HARI/TANGGAL : KAMIS, 15 FEBRUARI 2024
KELAS : I (SATU)
SEMESTER : II (DUA)
MATERI : P5 (RONCEKU KREATIVIRASKU)
HARI/TANGGAL : KAMIS, 15 FEBRUARI 2024
KELAS : I (SATU)
SEMESTER : II (DUA)
MATERI : P5 (RONCEKU KREATIVIRASKU)
Hari/Tanggal : Selasa, 13 Februari 2024 Satuan Pendidikan : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung Fase/Kelas : A/1 BAB/Tema : 5/ Ayo Membilang Sampai dengan 20 Materi Pembelajaran : Menghitung, membaca dan menulis bilangan
CP :
Pada akhir fase A, peserta didik menunjukkan pemahaman dan memiliki intuisi bilangan(numbersense) pada bilangan cacah sampai 100, mereka dapat membaca,menulis,menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, serta melakukan komposisi (menyusun) dan dekomposisi (mengurai) bilangan.
Tujuan Pembelajaran :
1. Menghitung banyaknya benda sampai dengan 20.
2. Membaca lambang bilangan sampai dengan 20.
3. Menuliskan lambang bilangan sampai dengan 20.
4. Memperkirakan banyak benda (estimasi) sampai dengan 20.
ATP :
1. Peserta didik dapat menghitung banyaknya benda sampai dengan 20
Assalamualaikum anak sholih/ah..
Bagaimana kabarnya hari ini anak sholeh dan sholehah? Semoga semua sehat selalu, dalam lindungan Allah subhanahu wata'ala ya sayang..
Ayo anak ibu guru, sudah siap semua untuk belajar hari ini? Hari ini kita akan belajar mata pelajaran matematika tentang nilai tempat.
A. Nilai tempat puluhan dan satuan.
Setiap angka pada suatu bilangan memiliki nilai yang berbeda sesuai tempatnya.PENUTUP
Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.
Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini? Apa yang telah kalian pelajari hari ini?
Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia.
Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.
Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa. Yuk sebelum berdoa kita tepuk jari terlebih dahulu!Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang baik di rumah bersama keluarga kalian ya…
Ibu guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.
KELAS : I
MAPEL : BAHASA LAMPUNG
Materi : Anak Huruf Aksara Lampung
Hari/tanggal : Rabu, 07 Februari 2024
Tabik Pun..
Selamat Pagi anak shalih dan shalihah...
Bagaimana kabarnya hari ini anak sholih dan sholihah?
Semoga semua sehat selalu, dalam lindungan Allah subhanahu wata'ala ya sayang..
Ayo anak ibu guru, sudah siap semua untuk belajar hari ini?
Sebelum memulai pembelajaran mari kita membaca doa terlebih dahulu:
“Radhitu billahi Rabbaa, wa bil Islami diina, wa bi Muhammadin nabiyyaa wa rasula robbi zidnii 'ilmanwarzuqni fahma.”
Mengenal Anak Huruf Aksara Lampung
Minggu kemarin kita sudah belajar anak huruf yang pertama, yaitu ulan i.
Hari ini, kita akan melanjutkan anak huruf yang kedua.
Anak huruf apakah itu?
Yuukk kita baca materi di bawah ya!
Anak huruf bitan u berbentuk seperti garis pendek. Letaknya berada di bawah induk huruf.
CONTOH
Yuuukk disalin yaaa materi nya di buku tulis, agar kalian tidak lupa dengan yang sudah pernah dipelajari.
Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.
Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini? Apa yang telah kalian pelajari hari ini?
Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia.
Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.
Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa. Yuk sebelum berdoa kita tepuk jari terlebih dahulu!Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang baik di rumah bersama keluarga kalian ya…
Ibu guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.
Hari/Tanggal : Selasa, 06 Februari 2024 Satuan Pendidikan : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung Fase/Kelas : A/1 BAB/Tema : 5/ Ayo Membilang Sampai dengan 20 Materi Pembelajaran : Menghitung, membaca dan menulis bilangan
CP :
Pada akhir fase A, peserta didik menunjukkan pemahaman dan memiliki intuisi bilangan(numbersense) pada bilangan cacah sampai 100, mereka dapat membaca,menulis,menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, serta melakukan komposisi (menyusun) dan dekomposisi (mengurai) bilangan.
Tujuan Pembelajaran :
1. Menghitung banyaknya benda sampai dengan 20.
2. Membaca lambang bilangan sampai dengan 20.
3. Menuliskan lambang bilangan sampai dengan 20.
4. Memperkirakan banyak benda (estimasi) sampai dengan 20.
ATP :
1. Peserta didik dapat menghitung banyaknya benda sampai dengan 20
Assalamualaikum anak sholih/ah..
Bagaimana kabarnya hari ini anak sholeh dan sholehah? Semoga semua sehat selalu, dalam lindungan Allah subhanahu wata'ala ya sayang..
Ayo anak ibu guru, sudah siap semua untuk belajar hari ini? Hari ini kita akan belajar mata pelajaran matematika tentang nilai tempat.
A. Nilai tempat puluhan dan satuan.
Setiap angka pada suatu bilangan memiliki nilai yang berbeda sesuai tempatnya.PENUTUP
Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.
Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini? Apa yang telah kalian pelajari hari ini?
Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia.
Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.
Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa. Yuk sebelum berdoa kita tepuk jari terlebih dahulu!Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang baik di rumah bersama keluarga kalian ya…
Ibu guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.
Hari/Tanggal : Jum'at/ 02 Febuari 2024
Satuan Pendidikan: SD Al Azhar 1 Bandar Lampung Fase/Kelas : A/1
Materi : Pramuka Siaga
Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.
HARI/TANGGAL : KAMIS, 01 FEBRUARI 2024
KELAS : I (SATU)
SEMESTER : II (DUA)
MATERI : P5 (RONCEKU KREATIVIRASKU)
Selamat pagi anak sholeh sholehah Ibu guru, apa kabarnya? semoga semua dalam keadaan sehat wal afiat.
Hari ini kita kembali memulai pembelajaran di awal semester genap tahun pelajaran 2023/2024.
Sebelum memulai pembelajaran silahkan persipakan dirimu dahulu dengan membaca doa.
Hari ini kita akan melaksanakan pembelajaran P5 dengan Tema Kewirausahaan, Topik Ronceku Kreativitasku. Berikut uraian pembelajaran secara lengkap.
Tema : Kewirausahaan
Topik : Ronceku Kreativitasku
Tujuan : Dengan mengangkat tema “kewirausahaan” dan mengacu kepada Profil Pelajar Pancasila, projek penguatan profil pelajar Pancasila ini ditujukan untuk melatih peserta didik melakukan aktivitas yang bermanfaat bagi perkembangan motoriknya dengan cara meronce memanfaatkan alat dan bahan di sekitarnya dan menghasilkan karya yang memiliki nilai jual.
Target Pencapaian Projek Profil: Melalui pengalaman pengelolaan projek profil ini, selain memahami tema “Kewirausahaan” dan mengadopsinya sebagai gaya hidup sehari-hari, peserta didik diharapkan telah mengembangkan tiga dimensi Profil Pelajar Pancasila yaitu kreatif, mandiri, dan bernalar kritis.
Hari ini kita akan melanjutkan pembelajaran P5 yaitu dengan melakukan Refleksi awal
Kegiatan refleksi atau kilas balik ini berguna untuk memeriksa pemahaman yang sudah tercapai selama ini. Sesuai sesi ini, guru merangkum hal-hal yang ditanyakan di lembar refleksinya. Pendidik membolehkan peserta didik memeriksa kertas-kertas kerjanya yang lalu (dari kegiatan terdahulu) tersebut. Perbolehkan juga peserta didik untuk bekerja di lantai, di selasar kelas (jika memungkinkan secara individu maupun duduk berkelompok.
Pengayaan/Diferensiasi Proses
Guru dapat memfasilitasi kerja kelompok kecil untuk siswa yang masih belum lancar membaca agar dapat saling membantu
LEMBAR REFLEKSI BELAJAR
NAMA :
NO | PERNYATAAN | BENAR | SALAH |
1 | Meronce adalah menyusun benda atau merangkai benda dengan seutas tali |
|
|
2 | Apakah kegiatan meronce membuat kita bosan |
|
|
3 | Meronce dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja |
|
|
4 | Biji-bijian tidak dapat digunakan dalam meronce |
|
|
5 | Meronce merupakan kerajinan tangan |
|
|
6 | Meronce tidak harus menggunakan tali |
|
|
7 | Barang bekas seperti kertas tidak dapat dijadikan bahan dalam meronce |
|
|
8 | Meronce harus membutuhkan konsenstrasi yang tinggi |
|
|
9 | Meronce hanya dapat menggunakan bahan dari manik-manik saja |
|
|
10 | Dalam meronce harus memperhatikan warna, bentuk dan pola |
|
|
|
Demikian pembelajaran hari ini, semoga selalu dilimpahi ilmu yang bermanfaat. Jangan lupa untuk selalu berdoa dan sholat lima waktu. Sampai jumpa pada pembelajaran selanjutnya.
Terimakasih
Wassalaamualaikum Wr Wb
Hari/Tanggal : Rabu, 31 Januari 2024
Satuan Pendidikan : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung
Fase/Kelas : A/1
BAB/Tema : 5/ Bunyi Apa?
Capaian Pembelajaran (CP):
CP :
Pada akhir fase A, peserta didik menunjukkan pemahaman dan memiliki intuisi bilangan(numbersense) pada bilangan cacah sampai 100, mereka dapat membaca,menulis,menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, serta melakukan komposisi (menyusun) dan dekomposisi (mengurai) bilangan.
Tujuan Pembelajaran :
1. Menghitung banyaknya benda sampai dengan 20.
2. Membaca lambang bilangan sampai dengan 20.
3. Menuliskan lambang bilangan sampai dengan 20.
4. Memperkirakan banyak benda (estimasi) sampai dengan 20.
ATP :
1. Peserta didik dapat menghitung banyaknya benda sampai dengan 20
Assalamualaikum anak sholih/ah..
Bagaimana kabarnya hari ini anak sholeh dan sholehah? Semoga semua sehat selalu, dalam lindungan Allah subhanahu wata'ala ya sayang..
Ayo anak ibu guru, sudah siap semua untuk belajar hari ini? Hari ini kita akan belajar mata pelajaran matematika tentang nilai tempat.
A. Nilai tempat puluhan dan satuan.
Setiap angka pada suatu bilangan memiliki nilai yang berbeda sesuai tempatnya.PENUTUP
Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.
Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini? Apa yang telah kalian pelajari hari ini?
Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia.
Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.
Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa. Yuk sebelum berdoa kita tepuk jari terlebih dahulu!Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang baik di rumah bersama keluarga kalian ya…
Ibu guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.