta didik mampu mengenali perbedaan bentuk huruf kapital, huruf kecil, dan merangkai huruf ‘h; dengan huruf vokal lain dengan tepat. 
6. Melalui kegiatan menjawab pertanyaan tentang gambar “Di Taman Kota”, peserta didik dapat memahami serta menyimpulkan dan mengaitkan hal yang dilihat pada gambar dengan pengalamannya sendiri dengan baik. 
7. Melalui kegiatan menjawab pertanyaan guru tentang gambar, peserta didik mampu menanggapi orang lain dengan jelas dan santun. 
8. Melalui kegiatan menggambarkan cara Caca dapat naik sepeda roda dua, peserta didik menuliskan simpulannya terhadap awal, tengah, akhir bacaan
9. Melalui kegiatan menulis nama orang yang diawali dengan huruf ‘c’, peserta didik dapat menulis huruf dengan arah yang benar.
10. Peserta didik dapat membaca dan menulis suku kata ‘ka-’, ‘ki-’, ‘ku-’, 

ATP:
1.2 Dengan menyimak dan menanggapi bacaan tentang tempat dan aturan bermain, peserta didik dapat mengenali tanda tanya dan tanda seru dalam kalimat, serta membaca dan menulis suku kata yang diawali dengan huruf ‘K’ 

Assalamualaikum wr.wb, anak-anak sholeh/ha
Bagaimana kabarnya hari ini anak sholeh/sholehah?
Semoga semua dalam keadaan sehat selalu, dalam lindungan Allah Subhanahu Wata’Ala ya sayang…
Ayo anak-anak Ibu Guru, sudah siap untuk belajar hari ini?
Minggu kemarin kita sudah belajar tentang Kuman dan Kata yang berawalan dari suku kata Ka Ki Ku Ke Ko.
Ibu ulangi sedikit tentang materi di Unit 3 ini ya anak-anak sholeh dan sholeha dengan menyimak dan menanggapi bacaan tentang tempat dan aturan bermain.
Tentang "kuman"

Setelah menyimak cerita di atas, jawablah pertanyaan-
pertanyaan berikut ini.
a. Mengapa kalian tidak boleh menyebarkan kuman kepada 
orang lain?
b. Apa yang bisa kalian lakukan agar kuman tidak berpindah 
ke tubuh orang lain?
Lalu, dengarkan penjelasan 
guru di bawah ini. 
Cuci tangan perlu dilakukan 
sesering mungkin:
• setiap selesai buang air 
kecil dan buang air besar;
• sebelum menyentuh 
makanan;
• sepulang dari bepergian 
atau bermain;
• sebelum tidur.
Cuci tangan harus sampai bersih.
Cuci tangan tidak harus cepat-cepat. 
Kalian bisa melakukannya sambil menyanyikan lagu ini.
Ikuti guru, ya. 

Cuci Tangan
Ayo kita cuci tangan
Gunakan sabun tangan
Basahi telapak tangan
Kemudian punggung tangan
Jangan lupa sela jarimu. 

1. Kalian telah belajar membaca kata-kata yang memiliki suku 
kata ‘ku-‘. Sekarang, bacalah beberapa suku kata berikut.


2. Temukan dan bacalah suku kata ‘ka-‘, ‘ki-‘, ‘ku-‘, ‘ke-‘, ‘ko-‘ 
dalam nama-nama binatang di bawah ini. Tandai suku kata 
yang diawali dengan huruf ‘k,’ ya.

PENUTUP 
Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.                    
Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini? Apa yang telah kalian pelajari hari ini? 
Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia.

Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.
Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa. Yuk sebelum berdoa kita tepuk jari terlebih dahulu!Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang baik di rumah bersama keluarga kalian ya…
Ibu guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.