Senin, 28 April 2025

KELAS 3 TEMA 7 SUBTEMA 4 PEMBELAJRAN 1, SENIN 28 APRIL 2025

Hari / Tanggal         : Senin, 28 April 2025

Tema 7                        : Perkembangan Teknologi

Subtema 4                  : Perkembangan Teknologi Transportasi

Pembelajaran             : 1

Alat peraga: poster, Realia, dan video

Kompetensi Dasar:

PPKn: 3.3 Menjelaskan makna keberagaman karakteristik individu di lingkungan sekitar

Bahasa Indonesia: 3.6 mencermati isi teks tentang perkembangan teknologi pangan, sandang, komunikasi, dan transportasi di lingkungan setempat.

MTK: 3.10 Menjelaskan dan menentukan keliling bangun datar

SBDP 3.1, mengetahui unsur-unsur rupa dalam karya dekoratif


Hari ini kita belajar tema 7 subtema 4 pembelajaran 1, tujuan pembelajaran kita hari ini siswa dapat mengidentifikasi ide pokok dari teks perkembangan teknologi transportasi di lingkungan sekitar, siswa dapat menentukan keliling bangun datar dengan satuan baku tertentu dengan benar.

 

Ayo Membaca

 

Berlibur di Rumah Paman


Saat liburan sekolah, Beni mengunjungi rumah paman. Rumah paman Beni di Manado. Manado adalah ibu kota Sulawesi Utara. Manado memiliki beberapa pulau yang memesona

Paman mengajak Beni berkeliling kota dengan mengendarai bendi. Bendi adalah alat transportasi tradisional Manado. Orang Manado menggunakan bendi sejak dahulu. Di Pulau Jawa, bendi dikenal dengan delman atau dokar. Bendi adalah alat transportasi sederhana yang ditarik kuda.

Beni melihat orang Manado menggunakan bermacam-macam alat transportasi. Ada yang bersepeda dan mengendarai mobil pribadi. Ada juga yang mengendarai sepeda motor. Sebagian besar orang Manado menggunakan angkutan kota.

Paman menjelaskan bahwa cara orang bepergian mengalami perubahan. Dulu, orang bepergian dengan menggunakan bendi. Saat ini orang bepergian dengan menggunakan alat transportasi modern. Beni pergi ke Manado menggunakan mobil dan pesawat.

 

Alat transportasi apa saja yang pernah kamu gunakan?

 

Ayo Bercerita


Perhatikan gambar di bawah ini! Urutan perkembangan cara orang bepergian!

Yuk kita lihat perkembangan cara orang berpergian.

Perkembangan Menggunakan Alat Transportasi

Pada jaman dahulu manusia bepergian ke berbagai tempat masih berjalan kaki. Berjalan kaki merupakan model transportasi tertua sebelum penggunaan hewan menjadi alat bantu transportasi. Selanjutnya manusia mulai menggunakan hewan sebagai alat transportasi. Beberapa jenis binatang yang sudah lumrah dijadikan alat transportasi manusia antara lain Kuda, Unta, Sapi dan Keledai

Selanjutnya manusia menggunakan hewan sebagai penarik kendaraan.  Sebelum belum mengenal mesin apalagi bahan bakar. manusia menggunakan kereta yang ditarik oleh hewan. Salah satu contohnya adalah delman.

 

Setelah mengenal mesin dan bahan bakar manusia mulai menggunakan kendaraan bermesin. Salah satu contohnya adalah mobil. Mobil dapat bergerak lebih cepat jika dibandingkan dengan delman. Mobil digerakan oleh mesin dan bahan bakar.

Setelah mengenal mobil manusia masih membutuhkan alat transportasi yang lebih cepat dibanding mobil yaitu pesawat terbang. Dengan pesawat terbang manusia dapat bepergian lebih jauh.

Ayo Mengamati
Salah satu alat transportasi yang banyak digunakan adalah mobil. Apakah kamu suka naik mobil? Maukah kamu menjadi perancang mobil? Sebelum kamu menjadi perancang mobil terkenal, ayo kita buat dulu mobil dari kardus bekas! Amati proses membuat mobil berikut ini!

Peralatan yang dibutuhkan
Pisau, gunting, selotip, lem, kardus bekas (bekas kotak sepatu atau yang seukuran), 1 lembar kertas putih polos, penggaris, dan spidol, dan lem

Langkah-langkah pembuatan

1.       1. Siapkan peralatan.

2.      2. Selotip dengan rapat bagian kardus yang terpotong dengan rapat.

3.      3. Buat pola pintu mobil pada bagian samping kanan dan kiri kardus.

4.      4. Potong garis pintu seperti pada gambar.

5.  5. Buat pola kaca depan pada bagian atas kardus. Buat garis sekitar 1 cm dari setiap sisi sehingga membentuk persegi panjang. Potong pada 3 bagian sisi. Lalu, lipat potongan ke atas sehingga membentu kaca.

6.    6. Potong kertas putih seukuran persegi panjang pada kaca depan. Lalu tempel bagian kaca depan.

7.  7. Kelebihan kardus pada bagian belakang dilipat ke dalam, sehingga membentuk seperti sandaran kursi mobil.


Amatilah cara membuat kerajinan di atas! Kegiatan apa saja yang kamu lakukan? Kegiatan yang dilakukan dalam membuat kerajinan:

1.       1. Memotong Kardus

2.      2. Memotong kertas dan menempelkan

3.      3. Melipat kardus bagian belakang

4.      4. Membuat pola pintu mobil



Ayo Mencoba
Amatilah bangun datar pada mobil kardus buatanmu! Bangun datar apa saja yang kamu temukan? Sebutkan!

Perhatikan gambar kaca depan mobil! Berapa ukurannya? Jika kamu akan menghias kaca mobil dengan pita, berapa panjang pita yang kamu butuhkan untuk menghias seluruh tepi kaca?

Mari kita hitung:
20 cm + 10 cm +  20 cm +  10  cm = 60 cm

Panjang pita yang mengelilingi tepi kaca mobil adalah keliling kaca mobil.

TUGAS HARI INI
Amati bangun datar berikut! Berapa kelilingnya?

Hitunglah keliling bangun datar di atas !

Keliling Bangun A = .......

Keliling Bangun B = .................

Selamat mengerjakan!

Jangan lupa ucapkan terima kasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah hari ini! Mari, kita akhiri kegiatan belajar di rumah hari ini dengan membaca doa sesudah belajar. Terima kasih.. Sampai jumpa besok yaa anak sholih shaliha.

Kesimpulan

Alhamdulillah pembelajaran hari ini berjalan dengan lancar. Semua siswa dapat mengikuti pembelajaran dengan baik dan siswa dapat mengidentifikasi ide pokok dari teks perkembangan teknologi transportasi di lingkungan sekitar, siswa dapat menentukan keliling bangun datar dengan satuan baku tertentu dengan benar. Namun masih terdapat dua siswa yang belum dapat menentukan keliling bangun datar dengan satuan baku tertentu dengan benar.

 

Wassalamualaikum Wr. Wb

Kamis, 24 April 2025

KELAS 3 TEMA 7 SUBTEMA 3 PERMBELAJARAN 6, JUM'AT 25 APRIL 2025

Hari / Tanggal           : Jumat, 25 April 2025

Tema 7                        : Perkembangan Teknologi

Subtema 3                  : Perkembangan Teknologi Komunikasi

Pembelajaran             : 6

Alat peraga: poster, Realia, dan video

Kompetensi Dasar:

PPKn: 3.3 Menjelaskan makna keberagaman karakteristik individu di lingkungan sekitar

Bahasa Indonesia: 3.6 mencermati isi teks tentang perkembangan teknologi pangan, sandang, komunikasi, dan transportasi di lingkungan setempat.

MTK: 3.10 Menjelaskan dan menentukan keliling bangun datar

SBDP 3.1, mengetahui unsur-unsur rupa dalam karya dekoratif



Assalaamualaikum, Wr. Wb.

Bagaimana kabarnya hari ini anak sholih dan sholihah,

Semoga semua selalu dalam lindungan Alloh Yaa.

Ayo sebelum belajar jangan lupa mandi, sarapan yang bergizi, sholat dhuha serta murojaah yaaMari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!

 

Tujuan pembelajaran kita hari ini siswa dapat menuliskan kembali pokok informasi dari teks bacaan dengan tepat, siswa dapat menemukan akibat dari adanya keragaman karakteristik individu terhadap perkembangan teknologi dengan tepat, siswa dapat mengukur keliling suatu bangun dengan satuan sentimeter dengan benar.

 

AYO MEMBACA

Bacalah teks bacaan berikut!


Tuliskan informasi dari setiap paragraf berdasarkan teks yang telah kamu baca!



Udin dan teman-teman menyimak cerita Aito  tentang penggunaan alat komunikasi. Aito sering menggunakan aplikasi penyampai  pesan. Aito juga menggunakan media sosial dalam berkomunikasi. Media sosial adalah media untuk berkomunikasi  secara umum. Melalui media sosial, informasi dapat dibagikan kepada banyak orang. Siapapun bisa memberikan komentar dan pendapatnya. Pendapat setiap orang tak selalu sama. Ada kalanya, kita menghadapi perbedaan pendapat.  Jika tidak dapat menerima perbedaan akan terjadi pertengkaran.  Pertengkaran akan memicu perpecahan. Hal tersebut  harus dihindari.  Dengan menerima perbedaan, akan memperkaya wawasan dan pengetahuan kita.

 

Akibat dari adanya keberagaman sikap pada setiap orang terhadap perkembangan teknologi tertulis sebagai berikut!


AYO BERLATIH


Jangan lupa ucapkan terima kasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah hari ini! Mari, kita akhiri kegiatan belajar di rumah hari ini dengan membaca doa sesudah belajar. Terima kasih.. Sampai jumpa besok yaa anak sholih shaliha.

Kesimpulan

Alhamdulillah pembelajaran hari ini berjalan dengan lancar. Seluruh siswa dapat mengikuti kegiatan dengan baik dan seluruh siswa dapat menuliskan kembali pokok informasi dari teks bacaan dengan tepat, siswa dapat menemukan akibat dari adanya keragaman karakteristik individu terhadap perkembangan teknologi dengan tepat, siswa dapat mengukur keliling suatu bangun dengan satuan sentimeter dengan benar. Namun masih terdapat dua siswa yang belum bisa menuliskan kembali pokok informasi dari teks bacaan dengan tepat.

Wassalamualaikum Wr. Wb

KELAS 3 TEMA 7 SUBTEMA 3 PEMBELAJARAN 5, KAMIS 24 APRIL 2025

  Hari / Tanggal             : Kamis, 24 April 2025

Tema 7                        : Perkembangan Teknologi

Subtema 3                  : Perkembangan Teknologi Komunikasi

Pembelajaran             : 5

 Alat peraga: poster, Realia, dan video

Kompetensi Dasar:

PPKn: 3.3 Menjelaskan makna keberagaman karakteristik individu di lingkungan sekitar

Bahasa Indonesia: 3.6 mencermati isi teks tentang perkembangan teknologi pangan, sandang, komunikasi, dan transportasi di lingkungan setempat.

MTK: 3.10 Menjelaskan dan menentukan keliling bangun datar

SBDP 3.1, mengetahui unsur-unsur rupa dalam karya dekoratif



Tujuan pembelajaran kita hari ini  siswa dapat menentukan keliling bangun datar dengan tepat. siswa dapat menemukan keragaman karakteristik individu dengan benar.

AYO MEMBACA

Hari ini Beni kedatangan tamu istimewa. Tamu itu adalah Bang Andi. Dia adalah saudara sepupu Beni yang berada di Jepang.  Beberapa waktu yang lalu, Ayah menunjukkan surat dari Bang Andi. Bang Andi mengirimkan surel kepada Ayah. Beni membacanya melalui komputer milik Ayah.

Bacalah isi surat yang ditulis oleh Bang Andi!

 

Hai, Paman! Apa kabar? Sudah lama, ya, kita tidak bertemu. Melalui surat ini, aku ingin memberi kabar bahwa pada tanggal 17 Agustus nanti, aku akan pulang ke Indonesia.

Aku tak sabar ingin bertemu keluarga di sana. Aku rindu suasana di Indonesia.

Aku bersyukur kini teknologi semakin maju. Manfaatnya banyak sekali. Walaupun aku berada di Jepang, aku

tetap bisa berkomunikasi dengan keluarga di Indonesia. Banyak cara yang aku gunakan untuk berkomunikasi.

Kadang, aku mengirim pesan singkat melalui ponsel. Jika ingin mendengar suara ibu atau ayah, aku menelepon

mereka. Jika rindu ingin melihat

kegiatan mereka secara langsung, aku menggunakan panggilan video. Kini, jarak tak lagi masalah untuk melakukan komunikasi.

Demikian informasi dariku. Sampaikan

salamku untuk Bibi dan Beni. Katakan

pada Beni kalau aku akan datang dan

mengajaknya bermain.

Terima kasih, Paman. Sampai jumpa…

 

Amati peta lokasi pameran berikut!

Berdirilah pada lantai yang telah diberi tanda menggunakan tali oleh gurumu. Tali tersebut akan membentuk bangun datar. Tali yang membentuk bangun datar menunjukkan keliling dari bangun datar.

AYO BERLATIH



Indonesia adalah Negara yang kaya. Indonesia memiliki sekitar 17.000 pulau. Indonesia terdiri atas berbagai suku bangsa yang memiliki adat dan kebiasaan berbeda.  Indonesia memiliki dasar Negara, yaitu Pancasila. Sila ketiga Pancasila menjadi landasan agar kita selalu hidup rukun. Semboyan bangsa Indonesia adalah Bhinneka Tunggal Ika. Artinya berbeda-beda, namun tetap satu. Semboyan ini kita temukan pada lambing negara Indonesia, Burung Garuda. Indonesia memiliki bermacam budaya yang berbeda, namun semua saling menghargai. Walaupun memiliki perbedaan dalam kebiasaan sehari-hari, pertengkaran dapat dihindari jika kita mau saling memahami.

 

LATIHAN HARI INI

Kerjakan Modul Tematik (Cerdas) Halaman 78-79 Kalian bisa lihat Soal di buku modul tematik (cerdas) untuk jawabannya kalian kerjakan di link berikut ini yaa


 Jangan lupa ucapkan terima kasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah hari ini! Mari, kita akhiri kegiatan belajar di rumah hari ini dengan membaca doa sesudah belajar. Terima kasih.. Sampai jumpa besok yaa anak sholih shaliha.

Kesimpulan

Alhamdulillah pembelajaran hari ini berjalan dengan lancar. Semua siswa dapat mengikuti pembelajaran dengan baik dan semua siswa dapat menentukan keliling bangun datar dengan tepat. siswa dapat menemukan keragaman karakteristik individu dengan benar. 

Wassalamualaikum Wr. Wb

Rabu, 23 April 2025

KELAS 3 TEMA 7 SUBTEMA 3 PEMBELAJARAN 4, RABU 23 APRIL 2025

Hari / Tanggal             : Rabu, 23 April 2025

Tema 7                        : Perkembangan Teknologi

Subtema 3                  : Perkembangan Teknologi Komunikasi

Pembelajaran             : 4

Alat peraga: poster, Realia, dan video

Kompetensi Dasar:

PPKn: 3.3 Menjelaskan makna keberagaman karakteristik individu di lingkungan sekitar

Bahasa Indonesia: 3.6 mencermati isi teks tentang perkembangan teknologi pangan, sandang, komunikasi, dan transportasi di lingkungan setempat.

MTK: 3.10 Menjelaskan dan menentukan keliling bangun datar

SBDP 3.1, mengetahui unsur-unsur rupa dalam karya dekoratif 


Tujuan pembelajaran kita hari ini siswa dapat menemukan kosa kata produk yang dihasilkan teknologi komunikasi dengan tepat dan siswa dapat menjelaskan pentingnya memahami keberagaman individu dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan sekitar.

 

AYO MEMBACA

Setelah berenang, Dayu meminjam telepon kantor kolamrenang untuk menelepon Ibu. Dayu minta izin kepada Ibu untuk mengerjakan tugas kelompok di rumah Siti. Dayu sangat bersyukur karena ada alat bantu yang memudahkan dalam berkomunikasi. Dengan telepon, Dayu dapat langsung berbicara dan mendengarkan suara ibu. Telepon adalah alat komunikasi secara lisan.  Selain alat komunikasi lisan, hingga saat ini alat komunikasi tulisan juga masih terus berkembang.

 

ALAT KOMUNIKASI

Tulisan Sejak zaman dahulu, komunikasi secara tertulis sudah mulai dilakukan. Ada surat yang ditulis pada daun lontar.

Selanjutnya, surat ditulis pada selembar kertas dan dimasukkan ke dalam amplop. Surat akan dikirimkan oleh petugas pos dalam waktu tertentu. Waktu penyampaian surat tergantung pada jarak tujuan dan biaya pengiriman. Biasanya sekitar 3 hari sampai 1 minggu.

Pada abad 21, mulai dikenal surat elektronik atau surel. Surel dikirim melalui jaringan internet dengan alat bantu komputer. Melalui surel, pesan dapat diterima di tempat tujuan sesaat setelah dikirim. Tentu saja, hal tersebut sangat membantu komunikasi.

Kini, surel bukan lagi satu-satunya alat komunikasi yang cepat. Melalui teleponseluler, kita dapat berkirim pesan menggunakan aplikasi pesan singkat (SMS). Bahkan, saat ini, kita dapat saling berkirim data penting melalui ponsel dengan berbagai pilihan aplikasi.

Lingkari jenis-jenis produk yang dihasilkan oleh teknologi komunikasi.

Setelah mendapat izin dari Ibu, Dayu dan temanteman segera menuju rumah Siti. Mereka mendapat tugas untuk mencari informasi mengenai alat komunikasi.

 


Siti akan mencari informasi di internet. Dayu akan mencari informasi dari buku-buku dan majalah. Lani akan menelepon pamannya yang bekerja di perusahaan telekomunikasi.

Udin membantu meringkas hasil informasi. Edo akan menuliskannya pada sebuah buku. Beni bertugas membuat gambar dan hiasan pada ringkasan informasi yang telah dibuat. Dayu dan teman-teman memiliki keterampilan yang beragam atau berbeda-beda . Dapatkah kerja sama dapat terlaksana jika kita memiliki kemampuan yang beragam?

 

Kemampuan dan keterampilan setiap orang berbeda-beda. Namun, perbedaan tidak menghalangi kita untuk bekerja sama.

Dengan adanya perbedaan, kita tetap dapat saling membantu. Selain itu, kita dapat saling melengkapi. Hal tersebut dinamakan kolaborasi. Menurut kamus KKBI, kolaborasi artinya perbuatan bekerja sama.

 

Kerja sama merupakan pengamalan sila keempat Pancasila yang berbunyi kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan.

Apakah kemampuan setiap orang sama? ___________ (Berbeda)

Bagaimana sikap kita terhadap keberagaman atau  perbedaan dari setiap orang? (Kita harus menghormati, menghargai,dan menerima perbedaan sebagai hal yang positif.

Selamat mengerjakan!

Jangan lupa ucapkan terima kasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah hari ini! Mari, kita akhiri kegiatan belajar di rumah hari ini dengan membaca doa sesudah belajar. Terima kasih.. Sampai jumpa besok yaa anak sholih shaliha.

 Kesimpulan

Alhamdulillah pembelajaran hari ini berjalan dengan lancar. Seluruh siswa dapat menemukan kosa kata produk yang dihasilkan teknologi komunikasi dengan tepat dan siswa dapat menjelaskan pentingnya memahami keberagaman individu dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan sekitar. Namun masih ada dua siswa yang belum bisa menemukan kosa kata produk yang dihasilkan teknologi komunikasi dengan tepat.

Wassalamualaikum Wr. Wb

Selasa, 22 April 2025

KELAS 3 TEMA 7 SUBTEMA 3 PEMBELAJARAN 2&3, SELASA 22 APRIL 2025

Hari / Tanggal             : Selasa, 22 April 2025

Tema 7                        : Perkembangan Teknologi

Subtema 3                  : Perkembangan Teknologi Komunikasi

Pembelajaran             : 2 dan 3

 Alat peraga: poster, Realia, dan video


Kompetensi Dasar:

PPKn: 3.3 Menjelaskan makna keberagaman karakteristik individu di lingkungan sekitar

Bahasa Indonesia: 3.6 mencermati isi teks tentang perkembangan teknologi pangan, sandang, komunikasi, dan transportasi di lingkungan setempat.

MTK: 3.10 Menjelaskan dan menentukan keliling bangun datar

SBDP 3.1, mengetahui unsur-unsur rupa dalam karya dekoratif

Tujuan pembelajaran kita hari ini siswa dapat mengidentifikasi ide pokok dari suatu bacaan dengan tepat, dapat mengidentifikasi kombinasi  garis, bidang, dan warna dalam sebuah karya dekoratif. dapat mengidentifikasi jumlah ukuran sisi bangun sebagai keliling dari bangun datar.


Hari ini cuaca sangat panas. Udin, Beni, dan Edo ingin bermain di kolam renang.  Kolam renang tempat mereka bermain cukup aman. Di sekitar kolam, terdapat beberapa orang petugas sedang mengawasi anak-anak bermain air.



Setiap petugas kolam renang mengalungkan peluit di leher masing-masing. Peluit merupakan salah satu alat komunikasi. Peluit digunakan untuk mengawali atau menghentikan suatu kegiatan. Dengan menggunakan peluit, kita tidak perlu bersuara keras untuk memberi peringatan. 

Setelah berenang, Udin, Beni, dan Edo beristirahat. Udin beristirahat sambil membaca buku yang  dibawanya.

Buku tersebut bercerita tentang alat komunikasi  tradisional dan modern.


Hari ini Dayu dan Lani sangat bersemangat. Mereka akan melakukan percobaan “telepon kaleng”.  Dayu mengetahui cara membuat telepon kaleng dari ibu.  Telepon merupakan  salah satu alat  komunikasi. Dengan adanya teknologi,  telepon berkembang dari masa ke masa. Saat ini telepon merupakan salah satu alat yang sangat memudahkan komunikasi.

 


Dayu dan teman-teman membuat telepon kaleng. Lani dan Udin membawa kaleng bekas susu kental  manis. Edo dan Beni menyiapkan benang kasur. Sementara itu, Dayu dan Siti membawa kertas dan lem untuk hiasan.



Setelah menghias kaleng,  Lani menunjukkan gambar yang ia buat.Udin mengusulkan agar  gambar Lani diberi bingkai. Dayu menawarkan untuk membantu Lani membuat bingkai. Lani pun setuju. Untuk membuat bingkai, Dayu harus mengetahui keliling dari kertas gambar milik Lani. Keliling bangun datar adalah jumlah ukuran darsisi-sisi yang membentuk bangun tersebut.


LATIHAN

Lengkapi kalimat berikut!


1. Alat komunikasi ______________ digunakan pada masa lalu.

2. __________ termasuk ke dalam alat komunikasi tradisional.

3. Lonceng dan ______ memiliki fungsi yang sama.

4. Telepon kini berkembang menjadi _____________

5. Ponsel merupakan salah satu alat komunikasi ___________


Jangan lupa ucapkan terima kasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah hari ini! Mari, kita akhiri kegiatan belajar di rumah hari ini dengan membaca doa sesudah belajar. Terima kasih.. Sampai jumpa besok yaa anak sholih shaliha.

 

Kesimpulan

Alhamdulillah pembelajaran hari ini berjalan dengan lancar. Semua siswa dapat mengidentifikasi ide pokok dari suatu bacaan dengan tepat, dapat mengidentifikasi kombinasi  garis, bidang, dan warna dalam sebuah karya dekoratif. dapat mengidentifikasi jumlah ukuran sisi bangun sebagai keliling dari bangun datar. namun masih ada tiga siswa yang belum dapat mengidentifikasi jumlah ukuran sisi bangun sebagai keliling dari bangun datar.


Wassalamualaikum Wr. Wb

Minggu, 20 April 2025

KELAS 3 TEMA 7 SUBTEMA 3 PEMBELAJARAN 1, SENIN 21 APRIL 2025

Hari / Tanggal             :  Senin, 21 April 2025

Tema 7                        : Perkembangan Teknologi

Subtema 3                  : Perkembangan Teknologi Komunikasi

Pembelajaran             : 1

Alat peraga: poster, Realia, dan video

Kompetensi Dasar:

  • PPKn: 3.3 Menjelaskan makna keberagaman karakteristik individu di lingkungan sekitar
  • Bahasa Indonesia: 3.6 mencermati isi teks tentang perkembangan teknologi pangan, sandang, komunikasi, dan transportasi di lingkungan setempat.
  • MTK: 3.10 Menjelaskan dan menentukan keliling bangun datar
  • SBDP 3.1, mengetahui unsur-unsur rupa dalam karya dekoratif


Hari ini kita belajar tema 7 subtema 3 pembelajaran 1, tujuan pembelajaran kita hari ini siswa dapat mengetahui unsur-unsur rupa dalam karya dekoratif, Mencermati isi teks informasi tentang perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi di lingkungan setempat, serta Menjelaskan dan menentukan keliling bangun datar.

 

Sebelum memulai pembelajaran hari ini,kita simak dulu video di bawah ini ya:



Sore hari, Dayu dan Lani berkumpul di rumah Siti. Saat bermain di teras rumah, Pak Pos dating mengantarkan majalah dan surat untuk Siti. Seminggu yang lalu, Siti memesan majalah anak di sebuah toko dengan bantuan ibu. Ibu memesan  menggunakan pesan singkat pada ponselnya.  

 

Saat ini, kita bisa membeli barang tanpa perlu berkunjung ke toko yang menjualnya. Siti mengajak Dayu dan Lani untuk membaca majalah tersebut bersama-sama.  Salah satu wacananya tentang sejarah komunikasi. Siti, Dayu,  dan Lani tertarik membaca sejarah komunikasi.




Ide pokok suatu bacaan dapat ditemukan jika kita membaca dengan teliti. Ide pokok ditemukan pada kalimat utama tiap paragraf. Ide pokok adalah gagasan utama dari bacaan.

AYO MENGAMATI

Siti mendapat kiriman kartu ucapan terima kasih dari toko majalah yang pernah Siti pesan. Kartu tersebut cantik sekali. Kartu itu disebut kartu pos. Unsur garis, bidang, dan warna pada kartu pos menarik untuk dilihat.

Amati hiasan pada kartu pos berikut!


Kartu pos  mempunyai empat tepi. Jumlah panjang keempat tepinya disebut keliling kartu pos. Persegi panjang mempunyai  empat sisi. Jumlah panjang keempat sisinya disebut keliling persegi panjang . Setiap bangun datar memiliki keliling. Kita dapat menemukan keliling dari setiap bangun datar dengan mudah. 


Amati gambar-gambar di bawah ini!

Tebalkan sisi-sisi yang membentuk keliling dari bangun tersebut!




LATIHAN:

AYO BERKREASI

Buatlah hiasan yang sama seperti Siti dan teman- teman pada kartu pos di bawah ini!



Jangan lupa ucapkan terima kasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah hari ini! Mari, kita akhiri kegiatan belajar di rumah hari ini dengan membaca doa sesudah belajar. Terima kasih.. Sampai jumpa besok yaa anak sholih shaliha.


Kesimpulan

Alhamdulillah, pembelajaran hari ini berjalan dengan lancar. Semua siswa dapat mengetahui unsur-unsur rupa dalam karya dekoratif, Mencermati isi teks informasi tentang perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi di lingkungan setempat, serta Menjelaskan dan menentukan keliling bangun datar. Namun masih terdapat dua siswa yang belum mampu memahami dalam menentukan keliling bangun datar.

 

Wassalamualaikum Wr. Wb

Rabu, 16 April 2025

KELAS 3 TEMA 7 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 5&6, KAMIS 17 APRIL 2025

 Hari / Tanggal        :  Kamis, 17 April 2025

Tema 7                        : Perkembangan Teknologi

Subtema 2                  : Perkembangan Teknologi Produksi Sandang

Pembelajaran             : 5 dan 6

 

Tuujuan pembelajaran kita hari ini siswa dapat memahami isi paragraf, memahami bangun datar yang memiliki simetri lipat.

 

AYO MEMBACA

Dari Bahan Dasar Sampai ke Pasar

 

Pakaian berasal dari bahan dasar yang berbeda. Ada yang berasal dari kapas dan serat daun. Ada yang berasal dari bulu domba dan serat sutra. Bahan dasar pakaian banyak didapat dari lingkungan sekitar.

 

Petani dan peternak menyediakan bahan dasar pakaian. Petani menyediakan kapas dan beberapa jenis daun. Bulu domba disediakan oleh peternak domba. Serat sutra disediakan oleh peternak ulat  sutra.




Bahan dasar dikumpulkan dan dibawa ke pabrik pemintalan. Pemintal memintal bahan dasar di pabrik pemintalan. Mereka memintal bahan dasar menjadi benang. Pemintalan dilakukan dengan mesin-mesin modern. 

Benang yang telah dipintal dibawa ke pabrik kain. Penenun menenun benang menjadi kain. Mereka menenun dengan mesin modern. 

Kain hasil tenunan dibawa ke tukang jahit. Penjahit menjahit kain menjadi baju. Mereka menjahit berbagai jenis baju. Mereka menjahit dengan mesin yang canggih. Baju yang dihasilkan dibawa ke pasar untuk dijual.

 


 

Keberagaman pekerjaan membuat hidup menjadi lebih mudah. Kita memiliki pakaian karena bantuan  petani dan peternak. Kita dapat mengenakan  pakaian karena bantuan pemintal dan penenun.  Kita memiliki baju karena bantuan penjahit.

 

Kamu sudah membaca teks “Dari Bahan Dasar Sampai ke Pasar”. Siapa saja yang terlibat dalam pembuatan pakaian?
Pembuatan Pakaian

No.

Siapa

Mengerjakan

Di Mana

Menghasilkan

1

Petani Kapas

Menanam kapas

Kebun

Kapas

2

Peternak Domba dan Sutra

Memlihara domba dan ulat sutera

Di kebun

Bulu domba dan Kepompong sutera

3

Pemintal

Memintal kapas

Pabrik pemintalan

Benang

4

Penenun

Menenun benang

Pabrik kain

Kain

5

Tukang jahit

Menjahit

Tempat penjahitan

Baju



Ayo Mencoba
Masih ingatkah kamu dengan motif kain kesayangan ibu Udin? Salah satu motifnya adalah persegi. Ikutilah langkah-langkah berikut!

1.                   Gambarlah persegi di atas karton dengan panjang sisi 5 cm.

2.                   Guntinglah gambarmu dengan rapi.

3.                   Jiplaklah bangun persegi yang kamu buat di buku latihanmu.

4.                   Tentukan titik pusatnya.

5.                   Letakkan karton persegimu tepat di atas gambar persegi yang kamu buat.

6.                   Cobalah memutar karton persegimu searah jarum jam.

7.                   Apakah bangun datar tersebut dapat memenuhi garis yang kamu buat dengan tepat?

8.                   Cobalah putar lagi sampai menempati posisi semula.

9.                   Berapa kali putaran persegi dapat menempati bingkainya, apabila diputar satu kali putaran penuh?



Beberapa bangun datar memiliki simetri putar. Simetri putar adalah banyak putaran yang dapat dilakukan pada suatu bidang datar dengan ketentuan:



1.     Hasil putaran menutupi pola yang sama dengan ketika sebelum diputar

2.     Putaran kurang dari satu putaran

3.     Memiliki titik pusat


LATIHAN HARI INI

Kerjakan Modul Tematik (Cerdas) Halaman. 71-72. Kalian bisa lihat Soal di buku modul tematik (cerdas) untuk jawabannya kalian kerjakan di link berikut ini yaa 


PEMBELAJARAN 6

Tujuan pembelajaran kita hari ini siswa dapat memahami isi paragraf, mengamati pakaian profesi, memahami bangun datar yang memiliki simetri lipat.

 

AYO MEMBACA

Pakaian Profesi

Edo dan teman-temannya belajar tentang pakaian profesi. Pakaian profesi adalah pakaian yang digunakan oleh profesi tertentu. Pakaian tersebut biasa dikenakan saat mereka bekerja. Pada zaman dahulu tidak ada pakaian profesi seperti saat ini.

Pakaian profesi banyak jenisnya. Ada pakaian profesi yang dikenakan oleh dokter, tentara, dan polisi. Ada juga pakaian profesi pilot dan pengacara.

Pakaian profesi dikenakan sesuai keperluan. Dokter memakai pakaian dokter saat praktik. Pak polisi mengenakan seragam polisi saat bertugas. Ibu pengacara mengenakan pakaian pengacara saat bersidang. Pakaian profesi tidak dipakai setiap saat.


 

Banyak orang senang mengenakan pakaian profesi. Pakaian profesi adalah tanda pengenal suatu profesi. Orang yang mengenakan pakaian polisi adalah seorang polisi. Kita dapat membedakan pilot dengan pramugari dari pakaian yang dikenakannya. Pakaian profesi juga dapat menjadi kebanggaan orang yang memakainya.

Ayo Mencoba
Kamu sudah mempelajari bermacam-macam motif pada kain. Motif-motif itu berbentuk bangun datar. Masih ingatkah kamu dengan karton bentuk bangun datarmu?


Yuk kita Beri tanda () jika memiliki dan ( X ) jika tidak memiliki. Tuliskan banyak simetri putar jika ada!

Wassalamualaikum Wr. Wb

Selasa, 15 April 2025

KELAS 3 TEMA 7 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 4, RABU 16 APRIL 2025

Hari / Tanggal             : Rabu, 16 April 2025

Tema 7                        : Perkembangan Teknologi

Subtema 2                  : Perkembangan Teknologi Produksi Sandang

Pembelajaran             : 4

 

KOMPETENSI DASAR

MTK: 3.9 Menjelaskan simetri lipat dan simetri putar pada bangun datar menggunakan benda konkret

Bahasa Indonesia: 3.6 Mencermati isi teks informasi tentang perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi di lingkungan setempat.


Tuujuan pembelajaran kita hari ini siswa dapat memahami isi paragraf, memahami jenis kain adat dan waktu kegunaanya, memahami perbedaan karakteristik individu.


AYO MEMBACA

 

Jenis-jenis Pakaian

 

Lani sedang mengamati pakaiannya. Ternyata ia memiliki banyak jenis pakaian. Ada pakaian yang ia gunakan sehari-hari. Ada juga pakaian yang ia gunakan pada waktu tertentu.

 

Salah satu jenis pakaian Lani adalah seragam sekolah. Lani mengenakan seragam saat pergi ke sekolah. Teman-teman Lani juga mengenakan seragam saat ke sekolah. Mereka mengenakan seragam sesuai jadwal.

 

Sepulang sekolah, Lani mengganti baju seragamnya dengan pakaian rumah. Lani memiliki beberapa jenis pakaian rumah. Lani mengenakan kaus, celana selutut, atau rok saat di rumah. Lani juga memiliki beberapa baju yang digunakan saat tidur.

 

Lani memiliki baju yang dipakai untuk berolahraga. Lani mengenakan baju olahraga yang sesuai dengan ukuran tubuhnya. Bahan baju olahraga Lani mudah menyerap keringat. Lani dapat bergerak  bebas dengan baju olahraganya.

Lani memiliki beberapa baju yang digunakan untuk waktu tertentu. Ada baju hangat yang digunakan saat udara dingin. Ada juga gaun yang biasa digunakan saat pergi ke pesta.


Lani bersyukur memiliki cukup pakaian. Ia teringat  orang zaman dahulu yang hanya memiliki satu jenis pakaian. Lani menyayangi semua pakaiannya. Ia memakainya dengan hati-hati agar tidak cepat rusak.

Saat ini, jenis pakaian sangat beragam. Ada pakaian seragam, pakaian bermain, dan pakaian tidur. Berikut jenis-jenis pakaian saat ini!

No.

Jenis Pakaian

Contoh

1

Pakaian Sekolah

Seragam merah-putih, Baju Batik, Pakaian Pramuka

2

Pakaian Rumah

Kaus, Celana Selutut, Celana pendek, dan Rok.

3

Pakaian Olah Raga

Pakaian olah raga sekolah, Taining, Pakaian sepak bola,  Pakaian renang, dan Pakaian Ski

4

Pakaian Khusus

Baju Hangat, Baju Pesta, Pakaian mendaki gunung, dan Pakaian pantai, dan Pakaian memancing

5

Pakaian Adat

Pakaian adat Jawa. Pakaian adat Minangkabau, dan lain-lain

6

Pakaian Muslim

Tunik, Gamis, Koko, Hijab, Sarung, Abaya, Kaftan

 

 

Menghargai Perbedaan


Amati gambar di bawah ini!


Cara berpakaian orang berbeda-beda. Siti selalu memakai kerudung dan baju yang menutupi seluruh tubuhnya. Lani dan Dayu senang memakai celana selutut dan kaos lengan pendek. Meskipun berbeda dalam cara berpakaian, mereka tetap berteman baik. Mereka saling menghargai. Jelaskan manfaat saling menghargai perbedaan!

1.      Menjaga persatuan dan keutuhan bangsa Indonesia

2.      Muncul sikap tenggang rasa

3.      Memahami perasaan orang lain

4.      Saling melengkapi satu sama lain

5.      Memperkaya wawasan.


 

Jangan lupa ucapkan terima kasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah hari ini! Mari, kita akhiri kegiatan belajar di rumah hari ini dengan membaca doa sesudah belajar. Terima kasih.. Sampai jumpa besok yaa anak sholih shaliha.

Kesimpulan

Alhamdulillah anak anak semua sudah dapat mengenal jenis-jenis pakaian sehari-hari dan menuliskan manfaat sikap saling menghargai terhadap perbedaan.

 

Wassalamualaikum Wr. Wb

KELAS 3 TEMA 7 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 2&3, SELASA 15 APRIL 2025

Hari / Tanggal             : Selasa, 15 April 2025

Tema 7                        : Perkembangan Teknologi

Subtema 2                  : Perkembangan Teknologi Produksi Sandang

Pembelajaran            : 2 dan 3

 


Tujuan pembelajaran kita hari ini siswa dapat memahami isi paragraf, Memahami jenis pekerjaan saat membuat pakaian, memahami jenis kain adat, dan menetukan simetri lipat.

 

AYO MEMBACA

 

Mengolah Bahan Dasar Pakaian

Indonesia kaya akan bahan dasar pakaian. Ada serat alami yang berasal dari kapas, daun, kayu, batang pohon, kepompong ulat sutra, dan bulu domba. Ada juga bahan dasar berupa serat buatan seperti nilon.

Dahulu, bahan dasar pakaian diolah dengan cara sederhana. Daun dijemur hingga kering. Kayu dipukul-pukul hingga tipis. Kulit hewan direndam  dan dikeringkan. Semua diolah menjadi pakaian. 

Saat ini, bahan dasar pakaian diolah dengan cara modern. Bahan dasar diolah menjadi serat. Serat dipintal menjadi benang. Lalu, benang ditenun menjadi kain. Semua itu dilakukan dengan mesin yang canggih.


Cara mengolah kain menjadi pakaian juga semakinmaju. Mulanya kain dijahit dengan tangan. Kemudian, kain dijahit dengan mesin jahit yang digerakkan kaki. Saat ini kain dijahit dengan mesin jahit modern. 


Pembuatan pakaian berkembang dengan cepat. Bahan dasar yang digunakan semakin banyak. Mesin-mesin yang mengolah bahan dasar juga bertambah canggih.  Pakaian yang dihasilkan semakin beragam. Bersyukurlah kepada Tuhan karena kita memiliki pakaian.

AYO MENGAMATI

Amatilah gambar orang-orang yang berjasa dalam membuat pakaian! Pekerjaan mereka beragam,bukan?


Amatilah gambar orang-orang yang berjasa dalam membuat pakaian! Pekerjaan mereka beragam, bukan?

 

Contoh keberagaman pekerjaan:

No.

Pekerjaan

Tugas yang Dilakukan

1

Petani Kapas

Menanam kapas

2

Pemintal Kapas

Memintal serat kapas menjadi benang

3

Penenun Kain

Menenun benang menjadi kain

4

Perancang Busana

Membuat rancangan baju

5

Penjahit

Membuat baju berdasarkan rancangan

 

AYO MEMBACA

Kain Adat Indonesia 

Indonesia dikenal sebagai negara yang kaya budaya. Salah satu sebabnya karena wilayah Indonesia sangat luas. Setiap daerah di Indonesia memiliki budayanya sendiri.

Salah satu kekayaan budaya Indonesia adalah kain adat. Setiap daerah memiliki kain adat. Kain Songket dikenal sebagai kain adat orang

Melayu. Kain Sasirangan dikenal sebagai kain adat suku Banjar di Kalimantan. Orang-orang di  Jawa memiliki batik dan lurik. Kain Tenun dikenal  sebagai kain adat dari Nusa Tenggara.

Kain adat Indonesia sangat istimewa. Kain adat dibuat dengan menggunakan bahan yang ada di lingkungan tempat tinggal. Warna kain juga berasal dari bahan alam. Kain adat umumnya dibuat  dengan cara ditenun tangan.


Kain adat memiliki banyak fungsi. Kain adat dapat digunakan sebagai bahan pakaian sehari-hari. Kain adat biasanya dipakai saat upacara adat. Kain adat juga banyak digunakan sebagai baju tarian daerah. Kain adat sering digunakan dalam upacara perkawinan. Di beberapa daerah kain adat juga digunakan saat ada keluarga yang meninggal.


Kain adat yang paling dikenal adalah batik. Batik ditemukan hampir di semua daerah. Setiap daerah memiliki batik dengan ciri yang berbeda. Batik merupakan pakaian nasional Indonesia. Sebagai rasa syukur akan kekayaan pakaian adat, bangsa Indonesia memperingati hari Batik setiap tanggal  2 Oktober.

Dayu menarikan tari kreasi menenun. Kamu juga dapat berkreasi seperti Dayu. Motif kain adat Indonesia sangat beragam. Ada motif bunga, hewan, dan bentuk bangun datar. Amatilah motif kain adat berikut!

Gambarlah salah satu motif yang ada di atas di selembar kertas! Lalu, guntinglah sesuai bentuknya! Apakah motif pilihanmu memiliki simetri lipat? Ceritakan hasil temuanmu kepada teman-temanmu!
Motif kain adat Indonesia sangat beragam. Ada motif bunga, hewan, dan bentuk bangun datar.

Amatilah motif kain adat berikut!

Kesimpulan

Alhamdulillah anak-anak semua sudah dapat menentukan ide pokok paragraf, mengenal jenis pekerjaan dalam pembuatan pakaian, serta menuliskan nama-nama motif kain adat di Indonesia.

Namun masih ada 2 siswa yang belum dapat menjelaskan secara lisan tentang jenis pekerjaan dalam pembuatan pakaian. Semoga anak-anak bisa Mencermati materinya dengan baik ya.

Berikut tadi adalah kegiatan belajar hari ini

Terima kasih

Wassalamualaikum wr wb