Senin, 30 September 2024

KELAS 3 TEMA 3 SUBTEMA 3 PEMBELAJARAN 1&2, SENIN 30 SEPTEMBER 2024

Hari / Tanggal           :   Senin, 30 september 2024

Tema 3                        : Benda di Sekitarku

Subtema 3                 : Perubahan Wujud Benda

Pembelajaran          : 1 & 2


PENDAHULUAN (15 MENIT) 

Assalaamualaikum, Wr.Wb

Selamat pagi anak sholih/sholihah semangat ya belajar hari ini, tapi sebelum belajar jangan lupa mandi, sarapan yang bergizi, sholat dhuha serta murojaah yaa. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!

Anak shaleh dan shalehah, sebelum memulai belajar hari ini, masih ingatkah yang kita pelajari di pertemuan sebelumnya?

Iyaps di pertemuan sebelumnya kita sudah belajar tentang wujud-wujud benda. Hari ini kita akan melanjutkan pembelajarannya ya

Tujuan pembelajaran hari ini adalah agar anak-anak dapat mengidentifikasi proses perubahan wujud benda dengan tepat, .


PEMBELAJARAN 1

Ayo Membaca
Mencair
Hari ini sangat terik. Lani membeli es krim bersama teman-temannya. Beberapa saat, es krim berubah menjadi cair. Mengapa hal itu terjadi? Bagaimana jika kamu meletakkan es batu di luar? Tentu saja, lamakelamaan es tersebut akan berubah menjadi air, bukan? Begitu juga ketika kamu memegang cokelat. Lama-kelamaan cokelat tersebut akan meleleh. Mengapa? Cokelat meleleh karena terkena panas tanganmu. Perubahan wujud dari padat menjadi cair disebut mencair atau meleleh atau melebur.


Ayo Mencoba
Benda padat jika terkena panas akan mencair. Peristiwa mencair tidak hanya terjadi pada es. Namun, proses mencair juga terjadi pada benda-benda padat lainnya. Apakah semua benda padat mencair pada waktu bersamaan? Untuk memahami ini, lakukan percobaan berikut!



A. Bahan dan Alat

  1. Empat buah gelas plastik bekas kemasan air mineral

  2. Es batu, cokelat, kapur, dan mentega.


B. Langkah-Langkah Percobaan

  1. Masukkan setiap benda ke dalam gelas. Satu gelas diisi dengan satu benda.

  2. Letakkan gelas tersebut di ruangan terbuka. Ruangan yang terkena cahaya matahari langsung. Diamkan selama 15 menit. Coba perhatikan! Apa yang akan terjadi?

  3. Tuliskan hasil pengamatanmu di bawah ini!



Ayo Mengamati
Apakah kamu menyukai cokelat? Cokelat adalah makanan yang digemari anak-anak. Cokelat mudah mencair jika disimpan di luar ruangan. Perhatikan kemasan cokelat di bawah ini! Manakah cokelat yang paling berat?


Ayo Mengamati
Di negara-negara yang mengalami empat musim, saat musim dingin tiba akan turun salju. Salju akan mencair begitu ganti musim semi. Tahukah kamu bahwa setiap butiran salju mempunyai bentuk yang khas?

Kamu akan melihat butiran salju yang bentuknya berbeda-beda. Bentuk yang berbeda jika dilihat di bawah mikroskop. Dari gambar butiran salju, terciptalah karya seni seperti berikut!

Kamu dapat menghasilkan karya seni. Untuk itu, kamu harus menggabungkan garis, bentuk, dan warna. Dengan demikian, hasilnya menjadi harmoni yang indah.

Garis adalah goresan yang memanjang dan mempunyai arah tertentu. Garis dapat bersifat pendek, panjang, lurus, tipis, vertikal, horizontal, melengkung, berombak, halus, tebal, miring, patah-patah, dan masih banyak lagi sifat lainnya

Ada beragam warna, di antaranya warna primer yaitu merah, kuning, dan biru. Selain itu, banyak warna yang diperoleh dari campuran ketiga warna primer tersebut.

Bentuk dapat bermacam-macam, di antaranya bulat, persegi, tidak beraturan, dan sebagainya.

PEMBELAJARAN 2

Es krim dibuat dari adonan yang dilarutkan dalam air. Kemudian, adonan tersebut didinginkan pada suhu yang sangat dingin. Air yang ada dalam adonan akan membeku sehingga es krim menjadi padat. Perubahan adonan es krim dari wujud cair ke padat disebut membeku. Agar tetap berwujud padat, es krim harus disimpan di tempat yang dingin seperti lemari es.

Ayo Mencoba
Asyiknya Membuat Es Krim
Pernahkah kamu mencicipi es krim? Rasa es krim bermacam-macam. Es krim terasa segar jika dinikmati di siang hari yang panas. Lakukan percobaan berikut ini secara berkelompok.

A. Alat dan Bahan

  1. Dua buah kantong plastik dengan perekat (zipper), satu berukuran besar dan satu lagi berukuran sedang.

  2. Handuk kecil atau sarung tangan.

  3. 300 mililiter krim segar/susu/santan

  4. 2 sendok makan gula pasir

  5. 6 sendok makan garam batu

  6. 2 mangkuk es batu berbentuk dadu




B. Cara Membuat Es Krim

  1. Campurkan susu/santan segar dan gula ke dalam kantong plastik yang berukuran sedang. Rekatkan ujung plastik dan pastikan plastik benar-benar rapat.

  2. Masukkan potongan es batu dan garam ke dalam kantong plastik besar. Kocok sebentar agar es batu dan garam tercampur.

  3. Masukkan kantong plastik sedang yang berisi susu/santan ke dalam kantong plastik besar yang berisi es batu dan garam. Kemudian, tutup dengan rapat perekatnya pada plastik besar.

  4. Kocok dan pijat-pijat kantong plastik tersebut selama 10 menit. Gunakan handuk atau sarung tangan agar tidak terlalu dingin ketika disentuh.

  5. Keluarkan kantong plastik sedang. Kemudian, bersihkan atau lap dengan kain untuk menghilangkan garam yang menempel.

  6. Buka kantong plastik tersebut dan tuang ke dalam gelas atau mangkuk saji. Es krim siap dinikmati.


Adakah proses yang kurang dimengerti? Tanyakan kepada gurumu

Ayo Berdiskusi


Pernahkah kamu menyimpan air dalam plastik di lemari pembeku? Apa yang akan terjadi dalam beberapa jam? Tentunya air akan berubah menjadi es, bukan? Meskipun kamu membuka ikatan plastik itu. Ternyata, es tidak akan tumpah. Mengapa demikian? Wujud air berubah dari cair menjadi padat. Perubahan wujud dari cair menjadi padat disebut membeku.


Ayo Mengamati
Kamu telah mengerjakan pembuatan es bersama kelompokmu. Adakah pembagian tugas di dalam kelompok? Dengan pembagian tugas, pekerjaan menjadi mudah dan ringan.

Begitu juga di sekolah. Siswa di sekolah ada peran masing-masing. Contohnya di SD Nusantara tempat Siti dan teman-temannya bersekolah. Ada guru yang mengajar sehari-hari di kelas. Ada pula kepala sekolah yang memimpin sekolah.


Kerjakan secara berkelompok. Carilah informasi tentang peran-peran yang ada di sekolahmu, selain peran siswa! Isikan hasilnya pada tabel berikut!

No.

Nama

Peran

1.

Guru Kelas.


2.

Kepala Sekolah

.

3.

Penjaga Sekolah.


4.

Petugas Perpustakaan


5.

Petugas Tata Usaha Sekolah


6.

Guru Penjas


Ayo Berdiskusi
Kamu telah mempelajari peran-peran yang ada di sekolahmu. Diskusikanlah dalam kelompokmu. Mengapa perlu ada perbedaan peran di sekolah? Apa yang terjadi bila di sekolah hanya ada kepala sekolah? Bagaimana bila tanpa ada bagian yang lainnya?

Kesimpulan

Alhamdulillah pembelajaran hari ini berjalan dengan lancar. Semua siswa dapat mengidentifikasi proses perubahan wujud benda dengan tepat, .

Demikian pembelajaran kita hari ini, semoga anak sholeh sholehah dapat memahami materi yang di berikan
Wassalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh

Jumat, 27 September 2024

KELAS 3 TEMA 3 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 5 DAN 6, JUM'AT 27 SEPTEMBER 2024

Hari / Tanggal           :  Jum'at,  27 September 2024

Tema 3                        : Benda di Sekitarku

Subtema 2                 : Wujud Benda

Pembelajaran          : 5 dan 6


PENDAHULUAN (15 MENIT) 

Assalaamualaikum, Wr.Wb

Selamat pagi anak sholih/sholihah semangat ya belajar hari ini, tapi sebelum belajar jangan lupa mandi, sarapan yang bergizi, sholat dhuha serta murojaah yaa. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kit selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!

Anak shaleh dan shalehah, sebelum memulai belajar hari ini, masih ingatkah yang kita pelajari di pertemuan sebelumnya?

Iyaps di pertemuan sebelumnya kita sudah belajar tentang sifat benda cair. HAri ini kita akan melanjutkan pembelajarannya ya

Tujuan pembelajaran hari ini adalah agar anak-anak dapat mengenal sifat benda gas, mengenal macam-macam timbangan, mengenal fungsi tiap timbangan, mampu menuliskan konversi dengan tepat.


KEGIATAN PEMBELAJARAN (45 MENIT)

PEMBELAJARAN 5

Ayo Mengamati
Mengenal Benda Gas Lebih Dekat
Ingatkah kamu wujud benda selain padat dan cair? Benda juga dapat berwujud gas. Benda gas ada di mana-mana. Contohnya udara yang kita hirup. Setiap hari kita menghirup udara. Udara termasuk benda gas. Dapatkah kamu melihat bentuk udara? Bentuk udara tidak dapat dilihat. Udara hanya dapat dirasakan.

Namun, ada benda gas yang dapat dilihat. Contohnya adalah awan dan asap.

Benda gas mempunyai sifat Benda Gas memiliki volume dan massa yang mudah berubah. Benda gas sangat berlimpah di sekitar kita. Kita bernafas menghirup gas oksigen dan mengeluarkan gas karbondioksida. Gas tidak dapat digenggam seperti benda padat, dan sebagian besar gas tidak terlihat. Gas mempunyai sifat utama, yaitu:

  1. Gas tidak mempunyai bentuk yang tetap (bentuknya mengikuti wadah/ tempatnya)
  2. Gas memiliki volume dan massa yang mudah berubah.

Pernahkah melihat balon mengambang di udara? Balon itu berisi gas helium, yang merupakan jenis gas yang lebih ringan daripada udara di sekitarnya. Hal itu menyebabkan gas melaju ke atas,membawa balon itu mengambang di udara. Contoh lain dari gas yang dapat ditemui dalam keseharian adalah saat air dipanaskan, air akan mengeluarkan uap yang merupakan gas.

Ayo Menulis
Kamu telah melakukan percobaan untuk mengetahui sifat benda gas. Apa yang kamu ketahui tentang benda gas? Tuliskan hasilnya pada kolom berikut! Perhatikan penulisan huruf besar dan tanda baca!



Ayo Berlatih
Kamu telah melakukan percobaan kedua bersama temanmu. Percobaan kedua membuktikan bahwa benda gas mempunyai massa. Semakin besar massa benda, semakin besar pula beratnya. Kamu akan mengenal alat yang digunakan untuk menimbang berat. Alat-alat yang biasa digunakan untuk menimbang berat.



Pernahkah kamu melihat alat-alat di atas? Coba diskusikan dengan temanmu! Diskusi tentang kegunaan alat-alat tersebut!

 

Ayo Mencoba
Hari Minggu Dayu dan ibu membuat masakan istimewa. Dayu membantu ibu menimbang bahan-bahan yang diperlukan. Dayu menggunakan timbangan kue. Untuk memasak kue, ibu menggunakan kompor gas. Kompor gas memerlukan tabung gas.

Tahukah kalian di dalam tabung terdapat LPG (Liquified Petroleum Gas)? LPG adalah benda berwujud gas. Gas ini dimanfaatkan untuk bahan bakar. Kelebihan pemakaian LPG dibandingkan bahan bakar lainnya banyak. Misalnya kayu bakar ataupun minyak tanah. Kelebihannya, yaitu mudah dalam penggunaan, lebih bersih, dan lebih praktis.

Untuk lebih memudahkan dalam hubungan antar satuan berat bisa memperhatikan tabel daftar ini!


Ayo Mengamati
Pernahkah kamu memperhatikan asap yang ada di sekitarmu? Banyak asap di sekitarmu. Misalnya asap kendaran, hasil pembakaran sampah, dan dari sebuah pabrik. Apakah wujud asap itu?

Asap berwujud gas. Walaupun di dalam asap masih mengandung campuran benda padat. Hal itu ditandai karena masih dapat dirasakan dan dilihat wujudnya. Padatan yang ada di dalam asap berukuran sangat kecil.


Udin membaca berita tentang bencana kebakaran. Bencana tersebut terjadi di beberapa wilayah di Indonesia selama tahun 2015. Kondisi ini mengakibatkan 

PEMBELAJARAN 6

Ayo Berdiskusi
Aneka Wujud Benda sebagai Anugerah Tuhan
Benda diciptakan Tuhan dengan beraneka ragam wujudnya. Setiap benda mempunyai sifat dan fungsinya masing-masing. Kamu telah mempelajari benda dan sifatnya. Coba lengkapilah bagan berikut ini.



Ayo Mengamati
Lakukan secara berkelompok. Pilihlah satu tempat untuk melakukan pengamatan. Perhatikan benda-benda yang ada di tempat tersebut! Catatlah benda-benda yang ditemukan pada tabel berikut!

Ayo Menulis
Tuliskan dalam bentuk cerita tentang wujud benda di sekitarmu! 

 

Ayo Berlatih
Siti sedang memperhatikan timbangan untuk menimbang bayi. Semua timbangan berwujud benda padat. Apakah kamu pernah melihat timbangan selain berwujud benda padat?




Ada beberapa satuan massa yang sehari-hari disebut berat. Seperti kilogram (kg), gram, dan ons. Ketiga satuan ini saling berhubungan. Lakukanlah percobaan berikut! Percobaan menimbang dengan timbangan kue! Perhatikan berat benda 1 kg dan 1.000 gram! Apakah benda tersebut menunjukkan berat yang sama?

Perhatikan gambar di atas!

  1. Gambar 1 menunjukkan bahwa 1 kg sama dengan 10 ons
  2. Gambar 2 menunjukkan bahwa 1 kg sama dengan 1.000 gram
  3. Gambar 3 menunjukkan bahwa 1 ons sama dengan 100 gram

Ayo Mengamati
Lani sering membantu ayahnya menjaga toko. Lani membantu ayah menimbang bahan-bahan makanan.

Orang tua Lani cukup berada. Namun, Lani anak yang sederhana. Hidup sederhana adalah hidup yang sesuai dengan kebutuhan. Hidup yang tidak berlebihan dalam menggunakan harta.


Diskusikan dengan teman di kelompokmu! Lingkari kata-kata berikut yang sesuai dengan hidup sederhana.


Ayo Berdiskusi
Diskusikan bersama temanmu! Diskusi tentang contoh sikap sederhana dalam kehidupan sehari-hari! Tuliskan dalam bentuk cerita pada kolom berikut!

Ayo Berlatih
Kamu telah belajar tentang sikap sederhana. Kemudian, renungkan pernyataan berikut. Jawablah pernyataan berikut dengan jujur! Beri tanda centang ( √) sesuai jawabanmu.

No.

Pernyataan

Setuju

Ragu-Ragu

Tidak Setuju

1.

Saya telah mengerti arti hidup sederhana.

-

-

2.

Saya telah menerapkan hidup sederhana.

-

-

3.

Keluarga saya telah menerapkan hidup sederhana.

-

-

4.

Saya merasa nyaman dengan hidup sederhana.

-

-

5.

Saya akan menerapkan sikap hidup sederhana.

-

-


Anak shaleh dan shalehah berikut tadi pembelajaran kita hari ini, mari kita simpulkan ya:
1. SIfat benda gas yaitu: memenuhi ruang, tidak dapat dilihat namun dapat dirasakan
2. Terdapat berbagai macam timbangan dengan fungsi yang berbeda: timbangan beras, timbangan kueh, timbangan berat, timbangan warung, timbangan gantung dan neraca.
3. Untuk mengkonversi satuan berat, jika turun dikali 10 jika naik dibagi 10
4. Contoh sikap sederhana yaitu: rendah hati, cermat, berbagi, secukupnya dan hemat.

Kesimpulan
Alhamdulillah anak-anak semua sudah dapat mengidentifikasi satuan berat dengan tepat. Tingkatkan kembali pemahaman semuanya ya.

Semoga pembelajaran hari ini dapat bermanfaat ya
Silahkan anak-anak kerjakan latihan LKS hal 67

Tetap semangat belajar dan berlatih
AKhir kata wassalamu'alaikum wr wb

Kamis, 26 September 2024

KELAS 3 TEMA 3 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 5, KAMIS 26 SEPTEMBER 2024

Hari / Tanggal           :  Kamis,  26 September 2024

Tema 3                        : Benda di Sekitarku

Subtema 2                 : Wujud Benda

Pembelajaran          : 5


PENDAHULUAN (15 MENIT) 

Assalaamualaikum, Wr.Wb

Selamat pagi anak sholih/sholihah semangat ya belajar hari ini, tapi sebelum belajar jangan lupa mandi, sarapan yang bergizi, sholat dhuha serta murojaah yaa. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!

Anak shaleh dan shalehah, sebelum memulai belajar hari ini, masih ingatkah yang kita pelajari di pertemuan sebelumnya?

Iyaps di pertemuan sebelumnya kita sudah belajar tentang sifat benda cair. HAri ini kita akan melanjutkan pembelajarannya ya

Tujuan pembelajaran hari ini adalah agar anak-anak dapat mengenal sifat benda gas, mengenal macam-macam timbangan, mengenal fungsi tiap timbangan, mampu menuliskan konversi dengan tepat.


KEGIATAN PEMBELAJARAN (45 MENIT)

PEMBELAJARAN 5

Ayo Mengamati
Mengenal Benda Gas Lebih Dekat
Ingatkah kamu wujud benda selain padat dan cair? Benda juga dapat berwujud gas. Benda gas ada di mana-mana. Contohnya udara yang kita hirup. Setiap hari kita menghirup udara. Udara termasuk benda gas. Dapatkah kamu melihat bentuk udara? Bentuk udara tidak dapat dilihat. Udara hanya dapat dirasakan.

Namun, ada benda gas yang dapat dilihat. Contohnya adalah awan dan asap.

Benda gas mempunyai sifat Benda Gas memiliki volume dan massa yang mudah berubah. Benda gas sangat berlimpah di sekitar kita. Kita bernafas menghirup gas oksigen dan mengeluarkan gas karbondioksida. Gas tidak dapat digenggam seperti benda padat, dan sebagian besar gas tidak terlihat. Gas mempunyai sifat utama, yaitu:

  1. Gas tidak mempunyai bentuk yang tetap (bentuknya mengikuti wadah/ tempatnya)
  2. Gas memiliki volume dan massa yang mudah berubah.

Pernahkah melihat balon mengambang di udara? Balon itu berisi gas helium, yang merupakan jenis gas yang lebih ringan daripada udara di sekitarnya. Hal itu menyebabkan gas melaju ke atas,membawa balon itu mengambang di udara. Contoh lain dari gas yang dapat ditemui dalam keseharian adalah saat air dipanaskan, air akan mengeluarkan uap yang merupakan gas.

Ayo Menulis
Kamu telah melakukan percobaan untuk mengetahui sifat benda gas. Apa yang kamu ketahui tentang benda gas? Tuliskan hasilnya pada kolom berikut! Perhatikan penulisan huruf besar dan tanda baca!

Ayo Berlatih
Kamu telah melakukan percobaan kedua bersama temanmu. Percobaan kedua membuktikan bahwa benda gas mempunyai massa. Semakin besar massa benda, semakin besar pula beratnya. Kamu akan mengenal alat yang digunakan untuk menimbang berat. Alat-alat yang biasa digunakan untuk menimbang berat.



Pernahkah kamu melihat alat-alat di atas? Coba diskusikan dengan temanmu! Diskusi tentang kegunaan alat-alat tersebut!

 

Ayo Mencoba
Hari Minggu Dayu dan ibu membuat masakan istimewa. Dayu membantu ibu menimbang bahan-bahan yang diperlukan. Dayu menggunakan timbangan kue. Untuk memasak kue, ibu menggunakan kompor gas. Kompor gas memerlukan tabung gas.

Tahukah kalian di dalam tabung terdapat LPG (Liquified Petroleum Gas)? LPG adalah benda berwujud gas. Gas ini dimanfaatkan untuk bahan bakar. Kelebihan pemakaian LPG dibandingkan bahan bakar lainnya banyak. Misalnya kayu bakar ataupun minyak tanah. Kelebihannya, yaitu mudah dalam penggunaan, lebih bersih, dan lebih praktis.

Untuk lebih memudahkan dalam hubungan antar satuan berat bisa memperhatikan tabel daftar ini!


Ayo Mengamati
Pernahkah kamu memperhatikan asap yang ada di sekitarmu? Banyak asap di sekitarmu. Misalnya asap kendaran, hasil pembakaran sampah, dan dari sebuah pabrik. Apakah wujud asap itu?

Asap berwujud gas. Walaupun di dalam asap masih mengandung campuran benda padat. Hal itu ditandai karena masih dapat dirasakan dan dilihat wujudnya. Padatan yang ada di dalam asap berukuran sangat kecil.


Udin membaca berita tentang bencana kebakaran. Bencana tersebut terjadi di beberapa wilayah di Indonesia selama tahun 2015. Kondisi ini mengakibatkan asap menutupi beberapa wilayah di Indonesia.

Bacalah beritanya berikut ini!
Presiden Ajak Masyarakat Gotong Royong Tanggulangi Kebakaran Hutan
Rabu, 23 September 2015 19:25 WIB | 7.054 Views
Banjarbaru (ANTARA News) - Presiden RI, Joko Widodo, mengajak seluruh lapisan masyarakat bergotong royong dalam menanggulangi kebakaran hutan dan lahan sehingga dampak buruknya bisa dikurangi.

“Masyarakat harus bahu-membahu membantu karena gotong royong adalah jalan keluar menanggulangi kebakaran hutan dan lahan,” ujarnya di Banjarbaru, Kalsel, Rabu.

Ajakan itu disampaikan Presiden saat melihat langsung kebakaran lahan dan meninjau titik api di kawasan Guntung Damar Kelurahan Guntung Payung, Landasan Ulin, Banjarbaru.

Presiden meminta masyarakat ikut berperan aktif mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan sehingga dampak buruk berupa kabut asap tidak merugikan banyak pihak.

“Dibutuhkan kesadaran masyarakat menjaga lingkungan agar terhindar dari pembakaran lahan di samping kesadaran tidak membakar lahan dan semak di sekitarnya,” pesan Presiden.

Anak shaleh dan shalehah berikut tadi pembelajaran kita hari ini, mari kita simpulkan ya:
1. SIfat benda gas yaitu: memenuhi ruang, tidak dapat dilihat namun dapat dirasakan
2. Terdapat berbagai macam timbangan dengan fungsi yang berbeda: timbangan beras, timbangan kueh, timbangan berat, timbangan warung, timbangan gantung dan neraca.
3. Untuk mengkonversi satuan berat, jika turun dikali 10 jika naik dibagi 10
4. Contoh sikap sederhana yaitu: rendah hati, cermat, berbagi, secukupnya dan hemat.

Semoga pembelajaran hari ini dapat bermanfaat ya
Silahkan anak-anak kerjakan latihan LKS hal 67

Tetap semangat belajar dan berlatih
AKhir kata wassalamu'alaikum wr wb

Rabu, 25 September 2024

KELAS 3 TEMA 3 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 3 & 4, RABU 25 SEPTEMBER 2024


 Hari / Tanggal           :  Rabu, 25 September 2024

Tema 3                        : Benda di Sekitarku

Subtema 2                 : Wujud Benda

Pembelajaran             : 3 DAN 4


PENDAHULUAN (15 MENIT) 

Assalaamualaikum, Wr.Wb

Selamat pagi anak sholih/sholihah semangat ya belajar hari ini, tapi sebelum belajar jangan lupa mandi, sarapan yang bergizi, sholat dhuha serta murojaah yaa. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!

Anak shaleh dan shalehah, masih ingatkah materi yang kita pelajari di pertemuan sebelumnya?

Yap, di pertemuan sebelumnya kita sudah belaajr tentang ciri-ciri benda berdasarkan wujudnya serta perbedaan antara massa dan berat.

Hari ini kita akan belajar tentang sifat benda padat

Adapun tujuan pembelajaran hari ini adalah mengidentifikasi sifat benda padat, menemukan kata/istilah khusus yang berkaitan dengan materi, dan  siswa dapat memeragakan gerak lambat kaki dalam suatu tari dengan benar.

KEGIATAN PEMBELAJARAN (40 MENIT)

Ayo Mengamati
Benda Padat
Bentuk benda padat tidak dipengaruhi wadahnya. Benda padat tidak berubah bentuk jika hanya berpindah tempat. Misalnya saja, kacang goreng yang ada di piring.

Bentuk benda padat dapat diubah. Piring yang jatuh berserakan, kertas sobek, dan kacang tanah yang hancur setelah digerus, adalah contoh dari benda padat yang diubah. Perlakuan tertentu yang dilakukan oleh manusia pada berbagai benda padat Benda padat mempunyai sifat

  1. Bentuk benda padat tetap/tidak dipengaruhi wadahnya
  2. Benda padat dapat digenggam karena bentuknya padat

Ayo Bernyanyi
Apakah suara musik termasuk benda? Tentu saja tidak. Mengapa? Karena suara musik tidak mempunyai massa ataupun menempati ruang (volume). Mari kita menyanyikan lagu “Barisan Musik”.

Barisan Musik
Ciptaan A.T. Mahmud

Dengar suara musik, mengawali pawai
Seruling mengalun dan genderang bertalu
Pemainnya lincah, seragamnya elok
Sambil berbaris memainkan lagu

Suasana pun riang, siapa pun senang
Sorak sorai para penonton terkesan

Bum cas, bum cas, bum bum bum
Bum cas cas, bum cas cas,
bum bum bum bum
Trek tek tek bum bum 2x
Trek bum trek bum cas
bum bum bum


PENUTUP (15 MENIT)
Anak shaleh dan shalehah, berikut tadi materi yang kita pelajari hari ini,
Yuk kit simpulkan bersama:
1. Bentuk benda padat tetap atau tidak dipengaruhi wadahnya
2. Benda padat dapat digenggan karena bentuknya padat

PEMBELAJARAN 4

Adapun tujuan pembelajaran pada hari ini yaitu siswa dapat menemukan kosakata baru yang terkait dengan wujud padat dan memberikan contoh kegiatan gotong royong.


KEGIATAN INTI (40 MENIT)

Ayo Mencoba
Melihat Benda Cair Lebih Dekat Seperti benda padat, benda cair juga banyak di sekitar kita. Sekitar 70% permukaan bumi tertutup oleh air laut. Tubuh manusia hampir 2/3 bagian merupakan cairan.

Air adalah benda cair yang sering ditemui. Sebutkan benda lainnya yang termasuk benda cair. Pernahkah kamu melihat air dalam gelas tumpah? Bagaimanakah bentuk air tersebut? Apakah bentuk air yang tumpah sama dengan air di dalam gelas?

Dapatkah kamu menyimpulkan sifat benda cair? Benda cair mempunyai sifat

  1. Bentuk benda cair tidak tetap, selalu mengikuti bentuk wadahnya.
  2. Wujud benda cair sehingga tidak bisa digenggam.

Ayo Bercerita 
Kamu telah melakukan percobaan di atas. Percobaan untuk membuktikan sifat benda cair. Kemudian, ceritakan di depan kelas sifat dan manfaat benda cair dalam kehidupan sehari-hari.

Air merupakan salah satu contoh benda cair. Air umumnya digunakan  untuk minum, kegiatan lain memerlukan air antara lain mandi dan mencuci. Air juga digunakan para petani untuk mengairi sawah mereka. Para petambak juga membutuhkan air.

Ayo Berdiskusi.
Bacalah wacana di bawah ini!
Warga kampung tempat Siti tinggal sedang gotong royong. Mereka sedang menyiapkan lahan untuk
bermain anak-anak. Setiap warga membantu dengan caranya masing-masing



Bapak-bapak membantu membersihkan lahan. Ada yang membantu tenaga. Ada yang membantu menyediakan bahan-bahan yang diperlukan. Seperti pasir, semen, cat, dan lainnya.

Ibu-ibu dan anak-anak juga tidak mau kalah. Ibu-ibu menyiapkan minuman dan makanan kecil. Anak-anak membantu membawakan makanan dan minuman.


Lahan tempat bermain dapat diselesaikan dengan cepat. Anak-anak bergembira. Karena anak-anak dapat bermain di lapangan.

Kamu telah membaca cerita di atas! Diskusikan dengan temanmu! Apa yang menyebabkan pekerjaan cepat selesai!

Apakah kamu pernah mengikuti kegiatan gotong royong? Ceritakan di depan kelas yang pernah kamu lakukan!


PENUTUP (15 menit)

Anak shaleh dan shalehah berikut tadi adalah materi yang kita pelajari.

Yuk kita simpulkan bersama:

  • Bentuk benda cair tidak tetap, selalu mengikuti bentuk wadahnya
  • Wujud benda cair sehingga tidak bisa digenggam.
  • Bergotong royong dapat membuat pekerjaan me jadi cepat selesai

  • Kesimpulan
    Alhamdulillah anak-anak semua sudah dapat menemukan kosakata baru yang terkait dengan wujud padat dan memberikan contoh kegiatan gotong royong. 

    Semoga pembelajar hari ini dapat memberikan manfaat ya
    Tetap semangat belajar dan berlatih
    Akhir kata, wassalamu'alaikum wr wb

    Selasa, 24 September 2024

    KELAS 3 TEMA 3 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 2, SELASA 24 SEPTEMBER 2024


     Hari / Tanggal           :  Selasa, 24 September 2024

    Tema 3                        : Benda di Sekitarku

    Subtema 2                 : Wujud Benda

    Pembelajaran             : 2


    PENDAHULUAN (15 MENIT) 

    Assalaamualaikum, Wr.Wb

    Selamat pagi anak sholih/sholihah semangat ya belajar hari ini, tapi sebelum belajar jangan lupa mandi, sarapan yang bergizi, sholat dhuha serta murojaah yaa. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!


    Anak shaleh dan shalehah masih ingatkah pembelajaran kita kemarin?

    Yaps kita telah belajar tentang wujud benda serta contoh-contohnya. Tidak hanya itu, kita juga belajar mengenal satuan jarak km ke m.

    Hari ini kita akan melanjutkan pembelajaran kita

    Kita akan belajar tentang sifat wujud benda,  Adapun tujuan pembelajaran hari ini adalah siswa dapat mengidentifikasi sifat-sifat benda dan memahami arti penting menolong.


    KEGIATAN BELAJAR (40 MENIT)

    Ayo Membaca
    Benda memiliki ciri-ciri yang dapat diamati. Pada pembelajaran sebelumnya, kamu telah mengetahui wujud benda. Wujud benda dibedakan menjadi tiga, yaitu padat, cair, dan gas.

    Ciri-ciri benda antara lain memiliki massa dan ruang (volume). Apakah yang dimaksud massa dan volume? Siti memperhatikan bola basket dan bola plastik. Keduanya sama-sama bola, namun bahannya berbeda.

    Menurutmu, bola manakah yang massanya lebih besar? Simak percakapan Siti dengan Ibu guru berikut ini!

    Ibu Guru

    :

    Anak-anak perhatikan kedua bola di tangan ibu. Kedua bola mempunyai ukuran yang berbeda. Kedua bola bahannya juga berbeda. Menurutmu, bola manakah yang massanya lebih besar?

    Siti

    :

    Massa, Bu? Apakah massa itu, Bu?

    Ibu Guru

    :

    Yuk, lakukan percobaan bersama! Letakkan kedua bola pada timbangan. Apakah yang terjadi? Coba, lihatlah.

    Udin

    :

    Bola basket lebih berat, Bu!

    Ibu Guru

    :

    Benar, Udin. Bola basket bahan penyusunnya beda dengan bola plastik. Bola basket terbuat dari karet sintesis. Bola plastik terbuat dari plastik. Bola basket lebih berat daripada bola plastik. Banyaknya bahan penyusun yang terdapat dalam benda disebut massa.

    Siti

    :

    Jadi, bola yang lebih berat memiliki massa lebih besar?

    Ibu Guru

    :

    Benar, Siti! Massa umumnya diukur dengan satuan gram atau kilogram. Massa diukur dengan alat di bawah ini.



    Tahukah kamu?


    Berat dan massa mempunyai perbedaan. Massa benda di manamana sama. Namun, berat benda dapat berubah-ubah tergantung gaya tarik bumi di tempat itu. Gaya tarik bumi disebut juga gaya gravitasi. Contohnya massa tubuh di bumi ataupun di bulan sama. Namun, berat tubuh di bumi dengan di bulan berbeda. Berat tubuh astronot di bulan lebih ringan daripada di bumi.


    Yang diukur pada timbangan adalah massa bukan berat. Namun, karena istilah berat sudah umum digunakan dalam bahasa sehari-hari. Gravitasi di permukaan bumi relatif sama, sehingga penggunaan kata berat untuk menggantikan massa masih dibolehkan.
    Ayo Mengamati
    Selain massa, benda mempunyai volume. Apakah volume benda itu? Semua benda menempati ruang. Ukuran ruang yang ditempati oleh suatu benda disebut volume. Benda yang kecil menempati ruang yang lebih kecil dibandingkan benda yang besar. Hal ini berarti benda yang kecil memiliki volume yang kecil. Benda yang besar memiliki volume yang besar.

    Benda di sekeliling kita terdiri atas benda hidup dan benda tak hidup Benda mempunyai tiga wujud, yaitu padat, cair, dan gas. Benda mempunyai ciri-ciri, yaitu memiliki masa dan ruang (volume)


    KEGIATAN PENUTUP (15 MENIT)

    Anak shaleh dan shalehah, berikut tadi pembelajaran kita hari ini.

    Yuk kita simpulkan

    1. Bahan pembentuk benda dapat mempengaruhi massa benda

    2. Benda yang terbuat dari karet lebih berat dibandingkan benda dari plastik

    3. Perbedaan antara massa dan berat adalah bahwa massa tidak berubah dimanapun tempatnya

    Kesimpulan

    Alhamdulillah anak-anak semua siswa dapat mengidentifikasi sifat-sifat benda dan memahami arti penting menolong.

    Yups, itu tadi pembelajaran kita hari ini

    Semoga bermanfaat

    Jangan lupa belajar dan banyak berlatih

    Supaya anak shaleh dan shalehah dapat menjadi anak yang cerdas dan terampil


    Akhir kata wassalamu'alaikum wr wb

    Senin, 23 September 2024

    KELAS 3 TEMA 3 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 1, SENIN 23 SEPTEMBER 2024

    Hari / Tanggal           :  Senin,  23 September 2024

    Tema 3                        : Benda di Sekitarku

    Subtema 2                 : Wujud Benda

    Pembelajaran             : 1


    PENDAHULUAN (15 MENIT) 

    Assalaamualaikum, Wr.Wb

    Selamat pagi anak sholih/sholihah semangat ya belajar hari ini, tapi sebelum belajar jangan lupa mandi, sarapan yang bergizi, sholat dhuha serta murojaah yaa. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!

    Apakah anak-anak masih ingat pembelajaran sebelumnya kita sudah belajar tentang benda-benda di sekitar kita.

    Ada yang terbuat dari kertas, kayu, plastik, kaca, logam dan karet

    Setiap benda tersebut juga memiliki kelebihan dan kekurangannya berdasarkan bahan pembentuknya

    Kita juga sudah belajar cara mengukur benda-benda di sekitar kita lalu mengubahnya ke dalam beberapa satuan panjang

    Tentu saja kita belajar juga tentang musyawarah yang baik serta alat musik ritmis


    Hari ini kita akan masih belajar tentang benda-benda di sekitar kita.

    Tapi kita akan belajar tentang wujud benda benda tersebut.

    Bisakah kamu sebutkan wujud benda di sekitarmu?

    Atau, apa itu wujud benda?

    sebelum memulai pembelajaran, tujuan pembelajaran hari ini yaitu Siswa dapat mengidentifikasi informasi yang terkait dengan wujud benda, menuliskan pokok-pokok informasi yang berkaitan dengan wujud benda dengan kalimat efektif, mengkonversi satuan km ke m atau sebaliknya dengan tepat dan mengidentifikasi gerak kuat dan lemah kaki

    KEGIATAN PEMBELAJARAN (40 MENIT)

    Ayo Membaca
    Wujud Benda

    Setiap benda pasti memiliki wujud. Wujud benda ada tiga, yaitu padat, cair, dan gas. Tas, buku, dan pensil berwujud padat. Minyak dan air berwujud cair. Gas hidrogen dalam balon berwujud gas. Dapatkah kamu menyebutkan contoh lainnya?

    Di dapur, Dayu melihat benda-benda yang digunakan untuk memasak. Banyak pula bahan-bahan untuk dimasak. Seperti bawang, cabe, minyak goreng, dan kecap. Perhatikan gambar dapur rumah Dayu berikut ini!



    Kamu telah mengamati gambar di atas. Kelompokkan benda-benda yang ada dalam gambar sesuai wujudnya. Tuliskan hasil pengamatan dalam tabel berikut!

    Ayo Mengamati
    Pernahkah kamu naik alat transportasi seperti pada gambar? Tahukah kamu, termasuk ke dalam wujud benda apakah motor itu?

    Pada hari Minggu, Edo dibonceng ayah ke rumah nenek. Edo dibonceng ayah dengan motor. Perhatikan denah jarak ke rumah nenek berikut ini!



    Jarak rumah Edo ke rumah nenek 5 km 300 m. Jarak ini dapat ditulis 5 km lebih 300 m. Jarak dari
    rumah Edo ke kebun binatang 1.523 m. Satuan kilometer (km) dan meter (m) adalah satuan untuk menyatakan jarak.


     

    Jarak rumah Edo ke rumah nenek 5 km 300 m. Berapa jarak rumah Edo ke rumah nenek dalam satuan m?
    5 km + 300 m = 5.000 m + 300 m = 5.300 m
    Jadi, jarak rumah Edo ke rumah nenek adalah 5.300 m.

    Jarak yang harus ditempuh Edo dari rumah ke kebun binatang 1.523 m. Berapa Jarak rumah Edo ke kebun binatang dalam satuan km dan m?
    1.523 m = 1.000 m + 523 m = 1 km + 523 m

    Ayo Berlatih
    Ada bermacam-macam bentuk bangunan. Juga bahan pembentuk bangunan tersebut. Perhatikan denah jarak antarbangunan di bawah ini!



    Tentukan jarak dalam satuan m!


    Alat ukur ada bermacam-macam. Baik jenis maupun kegunaannya. Altimeter adalah alat yang digunakan untuk mengukur ketinggian suatu titik dari permukaan laut. Biasanya alat ini digunakan untuk mengukur tinggi pesawat saat terbang dari permukaan laut. Juga untuk mengukur tinggi gunung dan hal lain yang berhubungan dengan ketinggian.


    PENUTUP (15 MENIT)

    Anak shaleh dan shalehah berikut tadi pembelajaran kita hari ini ya

    Mari kita simpulkan apa yang sudah kita pelajari:

    1. WUjud benda ada 3 yaitu padat, cari dan gas

    2. Untuk mengkonversi km ke m gunakan tangga konversi jika naik dikalikan 10 jika turun dibagi 10

    Alhamdulillah anak-anak semua dapat mengidentifikasi informasi yang terkait dengan wujud benda, menuliskan pokok-pokok informasi yang berkaitan dengan wujud benda dengan kalimat efektif, mengkonversi satuan km ke m atau sebaliknya dengan tepat dan mengidentifikasi gerak kuat dan lemah kaki. Namun masih ada 3 siswa yang masih harus teliti untuk mengkonversi satuan panjang. Semoga kedepannya anak-anak semua dapat lebih teliti kembali

    Tetap semangat belajar ya anak shaleh dan shalehah

    semoga pembelajaran hari ini dapat bermanfaat

    akhir kata, wassalamu'alaikum wr wb

    Jumat, 20 September 2024

    KELAS 3 TEMA 3 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 6, JUM'AT 20 SEPTEMBER 2024

    Hari / Tanggal : Jum'at, 20 September 2024
    Tema 3 : Benda di Sekitarku
    Subtema 1 : Aneka Benda di Sekitarku
    Pembelajaran : 6




    PENDAHULUAN (15 MENIT)

    Assalaamualaikum, Wr.Wb

    Selamat pagi anak sholih/sholihah semangat ya belajar hari ini, tapi sebelum belajar jangan lupa mandi, sarapan yang bergizi, sholat dhuha serta murojaah yaa. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!

    Anak shaleh dan shalehah, masih ingatkah pelajaran kemarin?

    Yes, kita sudah belajar tentang macam-macam benda yang terbuat dari logam, karet dan kaca.

    Hari ini kita akan coba belajar tentang kelebihan dan kekurangan dari bahan pembentuk benda.

    Adapun tujuan pembelajaran hari ini yaitu siswa mampu mengerti makna menghargai pendapat orang lain, menyusun informasi terkait bahan pembuat benda, dan siswa dapat mengkonversi panjang m ke cm

    KEGIATAN BELAJAR (40 MENIT)

    Ayo Berdiskusi
    Tentukan 5 benda yang akan diselidiki oleh tiap-tiap kelompok! Tuliskanlah hasil musyawarah di bawah ini!



    Apa yang terjadi jika kita menghormati pendapat temanmu?Jika kita menghargai pendapat teman maka musyawarah yang berjalan sehat tanpa ada pemaksaan pendapat.
    Musyawarah berjalan menyenangkan karena menghasilkan keputusan yang menyenangkan bagi semua orang.


    Ceritakan pengalaman menghargai pendapat orang lain saat musyawarah!

    Pengalaman menghargai pendapat orang lain memang tidak mudah untuk dilakukan. Tidak semua orang pandai memahami dan memaklumi perbedaan. Apabila kita berhasil memahami perbedaan, maka hal tersebut adalah hal yang baik.

    Ayo Mencoba
    Setiap kelompok telah memilih benda. Lakukan penyelidikan bahan yang terbaik untuk membentuk
    benda tersebut! Kamu harus memilih bahan yang tepat untuk membuat benda. Karena pemilihan bahan dapat menjadikan benda berfungsi maksimal.



    Apa bahan yang baik untuk membuat daun jendela? Apakah dari kayu, alumunium atau kaca?
    Untuk memecahkannya, selidiki bersama. Langkah kerjanya adalah sebagai berikut:


    1. Tentukan benda yang akan kamu selidiki. Pilihlah benda di sekitarmu.


    2. Isilah tabel di bawah ini! Perhatikan contoh seperti pada nomor 1.




    Ayo Menulis
    Pilihlah satu benda yang telah kamu selidiki. Tuliskan secara lengkap hasil penyelidikanmu! Hal-hal berikut harus termuat dalam tulisanmu.Penjelasan bentuk benda (warna, ukuran, dan bentuk).
    Fungsi benda.
    Alasanmu memilih bahan tertentu untuk membuat benda tersebut.
    Menyebutkan kelebihan bahan tersebut.
    Menyebutkan kekurangan bahan tersebut.

    Ayo Mencoba
    Meteran gulung disebut juga meteran saku. Meteran gulung berfungsi untuk mengukur panjang benda yang lebih dari satu meter. Meteran ini biasa digunakan pekerja bangunan atau tukang kayu.

    Siti akan menata ulang kamar tidurnya. Sebelum menata, Siti mengukur benda-benda di kamarnya. Ukuran yang diperoleh Siti seperti berikut ini!

    1. Bantulah Siti menemukan ukurannya!
    a. 254 cm = 2 m + 54 cm
    b. 390 cm = 3 m + 90 cm
    c. 365 cm = 3 m + 65 cm
    d. 909 cm = 9 m + 9 cm
    e. 400 cm = 4 m + 0 cm

    2. Tukang membutuhkan bahan kayu untuk membuat meja. Bahan kayu yang diperlukan 250 cm. Pilihlah bahan kayu yang sesuai kebutuhan.








    250 cm = 2 m + 50 cm

    3. Kain yang dibutuhkan untuk membuat baju 2 m. Pilihlah kain yang sesuai kebutuhan.







    2 m = 200 cm


    Anak shaleh dan shalehah

    Berikut tadi pembelajaran kita hari ini

    yuk kita simpulkan bersama-sama:

    1. Dalam musyawarah kita wajib menghargai setiap pendapat dan tidak boleh bersikap egois

    2. Setiap benda memiliki kelebihan dan kekurangan berdasarkan bahan pembuatanya

    3. Satuan panjang m ke cm dapat dituliskan dengan dua cara, dengan cm atau tanpa cm

    Alhamdulillah anak shaleh dan shalehah semua sudah dapat mengerti makna menghargai pendapat orang lain, menyusun informasi terkait bahan pembuat benda, dan siswa dapat mengkonversi panjang m ke cm. Namun masih ada 2 anak yang masih harus lebih mandiri dalam mengkonversi panjang dari m ke cm. 


    Yap, semoga pembelajaran hari ini dapat bermanfaat untuk kita semua ya nak

    Tetap semangat belajar dan berlatih

    AKhir kata, wassalamualaikum wr wb

    Kamis, 19 September 2024

    KELAS TEMA 3 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 5, KAMIS 19 SEPTEMBER 2024

    Hari / Tanggal           :  Kamis, 19  September 2024

    Tema 3                        : Benda di Sekitarku

    Subtema 1                  : Aneka Benda di Sekitarku

    Pembelajaran             : 5


    PENDAHULUAN (15 MENIT) 

    Assalaamualaikum, Wr.Wb

    Selamat pagi anak sholih/sholihah semangat ya belajar hari ini, tapi sebelum belajar jangan lupa mandi, sarapan yang bergizi, sholat dhuha serta murojaah yaa. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!

    Masih ingatkah materi yang kita pelajari kemarin?

    Iyaps, kita sudha belajara tentang benda-benda yang terbuat dari plastik dan konsep mengurangi plastik dengan reduce (mengurangi), reuse (memanfaatkan kembali) dan recycle (mendaur ulang).

    Hari ini kita masih akan belajar tentang benda di sekitar kita, yaitu benda-benda yang terbuat kaca, logam dan karet. Tidak hanya itu, kita juga akan melanjutkan pelajaran tentang mengukur panjang benda ya!

    Adapun tujuan pembelajaran hari ini yaitu siswa dapat mengidentifikasi benda-benda yang terbuat dari bahan kaca, logam, dan karet dengan tepat, menceritakan pengalaman bermusyawarah dan siswa dapat mempraktikkan pengukuran dengan tepat.


    KEGIATAN PEMBELAJARAN (40 MENIT)

    Ayo Membaca
    Bacalah informasi berikut ini!



    Benda dari Kaca
    Ada benda-benda yang dibuat dari kaca. Benda tersebut, antara lain gelas, piring, mangkuk, kaca mata, akuarium, jendela, dan peralatan laboratorium. Kaca memiliki sifat kedap air dan tembus cahaya. Oleh karena itu, kaca digunakan untuk membuat benda yang tahan air.

    Benda dari Logam
    Coba amati benda yang ada di rumahmu! Adakah benda yang dibuat dari logam? Benda-benda tersebut, antara lain panci, penggorengan, sendok sayur, sendok makan, kerangka mobil, dan pagar rumah.
    Mengapa benda-benda tersebut dibuat dari logam? Karena logam memiliki sifat kuat, dapat dibentuk dan penghantar panas yang baik.

     

    Benda dari Karet
    Karet bersifat kuat dan lentur. Karet juga bersifat elastis, artinya, karet dapat ditarik memanjang dan jika dilepaskan akan kembali ke bentuk semula. Oleh karena itu, karet dimanfaatkan untuk berbagai keperluan, misalnya membuat ban, alas sepatu, dan pembungkus kabel. Meskipun karet bersifat kuat dan lentur, tetapi tidak tahan api

     

    Ayo Mengamati
    Amatilah benda-benda di sekitarmu! Adakah yang terbuat dari bahan kaca, logam, atau karet Tuliskan hasil pengamatanmu pada tabel yang telah disediakan!

    No.

    Nama Benda

    Bahan Pembentuk

    1.

    Gelas

    Kaca

    2.

    Pagar Sekolah

    Logam/Besi

    3.

    Daun Jendela

    Kaca

    4.

    Ban Sepeda

    Karet

    5.

    Spion

    Kaca


    Ayo Mencoba
    Kamu telah mengamati benda-benda di sekitarmu. Lengkapilah bagan berikut ini!


    Ayo Berdiskusi
    Kamu telah mempelajari aneka bahan pembentuk benda. Setiap bahan pembentuk benda mempunyai sifat yang khas. Perhatikan lingkungan kelas dan sekolahmu! Sebutkan bahan yang biasa digunakan
    untuk membuat tempat sampah!

    Ya, plastik, kayu, bahkan logam seperti alumunium dapat dibuat tempat sampah. Sekarang perhatikan tempat sampah di kelasmu! Terbuat dari apakah tempat sampah di kelasmu? Apakah jumlahnya mencukupi? Apakah anak-anak sudah mempunyai kesadaran dalam membuang sampah di tempatnya?

    Sekarang, musyawarahkan dengan teman sekelasmu! Bagaimana cara meningkatkan kebersihan di sekolahmu? Tuliskan hasil musyawarah di kotak berikut!


    Ayo Mencoba
    Perhatikan bahan yang digunakan untuk membuat penggaris! Plastik, kayu, dan alumunium (logam) adalah bahan yang dapat digunakan untuk membuat penggaris. Mengapa bahan kaca tidak digunakan untuk membuat penggaris? Coba perhatikan satuan yang tertera pada penggaris. Kamu akan melihat lebih dari satu satuan panjang. Ada satuan meter (m), centimeter (cm), dan milimeter (mm).

     


    Panjang mobil ayah Dayu adalah 410 cm Panjang mobil ayah Dayu dalam satuan m adalah
    410 cm = 400 cm + 10 cm
    = 4 m + 10 cm
    = 4 m 10 cm

    Ayo berlatih
    Lakukanlah aktivitas berikut ini!

    1. Perhatikan gambar benda yang harus kamu ukur!
    2. Ukurlah bagian benda sesuai gambar!
    3. Tuliskan perkiraanmu terlebih dahulu! (ukuran hasil tebakanmu tanpa menggunakan alat ukur)
    4. Ukurlah dengan menggunakan alat ukur!
    5. Lengkapilah tabel di bawah ini dengan hasil pengukuranmu!

    PENUTUP (15 MENIT)

    Anak shaleh dan shalehah
    Berikut tadi pembelajaran kita hari ini
    Mari kita simpulkan pembelajaran hari ini
    1. Benda yang terbuat dari logam contohnya adalah sendok, garpu dan gerbang sekolah
    2. Benda yang terbuat dari karet seperti ban motor, sepatu boot dan penghapus
    3. Benda yang terbuat dari kaca seperti spion, gelas dan piring.
    4. Bahan pembuat benda mempengaruhi fungsi dan ketahanan benda.
    5. Panjang benda dalam satuan meter dapat diubah menjadi ukuran cm

    Tetap semangat belajar ya
    Jangan lupa untuk selalu mengulang materi dan berlatih
    Akhir kata, wassalamu'alaikum wr wb.

    Rabu, 18 September 2024

    KELAS 3 TEMA 3 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 3&4, RABU 18 SEPTEMBER 2024

    Hari / Tanggal           :  Rabu,18 September  2024

    Tema 3                        : Benda di Sekitarku

    Subtema 1                  : Aneka Benda di Sekitarku

    Pembelajaran             : 3 dan 4

     

    Assalaamualaikum, Wr.Wb

    Selamat pagi anak sholih/sholihah semangat ya belajar hari ini, tapi sebelum belajar jangan lupa mandi, sarapan yang bergizi, sholat dhuha serta murojaah yaa. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!

    Anak shaleh dan shalehah, kemarin kita sudah mengenal bagaimana mengelompokkan benda-benda, menggunakan alat ukur, serta mengenal alat musik ritmis.



    Ayo Mengamati (5 menit)
    Kertas di Sekitar Kita
    Banyak benda yang terbuat dari kertas. Seperti buku tulis yang biasa digunakan. Contoh lain tisu, kardus, dan koran juga terbuat dari kertas.

    Kayu adalah bahan dasar untuk membuat kertas. Pembuatan kertas dilakukan secara bertahap di pabrik. Kayu-kayu besar dipotong hingga sebesar korek api. Setelah itu, kayu dipanaskan hingga
    menjadi bahan lunak seperti bubur. Bubur inilah yang disebut bubur kertas atau pulp.

    Proses selanjutnya, pulp diberi pewarna dan disaring hingga kandungan airnya habis. Pulp yang sudah kering meninggalkan ampas berupa serat selulosa yang saling terkait. Kemudian, serat selulosa ini digiling hingga pipih menjadi seukuran kertas yang diinginkan.

    Kertas memiliki sifat dapat menyerap air. Kertas dapat menyerap tinta pulpen dengan baik dan dapat dibaca dengan jelas.

    Ayo Berdiskusi (15 menit)
    Sebuah fakta menunjukkan kalau kita menghemat 1 ton kertas, berarti kita menghemat 13 batang pohon besar. Fakta yang luar biasa! Apa yang bisa kita lakukan untuk menghemat kertas?

    Ayo Mencoba (20 menit)
    Carilah arti kata berikut dengan tepat!

    No.

    Kosa Kata Baru

    Arti

    1.

    Selulosa

    karbohidrat kompleks atau polisakarida yang ditemukan dalam struktur dinding sel semua tumbuhan. 

    2.

    Lunak

    Lembut; empuk:

    3.

    Molekul

    Bagian terkecil senyawa yang terbentuk dari kumpulan atom yang terikat secara kimia

    4.

    Ampas

    Sisa barang yang telah diambil sarinya atau patinya

    5.

    Pulp

    Bubur kertas

    6.

    Pipih

    Tipis rata

    7.

    Menyerap

    Meresap, merembes

    8.

    Kardus

    Karton

    9.

    Serat

    Sel atau jaringan serupa benang atau pita panjang, berasal dari hewan atau tumbuhan

    10.

    Menggiling

    Melumatkan (memipihkan) sesuatu

    Buatlah kalimat dengan menggunakan kosakata di atas!

    Ayo Bernyanyi (10 menit)
    Bentuklah kelompok terdiri atas 4 atau 6 orang siswa. Setiap kelompok memilih dua jenis benda yang dapat menghasilkan bunyi-bunyian.

    Berlatihlah untuk mengiringi lagu “Teka-Teki”. Setiap kelompok akan mendapat giliran untuk menampilkan kemampuannya. Setelah bergiliran, tampillah secara bersama-sama! Lakukan dengan percaya diri! (lihat di Pembelajaran 1) 

    Ayo Berdiskusi (5 menit)
    Bahan dasar kertas adalah kayu. Kayu berasal dari pohon. Perhatikan gambar di bawah ini!



    No.

    Bagian yang Diukur

    Alat Ukur Yang Digunakan

    1.

    Tinggi Badamu

    Meteran Pita

    2.

    Panjang lingkar pinggang

    Meteran Pita

    3.

    Panjang meja di kelas

    Meteran Saku

    4.

    Panjang lompatan teman kelompokmu

    Meteran Rol

    5.

    Lebar papan tulis di kelasmu

    Meteran Saku

    6.

    Panjang halaman sekolah

    Meteran Rol


    Ayo Mencoba (20 menit)
    Kamu sudah berdiskusi tentang alat ukur. Alat ukur yang tepat untuk mengukur sesuatu. Coba lakukan kegiatan berikut ini!
    1. Ukurlah tinggi badan lima orang temanmu di kelas!
    2. Tuliskan hasilnya pada tabel di bawah ini. Gunakan satuan cm dalam pengukuranmu!

    3. Urutkanlah hasil pengukuranmu! Mulailah dari yang terpendek hingga yang tertinggi!

    No.

    Nama

    Tinggi Badan (cm)

    1.

    Siti

    122

    2.

    Dayu

    127

    3.

    Edo

    130

    4.

    Udin

    135

    5.

    Beni

    141


    ANak shaleh dan shalehah 

    berikut tadi pembelajaran hari ini 

    Mari kita simpulkan pembelajran hari ini:

    1. Kayu merupakan bahan pembuatan beberapa benda seperti buku dan kertas

    2. Untuk dapat mengukur panjang suatu benda dapat kita gunakan alat ukur yang berbeda juga contohnya tinggi badan diukur menggunakan meteran

    3. Bunyi dapat dihasilkan dari benturan dua benda, dan dapat menciptakan ketukan jika dipukulkan dengan pola irama yang baik

    ==============================================================================

    PEMBELAJARAN 4

    Adapun tujuan pembelajaran hari ini adalah mengetahui bahan pembentuk benda dari plastik, mengamati keadaan plastik di daerah sekitar serta pengalaman bermusyawarah di sekolah.

    Bisakah kamu sebutkan benda yang terbuat dari plastik di kelas?

    Lalu apa keunggulan benda berasalah dari plasik?

    adakah masalah yang timbul dari benda plastik?

    kita simak di bawah ini ya

    Plastik: Solusi dan Masalah  (15 menit)

    Sekarang ini, banyak sekali benda berbahan dasar plastik. Mengapa? Karena, plastik murah dan tahan lama. Bahan dari plastik tidak dapat menyerap air atau tidak tembus air. Plastik pun mudah dibentuk dan ringan. Oleh karena itu, plastik dapat dibuat menjadi berbagai benda.

    Plastik memberikan banyak manfaat. Akan tetapi, plastik juga dapat menimbulkan masalah. Plastik membutuhkan waktu yang lama untuk terurai secara alami, sekitar puluhan bahkan ratusan tahun.

    Perhatikan tabel berikut! Coba bandingkan waktu yang dibutuhkan plastik untuk terurai secara alami.

     


    Reduce adalah mengurangi penggunaan plastik. Contohnya ketika berbelanja. Sebaiknya membawa tas belanja sendiri, sehingga tidak perlu menggunakan kantong plastik.

    Reuse adalah memanfaatkan kembali sampah plastik. Misalnya, sampah kemasan botol minuman digunakan untuk membuat pot bunga.

    Recycle adalah daur ulang sampah plastik. Biasanya dilakukan di pabrik. Sampah plastik diolah menjadi barang baru yang dapat dimanfaatkan lagi.

    Ayo Mengamati (10 menit)
    Amatilah lingkungan di sekolahmu! Banyakkah sampah plastik dari kantong kemasan makanan dan minuman?

    Ayo Menulis (15 menit)
    Ceritakan hasil pengamatanmu tentang sampah plastic di sekolah secara tertulis. Perhatikan penggunaan huruf besar dan tanda baca yang tepat!

    Ayo Berdiskusi (10 menit)
    Bermusyawarahlah bersama seluruh teman di kelasmu! Musyawarah tentang cara mengurangi sampah plastik di sekolah.

     

    Penerapan sistem 3R (Reuse, Reduce, dan Recycle) menjadi salah satu solusi dalam menjaga lingkungan di sekitar kita yang murah dan mudah untuk dilakukan di samping mengolah sampah menjadi kompos atau memanfaatkan sampah menjadi sumber listrik (Pembangkit Listrik Tenaga Sampah).

    Selain itu, penerapan 3R ini juga dapat dilakukan oleh setiap orang dalam kegiatan sehari-hari. Reuse berarti menggunakan kembali sampah yang masih dapat digunakan untuk fungsi yang sama ataupun fungsi lainnya. Reduce berarti mengurangi segala sesuatu yang mengakibatkan sampah. Dan Recycle berarti mengolah kembali (daur ulang) sampah menjadi barang atau produk baru yang bermanfaat.


    Anak shaleh dan shalehah berikut tadi pembelajaran kita hari ini

    Ayo kita coba buat kesimpulan dari materi hari ini:

    1. Keunggulan benda terbuat dari plastik adalah murah, tahan lama dan tidak tembus air

    2. Masalah sampah plastik dapat diatasi dengan Recycle, Reuse dan Reduce

     Alhamdulillah anak-anak semua sudah dapat mengetahui bahan pembentuk benda dari plastik, mengamati keadaan plastik di daerah sekitar serta pengalaman bermusyawarah di sekolah serta mengenal bagaimana mengelompokkan benda-benda, menggunakan alat ukur, serta mengenal alat musik ritmis. Namun masih ada 4 siswa yang masih harus belajar lebih giat lagi terutama dalam menggunakan alat ukur.

    Tetap semangat belajar dan berlatih

    Semoga apa yang dipelajari hari ini dapat memberikan manfaat kepada semua anak shaleh dan shalehah ya

    Wassalamu'alaikum wr wb