MATERI PEMBELAJARAN
Hari/ Tanggal : Selasa, 01 Maret 2022
Tema 7 : Benda, Hewan, dan Tanaman di Sekitarku
Subtema 1 : Benda Hidup dan Tak Hidup di Sekitarku
Pembelajaran : 1 dan 2
Assalamualaikum Wr. Wb.
Anak-anak sudah siap belajar hari ini? Ayo, jangan lupa cuci tangan terlebih dahulu ya dengan sabun pada air mengalir sebelum dan sesudah memulai kegiatan! Nah, kalau sudah cuci tangan, mari kita bersiap memulai pembelajaran hari ini. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini! Mintalah bantuan kepada ayah/bunda untuk mendampingi selama melakukan kegiatan pembelajaran, ya! Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan.
Udin dan teman-teman pergi bersama ke sekolah.
Mereka mengenakan seragam dengan rapi dan lengkap.
Topi termasuk bagian dari seragam yang harus dikenakan.
Topi dan seragam merupakan contoh benda tak hidup.
Apakah kamu suka mengenakan topi?
Tahukah kamu lagu Topi Saya Bundar?
Coba nyanyikan lagu Topi Saya Bundar bersama teman-temanmu.
Perhatikan lirik lagu tersebut.
Apakah topimu juga berbentuk bundar?
Kemudian perhatikan tanda yang ada di bawah syair lagu berikut ini.
Dapatkah kamu membedakan antara lirik lagu yang diberi tanda pendek () dan panjang ()?
Diskusikan bersama temanmu.
Apa saja benda yang memiliki kesamaan dengan topi?
Ayo Berlatih
Mari, belajar mengenali benda-benda di sekitar kita.
Amati gambar di bawah ini.
Apa saja benda hidup yang ada di sekitarmu?
Apa saja benda tak hidup yang ada di sekitarmu?
Coba kelompokkan benda-benda tersebut berdasarkan cirinya.
Perhatikan gambar benda-benda berikut.
Dari benda-benda di atas, apakah anak-anak mengetahui mana saja benda yang hidup dan benda ya mati?
Ya benar sekali anak-anak Ibu Guru..
Yang merupakan benda hidup adalah Edo, Lani, Udin, Anak bebek.
Yang merupakan benda tak hidup adalah Tiang bendera, gedung sekolah, sepeda, boneka, mobil-mobilan dan garuda Pancasila.
Ayo Mengamati
Benda-benda di kelas harus kita pelihara dengan baik.
Kegiatan memelihara benda dengan baik termasuk perbuatan yang terpuji.
Berikut ini adalah lambang negara kita yaitu Garuda Pancasila.
Lambang negara biasa dipajang pada dinding kelas.
Pada lambang negara tersebut terdapat sila-sila Pancasila.
Kamu sudah mengetahui sila ke-1 sampai sila ke-3 pada pembelajaran sebelumnya.
Sekarang, mari kita mengenal simbol dan bunyi sila ke-4 Pancasila.
Simbol sila ke-4 Pancasila adalah kepala banteng.
Bacalah dengan nyaring!
Udin dan Lani bermain bersama.
Udin membawa kucing peliharaannya.
Lani membawa boneka kesayangannya.
Setiap hari Udin memberi makan kucingnya.
Semakin lama tubuh kucing tumbuh besar.
Udin sering mengajak kucingnya berjalan-jalan di taman.
Udin merawat kucingnya setiap hari.
Lani tidak perlu memberi makan bonekanya.
Lani membersihkan bonekanya setiap hari.
Tugas
Tugasnya tolong di print dan di kerjakan lalu di tempel ke buku latihannya ya sayang!
Selamat mengerjakan!
Jangan lupa ucapkan terima kasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah hari ini! Mari, kita akhiri kegiatan belajar di rumah hari ini dengan membaca doa sesudah belajar. Terima kasih.. Sampai jumpa besok yaa sholih shaliha.
Wassalamualaikum Wr. Wb.