Jumat, 09 Mei 2025

KELAS 3 TEMA 8 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 6, JUM'AT 9 MEI 2025

Hari / Tanggal : Jumat, 9 Mei 2025

Tema 8 : Praja Muda Karana

Subtema 1 : Aku Anggota Pramuka

Pembelajaran : 6

Alat Peraga: Video dan Gmeet


Kompetensi Dasar:


PPKN (3.1) Memahami arti gambar pada lambang negara Garuda Pancasila


Bahasa (3.9) Memahami simbol/lambang (lalu lintas, pramuka, lambang negara) beserta artinya dalam teks lisan, tulis, dan visual


MTK (3.1) Menjelaskan sudut, jenis sudut (lancip, tumpul, siku-siku), dan satuan pengukuran tidak baku.


SBdP (3.2) Mengetahui bentuk dan pola irama lagu

Assalaamualaikum, Wr.Wb

Hari ini kita belajar tema delapan subtema satu pembelajaran enam. Tujuan pembelajaran hari ini siswa dapat menjelaskan arti gambar bagian-bagian burung garuda pada lambang negara “Garuda Pancasila” dengan benar, siswa dapat mengindentifikasi informasi terkait arti lambang negara dari teks yang dibaca dengan benar, siswa dapat menjelaskan perbedaan antara sudut siku-siku, sudut lancip, dan sudut tumpul dengan benar.


Nah sekarang kita akan belajar untuk mengetahui pemakaian atribut pramuka ,memahami Titik sudut, memahami makna lambang garuda pancasila Udin dan teman-teman dibagi dalam beberapa kelompok. Kelompok dalam pramuka siaga disebut dengan barung. Barung biasanya terdiri atas 6 orang anggota pramuka siaga.


Udin, Edo, dan Beni dan tiga teman lainnya bergabung dalam satu barung. Mereka memilih nama barung Merah. Siti, Lani, Dayu, dan tiga teman lainnya membentuk satu barung. Mereka memilih nama barung putih.


Tanda barung berbentuk segitiga. Tanda barung tidak bergambar. Warna tanda barung dipilih hasil diskusi anggota barung.


Setiap warna memiliki arti, Nama barung merupakan cerminan sifat-sifat baik. Sifat baik itu akan ditiru oleh anggota barung tersebut,


Penggunaan Tanda/Atribut Pramuka Siaga Putri





Warna tanda barung diutamakan mengambil warna dari Garuda Pancasila. Warna tersebut merah, putih, kuning, hijau, dan hitam. Jika diperlukan dapat diambil warna lain.


Perhatikan kembali lambang negara Garuda Pancasila ! Amati bagian yang memiliki warna merah, kuning, hijau, dan hitam.





Yuk kita tuliskan bagian warna yang terdapat pada lambang garuda pancasila.




Perhatikan kembali lambang barung berikut ini !

Apa warna yang kalmu pilih untuk kelompokmu ? Mengapa? Jelaskan pilihan wranamu disesuaikan dengan arti warna pada lambang negara Garuda Pancasila.

1. Warna putih memiliki arti kesucian, kebenaran, dan kemurnian.

2. Warna hitam memiliki makna keabadian.

3. Warna merah memiliki artian keberanian.

4. Warna hijau artinya adalah kesuburan dan kemakmuran.

5. Warna kuning berarti kebesaran, kemegahan, dan keluhuran

Setelah mengetahui arti warna pada lambang burung Garuda, selanjutnya perhatikan tanda barung berikut. Tanda barung berbentuk segitiga sama sisi.

Segitiga memiliki sudut dan titik sudut. Tunjukan sudut yang dimiliki segitiga ! Berapa banyak sudut yang dimiliki segitiga? (3) Apa jenis sudut yang dimiliki segitiga? (Lancip)

TUGAS

Tentukan jenis sudut yang dimiliki gambar berikut !











Semboyan Bhinneka Tunggal Ika merupakan kutipan dari Kakawin Sutasoma karya Mpu Tantular. Kata “bhinneka” memiliki arti beraneka ragam atau berbeda-beda, sedang kata “tunggal” berarti satu, dan kata “ika” bermakna itu. Secara harfiah Bhinneka Tunggal Ika diartikan “Beraneka Satu Itu”, yang bermakna meskipun berbeda beda tapi pada hakikatnya tetap satu kesatuan. Semboyan ini digunakan untuk melambangkan kesatuan dan persatuan Bangsa Indonesia yang terdiri dari beraneka ragam ras, budaya, bahasa daerah, agama, suku bangsa dan kepercayaan.

Bagaimana pelajaran hari ini, apakah menyenangkan ? Jika ada yang kurang paham bisa langsung ditanyakan ke sir ya. Jangan lupa murojaah dan sholat lima waktu. Tetap semagat berlatih dan belajar.


Wassalamualaikum Wr. Wb.

Kamis, 08 Mei 2025

KELAS 3 TEMA 8 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 5, KAMIS 8 MEI 2025

 Hari / Tanggal             : Kamis, 8 Mei 2025

Tema 8                        : Praja Muda Karana

Subtema 1                  : Aku Anggota Pramuka

Pembelajaran             : 5

 Alat Peraga: Video dan Gmeet

Kompetensi Dasar:

PPKN (3.1) Memahami arti gambar pada lambang negara Garuda Pancasila

Bahasa (3.9) Memahami simbol/lambang (lalu lintas, pramuka, lambang negara) beserta artinya dalam teks lisan, tulis, dan visual

MTK (3.1) Menjelaskan sudut, jenis sudut (lancip, tumpul, siku-siku), dan satuan pengukuran tidak baku.

SBdP (3.2) Mengetahui bentuk dan pola irama lagu


Assalaamualaikum, Wr.Wb

Selamat pagi anak sholih/sholihah semangat ya belajar hari ini, tapi sebelum belajar jangan lupa mandi, sarapan yang bergizi, sholat dhuha serta murojaah yaa. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!

 

Tujuan pembelajaran hari ini, siswa dapat menjelaskan tentang jenis-jenis sudut dengan benar.


menentukan jenis sudut, Ikuti contoh berikut.


Macam-macam Sudut yaitu :

No.

Gambar

Penjelasan

1.

Sudut lancip adalah sudut yang besarnya kurang dari 90º

2.

Sudut siku-siku adalah sudut yang besarnya 90º

3.

Sudut tumpul adalah sudut yang besarnya lebih dari 90º dan kurang dari 180º

4.

Sudut lurus adalah sudut yang sama dengan 180º

Perhatikan gambar di bawah ini !
Tentukan macam-macam sudut pada gambar berikut 


Amati benda-benda di sekitar kelasmu !
Dapatkah kamu menemukan sudut lancip dan sudut tumpul? Coba sebutkan masing-masing lima buah !

Ayo Membaca
Sekarang coba kalian perhatikan gambar-gambar di bawah ini. Apakah gambar tersebut memiliki sudut? Tunjukan!

Tahukah kamu, lambang apakah itu?
Gambar tersebut merupakan lambang pramuka beberapa daerah di Indonesia. Gambar lambang pramuka setiap daerah berbeda-beda. Keberagaman tersebut sesui dengan keunikan dan keunggulan yang dimiliki setiap daerah. Meskipun demikian tujuan semua anggota pramuka di Indonesia sama.

Keberagaman lambang pramuka ini sesuai dengan semboyan negara kita yaitu Bhinneka Tunggal Ika.

Arti semboyan Bhinneka Tunggal Ika adalah "beraneka ragam" atau berbeda-beda. Kata "tunggal berarti "satu". Kata ika berarti juga. Arti Bhinneka Tunggal Ika adalah "Berbeda-beda tetapi tetap satu juga."

Semboyan ini digunakan untuk menggambarkan persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia. Bangsa Indonesia terdiri atas beraneka ragam budaya. Bangsa Indonesia memiliki banyak bahasa daerah. Bangsa Indonesia juga terdiri atas berbagai agama dan kepercayaan. Keberagaman yang dimiliki Indonesia adalah kekayaan kebudayaan. Keberagaman harus disyukuri dan dipelihara.

LATIHAN HARI INI 

Kerjakan Modul Tematik (Cerdas) Halaman 91-92 Kalian bisa lihat Soal di buku modul tematik (cerdas) untuk jawabannya kalian kerjakan di dalam LKS dan link berikut ini yaa 

KLIK DI SINI

Selamat mengerjakan! 

Wassalamualaikum Wr. Wb

Rabu, 07 Mei 2025

KELAS 3 TEMA 8 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 4, RABU 7 MEI 2025

Hari / Tanggal : Rabu, 7 Mei 2025

Tema 8 : Praja Muda Karana
Subtema 1 : Aku Anggota Pramuka
Pembelajaran : 4

Alat Peraga: Video dan Gmeet
Kompetensi Dasar:
  • PPKN (3.1) Memahami arti gambar pada lambang negara Garuda Pancasila
  • Bahasa (3.9) Memahami simbol/lambang (lalu lintas, pramuka, lambang negara) beserta artinya dalam teks lisan, tulis, dan visual
  • MTK (3.1) Menjelaskan sudut, jenis sudut (lancip, tumpul, siku-siku), dan satuan pengukuran tidak baku.
  • SBdP (3.2) Mengetahui bentuk dan pola irama lagu

Assalaamualaikum, Wr.Wb

Hari ini kita belajar tema delapan subtema satu pembelajaran empat. Tujuan pembelajaran hari inisiswa dapat menjelaskan arti gambar bagian-bagian burung garuda , pada lambang negara “Garuda Pancasila” dengan benar, siswa dapat mengindentifikasi informasi terkait arti lambang negara dari teks yang dibaca dengan benar, siswa dapat menjelaskan tentang jenis-jenis sudut dengan benar. 

Kegiatan yang menarik dalam pramuka adalah permainan. Salah satu permainan yang disukai adalah permainan arung jeram. Dalam permainan arung jeram, anggota kelompok dilatih untuk selalu bekerja sama. Kegiatan ini juga untuk melatih kekuatan kaki.

Ada banyak kerja sama yang dilakukan saat berlatih pramuka. Diantaranya saat mendirikan tenda dan saat melakukan permainan pramuka. Salah satu permainan pramuka yang membutuhkan kerja sama adalah permainan Arung Jeram.

Buatlah kelompok yang terdiri atas sepuluh orang. Cobalah permainan berikut ! Sebelum melakukan permainan tersebut lakukan pemanasan terlebih dahulu. Lalu lakukan gerakan latihan sebagai berikut :


1. Duduk dan luruskan kakimu.
2. Angkat kedua kakimu secara bersamaan, dapat dibantu dengan menggunakan tangan.
3. Tahan posisi kaki terangkat sampai hitungan ketiga.
4. Turunkan kembali kakimu.
5. Ulangi kembali kegiatan dengan waktu lebih lama 

Siapa diantara kalian yang paling lama bertahan melakukan gerakan tersebut? Sekarang cobalah permainan arung jeram !

Siswa berlatih permainan Arung Jeram. Cara bermain seperti berikut ini! Cara bermain:



1. Semua peserta duduk membentuk lingkaran. Posisi kaki menjulur ke dalam lingkaran.
2. Setiap peserta berpegangan kuat. Dapat juga menggunakan tali untuk berpegangan. Lakukan sesuai gambar. Semakin rapat jarak akan semakin baik.
3. Semua peserta berusaha untuk berdiri secara bersamaan. Usahakan kedua kaki tegak, tidak menekuk lutut.
4. Lakukan berulang-ulang untuk melatih kekuatan kaki.

Kita harus bekerja sama agar dapat melakukan permainan. Kita harus berdiskusi untuk membagi tugas dengan adil.

Ayo Berlatih
Setiap perlombaan ada yang menang dan ada yang kalah. Bersikaplah santun saat berhasil memenangkan perlombaan. Berlapang dadalah dan tidak menyerah saat mengalami kegagalan.

Bersikap santun sesuai dengan salah satu janji pramuka, yaitu patriot yang sopan dan kesatria. Patriot artinya pecinta atau pembela tanah air. Sopan artinya selalu berperilaku, berkata, dan berpakaian sesuai aturan. Kesatria berarti orang yang gagah dan berani dalam kebenaran.

Pramuka memiliki sepuluh janji yang disebut den Dasa Dharma. Dasa artinya sepuluh, dharma berarti janji. Salah satu janji dalam Dasa Dharma adalah menjadi patriot yang sopan dan kesatria.

Mari berlatih bersikap sopan dan kesatria dalam pertandingan. Praktikan dengan mengikuti adu kecepatan untuk berhitung. Amati lambang Garuda Pancasila berikut ini !

Hitunglah banyaknya bulu pada sayap, ekor, dan leher burung Garuda !


Banyaknya bulu
pada sayap

Banyaknya bulu
pada ekor

Banyaknya bulu
pada leher

17

8

45


Sekarang perhatikan banyak bulu pada burung Garuda dengan hari kemerdekaan Indonesia ! Adakah yang tahu hari kemerdekaan Indonesia ?

Hari kemerdekaan Indonesia tanggal 17 Agustus 1945, banyak bulu pada lambang negara menunjukkan hari kemerdekaan Indonesia.


Ada beberapa warna pada lambang negara Garuda Pancasila, Masing-masing warna memiliki arti tertentu.
1. Warna putih memiliki arti kesucian, kebenaran, dan kemurnian.
2. Warna hitam memiliki arti keabadian.
3. Warna merah memiliki arti keberanian.
4. Warna hijau memiliki arti kesuburan dan kemakmuran.
5. Warna kuning berarti kebesaran, kemegahan, dan keluhuran. 
Setiap warna pada lambang negara mempunyai arti khusus. Arti dari suatu lambang menunjukkan cita-cita dan ciri-ciri tertentu.
Untuk menunjukkan kelompok juga digunakan lambang khusus. Lambang warna juga menunjukkan arti dan cita-cita kelompok tersebut.
Kelompok dalam pramuka siaga dinamakan barung. Setiap barung memiliki lambang. Lambang yang digunakan adalah bendera. Bendera memiliki warna sesuai pilihan anggota barung.

Satuan terkecil dalam Pramuka Siaga disebut Barung. Setiap beberapa Barung dihimpun dalam sebuah satuan besar yang bernama Perindukan. Barung diberi nama dengan warna semisal, Barung Merah, Barung Hijau dll. Sebuah Barung beranggotakan antara 6 - 10 orang Pramuka Siaga dan dipimpin oleh seorang Pemimpin Barung (Pinrung) yang dipilih oleh Barung itu sendiri. Masing-masing Ketua Barung ini nanti akan memilih satu orang dari mereka yang akan menjadi Pemimpin Barung Utama yang disebut Sulung. Sebuah Perindukan terdiri dari beberapa Barung yang akan dipimpin oleh Sulung itu tadi.

Bagaimana pelajaran hari ini? Semoga kalian semua senang yaa pada pelajaran hari ini. Jika ada pelajaran yang kurang jelas bisa langsung ditanyakan ke ibu guru yaa. Tetap semangat dan berlatih jangan lupa murojaah dan sholat lima waktu. 

Wassalamualaikum Wr. Wb

Selasa, 06 Mei 2025

KELAS 3 TEMA 8 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 2&3, SELASA 6 MEI 2025

   Hari / Tanggal : Selasa, 6 Mei 2025

Tema 8 : Praja Muda Karana
Subtema 1 : Aku Anggota Pramuka
Pembelajaran : 2 dan 3

Alat Peraga: Video dan Google Meet
Kompetensi Dasar:
  • PPKN (3.1) Memahami arti gambar pada lambang negara Garuda Pancasila
  • Bahasa (3.9) Memahami simbol/lambang (lalu lintas, pramuka, lambang negara) beserta artinya dalam teks lisan, tulis, dan visual
  • MTK (3.1) Menjelaskan sudut, jenis sudut (lancip, tumpul, siku-siku), dan satuan pengukuran tidak baku.
  • SBdP (3.2) Mengetahui bentuk dan pola irama lagu


Assalaamualaikum, Wr.Wb
Hari ini kita akan belajar tema delapan subtema satu pembelajaran dua dan tiga.
Tujuan pembelajaran hari ini siswa dapat mengindentifikasi informasi terkait arti lambang negara dengan benar, siswa dapat menceritakan gambar dan simbol apa saja yang terdapat pada lambang negara “Garuda Pancasila” dengan benar, siswa dapat mengindentifikasi arti lagu Garuda Pancasila dengan benar, siswa dapat menjelaskan arti sudut dengan benar. 

Udin dan teman-teman senang menjadi anggota pramuka. Dalam setiap latihan pramuka mereka selalu belajar berbagai hal. Banyak kegiatan kepramukaan yang diajarkan melalui permainan. Salah satu alat yang dapat dijadikan alat bermain adalah tongkat. Banyak permainan yang dapat dilakukan dengan menggunakan tongkat. Salah satunya permainan lompat tongkat berikut ini.


Sebelum melakukan permainan lompat tongkat, lakukan latihan keseimbangan seperti berikut.
1. Berdirilah dengan tegak.
2. Angkat kaki kirimu.
3. Berdirilah dengan satu kaki. Jagalah keseimbangan tubuhmu.
4. Bertahanlah sampai hitungan kesepuluh.
5. Angkat kaki kananmu.
6. Berdirilah dengan satu kaki. Jagalah keseimbangan tubuhmu.
7. Bertahanlah sampai hitungan kesepuluh.

Lalu, cobalah melompat dengan menggunakan satu kaki.
Coba juga melompat cepat menggunakan satu kaki. Lompatlah menggunakan kaki kiri dan kanan secara bergantian.

Ayo Membaca

Lambang Negara




Lambang negara kita adalah Garuda Pancasila. Lambang negara adalah suatu bentuk yang digunakan sebagai lambang resmi negara. Lambang negara Indonesia adalah burung Garuda. 

Lambang burung Garuda menggambarkankebesaran dan kekuatan. Indonesia ingin menjadinegara yang besar dan kuat. Sebagai warga negara, kita juga harus kuat dan sehat. Sebagai warga negara, kita harus menjadikan negara Indonesia menjadi negara yang besar dan kuat. 

Lambang negara Garuda Pancasila terdiri atas beberapa bagian. Kepala burung Garuda menoleh ke sebelah kanan. Pada leher burung Garuda terdapat perisai yang menyerupai jantung. Leher,sayap, dan ekor memiliki sejumlah bulu. Perisai dilengkapi dengan lambang sila Pancasila. Garuda mencengkram pita yang bertuliskan semboyan Bhinneka Tunggal Ika. 

Dari Cerita teks “Lambang Negara” kita mendapatkan informasi sebagai berikut :
1. Lambang negara Indonesia adalah Garuda Pancasila.
2. Menurutmu mengapa burung Garuda dipilih sebagai lambang negara? Burung Garuda dipilih sebagai lambang negara karena Garuda melambangkan kebesaran dan kekuatan.
3. Bentuk perisai yang menggantung di leher burung Garuda adalah berbentuk menyerupai jantung.
4. Tulisan pada pita yang dicengkeram burung Garuda adalah Bhinneka Tunggal Ika 

Biasanya lambang negara di pasang di kelas, ruang kepala sekolah, kantor pemerintahan seperti kelurahan, dan kecamatan. Mengenal lambang negara sebagai identitas bangsa dapat memperkuat karakter nasionalis.

Bendera Merah Putih merupakan lambang Negara Republik Indonesia. Garuda pancasila juga merupakan lambang Negara Republik Indonesia.


Mengenal Arti Lagu Garuda Pancasila


Anggota pramuka harus mengenal baik negaranya. Anggota pramuka harus mengenal bahasa dan lambang negara. Anggota pramuka juga harus mengenal lagu kebangsaan. Mengenal lambang negara untuk melatih rasa cinta terhadap tanah air. Mengenal lagu kebangsaan juga untuk melatih rasa cinta terhadap tanah air 

Salah satu kegiatan mengenal negara adalah memahami arti lagu Garuda Pancasila. Syair lagu Garuda pancasila memiliki arti bahwa kita sebagai warga negara akan selalu mendukung Pancasila. Warga negara Indonesia berjiwa patriot. Berjiwa patriot berarti siap berjuang dan rela berkorban untuk negara. Rakyat Indonesia akan hidupmakmur sentosa jika melaksanakan nilai-nilaiPancasila. Untuk itu, bangsa Indonesia harus terusmaju. Bangsa Indonesia harus pantang mundur. 

Setelah memahami lagu Garuda pancasila,diharapkan anggota pramuka memiliki sikapnasionalis. Anggota pramuka harus mencintainegara Indonesia. Anggota pramuka selalu bersikapsesuai dengan nilai-nilai Pancasila. 

Warga negara Indonesia berjiwa patriot. Berjiwa patriot artinya siap berjuang dan rela berkorban untuk negara.

Rakyat Indonesia akan hidup makmur sentosa jika melaksanakan nilai-nilai Pancasila. Untuk itu bangsa Indonesia harus terus maju dan pantang mundur.

Setelah memahami lagu Garuda Pancasila diharapkan anggota pramuka memiliki sikap nasionalis. Anggota pramuka harus mencintai negara Indonesia dan selalu bersikapsesuai dengan nilai-nilai Pancasila.

Arti dari syair lagu Garuda Pancasila yaitu :

Syair Lagu

Artinya

Garuda pancasila, akulah pendukungmu

Warga negara Indonesia mencintai negara dan mengenal baik lambang negaranya

Patriot proklamasi, sedia berkorban untukmu

Warga negara Indonesia siap membela/ menegakkan/ melindungi ideologi pancasila.

Pancasila dasar negara, Rakyat adil makmur sentosa

Mengakui Pancasila sebagai dasar negara dan siap melaksanakan nilai-nilai Pancasila untuk menjadikan rakyat Indonesia hidup makmur sentosa.

Pribadi bangsaku, Ayo maju maju, Ayo maju maju, Ayo maju maju

Sebagai warga negara Indonesia akan terus maju dan tidak mudah menyerah.


Ayo Berlatih
Melatih kecintaan terhadap negara dapat dilakukan melalui kegiatan upacara. Edo menjadi pemimpin upacara saat latihan pramuka. Edo memimpin upacara dengan baik dan dapat menunjukkan sikap hormat bendera dengan baik. Edo juga sudah dapat menunjukan sikap baris yang baik. Edo menjadi contoh bagi teman-temannya.

Dapatkah kamu menjiplak tepi lurus dari gambar-gambar berikut? Bagaimana sudut yang kamu hasilkan dari menjiplak tepi lurus? Ingat sudut dibentuk oleh dua buah garis ! 


Ayo Bernyanyi
Latihan pramuka akan ditutup dengan menyanyikan lagu


Kegiatan ini dapat dilakukan menggunakan alat musik pukul.

Berikut ini video lagu Aku Dapat Berbaris Karya Pak Kasur


Pola irama yaitu panjang pendeknya bunyi. Panjang pendeknya bunyi dapat dihitung berdasarkan ketukan. Ketukan merupakan bunyi yang teratur yang digambarkan seperti bunyi detak jarum jam. Pola irama berjalan menurut birama. Birama yaitu kuat dan lemahnya bunyi dalam lagu. Kuat lemahnya bunyi dibatasi garis birama. Birama ditandai dengan tanda birama. Contoh dari tanda birama yaitu 4/4. Artinya setiap birama ada empat ketukan

Hari ini kita sudah belajar tentang arti lagu pancasila, bagaimana pelajaran hari ini apakah menyenangkan? Jika ada yang kurang jelas bisa langsung ditanyakan ke ibu guru ya. tetap semangat murojaah dan sholat lima waktunya. 

Wassalamualaikum Wr. Wb

Senin, 05 Mei 2025

KELAS 3 TEMA 8 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 1, SENIN 5 MEI 2025

Hari / Tanggal     : Senin, 5 Mei 2025
Tema 8                 : Praja Muda Karana
Subtema 1             : Aku Anggota Pramuka
Pembelajaran         : 1 
Alat Peraga: Video dan Google Meet
Kompetensi Dasar:
  • PPKN (3.1) Memahami arti gambar pada lambang negara Garuda Pancasila
  • Bahasa (3.9) Memahami simbol/lambang (lalu lintas, pramuka, lambang negara) beserta artinya dalam teks lisan, tulis, dan visual
  • MTK (3.1) Menjelaskan sudut, jenis sudut (lancip, tumpul, siku-siku), dan satuan pengukuran tidak baku.
  • SBdP (3.2) Mengetahui bentuk dan pola irama lagu


Assalaamualaikum, Wr. Wb.
Hari ini kita belajar Tema 8 yaitu tentang Praja Muda Karana (PRAMUKA). 

Tujuan pembelajaran hari ini, siswa dapat mengindentifikasi informasi terkait lambang negara dengan benar, siswa dapat menunjukkan variasi pola irama yang sama, mirip, dan berbeda pada lagu berbentuk ABA’ dan memeragakan pola irama dengan variasi pola irama yang sama, mirip, dan berbeda melalui menyuarakan atau memainkannya dengan benar, siswa dapat menjelaskan tentang sudut dengan benar.



Praja Muda Karana disingkat menjadi Pramuka. Pramuka memiliki arti jiwa muda yang suka berkarya. Lambang gerakan pramuka berupa tunas kelapa. Anggota pramuka dikelompokkan berdasarkan usia. Kelompok pramuka berusia 7-10 tahun dinamakan pramuka siaga.

Pramuka mengajarkan anggotanya untuk selalu bergembira. Semua kegiatan disampaikan dengan senang dan gembira. Ada banyak lagu yang dinyanyikan. Ada banyak permainan yang diperkenalkan. Pramuka menjadi kegiatan yang menyenangkan.

Mengenal pramuka membuat anggota pramuka lebih mencintai negara indonesia. Pramuka juga mengajarkan anggotanya menjadi anak yang mandiri. Pramuka mengajak anggotanya menjadi anak yang selalu riang gembira.

Ayo Bernyanyi
Udin menjadi anggota pramuka. Udin menjadi anggota pramuka siaga. Udin dan teman-teman senang menjadi anggota pramuka siaga. Pramuka memiliki tepuk tangan yang khas yaitu tepuk pramuka. Cobalah tepuk tangan pramuka berikut ini.



Berikut ini video tentang Lagu Pantun Pramuka Karya AT Mahmud.


Cobalah melakukan tepuk pramuka bersama keluargamu, sekarang perhatikan lagu Pantun Pramuka berikut ini. Ikuti nyanyian dengan bertepuk tangan.


Kegiatan bertepuk tangan dapat diganti dengan bertepuk meja, selain itu juga bisa diganti dengan menggunakan alat musik pukul.

Menurut lagu tersebut anggota pramuka harus hemat dan cermat. Anggota pramuka juga harus selalu disiplin. Disiplin dalam berbagai hal termasuk saat latihan.

Anggota pramuka dilatih untuk mencitai negara Indonesia. Anggota pramuka dikenalkan dengan bendera dan lambang negara Indonesia. Anggota pramuka juga dilatih untuk lebih mengenal pramuka. Anggota pramuka juga dikenalkan dengan lambang gerakan pramuka.

Ayo Berlatih
Perhatikan Identitas dan Penjelasan berikut ini !

No.

Identitas

Penjelasan

1.

Bahasa Indonesia

Bahasa persatuan bangsa Indonesia adalah bahasa Indonesia

2.

Indonesia Raya

Lagu kebangsaan Indonesaia adalah lagu Indonesia Raya

3.

Merah Putih

Bendera Indonesia adalah sang saka merah putih

4.

Garuda Pancasila

Lambang negara republik Indonesia adalah burung Garuda Pancasila

5.

Tunas Kelapa

Lambang gerakan pramuka adalah tunas kelapa


Lambang digunakan sebagai identitas.
Bendera negara kita diberi nama Sang Merah Putih. Kita memberi hormat saat bender dikibarkan sebagai tanda penghormatan. Cara memberi hormat kepada Sang Merah Putih antara lain sebagai berikut.

Ketika ada aba-aba “hormat gerak”, posisi badan tegak, telapak kanan di buka ujung jari tengah diletakkan di ujung alis kanan membentuk sudut. Ketika ada aba-aba “tegak gerak” kembalikan tangan seperti sikap sempurna.

Cobalah jiplak tepi lurus tangan Udin, lalu tangan Udin kita geser. Maka akan diperoleh hasil jiplakan yang disebut sudut. Ada berapa garis yang yang membentuk sudut? (Dua buah garis)


Gambar di atas disebut sudut. Garis AB dan AC di sebut kaki-kaki sudut. Titik A disebut titik sudut. 

Amati gambar di bawah ini.

Manakah gambar yang merupakan sudut/ (1)
Disebut apa gambar 3? (Daerah sudut)

Sudut adalah bangun datar. Sudut dibentuk oleh 2 garis. Posisi kedua garis berpotongan

Simpulan :

Sudut adalah daerah yang dibentuk oleh dua garis yang saling berpotongan.

Bagaimana pelajaran hari ini, apakah menyenangkan ? Jika ada yang kurang paham bisa langsung ditanyakan ke pak guru yaa.Semangat belajar dan berlatih dirumah, jangan lupa murojaah dan sholat lima waktunya.

Wassalamualaikum wr wb.

Rabu, 30 April 2025

KELAS 3 TEMA 7 SUBTEMA 4 PEMBELAJARAN 4, RABU 30 APRIL 2025

Hari / Tanggal             :  Rabu, 30 April 2025

Tema 7                        : Perkembangan Teknologi

Subtema 4                  : Perkembangan Teknologi Transportasi

Pembelajaran             : 4

Alat peraga: poster, Realia, dan video

Kompetensi Dasar:

PPKn: 3.3 Menjelaskan makna keberagaman karakteristik individu di lingkungan sekitar

Bahasa Indonesia: 3.6 mencermati isi teks tentang perkembangan teknologi pangan, sandang, komunikasi, dan transportasi di lingkungan setempat.

MTK: 3.10 Menjelaskan dan menentukan keliling bangun datar

SBDP 3.1, mengetahui unsur-unsur rupa dalam karya dekoratif


Tujuan pembelajaran kita hari ini siswa dapat siswa dapat menggunakan kata terkait tentang perkembangan teknologi transportasi dengan tepat, siswa dapat menjelaskan cara menjaga keselamatan orang lain dalam aktivitas air.

Alat Transportasi


Kakek Udin bercerita tentang bermacam-macam alat transportasi. Kita membutuhkan alat transportasi untuk bepergian. Alat transportasi dapat mempercepat perjalanan kita. Alat transportasi darat digunakan hampir semua orang. Alat transportasi darat ada yang berjalan di jalan raya dan di atas rel.

Mobil dan motor adalah alat transportasi yang berjalan di jalan raya. Kereta adalah alat transportasi yang berjalan di atas rel. Kita menggunakan alat transportasi darat untuk jarak dekat dan jauh.

Alat transportasi air digunakan oleh orang yang tinggal di dekat perairan. Alat transportasi air digunakan untuk menyeberang sungai atau laut. Alat transportasi air untuk jarak dekat misalnya perahu. Untuk jarak jauh kita bisa menggunakan feri atau kapal.

Orang menggunakan alat transportasi udara untuk jarak jauh. Alat transportasi udara adalah alat transportasi yang paling cepat. Kita dapat tiba di tempat yang jauh dalam waktu singkat. Pesawat terbang adalah contoh alat transportasi udara.


Alat transportasi terus berkembang. Sebagian alat transportasi didatangkan dari negara lain. Sebagian lagi hasil karya anak Indonesia. Anak-anak harus rajin belajar dan berkarya untuk negara.

Ayo Mencoba
Saat ini, jenis alat transportasi sangat banyak. Ada berbagai jenis sepeda, mobil, kereta api, pesawat, dan perahu. Jenis alat transportasi apa saja yang kamu ketahui? Adakah jenis alat transportasi khas di tempat tinggalmu? Tuliskan jawabanmu pada tabel berikut!

No.

Jenis Kendaraan

Contoh

1.

Sepeda

Sepeda santai, sepeda gunung, sepeda BMX, sepeda lipat, sepeda balap

2.

Mobil

Bus, Bajaj,  Angkot, Koperades, Taksi, dan Bemo

3.

Kereta Api

Kereta api uap. Kereta api diesel, Kereta rel listrik, Kereta api daya magnit, Kereta api monorel, dan Kereta api bawah tanah

4.

Pesawat

Jumbo-Passenger-Jets, Mid-Size-Passenger-Jets, Light-Passenger-Jets, dan Passenger-Turbo-Props

5.

Perahu

Kapal Feri, Kapal Pesiar, Perahu Jukung, Speed Boat, Perahu Kora-kora


Ayo Menulis
Amati kembali teks “Alat Transportasi”! Garis bawahi kata-kata tentang alat transportasi! Lalu, buatlah kalimat dari kata yang kamu temukan!

No.

Kata

Kalimat

1.

Sepeda

Sepeda merupakan alat transportasi darat

2.

Mobil

Ada beberapa jenis mobil angkutan umum di Indonesia

3.

Kereta Api

Kereta api merupakan alat transportasi yang murah.

4.

Pesawat

Air Bus merupakan salah satu jenis pesawat penumpang

5.

Perahu

Nelayan menggunakan perahu untuk melaut


Peraturan Kolam Renang
“Jagalah Keselamatanmu dan Keselamatan Orang Lain”

1.              Tidak sakit kulit, sakit mata, sakit menular.

2.             Gunakanlah pakaian renang.

3.             Tidak membawa makanan ke dalam kolam.

4.             Tidak membawa binatang peliharaan.

5.              Membilas anggota tubuh sebelum berenang.

6.             Tidak meludah dan buang air kecil di dalam kolam.

7.              Tidak memakai alas kaki ke dalam area kolam.

8.             Tidak berlarian di tepi kolam.

9.             Tidak melompat ke dalam kolam.

10.          Tidak bermain-main di dalam kolam.

Jangan lupa ucapkan terima kasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah hari ini! Mari, kita akhiri kegiatan belajar di rumah hari ini dengan membaca doa sesudah belajar. Terima kasih.. Sampai jumpa besok yaa anak sholih shaliha.

 

Wassalamualaikum Wr. Wb

Selasa, 29 April 2025

KELAS 3 TEMA 7 SUBTEMA 4 PEMBELAJARAN 2&3, SELASA 29 APRIL 2025

Hari / Tanggal         :  Selasa, 29 April 2025

Tema 7                        : Perkembangan Teknologi

Subtema 4                  : Perkembangan Teknologi Transportasi

Pembelajaran             : 2 dan 3

 Alat peraga: poster, Realia, dan video

Kompetensi Dasar:

PPKn: 3.3 Menjelaskan makna keberagaman karakteristik individu di lingkungan sekitar

Bahasa Indonesia: 3.6 mencermati isi teks tentang perkembangan teknologi pangan, sandang, komunikasi, dan transportasi di lingkungan setempat.

MTK: 3.10 Menjelaskan dan menentukan keliling bangun datar

SBDP 3.1, mengetahui unsur-unsur rupa dalam karya dekoratif


Tujuan pembelajaran kita hari ini siswa dapat siswa dapat menemukan cara menjaga keselamatan orang lain dalam aktivitas air, siswa dapat menentukan keliling bangun datar dengan satuan baku tertentu.

 

Pergi ke Pulau


Paman mengajak Beni pergi ke pulau Bunaken dengan perahu umum. Perahu umum dapat ditumpangi siapa saja. Perahu yang ditumpangi Beni dapat memuat 30 orang penumpang. Di perahu,

Beni bertemu banyak orang. Perahu berisi penumpang yang beragam. Ada penumpang laki-laki dan perempuan. Ada anak-anak, remaja, dan orang tua. Ada penduduk setempat, pengunjung lokal, dan turis asing. Penumpang perahu mengenakan baju yang beragam. Turis asing mengenakan celana pendek dan kaus tanpa lengan. Ada juga yang memakai pakaian seragam. Semua penumpang duduk bersama-sama di dalam perahu.

Selama di perahu, paman menyapa penumpang. Paman juga berbincang-bincang dengan penumpang. Mereka tertawa bersama saat ada yang melucu. Mereka senang dengan suasana akrab di perahu.

Paman berdiskusi tentang transportasi air dengan turis asing. Paman bercerita bahwa Indonesia adalah negara pelaut. Transportasi air sudah digunakan sejak zaman dahulu. Awalnya transportasi air hanya perahu kayu yang digerakkan tangan. Ada kano dan sampan. Sekarang, orangorang menyeberang laut dengan perahu mesin. Ada kapal feri yang dapat menampung banyak orang. Ada speed boat yang dapat bergerak dengan cepat. Ada kapal pesiar untuk pergi jarak jauh.

Seperti apakah transportasi air di masa depan? Kalianlah penentu transportasi air di masa depan. Bersiaplah, belajarlah dengan tekun dan penuh semangat.


Ayo Bercerita
Alat transportasi terus berkembang. Berikut adalah gambar alat transportasi zaman dulu dan sekarang. Pasangkanlah alat transportasi dulu dan sekarang berikut ini dengan cara menarik garis! Ceritakan perkembangan alat transportasi yang paling kamu sukai!


Perkembangan alat transportasi darat

1.       Sepeda  memiliki sejarah yang sangat panjang. Mulai dari bentuknya yang sederhana, beroda tiga hingga sepeda modern dengan berbagai bentuk yang kita kenal sekarang. sepeda pertama ditemukan oleh Baron Karl Drais von Sauerbronn atau lebih sering dikenal Karl Drais -lahir pada tanggal 29 April 1785 di Karlsruhe, Jerman. Di Indonesia, popularitas sepeda banyak dikenalkan di masa kolonial Belanda. Orang Belanda membawa sepeda buatan Eropa sebagai alat transportasi di masa pendudukan mereka di Indonesia. Kini di era milenial, model sepeda pun kian berkembang. Saat ini ada sepeda MTB (sepeda gunung) hingga sepeda lipat. Selain itu sepeda BMX juga mulai diminati oleh para anak muda Indonesia.

2.      Ide awal kereta api pertama kali dicetuskan oleh seorang ilmuwan Inggris yang bernama William Murdoch. Idenya sangat sederhana, yaitu sebuah rangkaian kereta yang ditarik oleh kuda. Dari awal abad ke-19 hampir semuanya didukung oleh lokomotif uap. Dari tahun 1910-an dan seterusnya lokomotif uap mulai digantikan oleh kurang dan bersih lokomotif diesel dan lokomotif listrik. Saat ini kereta api ada beberapa jenis, diantaranya adalah kereta api konvensional dan kereta api monorel.

3.      Penemuan mesin diesel pada 1882 menjadi babak penting dalam sejarah mobil. Muncul kendaraan dengan mesin berbahan bakar bensin, menggunakan tiga roda, kendaraan ini diciptakan Karl Benz pada 1885. Tak mau kalah, di Amerika Serika Henry Ford telah membangun mobil pertamanya pada 1886. Inilah cikal bakal mobil-mobil di era modern. Sejarah mobil terus berkembang secara positif pada milenium kedua. Sejumlah teknologi terbaru banyak bermunculan. Semuanya bertujuan untuk menciptakan kendaraan yang lebih efisien dan ramah lingkungan.

4.      Pesawat terbang diterbangkan pertama kali oleh Wright Bersaudara. Pada tahun tahun berikutnya balon Zeppelin mengusai pengangkutan udara. Pesawat komersial yang lebih besar dibuat pada tahun 1949 bernama Bristol Brabazon.Sampai sekarang pesawat penumpang terbesar di dunia di buat oleh airbus industrie dari eropa dengan pesawat A380.

5.      Inilah nenek moyangnya kapal laut. Kapal laut generasi pertama ini masih sangat sederhana. Manusia purba biasa menggunakan kano atau rakit untuk menyeberangi sungai atau danau. Kano biasanya terbuat dari batang pohon. Di zaman modern ini, kapal laut sudah semakin canggih. Kapal laut dilengkapi mesin bertenaga tinggi sehingga dapat melaju dengan cepat. Desainnya pun dibuat begitu mewah dan megah, dilengkapi fasilitas-fasilitas yang memanjakan penumpangnya.


Ayo Mencoba
Pemandangan di pantai sangat indah. Air lautnya bersih dan jernih. Beni bermain di pantai. Ia bermain bersama pengunjung lainnya. Mereka bermain ombak sambil berenang. Paman berpesan agar Beni menjaga keselamatan diri dan orang lain saat bermain di pantai.

Menjaga Keselamatan Orang Lain di Pantai

1.              Memperhatikan teman yang bermain di pantai

2.             Menemani teman melakukan kegiatan di pantai

3.             Mengingatkan teman jika ada ombak besar

4.             Mengingatkan teman agar tidak berenang terlalu jauh ke laut

5.              Menyingkirkan benda tajam yang ada di dalam air



Ayo Mencoba
Udin dan keluarganya menunggu kereta di dekat peron. Peron adalah pelataran tempat penumpang naik dan turun dari kereta. Di sekitar peron ada kursi-kursi untuk menunggu. Kursi peron berbentuk persegi panjang. Jika panjang kursi 250 cm dan lebarnya 50 cm, berapakah keliling kursi peron?

Keliling kursi peron: 250 + 50 + 250 + 50 = 600 cm

Kamu sudah mengetahui cara menghitung konsep keliling. Berlatihlah mengerjakan soal-soal berikut!




Berapakah keliling masing-masing bangun datar di atas?

1.              A = 10 + 10 + 10 +10 = 40 cm

2.             B = 25 + 15 + 25 + 15 = 80 cm

3.             C = 52 + 25 + 52 +25 = 154 cm

4.             D = 27 + 16 + 27 + 16 = 86 cm

5.              E = 15 + 15 + 15 + 15 = 60 cm

6.             F = 12 + 36 + 12 + 36 = 96 cm


TUGAS HARI INI

Kerjakan dibuku latihan tematik kalian yaa.

Sebutkan 5 Contoh Alata Transportasi


Selamat mengerjakan! 

Jangan lupa ucapkan terima kasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah hari ini! Mari, kita akhiri kegiatan belajar di rumah hari ini dengan membaca doa sesudah belajar. Terima kasih.. Sampai jumpa besok yaa anak sholih shaliha. 

Wassalamualaikum Wr. Wb

Senin, 28 April 2025

KELAS 3 TEMA 7 SUBTEMA 4 PEMBELAJRAN 1, SENIN 28 APRIL 2025

Hari / Tanggal         : Senin, 28 April 2025

Tema 7                        : Perkembangan Teknologi

Subtema 4                  : Perkembangan Teknologi Transportasi

Pembelajaran             : 1

Alat peraga: poster, Realia, dan video

Kompetensi Dasar:

PPKn: 3.3 Menjelaskan makna keberagaman karakteristik individu di lingkungan sekitar

Bahasa Indonesia: 3.6 mencermati isi teks tentang perkembangan teknologi pangan, sandang, komunikasi, dan transportasi di lingkungan setempat.

MTK: 3.10 Menjelaskan dan menentukan keliling bangun datar

SBDP 3.1, mengetahui unsur-unsur rupa dalam karya dekoratif


Hari ini kita belajar tema 7 subtema 4 pembelajaran 1, tujuan pembelajaran kita hari ini siswa dapat mengidentifikasi ide pokok dari teks perkembangan teknologi transportasi di lingkungan sekitar, siswa dapat menentukan keliling bangun datar dengan satuan baku tertentu dengan benar.

 

Ayo Membaca

 

Berlibur di Rumah Paman


Saat liburan sekolah, Beni mengunjungi rumah paman. Rumah paman Beni di Manado. Manado adalah ibu kota Sulawesi Utara. Manado memiliki beberapa pulau yang memesona

Paman mengajak Beni berkeliling kota dengan mengendarai bendi. Bendi adalah alat transportasi tradisional Manado. Orang Manado menggunakan bendi sejak dahulu. Di Pulau Jawa, bendi dikenal dengan delman atau dokar. Bendi adalah alat transportasi sederhana yang ditarik kuda.

Beni melihat orang Manado menggunakan bermacam-macam alat transportasi. Ada yang bersepeda dan mengendarai mobil pribadi. Ada juga yang mengendarai sepeda motor. Sebagian besar orang Manado menggunakan angkutan kota.

Paman menjelaskan bahwa cara orang bepergian mengalami perubahan. Dulu, orang bepergian dengan menggunakan bendi. Saat ini orang bepergian dengan menggunakan alat transportasi modern. Beni pergi ke Manado menggunakan mobil dan pesawat.

 

Alat transportasi apa saja yang pernah kamu gunakan?

 

Ayo Bercerita


Perhatikan gambar di bawah ini! Urutan perkembangan cara orang bepergian!

Yuk kita lihat perkembangan cara orang berpergian.

Perkembangan Menggunakan Alat Transportasi

Pada jaman dahulu manusia bepergian ke berbagai tempat masih berjalan kaki. Berjalan kaki merupakan model transportasi tertua sebelum penggunaan hewan menjadi alat bantu transportasi. Selanjutnya manusia mulai menggunakan hewan sebagai alat transportasi. Beberapa jenis binatang yang sudah lumrah dijadikan alat transportasi manusia antara lain Kuda, Unta, Sapi dan Keledai

Selanjutnya manusia menggunakan hewan sebagai penarik kendaraan.  Sebelum belum mengenal mesin apalagi bahan bakar. manusia menggunakan kereta yang ditarik oleh hewan. Salah satu contohnya adalah delman.

 

Setelah mengenal mesin dan bahan bakar manusia mulai menggunakan kendaraan bermesin. Salah satu contohnya adalah mobil. Mobil dapat bergerak lebih cepat jika dibandingkan dengan delman. Mobil digerakan oleh mesin dan bahan bakar.

Setelah mengenal mobil manusia masih membutuhkan alat transportasi yang lebih cepat dibanding mobil yaitu pesawat terbang. Dengan pesawat terbang manusia dapat bepergian lebih jauh.

Ayo Mengamati
Salah satu alat transportasi yang banyak digunakan adalah mobil. Apakah kamu suka naik mobil? Maukah kamu menjadi perancang mobil? Sebelum kamu menjadi perancang mobil terkenal, ayo kita buat dulu mobil dari kardus bekas! Amati proses membuat mobil berikut ini!

Peralatan yang dibutuhkan
Pisau, gunting, selotip, lem, kardus bekas (bekas kotak sepatu atau yang seukuran), 1 lembar kertas putih polos, penggaris, dan spidol, dan lem

Langkah-langkah pembuatan

1.       1. Siapkan peralatan.

2.      2. Selotip dengan rapat bagian kardus yang terpotong dengan rapat.

3.      3. Buat pola pintu mobil pada bagian samping kanan dan kiri kardus.

4.      4. Potong garis pintu seperti pada gambar.

5.  5. Buat pola kaca depan pada bagian atas kardus. Buat garis sekitar 1 cm dari setiap sisi sehingga membentuk persegi panjang. Potong pada 3 bagian sisi. Lalu, lipat potongan ke atas sehingga membentu kaca.

6.    6. Potong kertas putih seukuran persegi panjang pada kaca depan. Lalu tempel bagian kaca depan.

7.  7. Kelebihan kardus pada bagian belakang dilipat ke dalam, sehingga membentuk seperti sandaran kursi mobil.


Amatilah cara membuat kerajinan di atas! Kegiatan apa saja yang kamu lakukan? Kegiatan yang dilakukan dalam membuat kerajinan:

1.       1. Memotong Kardus

2.      2. Memotong kertas dan menempelkan

3.      3. Melipat kardus bagian belakang

4.      4. Membuat pola pintu mobil



Ayo Mencoba
Amatilah bangun datar pada mobil kardus buatanmu! Bangun datar apa saja yang kamu temukan? Sebutkan!

Perhatikan gambar kaca depan mobil! Berapa ukurannya? Jika kamu akan menghias kaca mobil dengan pita, berapa panjang pita yang kamu butuhkan untuk menghias seluruh tepi kaca?

Mari kita hitung:
20 cm + 10 cm +  20 cm +  10  cm = 60 cm

Panjang pita yang mengelilingi tepi kaca mobil adalah keliling kaca mobil.

TUGAS HARI INI
Amati bangun datar berikut! Berapa kelilingnya?

Hitunglah keliling bangun datar di atas !

Keliling Bangun A = .......

Keliling Bangun B = .................

Selamat mengerjakan!

Jangan lupa ucapkan terima kasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah hari ini! Mari, kita akhiri kegiatan belajar di rumah hari ini dengan membaca doa sesudah belajar. Terima kasih.. Sampai jumpa besok yaa anak sholih shaliha.

Kesimpulan

Alhamdulillah pembelajaran hari ini berjalan dengan lancar. Semua siswa dapat mengikuti pembelajaran dengan baik dan siswa dapat mengidentifikasi ide pokok dari teks perkembangan teknologi transportasi di lingkungan sekitar, siswa dapat menentukan keliling bangun datar dengan satuan baku tertentu dengan benar. Namun masih terdapat dua siswa yang belum dapat menentukan keliling bangun datar dengan satuan baku tertentu dengan benar.

 

Wassalamualaikum Wr. Wb

Kamis, 24 April 2025

KELAS 3 TEMA 7 SUBTEMA 3 PERMBELAJARAN 6, JUM'AT 25 APRIL 2025

Hari / Tanggal           : Jumat, 25 April 2025

Tema 7                        : Perkembangan Teknologi

Subtema 3                  : Perkembangan Teknologi Komunikasi

Pembelajaran             : 6

Alat peraga: poster, Realia, dan video

Kompetensi Dasar:

PPKn: 3.3 Menjelaskan makna keberagaman karakteristik individu di lingkungan sekitar

Bahasa Indonesia: 3.6 mencermati isi teks tentang perkembangan teknologi pangan, sandang, komunikasi, dan transportasi di lingkungan setempat.

MTK: 3.10 Menjelaskan dan menentukan keliling bangun datar

SBDP 3.1, mengetahui unsur-unsur rupa dalam karya dekoratif



Assalaamualaikum, Wr. Wb.

Bagaimana kabarnya hari ini anak sholih dan sholihah,

Semoga semua selalu dalam lindungan Alloh Yaa.

Ayo sebelum belajar jangan lupa mandi, sarapan yang bergizi, sholat dhuha serta murojaah yaaMari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!

 

Tujuan pembelajaran kita hari ini siswa dapat menuliskan kembali pokok informasi dari teks bacaan dengan tepat, siswa dapat menemukan akibat dari adanya keragaman karakteristik individu terhadap perkembangan teknologi dengan tepat, siswa dapat mengukur keliling suatu bangun dengan satuan sentimeter dengan benar.

 

AYO MEMBACA

Bacalah teks bacaan berikut!


Tuliskan informasi dari setiap paragraf berdasarkan teks yang telah kamu baca!



Udin dan teman-teman menyimak cerita Aito  tentang penggunaan alat komunikasi. Aito sering menggunakan aplikasi penyampai  pesan. Aito juga menggunakan media sosial dalam berkomunikasi. Media sosial adalah media untuk berkomunikasi  secara umum. Melalui media sosial, informasi dapat dibagikan kepada banyak orang. Siapapun bisa memberikan komentar dan pendapatnya. Pendapat setiap orang tak selalu sama. Ada kalanya, kita menghadapi perbedaan pendapat.  Jika tidak dapat menerima perbedaan akan terjadi pertengkaran.  Pertengkaran akan memicu perpecahan. Hal tersebut  harus dihindari.  Dengan menerima perbedaan, akan memperkaya wawasan dan pengetahuan kita.

 

Akibat dari adanya keberagaman sikap pada setiap orang terhadap perkembangan teknologi tertulis sebagai berikut!


AYO BERLATIH


Jangan lupa ucapkan terima kasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah hari ini! Mari, kita akhiri kegiatan belajar di rumah hari ini dengan membaca doa sesudah belajar. Terima kasih.. Sampai jumpa besok yaa anak sholih shaliha.

Kesimpulan

Alhamdulillah pembelajaran hari ini berjalan dengan lancar. Seluruh siswa dapat mengikuti kegiatan dengan baik dan seluruh siswa dapat menuliskan kembali pokok informasi dari teks bacaan dengan tepat, siswa dapat menemukan akibat dari adanya keragaman karakteristik individu terhadap perkembangan teknologi dengan tepat, siswa dapat mengukur keliling suatu bangun dengan satuan sentimeter dengan benar. Namun masih terdapat dua siswa yang belum bisa menuliskan kembali pokok informasi dari teks bacaan dengan tepat.

Wassalamualaikum Wr. Wb

KELAS 3 TEMA 7 SUBTEMA 3 PEMBELAJARAN 5, KAMIS 24 APRIL 2025

  Hari / Tanggal             : Kamis, 24 April 2025

Tema 7                        : Perkembangan Teknologi

Subtema 3                  : Perkembangan Teknologi Komunikasi

Pembelajaran             : 5

 Alat peraga: poster, Realia, dan video

Kompetensi Dasar:

PPKn: 3.3 Menjelaskan makna keberagaman karakteristik individu di lingkungan sekitar

Bahasa Indonesia: 3.6 mencermati isi teks tentang perkembangan teknologi pangan, sandang, komunikasi, dan transportasi di lingkungan setempat.

MTK: 3.10 Menjelaskan dan menentukan keliling bangun datar

SBDP 3.1, mengetahui unsur-unsur rupa dalam karya dekoratif



Tujuan pembelajaran kita hari ini  siswa dapat menentukan keliling bangun datar dengan tepat. siswa dapat menemukan keragaman karakteristik individu dengan benar.

AYO MEMBACA

Hari ini Beni kedatangan tamu istimewa. Tamu itu adalah Bang Andi. Dia adalah saudara sepupu Beni yang berada di Jepang.  Beberapa waktu yang lalu, Ayah menunjukkan surat dari Bang Andi. Bang Andi mengirimkan surel kepada Ayah. Beni membacanya melalui komputer milik Ayah.

Bacalah isi surat yang ditulis oleh Bang Andi!

 

Hai, Paman! Apa kabar? Sudah lama, ya, kita tidak bertemu. Melalui surat ini, aku ingin memberi kabar bahwa pada tanggal 17 Agustus nanti, aku akan pulang ke Indonesia.

Aku tak sabar ingin bertemu keluarga di sana. Aku rindu suasana di Indonesia.

Aku bersyukur kini teknologi semakin maju. Manfaatnya banyak sekali. Walaupun aku berada di Jepang, aku

tetap bisa berkomunikasi dengan keluarga di Indonesia. Banyak cara yang aku gunakan untuk berkomunikasi.

Kadang, aku mengirim pesan singkat melalui ponsel. Jika ingin mendengar suara ibu atau ayah, aku menelepon

mereka. Jika rindu ingin melihat

kegiatan mereka secara langsung, aku menggunakan panggilan video. Kini, jarak tak lagi masalah untuk melakukan komunikasi.

Demikian informasi dariku. Sampaikan

salamku untuk Bibi dan Beni. Katakan

pada Beni kalau aku akan datang dan

mengajaknya bermain.

Terima kasih, Paman. Sampai jumpa…

 

Amati peta lokasi pameran berikut!

Berdirilah pada lantai yang telah diberi tanda menggunakan tali oleh gurumu. Tali tersebut akan membentuk bangun datar. Tali yang membentuk bangun datar menunjukkan keliling dari bangun datar.

AYO BERLATIH



Indonesia adalah Negara yang kaya. Indonesia memiliki sekitar 17.000 pulau. Indonesia terdiri atas berbagai suku bangsa yang memiliki adat dan kebiasaan berbeda.  Indonesia memiliki dasar Negara, yaitu Pancasila. Sila ketiga Pancasila menjadi landasan agar kita selalu hidup rukun. Semboyan bangsa Indonesia adalah Bhinneka Tunggal Ika. Artinya berbeda-beda, namun tetap satu. Semboyan ini kita temukan pada lambing negara Indonesia, Burung Garuda. Indonesia memiliki bermacam budaya yang berbeda, namun semua saling menghargai. Walaupun memiliki perbedaan dalam kebiasaan sehari-hari, pertengkaran dapat dihindari jika kita mau saling memahami.

 

LATIHAN HARI INI

Kerjakan Modul Tematik (Cerdas) Halaman 78-79 Kalian bisa lihat Soal di buku modul tematik (cerdas) untuk jawabannya kalian kerjakan di link berikut ini yaa


 Jangan lupa ucapkan terima kasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah hari ini! Mari, kita akhiri kegiatan belajar di rumah hari ini dengan membaca doa sesudah belajar. Terima kasih.. Sampai jumpa besok yaa anak sholih shaliha.

Kesimpulan

Alhamdulillah pembelajaran hari ini berjalan dengan lancar. Semua siswa dapat mengikuti pembelajaran dengan baik dan semua siswa dapat menentukan keliling bangun datar dengan tepat. siswa dapat menemukan keragaman karakteristik individu dengan benar. 

Wassalamualaikum Wr. Wb