Selasa, 22 Februari 2022

KELAS I TEMA 6 SUBTEMA 4 PEMBELAJARAN 3, SELASA 22 FEBRUARI 2022

 MATERI PEMBELAJARAN

 


Hari/ Tanggal : Selasa, 22 Februari 2022

Tema 6             : Lingkungan Bersih, Sehat dan Asri

Subtema 4         : Bekerja Sama Menjaga Kebersihan dan Kesehatan Lingkungan

Pembelajaran : 3


Assalamualaikum Wr. Wb.

Anak-anak sudah siap belajar hari ini? Ayo, jangan lupa cuci tangan terlebih dahulu ya dengan sabun pada air mengalir sebelum dan sesudah memulai kegiatan! Nah, kalau sudah cuci tangan, mari kita bersiap memulai pembelajaran hari ini. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini! Mintalah bantuan kepada ayah/bunda untuk mendampingi selama melakukan kegiatan pembelajaran, ya! Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan.



Ayo Membaca

Sore hari turun hujan disertai angin. 

Pohon berputar-putar ditiup angin. 

Pohon di dekat rumah Udin patah. 

Daun-daun berserakan. 

Orang-orang bekerja bakti. 

Mereka membersihkan lingkungan. 

Udin mengajak Edo bekerja bakti.



Bacalah percakapan Udin dan Edo berikut ini. 

Udin : Apa yang sedang kamu lakukan, Edo? 

Edo     : Aku baru saja menangkap ayam. Hujan sangat deras. Ayamku lepas dari kandang. 

      Bulu ayam berserakan di mana-mana. Sekarang semua sudah bersih. 

Udin : Betul, Edo. Rumah kita harus bersih. Edo, pohon di dekat rumahku patah. 

      Orang- orang sedang bekerja bakti. Aku ingin mengajakmu bekerja bakti. 

Edo     : Wah, kebetulan. Tugasku sudah selesai.  

  Rumahku sudah bersih. Aku pamit ibuku  dahulu.



Ayo Mencoba


Udin dan teman-temannya ikut bekerja bakti. 

Mereka menyapu daun yang gugur.

Ada juga bunga dan kerikil. 

Mereka mengumpulkannya. 

Lalu mereka menghitungnya. 


Amatilah gambar berikut ini. 

Hitunglah banyak bunga, kerikil, daun di dalam kotak. 

Berapa banyak bunga, kerikil, dan daun di dalam kotak?




Apakah anak-anak sudah menemukan berapa jumlah masing-masing benda di atas?

Iya benar sekali.

Untuk jumlah bunga ada 54 buah.

Untuk jumlah kerang ada 91 buah.

Dan untuk jumlah kerikil ada 94 buah.



Tugas

Naahh.. untuk tugas hari ini, silahkan anak-anak menyelesaikan latihan yang ada di Modul Tematik halaman 45 - 46 bagian I.

Silahkan anak-anak menyelesaikannya dalam link Googleform di bawah ini ya.. ^,^


https://forms.gle/M3so6mAGUruUqMNUA



Selamat mengerjakan! 

Jangan lupa ucapkan terima kasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah hari ini! Mari, kita akhiri kegiatan belajar di rumah hari ini dengan membaca doa sesudah belajar. Terima kasih.. Sampai jumpa besok yaa sholih shaliha.

 

Wassalamualaikum Wr. Wb.



Senin, 21 Februari 2022

KELAS I TEMA 6 SUBTEMA 4 PEMBELAJARAN 1&2, SENIN 21 FEBRUARI 2022

 MATERI PEMBELAJARAN

 


Hari/ Tanggal : Senin, 21 Februari 2022

Tema 6             : Lingkungan Bersih, Sehat dan Asri

Subtema 4         : Bekerja Sama Menjaga Kebersihan dan Kesehatan Lingkungan

Pembelajaran : 1 dan 2


Assalamualaikum Wr. Wb.

Anak-anak sudah siap belajar hari ini? Ayo, jangan lupa cuci tangan terlebih dahulu ya dengan sabun pada air mengalir sebelum dan sesudah memulai kegiatan! Nah, kalau sudah cuci tangan, mari kita bersiap memulai pembelajaran hari ini. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini! Mintalah bantuan kepada ayah/bunda untuk mendampingi selama melakukan kegiatan pembelajaran, ya! Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan.



Ayo Membaca

Teks 1

Bekerja Sama Menjaga Lingkungan

Siti adalah tetanggaku. 

Siti menanam banyak pohon di rumahnya. 

Siti menyapu lingkungan rumahnya setiap hari. 

Siti selalu membersihkan saluran air di depan rumahnya. 

Di halaman rumah tidak ada air tergenang. 

Sampah tersimpan di tempatnya dengan rapi.


Keluarga Siti tetangga yang baik. 

Kami membersihkan saluran air bersama. 

Kami menyiram tanaman bersama.

Kami bekerja sama menjaga lingkungan. 

Aku bersyukur bertetangga dengan Siti.



Teks 2

Bacalah percakapan berikut. 

Ayah : Dari mana, Beni? 

Beni : Dari rumah Edo, ayah.  

  Edo memelihara banyak ayam di rumahnya. 

Ayah : Kita boleh memelihara hewan.

  Hewan peliharaan tidak boleh mengganggu tetangga. Kita harus menjaga lingkungan bersama-sama. 

Beni : Edo memiliki kandang besar. Kandang dibersihkan setiap hari.

Ayah : Hewan adalah makhluk Tuhan. Kita wajib merawatnya. 

  Cucilah tanganmu. Di meja ada pisang rebus.

Beni : Terima kasih, ayah.

Ayah :  Jangan lupa cuci tanganmu sesudah makan. 

Beni :  Baik ayah.


Naahh.. setelah anak-anak membaca 2 teks di atas. Apa yang anak-anak dapat simpulkan? Apakah anak-anak sudah lancar dalam membacanya?

Alhamdulillah…

Bagi yang belum lancar dalam membaca, yuukk tetap semangat berlatih membaca ya sayang ^,^



Ayo Mengamati

Siti selalu menjalankan aturan di lingkungan rumah. 

Amati gambar aturan menjaga lingkungan berikut ini. 

Beri tanda √ jika menunjukkan aturan. 

Beri tanda × jika tidak menunjukkan aturan.




Udara terasa sejuk. 

Beni berkunjung ke rumah Edo. 

Edo memiliki banyak ayam. 

Lingkungan sekitar rumah Edo bersih. 

Keluarga Edo selalu menjaga kebersihan. 

Mereka memiliki kandang ayam yang besar. 

Ayam-ayam itu tidak mengganggu tetangga Edo. 

Beni dan Edo mengamati gerakan ayam. 

Ada yang berjalan, berlari, dan meloncat. 

Saat meloncat, ayam bertolak, melayang, dan mendarat.


Tuliskan gerakan ayam di bawah gambar.

Naahh.. dari bulu-bulu ayam tersebut, ternyata kita bisa membuat kreasi loh anak-anak..

Mau tau bagaimana caranya?

Yuukk simak, penjelasan dan video di bawah ini yaa… ^,^


Ayo Berkreasi

Dayu menghias  pensil  dengan bulu ayam. 

Dayu bekerja sama dengan teman-temannya.

Amati langkah-langkah berikut. 

  1. Siapkan bulu ayam, pensil, lem, kain planel/pita, dan gunting. 

  2. Berikan lem di sekeliling pensil bagian atas. 

  3. Tempelkan bulu ayam pada  bagian yang sudah diberi lem. 

  4. Tempelkan planel atau pita agar rapi. 

  5. Dengan demikian pensil sudah dihias.


Bagaimana, apakah anak-anak sudah memahami langkah-langkahnya?

Jika belum, bisa simak video proses pembuatannya di link beriikut ya sayang.. ^,^


Link Video





Tugas

Silahkan anak-anak dibantu ayah/bunda di rumah untuk membuat kreasi “Menghias Pensil” menggunakan bulu ayam dari kemoceng yang ada di rumah.

Kemudian, kirimkan hasil kreasi kalian paling lambat, esok hari Selasa/22 Februari 2022.


Selamat mengerjakan! 

Jangan lupa ucapkan terima kasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah hari ini! Mari, kita akhiri kegiatan belajar di rumah hari ini dengan membaca doa sesudah belajar. Terima kasih.. Sampai jumpa besok yaa sholih shaliha.

 

Wassalamualaikum Wr. Wb.



Jumat, 18 Februari 2022

KELAS I TEMA 6 SUBTEMA 3 PEMBELAJARAN 6, JUM'AT 18 FEBRUARI 2022

 MATERI PEMBELAJARAN

 


Hari/ Tanggal : Jum’at, 18 Februari 2022

Tema 6             : Lingkungan Bersih, Sehat dan Asri

Subtema 3         : Lingkungan Sekolahku

Pembelajaran : 6


Assalamualaikum Wr. Wb.

Anak-anak sudah siap belajar hari ini? Ayo, jangan lupa cuci tangan terlebih dahulu ya dengan sabun pada air mengalir sebelum dan sesudah memulai kegiatan! Nah, kalau sudah cuci tangan, mari kita bersiap memulai pembelajaran hari ini. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini! Mintalah bantuan kepada ayah/bunda untuk mendampingi selama melakukan kegiatan pembelajaran, ya! Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan.



Ayo Mengamati

Kerja bakti sudah selesai. 

Guru mengajak murid-murid mencari kartu bergambar. 

Guru menyembunyikan beberapa kartu bergambar lambang sila ketiga di halaman sekolah. 

Mereka harus menemukan tiga kartu-kartu bergambar tersebut. 

Kelompok yang paling cepat menjadi pemenang.


Dapatkah kamu menemukan kartu-kartu bergambar tersebut?

Iya pinter anak Ibu Guru… Kartu-kartu tersebut ada di batang pohon, rerumputan, ranting pohon, serta daun-daun..



Tugas

Kerjakan tugas menulis yang ada di buku LALISBA HALAMAN 5!



Selamat mengerjakan! 

Jangan lupa ucapkan terima kasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah hari ini! Mari, kita akhiri kegiatan belajar di rumah hari ini dengan membaca doa sesudah belajar. Terima kasih.. Sampai jumpa besok yaa sholih shaliha.

 

Wassalamualaikum Wr. Wb.



Kamis, 17 Februari 2022

KELAS I TEMA 6 SUBTEMA 3 PEMBELAJARAN 5, KAMIS 17 FEBRUARI 2022

 MATERI PEMBELAJARAN

 


Hari/ Tanggal : Kamis, 17 Februari 2022

Tema 6             : Lingkungan Bersih, Sehat dan Asri

Subtema 3         : Lingkungan Sekolahku

Pembelajaran : 5


Assalamualaikum Wr. Wb.

Anak-anak sudah siap belajar hari ini? Ayo, jangan lupa cuci tangan terlebih dahulu ya dengan sabun pada air mengalir sebelum dan sesudah memulai kegiatan! Nah, kalau sudah cuci tangan, mari kita bersiap memulai pembelajaran hari ini. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini! Mintalah bantuan kepada ayah/bunda untuk mendampingi selama melakukan kegiatan pembelajaran, ya! Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan.



Ayo Berkreasi

Hari ini Udin dan kawan-kawan akan berkampanye kepada warga sekolah. 

Mereka akan melakukan gerakan sekolah bersih dan sehat. 

Mereka akan membuat poster. 

Melalui poster mereka akan menyampaikan pesan. 

Poster tersebut akan dibawa keliling sekolah. 

Harapan mereka, warga sekolah mau melaksanakan pesan yang ada pada poster. 

Berikut ini salah satu contoh posternya.


Melalui poster mereka juga meminta warga sekolah  melakukan hal lain. 

Misalnya mengumpulkan sampah yang masih bisa dimanfaatkan. 

Sebelum dikumpulkan, mereka belajar mengukur berat sampah. 

Namun mereka memerlukan bantuanmu untuk menentukan beratnya.



Ayo Mendengarkan

Dengarkanlah guru / ayah / bunda membaca cerita berikut!


Meminjam Buku di Perpustakaan

Perpustakaan adalah bagian dari lingkungan sekolah.

Semua warga sekolah harus ikut merawatnya.

Aldo : “Bagaimana cara meminjam buku ini?”

Ratih : “Temui Pak Iwan petugas perpustakaan! Dia akan mencatat buku sebelum dipinjamkan.”

Aldo : “Baiklah aku akan menemuinya. Dimanakah meja Pak Iwan?”

Ratih : “Berjalanlah lurus lalu belok ke kanan”.

Aldo : “Terimakasih Ratih. Aku segera ke sana.”


Anak-anak bisa memeragakan Aldo dan Ratih bersama teman atau keluarga di rumah ya…



Tugas




Selamat mengerjakan! 

Jangan lupa ucapkan terima kasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah hari ini! Mari, kita akhiri kegiatan belajar di rumah hari ini dengan membaca doa sesudah belajar. Terima kasih.. Sampai jumpa besok yaa sholih shaliha.

 

Wassalamualaikum Wr. Wb.



Rabu, 16 Februari 2022

KELAS I TEMA 6 SUBTEMA 3 PEMBELAJARAN 4, RABU 16 FEBRUARI 2022

 MATERI PEMBELAJARAN

 


Hari/ Tanggal : Rabu, 16 Februari 2022

Tema 6             : Lingkungan Bersih, Sehat dan Asri

Subtema 3         : Lingkungan Sekolahku

Pembelajaran : 4


Assalamualaikum Wr. Wb.

Anak-anak sudah siap belajar hari ini? Ayo, jangan lupa cuci tangan terlebih dahulu ya dengan sabun pada air mengalir sebelum dan sesudah memulai kegiatan! Nah, kalau sudah cuci tangan, mari kita bersiap memulai pembelajaran hari ini. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini! Mintalah bantuan kepada ayah/bunda untuk mendampingi selama melakukan kegiatan pembelajaran, ya! Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan.



Ayo Mencoba

Keadaan lingkungan yang bersih dan asri tidak didapat begitu saja. 

Kita harus membiasakan diri menjaga kebersihan dan keasrian sekolah.

Oleh karena itu, guru selalu memerintahkan kita membersihkan lingkungan sekolah. 

Kita pun harus mematuhi perintah guru. 

Siti dan teman-temannya juga mematuhi perintah guru. 

Bacalah percakapan mereka di bawah ini. 

Guru : Anak-anak hari ini kita akan kerja bakti. 

      Kita kerja bakti membersihkan lingkungan sekolah. 

Siti     : Setuju Pak. Bagaimana pembagian tugasnya, Pak? 

Guru : Kelompok Siti, sapu halaman sekolah. 

Siti     : Baik, Pak. 

Guru : Kelompok Beni, sapu lantai sekolah ya. 

Beni : Siap, laksanakan Pak. 

Guru : Kelompok Dayu, membersihkan kaca jendela. 

Dayu : Segera kami kerjakan Pak. 

Guru : Selebihnya silakan bersihkan ruang kelas masing-masing. 

Siswa : Baik, Pak. Kamu harus mencontoh sikap mereka.


Mereka melaksanakan tugas dari guru dengan senang hati. 

Sekolah milik bersama, jadi harus dirawat bersama. 

Selesai kerja bakti mereka melanjutkan kegiatan. 

Mereka akan membuat hasil karya. 

Hasil karya digunakan untuk pajangan di kelas. 





Mereka sudah mencetak dan mengeringkan tanah liat. 

Selanjutnya, mereka akan menghias tanah liat tersebut. 

Pak Guru memberi contoh tanah liat cetakan yang sudah dihias.

Mereka mulai bekerja mengikuti langkah-langkah berikut ini. 

Mereka bekerja dengan tertib dan tekun.

Selesai bekerja, mereka merapikan peralatan yang digunakan. 

Mereka juga membersihkan kembali meja kerja mereka.


Tugas

Naahh.. menyimak kegiatan berkreasi Siti dan teman-temannya , silahkan anak-anak menyelesaikan latihan yang ada di Modul Tematik halaman 40 - 41 bagian I.

Silahkan anak-anak menyelesaikannya dalam link Googleform di bawah ini ya.. ^,^

https://forms.gle/Bgr1uhsoo52KL6978



Selamat mengerjakan! 

Jangan lupa ucapkan terima kasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah hari ini! Mari, kita akhiri kegiatan belajar di rumah hari ini dengan membaca doa sesudah belajar. Terima kasih.. Sampai jumpa besok yaa sholih shaliha.

 

Wassalamualaikum Wr. Wb.