Rabu, 09 Maret 2022

KELAS I TEMA 7 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 4, RABU 09 MARET 2022

 MATERI PEMBELAJARAN

 


Hari/ Tanggal : Rabu, 09 Maret 2022

Tema 7             : Benda, Hewan, dan Tanaman di Sekitarku

Subtema 2     : Hewan di Sekitarku

Pembelajaran : 4


Assalamualaikum Wr. Wb.

Anak-anak sudah siap belajar hari ini? Ayo, jangan lupa cuci tangan terlebih dahulu ya dengan sabun pada air mengalir sebelum dan sesudah memulai kegiatan! Nah, kalau sudah cuci tangan, mari kita bersiap memulai pembelajaran hari ini. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini! Mintalah bantuan kepada ayah/bunda untuk mendampingi selama melakukan kegiatan pembelajaran, ya! Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan.



Ayo Berdiskusi

Kamu sudah berlatih menirukan gerak hewan. 

Cobalah berlatih menirukan gerak kucing sesuai lagu berikut. 

Diskusikan bersama temanmu sesuai dengan lirik lagu. 

Tampilkan gerakan tersebut di depan teman-temanmu.



Ayo Menari

 

Masih ingatkah kamu dengan tarian kelinci? 

Bagaimana cara kamu memperagakan gerak kucing sesuai lirik lagu?

Buatlah ungkapan pemberitahuan. 

Isi ungkapan mengenai gerak kucing yang kamu tiru. 

Lakukan kegiatan secara berpasangan. 

Sampaikan secara langsung ungkapan pemberitahuan kepada temanmu. 

Tulislah kalimat yang disampaikan temanmu setelah mendengarkan ungkapan pemberitahuan yang kamu sampaikan. 

Lakukan secara bergantian. 

 

Contoh

 

 

 

Ayo Mencoba

Masih ingatkah kamu dengan cara katak meloncat? 

Tahukah kamu hewan apa lagi yang bisa meloncat?

Cobalah menemukan hewan yang bergerak dengan cara meloncat. 

Tirukan cara meloncat dan berputar hewan pilihanmu.

 

Cara menirukan gerak meloncat sebagai berikut.

 

Cara menirukan gerak memutar badan.



Tugas

Naahh.. setelah anak-anak memahami materi di atas, silahkan anak-anak menyelesaikan latihan yang ada di Modul Tematik halaman 62 - 63 bagian I.

Silahkan anak-anak menyelesaikannya dalam link Googleform di bawah ini ya.. ^,^

https://forms.gle/Wa8FuJ86VMgBAbgQ8

 

Selamat mengerjakan! 

Jangan lupa ucapkan terima kasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah hari ini! Mari, kita akhiri kegiatan belajar di rumah hari ini dengan membaca doa sesudah belajar. Terima kasih.. Sampai jumpa besok yaa sholih shaliha.

 

Wassalamualaikum Wr. Wb.


Selasa, 08 Maret 2022

KELAS I TEMA 7 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 3, SELASA 08 MARET 2022

 MATERI PEMBELAJARAN

 


Hari/ Tanggal : Selasa, 08 Maret 2022

Tema 7             : Benda, Hewan, dan Tanaman di Sekitarku

Subtema 2         : Hewan di Sekitarku

Pembelajaran : 3


Assalamualaikum Wr. Wb.

Anak-anak sudah siap belajar hari ini? Ayo, jangan lupa cuci tangan terlebih dahulu ya dengan sabun pada air mengalir sebelum dan sesudah memulai kegiatan! Nah, kalau sudah cuci tangan, mari kita bersiap memulai pembelajaran hari ini. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini! Mintalah bantuan kepada ayah/bunda untuk mendampingi selama melakukan kegiatan pembelajaran, ya! Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan.



Ayo Mengamati

 

Pergi ke Kebun Binatang

Hari minggu Siti dan keluarga pergi ke kebun binatang.

Siti melihat banyak hewan di sana. 

Ada gajah, rusa, jerapah, dan harimau. 

Siti ingin memberi makanan pada hewan tersebut. 

Tetapi petugas kebun binatang tidak mengizinkannya. 

Hewan memiliki jadwal makan tertentu. 

Makanan hewan pun tidak sembarangan. 

Siti ingin sekali menyentuh tubuh monyet.

Namun, petugas pun melarangnya. 

Petugas melarang pengunjung mendekati hewan karena berbahaya. 

Siti patuh pada peraturan yang ada di kebun binatang.

 

 Ayo Bermain Peran

Perhatikan teks percakapan berikut ini. 

Perankan sesuai teks bersama teman-temanmu.

 

 

Ayo Berlatih

 

Petugas kebun binatang membuat banyak papan pemberitahuan. 

Papan pemberitahuan ditulis dengan baik dan jelas. 

Papan pemberitahuan dipasang di tempat yang diperlukan. 

Papan pemberitahuan membantu pengunjung untuk memahami peraturan dan lokasi. 

Beni berjalan menuju kandang harimau. 

Beni berjalan sesuai arah yang ditunjukkan pada papan petunjuk. 

Setelah sampai, Beni melihat kandang harimau berseberangan dengan kandang  beruang. 

Kemudian Beni menghitung jumlah hewan di kandang. 

Beni juga membandingkan banyaknya hewan tersebut.

 

Cermati gambar berikut ini dengan saksama.

 

Ada 9 ekor harimau, 13 ekor beruang, dan 40 ekor burung. 

Hewan yang paling banyak adalah burung. 

Hewan yang paling sedikit adalah harimau. 

Banyaknya beruang lebih banyak dari harimau, tetapi lebih sedikit dari burung. 

Urutan hewan dari yang paling banyak adalah burung, beruang, dan harimau. 

Urutan hewan dari yang paling sedikit adalah harimau, beruang, dan burung.

 

 

Perhatikan gambar di bawah.

Isilah titik-titik dengan jawaban yang benar.

Ada 35 ekor ulat,  15 ekor kupu-kupu, dan 45 ekor ikan. 

Hewan yang paling banyak adalah ikan.

Hewan yang paling sedikit adalah kupu-kupu.

Ikan lebih banyak dari ulat.  

Kupu-kupu  lebih sedikit dari ulat.

Urutan hewan dari yang paling banyak adalah  ikan, ulat, dan kupu-kupu.

Urutan hewan dari yang paling sedikit adalah  kupu-kupu, ulat, dan ikan       

 

Nahhh… sekarang silahkan anak-anak menyelesaikan latihan di bawah ini ya.

Seperti contoh di atas ^,^

 



TUGAS

1. 


2. 


3. 


4. 



Selamat mengerjakan! 

Jangan lupa ucapkan terima kasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah hari ini! Mari, kita akhiri kegiatan belajar di rumah hari ini dengan membaca doa sesudah belajar. Terima kasih.. Sampai jumpa besok yaa sholih shaliha.

 

Wassalamualaikum Wr. Wb.


 


Senin, 07 Maret 2022

KELAS I TEMA 7 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 1&2, SENIN 07 MARET 2022

 MATERI PEMBELAJARAN

 


Hari/ Tanggal : Senin, 07 Maret 2022

Tema 7             : Benda, Hewan, dan Tanaman di Sekitarku

Subtema 2     : Hewan di Sekitarku

Pembelajaran : 1 dan 2


Assalamualaikum Wr. Wb.

Anak-anak sudah siap belajar hari ini? Ayo, jangan lupa cuci tangan terlebih dahulu ya dengan sabun pada air mengalir sebelum dan sesudah memulai kegiatan! Nah, kalau sudah cuci tangan, mari kita bersiap memulai pembelajaran hari ini. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini! Mintalah bantuan kepada ayah/bunda untuk mendampingi selama melakukan kegiatan pembelajaran, ya! Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan.



Hewan merupakan benda hidup. 

Benda hidup disebut juga makhluk hidup. 

Ada banyak jenis hewan di sekitar kita. 

Ada hewan peliharaan dan ada hewan liar. 

Tempat tinggalnya berbeda-beda. 

Ukuran badannya berbeda. 

Cara bergeraknya pun berbeda. 

Hewan termasuk makhluk hidup ciptaan Tuhan. 

Hewan peliharaan harus dirawat dan disayangi.

 

 

Ayo Mengamati

 

 

Hewan Peliharaan Beni

 

Kucing merupakan hewan yang ada di sekitar kita. 

Ada kucing yang berkeliaran di luar rumah. 

Ada kucing yang dipelihara di dalam rumah. 

Beni memiliki kucing peliharaan. 

Beni sangat menyayangi kucing tersebut. 

Beni selalu merawat kucingnya. 

Setiap hari Beni memberi makan dan minum. 

Beni juga membersihkan badan dan kukunya. 

Kucing Beni bersih dan sehat. 

Beni senang bermain bersamanya. 

Hewan peliharaan harus dirawat dengan baik.

 

 

Perhatikan gambar kandang kucing peliharaan Beni berikut ini.

Beni memberikan tulisan pemberitahuan di sebelah kandang kucingnya. 

Perhatikan tulisan tersebut. 

Beni ingin memberitahukan kepada yang lain agar tidak memberi makan kucing sembarangan. 

Beni memberi makan kucingnya dengan teratur. 

Makanan yang diberikan untuk kucing tidak sembarangan. 

Hanya Beni yang boleh memberi makanan pada kucingnya. 

Semua anggota keluarga mengikuti saran Beni.

 

Sekarang perhatikan gambar berikut.

 

Apa pemberitahuan yang ingin disampaikan melalui gambar tersebut? 

Iya benar sekali. Tanda tersebut adalah tanda bahwa kita di suatu tempat tidak diperbolehkan membawa hewan peliharaan. Seperti halnya jika kita naik pesawat.

 

Naaahh sekarang anak-anak perhatikan gambar berikut!

 

Hewan memiliki cara bergerak yang berbeda-beda. 

Lakukan permainan tebak gerak secara berkelompok. 

Ciptakan sendiri gerakan menirukan hewan. 

Kemudian mintalah temanmu untuk menebak hewan yang kamu maksud.

 

 

Ayo Menari

Sekarang cobalah menirukan gerak kelinci seperti contoh berikut. 

Gerakan pertama

Gerakan pertama menirukan posisi berdiri kelinci. 

Kedua tangan diletakkan di samping telinga. 

Kaki sedikit ditekuk.

 

Gerakan kedua

Gerakan kedua menirukan gerak kelinci melompat. 

Kedua tangan diletakkan di samping telinga. 

Kaki sedikit ditekuk. 

Lompat ke kanan satu langkah. 

Lalu lompat ke kiri satu langkah

 

Gerakan ketiga

Gerakan ketiga menirukan gerakan kepala kelinci. 

Kedua tangan diletakkan di samping telinga. 

Kaki sedikit ditekuk. 

Kepala menengok ke kiri satu kali. 

Kepala menengok ke kanan satu kali.

 

 Gerakan keempat

 

Gerakan keempat menirukan gerakan badan kelinci. 

Kedua tangan diletakkan di samping telinga. 

Kaki sedikit ditekuk. 

Kemudian badan digoyang ke kiri dan ke kanan.

 

Lakukan gerakan sesuai urutan berikut. 

1. Lompat ke kanan 

2. Lompat ke kiri 

3. Lompat ke kanan 

4. Goyang kepala 

 

Ulangi gerakan dengan urutan sebagai berikut. 

1. Lompat ke kanan 

2. Lompat ke kiri 

3. Lompat ke kanan 

4. Goyang badan 

 

Gunakan aba-aba berikut. 

Kanan – kiri – kanan – goyang-goyang 

Cobalah membuat gerakan sesuai imajinasimu.

 

 

Ayo Mengamati

 Tempat Tinggal Hewan

Udin, Edo, dan Beni sedang membaca buku  tentang hewan. 

Mereka mengamati gambar tempat tinggal hewan. 

Hewan tinggal di tempat yang berbeda. 

Ada hewan yang tinggal di darat. 

Contohnya ayam, kelinci, dan kucing. 

Ada hewan yang tinggal di air. 

Contohnya ikan.

 

Ada pula hewan yang dapat tinggal di air dan di darat. 

Contohnya katak. 

Namun Udin merasa bingung menentukan tempat tinggal kera. 

Menurut Beni,  kera tinggal di darat. 

Namun menurut Edo, kera tinggal di pohon. 

Bagaimana pendapatmu?

 

Tugas

Cetak lah gambar dibawah ini

Tariklah garis untuk menghubungkan hewan dengan tempat tinggal dan makanannya

 

Selamat mengerjakan! 

Jangan lupa ucapkan terima kasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah hari ini! Mari, kita akhiri kegiatan belajar di rumah hari ini dengan membaca doa sesudah belajar. Terima kasih.. Sampai jumpa besok yaa sholih shaliha.

 

Wassalamualaikum Wr. Wb.