Rabu, 28 Februari 2024

KELAS 1 MATERI PENDIDIKAN PANCASILA, RABU 28 FEBRUARI 2024

Hari/Tanggal: Rabu, 28 Februari 2024                Satuan Pendidikan : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung                        

Fase/Kelas                     :  A/1                

BAB/Tema                    :  4/Aku Cinta Lingkungan Sekitar  Materi Pembelajaran     : Lingkungan Sekitar

 



 Assalamu'alaikum wr.wb

Tabik Pun..

Selamat Pagi anak shalih dan shalihah...

Bagaimana kabarnya hari ini anak sholih dan sholihah?                                                           

Semoga semua sehat selalu, dalam lindungan Allah subhanahu wata'ala ya sayang..               

Ayo anak ibu guru, sudah siap semua untuk belajar hari ini? 

Materi Pendidikan Pancasila Hari ini yaitu adalah tentang lingkungan sekitar. 

 

A. Capaian Pembelajaran (CP)

Pada akhir Fase A, Peserta didik dapat mengenal karakteristik dan ciri-ciri fisik lingkungan rumah dan sekolah, sebagai bagian tidak terpisahkan dari wilayah NKRI. Ia dapat menyebutkan contoh perilaku dan sikap yang menjaga lingkungan sekitar serta mempraktikannya di rumah dan di sekolah

 

B. Alur Tujuan Pembelajaran ( ATP)

1. Melalui menggambar denah bagian luar bangunan rumah, peserta didik dapat menyebutkan dan menggambarkan batas-batas wilayah bagian utara, selatan, timur dan barat dari rumahnya (P/ CK/BK).

2. Melalui mengamati dan menjaga kebersihan bagian luar  bangunan rumah, peserta didik dapat menunjukkan sikap bertanggung jawab terhadap batas-batas wilayah bagian utara, selatan, timur dan barat. (K/CD/SS). 

3. Melalui mengamati lingkungan sekitar rumah, peserta didik dapat menunjukkan sikap bersahabat dengan tetangga dan dapat menyebutkan rumah tetangga terdekat bagian utara, selatan,timur dan barat (P/CK/ EK).

 

C. Tujuan Pembelajaran (TP)

1. Melalui kegiatan mengidentifikasi denah lingkungan tempat tinggal, peserta didik dapat menunjukkan sikap bersyukur terhadap anugera Tuhan YME.

2. Melalui menganalisa video denah rumah, peserta didik dapat menyebutkan dan  menuliskan bagian-bagian dari ruangan rumahnya serta cara membersihkan rumahnya.

3. Melalui menganalisa denah rumah, peserta didik dapat mengembangkan sikap mandiri.

4. Melalui menyimak cerita tentang kondisi rumah yang bersih, peserta didik dapat menunjukkan sikap bertanggung jawab terhadap ruangan-ruangan rumahnya dengan menjaga dan menciptakan kebersihan dan kerapian dan ketertibannya..

 

Sebelum memulai pembelajaran hari ini, mari kita berdoa terlebih dahulu.

Membaca doa sebelum belajar:

“Radhitu billahi Rabbaa, wa bil Islami diina, wa bi Muhammadin nabiyyaa wa rasula robbi zidnii 'ilman warzuqni fahma.”

Lingkungan Sekitar

Tata Cara dalam Bertetangga


Rumah yang berada dekat dengan rumah kita disebut tetangga.

Dalam kehidupan sehari-hari kita berhubungan dengan tetangga.

Setiap masing-masing rumah memiliki batas.

Batas itu bisa beruapa tembok, pagar, tanaman, jalan dan sebagainya.

Tata cara bertetangga yang baik yaitu dengan cara saling menghormati.

Untuk bertetangga yang baik, ada tata caranya yaitu:

1. Saling mengucap salam saat bertamu.

2. Mengucap permisi saat berkunjung.

3. Menjenguk bila ada yang sakit.

4. Membantu bia ada yang mengalami kesulitan.


Kita akan belajar tentang Arah Mata Angin, apakah disini ada yang tau, arah mata angin rumah kalian kemana? Kita bisa menggunakan alat untuk mengetahui arah mata angin rumah kita. Alat untuk melihat arah rumah kita yaitu kompas, dengan menggunakan kompas kita jadi tahu letak rumah kita menghadap kemana. Berikut contoh gambar kompas:


 Sekarang kita akan belajar tentang denah, apakah kalian tau denah? Berikut contoh denah


PENUTUP

Baik anak-anak sekian materi yang ibu guru sampaikan, semoga setelah kalian membaca materi pada hari ini kalian akan lebih mengerti tentang lingkungan sekitar kalian dan menghormati teman kalian satu sama lain yaa.

 

Mohon untuk selalu di ingat dan dijalankan yaa anak sholeh dan sholehah.

Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.       

Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini? Apa yang telah kalian pelajari hari ini?

Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia.

Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.

Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa. 

Ibu guru akhiri, Wassalamu'alaikum Wr. Wb