Kamis, 05 Oktober 2023

KELAS 1 MATERI P5, KAMIS 05 OKTOBER 2023

Hari/Tanggal         : Kamis, 05 Oktober 2023        

Satuan Pendidikan : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung         

Fase/Kelas                 : A/1                 

Tahun Pelajaran         : 2023/2024

Tema : Gaya Hidup Berkelanjutan

Topik : Cerdik Kelola Sampah Plastik

Dimensi : Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME dan akhlak mulia

Subtema :   

1. Memahami keterhubungan ekosistem Bumi

2. Menjaga lingkungan alam sekitar

Target Pencapaian di Fase A :     

  1. Mengidentifikasi berbagai ciptaan Tuhan

  2. Membiasakan bersyukur atas lingkungan alam sekitar dan berlatih untuk menjaganya

Materi Kegiatan : Pengenalan Hiasan yang Terbuat dari Sampah Plastik


Assalamu'alaikum wr.wb


Tabik pun... 

Bagaimana kabarnya hari ini anak sholeh dan sholehah? Semoga semua sehat selalu, dalam lindungan Allah subhanahu wata'ala ya sayang.. 

Ayo anak ibu guru, sudah siap semua untuk belajar hari ini? 

Sebelum memulai pembelajaran jangan lupa untuk mandi terlebih dahulu, sarapan, sholat dhuha dan murajaah yaa.

Mari kita mulai pembelajaran hari ini dengan membaca doa sebelum belajar
“Radhitu billahi Rabbaa, wa bil Islami diina, wa bi Muhammadin nabiyyaa wa rasula robbi zidnii 'ilman warzuqni fahma.”

Minggu lalu kita sudah melakukan Refleksi Awal pembelajran P5. Alhamdulillah anak-anak ibu yang sholeh/ah dapat mengikutinya dengan sangat baik ^_^

Di pembelajaran sebelumnya juga kita sudah membuat kolase dari daun kering. Daun kering merupakan salah satu contoh dari sampah organik. Hari ini materi yang akan kita bahas adalah tentang sampah plastik. Sampah plastik merupakan salah satu contoh dari sampah anorganik.

Sampah plastik ternyata bisa bermanfaat dan bisa kita gunakan di kehidupan sehari-hari.

Sampah Plastik :

Sampah plastik merupakan salah satu jenis sampah yang memberikan ancaman serius terhadap lingkungan karena selain jumlahnya cenderung semakin besar, kantong plastik adalah jenis sampah yang sulit terurai oleh proses alam (non biodegradable) dan merupakan salah satu pencemar xenobiotik (pencemar yang tidak dikenal oleh sistem biologis di lingkungan mengakibatkan senyawa pencemar terakumulasi di alam).

Hari ini kita akan melaksanakan aksi 2 yaitu membuat kreasi pot bunga dari sampah plastik. Adapun alat dan bahan yang dipersiapkan hari ini yaitu :

🌸 2 botol plastik bekas ukuran besar 1.5 L 

🌸 gunting kecil 

PENUTUP 

Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.                    

Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini? Apa yang telah kalian pelajari hari ini? 

Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia.

Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.

Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa. Yuk sebelum berdoa kita tepuk jari terlebih dahulu!Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang baik di rumah bersama keluarga kalian ya…

Ibu guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

Senin, 02 Oktober 2023

KELAS 1 MATERI BAHASA INDONESIA, SENIN 02 OKTOBER 2023

 Hari/Tanggal : Senin/02 Oktober 2023 

Satuan Pendidikan : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung

Fase/Kelas : A/1 

BAB/Tema : Ayo Bermain

Materi : Menyimak

Pembelajaran : Menyimak dan menanggapi bacaan


Capaian Pembelajaran (CP):


Membaca dan Memirsa:
1. Peserta didik mampu bersikap menjadi pembaca dan pemirsa yang menunjukkan minat terhadap teks yang dibaca atau dipirsa. 
2. Peserta didik mampu membaca kata-kata yang dikenalinya sehari-hari dengan fasih.
3. Peserta didik mampu memahami informasi dari bacaan dan tayangan yang dipirsa tentang diri dan lingkungan, narasi imajinatif, dan puisi anak. 
4. Peserta didik mampu memaknai kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa dengan bantuan ilustrasi.

Tujuan Pembelajaran:

1. Melalui latihan menjawab pertanyaan terhadap teks “Hati-Hati!”yang dibacakan, peserta didik dapat menyimpulkan informasi serta menceritakan Kembali simpulannya dengan tepat.
2. Melalui kegiatan menirukan intonasi guru saat membacakan teks nonfiksi “Hati-Hati!” pada Buku Siswa, peserta didik mengenali kalimat tanya, kalimat ajakan, kalimat perintah, dan kalimat larangan.
3. Melalui kegiatan menjawab pertanyaan guru tentang perbuatan yang boleh dan tidak boleh dilakukan, peserta didik menyampaikan pendapatnya dengan relevan, jelas, dan sopan.
4. Melalui kegiatan merangkaikan bunyi huruf ‘h’ dan huruf vokal lain, peserta didik dapat membaca suku kata dengan baik. 
5. Melalui latihan menuliskan huruf kapital ‘H’, huruf kecil ‘h;, dan suku kata yang diawali dengan huruf ‘h’, peserta didik mampu mengenali perbedaan bentuk huruf kapital, huruf kecil, dan merangkai huruf ‘h; dengan huruf vokal lain dengan tepat. 
6. Melalui kegiatan menjawab pertanyaan tentang gambar “Di Taman Kota”, peserta didik dapat memahami serta menyimpulkan dan mengaitkan hal yang dilihat pada gambar dengan pengalamannya sendiri dengan baik. 
7. Melalui kegiatan menjawab pertanyaan guru tentang gambar, peserta didik mampu menanggapi orang lain dengan jelas dan santun. 
8. Melalui kegiatan menggambarkan cara Caca dapat naik sepeda roda dua, peserta didik menuliskan simpulannya terhadap awal, tengah, akhir bacaan.
9. Melalui kegiatan menulis nama orang yang diawali dengan huruf ‘c’, peserta didik dapat menulis huruf dengan arah yang benar.

ATP:
1.2 Dengan menyimak dan menanggapi bacaan tentang tempat dan aturan bermain, peserta didik dapat mengenali tanda tanya dan tanda seru dalam kalimat, serta membaca dan menulis suku kata yang diawali dengan huruf ‘h’ dan ‘c’


Assalamualaikum wr.wb, anak-anak sholeh/ha
Bagaimana kabarnya hari ini anak sholeh/sholehah?
Semoga semua dalam keadaan sehat selalu, dalam lindungan Allah Subhanahu Wata’Ala ya sayang…
Ayo anak-anak Ibu Guru, sudah siap untuk belajar hari ini?
Hari ini kita akan belajar mata pelajaran bahasa Indonesia, yaitu dengan menyimak dan menanggapi bacaan tentang tempat dan aturan bermain. 

Simak cerita ini dengan saksama.
Lalu, ikuti guru membaca ceritanya.
1. Bagaimana cara Caca dapat naik sepeda roda dua? 
Gambarkan caranya di buku tulis kalian.
2. Menulis Nama Teman


Ayo, membaca setiap hari.


Bisakah kalian membaca kata-kata di bawah ini?
Ikuti guru membacanya, ya
Hore!
Bab 2 sudah selesai.
Apa yang sudah kalian pelajari?
Isi dengan tanda centang, ya.
Guru akan membantu kalian

PENUTUP 
Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.                    
Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini? Apa yang telah kalian pelajari hari ini? 
Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia.

Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.
Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa. Yuk sebelum berdoa kita tepuk jari terlebih dahulu!Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang baik di rumah bersama keluarga kalian ya…
Ibu guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

KELAS 1 MATERI PENDIDIKAN PANCASILA, SENIN 02 OKTOBER 2023

 Hari/Tanggal                   :  Senin, 02 Oktober 2023       

Satuan Pendidikan         : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung                        

Fase/Kelas                     :  A/1                 

BAB/Tema                      :   Aku Anak Yang Patuh Aturan           

Materi Pembelajaran      : Aturan dirumah dan disekolah




Tabik Pun..

Selamat Pagi anak shalih dan shalihah...

Bagaimana kabarnya hari ini anak sholih dan sholihah?                                                              

Semoga semua sehat selalu, dalam lindungan Allah subhanahu wata'ala ya sayang..               
Ayo anak ibu guru, sudah siap semua untuk belajar hari ini? 

Materi Pendidikan Pancasila Hari ini yaitu adalah Mengetahui Pengertian Hak dan Kewajiban peserta didik saat disekolah dan dirumah.

A. Capaian Pembelajaran (CP) :

Peserta didik mampu mengenal aturan dilingkungan keluarga dan sekolah. Pesertadidik mampu menceritakan contoh sikapmematuhi dan tidak mematuhi aturan dikeluarga dan sekolah. Peserta didik mampumenunjukkan perilaku mematuhi aturan dikeluarga dan sekolah.

B. Alur Tujuan Pembelajaran ( ATP)

1.2 Peserta didik dapat mengidentifikasi aturan yang ada di rumah dan disekolah serta melaksanakanya dengan bimbingan orang tua dan guru. Peserta didik dapat menceritakan contoh sikap mematuhi dan yang tidak mematuhi aturan yang berlaku dirumah dan disekolah. Peserta didik dapat menyampaikan pendapatnya dikelas sesuai dengan tingkat berfikir dan konteksnya dengan bimbingan.

C. Tujuan Pembelajaran (TP)

Peserta didik mampu:

1. Menjelaskan arti aturan
2. Mengidentifikasi aturan di rumah dan di sekolah
3. Mengindentifikasi aturan saat makan dan bermain bersama teman
4. Menerapkan sikap mematuhi aturan di rumah

Sebelum memulai pembelajaran hari ini, mari kita berdoa terlebih dahulu.
Membaca doa sebelum belajar:
“Radhitu billahi Rabbaa, wa bil Islami diina, wa bi Muhammadin nabiyyaa wa rasula robbi zidnii 'ilman warzuqni fahma.”

Pembelajaran sebelum nya kita sudah belajar tentang arti aturan dan aturan yang ada disekolah dan dirumah yaaa…

Sudah tau kan arti aturan dan aturan di sekolah dan dirumah?

Baik ibu guru akan menjelaskan tentang aturan dilingkungan masyarakat yaa..

Simak tabel contoh aturan dilingkungan masyarakat dibawah ini yaaa





Mohon untuk selalu di ingat dan dijalankan yaa anak sholeh dan sholehah.

Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.       

Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini? Apa yang telah kalian pelajari hari ini? 

Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia.

Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.

Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa. 

Ibu guru akhiri, Wassalamu'alaikum Wr. Wb

Jumat, 29 September 2023

KELAS 1 MATERI PRAMUKA, JUM'AT 29 SEPTEMBER 2023

Hari/Tanggal : Jum'at, 29 September 2023        

Satuan Pendidikan : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung                       
Fase/Kelas : A/1      
Materi : Pramuka

Bagaimana kabarnya hari ini anak sholeh dan sholehah?                                                               
Semoga semua sehat selalu, dalam lindungan Allah subhanahu wata'ala ya sayang..               
Ayo anak ibu guru, sudah siap semua untuk belajar hari ini? 

Sebelum memulai pembelajaran jangan lupa untuk mandi terlebih dahulu, sarapan, sholat dhuha dan murajaah yaa.

Kemudian mari kita membaca doa sebelum belajar:
“Radhitu billahi Rabbaa, wa bil Islami diina, wa bi Muhammadin nabiyyaa wa rasula robbi zidnii 'ilman warzuqni fahma”.

Hari ini kita akan belajar mata pelajaran Pramuka, materi yang kita bahas adalah pramuka siaga. Apa si pramuka siaga itu?. Yuk kita simak materi di bawah ini ^_^.


Siaga adalah sebutan bagi anggota Pramuka yang berumur 7-10 tahun. Disebut Pramuka Siaga karena sesuai dengan kiasan pada masa perjuangan bangsa Indonesia, yaitu ketika rakyat Indonesia mensiagakan dirinya untuk mencapai kemerdekaan dengan ditandai berdirinya Boedi Oetomo pada tahun 1908 sebagai tonggak awal perjuangan bangsa Indonesia.

Satuan Satuan terkecil dalam Pramuka Siaga disebut Barung dan satuan-satuan dari beberapa barung disebut Perindukan.Setiap Barung beranggotakan 5-10 orang Pramuka Siaga dan dipimpin oleh seorang Pemimpin Barung yang dipilih oleh anggota Barung itu sendiri.

Masing-masing Pemimpin Barung ini kemudian akan memilih satu orang dari mereka yang akan menjadi Pemimpin Barung Utama yang disebut Sulung. Sebuah Perindukan terdiri dari beberapa Barung yang akan dipimpin oleh Sulung.

Dalam Pramuka Siaga ada tiga tingkat, yaitu:

  1. Mula

  2. Bantu

  3. Tata

Setiap anggota Barung yang telah menyelesaikan SKU ( Syarat Kecakapan Umum ) berhak mengenakan TKU ( Tanda Kecakapan Umum ) sesuai tingkatannya  yang dikenakan pada lengan baju sebelah kiri dibawah tanda barung berwarna dasar hijau. TKU untuk Siaga berbentuk sebuah janur atau disebut Mancung yakni bunga pohon kelapa yang baru tumbuh

Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik. 
Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini? 
Apa yang telah kalian pelajari hari ini? 

Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia.
Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.
Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa terlebih dahulu.
Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang baik di rumah bersama keluarga kalian ya…

Ibu guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb. 

Rabu, 27 September 2023

KELAS 1 MATERI BAHASA INDONESIA, RABU 27 SEPTEMBER 2023

Hari/Tanggal : Rabu/27 September 2023 

Satuan Pendidikan : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung 

Fase/Kelas : A/1 
BAB/Tema : Ayo Bermain
Materi : Menyimak
Pembelajaran : Menyimak dan menanggapi bacaan


Capaian Pembelajaran (CP) :

Membaca:
Mengenali bentuk dan melafalkan bunyi huruf.
Menulis:
Menuliskan kata-kata yang sering ditemui.
Membaca: 
Mengenali dan mengeja kombinasi abjad pada suku kata dan kata yang sering ditemui.
Membaca:
Mengenali dan mengeja kombinasi abjad pada kata dan suku kata yang sering ditemui.

Tujuan Pembelajaran :
Dengan menyimak dan menanggapi bacaan, peserta didik dapat membaca dan menulis suku kata yang diawali dengan huruf ‘h’ dan ‘c’.

ATP :
1.2 Dengan menyimak dan menanggapi bacaan tentang tempat dan aturan bermain, peserta didik dapat mengenali tanda tanya dan tanda seru dalam kalimat, serta membaca dan menulis suku kata yang diawali dengan huruf ‘h’ dan ‘c’

Assalamualaikum wr.wb, anak-anak sholeh/ha
Bagaimana kabarnya hari ini anak sholeh/sholehah?
Semoga semua dalam keadaan sehat selalu, dalam lindungan Allah Subhanahu Wata’Ala ya sayang…
Ayo anak-anak Ibu Guru, sudah siap untuk belajar hari ini?
Hari ini kita akan belajar mata pelajaran bahasa Indonesia, yaitu dengan menyimak dan menanggapi bacaan tentang tempat dan aturan bermain. 


Amati gambar ini dengan cermat, ya.
Setelah mengamati gambar, diskusikan jawaban dari 
pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan guru dan teman-
teman. 
1. Tempat apa yang kalian lihat dalam gambar?
2. Kegiatan apa yang tidak boleh kalian tiru? Mengapa?
3. Di mana tempat bermain yang aman?
4. Adakah tempat bermain yang aman di dekat rumah ? 
kalian? Disebut apakah tempat itu?

Amati dulu gambar ini sebelum menjawab pertanyaan guru.
Lalu, jawablah pertanyaan-pertanyaan guru ini dengan jelas. 
1. Ada berapa anak pada gambar di atas?
2. Dari kedua anak pada gambar itu, yang manakah Caca?
3. Menurutmu, apa yang bisa dilakukan Caca?
4. Apa isi ceritanya, ya?

PENUTUP 
Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.                    
Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini? Apa yang telah kalian pelajari hari ini? 
Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia.

Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.
Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa. Yuk sebelum berdoa kita tepuk jari terlebih dahulu!Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang baik di rumah bersama keluarga kalian ya…
Ibu guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

Senin, 25 September 2023

KELAS 1 MATERI SBDP, SELASA 26 SEPTEMBER 2023

 Hari/Tanggal                  :  Selasa, 26 September 2023                                                                                               Satuan Pendidikan         :  SD Al Azhar 1 Bandar Lampung                                                                      Fase/Kelas                     :  A/1                                                                                                                      BAB/Tema                     :  Bermain dan Bernyanyi                                                                                             
Materi Pembelajaran    :  Tepuk Tangan dan Entakan Kaki


 

CP :

Peserta didik mampu mengimitasi bunyi-musik sederhana dengan mengenal unsur-unsur bunyi-musik baik intrinsik maupun ekstrinsik.

Tujuan Pembelajaran :


 

Peserta didik mampu membuat kategori lagu nasional dan lagu daerah berdasarkan pada lirik lagu

ATP :

1.1 Mampu bernyanyi secara mandiri dan bersama lagu nasional guna membangun rasa nasionalisme.          Mampu bernyanyi bersama lagu daerah secara mandiri dan bersama. Menemukan perbedaan lagu  nasional dan lagu daerah dengan tepat. Membuat kategori lagu nasional dan lagu daerah  berdasarkan pada lirik lagu.


Assalamualaikum anak sholih/ah.. Bagaimana kabarnya hari ini anak sholeh dan sholehah? Semoga semua sehat selalu, dalam lindungan Allah subhanahu wata'ala ya sayang.. Ayo anak ibu guru, sudah siap semua untuk belajar hari ini?            

Hri ini kita akan belajaran mata pelajaran SBdp Seni Musik.

Tujuan Pembelajaran


 

Pserta didik mampu membuat kategori lagu nasional dan lagu daerah berdasarkan pada lirik lagu

Baik, hari ini kita akan mempelajari tentang musik dan berlajar bernyanyi dengan tepuk tangan dan entakan kaki

Kita sering bertepuk dan entakan kaki saat sedang bernyanyi, tepukan tangan atau entakan kaki membentuk irama atau ritme musik

B. Pola Ritme atau Irama

Ritme atau irama adalah pengulangan bunyi menurut pola tertentu dalam sebuah lagu. 

Pola ritme dapat kamu dengar di sekitar. 

Misalnya, suara tok tok tok kentungan tukang bakso

Ting ting ting  suara lonceng tukang es

Ada pula suara penari kecak

Atau suara gong di pukul

Pola irama tersebut berbeda


Pola Irama Ditentukan oleh Jumlah Ketukan dan Tempo

Irama cak cak cak terdengar cepat

Irama gong gong gong terdengar lambat

Itulah yang di maksud dengan tempo


PENUTUP 

Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.                    

Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini? Apa yang telah kalian pelajari hari ini? 

Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia.


Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.

Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa. Yuk sebelum berdoa kita tepuk jari terlebih dahulu!Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang baik di rumah bersama keluarga kalian ya…

Ibu guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

KELAS 1 MATERI MATEMATIKA, SELASA 26 SEPTEMBER 2023

 Hari/Tanggal          : Selasa, 26 September 2023         

Satuan Pendidikan : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung                        
Fase/Kelas             : A/1                  
BAB/Tema            : Penjumlahan Sampai dengan 10
Materi                    : Soal Cerita Penjumlahan

Capaian Pembelajaran (CP)

  • Peserta didik menunjukkan pemahaman dan memiliki intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 20, mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, serta melakukan komposisi (menyusun) dan dekomposisi (mengurai) bilangan.

  • Peserta didik dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan menggunakan benda-benda konkret yang banyaknya sampai 20.

Alur Tujuan Pembelajaran (ATP)

  1. Menunjukkan konsep penjumlahan dan pengurangan sampai dengan 20 dengan benda konkret, gambar, cerita, atau cara manipulatif lainnya.

Tujuan Pembelajaran (TP)

  1. Menunjukkan konsep penjumlahan sampai dengan 10 dengan benda konkret, gambar, cerita atau manipulatif lainya.

  2. Menuliskan operasi hitung untuk memecahkan masalah penjumlahan


Bagaimana kabarnya hari ini anak sholeh dan sholehah?                                                               
Semoga semua sehat selalu, dalam lindungan Allah subhanahu wata'ala ya sayang..               
Ayo anak ibu guru, sudah siap semua untuk belajar hari ini? 

Sebelum memulai pembelajaran jangan lupa untuk mandi terlebih dahulu, sarapan, sholat dhuha dan murajaah yaa.

Hari ini kita akan belajar mata pelajaran Matematika, tujuan pembelajarannya yaitu peserta didik mampu menunjukkan konsep penjumlahan sampai dengan 10.

Mari kita mulai pembelajaran hari ini dengan membaca doa sebelum belajar
“Radhitu billahi Rabbaa, wa bil Islami diina, wa bi Muhammadin nabiyyaa wa rasula robbi zidnii 'ilman warzuqni fahma.”

Setelah membaca doa mari kita masuk ke materi pembelajran hari ini ^_^

Minggu lalu kita sudah belajar tentang berbagai cara melakukan penjumlahan. Nah hari ini materi yang akan kita bahas adalah tentang soal cerita penjumlahan. Simak materi hari ini dengan baik ya sholeh/ah ^_^


Soal Cerita Penjumlahan



Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.                    

Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini? Apa yang telah kalian pelajari hari ini? 

Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia.



Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.

Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa. Yuk sebelum berdoa kita tepuk jari terlebih dahulu!Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang baik di rumah bersama keluarga kalian ya…



Ibu guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.


Minggu, 24 September 2023

KELAS 1 MATERI BAHASA INDONESIA, SENIN 25 SEPTEMBER 2023

Hari/Tanggal : Senin/25 September 2023 Satuan Pendidikan : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung 

Fase/Kelas : A/1 
BAB/Tema : Ayo Bermain
Materi : Menyimak
Pembelajaran : Menyimak dan menanggapi bacaan


Capaian Pembelajaran (CP) :
Membaca:
Mengenali bentuk dan melafalkan bunyi huruf.
Menulis:
Menuliskan kata-kata yang sering ditemui.
Membaca: 
Mengenali dan mengeja kombinasi abjad pada suku kata dan kata yang sering ditemui.
Membaca:
Mengenali dan mengeja kombinasi abjad pada kata dan suku kata yang sering ditemui.

Tujuan Pembelajaran :
Dengan menyimak dan menanggapi bacaan, peserta didik dapat membaca dan menulis suku kata yang diawali dengan huruf ‘h’ dan ‘c’.

ATP :
1.2 Dengan menyimak dan menanggapi bacaan tentang tempat dan aturan bermain, peserta didik dapat mengenali tanda tanya dan tanda seru dalam kalimat, serta membaca dan menulis suku kata yang diawali dengan huruf ‘h’ dan ‘c’

Assalamualaikum wr.wb, anak-anak sholeh/ha
Bagaimana kabarnya hari ini anak sholeh/sholehah?
Semoga semua dalam keadaan sehat selalu, dalam lindungan Allah Subhanahu Wata’Ala ya sayang…
Ayo anak-anak Ibu Guru, sudah siap untuk belajar hari ini?
Hari ini kita akan belajar mata pelajaran bahasa Indonesia, yaitu dengan menyimak dan menanggapi bacaan tentang tempat dan aturan bermain. 


Amati gambar ini dengan cermat, ya.
Setelah mengamati gambar, diskusikan jawaban dari 
pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan guru dan teman-
teman. 
1. Tempat apa yang kalian lihat dalam gambar?
2. Kegiatan apa yang tidak boleh kalian tiru? Mengapa?
3. Di mana tempat bermain yang aman?
4. Adakah tempat bermain yang aman di dekat rumah ? 
kalian? Disebut apakah tempat itu?

Amati dulu gambar ini sebelum menjawab pertanyaan guru.
Lalu, jawablah pertanyaan-pertanyaan guru ini dengan jelas.
1. Ada berapa anak pada gambar di atas?
2. Dari kedua anak pada gambar itu, yang manakah Caca?
3. Menurutmu, apa yang bisa dilakukan Caca?
4. Apa isi ceritanya, ya?

PENUTUP 
Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.                    
Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini? Apa yang telah kalian pelajari hari ini? 
Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia.

Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.
Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa. Yuk sebelum berdoa kita tepuk jari terlebih dahulu!Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang baik di rumah bersama keluarga kalian ya…
Ibu guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

KELAS 1 MATERI PENDIDIKAN PANCASILA, SENIN 25 SEPTEMBER 2023

Hari/Tanggal                   :  Senin, 25 September 2023       

Satuan Pendidikan         : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung                        

Fase/Kelas                     :  A/1                 

BAB/Tema                      :   Aku Anak Yang Paruh Aturan           

Materi Pembelajaran      : Aturan dirumah dan disekolah



Tabik Pun..

Selamat Pagi anak shalih dan shalihah...

Bagaimana kabarnya hari ini anak sholih dan sholihah?                                                              

Semoga semua sehat selalu, dalam lindungan Allah subhanahu wata'ala ya sayang..               
Ayo anak ibu guru, sudah siap semua untuk belajar hari ini? 

Materi Pendidikan Pancasila Hari ini yaitu adalah Mengetahui Pengertian Hak dan Kewajiban peserta didik saat disekolah dan dirumah.

A. Capaian Pembelajaran (CP) :

Peserta didik mampu mengenal aturan dilingkungan keluarga dan sekolah. Pesertadidik mampu menceritakan contoh sikapmematuhi dan tidak mematuhi aturan dikeluarga dan sekolah. Peserta didik mampumenunjukkan perilaku mematuhi aturan dikeluarga dan sekolah.

B. Alur Tujuan Pembelajaran ( ATP)

1.2 Peserta didik dapat mengidentifikasi aturan yang ada di rumah dan disekolah serta melaksanakanya dengan bimbingan orang tua dan guru. Peserta didik dapat menceritakan contoh sikap mematuhi dan yang tidak mematuhi aturan yang berlaku dirumah dan disekolah. Peserta didik dapat menyampaikan pendapatnya dikelas sesuai dengan tingkat berfikir dan konteksnya dengan bimbingan.

C. Tujuan Pembelajaran (TP)

Peserta didik mampu:

1. Menjelaskan arti aturan
2. Mengidentifikasi aturan di rumah dan di sekolah
3. Mengindentifikasi aturan saat makan dan bermain bersama teman
4. Menerapkan sikap mematuhi aturan di rumah

Sebelum memulai pembelajaran hari ini, mari kita berdoa terlebih dahulu.
Membaca doa sebelum belajar:
“Radhitu billahi Rabbaa, wa bil Islami diina, wa bi Muhammadin nabiyyaa wa rasula robbi zidnii 'ilman warzuqni fahma.”

Pembelajaran sebelum nya kita sudah belajar tentang arti aturan dan aturan yang ada disekolah dan dirumah yaaa…

Sudah tau kan arti aturan dan aturan di sekolah dan dirumah?

Baik ibu guru akan menjelaskan tentang aturan dirumah yaa..

Simak tabel contoh aturan dirumah dibawah ini yaaa





Mohon untuk selalu di ingat dan dijalankan yaa anak sholeh dan sholehah.

Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.       

Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini? Apa yang telah kalian pelajari hari ini? 

Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia.

Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.

Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa. 

Ibu guru akhiri, Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

Rabu, 20 September 2023

KELAS 1 MATERI BAHASA INDONESIA, RABU 20 SEPTEMBER 2023

Hari/Tanggal : Selasa/ 20 September 2023 
Satuan Pendidikan : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung Fase/Kelas : A/1 
BAB/Tema : Ayo Bermain/ 
Materi : Menyimak 
Pembelajaran : Menyimak dan menanggapi bacaan


Capaian Pembelajaran (CP) :
Membaca:
Mengenali bentuk dan melafalkan bunyi huruf.
Menulis:
Menuliskan kata-kata yang sering ditemui.
Membaca: 
Mengenali dan mengeja kombinasi abjad pada suku kata dan kata yang sering ditemui.
Membaca:
Mengenali dan mengeja kombinasi abjad pada kata dan suku kata yang sering ditemui.

Tujuan Pembelajaran :
Dengan menyimak dan menanggapi bacaan, peserta didik dapat membaca dan menulis suku kata yang diawali dengan huruf ‘h’ dan ‘c’.

ATP :
1.2 Dengan menyimak dan menanggapi bacaan tentang tempat dan aturan bermain, peserta didik dapat mengenali tanda tanya dan tanda seru dalam kalimat, serta membaca dan menulis suku kata yang diawali dengan huruf ‘h’ dan ‘c’
Assalamualaikum wr.wb, anak-anak sholeh/ha
Bagaimana kabarnya hari ini anak sholeh/sholehah?
Semoga semua dalam keadaan sehat selalu, dalam lindungan Allah Subhanahu Wata’Ala ya sayang…
Ayo anak-anak Ibu Guru, sudah siap untuk belajar hari ini?
Hari ini kita akan belajar mata pelajaran bahasa Indonesia, yaitu dengan menyimak dan menanggapi bacaan tentang tempat dan aturan bermain
1. Menulis Huruf ‘h’.
Tulislah huruf ini di buku tulis kalian.
4. Melengkapi Kata
Amati gambar ini.
Apa namanya?
Tuliskan namanya dengan melengkapi suku kata di
sebelahnya, ya.
... -jan
PENUTUP 
Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.                    
Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini? Apa yang telah kalian pelajari hari ini? 
Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia.

Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.
Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa. Yuk sebelum berdoa kita tepuk jari terlebih dahulu!Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang baik di rumah bersama keluarga kalian ya…
Ibu guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

KELAS 1 MATERI PENDIDIKAN PANCASILA, RABU 20 SEPTEMBER 2023

Hari/Tanggal                   :  Rabu, 20 September 2023       

Satuan Pendidikan         : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung                        

Fase/Kelas                     :  A/1                 

BAB/Tema                      :   Aku Anak Yang Paruh Aturan           

Materi Pembelajaran      : Aturan dirumah dan di sekolah



Tabik Pun..

Selamat Pagi anak shalih dan shalihah...

Bagaimana kabarnya hari ini anak sholih dan sholihah?                                                              

Semoga semua sehat selalu, dalam lindungan Allah subhanahu wata'ala ya sayang..               
Ayo anak ibu guru, sudah siap semua untuk belajar hari ini? 

Materi Pendidikan Pancasila Hari ini yaitu adalah Mengetahui Pengertian Hak dan Kewajiban peserta didik saat disekolah dan dirumah.

A. Capaian Pembelajaran (CP) :

Peserta didik mampu mengenal aturan dilingkungan keluarga dan sekolah. Pesertadidik mampu menceritakan contoh sikapmematuhi dan tidak mematuhi aturan dikeluarga dan sekolah. Peserta didik mampumenunjukkan perilaku mematuhi aturan dikeluarga dan sekolah.

B. Alur Tujuan Pembelajaran ( ATP)

1.2 Peserta didik dapat mengidentifikasi aturan yang ada di rumah dan disekolah serta melaksanakanya dengan bimbingan orang tua dan guru. Peserta didik dapat menceritakan contoh sikap mematuhi dan yang tidak mematuhi aturan yang berlaku dirumah dan disekolah. Peserta didik dapat menyampaikan pendapatnya dikelas sesuai dengan tingkat berfikir dan konteksnya dengan bimbingan.

C. Tujuan Pembelajaran (TP)

Peserta didik mampu:

1. Menjelaskan arti aturan
2. Mengidentifikasi aturan di rumah dan di sekolah
3. Mengindentifikasi aturan saat makan dan bermain bersama teman
4. Menerapkan sikap mematuhi aturan di rumah

Sebelum memulai pembelajaran hari ini, mari kita berdoa terlebih dahulu.
Membaca doa sebelum belajar:
“Radhitu billahi Rabbaa, wa bil Islami diina, wa bi Muhammadin nabiyyaa wa rasula robbi zidnii 'ilman warzuqni fahma.”

Pembelajaran sebelum nya kita sudah belajar tentang arti aturan dan aturan yang ada disekolah dan sirumah yaaa…

Sudah tau kan arti aturan dan aturan di sekolah dan dirumah?

Baik ibu guru akan ulas sedikit tentang aturan disekolah dan dirumah yaa..

Simak tabel contoh perbedaan aturan dirumah dan disekolah dibawah ini yaaa☺️


Mohon untuk selalu di ingat dan dijalankan yaa anak sholeh dan sholehah🤗

Baik, materi selanjutnya yaitu tentang Hak dan Kewajiban.

Apa itu hak? Hak adalah segala sesuatu yang harus kita dapat kan, hak dididapatkan setelah kita melaksanakan kewajiban anak-anak sholeh dan sholeha🤗

Jadi kewajiban adalah sesuatu yang harus kita kerjakan.

Berikut ibu guru berikan contoh hak anak sholeh dan sholeha pada saat di sekolah dan dirumah yaaa.


Ibu guru harap kalian dapat paham dan mengerti yaa nakk…

Semoga anak-anak ibu yang shalih dan shalihah dapat menjadi anak yang baik budi pekerti nya serta memiliki akhlak yang mulia ya setelah memahami dan menaati aturan dimanapun kalian berada yaa aamiin

Sekian pembelajaran kita hari ini, mari kita tutup dengan membaca Hamdalah, Alhamdulillah Hirobbil Allamiin

Waassalamualaikum🙏🏻🥰