Selasa, 15 Februari 2022

KELAS I TEMA 6 SUBTEMA 3 PEMBELAJARAN 3, SELASA 15 FEBRUARI 2022

 MATERI PEMBELAJARAN

 


Hari/ Tanggal : Selasa, 15 Februari 2022

Tema 6             : Lingkungan Bersih, Sehat dan Asri

Subtema 3         : Lingkungan Sekolahku

Pembelajaran : 3


Assalamualaikum Wr. Wb.

Anak-anak sudah siap belajar hari ini? Ayo, jangan lupa cuci tangan terlebih dahulu ya dengan sabun pada air mengalir sebelum dan sesudah memulai kegiatan! Nah, kalau sudah cuci tangan, mari kita bersiap memulai pembelajaran hari ini. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini! Mintalah bantuan kepada ayah/bunda untuk mendampingi selama melakukan kegiatan pembelajaran, ya! Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan.



Ayo Mengamati



Kebersihan lingkungan sekolah bukan hanya tanggung jawab petugas kebersihan. 

Kebersihan lingkungan sekolah tanggung jawab semua warga sekolah. 

Semua warga sekolah harus memiliki rasa persatuan dalam menjaga lingkungan sekolah. 

Memiliki rasa persatuan adalah sikap yang sesuai dengan sila ketiga Pancasila.


Perhatikan gambar di dalam lingkaran di bawah ini. 

Beri warna lingkaran yang di dalamnya terdapat lambang sila ketiga.  



Sebagai warga sekolah kita harus bekerja sama. 

Kita harus bekerja sama menjaga kebersihan. 

Guru selalu memerintahkan untuk membersihkan lingkungan sekolah. 

Kita harus menanggapi perintah tersebut dengan santun. 

Bagaimanakah cara yang baik dalam menanggapi suatu perintah? 

Perhatikan cara murid menanggapi perintah gurunya berikut ini. 

Ibu Guru : Dayu, bersihkan papan tulisnya ya. 

Dayu : Ya Bu, segera saya laksanakan. 

Ibu Guru : Edo, jangan lupa bersihkan bekas pekerjaanmu. 

Edo         : Siap, Bu. 

Ibu Guru : Dan kamu Beni, bersihkan sampah di bawah mejamu. 

Beni : Baik, Bu Guru. 


Nah, begitulah cara yang baik menanggapi suatu perintah. 

Apalagi jika yang memerintah orang tua kita. 

Kita harus menanggapinya dengan santun. 

Biasakanlah menanggapi perintah siapa pun dengan  santun.



Ayo Mencoba

Guru mengajak siswa untuk mengumpulkan sampah. 

Sampah yang dikumpulkan adalah sampah yang dapat didaur ulang. 

Misalnya sampah plastik, kaleng, kertas, atau kardus. 

Sampah-sampah tersebut mempunyai berat yang berbeda. 

Berat sampah dapat diukur menggunakan timbangan sederhana. 

Ayo mengukur berat menggunakan timbangan sederhana. 

Alat-alat yang diperlukan :



Nah, kamu sudah tahu cara mengukur berat dengan timbangan sederhana. 

Dari hasil pengukuran di atas apa yang paling berat dan yang paling ringan.



Sekarang, jawablah soal-soal berikut ini. 

Berilah tanda centang (√) pada benda yang lebih berat.


Tugas


Selamat mengerjakan! 

Jangan lupa ucapkan terima kasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah hari ini! Mari, kita akhiri kegiatan belajar di rumah hari ini dengan membaca doa sesudah belajar. Terima kasih.. Sampai jumpa besok yaa sholih shaliha.

 

Wassalamualaikum Wr. Wb.



Senin, 14 Februari 2022

KELAS I TEMA 6 SUBTEMA 3 PEMBELAJARAN 1&2, SENIN 14 FEBRUARI 2022

MATERI PEMBELAJARAN

 


Hari/ Tanggal : Senin, 14 Februari 2022

Tema 6             : Lingkungan Bersih, Sehat dan Asri

Subtema 3         : Lingkungan Sekolahku

Pembelajaran : 1 dan 2


Assalamualaikum Wr. Wb.

Anak-anak sudah siap belajar hari ini? Ayo, jangan lupa cuci tangan terlebih dahulu ya dengan sabun pada air mengalir sebelum dan sesudah memulai kegiatan! Nah, kalau sudah cuci tangan, mari kita bersiap memulai pembelajaran hari ini. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini! Mintalah bantuan kepada ayah/bunda untuk mendampingi selama melakukan kegiatan pembelajaran, ya! Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan.



Ayo Membaca


Sekolahku Bersih dan Sehat

Aku senang belajar di sekolah. 

Sekolahku bersih dan nyaman.

Lingkungannya hijau dan asri. 

Banyak pohon ditanam di sekolahku. 

Setiap hari tanamannya disiram. 

Udara di sekolahku menjadi segar. 

Ruang kelas di sekolahku juga bersih. 

Guruku mengingatkan, jangan buang sampah sembarangan. 

Buanglah sampah di tempatnya. 

Kami semua bekerja sama menjaga kebersihan. 

Tidak ada yang membuang sampah sembarangan.



Mari Berdiskusi

Kita adalah warga sekolah. 

Kita harus ikut menjaga kebersihan dan keindahan sekolah. 

Sekolah bersih dan rapi membuat kita nyaman belajar. 

Agar sekolah rapi, kita harus meletakkan peralatanperalatan sekolah pada tempat yang sesuai. 

Pajangan-pajangan kelas juga harus diletakkan dengan rapi. 

Pajangan membuat kelas jadi lebih indah dan rapi.

Salah satu pajangan di kelas adalah Garuda Pancasila. 

Garuda Pancasila membuat kelas jadi indah. 

Garuda Pancasila juga dapat membantu kita mengingat pelajaran.


Masih ingatkah kamu bunyi sila-sila Pancasila? 

Pada tema sebelumnya kamu sudah mempelajari bunyi sila kesatu dan kedua serta lambangnya. 

Nah kali ini kita akan mengingat kembali bunyi sila ketiga dan lambangnya.


Manakah dari bunyi sila-sila Pancasila berikut  yang merupakan bunyi sila ketiga?


Apakah anak-anak mengetahui, bunyi Sila ke-3 Pancasila?

Iyaa benar! Bunyi sila ketiga Pancasila ada di kotak yang berwarna pink.

Siapa di sini yang suka warna pink?

Okeehh anak-anak cantik Ibu guru ternyata ^,^


Naahh..

Setelah anak-anak berdiskusi bersama teman-teman ataupun keluarga di rumah.

Sekarang, yuukk kita berkreasi bersama lambang Sila Pancasila.

Sudah siap?

Baik, silahkan anak-anak simak penjelasan di bawah ini ya…


Mari Berkreasi

C:\Users\User\Downloads\WhatsApp Image 2022-01-27 at 08.59.31.jpegC:\Users\User\Downloads\WhatsApp Image 2022-01-27 at 08.59.56.jpeg


Sudah paham anak-anak?

Jika belum paham, silahkan anak-anak simak penjelasan cara pembuatannya dalam link di bawah ini ya…


Link video



Tugas


Baik, jika anak-anak sudah memahami cara pembuatan “Bola-Bola Pancasila” sekarang silahkan anak-anak berkreasi bersama anggota keluarga di rumah ya untuk membuat “Bola-Bola Pancasila”, bisa menggunakan plastisin, playdoh, tanah liat ataupun adonan tepung.

Kemudian, kirimkan hasil dokumentasi kalian ke WA Ibu Guru paling lambat hari Rabu/16 Februari 2022.


Selamat mengerjakan! 

Jangan lupa ucapkan terima kasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah hari ini! Mari, kita akhiri kegiatan belajar di rumah hari ini dengan membaca doa sesudah belajar. Terima kasih.. Sampai jumpa besok yaa sholih shaliha.

 

Wassalamualaikum Wr. Wb.







 

Jumat, 11 Februari 2022

KELAS I TEMA 6 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 6, JUM'AT 11 FEBRUARI 2022

 MATERI PEMBELAJARAN


Hari/ Tanggal : Jum’at, 11 Februari 2022

Tema 6             : Lingkungan Bersih, Sehat dan Asri

Subtema 2     : Lingkungan Sekitar Rumah

Pembelajaran : 6


Assalamualaikum Wr. Wb.

Anak-anak sudah siap belajar hari ini? Ayo, jangan lupa cuci tangan terlebih dahulu ya dengan sabun pada air mengalir sebelum dan sesudah memulai kegiatan! Nah, kalau sudah cuci tangan, mari kita bersiap memulai pembelajaran hari ini. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini! Mintalah bantuan kepada ayah/bunda untuk mendampingi selama melakukan kegiatan pembelajaran, ya! Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan.



Ayo Mencoba

Lani bercakap-cakap dengan teman-temannya. 

Mereka ingin lingkungan tetap bersih. 

Lengkapilah percakapan Lani. 

Gunakan kata ajakan. 

Peragakan percakapan itu bersama temantemanmu.



Lani : Lingkungan rumahku tidak bersih. Sampah   menumpuk di jalan.

  Lalat beterbangan dimana-mana. Banyak anak terkena diare.

Siti         Ayo teman-teman, kita bekerja bakti membersihkan sampah. 

Udin : Lingkungan rumahku kotor. Banyak kaleng dan genangan air. Nyamuk ada dimana-mana. 

  Tetanggaku banyak terkena penyakit  demam berdarah. 

Beni  : Jika begitu, mari kita kubur kaleng-kaleng. 

Siti  : Di musim kemarau udara terasa panas. Debu-debu bertebaran. Banyak orang terkena flu dan batuk.

Edo   : Mari  kita tanam banyak pohon. 

Udin         : Saat hujan deras selokan di depan rumahku  meluap. Air tumpah ke jalan. Sampah-sampah bertebaran. Ternyata selokan di depan rumahku  tersumbat sampah.

Lani  : Ayo teman-teman, kita bersihkan selokan setiap hari.



Mari Mencoba

Lingkungan di sekitar rumah Udin tampak kotor. 

Udin dan teman-temannya ingin membersihkannya. 

Mereka menyapu dan memungut sampah. 

Mereka mencabut rumput liar. 

Mereka bekerja dengan gembira.


Dapatkah kamu melakukan kegiatan itu? 

Lakukan di lingkungan sekolah atau rumahmu. Lakukan bersama teman-teman atau keluargamu.



Tugas

Salinlah tulisan berikut ke buku tulis tegak bersambung, salinlah sebanyak 5 baris.


Selamat mengerjakan! 

Jangan lupa ucapkan terima kasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah hari ini! Mari, kita akhiri kegiatan belajar di rumah hari ini dengan membaca doa sesudah belajar. Terima kasih.. Sampai jumpa besok yaa sholih shaliha.

 

Wassalamualaikum Wr. Wb.



Kamis, 10 Februari 2022

KELAS I TEMA 6 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 5, KAMIS 10 FEBRUARI 2022

 MATERI PEMBELAJARAN

 


Hari/ Tanggal : Kamis, 10 Februari 2022

Tema 6             : Lingkungan Bersih, Sehat dan Asri

Subtema 2         : Lingkungan Sekitar Rumah

Pembelajaran : 5


Assalamualaikum Wr. Wb.

Anak-anak sudah siap belajar hari ini? Ayo, jangan lupa cuci tangan terlebih dahulu ya dengan sabun pada air mengalir sebelum dan sesudah memulai kegiatan! Nah, kalau sudah cuci tangan, mari kita bersiap memulai pembelajaran hari ini. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini! Mintalah bantuan kepada ayah/bunda untuk mendampingi selama melakukan kegiatan pembelajaran, ya! Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan.



Ayo Mengamati!

Siti sangat suka dengan lingkungan rumahnya. 

Ia ikut kegiatan menari di balai desa. 

Siti sangat suka berada di balai desa.


Siti : Aku suka lantai balai desa. Susunan keramiknya indah. 

Lani : Teman-teman, mari kita ke balai desa.   Kita akan amati lantai kesukaan Siti.

Dayu : Maaf, aku tidak bisa ikut. Aku harus menemani ibu ke pasar. 

Udin : Terima kasih Lani. Tetapi, lain waktu saja  aku ikut. Kakiku sedang sakit.

Edo : Semoga cepat sembuh, Udin. Aku ikut, Lani. 

Lani : Baiklah, ayo Edo, kita ke balai desa. 

Edo : Baiklah.

 


Ayo Lakukan

Amatilah corak kain yang dibeli Ibu berikut ini!

C:\Users\User\Downloads\WhatsApp Image 2022-01-27 at 08.07.30.jpeg

Nah, apakah anak-anak sudah memahami mengenai pola pengubinan?

Mudah bukan sayang?

In syaa Allah paham ya Nak.. ^,^


Sekarang, silahkan anak-anak Ibu guru menyelesaaikan latihan di bawah ini, agar lebih paham mengenai pola pengubinan ya sayang..


Tugas

Tolong tugasnya di Print dan dikerjakan lalu di tempel kebuku latihannya ya sayang.




Selamat mengerjakan! 

Jangan lupa ucapkan terima kasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah hari ini! Mari, kita akhiri kegiatan belajar di rumah hari ini dengan membaca doa sesudah belajar. Terima kasih.. Sampai jumpa besok yaa sholih shaliha.

 

Wassalamualaikum Wr. Wb.


Rabu, 09 Februari 2022

KELAS I TEMA 6 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 4, RABU 09 FEBRUARI 2022

  MATERI PEMBELAJARAN

 


Hari/ Tanggal : Rabu, 09 Februari 2022

Tema 6             : Lingkungan Bersih, Sehat dan Asri

Subtema 2         : Lingkungan Sekitar Rumah

Pembelajaran : 4


Assalamualaikum Wr. Wb.

Anak-anak sudah siap belajar hari ini? Ayo, jangan lupa cuci tangan terlebih dahulu ya dengan sabun pada air mengalir sebelum dan sesudah memulai kegiatan! Nah, kalau sudah cuci tangan, mari kita bersiap memulai pembelajaran hari ini. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini! Mintalah bantuan kepada ayah/bunda untuk mendampingi selama melakukan kegiatan pembelajaran, ya! Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan.



Ayo Mengamati!

Lingkungan rumah Beni memiliki taman bermain. 

Beni dan teman-temannya sering ke sana. 

Sore ini Beni mengajak teman-teman bermain. 

Mereka bermain dengan hati-hati. 

Mereka bermain dengan gembira.




Ayo Membaca

Peragakan percakapan Beni dan Udin berikut ini. 

Beni :  Udara sangat sejuk. Mari kita bermain bola di taman. 

Udin :  Maaf, aku tidak bisa. Kakiku sedang sakit. 

Beni :  Oh, maaf, aku tidak tahu. Mari kita bermain yang lain saja. 

Udin :  Ide yang bagus. Kamu teman yang baik. 

Beni :  Ayo, kita ajak teman-teman yang lain. 

Udin :  Ayo. Aku sangat suka.



Ayo Berdiskusi

Beni bermain di taman bermain. 

Beni baru saja bermain ayunan tangan. 

Ayunan tangan membuat tangan Beni lentur.

Ayunan tangan membuat tangan Beni kuat. 

Beni bersyukur memiliki tubuh sehat.

Beni berdiskusi tentang gerakan yang dilakukan.


Ayo anak-anak, berdiskusilah seperti Beni. 

Ayunan tangan apa saja yang kamu ketahui? 

Apa manfaatnya untuk kesehatan? 

Tuliskan hasil diskusimu. 

Gerakan ayunan tangan : _______________________________________________ 

Manfaat gerakan ayunan tangan : _______________________________________________



Tugas

Naahh.. setelah anak-anak berdiskusi bersama teman atau anggota keluargamu, silahkan anak-anak menyelesaikan latihan yang ada di Modul Tematik halaman 35 – 38 bagian I.

Silahkan anak-anak menyelesaikannya dalam link Googleform di bawah ini ya.. ^,^


https://forms.gle/FuKMiw8pShpxev28A


Selamat mengerjakan! 

Jangan lupa ucapkan terima kasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah hari ini! Mari, kita akhiri kegiatan belajar di rumah hari ini dengan membaca doa sesudah belajar. Terima kasih.. Sampai jumpa besok yaa sholih shaliha.

 

Wassalamualaikum Wr. Wb.