Senin, 13 November 2023

KELAS 1 MATERI MATEMATIKA, SELASA 14 NOVEMBER 2023

 

Hari/Tanggal          : Selasa, 14 November 2023         
Satuan Pendidikan : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung                        
Fase/Kelas             : A/1                  
BAB/Tema            : Mengenal Bentuk
Materi                    : Mendeskripsikan Benda Berdasarkan Bentuk

Capaian Pembelajaran (CP)

Pada   akhir   Fase   A,   peserta   didik   dapat   mengenal berbagai bangun datar (segitiga, segiempat, segibanyak, lingkaran)  dan  bangun  ruang  (balok,  kubus,  kerucut, dan bola). Mereka dapat menyusun (komposisi) dan mengurai (dekomposisi) suatu bangun datar (segitiga, segiempat, dan segibanyak). 

Alur Tujuan Pembelajaran (ATP)

  1. Peserta didik dapat mendeskripsikan, mengelompokkan dan membedakan, mengenal dan memberi nama bangun datar sesuai dengan bentuknya yaitu segitiga, segiempat, dan bentuk lengkung.

Tujuan Pembelajaran (TP)

  1. Peserta didik dapat mendeskripsikan benda berdasarkan bentuknya.

  2. Peserta didik dapat mengelompokkan dan membedakan benda berbentuk bangun datar (Segitiga, segi empat, lingkaran)

  3. Peserta didik dapat mengenal nama bentuk dasar, yaitu segitiga, segi empat, dan bentuk lengkung.

  4. Peserta didik dapat memberi nama bentuk dasar, yaitu segitiga, segi empat, dan bentuk lengkung.

  5. Peserta didik dapat mengelompokkan benda berdasarkan bentuk, warna, dan ukurannya.

  6. Peserta didik dapat menyusun bentuk bangun.

  7. Peserta didik dapat mengurai bentuk bangun.

Assalamu Alaikum Waalaikumsalaam GIF - Assalamu Alaikum Salam  Waalaikumsalaam - Discover & Share GIFs

Bagaimana kabarnya hari ini anak sholeh dan sholehah?                                                               
Semoga semua sehat selalu, dalam lindungan Allah subhanahu wata'ala ya sayang..               
Ayo anak ibu guru, sudah siap semua untuk belajar hari ini? 

Sebelum memulai pembelajaran jangan lupa untuk mandi terlebih dahulu, sarapan, sholat dhuha dan murajaah yaa.

Hari ini kita akan belajar mata pelajaran Matematika, materi yang akan kita bahas adalah tentang mengenal bentuk. Tujuannya yaitu supaya anak sholeh dan sholehah paham bentuk apa saja yang ada di sekitar kita

Mari kita mulai pembelajaran hari ini dengan membaca doa sebelum belajar terlebih dahulu.
“Radhitu billahi Rabbaa, wa bil Islami diina, wa bi Muhammadin nabiyyaa wa rasula robbi zidnii 'ilman warzuqni fahma.”

Setelah membaca doa mari kita masuk ke materi pembelajran hari ini ^_^


Oke, anak sholeh/ah ibu guru minggu lalu kita telah masuk ke materi mengenal bentuk benda, hari ini kita akan mengelompokkan benda berdasarkan bentuk, ukuran dan warnanya.


Berdasarkan ukuran 


Setelah ibu guru jelaskan apakah anak sholeh/hah sudah paham???

Mari kita coba kerjakan latihan berikut ^_^





Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.                    

Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini? Apa yang telah kalian pelajari hari ini? 

Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia.


Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.

Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa.

Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang baik di rumah bersama keluarga kalian ya…

Ibu guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.



KELAS 1 MATERI BAHASA INDONESIA, SENIN 13 NOVEMBER 2023

Hari/Tanggal : Senin/13 November 2023

Satuan Pendidikan : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung 

Fase/Kelas : A/1 

BAB/Tema : Ayo Bermain

Materi : Menyimak

Pembelajaran : Menyimak dan menanggapi bacaan


Capaian Pembelajaran (CP):

Berbicara dan Mempresentasikan :
1. Peserta didik mampu berbicara dengan santun tentang beragam topik yang dikenali menggunakan volume dan intonasi yang tepat sesuai konteks.
2. Peserta didik mampu merespons dengan bertanya tentang sesuatu, menjawab, dan menanggapi komentar orang lain (teman, guru, dan orang dewasa) dengan baik dan santun dalam suatu percakapan.
3. Peserta didik mampu mengungkapkan gagasan secara lisan dengan atau tanpa bantuan gambar/ilustrasi
4. Peserta didik mampu menceritakan kembali suatu isi informasi yang dibaca atau didengar, dan menceritakan kembali teks narasi yang dibacakan atau dibaca dengan topik diri dan lingkungan

Tujuan Pembelajaran:

1. Melalui latihan menjawab pertanyaan terhadap teks “Hati-Hati!”yang dibacakan, peserta didik dapat menyimpulkan informasi serta menceritakan Kembali simpulannya dengan tepat.
2. Melalui kegiatan menirukan intonasi guru saat membacakan teks nonfiksi “Hati-Hati!” pada Buku Siswa, peserta didik mengenali kalimat tanya, kalimat ajakan, kalimat perintah, dan kalimat larangan.
3. Melalui kegiatan menjawab pertanyaan guru tentang perbuatan yang boleh dan tidak boleh dilakukan, peserta didik menyampaikan pendapatnya dengan relevan, jelas, dan sopan.
4. Melalui kegiatan merangkaikan bunyi huruf ‘h’ dan huruf vokal lain, peserta didik dapat membaca suku kata dengan baik. 
5. Melalui latihan menuliskan huruf kapital ‘H’, huruf kecil ‘h;, dan suku kata yang diawali dengan huruf ‘h’, peserta didik mampu mengenali perbedaan bentuk huruf kapital, huruf kecil, dan merangkai huruf ‘h; dengan huruf vokal lain dengan tepat. 
6. Melalui kegiatan menjawab pertanyaan tentang gambar “Di Taman Kota”, peserta didik dapat memahami serta menyimpulkan dan mengaitkan hal yang dilihat pada gambar dengan pengalamannya sendiri dengan baik. 
7. Melalui kegiatan menjawab pertanyaan guru tentang gambar, peserta didik mampu menanggapi orang lain dengan jelas dan santun. 
8. Melalui kegiatan menggambarkan cara Caca dapat naik sepeda roda dua, peserta didik menuliskan simpulannya terhadap awal, tengah, akhir bacaan
9. Melalui kegiatan menulis nama orang yang diawali dengan huruf ‘c’, peserta didik dapat menulis huruf dengan arah yang benar.
10. Peserta didik dapat membaca dan menulis suku kata ‘ka-’, ‘ki-’, ‘ku-’, 

ATP:
1.2 Dengan menyimak dan menanggapi bacaan tentang tempat dan aturan bermain, peserta didik dapat mengenali tanda tanya dan tanda seru dalam kalimat, serta membaca dan menulis suku kata yang diawali dengan huruf ‘K’ 

Assalamualaikum wr.wb, anak-anak sholeh/ha
Bagaimana kabarnya hari ini anak sholeh/sholehah?
Semoga semua dalam keadaan sehat selalu, dalam lindungan Allah Subhanahu Wata’Ala ya sayang…
Ayo anak-anak Ibu Guru, sudah siap untuk belajar hari ini?
Minggu kemarin kita sudah belajar tentang Kuman dan Kata yang berawalan dari suku kata Ka Ki Ku Ke Ko.
Ibu ulangi sedikit tentang materi di Unit 3 ini ya anak-anak sholeh dan sholeha dengan menyimak dan menanggapi bacaan tentang tempat dan aturan bermain.
Tentang "kuman"

Setelah menyimak cerita di atas, jawablah pertanyaan-
pertanyaan berikut ini.
a. Mengapa kalian tidak boleh menyebarkan kuman kepada 
orang lain?
b. Apa yang bisa kalian lakukan agar kuman tidak berpindah 
ke tubuh orang lain?
Lalu, dengarkan penjelasan 
guru di bawah ini. 
Cuci tangan perlu dilakukan 
sesering mungkin:
• setiap selesai buang air 
kecil dan buang air besar;
• sebelum menyentuh 
makanan;
• sepulang dari bepergian 
atau bermain;
• sebelum tidur.
Cuci tangan harus sampai bersih.
Cuci tangan tidak harus cepat-cepat. 
Kalian bisa melakukannya sambil menyanyikan lagu ini.
Ikuti guru, ya. 

Cuci Tangan
Ayo kita cuci tangan
Gunakan sabun tangan
Basahi telapak tangan
Kemudian punggung tangan
Jangan lupa sela jarimu. 

1. Kalian telah belajar membaca kata-kata yang memiliki suku 
kata ‘ku-‘. Sekarang, bacalah beberapa suku kata berikut.


2. Temukan dan bacalah suku kata ‘ka-‘, ‘ki-‘, ‘ku-‘, ‘ke-‘, ‘ko-‘ 
dalam nama-nama binatang di bawah ini. Tandai suku kata 
yang diawali dengan huruf ‘k,’ ya.






Sudah paham kan?nah besok kita akan mengadakan Sumatif Unit 3 yaaa nak, berikut contoh soal sumatif Unit 3 nyaa🥰
1. Kuman sangat berbahaya, kuman dapat menyebabkan ....
2. Saat bersin sebaiknya menutup mulut dengan tisu atau sapu tangan, supaya ...
3. Mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir dapat menghilangkan ....

 

4.  gambar di samping menunjukkan lingkungan yang ...

 

5. Saat melakukan kesalahan, sebaiknya kita ...
6.  ... u ... a 
7. gambar di samping adalah ...

 

8.  makanan harus ditutup supaya tidak dihinggapi ...

 

9. Tuliskan 2 kata yang diawali suku kata “ko” ...

 

 

10.  jika kita tinggal di lingkungan bersih, maka kita akan selalu ...
Selamat mengerjakan sumatif besok yaa anak-anak, semoga berhasil🤗

PENUTUP 
Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.                    
Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini? Apa yang telah kalian pelajari hari ini? 
Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia.

Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.
Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa. Yuk sebelum berdoa kita tepuk jari terlebih dahulu!Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang baik di rumah bersama keluarga kalian ya…
Ibu guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

Rabu, 08 November 2023

KELAS 1 MATERI BAHASA INDONESIA, RABU 08 NOVEMBER 2023

Hari/Tanggal : Rabu/08 November 2023

Satuan Pendidikan : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung 

Fase/Kelas : A/1 

BAB/Tema : Ayo Bermain

Materi : Menyimak

Pembelajaran : Menyimak dan menanggapi bacaan


Capaian Pembelajaran (CP):

Berbicara dan Mempresentasikan :
1. Peserta didik mampu berbicara dengan santun tentang beragam topik yang dikenali menggunakan volume dan intonasi yang tepat sesuai konteks.
2. Peserta didik mampu merespons dengan bertanya tentang sesuatu, menjawab, dan menanggapi komentar orang lain (teman, guru, dan orang dewasa) dengan baik dan santun dalam suatu percakapan.
3. Peserta didik mampu mengungkapkan gagasan secara lisan dengan atau tanpa bantuan gambar/ilustrasi
4. Peserta didik mampu menceritakan kembali suatu isi informasi yang dibaca atau didengar, dan menceritakan kembali teks narasi yang dibacakan atau dibaca dengan topik diri dan lingkungan

Tujuan Pembelajaran:

1. Melalui latihan menjawab pertanyaan terhadap teks “Hati-Hati!”yang dibacakan, peserta didik dapat menyimpulkan informasi serta menceritakan Kembali simpulannya dengan tepat.
2. Melalui kegiatan menirukan intonasi guru saat membacakan teks nonfiksi “Hati-Hati!” pada Buku Siswa, peserta didik mengenali kalimat tanya, kalimat ajakan, kalimat perintah, dan kalimat larangan.
3. Melalui kegiatan menjawab pertanyaan guru tentang perbuatan yang boleh dan tidak boleh dilakukan, peserta didik menyampaikan pendapatnya dengan relevan, jelas, dan sopan.
4. Melalui kegiatan merangkaikan bunyi huruf ‘h’ dan huruf vokal lain, peserta didik dapat membaca suku kata dengan baik. 
5. Melalui latihan menuliskan huruf kapital ‘H’, huruf kecil ‘h;, dan suku kata yang diawali dengan huruf ‘h’, peserta didik mampu mengenali perbedaan bentuk huruf kapital, huruf kecil, dan merangkai huruf ‘h; dengan huruf vokal lain dengan tepat. 
6. Melalui kegiatan menjawab pertanyaan tentang gambar “Di Taman Kota”, peserta didik dapat memahami serta menyimpulkan dan mengaitkan hal yang dilihat pada gambar dengan pengalamannya sendiri dengan baik. 
7. Melalui kegiatan menjawab pertanyaan guru tentang gambar, peserta didik mampu menanggapi orang lain dengan jelas dan santun. 
8. Melalui kegiatan menggambarkan cara Caca dapat naik sepeda roda dua, peserta didik menuliskan simpulannya terhadap awal, tengah, akhir bacaan
9. Melalui kegiatan menulis nama orang yang diawali dengan huruf ‘c’, peserta didik dapat menulis huruf dengan arah yang benar.
10. Peserta didik dapat membaca dan menulis suku kata ‘ka-’, ‘ki-’, ‘ku-’, 

ATP:
1.2 Dengan menyimak dan menanggapi bacaan tentang tempat dan aturan bermain, peserta didik dapat mengenali tanda tanya dan tanda seru dalam kalimat, serta membaca dan menulis suku kata yang diawali dengan huruf ‘h’ dan ‘c’


Assalamualaikum wr.wb, anak-anak sholeh/ha
Bagaimana kabarnya hari ini anak sholeh/sholehah?
Semoga semua dalam keadaan sehat selalu, dalam lindungan Allah Subhanahu Wata’Ala ya sayang…
Ayo anak-anak Ibu Guru, sudah siap untuk belajar hari ini?
Hari ini kita akan belajar mata pelajaran bahasa Indonesia, yaitu dengan menyimak dan menanggapi bacaan tentang tempat dan aturan bermain.
Tentang "kuman"

Setelah menyimak cerita di atas, jawablah pertanyaan-
pertanyaan berikut ini.
a. Mengapa kalian tidak boleh menyebarkan kuman kepada 
orang lain?
b. Apa yang bisa kalian lakukan agar kuman tidak berpindah 
ke tubuh orang lain?
Lalu, dengarkan penjelasan 
guru di bawah ini. 
Cuci tangan perlu dilakukan 
sesering mungkin:
• setiap selesai buang air 
kecil dan buang air besar;
• sebelum menyentuh 
makanan;
• sepulang dari bepergian 
atau bermain;
• sebelum tidur.
Cuci tangan harus sampai bersih.
Cuci tangan tidak harus cepat-cepat. 
Kalian bisa melakukannya sambil menyanyikan lagu ini.
Ikuti guru, ya. 

Cuci Tangan
Ayo kita cuci tangan
Gunakan sabun tangan
Basahi telapak tangan
Kemudian punggung tangan
Jangan lupa sela jarimu. 

1. Kalian telah belajar membaca kata-kata yang memiliki suku 
kata ‘ku-‘. Sekarang, bacalah beberapa suku kata berikut.


2. Temukan dan bacalah suku kata ‘ka-‘, ‘ki-‘, ‘ku-‘, ‘ke-‘, ‘ko-‘ 
dalam nama-nama binatang di bawah ini. Tandai suku kata 
yang diawali dengan huruf ‘k,’ ya.
PENUTUP 
Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.                    
Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini? Apa yang telah kalian pelajari hari ini? 
Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia.

Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.
Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa. Yuk sebelum berdoa kita tepuk jari terlebih dahulu!Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang baik di rumah bersama keluarga kalian ya…
Ibu guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

Selasa, 07 November 2023

KELAS 1 MATERI MATEMATIKA, SELASA 07 NOVEMBER 2023

Hari/Tanggal          : Selasa, 7 November 2023         

Satuan Pendidikan : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung                        
Fase/Kelas             : A/1                  
BAB/Tema            : Pengurangan Sampai dengan 10
Materi                    : Cerita Pengurangan

Capaian Pembelajaran (CP)

  • Peserta didik menunjukkan pemahaman dan memiliki intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 20, mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, serta melakukan komposisi (menyusun) dan dekomposisi (mengurai) bilangan.

  • Peserta didik dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan menggunakan benda-benda konkret yang banyaknya sampai 20.

Alur Tujuan Pembelajaran (ATP)

  1. Menunjukkan konsep penjumlahan dan pengurangan sampai dengan 20 dengan benda konkret, gambar, cerita, atau cara manipulatif lainnya.

Tujuan Pembelajaran (TP)

  1. Menunjukkan konsep pengurangan sampai dengan 10 dengan benda konkret, gambar, cerita atau manipulatif lainya.

  2. Menuliskan operasi hitung untuk memecahkan masalah pengurangan



Bagaimana kabarnya hari ini anak sholeh dan sholehah?                                                               
Semoga semua sehat selalu, dalam lindungan Allah subhanahu wata'ala ya sayang..               
Ayo anak ibu guru, sudah siap semua untuk belajar hari ini? 

Sebelum memulai pembelajaran jangan lupa untuk mandi terlebih dahulu, sarapan, sholat dhuha dan murajaah yaa.

Hari ini kita akan belajar mata pelajaran Matematika, tujuan pembelajarannya yaitu peserta didik mampu menunjukkan konsep pengurangan sampai dengan 10.

Mari kita mulai pembelajaran hari ini dengan membaca doa sebelum belajar
“Radhitu billahi Rabbaa, wa bil Islami diina, wa bi Muhammadin nabiyyaa wa rasula robbi zidnii 'ilman warzuqni fahma.”

Setelah membaca doa mari kita masuk ke materi pembelajran hari ini ^_^

Di pertemuan sebelumnya ibu guru sudah menjelaskan mengenai Pengurangan, hari ini ibu guru akan sedikit menjelaskan kembali dan memberikan latihan mengenai Pengurangan. Yuk kita simak materi di bawah ini ^_^

Setelah ibu guru membahas kembali sedikit materi minggu lalu, ada yang sudah paham?

Kalau sudahhh, mari kita kerjakan latihan di bawah ini ^_^





Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.                    

Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini? Apa yang telah kalian pelajari hari ini? 

Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia.


Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.

Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa.

Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang baik di rumah bersama keluarga kalian ya…

Ibu guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

Rabu, 01 November 2023

KELAS 1 MATERI BAHASA LAMPUNG, RABU 01 NOVEMBER 2023

MATERI AJAR


Kelas     :    1

Mapel    :   Bahasa Lampung

Hari/tanggal     :  Rabu,  01 November 2021


Assalamu'alaikum....


Selamat pagi anak sholeh/sholehah,

Bagaimana kabarnya hari ini?

Semoga semuanya dalam keadaan sehat wal'afiat yaa....


Hari ini kita mau mulai materi baru yaa...

Hayoo semangat gak belajar materi baru??


Belajar Angka Dalam Bahasa Lampung


Kemarin kita sudah belajar aksara dan kosakata anggota tubuh ataupun warna.

Hari ini kita akan belajar angka 1 sampai 10 dalam bahasa lampung.

Seperti apa bahasanya? 

Yuukk kita belajar langsung yaaa....


1 = Sai

2 = khua

3 = tellu

4 = pak

5 = lima

6 = enom

7 = pitu

8 = walu

9 = siwa

10 = puluh


Setelah belajar, salin dibuku tulis yaa, agar kalian hafal angka-angka dalam bahasa Lampung.

Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.                    
Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini? Apa yang telah kalian pelajari hari ini? 
Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia.

Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran.
Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa. Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang baik di rumah bersama keluarga kalian ya…

Ibu guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

Senin, 30 Oktober 2023

KELAS 1 MATERI MATEMATIKA, SELASA 31 OKTOBER 2023

 Hari/Tanggal          : Selasa, 31 Oktober 2023         

Satuan Pendidikan : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung                        
Fase/Kelas             : A/1                  
BAB/Tema            : Pengurangan Sampai dengan 10
Materi                    : Berbagai cara melakukan pengurangan

Capaian Pembelajaran (CP)

  • Peserta didik menunjukkan pemahaman dan memiliki intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 20, mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, serta melakukan komposisi (menyusun) dan dekomposisi (mengurai) bilangan.

  • Peserta didik dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan menggunakan benda-benda konkret yang banyaknya sampai 20.

Alur Tujuan Pembelajaran (ATP)

  1. Menunjukkan konsep penjumlahan dan pengurangan sampai dengan 20 dengan benda konkret, gambar, cerita, atau cara manipulatif lainnya.

Tujuan Pembelajaran (TP)

  1. Menunjukkan konsep pengurangan sampai dengan 10 dengan benda konkret, gambar, cerita atau manipulatif lainya.

  2. Menuliskan operasi hitung untuk memecahkan masalah pengurangan



Bagaimana kabarnya hari ini anak sholeh dan sholehah?                                                               
Semoga semua sehat selalu, dalam lindungan Allah subhanahu wata'ala ya sayang..               
Ayo anak ibu guru, sudah siap semua untuk belajar hari ini? 

Sebelum memulai pembelajaran jangan lupa untuk mandi terlebih dahulu, sarapan, sholat dhuha dan murajaah yaa.

Hari ini kita akan belajar mata pelajaran Matematika, tujuan pembelajarannya yaitu peserta didik mampu menunjukkan konsep pengurangan sampai dengan 10.

Mari kita mulai pembelajaran hari ini dengan membaca doa sebelum belajar
“Radhitu billahi Rabbaa, wa bil Islami diina, wa bi Muhammadin nabiyyaa wa rasula robbi zidnii 'ilman warzuqni fahma.”

Setelah membaca doa mari kita masuk ke materi pembelajran hari ini ^_^


Oke, anak sholeh/ah ibu guru minggu lalu kita telah masuk ke materi pengurangan, hari ini ibu guru akan menjelaskan tentang berbagai cara melakukan pengurangan...

Simak dengan baik yaaa ^_^






Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.                    

Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini? Apa yang telah kalian pelajari hari ini? 

Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia.


Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.

Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa.

Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang baik di rumah bersama keluarga kalian ya…

Ibu guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.


KELAS 1 MATERI BAHASA INDONESIA, SENIN 30 OKTOBER 2023

Hari/Tanggal : Senin/30Oktober 2023
Satuan Pendidikan : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung 
Fase/Kelas : A/1 
BAB/Tema : Ayo Bermain
Materi : Menyimak
Pembelajaran : Menyimak dan menanggapi bacaan


Capaian Pembelajaran (CP):

Berbicara dan Mempresentasikan :
1. Peserta didik mampu berbicara dengan santun tentang beragam topik yang dikenali menggunakan volume dan intonasi yang tepat sesuai konteks.
2. Peserta didik mampu merespons dengan bertanya tentang sesuatu, menjawab, dan menanggapi komentar orang lain (teman, guru, dan orang dewasa) dengan baik dan santun dalam suatu percakapan.
3. Peserta didik mampu mengungkapkan gagasan secara lisan dengan atau tanpa bantuan gambar/ilustrasi
4. Peserta didik mampu menceritakan kembali suatu isi informasi yang dibaca atau didengar, dan menceritakan kembali teks narasi yang dibacakan atau dibaca dengan topik diri dan lingkungan

Tujuan Pembelajaran:

1. Melalui latihan menjawab pertanyaan terhadap teks “Hati-Hati!”yang dibacakan, peserta didik dapat menyimpulkan informasi serta menceritakan Kembali simpulannya dengan tepat.
2. Melalui kegiatan menirukan intonasi guru saat membacakan teks nonfiksi “Hati-Hati!” pada Buku Siswa, peserta didik mengenali kalimat tanya, kalimat ajakan, kalimat perintah, dan kalimat larangan.
3. Melalui kegiatan menjawab pertanyaan guru tentang perbuatan yang boleh dan tidak boleh dilakukan, peserta didik menyampaikan pendapatnya dengan relevan, jelas, dan sopan.
4. Melalui kegiatan merangkaikan bunyi huruf ‘h’ dan huruf vokal lain, peserta didik dapat membaca suku kata dengan baik. 
5. Melalui latihan menuliskan huruf kapital ‘H’, huruf kecil ‘h;, dan suku kata yang diawali dengan huruf ‘h’, peserta didik mampu mengenali perbedaan bentuk huruf kapital, huruf kecil, dan merangkai huruf ‘h; dengan huruf vokal lain dengan tepat. 
6. Melalui kegiatan menjawab pertanyaan tentang gambar “Di Taman Kota”, peserta didik dapat memahami serta menyimpulkan dan mengaitkan hal yang dilihat pada gambar dengan pengalamannya sendiri dengan baik. 
7. Melalui kegiatan menjawab pertanyaan guru tentang gambar, peserta didik mampu menanggapi orang lain dengan jelas dan santun. 
8. Melalui kegiatan menggambarkan cara Caca dapat naik sepeda roda dua, peserta didik menuliskan simpulannya terhadap awal, tengah, akhir bacaan.
9. Melalui kegiatan menulis nama orang yang diawali dengan huruf ‘c’, peserta didik dapat menulis huruf dengan arah yang benar.
10. Peserta didik dapat membaca dan menulis suku kata ‘ka-’, ‘ki-’, ‘ku-’, 

ATP:
1.2 Dengan menyimak dan menanggapi bacaan tentang tempat dan aturan bermain, peserta didik dapat mengenali tanda tanya dan tanda seru dalam kalimat, serta membaca dan menulis suku kata yang diawali dengan huruf ‘h’ dan ‘c’


Assalamualaikum wr.wb, anak-anak sholeh/ha
Bagaimana kabarnya hari ini anak sholeh/sholehah?
Semoga semua dalam keadaan sehat selalu, dalam lindungan Allah Subhanahu Wata’Ala ya sayang…
Ayo anak-anak Ibu Guru, sudah siap untuk belajar hari ini?
Hari ini kita akan belajar mata pelajaran bahasa Indonesia, yaitu dengan menyimak dan menanggapi bacaan tentang tempat dan aturan bermain. 
1. Bacalah lagi sebelum menuliskannya.
Ikuti guru membacanya.
2. Sekarang, dapatkah kalian menuliskannya?
3. Lalu, tuliskan suku kata ‘ku-’ dalam nama-nama binatang di
bawah ini.
PENUTUP 
Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.                    
Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini? Apa yang telah kalian pelajari hari ini? 
Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia.

Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.
Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa. Yuk sebelum berdoa kita tepuk jari terlebih dahulu!Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang baik di rumah bersama keluarga kalian ya…
Ibu guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

Rabu, 25 Oktober 2023

KELAS 1 MATERI BAHASA LAMPUNG, RABU 25 OKTOBER 2023

KELAS : I
MAPEL : BAHASA LAMPUNG
Materi : Kosakata Bahasa Lampung
Hari/tanggal : Rabu, 25 Oktober 2023


Assalamu’alaikum…



Selamat Pagi anak sholeh/sholehah..Bagaimana kabarnya hari ini?
Semoga semuanya dalam keadaan sehat wal'aafiyat


Hari ini kita lanjutkan belajar kosakata dalam bahasa Lampung yaa....

Kemarin kita sudah belajar mengenal anggota tubuh, hari ini kita belajar warna yaa…

 

Mengenal Warna dalam Bahasa Lampung

 

Apakah warna favorit kalian?

Yuk kita mengenal warna dalam bahasa Lampung.

WARNA

DIALEK A

DIALEK O

HITAM

HALOM

AGHENG

PUTIH

HANDAK

HANDAK

MERAH

SULUH

SULUH

HIJAU

HUJAU

UJAU

BIRU

BIGHU

BIREU

KUNING

KUNING

KUNING

COKELAT TUA

CAKELAT TUHA

CAKELAT TOHO

COKELAT MUDA

CAKELAT NGUGHA

CAKELAT MODO

 

 

Nah setelah kalian mengenal warna dalam bahasa Lampung di atas, salinlah di buku agar kalian ingat dengan kosakata baru di atas ya...

Selasa, 24 Oktober 2023

KELAS 1 MATERI SBDP, SELASA 24 OKTOBER 2023

Hari/Tanggal                  :  Selasa, 24 Oktober 2023              Satuan Pendidikan        :  SD Al Azhar 1 Bandar Lampung  Fase/Kelas                     :  A/1                                                  BAB/Tema                     :  Bermain dan Bernyanyi                  Materi  Pembelajaran    :  Tepuk Tangan dan Entakan Kaki

CP :

Peserta didik mampu mengimitasi bunyi-musik sederhana dengan mengenal unsur-unsur bunyi-musik baik intrinsik maupun ekstrinsik.

Tujuan Pembelajaran :


 

Peserta didik mampu membuat kategori lagu nasional dan lagu daerah berdasarkan pada lirik lagu

ATP :

1.1 Mampu bernyanyi secara mandiri dan bersama lagu nasional guna membangun rasa nasionalisme.          Mampu bernyanyi bersama lagu daerah secara mandiri dan bersama. Menemukan perbedaan lagu  nasional dan lagu daerah dengan tepat. Membuat kategori lagu nasional dan lagu daerah  berdasarkan pada lirik lagu.


Assalamualaikum anak sholih/ah.. Bagaimana kabarnya hari ini anak sholeh dan sholehah? Semoga semua sehat selalu, dalam lindungan Allah subhanahu wata'ala ya sayang.. Ayo anak ibu guru, sudah siap semua untuk belajar hari ini?            

Hri ini kita akan belajaran mata pelajaran SBdp Seni Musik.

Tujuan Pembelajaran

Pserta didik mampu membuat kategori lagu nasional dan lagu daerah berdasarkan pada lirik lagu

Baik, hari ini kita akan mempelajari tentang musik dan berlajar bernyanyi dengan tepuk tangan dan entakan kaki

Kita sering bertepuk dan entakan kaki saat sedang bernyanyi, tepukan tangan atau entakan kaki membentuk irama atau ritme musik. 

BBermain Pola Ritme atau Irama

Peserta didik sudah diajarkan tentang cara memainkan ritme dengan ketukan berulang

Kini saatnya praktik bermain bermacam pola ritme. 

Bermain Pola Ritme atau Irama dengan Alat

Peseta didik dapat menggunakan alat-alat disekitat menjadi alat ketukan irama

Lakukan permainan sebelumnya dengan alat pukul sederhana. 

Misalnya galon, kaleng, atau botol diisi beras. 

Serta pemukul dari potor kayu. 

PENUTUP 

Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.                    

Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini? Apa yang telah kalian pelajari hari ini? 

Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia.


Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.

Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa. Yuk sebelum berdoa kita tepuk jari terlebih dahulu!Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang baik di rumah bersama keluarga kalian ya…

Ibu guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

Senin, 23 Oktober 2023

KELAS 1 MATERI MATEMATIKA, SELASA 24 OKTOBER 2023

 Hari/Tanggal          : Selasa, 24 Oktober 2023         

Satuan Pendidikan : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung                        
Fase/Kelas             : A/1                  
BAB/Tema            : Pengurangan Sampai dengan 10
Materi                    : Cerita Pengurangan

Capaian Pembelajaran (CP)

  • Peserta didik menunjukkan pemahaman dan memiliki intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 20, mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, serta melakukan komposisi (menyusun) dan dekomposisi (mengurai) bilangan.

  • Peserta didik dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan menggunakan benda-benda konkret yang banyaknya sampai 20.

Alur Tujuan Pembelajaran (ATP)

  1. Menunjukkan konsep penjumlahan dan pengurangan sampai dengan 20 dengan benda konkret, gambar, cerita, atau cara manipulatif lainnya.

Tujuan Pembelajaran (TP)

  1. Menunjukkan konsep pengurangan sampai dengan 10 dengan benda konkret, gambar, cerita atau manipulatif lainya.

  2. Menuliskan operasi hitung untuk memecahkan masalah pengurangan



Bagaimana kabarnya hari ini anak sholeh dan sholehah?                                                               
Semoga semua sehat selalu, dalam lindungan Allah subhanahu wata'ala ya sayang..               
Ayo anak ibu guru, sudah siap semua untuk belajar hari ini? 

Sebelum memulai pembelajaran jangan lupa untuk mandi terlebih dahulu, sarapan, sholat dhuha dan murajaah yaa.

Hari ini kita akan belajar mata pelajaran Matematika, tujuan pembelajarannya yaitu peserta didik mampu menunjukkan konsep pengurangan sampai dengan 10.

Mari kita mulai pembelajaran hari ini dengan membaca doa sebelum belajar
“Radhitu billahi Rabbaa, wa bil Islami diina, wa bi Muhammadin nabiyyaa wa rasula robbi zidnii 'ilman warzuqni fahma.”

Setelah membaca doa mari kita masuk ke materi pembelajran hari ini ^_^

Di pertemuan sebelumnya ibu guru sudah menjelaskan mengenai Pengurangan, hari ini ibu guru akan sedikit menjelaskan kembali dan memberikan latihan mengenai Pengurangan. Yuk kita simak materi di bawah ini ^_^

Setelah ibu guru membahas kembali sedikit materi minggu lalu, ada yang sudah paham?

Kalau sudahhh, mari kita kerjakan latihan di bawah ini ^_^





Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.                    

Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini? Apa yang telah kalian pelajari hari ini? 

Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia.


Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.

Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa.

Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang baik di rumah bersama keluarga kalian ya…

Ibu guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.