Senin, 14 April 2025

KELAS 3 TEMA 7 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 1, SENIN 14 APRIL 2025

Hari / Tanggal             : Senin, 14 April 2025

Tema 7                        : Perkembangan Teknologi

Subtema 2                  : Perkembangan Teknologi Produksi Sandang

Pembelajaran             : 1

 

Hari ini kita belajar tema 7 subtema 2 pembelajaran 1, tujuan pembelajaran kita hari ini siswa dapat memahami isi paragraf, Menentukan simetri lipat dan memahami gerak tarian.


 Sebelum membaca, tontonlah video berikut ya:


Nah sekarang kita akan belajar untuk mengetahui berbagai macam pakaian daerah dan memahami isi teks tentang teknologi sandang.

 

AYO MEMBACA

Bahan Dasar Pakaian


Keluarga Udin memiliki banyak pakaian. Mereka memakai pakaian untuk melindungi tubuh. Ada pakaian untuk melindungi tubuh dari udara dingin atau panas. Ada pakaian untuk melindungi tubuh dari angin dan hujan.

Pakaian keluarga Udin ada yang terbuat dari kapas dan bulu domba. Pakaian berbahan dasar kapas banyak digunakan sebagai pakaian sehari-hari. Pakaian berbahan dasar kapas nyaman dipakai di siang hari. Pakaian berbahan dasar bulu domba dikenakan pada waktu tertentu. Pakaian berbahan dasar bulu domba menghangatkan badan pada saat hari dingin.

Ibu Udin memiliki kain tenun yang terbuat dari serat sutra. Pakaian yang terbuat dari serat sutra termasuk pakaian istimewa. Pakaian yang terbuat dari serat sutra biasa digunakan saat acara khusus.

Berbeda dengan Udin, pakaian orang-orang zaman dahulu terbuat dari kayu dan kulit hewan. Pakaian mereka sangat sederhana. Satu pakaian mereka gunakan untuk berbagai keadaan. 

Hampir semua bahan dasar pakaian terdapat di alam. Bahan dasar pakaian jumlahnya terbatas. Jagalah pakaianmu agar dapat digunakan dalam waktu yang lama. Tuhan menyukai orang-orang yang menjaga apa yang dimiliki.

Dari teks diatas kita dapat menentukan kalimat pertama dari setiap paragraf!


Ayo Mencoba

Ibu Udin memiliki kain kesayangan. Kain ibu Udin terbuat dari serat sutra. Udin mengamati motif pada kain. Udin menemukan beberapa motif bangun datar pada kain. Ia menggambar beberapa motif yang ditemukan.


Kemudian, Udin menggambar salah satu bentuk bangun datar di atas kertas. Udin menggunting kertas mengikuti bentuk bangun datar. Lalu, Udin melipat kertas hingga sama besar dan saling
menutupi. Lakukanlah seperti Udin. Hitunglah banyak cara melipat yang kamu dapatkan!

Bentuk-bentuk yang dapat menutupi semua bagian kertas dengan tepat saat dilipat, disebut bentuk yang memiliki simetri lipat


Cara Menentukan Simetri Lipat
Simetri lipat dapat ditemukan melalui percobaan. Simetri lipat juga dapat ditemukan dengan membuat sumbu simetri. Yaitu, garis yang membagi dua bangun datar dan saling menutupi. Mari kita membuat sumbu simetri bangun persegi panjang!

1.  Sediakan kertas berbentuk persegi panjang.

2.  Lipatlah menjadi dua bagian yang sama.

3.  Lalu, buka lipatan kertas.

4.  Buatlah garis pada bekas lipatan. Apa nama garis yang membagi persegi panjang menjadi dua bagian yang sama?

Amati Bagan dibawah ini!


Ayo Berlatih
Buatlah satu bentuk bangun datar yang kamu inginkan! Berlatihlah mencari banyaknya simetri lipat! Gambarkan hasil temuanmu!



Ayo Mengamati
Udin bercerita tentang kain sutra ibunya. Kain ibu Udin dibuat dengan cara dipintal dan ditenun. Dayu menanggapi cerita Udin. Ia memperagakan gerakan memintal dan menenun.

Amati gerakan Dayu! Cobalah menirukan gerakan itu!
1. Gerakan memintal kapas

Posisi duduk, lutut kanan menekuk ke atas. Tangan kanan melakukan gerakan memutar ke arah depan. Tangan kiri bergerak ke samping kiri. 8 × 1 hitungan.

2. Gerakan menenun 1


Posisi duduk selonjor. Kedua tangan bergerak lembut ke kanan atas dan bawah, lalu ke kiri atas dan bawah. Kepala bergerak mengikuti arah tangan. 8 × 1 hitungan.

3. Gerakan menenun 2


Posisi duduk selonjor. Kedua tangan bergerak kuat  ke arah jari kaki, lalu bergerak lembut ke arah perut. Badan membungkuk saat tangan ke depan dan tegak saat tangan bergerak ke arah perut. 8 × 1 hitungan.

4. Gerakan menjemur. 


Posisi berdiri. Kedua tangan bergerak kuat ke kanan atas, lalu bergerak lembut ke kiri bawah. Lakukan berganti arah. Kepala bergerak mengikuti arah gerakan tangan. 8 × 1 hitungan

Latihan 

Perhatikan tabel di bawah ini!

Tentukan Banyak simetri Lipat pada bangun datar di bawah ini


 


Selamat mengerjakan!

 

Jangan lupa ucapkan terima kasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah hari ini! Mari, kita akhiri kegiatan belajar di rumah hari ini dengan membaca doa sesudah belajar. Terima kasih.. Sampai jumpa besok yaa anak sholih shaliha.

Kesimpulan

Alhamdulillah pembelajaran hari ini berjalan dengan lancar. Semua siswa dapat memahami isi paragraf, menentukan simetri lipat dan memahami gerak tarian. Namun masih terdapat dua anak yang belum bisa menentukan simetri lipat.

 

Wassalamualaikum Wr. Wb

Jumat, 11 April 2025

KELAS 3 TEMA 7 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 6, JUM'AT 11 APRIL 2025

Hari / Tanggal            : Jumat, 11 April 2025

Tema 7                        : Perkembangan Teknologi

Subtema 1                  : Perkembangan Teknologi Produksi Pangan

Pembelajaran             : 6

Tujuan pembelajaran hari ini siswa dapat mengidentifikasi manfaat dari teknologi pangan dengan tepat, siswa dapat menemukan kata yang berkaitan dengan teknologi pangan dengan tepat, siswa dapat menjelaskan volume suatu benda.



AYO BERLATIH

Lengkapi kalimat dibawah ini!

Gunakan kata-kata dalam kotak untuk membantumu.

 


Tempe merupakan salah satu makanan yang diolah melalui________ pangan. Bahan utamanya adalah kacang ________  dan ragi tempe. Ragi tempe berguna dalam _________ perubahan dari kacang kedelai menjadi tempe. Ragi tempe ditaburkan diatas kacang kedelai saat ______ kacang kedelai rebus telah turun menjadi hangat. Setelah satu atau dua hari, kedelai akan berubah menjadi tempe.

__________ tempe akan memberikan manfaat yang baik bagi tubuh.

 


Jangan lupa ucapkan terima kasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah hari ini! Mari, kita akhiri kegiatan belajar di rumah hari ini dengan membaca doa sesudah belajar. Terima kasih.. Sampai jumpa besok yaa anak sholih shaliha.

Kesimpulan 

Alhamdulillah pembelajaran hari ini berjalan dengan lancar semua siswa dapat mengidentifikasi manfaat dari teknologi pangan dengan tepat, siswa dapat menemukan kata yang berkaitan dengan teknologi pangan dengan tepat, siswa dapat menjelaskan volume suatu benda. Namun masih terdapat dua siswa yang belum dapt memahami pembelajaran hari ini

 

Wassalamualaikum Wr. Wb

Kamis, 10 April 2025

KELAS 3 TEMA 7 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 4, KAMIS 10 APRIL 2025

Hari / Tanggal             : Kamis, 10 April 2025

Tema 7                        : Perkembangan Teknologi

Subtema 1                  : Perkembangan Teknologi Produksi Pangan

Pembelajaran             : 4


Tujuan pembelejaran hari ini adalah siswa dapat mengenal ragam budaya Indonesia dengan baik, siswa mampu mengenal berbagai macam makanan berbahan dasar singkong dengan baik.

Pagi ini, udin dan teman-teman bersemangat. Pakaian yang mereka kenakan berbeda dari biasanya. Pakaian mereka berwarna-warni. Semua siswa kelas 3 diminta memakai pakaian daerah. Udin memakai baju dari daerah sunda. Edo memakai baju dari papua. Dayu memakai pakaian adat bali. Demikian pula dengan beni, siti, lani, dan yang lainnya. Mereka juga membawa makanan khas daerah. Udin membawa combro dari sunda. Edo membawa kue sagu dari papua. Dayu menyiapkan sate lilit dari bali. Beni membawa penada dari manado. Siti membawa keripik singkong dari padang. Tak ketinggalan, lani membawa kue keranjang yang merupakan makanan khas tionghoa.

Pada hari itu, semua siswa tampil berbeda. Satu sama lain bertukar cerita tentang daerah di indonesia. Ternyata, setiap pakaian dan makanan daerah, memiliki ciri khas masing-masing. Perbedaan bukanlah hal yang harus diperdebatkan. Walau setiap siswa berasal dari daerah yang berbeda, namun satu sama lain tetap saling menghargai. Tidak ada yang merasa lebih baik ataupun lebih hebat.


AYO MENGAMATI

Amati Gambar dan Informasi Berikut!


Amati gambar di bawah ini!

Lingkari makanan yang di hasilkan oleh teknologi pangan!

Teknologi pangan membuat makanan awet dan tahan lama.



LATIHAN HARI INI

Kerjakan Modul Tematik (Cerdas) Halaman 64-65. 


Wassalamualaikum Wr. Wb

Selasa, 08 April 2025

KELAS 3 TEMA 7 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 1&2, RABU 9 APRIL 2025

  Hari / Tanggal             : Rabu, 9 April 2025

Tema 7                        : Perkembangan Teknologi

Subtema 1                  : Perkembangan Teknologi Produksi Pangan

Pembelajaran             : 1 dan 2

 

 Tujuan pembelajaran hari ini siswa dapat mengenal pola irama sebuah lagu dengan tepat dan percaya diri, dengan menyanyikan lagu “Rotiku” siswa dapat memperagakan variasi pola irama yang berbeda pada sebuah lagu dengan benar dan percaya diri, siswa dapat memahami isi dari teks tersebut dengan tepat, siswa dapat menemukan pokok-pokok informasi dengan tepat, siswa dapat bertukar informasi mengenai isi dari teks tersebut dengan tepat.

 

Sebelum membaca materi hari ini yuk simak video berikut:



Lihatlah tempat tinggalku!

Udaranya sejuk, tanahnya subur.

Dikelilingi sawah dan kebun.

Tempat hewan ternak bermain dan berkumpul.

 

Terampilnya warga tempat tinggalku.

Bekerja sama mengolah hasil alam.

Menggunakan teknologi yang telah maju.

Menghasilkan sumber pangan yang beragam.

 

Mari, kita pelajari macam-macam pengolahan pangan agar menjadi manfaat bagi sesama!

AYO BERNYANYI

Beni, Edo, Siti, dan Dayu berkumpul diteras rumah

Ibu Dayu menyediakan roti. Roti adalah makanan yang terbuat dari tepung.

Dayu dan teman-teman menikmati roti buatan Ibu Dayu. Dayu teringat sebuah lagu tentang roti.

Dayu menyanyikannya di depan teman-teman. Lagu tersebut berjudul “Rotiku”.



 

AYO MEMBACA


Luas Permukaan Suatu Bidang 

Ibu Edo mengukur luas kain untuk menyaring tahu dengan menggunakan satuan tidak baku.



Edo dan teman-teman menghitung banyak tahu yang menutupi seluruh permukaan kain A dan kain B. 


Banyak tahu yang menutupi permukaan kain A ada 8.

Permukaan kain B ditutupi oleh 16 tahu berbentuk persegi.

Berapakah luas dari kain A dan kain B?

Maka, luas kain A adalah 8 satuan persegi dan luas kain B adalah 16 satuan persegi.

 


 



Luas bidang A adalah 7 satuan

Luas bidang B adalah 10 satuan

Luas bidang C adalah 6 satuan

Luas bidang D adalah 7 satuan

 

Luas yang paling kecil adalah bidang C

Luas yang paling besar adalah bidang B

Bidang A dan D pada gambar memiliki luas yang sama.

 

AYO MENGAMATI 


Dayu, siti, dan lani membaca buku tentang pengolahan ikan bandeng. Mereka tertarik untuk melihat cara pengolahan ikan bandeng. Esok harinya, dayu, siti, dan lani mengunjungi tempat pengolahan ikan bandeng. Mereka berkunjung kerumah pak sarip. Pak sarip memiliki kolam ikan bandeng. Pak sarip juga mengolah ikan bandeng agar lebih awet. Pak sarip membuat ikan bandeng presto. Dayu dan teman-teman ingin melihat proses pengolahannya.




Jangan lupa ucapkan terima kasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah hari ini! Mari, kita akhiri kegiatan belajar di rumah hari ini dengan membaca doa sesudah belajar. Terima kasih.. Sampai jumpa besok yaa anak sholih shaliha.

 

Wassalamualaikum Wr. Wb

Senin, 17 Maret 2025

KISI-KISI DAN LATIHAN SOAL PTS GENAP

Hari/ Tanggal              : Selasa--Rabu, 18--19 Maret 2025

Tema                          : 5 dan 6

Subtema                    : 1--4

                                

Tujuan pembelajaran hari ini adalah dengan menggunakan kisi-kisi, siswa dapat menuliskan jawaban soal PTS dengan baik.


Assalamu'alaikum anak saleh dan salehah 

Tidak terasa kita semua sudah menyelesaikan dua tema di semester genap. Oleh karena itu, anak-anak semua akan melaksanakan PTS. Berikut Mr kirimkan tautan untuk anak-anak semua dapat belajar materi tema 5 dan 6 ya:

KISI-KISI DAN SOAL LATIHAN PTS TEMA 5 DAN TEMA 6

Selamat belajar

Semoga hasilnya mendapatkan hasil terbaik

Wassalamu'alaikum wr wb

Rabu, 12 Maret 2025

KELAS 3 TEMA 6 SUBTEMA 4 PEMBELAJARAN 4, RABU 12 MARET 2025

Hari/ Tanggal              : Rabu, 12 Maret 2025

Tema 6                        : Energi dan Perubahannya

Subtema 4                  : Penghematan Energi

Pembelajaran             : 4

 

Tujuan pembelajaran hari ini adalah setelah membaca, siswa dapat menjelaskan informasi  yang berkaitan dengan penghematan energi dengan benar.. Setelah membaca, siswa dapat memberikan contoh kewajiban dan hak dengan benar.

 

AYO MEMBACA


Setiap hari Udin dan Edo berangkat ke sekolah. Keduanya ke sekolah dengan berjalan kaki. Siti dan Dayu ke sekolah juga berjalan kaki. Ada juga teman Udin ke sekolah naik sepeda.  Bersepeda atau berjalan kaki bersama teman merupakan kegiatan yang menyenangkan.  Bersepeda menghemat energi bahan bakar minyak. Karena berjalan dan bersepeda tidak membutuhkan bahan bakar minyak. Menggunakan transportasi umum termasuk menghemat bahan bakar minyak. Penggunaan transportasi umum mengurangi penggunaan kendaraan pribadi. Semakin banyak orang menggunakan transportasi umum, semakin banyak penghematan bahan bakar minyak.

Isilah titik-titik berikut berdasarkan bacaan di atas!


Hak dan kewajiban harus dilakukan secara seimbang. Agar semua dapat berjalan dengan baik.

Perhatikan gambar berikut! Tuliskan hak dan kewajiban agar tidak terjadi hal  seperti pada gambar!


Sebagai latihan sila kerjakan latihan soal di bawah ini di buku tulis ya.


Berikut tadi adalah kegiatan belajar hari ini
Terima kasih
Wassalamualaikum wr wb

Senin, 10 Maret 2025

KELAS 3 TEMA 6 SUBTEMA 4 PEMBELAJARAN 1, SENIN 10 MARET 2025

 Hari/ Tanggal           :  Senin, 10 Maret 2025

Tema 6                        : Energi dan Perubahannya

Subtema 4                  : Penghematan Energi

Pembelajaran             : 1


 

Oke sudah siap belajar. Hari ini kita belajar Tema 6 yaitu tentang Energi dan Perubahannya. Tujuan pembelajaran hari ini setelah membaca, siswa dapat menemukan kata/istilah khusus yang berkaitan dengan konsep penghematan energi  dengan benar.

Dan setelah mengamati gambar, siswa dapat merancang pembuatan karya dengan teknik sambung (menempel dan menjahit) dengan tepat.

 

Sebelum membaca materi hari ini yuk simak video berikut:


 



Rumah Dayu sangat asri dan bersih. Banyak tanaman di halaman rumahnya. Setiap sore hari Dayu dan keluarga menyirami tanaman. Pagi hari Dayu dan keluarga membersihkan rumah. Semua jendela dibuka. Agar sinar matahari dapat masuk ke dalam rumah. Pepohonan di rumah Dayu sangat subur dan rimbun. Pepohonan membuat teduh lingkungan di sekitarnya. Pepohonan membuat udara di  sekitarnya bersih.

 

Jendela dan lubang udara di rumah Dayu banyak. Jendela dan lubang udara berguna untuk keluar masuknya udara. Selain itu, rumah Dayu menjadi terang pada pagi dan siang hari. Sinar matahari dapat masuk ke dalam rumah melalui jendela dan lubang udara. Udara di dalam rumah selalu terjaga kebersihannya. Akhirnya lingkungan menjadi sejuk. Udara yang terjaga kebersihannya membuat lingkungan sehat. Rumah Dayu tidak memerlukan pendingin ruangan. Dengan demikian, Dayu dan keluarga ikut menjaga ketersediaan energi. Dayu dan keluarga menghemat penggunaan energi listrik. Selain itu, biaya listrik menjadi murah.

 

Kalian telah membaca wacana di atas.

Sekarang, jawablah pertanyaan berikut!

 




 

AYO BERKREASI !

Edo dan Beni akan membuat kincir angin. Alat dan bahan yang disiapkan adalah sebagai berikut.

Siapkan :

1.       Kertas lipat warna-warni (kertas origami)

2.       Lem

3.       Sedotan plastik tebal

4.       Gunting

5.       Karton atau kain flanel yang telah digunting berbentuk lingkaran kecil

6.       Paku payung berwarna

7.       Penggaris






LATIHAN 

Ayo silahkan anak-anak berkreasi membuat kincir angin seperti langkah-langkah di atas

Buatlah 3 kincir angin dengan berbeda warna ya dan buatlah sekereatif mungkin


Selamat mengerjakan! 

Kesimpulan

Alhamdulillah oembelajaran hari ini berjalan dengan lancar. Semua siswa dapat mengikuti pembelajaran dan siswa dapat menemukan kata/istilah khusus yang berkaitan dengan konsep penghematan energi  dengan benar. Namun masih ada dua siswa yang belum bisa menemukan kata/istilah khusus yang berkaitan dengan konsep penghematan energi  dengan benar.

Minggu, 09 Maret 2025

KELAS 3 TEMA 6 SUBTEMA 4 PEMBELAJARAN 2&3, SELASA 11 MARET 2025

Hari/ Tanggal            : Selasa 11 Maret 2025

Tema 6                        : Energi dan Perubahannya

Subtema 4                  : Penghematan Energi

Pembelajaran             : 2 dan 3


Tujuan pembelajaran hari ini: setelah mengamati gambar, siswa dapat memberikan contoh kewajiban terkait penghematan energi dengan benar. Setelah mengamati contoh, siswa dapat menyebutkan cara menentukan luas dalam satuan tidak baku dengan menggunakan benda konkret.

 

Hemat adalah sikap yang sesuai dengan pengamalan sila ke-5 Pancasila. Contoh butir pengamalannya adalah tidak menggunakan hak milik untuk hal-hal yang bersifat pemborosan.

 Perhatikan gambar berikut!

Apa pendapatmu tentang perilaku anak pada gambar tersebut? Perilaku anak pada gambar tidak sesuai dengan sila ke-5 Pancasila. Tuhan juga memerintahkan manusia agar tidak melakukan pemborosan. Seseorang yang melakukan pemborosan berarti tidak peduli dengan orang lain. Selain itu, juga tidak peduli dengan alam yang kita tempati.  Padahal, alam ini merupakan tempat tinggal semua makhluk hidup.

Dari gambar di atas, ayo kita tuliskan 5 kegiatan yang termasuk pemborosan energi.



Udin dan teman-teman telah selesai membuat kipas dari bahan karton.

Untuk menghitung Luas dan Keliling Persegi atau persegi panjang, lihatlah contoh berikut:

 

1.    1. Menghitung Luas Persegi dan Persegi Panjang

      Untuk menghitung luas persegi dan persegi panjang anak-anak bisa mengalikan kedua sisi (untuk persegi) maupun panjang dengan lebarnya (untuk persegi panjang).

Cara menghitung luas persegi yaitu adalah kita hitung dulu panjang dan lebarnya.

Selain dari cara di atas, anak-anak shaleh dan shalehah dapat menghitung luas dengan cara menjumlah seluruh kotak yang ada ya.

2. Menghitung Keliling persegi/persegi panjang


Maka untuk keliling persegi panjang di atas dapat kita hitung:

p = panjang

l = lebar

 

Keliling persegi panjang:

= p + l + p + l

= 6 + 4 + 6 + 4

= 10 + 10 = 20 SATUAN




Maka untuk keliling persegi di atas dapat kita hitung:

s = sisi

Keliling persegi

= s + s + s + s

= 7 + 7 + 7 +7

= 28 satuan


LATIHAN

Kerjakanlah latihan berikut di buku latihan tematik ya:

 1.    Hitunglah luas dan keliling satuan dari persegi panjang berikut


2. Hitunglah luas dan keliling satuan dari persegi berikut

 Semangat! Selamat mengerjakan!

Kesimpulan

Alhamdulillah anak-anak semua sudah dapat menghitung kuas menggunakan satuan tidak baku. Namun masih ada 2 siswa yang masih harus teliti menghitung luasnya ya

Tetap semangat