Senin, 07 Maret 2022

KELAS I TEMA 7 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 1&2, SENIN 07 MARET 2022

 MATERI PEMBELAJARAN

 


Hari/ Tanggal : Senin, 07 Maret 2022

Tema 7             : Benda, Hewan, dan Tanaman di Sekitarku

Subtema 2     : Hewan di Sekitarku

Pembelajaran : 1 dan 2


Assalamualaikum Wr. Wb.

Anak-anak sudah siap belajar hari ini? Ayo, jangan lupa cuci tangan terlebih dahulu ya dengan sabun pada air mengalir sebelum dan sesudah memulai kegiatan! Nah, kalau sudah cuci tangan, mari kita bersiap memulai pembelajaran hari ini. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini! Mintalah bantuan kepada ayah/bunda untuk mendampingi selama melakukan kegiatan pembelajaran, ya! Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan.



Hewan merupakan benda hidup. 

Benda hidup disebut juga makhluk hidup. 

Ada banyak jenis hewan di sekitar kita. 

Ada hewan peliharaan dan ada hewan liar. 

Tempat tinggalnya berbeda-beda. 

Ukuran badannya berbeda. 

Cara bergeraknya pun berbeda. 

Hewan termasuk makhluk hidup ciptaan Tuhan. 

Hewan peliharaan harus dirawat dan disayangi.

 

 

Ayo Mengamati

 

 

Hewan Peliharaan Beni

 

Kucing merupakan hewan yang ada di sekitar kita. 

Ada kucing yang berkeliaran di luar rumah. 

Ada kucing yang dipelihara di dalam rumah. 

Beni memiliki kucing peliharaan. 

Beni sangat menyayangi kucing tersebut. 

Beni selalu merawat kucingnya. 

Setiap hari Beni memberi makan dan minum. 

Beni juga membersihkan badan dan kukunya. 

Kucing Beni bersih dan sehat. 

Beni senang bermain bersamanya. 

Hewan peliharaan harus dirawat dengan baik.

 

 

Perhatikan gambar kandang kucing peliharaan Beni berikut ini.

Beni memberikan tulisan pemberitahuan di sebelah kandang kucingnya. 

Perhatikan tulisan tersebut. 

Beni ingin memberitahukan kepada yang lain agar tidak memberi makan kucing sembarangan. 

Beni memberi makan kucingnya dengan teratur. 

Makanan yang diberikan untuk kucing tidak sembarangan. 

Hanya Beni yang boleh memberi makanan pada kucingnya. 

Semua anggota keluarga mengikuti saran Beni.

 

Sekarang perhatikan gambar berikut.

 

Apa pemberitahuan yang ingin disampaikan melalui gambar tersebut? 

Iya benar sekali. Tanda tersebut adalah tanda bahwa kita di suatu tempat tidak diperbolehkan membawa hewan peliharaan. Seperti halnya jika kita naik pesawat.

 

Naaahh sekarang anak-anak perhatikan gambar berikut!

 

Hewan memiliki cara bergerak yang berbeda-beda. 

Lakukan permainan tebak gerak secara berkelompok. 

Ciptakan sendiri gerakan menirukan hewan. 

Kemudian mintalah temanmu untuk menebak hewan yang kamu maksud.

 

 

Ayo Menari

Sekarang cobalah menirukan gerak kelinci seperti contoh berikut. 

Gerakan pertama

Gerakan pertama menirukan posisi berdiri kelinci. 

Kedua tangan diletakkan di samping telinga. 

Kaki sedikit ditekuk.

 

Gerakan kedua

Gerakan kedua menirukan gerak kelinci melompat. 

Kedua tangan diletakkan di samping telinga. 

Kaki sedikit ditekuk. 

Lompat ke kanan satu langkah. 

Lalu lompat ke kiri satu langkah

 

Gerakan ketiga

Gerakan ketiga menirukan gerakan kepala kelinci. 

Kedua tangan diletakkan di samping telinga. 

Kaki sedikit ditekuk. 

Kepala menengok ke kiri satu kali. 

Kepala menengok ke kanan satu kali.

 

 Gerakan keempat

 

Gerakan keempat menirukan gerakan badan kelinci. 

Kedua tangan diletakkan di samping telinga. 

Kaki sedikit ditekuk. 

Kemudian badan digoyang ke kiri dan ke kanan.

 

Lakukan gerakan sesuai urutan berikut. 

1. Lompat ke kanan 

2. Lompat ke kiri 

3. Lompat ke kanan 

4. Goyang kepala 

 

Ulangi gerakan dengan urutan sebagai berikut. 

1. Lompat ke kanan 

2. Lompat ke kiri 

3. Lompat ke kanan 

4. Goyang badan 

 

Gunakan aba-aba berikut. 

Kanan – kiri – kanan – goyang-goyang 

Cobalah membuat gerakan sesuai imajinasimu.

 

 

Ayo Mengamati

 Tempat Tinggal Hewan

Udin, Edo, dan Beni sedang membaca buku  tentang hewan. 

Mereka mengamati gambar tempat tinggal hewan. 

Hewan tinggal di tempat yang berbeda. 

Ada hewan yang tinggal di darat. 

Contohnya ayam, kelinci, dan kucing. 

Ada hewan yang tinggal di air. 

Contohnya ikan.

 

Ada pula hewan yang dapat tinggal di air dan di darat. 

Contohnya katak. 

Namun Udin merasa bingung menentukan tempat tinggal kera. 

Menurut Beni,  kera tinggal di darat. 

Namun menurut Edo, kera tinggal di pohon. 

Bagaimana pendapatmu?

 

Tugas

Cetak lah gambar dibawah ini

Tariklah garis untuk menghubungkan hewan dengan tempat tinggal dan makanannya

 

Selamat mengerjakan! 

Jangan lupa ucapkan terima kasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah hari ini! Mari, kita akhiri kegiatan belajar di rumah hari ini dengan membaca doa sesudah belajar. Terima kasih.. Sampai jumpa besok yaa sholih shaliha.

 

Wassalamualaikum Wr. Wb.


 


Jumat, 04 Maret 2022

KELAS I TEMA 7 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 5&6, JUM'AT 04 MARET 2022

 MATERI PEMBELAJARAN

 


Hari/ Tanggal : Jum’at, 04 Maret 2022

Tema 7             : Benda, Hewan, dan Tanaman di Sekitarku

Subtema 1     : Benda Hidup dan Tak Hidup di Sekitarku

Pembelajaran : 5 dan 6


Assalamualaikum Wr. Wb.

Anak-anak sudah siap belajar hari ini? Ayo, jangan lupa cuci tangan terlebih dahulu ya dengan sabun pada air mengalir sebelum dan sesudah memulai kegiatan! Nah, kalau sudah cuci tangan, mari kita bersiap memulai pembelajaran hari ini. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini! Mintalah bantuan kepada ayah/bunda untuk mendampingi selama melakukan kegiatan pembelajaran, ya! Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan.



Ayo Mengamati 

Perhatikan gambar berikut ini.

 

Benda hidup dapat berkembang biak. 

Benda tak hidup tidak dapat berkembang biak. 

Berkembang biak untuk mendapatkan keturunan. 

Berkembang biak juga untuk memperbanyak jumlahnya. 

Tujuan berkembang biak agar benda hidup terjaga kelestariannya.

 

 

Ayo Berlatih

Ayam berkembang biak dengan cara bertelur. 

Ayam biasanya bertelur sehari hanya satu butir. 

Mari menghitung banyaknya telur dalam gambar berikut ini.

 

Banyaknya telur adalah 47. 

Telur diletakkan di dalam keranjang besar dan keranjang kecil. 

Ada 4 keranjang besar dan 7 keranjang kecil. 

Keranjang besar dianggap sebagai keranjang puluhan. 

Keranjang kecil dianggap sebagai keranjang satuan. 

Jadi, 47 = 40 + 7

47 = 4 puluhan + 7 satuan 

4 menempati tempat puluhan 7 menempati tempat satuan 

Jika dituliskan dalam nilai tempat adalah seperti berikut.

47 

47 ditulis empat puluh tujuh.

 

Jadi, 47 = 40 + 7 

4 menempati puluhan. 

7 menempati satuan.

 

 

Ayo Berlatih

Aneka jenis permainan termasuk benda tak hidup. 

Boneka, mobil-mobilan, dan kartu adalah benda tak hidup. 

Dadu pun termasuk benda tak hidup. 

Mari, mencoba membuat dadu. 

Kegiatan membuat dadu untuk berlatih menentukan nilai tempat suatu bilangan.

 

Pertama-tama guntinglah pola dadu berikut.

Kemudian rekatkan dengan lem sehingga membentuk dadu.

 

 

 

 

 

Tugas

Selesaikan latihan yang ada di buku Lalisba halaman 17 ya Nak ^,^


Rabu, 02 Maret 2022

KELAS I TEMA 7 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 3&4, RABU 02 MARET 2022

 MATERI PEMBELAJARAN

 


Hari/ Tanggal : Rabu, 02 Maret 2022

Tema 7             : Benda, Hewan, dan Tanaman di Sekitarku

Subtema 1     : Benda Hidup dan Tak Hidup di Sekitarku

Pembelajaran : 3 dan 4


Assalamualaikum Wr. Wb.

Anak-anak sudah siap belajar hari ini? Ayo, jangan lupa cuci tangan terlebih dahulu ya dengan sabun pada air mengalir sebelum dan sesudah memulai kegiatan! Nah, kalau sudah cuci tangan, mari kita bersiap memulai pembelajaran hari ini. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini! Mintalah bantuan kepada ayah/bunda untuk mendampingi selama melakukan kegiatan pembelajaran, ya! Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan.



Ayo Berlatih

Apakah kamu sudah dapat membedakan antara benda hidup dan benda tak hidup? 

Mari kita amati gambar benda pada simbol sila-sila Pancasila. 

Berilah tanda centang () pada kolom yang sesuai.

 

Masih ingatkah kamu dengan bunyi sila ke-4 Pancasila?

Iya benar, “Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan”.

 

Perhatikan simbol Pancasila berikut ini. 

Manakah gambar yang menunjukkan simbol sila ke-4 Pancasila?

 

Yaa… benar, “Kepala Banteng”

Gambar kepala banteng adalah gambar buatan manusia. 

Gambar kepala banteng adalah simbol sila ke-4 Pancasila. 

Banteng merupakan hewan ciptaan Tuhan. 

 

Banteng termasuk salah satu contoh benda hidup. 

Benda hidup dapat bergerak dan membutuhkan makanan.

 

 

Ayo Mengamati

Amati perubahan benda pada gambar berikut ini.

 

Benda hidup dapat tumbuh besar. 

Benda hidup dapat bertambah berat dan tinggi.

Tinggi badan kita bertambah sejak bayi hingga sekarang.

 

Hewan dan tumbuhan juga dapat bertambah tinggi. 

Benda tak hidup tidak dapat tumbuh besar. 

Benda-benda dapat memiliki tinggi yang berbeda-beda.

 

 

 

Ayo Berlatih

 C:\Users\User\Downloads\WhatsApp Image 2022-02-07 at 11.08.10.jpeg

 

 

Tugas

Tolong tugasnya di print kemudian di kerjakan dan di tempel ke buku tematiknya ya sayang!


C:\Users\User\Downloads\WhatsApp Image 2022-02-07 at 11.10.35.jpeg

 

 

Selamat mengerjakan! 

Jangan lupa ucapkan terima kasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah hari ini! Mari, kita akhiri kegiatan belajar di rumah hari ini dengan membaca doa sesudah belajar. Terima kasih.. Sampai jumpa besok yaa sholih shaliha.

 

Wassalamualaikum Wr. Wb.



Selasa, 01 Maret 2022

KELAS I TEMA 7 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 1&2, SELASA 01 MARET 2022

     MATERI PEMBELAJARAN

 


Hari/ Tanggal : Selasa, 01 Maret 2022

Tema 7             : Benda, Hewan, dan Tanaman di Sekitarku

Subtema 1     : Benda Hidup dan Tak Hidup di Sekitarku

Pembelajaran : 1 dan 2


Assalamualaikum Wr. Wb.

Anak-anak sudah siap belajar hari ini? Ayo, jangan lupa cuci tangan terlebih dahulu ya dengan sabun pada air mengalir sebelum dan sesudah memulai kegiatan! Nah, kalau sudah cuci tangan, mari kita bersiap memulai pembelajaran hari ini. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini! Mintalah bantuan kepada ayah/bunda untuk mendampingi selama melakukan kegiatan pembelajaran, ya! Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan.



Udin dan teman-teman pergi bersama ke sekolah. 

Mereka mengenakan seragam dengan rapi dan lengkap. 

Topi termasuk bagian dari seragam yang harus dikenakan. 

Topi dan seragam merupakan contoh benda tak hidup. 

Apakah kamu suka mengenakan topi? 

Tahukah kamu lagu Topi Saya Bundar? 

Coba nyanyikan lagu Topi Saya Bundar bersama teman-temanmu.

 

 

Perhatikan lirik lagu tersebut. 

Apakah topimu juga berbentuk bundar? 

Kemudian perhatikan tanda yang ada di bawah syair lagu berikut ini.

 

Dapatkah kamu membedakan antara lirik lagu yang diberi tanda pendek () dan panjang ()?          

Diskusikan bersama temanmu. 

Apa saja benda yang memiliki kesamaan dengan topi?

 

 

Ayo Berlatih

Mari, belajar mengenali benda-benda di sekitar kita. 

Amati gambar di bawah ini.

 

Apa saja benda hidup yang ada di sekitarmu? 

Apa saja benda tak hidup yang ada di sekitarmu? 

Coba kelompokkan benda-benda tersebut berdasarkan cirinya.

 

Perhatikan gambar benda-benda berikut.

Dari benda-benda di atas, apakah anak-anak mengetahui mana saja benda yang hidup dan benda ya mati?

Ya benar sekali anak-anak Ibu Guru..

Yang merupakan benda hidup adalah Edo, Lani, Udin, Anak bebek

Yang merupakan benda tak hidup adalah Tiang bendera, gedung sekolah, sepeda, boneka, mobil-mobilan dan garuda Pancasila.  

 

 

Ayo Mengamati

Benda-benda di kelas harus kita pelihara dengan baik. 

Kegiatan memelihara benda dengan baik termasuk perbuatan yang terpuji. 

Berikut ini adalah lambang negara kita yaitu Garuda Pancasila.

Lambang negara biasa dipajang pada dinding kelas. 

Pada lambang negara tersebut terdapat sila-sila Pancasila. 

Kamu sudah mengetahui sila ke-1 sampai sila ke-3 pada pembelajaran sebelumnya.

Sekarang, mari kita mengenal simbol dan bunyi sila ke-4 Pancasila. 

Simbol sila ke-4 Pancasila adalah kepala banteng.

 

Bacalah dengan nyaring!

Udin dan Lani bermain bersama. 

Udin membawa kucing peliharaannya. 

Lani membawa boneka kesayangannya. 

Setiap hari Udin memberi makan kucingnya. 

Semakin lama tubuh kucing tumbuh besar. 

Udin sering mengajak kucingnya berjalan-jalan di taman. 

Udin merawat kucingnya setiap hari. 

Lani tidak perlu memberi makan bonekanya.

Lani membersihkan bonekanya setiap hari.

 

 

 

Tugas

Tugasnya tolong di print dan di kerjakan lalu di tempel ke buku latihannya ya sayang!

C:\Users\User\Downloads\WhatsApp Image 2022-02-07 at 10.54.22.jpeg

 

 

Selamat mengerjakan! 

Jangan lupa ucapkan terima kasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah hari ini! Mari, kita akhiri kegiatan belajar di rumah hari ini dengan membaca doa sesudah belajar. Terima kasih.. Sampai jumpa besok yaa sholih shaliha.

 

Wassalamualaikum Wr. Wb.