Selasa, 15 April 2025

KELAS 3 TEMA 7 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 2&3, SELASA 15 APRIL 2025

Hari / Tanggal             : Selasa, 15 April 2025

Tema 7                        : Perkembangan Teknologi

Subtema 2                  : Perkembangan Teknologi Produksi Sandang

Pembelajaran            : 2 dan 3

 


Tujuan pembelajaran kita hari ini siswa dapat memahami isi paragraf, Memahami jenis pekerjaan saat membuat pakaian, memahami jenis kain adat, dan menetukan simetri lipat.

 

AYO MEMBACA

 

Mengolah Bahan Dasar Pakaian

Indonesia kaya akan bahan dasar pakaian. Ada serat alami yang berasal dari kapas, daun, kayu, batang pohon, kepompong ulat sutra, dan bulu domba. Ada juga bahan dasar berupa serat buatan seperti nilon.

Dahulu, bahan dasar pakaian diolah dengan cara sederhana. Daun dijemur hingga kering. Kayu dipukul-pukul hingga tipis. Kulit hewan direndam  dan dikeringkan. Semua diolah menjadi pakaian. 

Saat ini, bahan dasar pakaian diolah dengan cara modern. Bahan dasar diolah menjadi serat. Serat dipintal menjadi benang. Lalu, benang ditenun menjadi kain. Semua itu dilakukan dengan mesin yang canggih.


Cara mengolah kain menjadi pakaian juga semakinmaju. Mulanya kain dijahit dengan tangan. Kemudian, kain dijahit dengan mesin jahit yang digerakkan kaki. Saat ini kain dijahit dengan mesin jahit modern. 


Pembuatan pakaian berkembang dengan cepat. Bahan dasar yang digunakan semakin banyak. Mesin-mesin yang mengolah bahan dasar juga bertambah canggih.  Pakaian yang dihasilkan semakin beragam. Bersyukurlah kepada Tuhan karena kita memiliki pakaian.

AYO MENGAMATI

Amatilah gambar orang-orang yang berjasa dalam membuat pakaian! Pekerjaan mereka beragam,bukan?


Amatilah gambar orang-orang yang berjasa dalam membuat pakaian! Pekerjaan mereka beragam, bukan?

 

Contoh keberagaman pekerjaan:

No.

Pekerjaan

Tugas yang Dilakukan

1

Petani Kapas

Menanam kapas

2

Pemintal Kapas

Memintal serat kapas menjadi benang

3

Penenun Kain

Menenun benang menjadi kain

4

Perancang Busana

Membuat rancangan baju

5

Penjahit

Membuat baju berdasarkan rancangan

 

AYO MEMBACA

Kain Adat Indonesia 

Indonesia dikenal sebagai negara yang kaya budaya. Salah satu sebabnya karena wilayah Indonesia sangat luas. Setiap daerah di Indonesia memiliki budayanya sendiri.

Salah satu kekayaan budaya Indonesia adalah kain adat. Setiap daerah memiliki kain adat. Kain Songket dikenal sebagai kain adat orang

Melayu. Kain Sasirangan dikenal sebagai kain adat suku Banjar di Kalimantan. Orang-orang di  Jawa memiliki batik dan lurik. Kain Tenun dikenal  sebagai kain adat dari Nusa Tenggara.

Kain adat Indonesia sangat istimewa. Kain adat dibuat dengan menggunakan bahan yang ada di lingkungan tempat tinggal. Warna kain juga berasal dari bahan alam. Kain adat umumnya dibuat  dengan cara ditenun tangan.


Kain adat memiliki banyak fungsi. Kain adat dapat digunakan sebagai bahan pakaian sehari-hari. Kain adat biasanya dipakai saat upacara adat. Kain adat juga banyak digunakan sebagai baju tarian daerah. Kain adat sering digunakan dalam upacara perkawinan. Di beberapa daerah kain adat juga digunakan saat ada keluarga yang meninggal.


Kain adat yang paling dikenal adalah batik. Batik ditemukan hampir di semua daerah. Setiap daerah memiliki batik dengan ciri yang berbeda. Batik merupakan pakaian nasional Indonesia. Sebagai rasa syukur akan kekayaan pakaian adat, bangsa Indonesia memperingati hari Batik setiap tanggal  2 Oktober.

Dayu menarikan tari kreasi menenun. Kamu juga dapat berkreasi seperti Dayu. Motif kain adat Indonesia sangat beragam. Ada motif bunga, hewan, dan bentuk bangun datar. Amatilah motif kain adat berikut!

Gambarlah salah satu motif yang ada di atas di selembar kertas! Lalu, guntinglah sesuai bentuknya! Apakah motif pilihanmu memiliki simetri lipat? Ceritakan hasil temuanmu kepada teman-temanmu!
Motif kain adat Indonesia sangat beragam. Ada motif bunga, hewan, dan bentuk bangun datar.

Amatilah motif kain adat berikut!

Kesimpulan

Alhamdulillah anak-anak semua sudah dapat menentukan ide pokok paragraf, mengenal jenis pekerjaan dalam pembuatan pakaian, serta menuliskan nama-nama motif kain adat di Indonesia.

Namun masih ada 2 siswa yang belum dapat menjelaskan secara lisan tentang jenis pekerjaan dalam pembuatan pakaian. Semoga anak-anak bisa Mencermati materinya dengan baik ya.

Berikut tadi adalah kegiatan belajar hari ini

Terima kasih

Wassalamualaikum wr wb

Senin, 14 April 2025

KELAS 3 TEMA 7 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 1, SENIN 14 APRIL 2025

Hari / Tanggal             : Senin, 14 April 2025

Tema 7                        : Perkembangan Teknologi

Subtema 2                  : Perkembangan Teknologi Produksi Sandang

Pembelajaran             : 1

 

Hari ini kita belajar tema 7 subtema 2 pembelajaran 1, tujuan pembelajaran kita hari ini siswa dapat memahami isi paragraf, Menentukan simetri lipat dan memahami gerak tarian.


 Sebelum membaca, tontonlah video berikut ya:


Nah sekarang kita akan belajar untuk mengetahui berbagai macam pakaian daerah dan memahami isi teks tentang teknologi sandang.

 

AYO MEMBACA

Bahan Dasar Pakaian


Keluarga Udin memiliki banyak pakaian. Mereka memakai pakaian untuk melindungi tubuh. Ada pakaian untuk melindungi tubuh dari udara dingin atau panas. Ada pakaian untuk melindungi tubuh dari angin dan hujan.

Pakaian keluarga Udin ada yang terbuat dari kapas dan bulu domba. Pakaian berbahan dasar kapas banyak digunakan sebagai pakaian sehari-hari. Pakaian berbahan dasar kapas nyaman dipakai di siang hari. Pakaian berbahan dasar bulu domba dikenakan pada waktu tertentu. Pakaian berbahan dasar bulu domba menghangatkan badan pada saat hari dingin.

Ibu Udin memiliki kain tenun yang terbuat dari serat sutra. Pakaian yang terbuat dari serat sutra termasuk pakaian istimewa. Pakaian yang terbuat dari serat sutra biasa digunakan saat acara khusus.

Berbeda dengan Udin, pakaian orang-orang zaman dahulu terbuat dari kayu dan kulit hewan. Pakaian mereka sangat sederhana. Satu pakaian mereka gunakan untuk berbagai keadaan. 

Hampir semua bahan dasar pakaian terdapat di alam. Bahan dasar pakaian jumlahnya terbatas. Jagalah pakaianmu agar dapat digunakan dalam waktu yang lama. Tuhan menyukai orang-orang yang menjaga apa yang dimiliki.

Dari teks diatas kita dapat menentukan kalimat pertama dari setiap paragraf!


Ayo Mencoba

Ibu Udin memiliki kain kesayangan. Kain ibu Udin terbuat dari serat sutra. Udin mengamati motif pada kain. Udin menemukan beberapa motif bangun datar pada kain. Ia menggambar beberapa motif yang ditemukan.


Kemudian, Udin menggambar salah satu bentuk bangun datar di atas kertas. Udin menggunting kertas mengikuti bentuk bangun datar. Lalu, Udin melipat kertas hingga sama besar dan saling
menutupi. Lakukanlah seperti Udin. Hitunglah banyak cara melipat yang kamu dapatkan!

Bentuk-bentuk yang dapat menutupi semua bagian kertas dengan tepat saat dilipat, disebut bentuk yang memiliki simetri lipat


Cara Menentukan Simetri Lipat
Simetri lipat dapat ditemukan melalui percobaan. Simetri lipat juga dapat ditemukan dengan membuat sumbu simetri. Yaitu, garis yang membagi dua bangun datar dan saling menutupi. Mari kita membuat sumbu simetri bangun persegi panjang!

1.  Sediakan kertas berbentuk persegi panjang.

2.  Lipatlah menjadi dua bagian yang sama.

3.  Lalu, buka lipatan kertas.

4.  Buatlah garis pada bekas lipatan. Apa nama garis yang membagi persegi panjang menjadi dua bagian yang sama?

Amati Bagan dibawah ini!


Ayo Berlatih
Buatlah satu bentuk bangun datar yang kamu inginkan! Berlatihlah mencari banyaknya simetri lipat! Gambarkan hasil temuanmu!



Ayo Mengamati
Udin bercerita tentang kain sutra ibunya. Kain ibu Udin dibuat dengan cara dipintal dan ditenun. Dayu menanggapi cerita Udin. Ia memperagakan gerakan memintal dan menenun.

Amati gerakan Dayu! Cobalah menirukan gerakan itu!
1. Gerakan memintal kapas

Posisi duduk, lutut kanan menekuk ke atas. Tangan kanan melakukan gerakan memutar ke arah depan. Tangan kiri bergerak ke samping kiri. 8 × 1 hitungan.

2. Gerakan menenun 1


Posisi duduk selonjor. Kedua tangan bergerak lembut ke kanan atas dan bawah, lalu ke kiri atas dan bawah. Kepala bergerak mengikuti arah tangan. 8 × 1 hitungan.

3. Gerakan menenun 2


Posisi duduk selonjor. Kedua tangan bergerak kuat  ke arah jari kaki, lalu bergerak lembut ke arah perut. Badan membungkuk saat tangan ke depan dan tegak saat tangan bergerak ke arah perut. 8 × 1 hitungan.

4. Gerakan menjemur. 


Posisi berdiri. Kedua tangan bergerak kuat ke kanan atas, lalu bergerak lembut ke kiri bawah. Lakukan berganti arah. Kepala bergerak mengikuti arah gerakan tangan. 8 × 1 hitungan

Latihan 

Perhatikan tabel di bawah ini!

Tentukan Banyak simetri Lipat pada bangun datar di bawah ini


 


Selamat mengerjakan!

 

Jangan lupa ucapkan terima kasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah hari ini! Mari, kita akhiri kegiatan belajar di rumah hari ini dengan membaca doa sesudah belajar. Terima kasih.. Sampai jumpa besok yaa anak sholih shaliha.

Kesimpulan

Alhamdulillah pembelajaran hari ini berjalan dengan lancar. Semua siswa dapat memahami isi paragraf, menentukan simetri lipat dan memahami gerak tarian. Namun masih terdapat dua anak yang belum bisa menentukan simetri lipat.

 

Wassalamualaikum Wr. Wb

Jumat, 11 April 2025

KELAS 3 TEMA 7 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 6, JUM'AT 11 APRIL 2025

Hari / Tanggal            : Jumat, 11 April 2025

Tema 7                        : Perkembangan Teknologi

Subtema 1                  : Perkembangan Teknologi Produksi Pangan

Pembelajaran             : 6

Tujuan pembelajaran hari ini siswa dapat mengidentifikasi manfaat dari teknologi pangan dengan tepat, siswa dapat menemukan kata yang berkaitan dengan teknologi pangan dengan tepat, siswa dapat menjelaskan volume suatu benda.



AYO BERLATIH

Lengkapi kalimat dibawah ini!

Gunakan kata-kata dalam kotak untuk membantumu.

 


Tempe merupakan salah satu makanan yang diolah melalui________ pangan. Bahan utamanya adalah kacang ________  dan ragi tempe. Ragi tempe berguna dalam _________ perubahan dari kacang kedelai menjadi tempe. Ragi tempe ditaburkan diatas kacang kedelai saat ______ kacang kedelai rebus telah turun menjadi hangat. Setelah satu atau dua hari, kedelai akan berubah menjadi tempe.

__________ tempe akan memberikan manfaat yang baik bagi tubuh.

 


Jangan lupa ucapkan terima kasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah hari ini! Mari, kita akhiri kegiatan belajar di rumah hari ini dengan membaca doa sesudah belajar. Terima kasih.. Sampai jumpa besok yaa anak sholih shaliha.

Kesimpulan 

Alhamdulillah pembelajaran hari ini berjalan dengan lancar semua siswa dapat mengidentifikasi manfaat dari teknologi pangan dengan tepat, siswa dapat menemukan kata yang berkaitan dengan teknologi pangan dengan tepat, siswa dapat menjelaskan volume suatu benda. Namun masih terdapat dua siswa yang belum dapt memahami pembelajaran hari ini

 

Wassalamualaikum Wr. Wb

Kamis, 10 April 2025

KELAS 3 TEMA 7 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 4, KAMIS 10 APRIL 2025

Hari / Tanggal             : Kamis, 10 April 2025

Tema 7                        : Perkembangan Teknologi

Subtema 1                  : Perkembangan Teknologi Produksi Pangan

Pembelajaran             : 4


Tujuan pembelejaran hari ini adalah siswa dapat mengenal ragam budaya Indonesia dengan baik, siswa mampu mengenal berbagai macam makanan berbahan dasar singkong dengan baik.

Pagi ini, udin dan teman-teman bersemangat. Pakaian yang mereka kenakan berbeda dari biasanya. Pakaian mereka berwarna-warni. Semua siswa kelas 3 diminta memakai pakaian daerah. Udin memakai baju dari daerah sunda. Edo memakai baju dari papua. Dayu memakai pakaian adat bali. Demikian pula dengan beni, siti, lani, dan yang lainnya. Mereka juga membawa makanan khas daerah. Udin membawa combro dari sunda. Edo membawa kue sagu dari papua. Dayu menyiapkan sate lilit dari bali. Beni membawa penada dari manado. Siti membawa keripik singkong dari padang. Tak ketinggalan, lani membawa kue keranjang yang merupakan makanan khas tionghoa.

Pada hari itu, semua siswa tampil berbeda. Satu sama lain bertukar cerita tentang daerah di indonesia. Ternyata, setiap pakaian dan makanan daerah, memiliki ciri khas masing-masing. Perbedaan bukanlah hal yang harus diperdebatkan. Walau setiap siswa berasal dari daerah yang berbeda, namun satu sama lain tetap saling menghargai. Tidak ada yang merasa lebih baik ataupun lebih hebat.


AYO MENGAMATI

Amati Gambar dan Informasi Berikut!


Amati gambar di bawah ini!

Lingkari makanan yang di hasilkan oleh teknologi pangan!

Teknologi pangan membuat makanan awet dan tahan lama.



LATIHAN HARI INI

Kerjakan Modul Tematik (Cerdas) Halaman 64-65. 


Wassalamualaikum Wr. Wb

Selasa, 08 April 2025

KELAS 3 TEMA 7 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 1&2, RABU 9 APRIL 2025

  Hari / Tanggal             : Rabu, 9 April 2025

Tema 7                        : Perkembangan Teknologi

Subtema 1                  : Perkembangan Teknologi Produksi Pangan

Pembelajaran             : 1 dan 2

 

 Tujuan pembelajaran hari ini siswa dapat mengenal pola irama sebuah lagu dengan tepat dan percaya diri, dengan menyanyikan lagu “Rotiku” siswa dapat memperagakan variasi pola irama yang berbeda pada sebuah lagu dengan benar dan percaya diri, siswa dapat memahami isi dari teks tersebut dengan tepat, siswa dapat menemukan pokok-pokok informasi dengan tepat, siswa dapat bertukar informasi mengenai isi dari teks tersebut dengan tepat.

 

Sebelum membaca materi hari ini yuk simak video berikut:



Lihatlah tempat tinggalku!

Udaranya sejuk, tanahnya subur.

Dikelilingi sawah dan kebun.

Tempat hewan ternak bermain dan berkumpul.

 

Terampilnya warga tempat tinggalku.

Bekerja sama mengolah hasil alam.

Menggunakan teknologi yang telah maju.

Menghasilkan sumber pangan yang beragam.

 

Mari, kita pelajari macam-macam pengolahan pangan agar menjadi manfaat bagi sesama!

AYO BERNYANYI

Beni, Edo, Siti, dan Dayu berkumpul diteras rumah

Ibu Dayu menyediakan roti. Roti adalah makanan yang terbuat dari tepung.

Dayu dan teman-teman menikmati roti buatan Ibu Dayu. Dayu teringat sebuah lagu tentang roti.

Dayu menyanyikannya di depan teman-teman. Lagu tersebut berjudul “Rotiku”.



 

AYO MEMBACA


Luas Permukaan Suatu Bidang 

Ibu Edo mengukur luas kain untuk menyaring tahu dengan menggunakan satuan tidak baku.



Edo dan teman-teman menghitung banyak tahu yang menutupi seluruh permukaan kain A dan kain B. 


Banyak tahu yang menutupi permukaan kain A ada 8.

Permukaan kain B ditutupi oleh 16 tahu berbentuk persegi.

Berapakah luas dari kain A dan kain B?

Maka, luas kain A adalah 8 satuan persegi dan luas kain B adalah 16 satuan persegi.

 


 



Luas bidang A adalah 7 satuan

Luas bidang B adalah 10 satuan

Luas bidang C adalah 6 satuan

Luas bidang D adalah 7 satuan

 

Luas yang paling kecil adalah bidang C

Luas yang paling besar adalah bidang B

Bidang A dan D pada gambar memiliki luas yang sama.

 

AYO MENGAMATI 


Dayu, siti, dan lani membaca buku tentang pengolahan ikan bandeng. Mereka tertarik untuk melihat cara pengolahan ikan bandeng. Esok harinya, dayu, siti, dan lani mengunjungi tempat pengolahan ikan bandeng. Mereka berkunjung kerumah pak sarip. Pak sarip memiliki kolam ikan bandeng. Pak sarip juga mengolah ikan bandeng agar lebih awet. Pak sarip membuat ikan bandeng presto. Dayu dan teman-teman ingin melihat proses pengolahannya.




Jangan lupa ucapkan terima kasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah hari ini! Mari, kita akhiri kegiatan belajar di rumah hari ini dengan membaca doa sesudah belajar. Terima kasih.. Sampai jumpa besok yaa anak sholih shaliha.

 

Wassalamualaikum Wr. Wb

Senin, 17 Maret 2025

KISI-KISI DAN LATIHAN SOAL PTS GENAP

Hari/ Tanggal              : Selasa--Rabu, 18--19 Maret 2025

Tema                          : 5 dan 6

Subtema                    : 1--4

                                

Tujuan pembelajaran hari ini adalah dengan menggunakan kisi-kisi, siswa dapat menuliskan jawaban soal PTS dengan baik.


Assalamu'alaikum anak saleh dan salehah 

Tidak terasa kita semua sudah menyelesaikan dua tema di semester genap. Oleh karena itu, anak-anak semua akan melaksanakan PTS. Berikut Mr kirimkan tautan untuk anak-anak semua dapat belajar materi tema 5 dan 6 ya:

KISI-KISI DAN SOAL LATIHAN PTS TEMA 5 DAN TEMA 6

Selamat belajar

Semoga hasilnya mendapatkan hasil terbaik

Wassalamu'alaikum wr wb

Rabu, 12 Maret 2025

KELAS 3 TEMA 6 SUBTEMA 4 PEMBELAJARAN 4, RABU 12 MARET 2025

Hari/ Tanggal              : Rabu, 12 Maret 2025

Tema 6                        : Energi dan Perubahannya

Subtema 4                  : Penghematan Energi

Pembelajaran             : 4

 

Tujuan pembelajaran hari ini adalah setelah membaca, siswa dapat menjelaskan informasi  yang berkaitan dengan penghematan energi dengan benar.. Setelah membaca, siswa dapat memberikan contoh kewajiban dan hak dengan benar.

 

AYO MEMBACA


Setiap hari Udin dan Edo berangkat ke sekolah. Keduanya ke sekolah dengan berjalan kaki. Siti dan Dayu ke sekolah juga berjalan kaki. Ada juga teman Udin ke sekolah naik sepeda.  Bersepeda atau berjalan kaki bersama teman merupakan kegiatan yang menyenangkan.  Bersepeda menghemat energi bahan bakar minyak. Karena berjalan dan bersepeda tidak membutuhkan bahan bakar minyak. Menggunakan transportasi umum termasuk menghemat bahan bakar minyak. Penggunaan transportasi umum mengurangi penggunaan kendaraan pribadi. Semakin banyak orang menggunakan transportasi umum, semakin banyak penghematan bahan bakar minyak.

Isilah titik-titik berikut berdasarkan bacaan di atas!


Hak dan kewajiban harus dilakukan secara seimbang. Agar semua dapat berjalan dengan baik.

Perhatikan gambar berikut! Tuliskan hak dan kewajiban agar tidak terjadi hal  seperti pada gambar!


Sebagai latihan sila kerjakan latihan soal di bawah ini di buku tulis ya.


Berikut tadi adalah kegiatan belajar hari ini
Terima kasih
Wassalamualaikum wr wb

Senin, 10 Maret 2025

KELAS 3 TEMA 6 SUBTEMA 4 PEMBELAJARAN 1, SENIN 10 MARET 2025

 Hari/ Tanggal           :  Senin, 10 Maret 2025

Tema 6                        : Energi dan Perubahannya

Subtema 4                  : Penghematan Energi

Pembelajaran             : 1


 

Oke sudah siap belajar. Hari ini kita belajar Tema 6 yaitu tentang Energi dan Perubahannya. Tujuan pembelajaran hari ini setelah membaca, siswa dapat menemukan kata/istilah khusus yang berkaitan dengan konsep penghematan energi  dengan benar.

Dan setelah mengamati gambar, siswa dapat merancang pembuatan karya dengan teknik sambung (menempel dan menjahit) dengan tepat.

 

Sebelum membaca materi hari ini yuk simak video berikut:


 



Rumah Dayu sangat asri dan bersih. Banyak tanaman di halaman rumahnya. Setiap sore hari Dayu dan keluarga menyirami tanaman. Pagi hari Dayu dan keluarga membersihkan rumah. Semua jendela dibuka. Agar sinar matahari dapat masuk ke dalam rumah. Pepohonan di rumah Dayu sangat subur dan rimbun. Pepohonan membuat teduh lingkungan di sekitarnya. Pepohonan membuat udara di  sekitarnya bersih.

 

Jendela dan lubang udara di rumah Dayu banyak. Jendela dan lubang udara berguna untuk keluar masuknya udara. Selain itu, rumah Dayu menjadi terang pada pagi dan siang hari. Sinar matahari dapat masuk ke dalam rumah melalui jendela dan lubang udara. Udara di dalam rumah selalu terjaga kebersihannya. Akhirnya lingkungan menjadi sejuk. Udara yang terjaga kebersihannya membuat lingkungan sehat. Rumah Dayu tidak memerlukan pendingin ruangan. Dengan demikian, Dayu dan keluarga ikut menjaga ketersediaan energi. Dayu dan keluarga menghemat penggunaan energi listrik. Selain itu, biaya listrik menjadi murah.

 

Kalian telah membaca wacana di atas.

Sekarang, jawablah pertanyaan berikut!

 




 

AYO BERKREASI !

Edo dan Beni akan membuat kincir angin. Alat dan bahan yang disiapkan adalah sebagai berikut.

Siapkan :

1.       Kertas lipat warna-warni (kertas origami)

2.       Lem

3.       Sedotan plastik tebal

4.       Gunting

5.       Karton atau kain flanel yang telah digunting berbentuk lingkaran kecil

6.       Paku payung berwarna

7.       Penggaris






LATIHAN 

Ayo silahkan anak-anak berkreasi membuat kincir angin seperti langkah-langkah di atas

Buatlah 3 kincir angin dengan berbeda warna ya dan buatlah sekereatif mungkin


Selamat mengerjakan! 

Kesimpulan

Alhamdulillah oembelajaran hari ini berjalan dengan lancar. Semua siswa dapat mengikuti pembelajaran dan siswa dapat menemukan kata/istilah khusus yang berkaitan dengan konsep penghematan energi  dengan benar. Namun masih ada dua siswa yang belum bisa menemukan kata/istilah khusus yang berkaitan dengan konsep penghematan energi  dengan benar.