Senin, 23 Oktober 2023

KELAS 1 MATERI MATEMATIKA, SELASA 24 OKTOBER 2023

 Hari/Tanggal          : Selasa, 24 Oktober 2023         

Satuan Pendidikan : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung                        
Fase/Kelas             : A/1                  
BAB/Tema            : Pengurangan Sampai dengan 10
Materi                    : Cerita Pengurangan

Capaian Pembelajaran (CP)

  • Peserta didik menunjukkan pemahaman dan memiliki intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 20, mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, serta melakukan komposisi (menyusun) dan dekomposisi (mengurai) bilangan.

  • Peserta didik dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan menggunakan benda-benda konkret yang banyaknya sampai 20.

Alur Tujuan Pembelajaran (ATP)

  1. Menunjukkan konsep penjumlahan dan pengurangan sampai dengan 20 dengan benda konkret, gambar, cerita, atau cara manipulatif lainnya.

Tujuan Pembelajaran (TP)

  1. Menunjukkan konsep pengurangan sampai dengan 10 dengan benda konkret, gambar, cerita atau manipulatif lainya.

  2. Menuliskan operasi hitung untuk memecahkan masalah pengurangan



Bagaimana kabarnya hari ini anak sholeh dan sholehah?                                                               
Semoga semua sehat selalu, dalam lindungan Allah subhanahu wata'ala ya sayang..               
Ayo anak ibu guru, sudah siap semua untuk belajar hari ini? 

Sebelum memulai pembelajaran jangan lupa untuk mandi terlebih dahulu, sarapan, sholat dhuha dan murajaah yaa.

Hari ini kita akan belajar mata pelajaran Matematika, tujuan pembelajarannya yaitu peserta didik mampu menunjukkan konsep pengurangan sampai dengan 10.

Mari kita mulai pembelajaran hari ini dengan membaca doa sebelum belajar
“Radhitu billahi Rabbaa, wa bil Islami diina, wa bi Muhammadin nabiyyaa wa rasula robbi zidnii 'ilman warzuqni fahma.”

Setelah membaca doa mari kita masuk ke materi pembelajran hari ini ^_^

Di pertemuan sebelumnya ibu guru sudah menjelaskan mengenai Pengurangan, hari ini ibu guru akan sedikit menjelaskan kembali dan memberikan latihan mengenai Pengurangan. Yuk kita simak materi di bawah ini ^_^

Setelah ibu guru membahas kembali sedikit materi minggu lalu, ada yang sudah paham?

Kalau sudahhh, mari kita kerjakan latihan di bawah ini ^_^





Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.                    

Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini? Apa yang telah kalian pelajari hari ini? 

Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia.


Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.

Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa.

Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang baik di rumah bersama keluarga kalian ya…

Ibu guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.


KELAS 1 MATERI BAHASA INDONESIA, SENIN 23 OKTOBER 2023

Hari/Tanggal : Senin/23 Oktober 2023

Satuan Pendidikan : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung 
Fase/Kelas : A/1 
BAB/Tema : Ayo Bermain
Materi : Menyimak
Pembelajaran : Menyimak dan menanggapi bacaan

Capaian Pembelajaran (CP):

Berbicara dan Mempresentasikan :
1. Peserta didik mampu berbicara dengan santun tentang beragam topik yang dikenali menggunakan volume dan intonasi yang tepat sesuai konteks.
2. Peserta didik mampu merespons dengan bertanya tentang sesuatu, menjawab, dan menanggapi komentar orang lain (teman, guru, dan orang dewasa) dengan baik dan santun dalam suatu percakapan.
3. Peserta didik mampu mengungkapkan gagasan secara lisan dengan atau tanpa bantuan gambar/ilustrasi
4. Peserta didik mampu menceritakan kembali suatu isi informasi yang dibaca atau didengar, dan menceritakan kembali teks narasi yang dibacakan atau dibaca dengan topik diri dan lingkungan

Tujuan Pembelajaran:

1. Melalui latihan menjawab pertanyaan terhadap teks “Hati-Hati!”yang dibacakan, peserta didik dapat menyimpulkan informasi serta menceritakan Kembali simpulannya dengan tepat.
2. Melalui kegiatan menirukan intonasi guru saat membacakan teks nonfiksi “Hati-Hati!” pada Buku Siswa, peserta didik mengenali kalimat tanya, kalimat ajakan, kalimat perintah, dan kalimat larangan.
3. Melalui kegiatan menjawab pertanyaan guru tentang perbuatan yang boleh dan tidak boleh dilakukan, peserta didik menyampaikan pendapatnya dengan relevan, jelas, dan sopan.
4. Melalui kegiatan merangkaikan bunyi huruf ‘h’ dan huruf vokal lain, peserta didik dapat membaca suku kata dengan baik. 
5. Melalui latihan menuliskan huruf kapital ‘H’, huruf kecil ‘h;, dan suku kata yang diawali dengan huruf ‘h’, peserta didik mampu mengenali perbedaan bentuk huruf kapital, huruf kecil, dan merangkai huruf ‘h; dengan huruf vokal lain dengan tepat. 
6. Melalui kegiatan menjawab pertanyaan tentang gambar “Di Taman Kota”, peserta didik dapat memahami serta menyimpulkan dan mengaitkan hal yang dilihat pada gambar dengan pengalamannya sendiri dengan baik. 
7. Melalui kegiatan menjawab pertanyaan guru tentang gambar, peserta didik mampu menanggapi orang lain dengan jelas dan santun. 
8. Melalui kegiatan menggambarkan cara Caca dapat naik sepeda roda dua, peserta didik menuliskan simpulannya terhadap awal, tengah, akhir bacaan.
9. Melalui kegiatan menulis nama orang yang diawali dengan huruf ‘c’, peserta didik dapat menulis huruf dengan arah yang benar.
10. Peserta didik dapat membaca dan menulis suku kata ‘ka-’, ‘ki-’, ‘ku-’, 

ATP:
1.2 Dengan menyimak dan menanggapi bacaan tentang tempat dan aturan bermain, peserta didik dapat mengenali tanda tanya dan tanda seru dalam kalimat, serta membaca dan menulis suku kata yang diawali dengan huruf ‘h’ dan ‘c’


Assalamualaikum wr.wb, anak-anak sholeh/ha
Bagaimana kabarnya hari ini anak sholeh/sholehah?
Semoga semua dalam keadaan sehat selalu, dalam lindungan Allah Subhanahu Wata’Ala ya sayang…
Ayo anak-anak Ibu Guru, sudah siap untuk belajar hari ini?
Hari ini kita akan belajar mata pelajaran bahasa Indonesia, yaitu dengan menyimak dan menanggapi bacaan tentang tempat dan aturan bermain. 


1. Huruf apa saja yang terdapat pada kata ‘kuman’? 
Bacalah.

2. Nama binatang-binatang di bawah ini ada yang berawalan 
dengan suku kata ‘ku-‘. Apa saja?
Tunjukkan dan sebutkan namanya kepada teman dan guru, ya.
1. Bacalah lagi sebelum menuliskannya.
Ikuti guru membacanya.
2. Sekarang, dapatkah kalian menuliskannya?
PENUTUP 
Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.                    
Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini? Apa yang telah kalian pelajari hari ini? 
Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia.

Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.
Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa. Yuk sebelum berdoa kita tepuk jari terlebih dahulu!Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang baik di rumah bersama keluarga kalian ya…
Ibu guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

KELAS 1 MATERI PENDIDIKAN PANCASILA, SENIN 23 OKTOBER 2023

Hari/Tanggal                :  Senin, 23 Oktober 2023       

Satuan Pendidikan         : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung                        

Fase/Kelas                     :  A/1                 

BAB/Tema                    :  III/ Ayo Memperkenalkan Diri dengan Sopan           

Materi Pembelajaran     : Ayo memperkenalkan diri





Tabik Pun..

Selamat Pagi anak shalih dan shalihah...

Bagaimana kabarnya hari ini anak sholih dan sholihah?                                                             

Semoga semua sehat selalu, dalam lindungan Allah subhanahu wata'ala ya sayang..               
Ayo anak ibu guru, sudah siap semua untuk belajar hari ini? 

Materi Pendidikan Pancasila Hari ini yaitu adalah ttentang memperkenalkan diri.

A. Capaian Pembelajaran (CP) :

Peserta didik mampu menyebutkan identitas dirinya sesuai dengan jenis kelamin, ciri-ciri fisik, dan hobinya. Peserta didik mampu menyebutkan identitas diri (fisik dan non fisik) keluarga dan teman- temannya di lingkungan rumah dan di sekolah. Peserta didik mampu menceritakan dan menghargai perbedaan baik fisik (contoh : warna kulit, jenis rambut, dll) maupun nonfisik (contoh : miskin, kaya, dll) keluarga dan teman-temannya di lingkungan rumah dan sekolah..

B. Alur Tujuan Pembelajaran ( ATP)

1.3 Peserta didik mengenali dirinya sendiri, sebagai individu, bagian dari masyarakat dan lingkunganya sebagai warga negara Indonesia dan warga negara Dunia. Peserta didik juga mengenali Indonesia itu Bhineka Tunggal Ika baik dari segi suku, ras, bahasa, agama dan kelompok sosial.

C. Tujuan Pembelajaran (TP)

Peserta didik mampu:

1.   Memperkenalkan diri sendiri dan teman

2.  Menjelaskan keragaman di sekitarnya

3.   Menjelaskan cara menghargai keragaman

4.   Menerapkan sikap menghargai perbedaan dalam kehidupan sehari-hari

Sebelum memulai pembelajaran hari ini, mari kita berdoa terlebih dahulu.
Membaca doa sebelum belajar:
“Radhitu billahi Rabbaa, wa bil Islami diina, wa bi Muhammadin nabiyyaa wa rasula robbi zidnii 'ilman warzuqni fahma.”

Pembelajaran atau unit sebelum nya kita sudah belajar tentang  aturan yang ada dirumah dan aturan yang ada disekolah.

Sudah paham kan  aturan dan aturan di sekolah dan dirumah?

Baik ibu guru akan lanjutkan pembelajaran nya tentang memperkenalkan diri.



Anak sholeh dan sholehah... Sebelum masuk ke pembelajaran, ibu guru akan bertanya kepada kalian, apakah kalian mempunyai banyak teman?jika punya apakah warna kulit, suku dan agama kalian sama?

Anak sholeh dan sholehah... perlu kalian ketahui bahwa kita tinggal di Negara Indonesia yang memiliki semboyan Bhineka Tunggal Ika yang artimya walaupun kita berbeda-beda tetapi tetap satu, maksud nya adalah... kita harus memiliki sikap toleransi dengan orang lain, kita harus mau menerima perbedaan yang ada pada teman, keluarga dan masyarakat lainya...

Jangan lupa untuk selalu:
1. Mengembangkan atau memiliki perilaku ramah dan menerima terhadap teman
2. Saling toleransi dan menghormati antar sesama
3. Mengembangkan semangat kekeluaragaan dan saling bertegur sapa antar teman
4. Menghormati teman yang sedang beribadah
5. Tidak mengejek teman yang memiliki kebudayaan yang unik maupun bahasa yang khas

Baik anak-anak sekian materi yang ibu guru sampaikan, semoga setelah kalian membaca materi pada hari ini kalian akan lebih mengerti perbedaan antar teman kalian dan menghormati teman kalian satu sama lain yaaa...

Mohon untuk selalu di ingat dan dijalankan yaa anak sholeh dan sholehah.

Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.       

Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini? Apa yang telah kalian pelajari hari ini? 

Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia.

Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.

Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa. 

Ibu guru akhiri, Wassalamu'alaikum Wr. Wb

Kamis, 19 Oktober 2023

KELAS 1 KISI2 PAK, JUM'AT 20 OKTOBER 2023

Kisi-kisi STS PAK

Hari/Tanggal : Jum’at, 20 Oktober 2023

Materi : Jujur, Bertanggung Jawab, dan Mandiri

Assalamu'alaikum Wr.Wb.

Selamat sore anak Sholih/ah, bagaimana kabarnya sore ini?

In syaa Allah semangat ya Nak...

Besok, kalian akan melaksanakan PAK ya sayang...

Dimana, materinya yaitu :

1. Jujur

Jujur berkaitan dengan kesesuaian dan kebenaran dari perkataan atau perbuatan. Dalam bahasa Arab, jujur dapat diterjemahkan sebagai "shiddiq," yang berarti benar dan dapat dipercaya. Arti jujur juga melibatkan lurus hati, ikhlas, dan tidak berbohong atau curang.

Contoh sikap jujur yaitu: ketika menemukan uang di kamar kakak maka kita harus mengembalikanya.

2. Bertanggung Jawab

Pengertian tanggung jawab adalah melakukan semua tugas dan kewajibannya dengan sungguh-sungguh. Tanggung jawab juga berarti siap menanggung segala risiko atas perbuatan sendiri.

contoh sikap tanggung jawab adalah: membereskan mainan ketika sudah selesai bermain dengan baik dan seorang siswa wajib belajar dan mengerjakan tugas yang diberikan ibu guru demi memenuhi kewajibannya.

3. Mandiri

Sikap mandiri adalah salah satu kemampuan seseorang dalam berpikir, membuat keputusan, serta bertindak berdasarkan pada dirinya sendiri. Seseorang bisa dikatakan sudah mandiri, apabila ia sudah tidak bergantung atau mengikuti apa yang orang lain katakan

Contoh daei sikap mandiri yaitu: mengerjakan tugas tanpa di bantu, merapihkan tempat tidur sesudah bangun tidur, memakai pakaian sendiri tanpa di bantu orang tua.

Selamat belajar, semoga berhasil mengerjakam soalnya🤗

Wassalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh

Rabu, 18 Oktober 2023

KELAS 1 KISI2 MATEMATIKA, KAMIS 19 OKTOBER 2023

Kisi-kisi STS Matemattika Bab 1 dan Bab 2 
Hari dan tanggal : Kamis, , 19 Oktober 2023 
Bismillah...

Assalamu'alaikum Wr.Wb. Selamat sore anak Sholih/ah, bagaimana kabarnya sore ini? In syaa Allah semangat ya Nak... Besok, kalian akan melaksanakan STS Matematika ya sayang... Dimana, materinya yaitu :

Bab 1 : Menghitung/membilang sampai dengan 10

Bab 2: Penjumlahan sampai dengan 10

Perhatikan gambar berikut ya
Berdasarkan gambar diatas 

1. Ada berapa anak yang bermain lompat tali?

2. Ada berapa anak yang datang?

Mari kita hitung bersama-sama yaa anak-anak..

Yaa betul ada 4 Anak yang bermain lompat tali dan adda 2 anak yang datang.

Perhatikan gambar dibawah ini yaaa..
Contoh dari penjumlahan berulang :

InsyaAllah siap ya Nak, dan semoga Allah memberikan hasil yang terbaik dari STS hari esok aamiin.. ☺️

Ibu guru akhiri, Wassalamu'alaikum Wr.Wb.

Selasa, 17 Oktober 2023

KELAS 1 KISI2 B. LAMPUNG DAN SBDP, RABU 18 OKTOBER 2023

SUMATIF TENGAH SEMESTER

SBdP dan Bahasa Lampung
Hari/Tanggal : Rabu/18Oktober 2023

Bismillah...

Assalamu'alaikum Wr.Wb.

Selamat sore anak Sholih/ah, bagaimana kabarnya sore ini?

In syaa Allah semangat ya Nak...

Besok, kalian akan melaksanakan STS SBdP dan Bahasa Lampung ya sayang...

SBdP

Dimana, materinya yaitu :

BAB 1

Peserta didik mampu membuat kategori lagu nasional dan lagu daerah berdasarkan pada lirik lagu

Baik, hari ini kita akan mempelajari tentang lagu Nasional dan lagu Daerah

BERMAIN TEBAK LAGU

Guru memberikan kesempatan kepada setiap peserta didik untuk

memberikan kesan pada pembelajaran 4 yaitu menebak lagu nasional dan lagu daerah yang sudah ibu guru ajarkan

Lagu Nasional :

1. Indonesia raya 2. Garuda pancasila 3. Berkibarlah benderaku 4. Maju tak gentar 5. Padamu Negeri 

maluk

Lagu Daerah :

1. Sang bumi ruwa jurai (lampung)

2. Ampar2 pisang (kalimantan) 

3. Ayo mama (maluku)

4. Gundul2 pacul (jawa) 

5. Yamko (papua)

Bab 2 :

A. Ketukan dalam Musik

Dalam irama musik, kita mendengar ketukan.

Ketukan berulang dan teratur yang disebut pulsa.

Contoh ketukan berulang dan teratur, seperti dengut jantung, tetesan air, dan detak arloji atau jam dinding.

Pulsa atau ketukan dapat bergerak cepat, sedang dan lambat.

Kecepatan gerak lagu itu disebut tempo.

Jika digambarkan seperti ini :

Lambat Sedang Cepat

Contoh lagu: 

Contoh lagu tempo lambat : Bagimu Negeri

Contoh lagu tempo sedang : Kalau Kau Suka Hati

Contoh lagu tempo cepat : Naik Delman

B. Bermain Pola Ritme atau Irama

Peserta didik sudah diajarkan tentang cara memainkan ritme dengan ketukan berulang

Kini saatnya praktik bermain bermacam pola ritme. 

Bermain Pola Ritme atau Irama dengan Alat

Beserta didik dapat menggunakan alat-alat disekitat menjadi alat ketukan irama

Lakukan permainan sebelumnya dengan alat pukul sederhana. 

Misalnya galon, kaleng, atau botol diisi beras. 

Bahasa Lampung

ANGGOTA KELUARGA DALAM BAHASA LAMPUNG 

Dalam belajar bahasa Lampung kita mulai dengan orang-orang terdekat kita yaa yaitu anggota keluarga kita sendiri. 


Bahasa Lampung

Mengenal Induk Aksara Lampung

Induk aksara lampung ada 20 aksara.

Nah sebelum kita lanjutkan belajarnya, yukk kita sama-sama melihat Video Pengenalan aksara Lampung…

Kalau kemarin kita sudah belajar aksara yang ke-5 sampai ke-10, hari ini kita lanjutkan belajar aksara lampung yang ke-10 sampai ke-13.

 

 


 Dibaca CA​​


 






    Dibaca JA













Artinya :

Apak

Ayah

Emak

Ibu

Abang/Udo

Kakak Laki-laki

Kakak/Ngah/Bai

Kakak Perempuan

Kemaman

Paman

Keminan

Bibi

Datuk

Kakek

Nyai

Nenek

Sekelik

Saudara

Appeu/Umpu

Cucu

WARNA

Dalam belajar bahasa Lampung kita mulai mengenal kosakata warna dalam bahasa Lampung



Bahasa Lampung

Artinya

Suluh

Merah

Handak

Putih

Coklat tuha

Coklat tua

Halom

Hitam

Biru

Biru

InsyaAllah siap ya Nak, dan semoga Allah memberikan hasil yang terbaik dari STS hari esok aamiin.. ☺️

Ibu guru akhiri, Wassalamu'alaikum Wr.Wb.

Senin, 16 Oktober 2023

KELAS 1 KISI BAHASA INDONESIA, SELASA 17 OKTOBER 2023

Kisi-kisi STS Bahasa Indonesia Bab 1 dan Bab 2

Hari dan tanggal : Selasa, 17 Oktober 2023

 Bismillah...

Assalamu'alaikum Wr.Wb.

Selamat sore anak Sholih/ah, bagaimana kabarnya sore ini?

In syaa Allah semangat ya Nak...

Besok, kalian akan melaksanakan STS bahasa Indonesia ya sayang...

Dimana, materinya yaitu :

BAB 1 :

Diskusikan gambar sampul di atas dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan ini.

1. Apa warna bola Boni?
2. Di mana Boni mengejar bolanya?
3. Di mana bola Boni jatuh?
4. Siapa yang bermain dengan bola Boni?
5. Ceritakan kembali, mengapa Boni kehilangan bolanya.

Simak guru membacakan cerita ini.






Dengarkan guru membacakan pertanyaan nomor 1 - 5. Lalu, jawablah..

1. Apa warna bola Boni?

2. Di mana Boni mengejar bolanya?

3. Di mana bola Boni jatuh?

4. Siapa yang bermain dengan bola Boni?

5. Ceritakan kembali, mengapa Boni kehilangan bolanya? 

HURUF KAPITAL

Huruf kapital dan huruf kecil berbeda bentuknya

Contoh huruf kapital :

A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z

contoh huruf kecil :

a b c d e f g h i j k l m n o p q r s t u v w x y z

Mencocokkan dan Menirukan Bunyi Binatang
Ikuti petunjuk guru. 
Tunjuk binatang yang berbunyi seperti ini :

 

MENIRUKAN DAN MELAKUKAN

kita mencocokkan dan menirukan suara binatang

Dapatkah kalian menirukan bunyi binatang-binatang itu? Tirukan juga cara mereka berjalan.Lalu, hitung jumlah kaki setiap binatang itu.

BERBICARA

Jawablah pertanyaan-pertanyaan yang dibacakan guru berikut ini.

1. Bunyi apa yang kalian dengar:

a. Pada siang hari?

b. Pada malam hari?

1. Mana yang lebih kalian sukai, siang atau malam hari?Mengapa?

2. Amati gambar-gambar ini.

Tunjuklah gambar yang menunjukkan suara keras.
Tunjuklah gambar yang menunjukkan suara pelan.


MENYIMAK

Simaklah dan ikuti Guru untuk menyimaknya! 

MENULIS

Kalian akan berlatih menulis.

Peganglah pensil dengan benar. 

Saat menulis, duduk yang tegak.

MEMBACA

Membaca Kartu Kata 1. Ikuti guru membaca kata-kata yang berawalan suku kata

‘ba-’, ‘bu-’, dan ‘be-’.

2. Dapatkah kalian menyebutkan kata-kata lain yang memiliki

suku kata ‘ba-’, ‘bu-’, dan ‘be-’

BERBICARA 

Kalian akan mendiskusikan arti kata ‘sibuk’.

Lihat dua gambar di bawah.

Tanda Baca



Tanda tanya dan tanda seru
Tanda seru (!) digunakan dalam kalimat larangan atau
perintah.
Tanda tanya (?) digunakan dalam kalimat tanya.
Cara membacanya berbeda.

Ikuti guru membaca kalimat-kalimat di bawah ini.
Gunakan intonasi yang benar, ya.
1. Jangan!
2. Apakah kalian mau bermain denganku?
3. Hati-hati!
4. Apakah kamu terluka?

BAB 2 :

Dengan menyimak dan menanggapi bacaan, peserta didik dapat membaca dan menulis suku kata yang diawali dengan huruf ‘h’ dan ‘c

Melengkapi Kata

Hari ini kita akan belajar mata pelajaran bahasa Indonesia, yaitu dengan menyimak dan menanggapi bacaan tentang tempat dan aturan bermain.

1. Lafalkan bunyi huruf ‘h’ dengan benar.


2. Binatang apa yang namanya diawali dengan huruf ‘h’?
Tunjukkan kepada guru dan sebutkan namanya.


3. Bacalah suku kata berikut ini.
Ikuti guru membacanya, ya.



1. Bacalah kartu kata bersama dengan guru. 
Kata-kata apa lagi yang dimulai dengan suku kata ‘ha-‘, 
‘hi-‘, ‘hu-‘, ‘he-‘, dan ‘ho-‘?
Tunjukkan kepada guru, ya.

Amati gambar ini.

Apa namanya?

Tuliskan namanya dengan melengkapi suku kata di

sebelahnya, ya.

... -jan


InsyaAllah siap ya Nak, dan semoga Allah memberikan hasil yang terbaik dari STS hari esok aamiin.. ☺️

Minggu, 15 Oktober 2023

KELAS 1 KISI STS PAENDIDIKAN PANCASILA, SENIN 16 OKTOBER 2023

Hari dan Tanggal : Senin, 16 Oktober 2023

Mata Pelajaran : Pendidikan Pancasila

Kelas/Fase : 1/A

Materi pembelajaran :

 1. Unit 1/ BAB 1 = Aku Cinta Pancasila (Mengenal lambang Pancasila)

2. Unit 2/BAB 2 = Aku anak yang patuh Aturan (Mengenal

Arti dan contoh aturan dirumah dan sekolah)



Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh

Selamat sore anak soleh dan sholeha

Ibu guru akan mengirimkan kisi-kisi STS Pendidikan Pancasila yaa anak soleh dan sholehah🥰

Unit 1: Aku Cinta Pancasila

Pancasila adalah Dasar Negara Indonesia

Lambang pancasila itu terletak di tengah perisai Lambang Negara Indonesia yaitu Burung Garuda

Perhatikan Gambar Berikut yaaa...


anak-anak lihat itu ada warna kuning, putih, hitam merah dan hijau.

Baik anak-anak warna tersebut memiliki arti sebagai berikut.

  • Warna Merah yang terdapat pada kanan atas dan kiri bawah perisai melambangkan keberanian dan kekuatan.
  • Warna Putih yang terdapat pada kiri atas dan kanan bawah perisai melambangkan kebenaran, kesucian, dankemurnian.
  • Warna Kuning pada simbol bintang, rantai, padi, dan setiap bulu burung Garuda melambangkan keluhuran, kemegahan, dan kebesaran.
  • Warna Hijau pada pohon beringin dan kapas melambangkan kemakmuran bangsa dan kesuburan tanah air sebagai rumah bangsa Indonesia.
  • Warna Hitam pada simbol bintang dan kepala banteng melambangkan suatu keabadian.


    Gambar apakah itu?... Ya betul gambar diatas adalah Gambar Burung Garuda, Burung Garuda adalah Lambang Negara Indonesia.


    Sudah hafalkah anak-anak dengan warna dari  simbol-simbol sila pancasila?

    Mari dihafalkan dan sekarang kita belajar tentang makna warna serta contoh prilaku dari warna yang ada di simbol-simbol Pancasila ya anak-anak....^_^

    1. Memihak Kebenaran

    Apakah teman-teman tahu arti dari arah kepala Garuda Pancasila?

    Arah kepala Garuda yang ke kanan itu menujukan, bahwa bangsa Indonesia selalu memihak pada kebenaran.

    Karena itu, teman-teman juga harus bisa memihak kepada kebenaran juga.

    Untuk memihak kepada kebenaran, teman-teman bisa melakukan beberapa hal berikut.

    - Berani mengaku saat berbuat sesuatu yang salah.

    - Tidak mencontek saat ulangan atau ujian.

    - Mengembalikan uang kembalian yang berlebih pada pejualnya.

    2. Menjunjung Persatuan dan Kesatuan

    Sikap kedua adalah menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan.

    Sikap ini sesuai dengan tulisan pada pita putih yang ada di kaki Garuda Pancasila.

    Pada pita tersebut tertulis 'Bhinneka Tunggal Ika' yang memiliki arti berbeda-beda tetapi tetap satu.

    Pita ini menunjukan bahwa Indonesia adalah negara yang memiliki beragam suku, budaya, ras, dan agama yang berbeda.

    Namun, perbedaan tersebut tidak membuat Indonesia menjadi terpecah, justru menjadi satu kesatuan.

    Berikut ada beberapa sikap yang bisa teman-teman lakukan untuk mengamalkan makna dari tulisan pada pita.

    - Bermain dengan semua teman, tanpa membeda-bedakan.

    - Menghormati teman yang memiliki agama berbeda dan sedang beribadah.

    - Mengjenguk teman yang sedang sakit.

    3. Mengikuti Upacara Hari Kemerdekaan

    Bulu pada lambang Garuda Pancasila menujukan tanggal kemerdekaan Indonesia, yaitu 17 Agustus 1945.

    Untuk mengamalkan arti dari simbol tersebut, teman-teman harus mengikuti upacara bendera dengan tertib setiap tanggal 17 Agustus.

    Teman-teman juga bisa meramaikan acara peringatan kemerdekaan Indonesia dengan mengikuti beragam perlombaan.

    Dengan mengikuti perlombaan, teman-teman akan menjalin hubungan yang baik dengan masyarakat di sekitar tempat tinggal.

    4. Bersikap Sesuai Sila pada Perisai Garuda Pancasila

    Teman-teman pasti tahu ada sebuah perisai pada dada Garuda Pancasila.

    Perisai tersebut berisi lambang kelima sila, dari lambang bintang, rantai, pohon beringin, kepala banteng, dan simbol padi dan kapas.

    Dari simbol pada perisai tersebut, ada sikap yang bisa teman-teman mempraktikan dalam kehidupan, seperti sikap berikut ini.

    - Membantu tetangga yang membutuhkan pertolongan.

    - Tidak membeda-bedakan teman yang berbeda agama, suku, dan ras.

    - Malakukan musyawarah dengan tertib saat memilih ketua kelas.

    Nah, itu tadi empat simbol dari Garuda Pancasila yang bisa diamalkan dalam beberapa sikap baik.

    Unit 2: Aku anak yang patuh Aturan

    Aturan adalah segala yang harus ditaati dan dijalankan. Wujud aturan adalah petunjuk, perintah, ketentuan, dan patokan yang ditujukan untuk mengatur kehidupan. Keberadaan aturan penting dalam menciptakan ketertiban dan keteraturan.

    Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Daring, aturan adalah aturan adalah hasil perbuatan mengatur, tindakan atau perbuatan yang harus dijalankan, adat sopan santun, ketertiban, serta cara (ketentuan, patokan, petunjuk, perintah) yang telah ditetapkan supaya diturut.

    Berikut ibu guru beri contoh aturan yang ada disekolah yaaa..

    Hadir di sekolah paling lambat sepuluh menit sebelum bel berbunyi.

    2. Bel pelajaran dibunyikan pukul 07:00.

    3. Melaksanakan tugas piket dengan penuh tanggung jawab.

    4. Wajib membuat surat izin ketika tidak masuk sekolah.

    5. Tidak boleh meninggalkan sekolah tanpa izin dari guru.

    Simak tabel contoh perbedaan aturan dirumah dan disekolah dibawah ini yaaa☺️



    Mohon untuk selalu di ingat dan dijalankan yaa anak sholeh dan sholehah🤗

    Anak-anak jangan lupa menghafal contoh aturan dirumah dan disekolah yaa..

    Selamat belajar, semoga berhasil mengerjakam soalnya🤗

    Wassalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh

Senin, 09 Oktober 2023

KELAS 1 MATERI MATEMATIKA, SELASA 10 OKTOBER 2023

 Hari/Tanggal          : Selasa, 10 Oktober 2023         

Satuan Pendidikan : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung                        
Fase/Kelas             : A/1                  
BAB/Tema            : Pengurangan Sampai dengan 10
Materi                    : Cerita Pengurangan

Capaian Pembelajaran (CP)

  • Peserta didik menunjukkan pemahaman dan memiliki intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 20, mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, serta melakukan komposisi (menyusun) dan dekomposisi (mengurai) bilangan.

  • Peserta didik dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan menggunakan benda-benda konkret yang banyaknya sampai 20.

Alur Tujuan Pembelajaran (ATP)

  1. Menunjukkan konsep penjumlahan dan pengurangan sampai dengan 20 dengan benda konkret, gambar, cerita, atau cara manipulatif lainnya.

Tujuan Pembelajaran (TP)

  1. Menunjukkan konsep pengurangan sampai dengan 10 dengan benda konkret, gambar, cerita atau manipulatif lainya.

  2. Menuliskan operasi hitung untuk memecahkan masalah pengurangan



Bagaimana kabarnya hari ini anak sholeh dan sholehah?                                                               
Semoga semua sehat selalu, dalam lindungan Allah subhanahu wata'ala ya sayang..               
Ayo anak ibu guru, sudah siap semua untuk belajar hari ini? 

Sebelum memulai pembelajaran jangan lupa untuk mandi terlebih dahulu, sarapan, sholat dhuha dan murajaah yaa.

Hari ini kita akan belajar mata pelajaran Matematika, tujuan pembelajarannya yaitu peserta didik mampu menunjukkan konsep pengurangan sampai dengan 10.

Mari kita mulai pembelajaran hari ini dengan membaca doa sebelum belajar
“Radhitu billahi Rabbaa, wa bil Islami diina, wa bi Muhammadin nabiyyaa wa rasula robbi zidnii 'ilman warzuqni fahma.”

Setelah membaca doa mari kita masuk ke materi pembelajran hari ini ^_^

Nah hari ini kita akan masuk ke materi baru, kita akan belajar tentang “Pengurangan Sampai dengan 10”.  Sebelumnya kita simak cerita di bawah ini yaa ^_^

Dari cerita di atas apakah anak sholeh/ah dapat menjawab pertanyaan tersebut???

Jika belum, ibu guru akan menjelaskan. Simak baik-baik yaaa....


Nah, sampai disini apa anak sholeh/ah sudah mengerti dan paham apa itu Pengurangan??

Jika sudah, ibu guru akan memberikan contoh soal mengenai pengurangan. Mari kita bahas sama-sama....


Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.                    

Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini? Apa yang telah kalian pelajari hari ini? 

Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia.


Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.

Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa.

Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang baik di rumah bersama keluarga kalian ya…

Ibu guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.


KELAS 1 MATERI PENDIDIKAN PANCASILA, SENIN 09 OKTOBER 2023

Hari/Tanggal                 :  Senin, 09 Oktober 2023       

Satuan Pendidikan         : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung                        

Fase/Kelas                     :  A/1                 

BAB/Tema                    :  III/ Ayo Memperkenalkan Diri dengan Sopan           

Materi Pembelajaran     : Ayo memperkenalkan diri





Tabik Pun..

Selamat Pagi anak shalih dan shalihah...

Bagaimana kabarnya hari ini anak sholih dan sholihah?                                                              

Semoga semua sehat selalu, dalam lindungan Allah subhanahu wata'ala ya sayang..               
Ayo anak ibu guru, sudah siap semua untuk belajar hari ini? 

Materi Pendidikan Pancasila Hari ini yaitu adalah ttentang memperkenalkan diri.

A. Capaian Pembelajaran (CP) :

Peserta didik mampu menyebutkan identitas dirinya sesuai dengan jenis kelamin, ciri-ciri fisik, dan hobinya. Peserta didik mampu menyebutkan identitas diri (fisik dan non fisik) keluarga dan teman- temannya di lingkungan rumah dan di sekolah. Peserta didik mampu menceritakan dan menghargai perbedaan baik fisik (contoh : warna kulit, jenis rambut, dll) maupun nonfisik (contoh : miskin, kaya, dll) keluarga dan teman-temannya di lingkungan rumah dan sekolah..

B. Alur Tujuan Pembelajaran ( ATP)

1.3 Peserta didik mengenali dirinya sendiri, sebagai individu, bagian dari masyarakat dan lingkunganya sebagai warga negara Indonesia dan warga negara Dunia. Peserta didik juga mengenali Indonesia itu Bhineka Tunggal Ika baik dari segi suku, ras, bahasa, agama dan kelompok sosial.

C. Tujuan Pembelajaran (TP)

Peserta didik mampu:

1.   Memperkenalkan diri sendiri dan teman

2.  Menjelaskan keragaman di sekitarnya

3.   Menjelaskan cara menghargai keragaman

4.   Menerapkan sikap menghargai perbedaan dalam kehidupan sehari-hari

Sebelum memulai pembelajaran hari ini, mari kita berdoa terlebih dahulu.
Membaca doa sebelum belajar:
“Radhitu billahi Rabbaa, wa bil Islami diina, wa bi Muhammadin nabiyyaa wa rasula robbi zidnii 'ilman warzuqni fahma.”

Pembelajaran atau unit sebelum nya kita sudah belajar tentang  aturan yang ada dirumah dan aturan yang ada disekolah.

Sudah paham kan  aturan dan aturan di sekolah dan dirumah?

Baik ibu guru akan lanjutkan pembelajaran nya tentang memperkenalkan diri.



Anak sholeh dan sholehah... Sebelum masuk ke pembelajaran, ibu guru akan bertanya kepada kalian, apakah kalian mempunyai banyak teman?jika punya apakah warna kulit, suku dan agama kalian sama?

Anak sholeh dan sholehah... perlu kalian ketahui bahwa kita tinggal di Negara Indonesia yang memiliki semboyan Bhineka Tunggal Ika yang artimya walaupun kita berbeda-beda tetapi tetap satu, maksud nya adalah... kita harus memiliki sikap toleransi dengan orang lain, kita harus mau menerima perbedaan yang ada pada teman, keluarga dan masyarakat lainya...

Jangan lupa untuk selalu:
1. Mengembangkan atau memiliki perilaku ramah dan menerima terhadap teman
2. Saling toleransi dan menghormati antar sesama
3. Mengembangkan semangat kekeluaragaan dan saling bertegur sapa antar teman
4. Menghormati teman yang sedang beribadah
5. Tidak mengejek teman yang memiliki kebudayaan yang unik maupun bahasa yang khas

Baik anak-anak sekian materi yang ibu guru sampaikan, semoga setelah kalian membaca materi pada hari ini kalian akan lebih mengerti perbedaan antar teman kalian dan menghormati teman kalian satu sama lain yaaa...

Mohon untuk selalu di ingat dan dijalankan yaa anak sholeh dan sholehah.

Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.       

Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini? Apa yang telah kalian pelajari hari ini? 

Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia.

Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.

Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa. 

Ibu guru akhiri, Wassalamu'alaikum Wr. Wb

KELAS 1 MATERI BAHASA INDONESIA, SENIN 09 OKTOBER 2023

Hari/Tanggal          : Senin/09 Oktober 2023 

Satuan Pendidikan : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung 

Fase/Kelas              : A/1 

BAB/Tema              : Ayo Bermain

Materi                      : Menyimak

Pembelajaran           : Menyimak dan menanggapi bacaan




Capaian Pembelajaran (CP):

Berbicara dan Mempresentasikan :
1. Peserta didik mampu berbicara dengan santun tentang beragam topik yang dikenali menggunakan volume dan intonasi yang tepat sesuai konteks.
2. Peserta didik mampu merespons dengan bertanya tentang sesuatu, menjawab, dan menanggapi komentar orang lain (teman, guru, dan orang dewasa) dengan baik dan santun dalam suatu percakapan.
3. Peserta didik mampu mengungkapkan gagasan secara lisan dengan atau tanpa bantuan gambar/ilustrasi
4. Peserta didik mampu menceritakan kembali suatu isi informasi yang dibaca atau didengar, dan menceritakan kembali teks narasi yang dibacakan atau dibaca dengan topik diri dan lingkungan

Tujuan Pembelajaran:

1. Melalui latihan menjawab pertanyaan terhadap teks “Hati-Hati!”yang dibacakan, peserta didik dapat menyimpulkan informasi serta menceritakan Kembali simpulannya dengan tepat.
2. Melalui kegiatan menirukan intonasi guru saat membacakan teks nonfiksi “Hati-Hati!” pada Buku Siswa, peserta didik mengenali kalimat tanya, kalimat ajakan, kalimat perintah, dan kalimat larangan.
3. Melalui kegiatan menjawab pertanyaan guru tentang perbuatan yang boleh dan tidak boleh dilakukan, peserta didik menyampaikan pendapatnya dengan relevan, jelas, dan sopan.
4. Melalui kegiatan merangkaikan bunyi huruf ‘h’ dan huruf vokal lain, peserta didik dapat membaca suku kata dengan baik. 
5. Melalui latihan menuliskan huruf kapital ‘H’, huruf kecil ‘h;, dan suku kata yang diawali dengan huruf ‘h’, peserta didik mampu mengenali perbedaan bentuk huruf kapital, huruf kecil, dan merangkai huruf ‘h; dengan huruf vokal lain dengan tepat. 
6. Melalui kegiatan menjawab pertanyaan tentang gambar “Di Taman Kota”, peserta didik dapat memahami serta menyimpulkan dan mengaitkan hal yang dilihat pada gambar dengan pengalamannya sendiri dengan baik. 
7. Melalui kegiatan menjawab pertanyaan guru tentang gambar, peserta didik mampu menanggapi orang lain dengan jelas dan santun. 
8. Melalui kegiatan menggambarkan cara Caca dapat naik sepeda roda dua, peserta didik menuliskan simpulannya terhadap awal, tengah, akhir bacaan.
9. Melalui kegiatan menulis nama orang yang diawali dengan huruf ‘c’, peserta didik dapat menulis huruf dengan arah yang benar.
10. Peserta didik dapat membaca dan menulis suku kata ‘ka-’, ‘ki-’, ‘ku-’, 
ATP:
1.2 Dengan menyimak dan menanggapi bacaan tentang tempat dan aturan bermain, peserta didik dapat mengenali tanda tanya dan tanda seru dalam kalimat, serta membaca dan menulis suku kata yang diawali dengan huruf ‘h’ dan ‘c’


Assalamualaikum wr.wb, anak-anak sholeh/ha
Bagaimana kabarnya hari ini anak sholeh/sholehah?
Semoga semua dalam keadaan sehat selalu, dalam lindungan Allah Subhanahu Wata’Ala ya sayang…
Ayo anak-anak Ibu Guru, sudah siap untuk belajar hari ini?
Hari ini kita akan belajar mata pelajaran bahasa Indonesia, yaitu dengan menyimak dan menanggapi bacaan tentang tempat dan aturan bermain. 



Amati gambar di atas, lalu jawab pertanyaan-pertanyaan 
berikut.
1. Apa yang kalian lihat pada gambar?
2. Dapatkah kalian melihat kuman pada gambar?
3. Apa yang terjadi pada kuman itu?

Sekarang, guru akan membaca cerita di bawah ini.
Simak baik-baik, ya.

Sekarang, guru akan membaca cerita di bawah ini.
Simak baik-baik, ya.

PENUTUP 
Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.                    
Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini? Apa yang telah kalian pelajari hari ini? 
Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia.

Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.
Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa. Yuk sebelum berdoa kita tepuk jari terlebih dahulu!Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang baik di rumah bersama keluarga kalian ya…
Ibu guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.