Jumat, 18 Agustus 2023

KELAS 1 MATERI PRAMUKA, JUM'AT 18 AGUSTUS 2023

Hari/Tanggal ​​              : Jum’at, 18 Agustus 2023
Satuan Pendidikan​      : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung                        
Fase/Kelas​                   ​: A/1       
Materi ​​  ​                      : Pramuka


Assalamualaikum anak sholih/ah.        

Bagaimana kabarnya hari ini anak sholeh dan sholehah?                                                               
Semoga semua sehat selalu, dalam lindungan Allah subhanahuwata'ala ya sayang..               
Ayo anak ibu guru, sudah siap semua untuk belajar hari ini? 

Sebelum memulai pembelajaran jangan lupa untuk mandi terlebih dahulu, sarapan, sholat dhuha dan murajaah yaa.

Kemudian mari kita membaca doa sebelum belajar:
“Radhitu billahi Rabbaa, wa bil Islami diina, wa bi Muhammadin nabiyyaa wa rasula robbi zidnii 'ilmanwarzuqni fahma.”

 

Hari ini kita akan belajar mata pelajaran Pramuka, materi yang di bahas tentang Gerakan Pramuka, Tujuan, Prinsip serta Sifat Gerakan Pramuka di Indonesia. Yuk kita simak materi di bawah ini ^_^.

 

Gerakan Pramuka

Gerakan Pramuka adalah organisasi pendidikan nonformal yang menyelenggarakan pendidikan kepanduan yang dilaksanakan di Indonesia. Kata Pramuka merupakan singkatan dari Praja Muda Karana, yang memiliki arti Orang Muda yang Suka Berkarya.

Tujuan Gerakan Pramuka
Gerakan Pramuka bertujuan untuk membentuk setiap Pramuka agar memiliki kepribadian yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia, berjiwa patriotik, taat hukum, disiplin, menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa, dan memiliki berkecakapan hidup sebagai kader bangsa dalam menjaga dan membangun Negeara Kesatuan Republik Indonesia, mengamalkan Pancasila, serta melestarikan lingkungan.

Prinsip Dasar Kepramukaan

§  Iman dan taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa;

§  Peduli terhadap bangsa dan tanah air, sesama hidup dan alam seisinya;

§  Peduli terhadap dirinya pribadi; dan

§  Taat kepada Kode Kehormatan Pramuka.

Sifat
Berdasarkan resolusi Konferensi Kepanduan Sedunia tahun 1924 di Kopenhagen, Denmark, maka Kepanduan mempunyai tiga sifat atau ciri khas, yaitu :

§  Nasional, yang berarti suatu organisasi yang menyelenggarakan kepanduan di suatu negara haruslah menyesuaikan pendidikannya itu dengan keadaan, kebutuhan dan kepentingan masyarakat, bangsa dan negara.

§  Internasional, yang berarti bahwa organisasi kepanduan di negara manapun di dunia ini harus membina dan mengembangkan rasa persaudaraan dan persahabatan antara sesama Pandu dan sesama manusia, tanpa membedakan kepercayaan/agama, golongan, tingkat, suku dan bangsa.

§  Universal, yang berarti bahwa kepanduan dapat dipergunakan di mana saja untuk mendidik anak-anak dari bangsa apa saja.

 

Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik. 
Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini? 
Apa yang telah kalian pelajari hari ini? 

Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia.
Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.
Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa terlebihdahulu.
Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang baik di rumah bersama keluarga kalian ya…

 

Ibu guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb. 

 

Rabu, 16 Agustus 2023

KELAS 1 MATERI PENDIDIKAN PANCASILA, RABU 16 AGUSTUS 2023

Hari/Tanggal                   :  Rabu, 16 Agustus 2023       

Satuan Pendidikan         : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung  Fase/Kelas                       :  A/1                 

BAB/Tema                      : Aku Cinta Pancasila              

Materi Pembelajaran       : Makna Filosofis Warna dan Simbol Garuda Pancasila.


Tabik Pun..

Selamat Pagi anak shalih dan shalihah...

Bagaimana kabarnya hari ini anak sholih dan sholihah?                                                               

Semoga semua sehat selalu, dalam lindungan Allah subhanahu wata'ala ya sayang..               
Ayo anak ibu guru, sudah siap semua untuk belajar hari ini? 

Materi Pendidikan Pancasila Hari ini yaitu mengetahui warna-warna dari Lambang Negara Garuda Pancasila dan simbol Pancasila

A. Capaian Pembelajaran (CP) :

1. Peserta didik mampu mengenal simbol dan sila-sila Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila.

2. Peserta didik mampu menceritakan hubungan simbol-simbol Pancasila dengan sila-sila dalam         Pancasila

3. Peserta didik mampu mengidentifikasi tugas peran dirinya dalam kegiatan bersama sesuai nilai Pancasila.

B. Alur Tujuan Pembelajaran ( ATP)

1.1 Peserta didik dapat mengenali simbol-simbol Pancasila dan Lambang Negara Garuda Pancasila, serta menceritakan hubunganya . Peserta didik juga dapat mengidentifikasi tugas peran dirinya dalam kegiatan bersama. Selain itu menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan keseharianya sesuai denga  perkembangan dan kontesk peserta didik.

C. Tujuan Pembelajaran (TP)

Peserta didik mampu:

1. Mengetahui warna dari lambang Negara Indonesia dan sila-sila Pancasila.

2. Mengenal warna sila-sila Pancasila dan makna nya..
3. Mengidentifikasi perilaku sesuai Sila Pancasila.

Sebelum memulai pembelajaran hari ini, mari kita berdoa terlebih dahulu.
Membaca doa sebelum belajar:
“Radhitu billahi Rabbaa, wa bil Islami diina, wa bi Muhammadin nabiyyaa wa rasula robbi zidnii 'ilman warzuqni fahma.”

Pertemuan sebelumnya kita sudah belajar tentang warna simbol-simbol Pancasila

Baik materinya Ibu Guru ulangi sedikit yaaaa...

Perhatikan Gambar beikut ini yaaa..


Gambar apakah itu?... Ya betul gambar diatas adalah Gambar Burung Garuda, Burung Garuda adalah Lambang Negara Indonesia.


Sudah hafalkah anak-anak dengan warna dari  simbol-simbol sila pancasila?

Mari dihafalkan dan sekarang kita belajar tentang makna warna serta contoh prilaku dari warna yang ada di simbol-simbol Pancasila ya anak-anak....^_^

1. Memihak Kebenaran

Apakah teman-teman tahu arti dari arah kepala Garuda Pancasila?

Arah kepala Garuda yang ke kanan itu menujukan, bahwa bangsa Indonesia selalu memihak pada kebenaran.

Karena itu, teman-teman juga harus bisa memihak kepada kebenaran juga.

Untuk memihak kepada kebenaran, teman-teman bisa melakukan beberapa hal berikut.

- Berani mengaku saat berbuat sesuatu yang salah.

- Tidak mencontek saat ulangan atau ujian.

- Mengembalikan uang kembalian yang berlebih pada pejualnya.

2. Menjunjung Persatuan dan Kesatuan

Sikap kedua adalah menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan.

Sikap ini sesuai dengan tulisan pada pita putih yang ada di kaki Garuda Pancasila.

Pada pita tersebut tertulis 'Bhinneka Tunggal Ika' yang memiliki arti berbeda-beda tetapi tetap satu.

Pita ini menunjukan bahwa Indonesia adalah negara yang memiliki beragam suku, budaya, ras, dan agama yang berbeda.

Namun, perbedaan tersebut tidak membuat Indonesia menjadi terpecah, justru menjadi satu kesatuan.

Berikut ada beberapa sikap yang bisa teman-teman lakukan untuk mengamalkan makna dari tulisan pada pita.

- Bermain dengan semua teman, tanpa membeda-bedakan.

- Menghormati teman yang memiliki agama berbeda dan sedang beribadah.

- Mengjenguk teman yang sedang sakit.

3. Mengikuti Upacara Hari Kemerdekaan

Bulu pada lambang Garuda Pancasila menujukan tanggal kemerdekaan Indonesia, yaitu 17 Agustus 1945.

Untuk mengamalkan arti dari simbol tersebut, teman-teman harus mengikuti upacara bendera dengan tertib setiap tanggal 17 Agustus.

Teman-teman juga bisa meramaikan acara peringatan kemerdekaan Indonesia dengan mengikuti beragam perlombaan.

Dengan mengikuti perlombaan, teman-teman akan menjalin hubungan yang baik dengan masyarakat di sekitar tempat tinggal.

4. Bersikap Sesuai Sila pada Perisai Garuda Pancasila

Teman-teman pasti tahu ada sebuah perisai pada dada Garuda Pancasila.

Perisai tersebut berisi lambang kelima sila, dari lambang bintang, rantai, pohon beringin, kepala banteng, dan simbol padi dan kapas.

Dari simbol pada perisai tersebut, ada sikap yang bisa teman-teman mempraktikan dalam kehidupan, seperti sikap berikut ini.

- Membantu tetangga yang membutuhkan pertolongan.

- Tidak membeda-bedakan teman yang berbeda agama, suku, dan ras.

- Malakukan musyawarah dengan tertib saat memilih ketua kelas.

Nah, itu tadi empat simbol dari Garuda Pancasila yang bisa diamalkan dalam beberapa sikap baik.

Semoga anak-anak Ibu Yang shalih dan shalihah dapat menjadi anak yang baik budi pekerti nya serta memiliki akhlak yang mulia ya setelah memahami Sila-sila yang ada di Pancasila, aamiin

Sekian pembelajaran kita hari ini, mari kita tutup dengan membaca Hamdalah, Alhamdulillah Hirobbil Allamiin

Waassalamualaikum🙏🏻🥰

KELAS 1 MATERI BAHASA INDONESIA, RABU 16 AGUSTUS 2023

Hari/Tanggal                 : Rabu, 16 Agustus 2023                  Satuan Pendidikan        : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung Fase/Kelas                    : A/1                                                    BAB/Tema                   : Ayo Bermain                                      Materi                           : Menyimak                                          Pembelajaran : Menyimak dan menanggapi bacaan 
Capaian Pembelajaran (CP) :
Membaca:
Mengenali bentuk dan melafalkan bunyi huruf.
Menulis:
Menuliskan kata-kata yang sering ditemui.
Membaca
Mengenali dan mengeja kombinasi abjad pada suku kata dan kata yang sering ditemui.
Membaca:
Mengenali dan mengeja kombinasi abjad pada kata dan suku kata yang sering ditemui.

Tujuan Pembelajaran :
Dengan menyimak dan menanggapi bacaan, peserta didik dapat membaca dan menulis suku kata yang diawali dengan huruf ‘h’ dan ‘c’.
ATP :
1.2 Dengan menyimak dan menanggapi bacaan tentang tempat dan aturan bermain, peserta didik dapat mengenali tanda tanya dan tanda seru dalam kalimat, serta membaca dan menulis suku kata yang diawali dengan huruf ‘h’ dan ‘c’

Assalamualaikum wr.wb, anak-anak sholeh/ha
Bagaimana kabarnya hari ini anak sholeh/sholehah?
Semoga semua dalam keadaan sehat selalu, dalam lindungan Allah Subhanahu Wata’Ala ya sayang…
Ayo anak-anak Ibu Guru, sudah siap untuk belajar hari ini?
Hari ini kita akan belajar mata pelajaran bahasa Indonesia, yaitu dengan menyimak dan menanggapi bacaan tentang tempat dan aturan bermain, peserta didik wajib mengamati gambar di bawah ini.

Amati gambar ini sambil menyimak guru membaca ceritanya.










Dengarkan guru membacakan pertanyaan-pertanyaan
berikut. Lalu, jawablah.
1. Ada di mana binatang-binatang itu?
2. Permainan apa saja yang kalian lihat pada gambar itu?
3. Mana gambar yang menunjukkan kegiatan bermain
dengan tidak aman?
Tunjukkan kepada guru, lalu jelaskan alasan kalian.


4. Mana gambar yang menunjukkan kegiatan bermain
dengan aman? Tunjukkan kepada guru, lalu jelaskan
alasan kalian.
5. Kegiatan bermain apa lagi yang tidak aman untuk anakanak?

Nyanyikan lagu di bawah ini.
Gantilah kata-kata ‘tepuk tangan’ dan ‘pegang hidung’dengan
kata-kata sendiri, ya.
Kalau kau suka hati, tepuk tangan
Kalau kau suka hati, tepuk tangan
Kalau kau suka hati, ayo kita lakukan
Kalau kau suka hati, tepuk tangan
Kalau kau suka hati, pegang hidung
Kalau kau suka hati, pegang hidung
Kalau kau suka hati, ayo kita lakukan
Kalau kau suka hati, pegang hidung


PENUTUP
Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.                    
Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini? Apa yang telah kalian pelajari hari ini? 
Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia.

Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.
Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa. Yuk sebelum berdoa kita tepuk jari terlebih dahulu!Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang baik di rumah bersama keluarga kalian ya…
Ibu guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

KELAS 1 MATERI BAHASA LAMPUNG, RABU 16 AGUSTUS 2023

MATERI AJAR

 

 

KELAS                    :   I

MAPEL                  :   BAHASA LAMPUNG

Materi                  :  Induk Huruf Aksara Lampung

Hari/tanggal      : Rabu, 16 Agustus 2023

 

Assalamu’alaikum…

 

Selamat Pagi anak sholeh/sholehah..Bagaimana kabarnya hari ini?
Semoga semuanya dalam keadaan sehat wal'aafiyat

Setelah tadi kita belajar Tematik, kita lanjutkan dengan belajar bahasa Lampung ya…

 

Kita harus bangga dong sebagai warga provinsi Lampung yang memiliki Bahasa Daerah beserta aksaranya.

Nah, untuk melestarikan budaya dan bahasa Provinsi kita, yuk kita lanjutkan belajar Aksara Lampung.

 

Mengenal Induk Aksara Lampung

 

Induk aksara lampung ada 20 aksara.

 

Nah sebelum kita lanjutkan belajarnya, yukk kita sama-sama melihat Video Pengenalan aksara Lampung…



https://youtu.be/NG8GdiJiEC0

 

Kalau kemarin kita sudah belajar aksara yang ke-1 sampai ke-16, hari ini kita lanjutkan belajar aksara lampung yang ke-17 sampai ke-20.

 


                       dibaca SA


    dibaca WA


      
dibaca HA


     
dibaca GHA

 

Ucapkan secara berulang agar kalian hafal 4 induk aksara lampung di atas ya…!!

 

 

Membaca Kata dalam Aksara Lampung

 

Minggu kemarin, kita sudah belajar menggabungkan induk aksara lampung menjadi kata-kata.

Hari ini kita akan belajar lagi menggabungkan induk aksara Lampung dengan kata-kata yang lebih bervariasi tentunya.

 

CONTOH


 dibaca  ra sa

 


dibaca ha wa

Gha na tulisan aksara lampungnya 

 

Nah gimana?

Sudah semakin paham kan cara membaca ataupun menggabungkan aksara lampungnya?

Yukk kita lanjut mengerjakan tugas dibawah ya….

Selasa, 15 Agustus 2023

KELAS 1 MATERI SBDP, SELASA 15 AGUSTUS 2023

Hari/Tanggal                      :  Selasa, 15 Agustus 2023                                                                            Satuan Pendidikan             :  SD Al Azhar 1 Bandar Lampung                                                              Fase/Kelas                         :  A/1                                                                                                      BAB/Tema                        :  Bernyanyi lagu daerah lagu daerah                                                          Materi                                :  Bermain dan Bernyanyi                                                                            Pembelajaran                     :  Lagu Nasional dan Lagu Daerah

CP :

Peserta didik mampu mengimitasi bunyi-musik sederhana dengan mengenal unsur-unsur bunyi-musik baik intrinsik maupun ekstrinsik.

Tujuan Pembelajaran :

Peserta didikmampu bernyanyi lagu daerah secara mandiri dan bersama

ATP :

1.1 Mampu bernyanyi secara mandiri dan bersama lagu nasional guna membangun rasa nasionalisme.          Mampu bernyanyi bersama lagu daerah secara mandiri dan bersama. Menemukan perbedaan lagu          nasional dan lagu daerah dengan tepat. Membuat kategori lagu nasional dan lagu daerah                         berdasarkan pada lirik lagu.

Assalamualaikum anak sholih/ah.. Bagaimana kabarnya hari ini anak sholeh dan sholehah? Semoga semua sehat selalu, dalam lindungan Allah subhanahu wata'ala ya sayang.. Ayo anak ibu guru, sudah siap semua untuk belajar hari ini?            

Hri ini kita akan belajaran mata pelajaran SBdp Seni Musik.

Tujuan Pembelajaran: Peserta didik mampu bernyanyi secara mandiri dan bersama lagu daerah secara mandiri dan bersama Ayo anak-anak apakah kalian mengetahui tentang musik? Apakah kalian tau tentang lagu daerah dan lagu nasional?

Baik, hari ini kita akan mempelajari tentang lagu Nasional dan lagu Daerah

Bernyanyi Lagu Nasional 

1. Indonesia raya                                                                                                                                            2. Garuda pancasila                                                                                                                                      3. Berkibarlah benderaku                                                                                                                            4. Maju tak gentar  

Di sekolah, Arda sering menyanyikan lagu ”Sorak-sorak Bergembira”
Bersama teman-temannya Arda juga menyanyikan lagu ”Maju tak 
Gentar”
Ketika upacara bendera, Arda sangat senang menyanyikan lagu 
”Indonesia Raya”
Apalagi dinyanyikan bersama-sama, Arda sangat bersemangat.
Nah bagaimana denganmu?
Lagu nasional apa saja yang kamu sukai?
Nyanyikan salah satu lagu nasional yang kamu sukai!

LAGU DAERAH 

Apakah kalian mengenal pakaian adat dibawah ini?                                                                                  Dapatkah kalian menuliskan satu judul lagu dari pakaian adat tersebut?

Nyanyikan lagu tersebut!




1. Sang bumi ruwa jurai (lampung)

2. Ampar2 pisang (kalimantan) 

3. Ayo mama (maluku) 

4. Gundul2 pacul (jawa) 

5. Yamko (papua)

Pembelajaran Alternatif:

Pembelajaran alternatif dilakukan manakala media pembelajaran di atas tidak

tersedia di Sekolah. Adapun media pembelajaran alternatif yang relevan untuk

digunakan guru adalah sebagai berikut:

1. Gambar rumah adat dan pakaian adat.

Guru menunjukkan gambar rumah adat atau pakaian adat dan peserta
didik menyanyikan lagu dari gambar yang ditunjukkan guru.
Media pembelajaran alternatif tersebut di atas memiliki relevansi substansi
yakni memberikan aktivitas belajar bernyanyi dengan tema lagu nasional
kepada peserta didik.

PENUTUP

Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik. Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini? Apa yang telah kalian pelajari hari ini? 

Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia.
Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.
Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa. Yuk sebelum berdoa kita tepuk jari terlebih dahulu!Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang baik di rumah bersama keluarga kalian ya…
Ibu guru akhiri, 

Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

KELAS 1 MATERI MATEMATIKA, SELASA 15 AGUSTUS 2023

Hari/Tanggal          : Selasa, 15 Agustus 2023         

Satuan Pendidikan : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung                        

Fase/Kelas             : A/1                  

BAB/Tema            : Penjumlahan Sampai dengan 10

Materi                    : Cerita Penjumlahan




Capaian Pembelajaran (CP)

  • Peserta didik menunjukkan pemahaman dan memiliki intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 20, mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, serta melakukan komposisi (menyusun) dan dekomposisi (mengurai) bilangan.

  • Peserta didik dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan menggunakan benda-benda konkret yang banyaknya sampai 20.

Alur Tujuan Pembelajaran (ATP)

1. Menunjukkan konsep penjumlahan dan pengurangan sampai dengan 20 dengan benda konkret, gambar, cerita, atau cara manipulatif lainnya.

Tujuan Pembelajarann (TP)
1. Menunjukan konsep penjumlahan sampai dengan 10 dengan benda konkret, gambar, cerita atau manipulatif lainya.
2. Menuliskan operasi hitung untuk memecahkan masalah penjumlahan

Assalamualaikum anak sholih/ah..        

Bagaimana kabarnya hari ini anak sholeh dan sholehah?                                                               
Semoga semua sehat selalu, dalam lindungan Allah subhanahu wata'ala ya sayang..               
Ayo anak ibu guru, sudah siap semua untuk belajar hari ini? 

Sebelum memulai pembelajaran jangan lupa untuk mandi terlebih dahulu, sarapan, sholat dhuha dan murajaah yaa.

Hari ini kita akan belajar mata pelajaran Matematika, tujuan oembelajaran nya yaiyu peserta didik mampu menunjukan konsep penjumlahan sampai dengan 10.

Mari kita mulai pembelajaran hari ini dengan membaca doa sebelum belajar
“Radhitu billahi Rabbaa, wa bil Islami diina, wa bi Muhammadin nabiyyaa wa rasula robbi zidnii 'ilman warzuqni fahma.”


Selanjutnya simak materi berikut ini ya anak sholih/ah ^-^

Perhatikan gambar berikut ya.


Berdasarkan gambar diatas 

1. Ada berapa anak yang bermain lompat tali?

2. Ada berapa anak yang datang?

Mari kita hitung bersama-sama yaa anak-anak..

Yaa betul ada 4 Anak yang bermain lompat tali dan adda 2 anak yang datang.

Perhatikan gambar dibawah ini yaaa..





Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.                    
Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini? Apa yang telah kalian pelajari hari ini? 
Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia.

Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.
Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa. Yuk sebelum berdoa kita tepuk jari terlebih dahulu!Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang baik di rumah bersama keluarga kalian ya…
Ibu guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

Senin, 14 Agustus 2023

KELAS 1 MATERI PENDIDIKAN PANCASILA, SENIN 14 AGUSTUS 2023

Hari/Tanggal                   :  Senin, 14 Agustus 2023       

Satuan Pendidikan           : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung                        

Fase/Kelas                       :  A/1                 

BAB/Tema                      : Aku Cinta Pancasila              

Materi Pembelajaran       : Makna Filosofis Warna dan Simbol Garuda Pancasila.


Tabik Pun..

Selamat Pagi anak shalih dan shalihah...

Bagaimana kabarnya hari ini anak sholih dan sholihah?                                                               

Semoga semua sehat selalu, dalam lindungan Allah subhanahu wata'ala ya sayang..               
Ayo anak ibu guru, sudah siap semua untuk belajar hari ini? 

Materi Pendidikan Pancasila Hari ini yaitu mengetahui warna-warna dari Lambang Negara Garuda Pancasila dan simbol Pancasila

A. Capaian Pembelajaran (CP) :

1. Peserta didik mampu mengenal simbol dan sila-sila Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila.

2. Peserta didik mampu menceritakan hubungan simbol-simbol Pancasila dengan sila-sila dalam         Pancasila

3. Peserta didik mampu mengidentifikasi tugas peran dirinya dalam kegiatan bersama sesuai nilai Pancasila.

B. Alur Tujuan Pembelajaran ( ATP)

1.1 Peserta didik dapat mengenali simbol-simbol Pancasila dan Lambang Negara Garuda Pancasila, serta menceritakan hubunganya . Peserta didik juga dapat mengidentifikasi tugas peran dirinya dalam kegiatan bersama. Selain itu menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan keseharianya sesuai denga  perkembangan dan kontesk peserta didik.

C. Tujuan Pembelajaran (TP)

Peserta didik mampu:

1. Mengetahui warna dari lambang Negara Indonesia dan sila-sila Pancasila.

2. Mengenal warna sila-sila Pancasila dan makna nya..
3. Mengidentifikasi perilaku sesuai Sila Pancasila.

Sebelum memulai pembelajaran hari ini, mari kita berdoa terlebih dahulu.
Membaca doa sebelum belajar:
“Radhitu billahi Rabbaa, wa bil Islami diina, wa bi Muhammadin nabiyyaa wa rasula robbi zidnii 'ilman warzuqni fahma.”

Pertemuan sebelumnya kita sudah belajar tentang warna simbol-simbol Pancasila

Baik materinya Ibu Guru ulangi sedikit yaaaa...

Perhatikan Gambar beikut ini yaaa..


Gambar apakah itu?... Ya betul gambar diatas adalah Gambar Burung Garuda, Burung Garuda adalah Lambang Negara Indonesia.


Sudah hafalkah anak-anak dengan warna dari  simbol-simbol sila pancasila?

Mari dihafalkan dan sekarang kita belajar tentang makna warna serta contoh prilaku dari warna yang ada di simbol-simbol Pancasila ya anak-anak....^_^

1. Memihak Kebenaran

Apakah teman-teman tahu arti dari arah kepala Garuda Pancasila?

Arah kepala Garuda yang ke kanan itu menujukan, bahwa bangsa Indonesia selalu memihak pada kebenaran.

Karena itu, teman-teman juga harus bisa memihak kepada kebenaran juga.

Untuk memihak kepada kebenaran, teman-teman bisa melakukan beberapa hal berikut.

- Berani mengaku saat berbuat sesuatu yang salah.

- Tidak mencontek saat ulangan atau ujian.

- Mengembalikan uang kembalian yang berlebih pada pejualnya.

2. Menjunjung Persatuan dan Kesatuan

Sikap kedua adalah menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan.

Sikap ini sesuai dengan tulisan pada pita putih yang ada di kaki Garuda Pancasila.

Pada pita tersebut tertulis 'Bhinneka Tunggal Ika' yang memiliki arti berbeda-beda tetapi tetap satu.

Pita ini menunjukan bahwa Indonesia adalah negara yang memiliki beragam suku, budaya, ras, dan agama yang berbeda.

Namun, perbedaan tersebut tidak membuat Indonesia menjadi terpecah, justru menjadi satu kesatuan.

Berikut ada beberapa sikap yang bisa teman-teman lakukan untuk mengamalkan makna dari tulisan pada pita.

- Bermain dengan semua teman, tanpa membeda-bedakan.

- Menghormati teman yang memiliki agama berbeda dan sedang beribadah.

- Mengjenguk teman yang sedang sakit.

3. Mengikuti Upacara Hari Kemerdekaan

Bulu pada lambang Garuda Pancasila menujukan tanggal kemerdekaan Indonesia, yaitu 17 Agustus 1945.

Untuk mengamalkan arti dari simbol tersebut, teman-teman harus mengikuti upacara bendera dengan tertib setiap tanggal 17 Agustus.

Teman-teman juga bisa meramaikan acara peringatan kemerdekaan Indonesia dengan mengikuti beragam perlombaan.

Dengan mengikuti perlombaan, teman-teman akan menjalin hubungan yang baik dengan masyarakat di sekitar tempat tinggal.

4. Bersikap Sesuai Sila pada Perisai Garuda Pancasila

Teman-teman pasti tahu ada sebuah perisai pada dada Garuda Pancasila.

Perisai tersebut berisi lambang kelima sila, dari lambang bintang, rantai, pohon beringin, kepala banteng, dan simbol padi dan kapas.

Dari simbol pada perisai tersebut, ada sikap yang bisa teman-teman mempraktikan dalam kehidupan, seperti sikap berikut ini.

- Membantu tetangga yang membutuhkan pertolongan.

- Tidak membeda-bedakan teman yang berbeda agama, suku, dan ras.

- Malakukan musyawarah dengan tertib saat memilih ketua kelas.

Nah, itu tadi empat simbol dari Garuda Pancasila yang bisa diamalkan dalam beberapa sikap baik.

Semoga anak-anak Ibu Yang shalih dan shalihah dapat menjadi anak yang baik budi pekerti nya serta memiliki akhlak yang mulia ya setelah memahami Sila-sila yang ada di Pancasila, aamiin

Sekian pembelajaran kita hari ini, mari kita tutup dengan membaca Hamdalah, Alhamdulillah Hirobbil Allamiin

Waassalamualaikum🙏🏻🥰

KELAS 1 Materi Bahasa Indonesia, Senin 14 Agustus 2023

Hari/Tanggal                 : Senin, 14 Agustus 2023                                                                                        Satuan Pendidikan        : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung                                                                          Fase/Kelas                    : A/1                                                                                                                          BAB/Tema                   : Ayo Bermain                                                                                                          Materi                           : Menyimak                                                                                                              Pembelajaran : Menyimak dan menanggapi bacaan 
Capaian Pembelajaran (CP) :
Membaca:
Mengenali bentuk dan melafalkan bunyi huruf.
Menulis:
Menuliskan kata-kata yang sering ditemui.
Membaca
Mengenali dan mengeja kombinasi abjad pada suku kata dan kata yang sering ditemui.
Membaca:
Mengenali dan mengeja kombinasi abjad pada kata dan suku kata yang sering ditemui.

Tujuan Pembelajaran :
Dengan menyimak dan menanggapi bacaan, peserta didik dapat membaca dan menulis suku kata yang diawali dengan huruf ‘h’ dan ‘c’.
ATP :
1.2 Dengan menyimak dan menanggapi bacaan tentang tempat dan aturan bermain, peserta didik dapat mengenali tanda tanya dan tanda seru dalam kalimat, serta membaca dan menulis suku kata yang diawali dengan huruf ‘h’ dan ‘c’

Assalamualaikum wr.wb, anak-anak sholeh/ha
Bagaimana kabarnya hari ini anak sholeh/sholehah?
Semoga semua dalam keadaan sehat selalu, dalam lindungan Allah Subhanahu Wata’Ala ya sayang…
Ayo anak-anak Ibu Guru, sudah siap untuk belajar hari ini?
Hari ini kita akan belajar mata pelajaran bahasa Indonesia, yaitu dengan menyimak dan menanggapi bacaan tentang tempat dan aturan bermain, peserta didik wajib mengamati gambar di bawah ini.

Amati gambar ini sambil menyimak guru membaca ceritanya.










Dengarkan guru membacakan pertanyaan-pertanyaan
berikut. Lalu, jawablah.
1. Ada di mana binatang-binatang itu?
2. Permainan apa saja yang kalian lihat pada gambar itu?
3. Mana gambar yang menunjukkan kegiatan bermain
dengan tidak aman?
Tunjukkan kepada guru, lalu jelaskan alasan kalian.


4. Mana gambar yang menunjukkan kegiatan bermain
dengan aman? Tunjukkan kepada guru, lalu jelaskan
alasan kalian.
5. Kegiatan bermain apa lagi yang tidak aman untuk anakanak?

Nyanyikan lagu di bawah ini.
Gantilah kata-kata ‘tepuk tangan’ dan ‘pegang hidung’dengan
kata-kata sendiri, ya.
Kalau kau suka hati, tepuk tangan
Kalau kau suka hati, tepuk tangan
Kalau kau suka hati, ayo kita lakukan
Kalau kau suka hati, tepuk tangan
Kalau kau suka hati, pegang hidung
Kalau kau suka hati, pegang hidung
Kalau kau suka hati, ayo kita lakukan
Kalau kau suka hati, pegang hidung


PENUTUP
Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.                    
Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini? Apa yang telah kalian pelajari hari ini? 
Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia.

Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.
Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa. Yuk sebelum berdoa kita tepuk jari terlebih dahulu!Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang baik di rumah bersama keluarga kalian ya…
Ibu guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

Jumat, 11 Agustus 2023

KELAS 1 MATERI PRAMUKA, JUM'AT 11 AGUSTUS 2023

 

Hari/Tanggal               : Jum'at, 11 Agustus 2023        
Satuan Pendidikan      : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung                       
Fase/Kelas                   : A/1      
Materi                         : Pramuka

 

Assalamualaikum anak sholih/ah.        

Bagaimana kabarnya hari ini anak sholeh dan sholehah?                                                               
Semoga semua sehat selalu, dalam lindungan Allah subhanahu wata'ala ya sayang..               
Ayo anak ibu guru, sudah siap semua untuk belajar hari ini? 

Sebelum memulai pembelajaran jangan lupa untuk mandi terlebih dahulu, sarapan, sholat dhuha dan murajaah yaa.

Kemudian mari kita membaca doa sebelum belajar:
“Radhitu billahi Rabbaa, wa bil Islami diina, wa bi Muhammadin nabiyyaa wa rasula robbi zidnii 'ilman warzuqni fahma.”

 

Hari ini kita akan belajar mata pelajaran Pramuka, materi yang di bahas tentang Tingkatan Pramuka di Indonesia? yuk kita simak materi di bawah ini ^_^.

 

Tingkatan Pramuka di Indonesia

 Di Indonesia, terdapat empat tingkatan pramuka, yaitu:

  1. Siaga: Tingkatan pramuka Siaga diperuntukkan untuk anak-anak usia 7-10 tahun. Di tingkatan ini, pramuka akan diajarkan tentang kegiatan kreativitas, kebersihan, keamanan, dan pertolongan pertama.
  2. Penggalang: Tingkatan pramuka Penggalang diperuntukkan untuk usia 11-15 tahun. Di tingkatan ini, pramuka akan diajarkan tentang kegiatan ilmu pengetahuan alam, kepramukaan, dan kepemimpinan.
  3. Penegak: Tingkatan pramuka Penegak diperuntukkan untuk usia 16-20 tahun. Di tingkatan ini, pramuka akan diajarkan tentang kepemimpinan, keterampilan, dan kemandirian.
  4. Pandega: Tingkatan pramuka Pandega diperuntukkan untuk usia 21-25 tahun. Di tingkatan ini, pramuka akan diajarkan tentang kegiatan sosial, kepemimpinan, dan kewirausahaan. Pramuka Pandega juga dapat melakukan kegiatan internasional yang melibatkan organisasi pramuka dari berbagai negara.

Setiap tingkatan pramuka memiliki ciri khas dan tantangan yang berbeda-beda. Namun, tujuan akhir dari keempat tingkatan tersebut adalah untuk membentuk karakter pramuka yang mandiri, bertanggung jawab, dan memiliki rasa empati terhadap sesama.

 

Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik. 
Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini? 
Apa yang telah kalian pelajari hari ini? 

Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia.
Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.
Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa terlebih dahulu.
Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang baik di rumah bersama keluarga kalian ya…

 

Ibu guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb. ^_^