Selasa, 01 Agustus 2023

KESIMPULAN MATERI BAHASA INDONESIA, SENIN 31 JULI 2023

Kesimpulan Materi Bahasa Indonesia, Senin 31 Juli 202 

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Selamat siang anak-anak sholeh/ah...

Bagaimana belajar hari ini disekolah apakah menyenangkan. 

Insyaallah semuanya menyenangkan yaa. 


Alhamdulillah, hari ini kita sudah belajar di sekolah dengan Happy dan anak2 ibu guru semua hebat sudah mengikuti pembelajaran dengan baik.

Apa yang anak-anak dapat dari materi yang telah kita bahas hari ini?

Alhamdulillah kalian di sekolah telah belajar bahasa Indonesia mengenai Pagi yang sibuk, dimana kalian semua sudah mengetahui suasana pada saat di pagi hari. Serta suara apa saja yang terdengar di suasana pagi hari. 

Kemudian kalian sudah belajar mengenal suara dari hewan yang ada di sekitar kita. Contohnya seperti suara ayam, kucing, burung dan kambing. Kemudian kalian menirukan suara dari masing hewan yang ada di sekitar serta kalian sudah mempelajari huruf apa saja yang ada pada huruf yang terdapat di dalam suara hewan tersebut

Contohnya :

Suara Burung : cuit cuit

Terdapat huruf C-U-I-T

Jumlah hurufnya yaitu 5

Melalui video pembelajaran yang sudah ibuguru tayangkan alhamdulillah tujuan pembelajaran kita tercapai. 


Alhamdulillah materi yang telah kita bahas hari ini semuanya sudah tercapai, Ibu Guru harap kalian bisa mengulasnya kembali di rumah ya Nak sholeh/ah

Terimakasih, karna hari ini kalian telah belajar dengan hati yang bahagia dan mengikuti pembelajaran dengan baik😘

Semangat belajar dirumah jangan lupa sholat. Ibu guru akhiri, Wassalamu'alaikum Wr.Wb.

Senin, 31 Juli 2023

KELAS 1 MATERI PENDIDIKAN PANCASILA, SENIN 31 JULI 2023

 Hari/Tanggal :  Senin, 31 Juli 2023       

Satuan Pendidikan : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung                        
Fase/Kelas  :  A/1                 
BAB/Tema : Profil Pancasila              
Materi : Lambang Pancasila 
Pembelajaran : Lambang Pancasila dan bunyinya

Materi Pendidikan Pancasila

A. Capaian Pembelajaran (CP) :

1. Peserta didik mampu mengenal dan menceritakan simbol dan sila-sila Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila.

2. Peserta didik mampu mengidentifikasi dan menjelaskan hubungan antara simbol dan sila dalam lambang negara Garuda Pancasila. 

3. Peserta didik mampu menerapkan nilai- nilai pancasila di lingkungan keluarga dan sekolah.

B. Alur Tujuan Pembelajaran ( ATP)

1.1 Peserta didik dapat mengenali simbol-simbol Pancasila dan Lambang Negara Garuda Pancasila., serta menceritakan hubungannya. Peserta didik juga dapat mengidentifikasi tugas peran dirinya dalam kegiatan bersama. Selain itu menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari sesuai dengan perkembangan dan konteks peserta didik.

C. Tujuan Pembelajaran (TP)

Peserta didik mampu:

1.Menjelaskan lambang negara Garuda Pancasila

2. Menjelaskan simbol sila Pancasila



Tabik Pun..

Selamat Pagi anak shalih dan shalihah...
Bagaimana kabarnya hari ini anak sholih dan sholihah?                                                               
Semoga semua sehat selalu, dalam lindungan Allah subhanahu wata'ala ya sayang..               
Ayo anak ibu guru, sudah siap semua untuk belajar hari ini? 



Sebelum memulai pembelajaran hari ini, mari kita berdoa terlebih dahulu.
Membaca doa sebelum belajar:
“Radhitu billahi Rabbaa, wa bil Islami diina, wa bi Muhammadin nabiyyaa wa rasula robbi zidnii 'ilman warzuqni fahma.”


Nah di pertemuan sebelumnya kita sudah belajar tentang Lambang Negara Indonesia, simbol-simbol Pancasila dan bunyi sila-sila Pancasila yaaaa.

Hari ini kita akan belajar tentang lambang sila dan bunyinya yaa anak-anak...

Mari kita simak gambar di bawah ini yaaa...


Gambar di atas menunjukkan lambang dan bunyinyaa ya anak-anak, mari kita hafalkan lalu lafalkan bersama-sama yukk...

Jika sudah hafal mari kita kerjakan tugas berikut yukk...

Anak-anak pasangkan lambang dan bunyi pancasila di bawah ini yaaa..


PENUTUP

Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.                    

Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini? Apa yang telah kalian pelajari hari ini? 

Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia.


Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.

Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa. Yuk sebelum berdoa kita tepuk jari terlebih dahulu! Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang baik di rumah bersama keluarga kalian ya…

Ibu guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.


KELAS 1 MATERI BAHASA INDONESIA, SENIN 31 JULI 2023

Hari/Tanggal : Senin, 31 Juli 2023 Satuan Pendidikan : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung Fase/Kelas : A/1 BAB/Tema : Bunyi Apa?/Bunyi dan Panca Indra Materi : Persiapan Membaca  Pembelajaran : Persiapan Membaca, persiapan menulis


Capaian Pembelajaran (CP) :

Membaca:

Mengenali bentuk dan melafalkan bunyi huruf.

Menulis:

Menuliskan kata-kata yang sering ditemui.

Membaca

Mengenali dan mengeja kombinasi abjad pada suku kata dan kata yang sering ditemui.

Membaca:

Mengenali dan mengeja kombinasi abjad pada kata dan suku kata yang sering ditemui.


Tujuan Pembelajaran :

Dengan menyimak dan menanggapi bacaan tentang bunyi dan pancaindra secara lisan, peserta didik dapat mengenali abjad, merangkai suku kata yang diawali huruf ‘b’, menulis huruf ‘B’ dan ‘b,’ serta menulis namanya sendiri. 

ATP :

1.2 Dengan menyimak dan menanggapi bacaan tentang tempat dan aturan bermain, peserta didik dapat mengenali tanda tanya dan tanda seru dalam kalimat, serta membaca dan menulis suku kata yang diawali dengan huruf ‘h’ dan ‘c’.


Assalamualaikum wr.wb, anak-anak sholeh/ha

Bagaimana kabarnya hari ini anak sholeh/sholehah?

Semoga semua dalam keadaan sehat selalu, dalam lindungan Allah Subhanahu Wata’Ala ya sayang…

Ayo anak-anak Ibu Guru, sudah siap untuk belajar hari ini?

Hari ini kita akan belajar mata pelajaran bahasa Indonesia, yaitu dengan menyimak dan menanggapi bacaan tentang bunyi dan pancaindra secara lisan, peserta didik wajib mengamati gambar di bawah ini.


Mencocokkan dan Menirukan Bunyi Binatang

Ikuti petunjuk guru. 

Tunjuk binatang yang berbunyi seperti ini :


 



Dapatkah kalian menirukan bunyi binatang-binatang itu?

Tirukan juga cara mereka berjalan.

Lalu, hitung jumlah kaki setiap binatang itu.

Jawablah pertanyaan-pertanyaan yang dibacakan guru

berikut ini.

1. Bunyi apa yang kalian dengar:

a. Pada siang hari?

b. Pada malam hari?

1. Mana yang lebih kalian sukai, siang atau malam hari?

Mengapa?

2. Amati gambar-gambar ini.

Tunjuklah gambar yang menunjukkan suara keras.

Tunjuklah gambar yang menunjukkan suara pelan.



  

 

Simaklah, lalu ikuti guru membacanya.



PENUTUP

Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.                    

Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini? Apa yang telah kalian pelajari hari ini? 

Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia.


Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.

Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa. Yuk sebelum berdoa kita tepuk jari terlebih dahulu! Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang baik di rumah bersama keluarga kalian ya…

Ibu guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.



Jumat, 28 Juli 2023

KELAS 1 MATERI PRAMUKA, JUM'AT 27 JULI 2023

Hari/Tanggal : Jum'at, 27 Juli 2023       
Satuan Pendidikan : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung   
Fase/Kelas : A/1     
Materi : Pramuka

Assalamualaikum anak sholih/ah.       
Bagaimana kabarnya hari ini anak sholeh dan sholehah?                                                              
Semoga semua sehat selalu, dalam lindungan Allah subhanahu wata'ala ya sayang..              
Ayo anak ibu guru, sudah siap semua untuk belajar hari ini? 

Sebelum memulai pembelajaran jangan lupa untuk mandi terlebih dahulu, sarapan, sholat dhuha dan murajaah yaa.

Hari ini kita akan belajar mata pelajaran Pramuka, apa itu Pramuka? yuk kita simak materi di bawah ini ^_^.

Sebelum memulai pembelajaran hari ini, mari kita berdoa terlebih dahulu.
Membaca doa sebelum belajar:
“Radhitu billahi Rabbaa, wa bil Islami diina, wa bi Muhammadin nabiyyaa wa rasula robbi zidnii 'ilman warzuqni fahma.”

Selanjutnya simak materi berikut ini ya anak sholih/ah ^_^

PRAMUKA

Pramuka adalah singkatan dari Praja Muda Karana, yang artinya Orang Muda yang Suka Berkarya.Pramuka merupakan sebuah organisasi atau gerakan kepanduan (Boy Scout) yang menjadi wadah atau tempat dilakukannya proses pendidikan kepramukaan di Indonesia.

Jadi, pengertian Pramuka adalah semua anggota gerakan Pramuka Indonesia yang terdiri dari beberapa tingkatan,mulai dari Pramuka Siaga, Penggalang, Penegak, dan Pandega.

Untuk anak Sholeh/ah ibu guru masuk kedalam tingkatan Pramuka Siaga yaa ^_^

Apa si tujuan dari kita mempelajari pramuka? Tujuannya adalah:

  1. Membentuk karakter/ kepribadian dan akhlak yang mulia para generasi muda.

  2. Menanamkan rasa cinta tanah air dan bangsa di dalam diri generasi muda.

  3. Menggali potensi diri dan meningkatkan keterampilan para generasi muda sehingga menjadi individu yang bermanfaat bagi masyarakat dan negara

Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.
Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini?
Apa yang telah kalian pelajari hari ini?
Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia.
Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.
Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa terlebih dahulu.
Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang baik di rumah bersama keluarga kalian ya…

Ibu guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb. ^_^


Kamis, 27 Juli 2023

KELAS 1 MATERI P5, KAMIS 27 JULI 2023

Hari/Tanggal                : Kamis, 27 Juli 2023        
Satuan Pendidikan       : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung                       
Fase/Kelas                   : A/1                 
Tahun Pelajaran           : 2023/2024
Tema                            : Gaya Hidup Berkelanjutan
Topik                            : Cerdik Kelola Sampah Plastik

Assalamualaikumanaksholih/ah..        
Bagaimana kabarnya hari ini anak sholeh dan sholehah?                                                               
Semoga semua sehat selalu, dalam lindungan Allah subhanahuwata'ala ya sayang..               
Ayo anak ibu guru, sudah siap semua untuk belajar hari ini? 
Sebelum memulai pembelajaran jangan lupa untuk mandi terlebih dahulu, sarapan, sholat dhuha dan murajaahyaa..
Hari ini kita akan belajar tentang P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila), tujuan pembelajarannya yaitu peserta didik dapat menjaga lingkungan alam sekitar.
Mari kita mulai pembelajaran hari ini dengan membaca doa sebelum belajar
“RadhitubillahiRabbaa, wabil Islami diina, wa bi Muhammadinnabiyyaawarasularobbizidnii 'ilmanwarzuqnifahma.”

Tahapan Pengenalan 1
Sebelumnya ibu guru akan bertanya kepada kalian...
Apakah rumah kalian dekat dengan perkotaan, pegunungan, hutan, persawahan ,dekat laut dsb?
Bagaimana lingkungan sekitar rumah mu?apakah bersih atau kotor?
Jika alam itu adalah rumahmu, lalu mana yang kamu pilih, rumah yang bersih atau yang kotor?mengapa?
Simak penjelasan ibu guru yaa..
Baik anak-anak ibu guru yang shalih dan shalihah, menjaga lingkungan adalah hal yang wajib kita lakukan, karena jika lingkungan itu bersih kita akan terhindar dari bahaya, contohnya adalah banjir dan dapat terserang penyakit.
Rumah yang bersih akan membuat kita nyaman dalam melakukan semua kegiatan.
Adapun untuk contoh yang mudah ditemukan dalam lingkungan yang sehat dan tidak sehat, antara lain sebagai berikut;
Udara Yang Bersih Tanpa Polusi
Kita bernafas menghirup udara, yaitu gas oksigen, sehingga ketika udara di lingkungan kita  bersih dan sehat tanpa polusi, maka hal itu tidak akan menghambat saluran pernafasan, justru udara yang bersih, segar dan sejuk dapat melegakan pernafasan.
Rumah Dilengkapin dengan Ventilasi
Ventilasi udara menjadi bagian penting bagi setiap rumah, karena dengan adanya ventilasi udara, pertukaran udara bisa terjadi dengan baik dan sinar matahari pun bisa masuk ke dalam rumah, sehingga rumah tidak lembab, sebab lingkungan yang lembab bisa menjadi tempat tumbunya jamur dan menjadi sarang bakteri.
Terdapat Tempat Pembuangan Sampah
Lingkungan yang sehat harus dilengkapi dengan tempat pembuangan sampah, yang bisa dibedakan berdasarkan sifat pembusukannya yaitu, sampah organik maupun sampan anorganik. Ketersediaan tempat pembuangan sampah akan membuat lingkungan menjadi bersih,jika lingkungan bersih maka bisa menghindarkan dari berbagai macam penyakit dan penyebab pencemaran tanah.
Tersedianya Pengelolaan Sampah
Bukan hanya penting untuk menyediakan tempat pembuangan sampah, tapi menyediakan tempat untuk pengelolaannya juga tak kalah penting, karena jika hanya dikumpulkan secara terus-menerus tanpa pengelolaan lebih lanjut justru akan menimbulkan permasalahan lingkungan.
Terlengkapinya Sarana MCK
Sarana MCK menjadi kebutuhan penting bagi setiap manusia, karena dengan keberadaan sarana tersebut akan meminimalisasi kemungkinan orang untuk mandi ataupun buang air besar di sungai, yang pada akhirnya dapat mengotori air sungai.
Sedangkan Rumah atau lingkungan yang tidak sehat adalah :
1. Kualitas Udara yang Buruk karena Polusi
Lingkungan yang mempunyai kualitas udara yang buruk termasuk lingkungan yang tidak sehat. Hal itu dicirikan oleh udara di sekitar lingkungan yang berwarna putih maupun hitam. Penyebab terjadinya pencemaran udara tersebut bisa dihasilkan oleh pabrik, asap yang ditimbulkan dari kendaraan dan masih banyak lagi.
Udara yang terkena polusi bukan hanya mebimbulkan masalah pernafasan, tapi juga menimbulkan bau yang sangat mengganggu kenyamanan orang yang tinggal di lingkungan tersebut. Kondisi itu sangat berbahaya, terutama bagi anak-anak sebab bisa menyebabkan infeksi saluran penafasan paru-paru dan juga menimbulkan flek.
2. Terdapat Sungai yang Kotor dan Tidak Terawat
Lingkungan dengan sungai yang kotor dan tercemar merupakan salah satu lingkungan yang tidak sehat. Sungai berfungsi sebagai tempat untuk penampung air ketika hujan terjadi. Akan tetapi, sungai yang kotor dan airnya berwarna keruh bukan hanya tidak enak untuk di pandang, tapi bisa menimbulkan bermacam-macam penyakit.
Sungai yang kotor tersebut biasanya dipicu oleh perilaku membuang sampah sembarangan dan tidak adanya perawatan sungai secara rutin.
3.Tidak Tersedia Sarana Kebersihan
Lingkungan yang tidak mmepunyai sarana kebersihan juga termasuk contoh lingkungan yang tidak sehat. Contoh sarana kebersihan tersebut salah satunya yaitu tempat pembuangan sampah. Apabila dalam suatu lingkungan tidak tersedia tempat sampah, maka bisa memicu perilaku membuang sampah sembarangan yang sangat tidak baik untuk kesehatan lingkungan hunian.
4. Tidak ada Pepohonan
Lingkungan yang tidak sehat juga ditunjukkan dengan kondisi tanah serta suasananya yang gersang sebab tidak ada lahan hijau yang ditanami pepohonan di lingkungan tersebut. Oleh sebab itu, sangat penting untuk menanam pohon di daerah sekitar rumah.
Tumbuhan hijau bukan hanya berperan penting dalam menjaga kualitas udara tetap bersih, tapi juga bisa membuat lingkungan rumah menjadi teduh dan asri.
5. Tidak Tersedia Saluran Air
Lingkungan yang tidak mempunyai saluran air termasuk contoh lingkungan yang tidak sehat, sebab saluran air sangat penting bagi sebuah rumah tinggal.
Kurang tersedianya saluran air seperti yang terjadi di desa atau pedalaman bisa menyebabkan warga sekitar melakukan kegiatan MCK di sungai terdekat. Akibatnya sungai yang seharusnya menjadi tempat ekosistem hewan air menjadi tercemar dan kotor.
6.Lingkungan Kumuh
Lingkungan yang kumuh akan mempengaruhi kesehatan orang-orang yang tinggal di dalamnya. Lingkungan yang kumuh bukan hanya terlihat berantakan dan kotor, tapi juga banyak sampah, banyak lumpur, yang akan memberi kesan pada tempat lainnya yang sebenarnya rapih dan bersih.
Maka dari itu kita harus selalu menjaga lingkungan kita agar selalu bersih dan kita dapat terhindar dari penyakit yang berbahaya yaa anak-anak shalih dan shaliha, aamiin

Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik. 
Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini? 
Apa yang telah kalian pelajari hari ini? 
Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia.
Terimakasih atas kerjasama nya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.
Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa terlebih dahulu.
Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang baik di rumah bersama keluarga kalian ya…
Ibu guru akhiri, Wassalamu’alaikumWr.Wb. ^

Rabu, 26 Juli 2023

KELAS 1 MATERI BAHASA INDONESIA, RABU 26 JULI 2023

Hari/Tanggal                      : Rabu, 26 Juli 2023        
Satuan Pendidikan            : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung                       
Fase/Kelas                         : A/1                  
BAB/Tema                          : Bunyi apa? /Bunyi dan Panca indra          
Materi                                 : Persiapan Membaca Pembelajaran                     :
Persiapan Menulis    


Assalamualaikum anak sholih/ah..    
Bagaimana kabarnya hari ini anak sholeh dan sholehah?                                                           
Semoga semua sehat selalu, dalam lindungan Allah subhanahu wata'ala ya sayang..                
Ayo anak ibu guru,  sudah siap semua untuk belajar hari ini?   
Hari ini kita akan belajaran mata pelajaran bahasa Indonesia, tujuan pembelajaranya yaitu dengan menyimak dan menanggapi bacaan tentang bunyi dan pancaindra secara lisan, peserta didik dapat mengamati gambar di bawah ini:
Sekarang, diskusikan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan 
berikut. 
1. Apa yang diceritakan pada gambar di atas?
2. Mengapa judul gambar itu “Pagi yang Sibuk”?
3. Ada berapa orang pada gambar itu? 
4.Ada berapa binatang pada gambar itu?
5. Bagaimana suasana pagi hari di rumah kalian? 

MENIRUKAN DAN MELAKUKAN
kita mencocokkan dan menirukan suara binatang. 
Ikuti petunjuk guru. 
Tunjuk binatang yang berbunyi seperti ini:
Dapatkah kalian menirukan bunyi binatang-binatang itu? Tirukan juga cara mereka berjalan.Lalu, hitung jumlah kaki setiap binatang itu.

BERBICARA
Jawablah pertanyaan-pertanyaan yang dibacakan guru berikut ini.
1. Bunyi apa yang kalian dengar:
a. Pada siang hari?
b. Pada malam hari?
1. Mana yang lebih kalian sukai, siang atau malam hari?Mengapa?
2. Amati gambar-gambar ini.
Tunjuklah gambar yang menunjukkan suara keras.
Tunjuklah gambar yang menunjukkan suara pelan.

MENYIMAK
Simaklah dan ikuti Guru untuk menyimak nya! 
MENULIS
Kalian akan berlatih menulis.
Peganglah pensil dengan benar. 
Saat menulis, duduk yang tegak.

MEMBACA
Membaca Kartu Kata                                        
1. Ikuti guru membaca kata-kata yang berawalan suku kata
‘ba-’, ‘bu-’, dan ‘be-’.
2. Dapatkah kalian menyebutkan kata-kata lain yang memiliki
suku kata ‘ba-’, ‘bu-’, dan ‘be-’
BERBICARA 
Kalian akan mendiskusikan arti kata ‘sibuk’.
Lihat dua gambar di bawah.
Jawablah pertanyaan-pertanyaan ini.
1. Pasar mana yang terlihat sibuk?
2. Apa yang kalian lihat pada gambar pasar yang sibuk?
3. Apa bedanya pasar yang sibuk dan pasar yang tidak sibuk

PENUTUP
Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.                    
Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini?
 Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini?
 Apa yang telah kalian pelajari hari ini? 
Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia.
Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.
Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa.
Yuk sebelum berdoa kita tepuk jari terlebih dahulu!T etap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang baik di rumah bersama keluarga kalian ya…
Ibu guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.