Rabu, 03 April 2024

KELAS 1 MATERI PENDIDIKAN PANCASILA, RABU 03 APRIL 2024

Hari/Tanggal: Rabu/03 April 2024

Satuan Pendidikan : SD Al Azhar 1Bandar Lampung                        

Fase/Kelas                     :  A/1                 

BAB/Tema                    :  4/Aku Cinta Lingkungan Sekitar   

Materi Pembelajaran     : Lingkungan Sekitar




Assalamu'alaikum wr.wb

Selamat Pagi anak shalih dan shalihah...

Bagaimana kabarnya hari ini anak sholih dan sholihah?                                                           

Semoga semua sehat selalu, dalam lindungan Allah subhanahu wata'ala ya sayang..               

Ayo anak ibu guru, sudah siap semua untuk belajar hari ini? 

Materi Pendidikan Pancasila Hari ini yaitu adalah tentang lingkungan sekitar. 

 

A. Capaian Pembelajaran (CP)

Pada akhir Fase A, Peserta didik dapat mengenal karakteristik dan ciri-ciri fisik lingkungan rumah dan sekolah, sebagai bagian tidak terpisahkan dari wilayah NKRI. Ia dapat menyebutkan contoh perilaku dan sikap yang menjaga lingkungan sekitar serta mempraktikannya di rumah dan di sekolah

 

B. Alur Tujuan Pembelajaran ( ATP)

1. Melalui menggambar denah bagian luar bangunan rumah, peserta didik dapat menyebutkan dan menggambarkan batas-batas wilayah bagian utara, selatan, timur dan barat dari rumahnya (P/ CK/BK).

2. Melalui mengamati dan menjaga kebersihan bagian luar  bangunan rumah, peserta didik dapat menunjukkan sikap bertanggung jawab terhadap batas-batas wilayah bagian utara, selatan, timur dan barat. (K/CD/SS). 

3. Melalui mengamati lingkungan sekitar rumah, peserta didik dapat menunjukkan sikap bersahabat dengan tetangga dan dapat menyebutkan rumah tetangga terdekat bagian utara, selatan,timur dan barat (P/CK/ EK).

 

C. Tujuan Pembelajaran (TP)

1. Melalui kegiatan mengidentifikasi denah lingkungan tempat tinggal, peserta didik dapat menunjukkan sikap bersyukur terhadap anugera Tuhan YME.

2. Melalui menganalisa video denah rumah, peserta didik dapat menyebutkan dan  menuliskan bagian-bagian dari ruangan rumahnya serta cara membersihkan rumahnya.

3. Melalui menganalisa denah rumah, peserta didik dapat mengembangkan sikap mandiri.

4. Melalui menyimak cerita tentang kondisi rumah yang bersih, peserta didik dapat menunjukkan sikap bertanggung jawab terhadap ruangan-ruangan rumahnya dengan menjaga dan menciptakan kebersihan dan kerapian dan ketertibannya. 


Sebelum memulai pembelajaran hari ini, mari kita berdoa terlebih dahulu.

Membaca doa sebelum belajar:

“Radhitu billahi Rabbaa, wa bil Islami diina, wa bi Muhammadin nabiyyaa wa rasula robbi zidnii 'ilman warzuqni fahma.”

Lingkungan Sekitar

Tata Cara dalam Bertetangga


Rumah yang berada dekat dengan rumah kita disebut tetangga.

Dalam kehidupan sehari-hari kita berhubungan dengan tetangga.

Setiap masing-masing rumah memiliki batas.

Batas itu bisa beruapa tembok, pagar, tanaman, jalan dan sebagainya.

Tata cara bertetangga yang baik yaitu dengan cara saling menghormati.

Untuk bertetangga yang baik, ada tata caranya yaitu:

1. Saling mengucap salam saat bertamu.

2. Mengucap permisi saat berkunjung.

3. Menjenguk bila ada yang sakit.

4. Membantu bia ada yang mengalami kesulitan.


Kita akan belajar tentang Arah Mata Angin, apakah disini ada yang tau, arah mata angin rumah kalian kemana? Kita bisa menggunakan alat untuk mengetahui arah mata angin rumah kita. Alat untuk melihat arah rumah kita yaitu kompas, dengan menggunakan kompas kita jadi tahu letak rumah kita menghadap kemana. Berikut contoh gambar kompas:


 Sekarang kita akan belajar tentang denah, apakah kalian tau denah? Berikut contoh denah


PENUTUP

Baik anak-anak sekian materi yang ibu guru sampaikan, semoga setelah kalian membaca materi pada hari ini kalian akan lebih mengerti tentang lingkungan sekitar kalian dan menghormati teman kalian satu sama lain yaa.

 

Mohon untuk selalu di ingat dan dijalankan yaa anak sholeh dan sholehah.

Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.       

Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini? Apa yang telah kalian pelajari hari ini?

Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia.

Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.

Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa. 

Ibu guru akhiri, Wassalamu'alaikum Wr. Wb

Selasa, 02 April 2024

KELAS 1 MATERI MATEMATIKA, SELASA 02 APRIL 2024

Hari/Tanggal : Selasa, 02 April 2024                                                                                       

Satuan Pendidikan : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung                                                             

Fase/Kelas : A/1                                                                                                                            

BAB/Tema : 5/ Ayo Membilang Sampai dengan 20                                                                        

Materi Pembelajaran : Menghitung, membaca dan menulis bilangan  


CP :

Pada akhir fase A, peserta didik menunjukkan pemahaman dan memiliki intuisi bilangan(numbersense) pada bilangan cacah sampai 100, mereka dapat membaca,menulis,menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, serta melakukan komposisi (menyusun) dan dekomposisi (mengurai) bilangan.


Tujuan Pembelajaran :

1.  Peserta didik dapat menunjukkan konsep penjumlahan dan pengurangan sampai dengan 20 dengan benda konkret, gambar, cerita, atau cerita manipulatif lainya.

2. Peserta didik dapat menggunakan berbagai strategi penjumlahan dan pengurangan ( menghitung mahu, pasangan bilangan, penjumlahan ganda, dan penjumlahan yang hasilanya 20)

3. Peserta didik dapat menyelesaikan masalah terkait dengan penjumlahan dan pengurangan dengan satu langkah penyelesaian.


 ATP : 

1. Melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan menggunakan benda-benda konkret yang banyaknya sampai 20.

2. Membuat kalimat matematika penjumlahan dan pengurangan menggunakan gambar atau benda konkret.


Assalamualaikum anak sholih/ah.. 

Bagaimana kabarnya hari ini anak sholeh dan sholehah? Semoga semua sehat selalu, dalam lindungan Allah subhanahu wata'ala ya sayang..

Ayo anak ibu guru, sudah siap semua untuk belajar hari ini? Hari ini kita akan belajar  mata pelajaran matematika tentang ‘Penjumlahan Bilangan Dua Angka’.

Ada 2 Cara melakukan penjumlahan dua bilangan, yautu cara bersusun panjang dan cara bersusun pendek.
Contoh nya:
43+ 25 = …..
Berikut cara penyelesaian nya yang
1. Cara bersusun Panjang

Pada penjumlahan bersusun panjang, pisahkan puluhan dan satuan, lalu lakukan penjumlahan pada setiap nilai tempat.

2. Cara Bersusun Pendek

Satuan ditambah satuan, 3+5 = 8
Puluhan ditambah puluhan, 2+3 = 5
Jadi, 23+34 = 57


PENUTUP 

Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.                    

Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini? Apa yang telah kalian pelajari hari ini? 

Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia.

Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.

Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa. Yuk sebelum berdoa kita tepuk jari terlebih dahulu!Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang baik di rumah bersama keluarga kalian ya…

Ibu guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

Rabu, 27 Maret 2024

KELAS 1 KISI STS MATEMATIKA DAN B. LAMPUNG, KAMIS 28 MARET 2024

KISI-KISI STS MATEMATIKA dan BAHASA LAMPUNG

Hari/Tanggal : Kamis/ 28 Maret 2024

Bismillah...

Assalamu'alaikum Wr.Wb.

Selamat malam anak Sholih/ah, bagaimana kabarnya?

In syaa Allah semangat ya Nak...

Besok, kalian akan melaksanakan STS Matematika dan Bahasa Lampung ya…

Silahkan kalian mempelajari materi ini di rumah ya nak. Semangat belajar anak baik ibu guru. 

Berikut kisi-kisi soal:

A. Matematika

1. Dapat menyebutkan bilangan dan cara membacanya

2. Memahami nilai tempat (puluhan dan satuan)

3. Dapat menguraikan bilangan (puluhan dan satuan).

4. Memahami dan dapat mengurutkan urutan bilangan dari yang terkecil sampai terbesar dan dari terbesar ke terkecil.

5. Menghitung penjumlahan dengan cara susun pendek dan panjang

B. Bahasa Lampung

Dipelajari dan di ingat yaa kisi-kisi dibawah ini🤗

1. Dapat Mengetahui letak dan dapat  menuliskan dan induk huruf aksara lampung dan anak huruf ( i, u, dan o)

2. Mengetahui Anggota tubuh dalam bahasa lampung dan artinya (kaki, tangan, kepala).

3. Mengetahui bilangan 1-10 dalam bahasa lampung dan artinya.

4.  -Haga artinya : Mau

    -Kemaman artinya : Paman

    - Sanak sai malas artinya : Anak yang malas

     - Buwok halom artinya : Rambut hitam

     - Sanak-sanak artinya : Anak-anak

     - Manuk artinya : Burung

     - Mengan artinya : Makan

     - lapah sekula : Pergi sekolah

     - Lunik artinya : Kecil

     - Handak artinya : Putih

     - Pasagh artinya : Pasar 

     - Lamban Balak artinya : Rumah besar

     - Liman artinya : Gajah

      - Datuk artinya : Kakek

      - Kawai handak artinya : Baju Putih 

      - Miwang artinya : Menangis

       - Mulang artinya : Pulang

       - Haga mengan artinya : mau makan

       - cakak mubil artinya : naik mobil


Sekian kisi-kisi dari ibu guru, kalian bisa belajar dengan berpatokan buku LKS, Buku Cetak dan Buku catatan kalian yaa anak-anak sholeh dan sholehah🥰🥰

Semangat dalam menjalankan STS nyaa, semoga Allah memberikan kemudahan untuk kalian yaaa….💕 aamiin

Wassalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh

Selasa, 26 Maret 2024

KELAS 1 KISI STS PEND PANCASILA, RABU 27 MARET 2024

Hari/Tanggal : Rabu/ 26 Maret 2024

Bismillah...

Assalamu'alaikum Wr.Wb.

Selamat malam anak Sholih/ah, bagaimana kabarnya?

In syaa Allah semangat ya Nak...

Besok, kalian akan melaksanakan STS Pendidikan Pancasila ya sayang..

Silahkan kalian mempelajari materi ini di rumah ya nak. Semangat belajar anak baik ibu guru. 

Berikut kisi-kisi soal:

A. Pendidikan Pancasila

1. Dapat menyebutkan perbedaan fisik antara laki-laki dan perempuan (jenis kelamin, jenis warna tubuh, jenis rambut, jenis tinggi badan)

2. Dapat menyebutkan dan memahami bagian-bagian rumah (Dinding, jendela, atap, lantai, pintu) serta fungsi nya

3. Mengetahui Ruangan-ruangan yang ada didalam rumah dan fungsi nya.

4. Dapat menyebutkan alat-alat kebersihan (pel, sapu, kemoceng) serta fungsi nya.

5. Mengetahui tugas menjaga kebersihan rumah itu adalah tanggung jawab semua keluarga.

6.  Mengetahui gambar kompas (fungsi kompas adalah sebagai petunjuk arah dan jarum yang ada didalam kompas  selalu menunjuk ke arah utara)

7. Mengetahui arah terbit dan tenggelam nya matahari.

8.  Dapat menyebutkan dan bentuk(gambar) 8 arah mata angin (timur, tenggara, selatan, barat daya, barat, barat laut, utara, timur laut).

9. Mengetahui arah-arah denah rumah menggunakan arah mata angin.

10. Menyebutkan manfaat kerjasama (meringankan pekerjaan).

11. Mengetahui Batas rumah (dinding, pagar, jalan).

12. Mengetahui Sikap terhadap tetangga (baik, sopan, ramah).

Sekian kisi-kisi dari ibu guru, kalian bisa belajar dengan berpatokan buku LKS, Buku Cetak dan Buku catatan kalian yaa anak-anak sholeh dan sholehah🥰🥰

Semangat dalam menjalankan STS nyaa, semoga Allah memberikan kemudahan untuk kalian yaaa….💕 aamiin

Wassalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh

Senin, 25 Maret 2024

KELAS 1 KISI2 STS, SELASA 26 MARET 2024

KISI-KISI STS BAHASA INDONESIA DAN SENI MUSIK

Hari/Tanggal : Selasa/ 26 Maret 2024

Bismillah...

Assalamu'alaikum Wr.Wb.

Selamat malam anak Sholih/ah, bagaimana kabarnya?

In syaa Allah semangat ya Nak...

Besok, kalian akan melaksanakan STS Bahasa Indonesia dan Seni musik ya sayang..

Silahkan kalian mempelajari materi ini di rumah ya nak. Semangat belajar anak baik ibu guru. 

Berikut kisi-kisi soal:

A. Bahasa Indonesia

1. Dapat menyebutkan kata yang berawalan dari suku kata ‘Ma,Mi,Mu,Me,Mo’

2. Dapat menyebutkan kata yang berawalan dari suku kata  ‘Ga, Gi, Gu, Ge, Go’

3. Dapat mengetahui fungsi tanda titik(.)dan tempat tanda titik (diakhir kalimat).

4. Dapat menyebutkan 4 Kata Ajaib (Maaf, tolong, terimakasih dan permisi)

5. Dapat membuat kalimat dari 4 kata ajaib (Maaf, tolong, terimakasih dan permisi)

Kisi-kisi soal:

B. Seni Musik

1. Dapat menyebutkan contoh-contoh alat musik dan cara memaikan nya (contoh: Gitar dengan cara dipetik, Pianika dengan cara di tiup)

2. Dapat mengetahui bunyi-bunyi yang berasal hewan dan benda

3. Dapat menyebutkan musik yang berasal dari alam dan buatan

4. Mengetahui Tangga nada ‘Do, re, mi, fa,sol, la, si) dan urutan angka tangga nada tersebut

5. Dapat menyebutkan contoh lagu nasional

6. Dapat mengetahui alat musik ritmis dan melodis


Sekian kisi-kisi dari ibu guru, kalian bisa belajar dengan berpatokan buku LKS, Buku Cetak dan Buku catatan kalian yaa anak-anak sholeh dan sholehah🥰🥰

Semangat dalam menjalankan STS nyaa, semoga Allah memberikan kemudahan untuk kalian yaaa….💕 aamiin

Wassalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh

KELAS 1 MATERI MENULIS, SENIN 25 MARET 2024

Hari / Tanggal : Senin/ 25 Maret 2024

Mata Pelajaran : Menulis

Kelas : 1 (SD Al - Azhar 1 Bandar Lampung)


Assalamualaikum wr.wb

Bagaimana kabar anak sholeh dan sholehah ?

Alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT aamiin.

Pada pertemuan kali ini, kita akan memberikan kisi-kisi untuk Sumatif Tengah Semester. Sholeh-Sholehah bisa mempelajari dari kisi-kisi ini ya :). Kisi-kisi nya yaitu cara menulis tegak sambung atau halus kasar dengan baik dan benar Berikut kisi-kisi nya:

Silahkan anak2 belajar menulis halus kasar yang rapih dan benar dirumah ya sayangg. Tetap semangat belajarnya semoga mendapatkan hasil yang memuaskan. Selamat menunaikan ibadah puasa anak sholeh sholehah🥰🥰🥰

Ibu guru akhiri, Wassalamualaikum wr wb😇🙏🏻

Kamis, 21 Maret 2024

KELAS 1 MATERI P5, KAMIS 21 MARET 2024

HARI/TANGGAL    : KAMIS, 21 Maret 2024 

KELAS                : I (SATU)

SEMESTER          : II (DUA) 

MATERI              : P5 (RONCEKU KREATIVIRASKU)



Assalaamualaikum Wr Wb 

Selamat pagi anak sholeh sholehah Ibu guru, apa kabarnya? semoga semua dalam keadaan sehat wal afiat. 
Hari ini kita kembali memulai pembelajaran di awal semester genap tahun pelajaran 2023/2024. 
Sebelum memulai pembelajaran silahkan persipakan dirimu dahulu dengan membaca doa. 


Hari ini kita akan melaksanakan pembelajaran P5 dengan Tema Kewirausahaan, Topik Ronceku Kreativitasku. Berikut uraian pembelajaran secara lengkap. 

Tema : Kewirausahaan 
Topik : Ronceku Kreativitasku 
Tujuan : Dengan mengangkat tema “kewirausahaan” dan mengacu kepada Profil Pelajar Pancasila, projek penguatan profil pelajar Pancasila ini ditujukan untuk melatih peserta didik melakukan aktivitas yang bermanfaat bagi perkembangan motoriknya dengan cara meronce memanfaatkan alat dan bahan di sekitarnya dan menghasilkan karya yang memiliki nilai jual.

Target Pencapaian Projek Profil: Melalui pengalaman pengelolaan projek profil ini, selain memahami tema “Kewirausahaan” dan mengadopsinya sebagai gaya hidup sehari-hari, peserta didik diharapkan telah mengembangkan tiga dimensi Profil Pelajar Pancasila yaitu kreatif, mandiri, dan bernalar kritis.

Hari ini kita akan melanjutkan pembelajaran P5 yaitu Aksi ke 2 meronce menggunakan bahan buatan manusia salah satu contohnya yaitu manik manik

🌈 Meronce dari bahan buatan. Bahan buatan yang dapat digunakan bisa berasal dari produk hasil buatan manusia seperti monte, manik-manik, pita sintesis, kertas berwarna, sedotan, rantai plastik, dan masih banyak lagi.

Hari ini kita akan melakukan kegiatan aksi membuat suatu karya meronce yaitu cincin, gelang, kalung dan gantungan. Oleh karena itu peserta diharapkan dapan menyiapkan bahan2 di bawah ini:

Meronce menggunakan alat2 sebagai berikut: 

1. Manik2
2. Benang
3. Gunting 




Berikutnya tahapan dalam meronce.
1. Meronce berdasarkan warna 
2. Meronce berdasarkan bentuk 
3. Meronce berdasarkan warna dan bentuk
4. Meronce berdasarkan warna, bentuk, dan ukuran

Demikian pembelajaran hari ini, semoga selalu dilimpahi ilmu yang bermanfaat. Jangan lupa untuk selalu berdoa dan sholat lima waktu. Sampai jumpa pada pembelajaran selanjutnya. 

Terimakasih 
Wassalaamualaikum Wr Wb