Senin, 14 Oktober 2024

KISI-KISI PTS TEMA 1 SUBTEMA 1&2, SENIN 14 OKTOBER 2024

Hari / Tanggal           :  Senin, 14 Oktober 2024

Tema 1                        : Ciri-Ciri Makhluk Hidup

Subtema 1 & 2           


Assalaamualaikum, Wr.Wb


Selamat pagi anak sholih/sholihah semangat ya belajar hari ini, tapi sebelum belajar jangan lupa mandi, sarapan yang bergizi, sholat dhuha serta murojaah yaa. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!


Karena hari ini anak-anak semua melaksanakan PTS Tema 1 Sub 1 dan 2, berikut bu Resti bagikan kisi-kisinya ya:

KISI KISI TEMA 1 SUB 1& 2

Selamat belajar semoga hasil hari ini maksimal ya

Wassalamu'alaikum wr wb

Kamis, 10 Oktober 2024

KELAS 3 TEMA 3 SUBTEMA 4 PEMBELAJARAN 5, KAMIS 10 OKTOBER 2024

 Hari / Tanggal           :  Kamis, 10 Oktober 2024

Tema 3                        : Benda di Sekitarku

Subtema 4                 : Keajaiban Perubahan Wujud Di Sekitarku 

Pembelajaran          : 5


PENDAHULUAN (15 MENIT) 

Assalaamualaikum, Wr.Wb

Selamat pagi anak sholih/sholihah semangat ya belajar hari ini, tapi sebelum belajar jangan lupa mandi, sarapan yang bergizi, sholat dhuha serta murojaah yaa. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!

Anak shaleh dan shalehah, sebelum memulai belajar hari ini, masih ingatkah yang kita pelajari di pertemuan sebelumnya?

DI pelajaran sebelumnya kita telah mempelajari tentang kesamaan lirik lagu dan mengkonversi satuan waktu.

Pada hari ini kita akan masih belajar tentang perubahan benda di sekitar kita yaitu proses terjadinya hujan

Adapun tujuan pembelajaran hari ini yaitu anak-anak dapat memahami perubahan wujud yang terjadi saat hujan serta menghitung lama waktu suatu kejadian berlangsung.


KEGIATAN INTI (40 MENIT)

PEMBELAJARAN 5

Proses terjadinya hujan melalui beberapa tahap perubahan wujud. Penguapan terjadi pada saat air dipermukaan bumi menguap karena terkena panas matahari. Uap air akan berubah menjadi awan. Setelah itu terjadi proses pengembunan di mana uap air berubah menjadi titiktitik air yang disebut pengembunan.

Ayo Mengamati
Pernahkah kamu memperhatikan terjadinya hujan? Hujan terjadi karena adanya perubahan wujud. Sebagian permukaan bumi berisi air. Ada sungai, danau, kolam, dan lautan yang terisi air.

Air di permukaan bumi menguap terkena panas matahari. Uap air akan berubah menjadi awan. Awan akan mengembun menjadi titik-titik air. Kemudian, titik-titik air jatuh ke bumi. Itulah yang dikenal sebagai hujan.

 


Ayo Berdiskusi
Perubahan wujud yang terjadi di sekitarmu merupakan perubahan alami. Perubahan yang terjadi di alam inilah yang patut disyukuri.

 

Proses terjadinya hujan melalui beberapa tahap perubahan wujud. Penguapan terjadi pada saat air dipermukaan bumi menguap karena terkena panas matahari. Uap air akan berubah menjadi awan. Setelah itu terjadi proses pengembunan di mana uap air berubah menjadi titik-titik air yang disebut pengembunan.

Ayo Menulis
Kamu telah mengurutkan proses terjadinya hujan. Jelaskan yang terjadi di setiap gambar! Mulailah dari nomor 1.


Ayo Mengamati
Siti hendak pergi ke rumah teman untuk mengerjakan tugas. Saat itu hujan turun dengan derasnya. Siti menunggu hingga hujan reda. Hujan turun sejak pukul 07.15 pagi dan berhenti pukul 09.10. Berapa lama hujan turun?




Lama hujan turun

45 menit + 1 jam + 10 menit = 1 jam 55 menit
Jadi, hujan turun selama 1 jam 55 menit

Udin pergi ke sekolah diantar ayah. Udin berangkat pukul 06.25. Perjalanan dari rumah ke sekolah membutuhkan waktu 30 menit. Pukul berapa Udin sampai di sekolah?

 

30 menit setelah pukul 06.25 adalah 06.55. Udin sampai di sekolah pukul 06.55.


Ayo Mengamati
Saat musim hujan, jejak sepatu siswa membasahi lantai sekolah. Akibatnya, lantai sekolah menjadi basah dan licin. Udin berjalan dengan cepat karena takut terlambat masuk sekolah. Udin tidak memperhatikan lantai yang basah dan licin.

Udin pun tegelincir, buku yang dibawanya jatuh berserakan. Udin terlihat menahan sakit di kakinya. Kamu berada di dekat Udin saat itu. Apa yang kamu lakukan? Tuliskan pendapatmu!

 KEGIATAN PENUTUP (15 MENIT)

Anak shaleh dan shalehah berikut tadi adalah materi kita hari ini

Yuk kita simpulkan bersama:

1. Terjadi proses penguapan dan pengembunan dalam siklus hujan

2. Dua buah lagu memungkinkan lirik lagu yang sama

3. Untuk dapat menghitung lama waktu berlangsung kita dapat menambahkan menitnya terlebih dahulu, lalu jamnya kemudian dengan susun ke bawah


Semoga pembelajaran hari ini dapat bermanfaat

tetap semangat belajar

Wassalamu'alaikum wr wb

Rabu, 09 Oktober 2024

KELAS 3 TEMA 3 SUBTEMA 4 PEMBELAJARAN 4, RABU 9 OKTOBER 2024

 Hari / Tanggal           : Rabu, 9 Oktober 2024

Tema 3                        : Benda di Sekitarku

Subtema 4                 : Keajaiban Perubahan Wujud Di Sekitarku 

Pembelajaran          : 4


PENDAHULUAN (15 MENIT) 

Assalaamualaikum, Wr.Wb

Selamat pagi anak sholih/sholihah semangat ya belajar hari ini, tapi sebelum belajar jangan lupa mandi, sarapan yang bergizi, sholat dhuha serta murojaah yaa. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!

Anak shaleh dan shalehah, sebelum memulai belajar hari ini, masih ingatkah yang kita pelajari di pertemuan sebelumnya?

Iyaps kemarin kita telah belajar tentang proses pembuatan garam dan gulali sebagai salah satu bentuk perubahan wujud benda yang ada di sekitar kita

Hari ini kita akan belajar tentang EFEK GLOBAL WARMING, koNVERSI SATUAN WAKTU, DAN CARA MELIPAT PAKAIAN.

Adapun tujuan pembelajaran hari ini yaitu siswa dapat memahami tentang global warming, mengkonversi satuan waktu, dan mempraktikkan cara melipat pakaian


Embun biasanya akan terbentuk dengan baik pada malam hari yang cerah dan tenang. Karena jika ada angin yang bertiup, maka tidak akan ada cukup waktu bagi uap air untuk bersentuhan dengan permukaan objek yang dingin sehingga uap air tidak akan dapat mengembun. Kemudian ketika matahari bersinar kembali dan memanaskan permukaan objek-objek, embun akan menguap kembali.


Embun adalah salah satu peristiwa perubahan wujud di alam. Embun terjadi karena di pagi hari udara lebih dingin sehingga uap air (berwujud gas) di udara berubah menjadi partikel air (wujud cair). Perubahan wujud ini disebut pengembunan.

Ayo Membaca
Perhatikan syair dari dua lagu di bawah ini!

Pahami syair lagu di atas! 



Ayo Mencoba
Lengkapi tabel di bawah ini!

Isilah dengan kata yang hanya ada di lagu Embun Pagi.

Isilah dengan kata yang ada di kedua lagu.

Isilah dengan kata yang hanya ada di lagu Embun.



Gunakan kamus! Carilah arti kata berikut ini!

1.     Surya adalah matahari.

2.     Dini adalah pagi sekali atau belum waktunya.

3.     Percik adalah titik-titik air yang berhamburan.

4.     Linang adalah meleleh.

5.     Intan adalah batu permata yang berkilauan.

6.     Cemerlang adalah bercahaya atau bersinar sangat terang; berkilauan.

7.     Ria adalah riang gembira. suka cita.

8.     Riang adalah suka hati; girang sekali

9.     Kilau adalah cahaya gemerlap; cahaya berkilap.

10.  Sejuk adalah berasa atau terasa dingin.

Temukan juga bahasa daerahmu yang mempunyai arti sama!

Ayo Menulis
Embun juga merupakan peristiwa perubahan wujud di alam. Embun terjadi karena di pagi hari udara lebih dingin. Oleh karena itu, uap air (berwujud gas) di udara berubah menjadi partikel air (wujud cair). Perubahan wujud dari gas menjadi cair disebut mengembun.

KEGIATAN PENUTUP(15 MENIT)

Itu tadi materi kita hari ini ya

mari kita simpulkan:

1. Pemanasan global/global warming dapat terjadi karena polusi udara yang tinggi

2. Penyebab polusi udara adalah asap kendaraan, asap pabrik

3. Untuk mengkoversi lamanya kejadian, jumlah kan satuan yang sama

4. Setiap pakaian memiliki cara melipat yang berbeda

Kesimpulan

Alhamdulillah anak-anak semua sudah dapat  memahami tentang global warming, mengkonversi satuan waktu, dan mempraktikkan cara melipat pakaian. Namun masih ada 3 siswa yang masih belum tepat mengonversi satuan waktu ke dalam jam dan menit. Semoga anak-anak semua dapat lebih giat lagi untuk belajar ya.

Itu tadi rangkaian materi kita hari ini ya

Semoga bermanfaat

Tetap semangat belajar dan berlatih

Wassalamu'alaikum wr wb

Selasa, 08 Oktober 2024

KELAS 3 TEMA 3 SUBTEMA 4 PEMBELAJARAN 3, SELASA 08 OKTOBER 2024

 Hari / Tanggal           : Selasa, 8 Oktober 2024

Tema 3                        : Benda di Sekitarku

Subtema 4                 : Keajaiban Perubahan Wujud Di Sekitarku 

Pembelajaran          : 3


PENDAHULUAN (15 MENIT) 

Assalaamualaikum, Wr.Wb

Selamat pagi anak sholih/sholihah semangat ya belajar hari ini, tapi sebelum belajar jangan lupa mandi, sarapan yang bergizi, sholat dhuha serta murojaah yaa. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!

Anak shaleh dan shalehah, sebelum memulai belajar hari ini, masih ingatkah yang kita pelajari di pertemuan sebelumnya?

Iyaps kemarin kita telah belajar tentang proses pembuatan garam dan gulali sebagai salah satu bentuk perubahan wujud benda yang ada di sekitar kita

Hari ini kita akan belajar tentang EFEK GLOBAL WARMING, koNVERSI SATUAN WAKTU, DAN CARA MELIPAT PAKAIAN.

Adapun tujuan pembelajaran hari ini yaitu siswa dapat memahami tentang global warming, mengkonversi satuan waktu, dan mempraktikkan cara melipat pakaian 

KEGIATAN INTI (40 MENIT)

PEMBELAJARAN 3

Ayo Membaca
Pemanasan Global
Pemanasan global disebut juga global warming. Pemanasan global terjadi jika suhu bumi meningkat. Akibatnya, es di wilayah kutub akan mencair. Hal ini menyebabkan permukaan air laut naik. Jika dibiarkan, maka dalam puluhan tahun mendatang pulau-pulau di dunia akan tenggelam.

Pemanasan global terjadi karena polusi udara yang tinggi. Asap kendaraan bermotor dan asap pabrik menyebabkan pancaran sinar matahari tidak dapat keluar dari bumi. Akibatnya, suhu bumi semakin panas.

Tumbuhan dan hewan pun merasakan dampak pemanasan global. Akibat kesulitan beradaptasi, beberapa jenis hewan dan tumbuhan mungkin akan mengalami kepunahan. Pada akhirnya, manusia akan merasakan kekurangan bahan makanan dan mengalami bencana kelaparan.



Kita dapat mengurangi laju pemanasan global. Caranya dengan mengurangi pencemaran udara. Contohnya berjalan kaki atau menggunakan sepeda untuk pergi ke tempat yang dekat. Mencintai dan memelihara tumbuhan dan tanaman. Menghemat pemakaian listrik dan air.

Kamu telah membaca tentang pemanasan global. Tuliskanlah kosakata baru yang kamu ketahui dari bacaan di atas! Temukan arti kata-kata tersebut dalam kamus!


Ayo Berlatih
Kita dapat mengurangi laju pemanasan global. Caranya dengan mengurangi pemakaian kendaraan. Seperti mobil ataupun motor. Lakukan gaya hidup sehat. Gunakan sepeda untuk jarak tempuh yang dekat.

Siti dan teman-temannya ke sekolah naik sepeda. Waktu yang ditempuh Siti dan teman-temannya dari rumah menuju sekolah adalah 90 menit.


Berapa jam, waktu yang ditempuh Siti dari rumah menuju sekolah dengan bersepeda?

Ayo Mengamati
Menghemat penggunaan listrik merupakan contoh dalam menahan laju pemanasan global. Udin menyalakan lampu kamar di pagi hari selama 1 jam 30 menit. Pada malam hari selama 4 jam 45 menit. Berapa lama Udin menyalakan lampu kamar?

Jadi, 1 jam 30 menit + 4 jam 45 menit
= 5 jam + 1 jam + 15 menit
= 6 jam 15 menit

Edo pergi ke rumah paman naik motor. Rumah paman berada di luar kota. Waktu yang dibutuhkan Edo ke rumah paman 1 jam 30 menit. Bila menggunakan kendaraan umum, waktu yang dibutuhkan 1 jam 55 menit. Berapa perbedaan waktu menggunakan motor dibandingkan kendaraan umum?

Jadi, 1 jam 55 menit – 1 jam 30 menit = 25 menit

Ayo berlatih

Ayo berlatih menambahkan dan mengurangkan waktu di bawah ini! Nomor 1 telah dicontohkan.
1. 7 jam 20 menit + 2 jam 30 menit =
7 jam + 2 jam = 9 jam
20 menit + 30 menit = 50 menit
9 jam + 50 menit = 9 jam 50 menit
Jadi, 7 jam 20 menit + 2 jam 30 menit = 9 jam 50 menit

Ayo Mencoba
Kekuasaan Tuhan sangat luar biasa. Tahukah kamu posisi matahari yang sangat ideal dengan bumi? Posisi ini mengakibatkan bumi tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin. Panas matahari tidak membuat semua air menguap. Masih cukup air di muka bumi ini setiap harinya.

Setiap hari kita membutuhkan sinar matahari untuk mengeringkan baju setelah dicuci. Pernahkah kamu membantu ibu menjemur pakaian? Atau membantu melipat setelah kering?

Lipatlah aneka jenis pakaian atau perlengkapan berbahan kain yang tersedia. Berlatihlah terus agar
lipatanmu lebih rapi lagi! Kamu diharapkan sudah dapat melipat dengan rapi. 


Kesimpulan
Alhamdulillah pembelajaran hari ini berjalan dengan lancar. Semua siswa dapat mengikuti pembelajaran dengan baik, semua siswa juga memahami tentang global warming, mengkonversi satuan waktu, dan mempraktikkan cara melipat pakaian

Terima kasih telah belajar hari ini
Tetap semangat
Wassalamualaikum wr wb

Senin, 07 Oktober 2024

KELAS 3 TEMA 3 SUBTEMA 4 PEMBELAJARAN 1&2, SENIN 7 OKTOBER 2024

Hari / Tanggal           :  Senin, 7 Oktober 2024

Tema 3                        : Benda di Sekitarku

Subtema 4                 : Keajaiban Perubahan Wujud Di Sekitarku 

Pembelajaran          : 1 & 2


PENDAHULUAN (15 MENIT) 

Assalaamualaikum, Wr.Wb

Selamat pagi anak sholih/sholihah semangat ya belajar hari ini, tapi sebelum belajar jangan lupa mandi, sarapan yang bergizi, sholat dhuha serta murojaah yaa. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!

Anak shaleh dan shalehah, sebelum memulai belajar hari ini, masih ingatkah yang kita pelajari di pertemuan sebelumnya?

Iyaps di pertemuan sebelumnya kita sudah belajar tentang perubahan-perubahan wujud benda. 

Pada pertemuan kali ini kita akan belajar tentang perubahan-perubahan wujud benda di sekitar kita

Adapun tujuan pembelajaran hari ini adalah agar anak-anak dapat mengidentifikasi perubahan wujud benda garam, mampu mengkonversi dalam satuan waktu, mempraktikkan melipat baju, dan mengidentifikasi sikap bersatu dan tolong menolong.

KEGIATAN INTI (40 Menit)

Ayo Membaca
Bertani Garam
Garam dihasilkan dari air laut. Di pinggir pantai, petani garam membuat ladang garam. Ladang garam ini berbentuk tambak-tambak untuk menampung air laut.

Ladang garam terbentang luas di pantai yang tidak memiliki banyak sungai. Contohnya di pantai utara Pulau Jawa, Madura, Sumatra, Sulawesi, dan pantai-pantai di daerah Nusa Tenggara.

Bagaimana proses menghasilkan garam? Pertama, petani menyiapkan petak-petak tambak. Tanah di dalam petak tambak terlebih dulu harus dipadatkan.

Setelah tambak garam dibuat, lalu diisi air laut dengan kedalaman tertentu. Air laut yang terkena sinar matahari akan menguap dan meninggalkan kristal-kristal garam.

Untuk mendapatkan lapisan garam yang tebal, setiap hari harus ditambah air lautnya. Hal ini untuk menggantikan air laut yang menguap. Setelah sekitar 210 hari atau setelah musim kemarau berakhir, lapisan garam di dasar tambak pun harus segera dipanen. Memanennya jangan menunggu musim hujan tiba. Mengapa? Sebab kualitas garam akan menurun atau tidak bagus.

Garam-garam setelah dipanen lalu dijual ke pabrik untuk ditambah zat iodium dan dikirim ke daerah-daerah.
Sumber : www.bobo.kidnesia.com

Ayo Bercerita
Perubahan wujud terjadi pada proses pembuatan garam. Bantulah Siti menceritakan proses pembuatan garam. Buatlah bentuk cerita bergambar!


 

 

Ayo Mengamati
Waktu yang dibutuhkan petani garam untuk mengisi satu petak air laut adalah dua jam. Berapa lama waktu yang diperlukan dalam satuan menit?

Satuan jam dapat diubah menjadi menit. Diskusikan bersama temanmu! Isikan hasilnya pada titik-titik berikut.

1 jam = 60 menit

Perhatikan cara penyelesaiannya di bawah ini!

2 jam = 2 x 60 menit = 120 menit
Jadi, waktu yang dibutuhkan petani garam untuk mengisi satu petak adalah 120 menit.

Untuk memanen satu petak garam, petani garam memerlukan waktu 90 menit. Berapa lama waktu yang diperlukan dalam satuan jam?

 

90 menit = 60 menit + 30 menit = 1 jam + 30 menit
Jadi, waktu yang dibutuhkan untuk memanen satu petak garam adalah 1 jam 30 menit.

Setelah memanen garam, petani membawa garam hasil panen ke pabrik. Waktu yang ditempuh petani menuju pabrik dengan berjalan kaki adalah 1 jam 20 menit. Berapa lama waktu yang dibutuhkan dalam menit?

1 jam = 60 menit
1 jam 20 menit = 60 menit + 20 menit = 80 menit

 


Ayo Mencoba
Sebutkan perubahan wujud yang terjadi saat menjemur pakaian basah! Ya benar, penguapan. Sama seperti proses pembuatan garam. Baju mengering karena air dalam baju yang basah menguap terkena panas matahari. Setelah baju mengering, lipatlah dengan rapi dan susunlah di lemari.

Perhatikan cara melipat kaos berikut ini! Ikutilah langkah-langkahnya!

  1. Letakkan kaos di permukaan yang datar dengan bagian depan berada di bawah. Haluskan kaos
  2. Lipat bagian bawah kaos terlebih dahulu.
  3. Lipat bagian kanan kaos, lipat juga lengan kaosnya.
  4. Lipat bagian kiri dengan cara yang sama .
  5. Lipat lengan kaos bagian kiri
  6. Buat lipatan tengah sehingga kaos terbagi menjadi dua bagian yang sama lalu lipat kaos.
  7. Kaos sudah terlipat dengan baik.

 

PEMBELAJARAN 2

Perubahan wujud zat adalah perubahan yang terjadi dari wujud zat satu ke zat lainnya pada suatu benda. Perubahan ini dapat terjadi karena adanya penyerapan dan pelepasan kalor. Perubahan terjadi saat tercapainya titik suhu tertentu oleh senyawa zat tersebut. Contohnya adalah air yang sudah mencapai titik beku akan berubah menjadi benda padat atau air yang telah mencapai titik didih akan berubah menjadi gas.

Ayo Mencoba
Asyiknya Membuat Gulali
Gulali adalah sejenis permen yang terbuat dari gula pasir. Rasanya manis dan mudah membuatnya. Sambil membuat gulali, cermati perubahan wujud yang terjadi!

A. Alat dan Bahan

  1. 500 gram gula pasir.
  2. 250 ml air matang.
  3.  Pewarna makanan
  4. Tusuk sate


B. Cara Membuat

  1. Campurkan 500 gram gula pasir dengan 250 ml air matang. Kemudian, tambahkan pewarna jika diperlukan.
  2. Aduk campuran tersebut hingga merata. Kemudian, panaskan di atas api sedang.
  3. Aduk-aduk terus hingga mendidih dan airnya mulai berkurang. Setelah itu, angkat dari api dan diamkan sampai adonan mengental.
  4. Jika sudah dingin dan mengental, maka adonan gulali tersebut sudah boleh dibentuk. Lilitkan pada tusuk sate dan bentuk menjadi aneka bentuk yang kamu sukai.

Ayo Mengamati
Kamu sudah melakukan dan mencermati cara membuat gulali. Sekarang, tuliskan perubahan wujud yang terjadi selama pembuatan gulali. Tuliskan contohnya!

No.

Peristiwa

Perubahan Wujud yang Terjadi

1.

Gula dicampur air

Mencair

2.

Air mendidih

Menguap

3.

Adonan gulali mengental

Membeku


Ayo Berdiskusi
Kelompokmu telah mempraktikkan membuat gulali. Apa yang terjadi jika setiap anggota kelompokmu tidak melaksanakan tugas masing-masing? Atau tidak bekerja sama?

Ayo bercerita
Indonesia merupakan negara yang kaya akan budaya-budaya yang beragam. Indonesia yang terdiri atas pulau-pulau dari sabang sampai merauke. Tentunya juga memiliki budaya maupun tradisi yang berbeda-beda di setiap tempatnya.


Keberagaman yang ada di Indonesia seharusnya dapat mempererat hubungan antarmasyarakat satu dengan yang lainnya. Sama seperti semboyan nasional kita yaitu, “Bhinneka Tunggal Ika” yang artinya “Berbeda-beda tetapi tetap satu”. Kita harus bisa menjaga persatuan dan kesatuan Negara, meskipun kita datang dari latar belakang yang beragam.

Persatuan dan kesatuan dapat dilatih mulai dari lingkungan terdekat. Mulai dari lingkungan rumah dan lingkungan sekolah. Di lingkungan rumah, sikap bersatu dimulai dengan saling menghargai pendapat dan peran yang beragam di rumah. Saling menghormati hak dan kewajiban masing-masing.

Tugas kelompok akan berhasil jika menunjukkan sikap bersatu. Sikap bersatu banyak contohnya. Diskusikan bersama kelompokmu! Makna dan contoh kegiatan yang menunjukkan sikap bersatu!

Sikap bersatu adalah berkumpulanya individu menjadi saru tanpa memandang ras, suku, agama, warna kulit dan keturunan untuk mencapai tujuan tertentu.

Contoh sikap bersatu ;

  1. Saling menghargai pendapat dan peran yang beragam. 
  2. Saling menghormati hak dan kewajiban masing-masing
  3. Saling menghargai keragaman suku bangsa dan budaya.
  4. Tidak merendahkan adat istiadat lain. 
  5. Menghormati segala bentuk tradisi lain yang tidak sama dengan tradisi sendiri.

Ayo Mengamati
Dalam keluarga, penting untuk mempunyai sikap bersatu. Berilah tanda centang (√) pada gambar berikut! Gambar yang menunjukkan sikap bersatu dalam keluarga.

 


Ayo Bercerita
Kamu telah memilih aktivitas yang menunjukkan saling membantu di rumah. Perhatikan cerita Edo di bawah ini!

Hai, namaku Edo. Aku bersekolah di SD Nusantara. Setiap pagi sebelum berangkat sekolah, aku merapikan tempat tidurku. Aku juga menolong ibu menjaga adikku, ketika ibu memasak sarapan.


Pada sore hari, aku membantu ibu menyiram bunga dan pohon di kebun. Pada malam hari, ayah dan ibu membantuku mengulang pelajaran di rumah. Di rumah, kami saling tolong-menolong. Tolong-menolong membuat pekerjaan menjadi mudah dan ringan. Akupun menjadi semakin sayang kepada ayah dan ibu.

Bagaimana dengan ceritamu? Ceritakan pengalamanmu saling tolong-menolong dalam keluarga! Presentasikan di depan kelas!

Aku tinggal bersama adik dan kedua orangtuaku. Sebelum berangkat sekolah aku membantu ibu mencuci piring. Tugas tersebut sudah biasa saya lakukan setiap hari. Sepulang sekolah aku juga ikut membantu ibu menjaga adikku yang masih kecil.

Saat malam hari biasanya ayah dan ibuku juga membantu aku saat kesulitan mengulang pelajaran di sekolah. Mereka dengan ikhlas membantuku. Kebiasaan tolong menolong sudah menjadi kebiasaan keluarga kami. Dengan tolong menolong semua anggota keluarga saling bekerjasama. Aku merasa bangga terhadap keluargaku.

Berikut tadi materi yang dapat bu guru sampaikan.

Yuk kita simpulkan bersama

1. Pembuatan garam adalah contoh perubahan wujud benda menguap

2. 1 jam = 60 menit

3. Perubahan wujud benda terjadi karena adanya perubahan kalor benda melalui proses pemanasan

4. Sikap bersatu artinya adalah saling menghormati perbedaan yang ada

5. SIkap tolong menolong dapat dilakukan dimana saja.

Kesimpulan

Alhamdulillah pembelajaran hari ini berjalan dengan lancar. Semua siswa dapat mengikuti pembelajaran dengan baik dan semua siswa dapat mengidentifikasi perubahan wujud benda garam, mampu mengkonversi dalam satuan waktu, mempraktikkan melipat baju, dan mengidentifikasi sikap bersatu dan tolong menolong.

Nah itu tadi materi kita hari ini

semoga bermanfaat, 

assalamu'alaikum wr wb

Jumat, 04 Oktober 2024

KELAS 3 TEMA 3 SUBTEMA 3 PEMBELAJARAN 6, JUM'AT 04 OKTOBER 2024

 Hari / Tanggal           : Jumat, 4 Oktober 2024

Tema 3                        : Benda di Sekitarku

Subtema 3                 : Perubahan Wujud Benda

Pembelajaran          : 6


PENDAHULUAN (15 MENIT) 

Assalaamualaikum, Wr.Wb

Selamat pagi anak sholih/sholihah semangat ya belajar hari ini, tapi sebelum belajar jangan lupa mandi, sarapan yang bergizi, sholat dhuha serta murojaah yaa. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!

Anak shaleh dan shalehah, sebelum memulai belajar hari ini, masih ingatkah yang kita pelajari di pertemuan sebelumnya?

Iyaps di pertemuan sebelumnya kita sudah belajar tentang wujud-wujud benda. Hari ini kita akan melanjutkan pembelajarannya ya

Tujuan pembelajaran hari ini adalah agar anak-anak dapat mengidentifikasi proses perubahan wujud benda dengan tepat.


Pameran adalah kegiatan yang dilakukan oleh para siswa baik itu perorangan ataupun kelompok untuk menyampaikan ide gagasan pada siswa lain. Pameran kelas/ sekolah merupakan kegiatan memperlihatkan karya yang dihasilkan oleh siswa selama menempuh pembelajaran di sekolah kepada orang banyak, baik di dalam lingkungan sekolah maupun di luar lingkungan sekolah. Melalui pameran, seorang siswa bisa memperkenalkan karya-karyanya kepada masyarakat baik dilingkungan sekolah ataupun masyarakat umum.

Pameran di sekolah memiliki fungsi sebagai sarana yang strategis dalam memupuk, membina, dan mengembangkan kemampuan siswa dalam melakukan apresiasi terhadap karya yang dipamerkan. Melalui kegiatan pameran siswa dilatih untuk memberikan tanggapan dan penilaian baik secara lisan, tertulis, maupun melalui perbuatan/sikap.

Kehadiran pameran dalam konteks pembelajaran di sekolah memiliki fungsi tersendiri, di antaranya fungsi pendidikan (edukasi) dan fungsi hiburan (rekreasi). Melalui kegiatan pameran, para siswa diberi kesempatan untuk melakukan penilaian terhadap karya  yang dipamerkan. Kegiatan pameran juga menyajikan hiburan bagi warga sekolah dan masyarakat sekitarnya

Ayo Berlatih
Banyak Ragam Perubahan di Sekitarku
Hari yang ditunggu telah tiba. Kelompokmu akan memamerkan hasil pekerjaan kepada teman-teman yang lain. Bersiaplah untuk mempresentasikan hasil penelitianmu. Penelitian tentang perubahan wujud pada proses memasak makanan. Undanglah teman-temanmu dari kelas lain. Jadi, teman-teman kelas lain dapat melihat hasil penelitan kelasmu!


Ayo Berkreasi
Tuliskan waktu pelaksanaan pemeran di kelasmu!

Pameran dilaksanakan mulai pukul 08.00 sampai dengan pukul 10.00.


Perhatikan alat yang digunakan untuk menunjukkan waktu!

Apakah perbedaan dan persamaan antara ketiga jenis jam di atas?
Persamaannya
Ketiga jam tersebut sama sama berfungsi untuk menunjukan waktu.

Perbedaannya :

  1. Jam analog memiliki jarum penunjuk jam yang akan berputar setiap detik menit dan jam.

  2. Jam digital hanya menunjukan angka waktu yangg akan berubah setiap menit dan jamnya.

  3. Jam pasir tidak memiliki angka, hanya perpindahan pasir yang menunjukan berubahnya waktu

Kesimpulan
Alhamdulillah pembelajaran hari ini berjalan dengan lancar. Semua siswa dapat mengidentifikasi proses perubahan wujud benda dengan tepat.

Demian pembelajaran kita hari ini. Semoga anak sholeh sholeheh dapat memahaminya dengan baik

Wassalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh

Kamis, 03 Oktober 2024

KELAS 3 TEMA 3 SUBTEMA 3 PEMBELAJARAN 5, KAMIS 03 OKTOBER 2024

Hari / Tanggal           :Kamis, 3 Oktober 2024

Tema 3                        : Benda di Sekitarku

Subtema 3                 : Perubahan Wujud Benda

Pembelajaran          : 5


PENDAHULUAN (15 MENIT) 

Assalaamualaikum, Wr.Wb

Selamat pagi anak sholih/sholihah semangat ya belajar hari ini, tapi sebelum belajar jangan lupa mandi, sarapan yang bergizi, sholat dhuha serta murojaah yaa. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!

Anak shaleh dan shalehah, sebelum memulai belajar hari ini, masih ingatkah yang kita pelajari di pertemuan sebelumnya?

Iyaps di pertemuan sebelumnya kita sudah belajar tentang wujud-wujud benda. Hari ini kita akan melanjutkan pembelajarannya ya

Tujuan pembelajaran hari ini adalah agar anak-anak dapat mengidentifikasi proses perubahan wujud benda dengan tepat.


Pameran adalah kegiatan yang dilakukan oleh para siswa baik itu perorangan ataupun kelompok untuk menyampaikan ide gagasan pada siswa lain. Pameran kelas/ sekolah merupakan kegiatan memperlihatkan karya yang dihasilkan oleh siswa selama menempuh pembelajaran di sekolah kepada orang banyak, baik di dalam lingkungan sekolah maupun di luar lingkungan sekolah. Melalui pameran, seorang siswa bisa memperkenalkan karya-karyanya kepada masyarakat baik dilingkungan sekolah ataupun masyarakat umum.

Pameran di sekolah memiliki fungsi sebagai sarana yang strategis dalam memupuk, membina, dan mengembangkan kemampuan siswa dalam melakukan apresiasi terhadap karya yang dipamerkan. Melalui kegiatan pameran siswa dilatih untuk memberikan tanggapan dan penilaian baik secara lisan, tertulis, maupun melalui perbuatan/sikap.

Kehadiran pameran dalam konteks pembelajaran di sekolah memiliki fungsi tersendiri, di antaranya fungsi pendidikan (edukasi) dan fungsi hiburan (rekreasi). Melalui kegiatan pameran, para siswa diberi kesempatan untuk melakukan penilaian terhadap karya  yang dipamerkan. Kegiatan pameran juga menyajikan hiburan bagi warga sekolah dan masyarakat sekitarnya

Ayo Berlatih
Banyak Ragam Perubahan di Sekitarku
Hari yang ditunggu telah tiba. Kelompokmu akan memamerkan hasil pekerjaan kepada teman-teman yang lain. Bersiaplah untuk mempresentasikan hasil penelitianmu. Penelitian tentang perubahan wujud pada proses memasak makanan. Undanglah teman-temanmu dari kelas lain. Jadi, teman-teman kelas lain dapat melihat hasil penelitan kelasmu!


Ayo Berkreasi
Tuliskan waktu pelaksanaan pemeran di kelasmu!

Pameran dilaksanakan mulai pukul 08.00 sampai dengan pukul 10.00.


Perhatikan alat yang digunakan untuk menunjukkan waktu!

Apakah perbedaan dan persamaan antara ketiga jenis jam di atas?
Persamaannya
Ketiga jam tersebut sama sama berfungsi untuk menunjukan waktu.

Perbedaannya :

  1. Jam analog memiliki jarum penunjuk jam yang akan berputar setiap detik menit dan jam.

  2. Jam digital hanya menunjukan angka waktu yangg akan berubah setiap menit dan jamnya.

  3. Jam pasir tidak memiliki angka, hanya perpindahan pasir yang menunjukan berubahnya waktu

Lingkarilah satuan waktu yang biasa digunakan!


KESIMPULAN

- pameran adalah kegiatan menyampaikan ide/gagasan

- fungsinya untu edukasi atau rekreasi


Alhamdulillah anak-anak semua sudah dapat memahami konsep pameran dan fungsinya. Namun masih ada 2 siswa yang masih harus belajar lebih giat lagi untuk memahami konsep pameran dan fungsinya ya

Terima kasih anak saleh dan salehah yang telah belajar hari ini

Semoga bermanfaat

Wassalamulaikum wr wb

Selasa, 01 Oktober 2024

KELAS 3 TEMA 3 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 3, SELASA 01 OKTOBER 2024

Hari / Tanggal : Selasa, 1 Oktober 2024

Tema 3 : Benda di Sekitarku

Subtema 2 : Wujud Benda

Pembelajaran : 3

 

Assalamu'alaikum, Wr.Wb


Selamat pagi anak sholih/sholihah semangat ya belajar hari ini, tapi sebelum belajar jangan lupa mandi, sarapan yang bergizi, sholat dhuha serta murojaah yaa. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!


Tujuan pembelajaran hari ini adalah dengan mengamati penjelasan guru, siswa dapat menuliskan macam-macam perubahan wujud benda

Pada pembelajaran sebelumnya kita telah mempelajari macam-macam wujud benda.

PEMBELAJARAN 3

Berdasarkan wujudnya, benda dibagi menjadi tiga yaitu :benda padat, benda cair, dan benda gas. Menguap adalah peristiwa perubahan zat cair menjadi gas. Contohnya air yang direbus jika dibiarkan lama-kelamaan akan habis, bensin yang dibiarkan berada pada tempat terbuka lama-lama juga akan habis berubah menjadi gas.

Ayo Mencoba
Ke Mana Perginya Air?
Pernahkah kamu mencuci baju?Atau membantu ibu cuci baju. Coba perhatikan apa yang terjadi saat
baju basah dijemur di bawah terik matahari. Ternyata, baju yang basah lama-kelamaan mengering.Mengapa hal ini dapat terjadi? Ayo, diskusikan bersama temanmu!

Ayo Mengamati
Menguap merupakan peristiwa perubahan wujud.Wujud dari cair menjadi gas.Peristiwa ini disebabkan oleh pemanasan.Contoh peristiwa menguap adalah baju basah yang dijemur lama-kelamaan mengering.Air dalam baju menguap karena terkena panas matahari.

Ayo Berkreasi
Matahari membantu proses penguapan yang terjadi di muka bumi. Jika tidak dengan bantuan sinar matahari, baju yang dijemur sulit mengering.Matahari mempunyai peran yang penting bagi kehidupan manusia di bumi.

Keindahan matahari mengilhami seniman untuk membuat gambar dekorasi.Gambar dekorasi yang bertema matahari.Ada beberapa motif matahari di sekitar kita.


Ayo Mengamati
Ikan asin merupakan contoh makanan yang diproses melalui pengeringan.Dalam pengeringan, ikan dijemur di bawah terik matahari.Mengapa?Agar kandungan airnya menguap.Ikan pun menjadi kering.

Ikan asin dibuat dengan cara dikeringkan terlebih dahulu. Perubahan wujud terjadi pada proses pembuatan ikan asin. Perubahan wujud yang terjadi adalah penguapan.

Coba sebutkan makanan tradisional di daerahmu yang dibuat dengan pengeringan?
Bahan pangan yang diawetkan dengan cara pengeringan misalnya :

Ikan Asin, Sale Pisang, Kerupuk, dan Manisan

Perhatikan gambar berikut! Dayu sedang berbelanja di pasar tradisional.Dayu melihat aneka makanan.

Bagaimana mengubah satuan kilogram ke gram?

1 kg 500 gram = 1.000 gram + 500 gram = 1.500 gram

 


Dayu membeli ikan asin.Ikan asin ditimbang dengan timbangan.Timbangan menunjukkan berat sebagai berikut.Berat ikan asin 2 kg 500 gram.

1 kg = 1.000 gram

Berapa gram berat ikan asin yang dibeli Dayu?

2 kg 500 gram = 2.000 gram + 500 gram = 2.500 gram

Demikian pembelajaran hari ini. Semoga bermanfaat.

Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Senin, 30 September 2024

KELAS 3 TEMA 3 SUBTEMA 3 PEMBELAJARAN 1&2, SENIN 30 SEPTEMBER 2024

Hari / Tanggal           :   Senin, 30 september 2024

Tema 3                        : Benda di Sekitarku

Subtema 3                 : Perubahan Wujud Benda

Pembelajaran          : 1 & 2


PENDAHULUAN (15 MENIT) 

Assalaamualaikum, Wr.Wb

Selamat pagi anak sholih/sholihah semangat ya belajar hari ini, tapi sebelum belajar jangan lupa mandi, sarapan yang bergizi, sholat dhuha serta murojaah yaa. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!

Anak shaleh dan shalehah, sebelum memulai belajar hari ini, masih ingatkah yang kita pelajari di pertemuan sebelumnya?

Iyaps di pertemuan sebelumnya kita sudah belajar tentang wujud-wujud benda. Hari ini kita akan melanjutkan pembelajarannya ya

Tujuan pembelajaran hari ini adalah agar anak-anak dapat mengidentifikasi proses perubahan wujud benda dengan tepat, .


PEMBELAJARAN 1

Ayo Membaca
Mencair
Hari ini sangat terik. Lani membeli es krim bersama teman-temannya. Beberapa saat, es krim berubah menjadi cair. Mengapa hal itu terjadi? Bagaimana jika kamu meletakkan es batu di luar? Tentu saja, lamakelamaan es tersebut akan berubah menjadi air, bukan? Begitu juga ketika kamu memegang cokelat. Lama-kelamaan cokelat tersebut akan meleleh. Mengapa? Cokelat meleleh karena terkena panas tanganmu. Perubahan wujud dari padat menjadi cair disebut mencair atau meleleh atau melebur.


Ayo Mencoba
Benda padat jika terkena panas akan mencair. Peristiwa mencair tidak hanya terjadi pada es. Namun, proses mencair juga terjadi pada benda-benda padat lainnya. Apakah semua benda padat mencair pada waktu bersamaan? Untuk memahami ini, lakukan percobaan berikut!



A. Bahan dan Alat

  1. Empat buah gelas plastik bekas kemasan air mineral

  2. Es batu, cokelat, kapur, dan mentega.


B. Langkah-Langkah Percobaan

  1. Masukkan setiap benda ke dalam gelas. Satu gelas diisi dengan satu benda.

  2. Letakkan gelas tersebut di ruangan terbuka. Ruangan yang terkena cahaya matahari langsung. Diamkan selama 15 menit. Coba perhatikan! Apa yang akan terjadi?

  3. Tuliskan hasil pengamatanmu di bawah ini!



Ayo Mengamati
Apakah kamu menyukai cokelat? Cokelat adalah makanan yang digemari anak-anak. Cokelat mudah mencair jika disimpan di luar ruangan. Perhatikan kemasan cokelat di bawah ini! Manakah cokelat yang paling berat?


Ayo Mengamati
Di negara-negara yang mengalami empat musim, saat musim dingin tiba akan turun salju. Salju akan mencair begitu ganti musim semi. Tahukah kamu bahwa setiap butiran salju mempunyai bentuk yang khas?

Kamu akan melihat butiran salju yang bentuknya berbeda-beda. Bentuk yang berbeda jika dilihat di bawah mikroskop. Dari gambar butiran salju, terciptalah karya seni seperti berikut!

Kamu dapat menghasilkan karya seni. Untuk itu, kamu harus menggabungkan garis, bentuk, dan warna. Dengan demikian, hasilnya menjadi harmoni yang indah.

Garis adalah goresan yang memanjang dan mempunyai arah tertentu. Garis dapat bersifat pendek, panjang, lurus, tipis, vertikal, horizontal, melengkung, berombak, halus, tebal, miring, patah-patah, dan masih banyak lagi sifat lainnya

Ada beragam warna, di antaranya warna primer yaitu merah, kuning, dan biru. Selain itu, banyak warna yang diperoleh dari campuran ketiga warna primer tersebut.

Bentuk dapat bermacam-macam, di antaranya bulat, persegi, tidak beraturan, dan sebagainya.

PEMBELAJARAN 2

Es krim dibuat dari adonan yang dilarutkan dalam air. Kemudian, adonan tersebut didinginkan pada suhu yang sangat dingin. Air yang ada dalam adonan akan membeku sehingga es krim menjadi padat. Perubahan adonan es krim dari wujud cair ke padat disebut membeku. Agar tetap berwujud padat, es krim harus disimpan di tempat yang dingin seperti lemari es.

Ayo Mencoba
Asyiknya Membuat Es Krim
Pernahkah kamu mencicipi es krim? Rasa es krim bermacam-macam. Es krim terasa segar jika dinikmati di siang hari yang panas. Lakukan percobaan berikut ini secara berkelompok.

A. Alat dan Bahan

  1. Dua buah kantong plastik dengan perekat (zipper), satu berukuran besar dan satu lagi berukuran sedang.

  2. Handuk kecil atau sarung tangan.

  3. 300 mililiter krim segar/susu/santan

  4. 2 sendok makan gula pasir

  5. 6 sendok makan garam batu

  6. 2 mangkuk es batu berbentuk dadu




B. Cara Membuat Es Krim

  1. Campurkan susu/santan segar dan gula ke dalam kantong plastik yang berukuran sedang. Rekatkan ujung plastik dan pastikan plastik benar-benar rapat.

  2. Masukkan potongan es batu dan garam ke dalam kantong plastik besar. Kocok sebentar agar es batu dan garam tercampur.

  3. Masukkan kantong plastik sedang yang berisi susu/santan ke dalam kantong plastik besar yang berisi es batu dan garam. Kemudian, tutup dengan rapat perekatnya pada plastik besar.

  4. Kocok dan pijat-pijat kantong plastik tersebut selama 10 menit. Gunakan handuk atau sarung tangan agar tidak terlalu dingin ketika disentuh.

  5. Keluarkan kantong plastik sedang. Kemudian, bersihkan atau lap dengan kain untuk menghilangkan garam yang menempel.

  6. Buka kantong plastik tersebut dan tuang ke dalam gelas atau mangkuk saji. Es krim siap dinikmati.


Adakah proses yang kurang dimengerti? Tanyakan kepada gurumu

Ayo Berdiskusi


Pernahkah kamu menyimpan air dalam plastik di lemari pembeku? Apa yang akan terjadi dalam beberapa jam? Tentunya air akan berubah menjadi es, bukan? Meskipun kamu membuka ikatan plastik itu. Ternyata, es tidak akan tumpah. Mengapa demikian? Wujud air berubah dari cair menjadi padat. Perubahan wujud dari cair menjadi padat disebut membeku.


Ayo Mengamati
Kamu telah mengerjakan pembuatan es bersama kelompokmu. Adakah pembagian tugas di dalam kelompok? Dengan pembagian tugas, pekerjaan menjadi mudah dan ringan.

Begitu juga di sekolah. Siswa di sekolah ada peran masing-masing. Contohnya di SD Nusantara tempat Siti dan teman-temannya bersekolah. Ada guru yang mengajar sehari-hari di kelas. Ada pula kepala sekolah yang memimpin sekolah.


Kerjakan secara berkelompok. Carilah informasi tentang peran-peran yang ada di sekolahmu, selain peran siswa! Isikan hasilnya pada tabel berikut!

No.

Nama

Peran

1.

Guru Kelas.


2.

Kepala Sekolah

.

3.

Penjaga Sekolah.


4.

Petugas Perpustakaan


5.

Petugas Tata Usaha Sekolah


6.

Guru Penjas


Ayo Berdiskusi
Kamu telah mempelajari peran-peran yang ada di sekolahmu. Diskusikanlah dalam kelompokmu. Mengapa perlu ada perbedaan peran di sekolah? Apa yang terjadi bila di sekolah hanya ada kepala sekolah? Bagaimana bila tanpa ada bagian yang lainnya?

Kesimpulan

Alhamdulillah pembelajaran hari ini berjalan dengan lancar. Semua siswa dapat mengidentifikasi proses perubahan wujud benda dengan tepat, .

Demikian pembelajaran kita hari ini, semoga anak sholeh sholehah dapat memahami materi yang di berikan
Wassalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh

Jumat, 27 September 2024

KELAS 3 TEMA 3 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 5 DAN 6, JUM'AT 27 SEPTEMBER 2024

Hari / Tanggal           :  Jum'at,  27 September 2024

Tema 3                        : Benda di Sekitarku

Subtema 2                 : Wujud Benda

Pembelajaran          : 5 dan 6


PENDAHULUAN (15 MENIT) 

Assalaamualaikum, Wr.Wb

Selamat pagi anak sholih/sholihah semangat ya belajar hari ini, tapi sebelum belajar jangan lupa mandi, sarapan yang bergizi, sholat dhuha serta murojaah yaa. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kit selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!

Anak shaleh dan shalehah, sebelum memulai belajar hari ini, masih ingatkah yang kita pelajari di pertemuan sebelumnya?

Iyaps di pertemuan sebelumnya kita sudah belajar tentang sifat benda cair. HAri ini kita akan melanjutkan pembelajarannya ya

Tujuan pembelajaran hari ini adalah agar anak-anak dapat mengenal sifat benda gas, mengenal macam-macam timbangan, mengenal fungsi tiap timbangan, mampu menuliskan konversi dengan tepat.


KEGIATAN PEMBELAJARAN (45 MENIT)

PEMBELAJARAN 5

Ayo Mengamati
Mengenal Benda Gas Lebih Dekat
Ingatkah kamu wujud benda selain padat dan cair? Benda juga dapat berwujud gas. Benda gas ada di mana-mana. Contohnya udara yang kita hirup. Setiap hari kita menghirup udara. Udara termasuk benda gas. Dapatkah kamu melihat bentuk udara? Bentuk udara tidak dapat dilihat. Udara hanya dapat dirasakan.

Namun, ada benda gas yang dapat dilihat. Contohnya adalah awan dan asap.

Benda gas mempunyai sifat Benda Gas memiliki volume dan massa yang mudah berubah. Benda gas sangat berlimpah di sekitar kita. Kita bernafas menghirup gas oksigen dan mengeluarkan gas karbondioksida. Gas tidak dapat digenggam seperti benda padat, dan sebagian besar gas tidak terlihat. Gas mempunyai sifat utama, yaitu:

  1. Gas tidak mempunyai bentuk yang tetap (bentuknya mengikuti wadah/ tempatnya)
  2. Gas memiliki volume dan massa yang mudah berubah.

Pernahkah melihat balon mengambang di udara? Balon itu berisi gas helium, yang merupakan jenis gas yang lebih ringan daripada udara di sekitarnya. Hal itu menyebabkan gas melaju ke atas,membawa balon itu mengambang di udara. Contoh lain dari gas yang dapat ditemui dalam keseharian adalah saat air dipanaskan, air akan mengeluarkan uap yang merupakan gas.

Ayo Menulis
Kamu telah melakukan percobaan untuk mengetahui sifat benda gas. Apa yang kamu ketahui tentang benda gas? Tuliskan hasilnya pada kolom berikut! Perhatikan penulisan huruf besar dan tanda baca!



Ayo Berlatih
Kamu telah melakukan percobaan kedua bersama temanmu. Percobaan kedua membuktikan bahwa benda gas mempunyai massa. Semakin besar massa benda, semakin besar pula beratnya. Kamu akan mengenal alat yang digunakan untuk menimbang berat. Alat-alat yang biasa digunakan untuk menimbang berat.



Pernahkah kamu melihat alat-alat di atas? Coba diskusikan dengan temanmu! Diskusi tentang kegunaan alat-alat tersebut!

 

Ayo Mencoba
Hari Minggu Dayu dan ibu membuat masakan istimewa. Dayu membantu ibu menimbang bahan-bahan yang diperlukan. Dayu menggunakan timbangan kue. Untuk memasak kue, ibu menggunakan kompor gas. Kompor gas memerlukan tabung gas.

Tahukah kalian di dalam tabung terdapat LPG (Liquified Petroleum Gas)? LPG adalah benda berwujud gas. Gas ini dimanfaatkan untuk bahan bakar. Kelebihan pemakaian LPG dibandingkan bahan bakar lainnya banyak. Misalnya kayu bakar ataupun minyak tanah. Kelebihannya, yaitu mudah dalam penggunaan, lebih bersih, dan lebih praktis.

Untuk lebih memudahkan dalam hubungan antar satuan berat bisa memperhatikan tabel daftar ini!


Ayo Mengamati
Pernahkah kamu memperhatikan asap yang ada di sekitarmu? Banyak asap di sekitarmu. Misalnya asap kendaran, hasil pembakaran sampah, dan dari sebuah pabrik. Apakah wujud asap itu?

Asap berwujud gas. Walaupun di dalam asap masih mengandung campuran benda padat. Hal itu ditandai karena masih dapat dirasakan dan dilihat wujudnya. Padatan yang ada di dalam asap berukuran sangat kecil.


Udin membaca berita tentang bencana kebakaran. Bencana tersebut terjadi di beberapa wilayah di Indonesia selama tahun 2015. Kondisi ini mengakibatkan 

PEMBELAJARAN 6

Ayo Berdiskusi
Aneka Wujud Benda sebagai Anugerah Tuhan
Benda diciptakan Tuhan dengan beraneka ragam wujudnya. Setiap benda mempunyai sifat dan fungsinya masing-masing. Kamu telah mempelajari benda dan sifatnya. Coba lengkapilah bagan berikut ini.



Ayo Mengamati
Lakukan secara berkelompok. Pilihlah satu tempat untuk melakukan pengamatan. Perhatikan benda-benda yang ada di tempat tersebut! Catatlah benda-benda yang ditemukan pada tabel berikut!

Ayo Menulis
Tuliskan dalam bentuk cerita tentang wujud benda di sekitarmu! 

 

Ayo Berlatih
Siti sedang memperhatikan timbangan untuk menimbang bayi. Semua timbangan berwujud benda padat. Apakah kamu pernah melihat timbangan selain berwujud benda padat?




Ada beberapa satuan massa yang sehari-hari disebut berat. Seperti kilogram (kg), gram, dan ons. Ketiga satuan ini saling berhubungan. Lakukanlah percobaan berikut! Percobaan menimbang dengan timbangan kue! Perhatikan berat benda 1 kg dan 1.000 gram! Apakah benda tersebut menunjukkan berat yang sama?

Perhatikan gambar di atas!

  1. Gambar 1 menunjukkan bahwa 1 kg sama dengan 10 ons
  2. Gambar 2 menunjukkan bahwa 1 kg sama dengan 1.000 gram
  3. Gambar 3 menunjukkan bahwa 1 ons sama dengan 100 gram

Ayo Mengamati
Lani sering membantu ayahnya menjaga toko. Lani membantu ayah menimbang bahan-bahan makanan.

Orang tua Lani cukup berada. Namun, Lani anak yang sederhana. Hidup sederhana adalah hidup yang sesuai dengan kebutuhan. Hidup yang tidak berlebihan dalam menggunakan harta.


Diskusikan dengan teman di kelompokmu! Lingkari kata-kata berikut yang sesuai dengan hidup sederhana.


Ayo Berdiskusi
Diskusikan bersama temanmu! Diskusi tentang contoh sikap sederhana dalam kehidupan sehari-hari! Tuliskan dalam bentuk cerita pada kolom berikut!

Ayo Berlatih
Kamu telah belajar tentang sikap sederhana. Kemudian, renungkan pernyataan berikut. Jawablah pernyataan berikut dengan jujur! Beri tanda centang ( √) sesuai jawabanmu.

No.

Pernyataan

Setuju

Ragu-Ragu

Tidak Setuju

1.

Saya telah mengerti arti hidup sederhana.

-

-

2.

Saya telah menerapkan hidup sederhana.

-

-

3.

Keluarga saya telah menerapkan hidup sederhana.

-

-

4.

Saya merasa nyaman dengan hidup sederhana.

-

-

5.

Saya akan menerapkan sikap hidup sederhana.

-

-


Anak shaleh dan shalehah berikut tadi pembelajaran kita hari ini, mari kita simpulkan ya:
1. SIfat benda gas yaitu: memenuhi ruang, tidak dapat dilihat namun dapat dirasakan
2. Terdapat berbagai macam timbangan dengan fungsi yang berbeda: timbangan beras, timbangan kueh, timbangan berat, timbangan warung, timbangan gantung dan neraca.
3. Untuk mengkonversi satuan berat, jika turun dikali 10 jika naik dibagi 10
4. Contoh sikap sederhana yaitu: rendah hati, cermat, berbagi, secukupnya dan hemat.

Kesimpulan
Alhamdulillah anak-anak semua sudah dapat mengidentifikasi satuan berat dengan tepat. Tingkatkan kembali pemahaman semuanya ya.

Semoga pembelajaran hari ini dapat bermanfaat ya
Silahkan anak-anak kerjakan latihan LKS hal 67

Tetap semangat belajar dan berlatih
AKhir kata wassalamu'alaikum wr wb

Kamis, 26 September 2024

KELAS 3 TEMA 3 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 5, KAMIS 26 SEPTEMBER 2024

Hari / Tanggal           :  Kamis,  26 September 2024

Tema 3                        : Benda di Sekitarku

Subtema 2                 : Wujud Benda

Pembelajaran          : 5


PENDAHULUAN (15 MENIT) 

Assalaamualaikum, Wr.Wb

Selamat pagi anak sholih/sholihah semangat ya belajar hari ini, tapi sebelum belajar jangan lupa mandi, sarapan yang bergizi, sholat dhuha serta murojaah yaa. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!

Anak shaleh dan shalehah, sebelum memulai belajar hari ini, masih ingatkah yang kita pelajari di pertemuan sebelumnya?

Iyaps di pertemuan sebelumnya kita sudah belajar tentang sifat benda cair. HAri ini kita akan melanjutkan pembelajarannya ya

Tujuan pembelajaran hari ini adalah agar anak-anak dapat mengenal sifat benda gas, mengenal macam-macam timbangan, mengenal fungsi tiap timbangan, mampu menuliskan konversi dengan tepat.


KEGIATAN PEMBELAJARAN (45 MENIT)

PEMBELAJARAN 5

Ayo Mengamati
Mengenal Benda Gas Lebih Dekat
Ingatkah kamu wujud benda selain padat dan cair? Benda juga dapat berwujud gas. Benda gas ada di mana-mana. Contohnya udara yang kita hirup. Setiap hari kita menghirup udara. Udara termasuk benda gas. Dapatkah kamu melihat bentuk udara? Bentuk udara tidak dapat dilihat. Udara hanya dapat dirasakan.

Namun, ada benda gas yang dapat dilihat. Contohnya adalah awan dan asap.

Benda gas mempunyai sifat Benda Gas memiliki volume dan massa yang mudah berubah. Benda gas sangat berlimpah di sekitar kita. Kita bernafas menghirup gas oksigen dan mengeluarkan gas karbondioksida. Gas tidak dapat digenggam seperti benda padat, dan sebagian besar gas tidak terlihat. Gas mempunyai sifat utama, yaitu:

  1. Gas tidak mempunyai bentuk yang tetap (bentuknya mengikuti wadah/ tempatnya)
  2. Gas memiliki volume dan massa yang mudah berubah.

Pernahkah melihat balon mengambang di udara? Balon itu berisi gas helium, yang merupakan jenis gas yang lebih ringan daripada udara di sekitarnya. Hal itu menyebabkan gas melaju ke atas,membawa balon itu mengambang di udara. Contoh lain dari gas yang dapat ditemui dalam keseharian adalah saat air dipanaskan, air akan mengeluarkan uap yang merupakan gas.

Ayo Menulis
Kamu telah melakukan percobaan untuk mengetahui sifat benda gas. Apa yang kamu ketahui tentang benda gas? Tuliskan hasilnya pada kolom berikut! Perhatikan penulisan huruf besar dan tanda baca!

Ayo Berlatih
Kamu telah melakukan percobaan kedua bersama temanmu. Percobaan kedua membuktikan bahwa benda gas mempunyai massa. Semakin besar massa benda, semakin besar pula beratnya. Kamu akan mengenal alat yang digunakan untuk menimbang berat. Alat-alat yang biasa digunakan untuk menimbang berat.



Pernahkah kamu melihat alat-alat di atas? Coba diskusikan dengan temanmu! Diskusi tentang kegunaan alat-alat tersebut!

 

Ayo Mencoba
Hari Minggu Dayu dan ibu membuat masakan istimewa. Dayu membantu ibu menimbang bahan-bahan yang diperlukan. Dayu menggunakan timbangan kue. Untuk memasak kue, ibu menggunakan kompor gas. Kompor gas memerlukan tabung gas.

Tahukah kalian di dalam tabung terdapat LPG (Liquified Petroleum Gas)? LPG adalah benda berwujud gas. Gas ini dimanfaatkan untuk bahan bakar. Kelebihan pemakaian LPG dibandingkan bahan bakar lainnya banyak. Misalnya kayu bakar ataupun minyak tanah. Kelebihannya, yaitu mudah dalam penggunaan, lebih bersih, dan lebih praktis.

Untuk lebih memudahkan dalam hubungan antar satuan berat bisa memperhatikan tabel daftar ini!


Ayo Mengamati
Pernahkah kamu memperhatikan asap yang ada di sekitarmu? Banyak asap di sekitarmu. Misalnya asap kendaran, hasil pembakaran sampah, dan dari sebuah pabrik. Apakah wujud asap itu?

Asap berwujud gas. Walaupun di dalam asap masih mengandung campuran benda padat. Hal itu ditandai karena masih dapat dirasakan dan dilihat wujudnya. Padatan yang ada di dalam asap berukuran sangat kecil.


Udin membaca berita tentang bencana kebakaran. Bencana tersebut terjadi di beberapa wilayah di Indonesia selama tahun 2015. Kondisi ini mengakibatkan asap menutupi beberapa wilayah di Indonesia.

Bacalah beritanya berikut ini!
Presiden Ajak Masyarakat Gotong Royong Tanggulangi Kebakaran Hutan
Rabu, 23 September 2015 19:25 WIB | 7.054 Views
Banjarbaru (ANTARA News) - Presiden RI, Joko Widodo, mengajak seluruh lapisan masyarakat bergotong royong dalam menanggulangi kebakaran hutan dan lahan sehingga dampak buruknya bisa dikurangi.

“Masyarakat harus bahu-membahu membantu karena gotong royong adalah jalan keluar menanggulangi kebakaran hutan dan lahan,” ujarnya di Banjarbaru, Kalsel, Rabu.

Ajakan itu disampaikan Presiden saat melihat langsung kebakaran lahan dan meninjau titik api di kawasan Guntung Damar Kelurahan Guntung Payung, Landasan Ulin, Banjarbaru.

Presiden meminta masyarakat ikut berperan aktif mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan sehingga dampak buruk berupa kabut asap tidak merugikan banyak pihak.

“Dibutuhkan kesadaran masyarakat menjaga lingkungan agar terhindar dari pembakaran lahan di samping kesadaran tidak membakar lahan dan semak di sekitarnya,” pesan Presiden.

Anak shaleh dan shalehah berikut tadi pembelajaran kita hari ini, mari kita simpulkan ya:
1. SIfat benda gas yaitu: memenuhi ruang, tidak dapat dilihat namun dapat dirasakan
2. Terdapat berbagai macam timbangan dengan fungsi yang berbeda: timbangan beras, timbangan kueh, timbangan berat, timbangan warung, timbangan gantung dan neraca.
3. Untuk mengkonversi satuan berat, jika turun dikali 10 jika naik dibagi 10
4. Contoh sikap sederhana yaitu: rendah hati, cermat, berbagi, secukupnya dan hemat.

Semoga pembelajaran hari ini dapat bermanfaat ya
Silahkan anak-anak kerjakan latihan LKS hal 67

Tetap semangat belajar dan berlatih
AKhir kata wassalamu'alaikum wr wb