Kamis, 10 Agustus 2023

KELAS 1 MATERI P5, KAMIS 10 AGUSTUS 2023

 

Hari/Tanggal             : Kamis, 10 Agustus 2023        

Satuan Pendidikan    : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung                       

Fase/Kelas                : A/1                 

Tahun Pelajaran        : 2023/2024

Tema                         : Gaya Hidup Berkelanjutan

Topik                         : Cerdik Kelola Sampah Plastik


Dimensi                                      : Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME dan akhlak mulia

Subtema                                     :   1. Memahami keterhubungan ekosistem Bumi

                                                        2. Menjaga lingkungan alam sekitar

Target Pencapaian di Fase A :     1Mengidentifikasi berbagai ciptaan Tuhan

                                                        2. Membiasakan bersyukur atas lingkungan alam sekitar dan                                                                        berlatih untuk menjaganya

Materi Kegiatan : Dampak sampah plastik


Tabik pun... 

Bagaimana kabarnya hari ini anak sholeh dan sholehah? Semoga semua sehat selalu, dalam lindungan Allah subhanahu wata'ala ya sayang.. 

Ayo anak ibu guru, sudah siap semua untuk belajar hari ini?    

Sebelum memulai pembelajaran jangan lupa untuk mandi terlebih dahulu, sarapan, sholat dhuha dan murajaah yaa.

Mari kita mulai pembelajaran hari ini dengan membaca doa sebelum belajar
“Radhitu billahi Rabbaa, wa bil Islami diina, wa bi Muhammadin nabiyyaa wa rasula robbi zidnii 'ilman warzuqni fahma.”

Selanjutnya simak materi berikut ini ya anak sholih/ah ^-^

Hari ini kita akan Mempelajari tentang dampak sampah plastik.

Tujuan pembelajarannya yaitu agar anak sholeh/sholehah tau apa saja dampak dari sampah pelastik.

Anak-anak ibu guru yang ibu sayang, ingatlah selalu bahwa sampah yang kita hasilkan itu adalah milik kita dan kita harus betanggung jawab untuk sampah tersebut, bertanggung jawab nya yaitu dengan cara membuang sampah pada tempat yang sudah disediakan yaaa.

Sebelumnya apakah ada yang sudah tau apa saja dampak dari adanya sampah plastik?

Kalau belum simak penjelasannya berikut ini yaa.... ^_^

Ada 5 Dampak Sampah Plastik Bagi Lingkungan Hidup

1. Pencemaran Air dan Tanah

Sampah plastik mengandung racun-racun partikel plastik yang masuk ke dalam tanah yang kemudian membunuh hewan pengurai seperti cacing. Bahan poliklorinasi (polychlorinated biphenyl atau PCB) dan pestisida yang terdapat dalam plastik tidak dapat terurai walaupun dimakan binatang maupun tanaman. Selain itu, sampah plastik bisa mengganggu jalur air sehingga sulit teresap di dalam tanah. Dengan demikian, kesuburan tanah pun terganggu dan sirkulasi udara tidak bisa masuk dengan baik.

Selain mengganggu kesuburan tanah juga akan menggangu habitat hewan dan tumbuhan laut. Sampah plastik dapat menjerat hewan-hewan dilaut seperti penyu, lumba-lumba, dan berbagai ikan laut serta tumbuhan laut. Tidak hanya menjerat tapi juga ketika dimakan oleh hewan laut akan menimbulkan kematian dan meracuni hewan laut lainnya.

2. Pemanasan Global

Kantong plastik menjadi salah satu penyebab masalah perubahan iklim yang sudah terjadi di dunia. Mulai dari proses produksinya hingga tahap pembuangan dan pengelolaannya, sampah plastik banyak menghasilkan gas rumah kaca ke atmosfer.

Plastik terbuat dari minyak bumi dan untuk melakukan produksi plastik membutuhkan kurang lebih 12 juta barel bahan baku minyak. Hal tersebut dikarenakan kantong plastik masih sangat digemari penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari. Padahal untuk mengubah minyak bumi menjadi plastik diperlukan proses pembakaran yang bisa berkontribusi dalam masalah pemanasan global atau gas rumah kaca ke atmosfer.

3. Polusi Udara

Salah satu dampak yang juga membahayakan kesehatan manusia yakni dari aktifitas pembakaran sampah plastik yang kurang baik. Proses pembakaran yang kurang sempurna bisa mengakibatkan kurang terurainya partikel-partikel plastik dengan baik pula sehingga menjadi dioksin di udara.

Dioksin yang nantinya dihirup oleh manusia tersebut akan memicu tumbulnya berbagai macam penyakit seperti kanker, gangguan sistem syarat, hepatitis, gejala depresi dan pembengkakan hati. Sangat jelas bahwa sampah plastik memiliki dampak negatif bagi kesehatan manusia karena polusi yang dihasilkan dari penggunaannya.

4. Mengacaukan Proses Rantai Makanan

Salah satu bahaya sampah plastik bagi lingkungan yakni mengacaukan proses rantai makanan. Tumpukan sampah plastik yang tersebar baik di air dan tanah bisa mempengaruhi organisme baik ukuran besar hingga yang terkecil di dunia seperti plankton.

Sampah plastik yang tertelan oleh organisme-organisme tersebut bisa menyebabkan masalah kesehatan dan juga kematian. Organisme bisa mengalami keracunan atau tersedak bahan plastik. Tidak hanya organisme yang ada di dalam tanah juga di dalam air hingga manusia sebagai predator puncak dalam keseluruhan rantai makanan.

5. Bahaya Banjir

Tumpukan sampah merupakan salah satu penyebab utama banjir yang sudah jadi rahasia umum. Terjadinya bencara banjir dalam suatu wilayah seringkali diiringi dengan penemuan tumpukan sampah plastik yang menyumbat saluran air dan sungai-sungai di area pemukiman warga. Namun, kesadaran akan pemakaian dan pengolahan sampah plastik masih sangat rendah di kalangan warga. Pembuangan sampah sembarangan di sungai atau saluran air lainnya masih marak diberitakan diberbagai wilayah di Indonesia.

Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.                    
Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini? Apa yang telah kalian pelajari hari ini? 
Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia.

Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.
Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa. Yuk sebelum berdoa kita tepuk jari terlebih dahulu!Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang baik di rumah bersama keluarga kalian ya…
Ibu guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

Rabu, 09 Agustus 2023

KELAS 1 MATERI BAHASA LAMPUNG, RABU 09 AGUSTUS 2023

 KELAS :   I

MAPEL :   BAHASA LAMPUNG

Pertemuan Ke :   3

Materi :  Induk Huruf Aksara Lampung

Hari/tanggal :  Rabu, 9 Agustus 2023

 


Assalamu’alaikum…

 

Selamat Pagi anak sholeh/sholehah..Bagaimana kabarnya hari ini?
Semoga semuanya dalam keadaan sehat wal'aafiyat


Setelah tadi kita belajar Tematik, kita lanjutkan dengan belajar bahasa Lampung ya…

 

Kita harus bangga dong sebagai warga provinsi Lampung yang memiliki Bahasa Daerah beserta aksaranya.

Nah, untuk melestarikan budaya dan bahasa Provinsi kita, yuk kita lanjutkan belajar Aksara Lampung.

 

Mengenal Induk Aksara Lampung

 

Induk aksara lampung ada 20 aksara.

 

Nah sebelum kita lanjutkan belajarnya, yukk kita sama-sama melihat Video Pengenalan aksara Lampung…




Jika video di atas tidak tampil, klik DISINI

Kalau kemarin kita sudah belajar aksara yang ke-1 sampai ke-8, hari ini kita lanjutkan belajar aksara lampung yang ke-9 sampai ke-12.

 

dibaca NA


dibaca CA



dibaca JA



dibaca NYA



 

Ucapkan secara berulang agar kalian hafal 4 induk aksara lampung di atas ya…!!

 

Membaca Kata dalam Aksara Lampung

Kita sudah belajar 12 Induk aksara Lampung. Hayooo siapa yang sudah hafal ke-12 induk aksara lampung??

Nah, setelah kita belajar induk aksaranya, kita akan belajar menggabungkan 2 aksara lampung.

 

CONTOH

dibaca ka ka



 

dibaca na nya



Ma ma tulisan aksara lampungnya  


 

T U G A S

Kerjakan di buku tulis bahasa lampung!


Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.                    


Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini? Apa yang telah kalian pelajari hari ini? 

Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia.


Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.

Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa. Yuk sebelum berdoa kita tepuk jari terlebih dahulu!Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang baik di rumah bersama keluarga kalian ya…


Ibu guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.




Selasa, 08 Agustus 2023

KELAS 1 MATERI MATEMATIKA, SELASA 08 AGUSTUS 2023

Hari/Tanggal : Selasa, 08 Agustus 2023         Satuan Pendidikan : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung                        Fase/Kelas : A/1                  BAB/Tema : Ayo Membilang sampai dengan 10/Menghitung, Membaca dan Menulis Bilangan   Materi : Membandingkan banyak benda


Capaian Pembelajaran (CP)

  • Peserta didik menunjukkan pemahaman dan memiliki intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 20, mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, serta melakukan komposisi (menyusun) dan dekomposisi (mengurai) bilangan.

  • Peserta didik dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan menggunakan benda-benda konkret yang banyaknya sampai 20.

Tujuan Pembelajaran

Peserta didik dapat menunjukkan konsep sama banyak, lebih banyak, dan lebih sedikit dari dua kelompok benda menggunakan benda konkret.


Assalamualaikum anak sholih/ah..        

Bagaimana kabarnya hari ini anak sholeh dan sholehah?                                                               
Semoga semua sehat selalu, dalam lindungan Allah subhanahu wata'ala ya sayang..               
Ayo anak ibu guru, sudah siap semua untuk belajar hari ini? 

Sebelum memulai pembelajaran jangan lupa untuk mandi terlebih dahulu, sarapan, sholat dhuha dan murajaah yaa.

Hari ini kita akan belajar mata pelajaran Matematika, tujuan pembelajarannya yaitu peserta didik dapat mengenal bilangan asli sampai dengan10, menulis dan membaca lambang bilangan dengan benar, serta membandingkan dua bilangan.

Mari kita mulai pembelajaran hari ini dengan membaca doa sebelum belajar
“Radhitu billahi Rabbaa, wa bil Islami diina, wa bi Muhammadin nabiyyaa wa rasula robbi zidnii 'ilman warzuqni fahma.”

Selanjutnya simak materi berikut ini ya anak sholih/ah ^-^


Membandingkan Banyak Benda

Peserta didik dapat berdiskusi secara berkelompok. Dalam setiap kelompok, peserta didik dapat mengamati gambar di buku siswa tentang kursi dan layang-layang. Dalam kelompok, peserta didik mendiskusikan pertanyaan berikut ini.

  1. Benda apa yang paling banyak?

  2. Benda apa yang paling sedikit?

  3. Apa alasan kalian?

Setiap kelompok mendapat kesempatan untuk menyampaikan pendapat mereka


  1. Sama banyak

Sama banyak adalah jika semua benda kelompok pertama mempunyai pasangan di kelompok yang kedua. Begitu pula sebaliknya.



  1. Lebih Banyak dan Lebih Sedikit

Lebih banyak adalah jika kelompok pertama memiliki sisa benda yang tidak punya pasangan.



Lebih sedikit adalah jika kelompok kedua memiliki benda yang tidak punya pasangan.





Senin, 07 Agustus 2023

KESIMPULAN MATERI BAHASA INDONESIA, SENIN 07 AGUSTUS 2023

Kesimpulan Materi Bahasa Indonesia

Kesimpulan Materi

Bahasa Indonesia 

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Selamat siang anak-anak sholeh/ah...

Bagaimana belajar hari ini disekolah apakah menyenangkan. 

Insyaallah semuanya menyenangkan yaa. 

Alhamdulillah, hari ini kita sudah belajar di sekolah dengan Happy dan anak2 ibu guru semua hebat sudah mengikuti pembelajaran dengan baik.

Apa yang anak-anak dapat dari materi yang telah kita bahas hari ini?

Alhamdulillah kalian di sekolah telah belajar bahasa Indonesia mengenai Persiapan Membaca, dimana kalian semua sudah memahami huruf dan kata serta belajar membaca dengan baik dan benar. 

Kemudian kalian sudah belajar dengan menyimak dan menanggapi bacaan tentang bunyi dan pancaindra secara lisan. 

Contohnya :

Membaca

Membaca Kartu Kata

1. Ikuti guru membaca kata-kata yang berawalan suku kata

‘ba-’, ‘bu-’, dan ‘be-’.

2. Dapatkah kalian menyebutkan kata-kata lain yang memiliki

suku kata ‘ba-’, ‘bu-’, dan ‘be-’?

BERBICARA

Kalian sudah mendiskusikan arti kata ‘sibuk’ dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan di bawah ini! 

1. Pasar mana yang terlihat sibuk?

2. Apa yang kalian lihat pada gambar pasar yang sibuk?

3. Apa bedanya pasar yang sibuk dan pasar yang tidak sibuk?

Alhamdulillah kalian telah menyimak dan menanggapi bacaan tentang bunyi dan pancaindra secara lisan, peserta didik dapat mengenali abjad, merangkai suku kata yang diawali huruf ‘b’, menulis huruf ‘B’ dan ‘b,’ serta menulis namanya sendiri.

Alhamdulillah materi yang telah kita bahas hari ini semuanya sudah tercapai, Ibu Guru harap kalian bisa mengulasnya kembali di rumah ya Nak sholeh/ah

Terimakasih, karna hari ini kalian telah belajar dengan hati yang bahagia dan mengikuti pembelajaran dengan baik😘

Semangat belajar dirumah jangan lupa sholat. Ibu guru akhiri, Wassalamu'alaikum Wr.Wb.

KELAS 1 MATERI BAHASA INDONESIA, SENIN 07 AGUSTUS 2023

Hari/Tanggal : Senin, 07 Agustus 2023                                Satuan Pendidikan : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung        Fase/Kelas : A/1                                                                      BAB/Tema : Bunyi Apa?/Bunyi dan Panca Indra                  Materi : Persiapan Membaca                                                Pembelajaran : Persiapan Membaca, persiapan menulis

Capaian Pembelajaran (CP) :
Membaca:
Mengenali bentuk dan melafalkan bunyi huruf.
Menulis:
Menuliskan kata-kata yang sering ditemui.
Membaca
Mengenali dan mengeja kombinasi abjad pada suku kata dan kata yang sering ditemui.
Membaca:
Mengenali dan mengeja kombinasi abjad pada kata dan suku kata yang sering ditemui.

Tujuan Pembelajaran :
Dengan menyimak dan menanggapi bacaan tentang bunyi dan pancaindra secara lisan, peserta didik dapat mengenali abjad, merangkai suku kata yang diawali huruf ‘b’, menulis huruf ‘B’ dan ‘b,’ serta menulis namanya sendiri. 

ATP :
1.2 Dengan menyimak dan menanggapi bacaan tentang tempat dan aturan bermain, peserta didik dapat mengenali tanda tanya dan tanda seru dalam kalimat, serta membaca dan menulis suku kata yang diawali dengan huruf ‘h’ dan ‘c’

Assalamualaikum wr.wb, anak-anak sholeh/ha
Bagaimana kabarnya hari ini anak sholeh/sholehah?
Semoga semua dalam keadaan sehat selalu, dalam lindungan Allah Subhanahu Wata’Ala ya sayang…
Ayo anak-anak Ibu Guru, sudah siap untuk belajar hari ini?
Hari ini kita akan belajar mata pelajaran bahasa Indonesia, yaitu dengan menyimak dan menanggapi bacaan tentang bunyi dan pancaindra secara lisan, peserta didik wajib mengamati gambar di bawah ini.



Membaca Kartu Kata
1. Ikuti guru membaca kata-kata yang berawalan suku kata
‘ba-’, ‘bu-’, dan ‘be-’.
2. Dapatkah kalian menyebutkan kata-kata lain yang memiliki
suku kata ‘ba-’, ‘bu-’, dan ‘be-’?


BERBICARA

Kalian akan mendiskusikan arti kata ‘sibuk’.
Lihat dua gambar di bawah.
Jawablah pertanyaan-pertanyaan ini.
1. Pasar mana yang terlihat sibuk?
2. Apa yang kalian lihat pada gambar pasar yang sibuk?
3. Apa bedanya pasar yang sibuk dan pasar yang tidak sibuk?


Rano tidak bisa melihat.
Namun, ia bisa pergi sendiri ke rumah Ali.
Bagaimana caranya?
Mintalah ayah, ibu, atau kakak untuk membacakan ceritanya.
Setelah mendengarkan ceritanya, isilah Jurnal Membaca yang
tersedia.
Mintalah ayah, ibu, atau kakak untuk mengisi judul, nama
penulis, dan ilustrator buku ini.




PENUTUP
Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.                    
Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini? Apa yang telah kalian pelajari hari ini? 
Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia.

Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.
Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa. Yuk sebelum berdoa kita tepuk jari terlebih dahulu!Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang baik di rumah bersama keluarga kalian ya…
Ibu guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

KELAS 1 MATERI PENDIDIKAN PANCASILA, SENIN 07 AGUSTUS 2023

Hari/Tanggal                    :  Senin, 07 Agustus 2023      Satuan Pendidikan         : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung  Fase/Kelas                      :  A/1                 

BAB/Tema                     : Profil Pancasila              

Materi                            : Lambang Pancasila 

Pembelajaran                 : Lambang Pancasila dan bunyinya


Tabik Pun..

Selamat Pagi anak shalih dan shalihah...

Bagaimana kabarnya hari ini anak sholih dan sholihah?                                                               

Semoga semua sehat selalu, dalam lindungan Allah subhanahu wata'ala ya sayang..               
Ayo anak ibu guru, sudah siap semua untuk belajar hari ini? 

Materi Pendidikan Pancasila Hari ini yaitu adalah sikap-sikap sesuai nilai-nilai pancasila dilingkungan keluarga dan sekolah.

A. Capaian Pembelajaran (CP) :

1. Peserta didik mampu mengenal dan menceritakan simbol dan sila-sila Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila.

2. Peserta didik mampu mengidentifikasi dan menjelaskan hubungan antara simbol dan sila dalam lambang negara Garuda Pancasila. 

3. Peserta didik mampu menerapkan nilai- nilai pancasila di lingkungan keluarga dan sekolah.

B. Alur Tujuan Pembelajaran ( ATP)

1.2 Peserta didik dapat mengidentifikasi aturan yang ada di rumah dan disekolah serta melaksanakanya dengan bimbingan orang tua dan guru. Peserta didik dapat menceritakan contoh sikap mematuhi dan yang tidak mematuhi aturan yang berlaku dirumah dan disekolah. Peserta didik dapat menyampaikan pendapatnya dikelas sesuai dengan tingkat berfikir dan konteksnya dengan bimbingan.

C. Tujuan Pembelajaran (TP)

Peserta didik mampu:

1. Menceritakan penerapan sila-sila Pancasila

2. Menerapkan nilai-nilai sila Pancasila.

Sebelum memulai pembelajaran hari ini, mari kita berdoa terlebih dahulu.
Membaca doa sebelum belajar:
“Radhitu billahi Rabbaa, wa bil Islami diina, wa bi Muhammadin nabiyyaa wa rasula robbi zidnii 'ilman warzuqni fahma.”

Pertemuan sebelumnya kita sudah belajar tentang Lambang Negara Indonesia, simbol-simbol Pancasila dan bunyi sila-sila Pancasila yaaaa...

Baik materinya Ibu Guru ulangi sedikit yaaaa...

Perhatikan Gambar beikut ini yaaa..


Gambar apakah itu?... Ya betul gambar diatas adalah Gambar Burung Garuda, Burung Garuda adalah Lambang Negara Indonesia.

Perhatikan gambar berikut ini lagi yaa anak-anak....


Sudah hafalkah anak-anak simbol-simbol sila pancasila dan bunyi Pancasila?

Mari dihafalkan dan sekarang kita belajar tentang penerapan sikap sila-sila Pancasila atau sikap mematuhu aturan yang ada dirumah maupun disekolah ya anak-anak....^_^

Mari anak-anak simak contoh-contoh penerapan sila-sila Pancasila yaaa..

Contoh Pengamalan Sila-sila dalam Pancasila di Lingkungan Sekolah
Sila Pertama: Ketuhanan Yang Maha Esa
1. Menghargai dan menghormati warga sekolah yang sekolah yang sedang beribadah
2. Bersikap toleransi atas perbedaan keyakinan
3. Berteman baik dengan teman yang berbeda agama
4. Menjalan ibadah sesuai agamanya masing-masing
5.Tidak mengganggu teman yang sedang beribadah

Sila Kedua: Kemanusiaan yang Adil dan Beradab
1. Menjadi siswa yang beradab dan berakhlak baik
2. Bertanggung jawab sebagai seorang siswa, seperti tidak mencontek dan menaati tata tertib sekolah
3.Menolong teman atau warga sekolah yang sedang kesusahan
4. Mengerjakan kewajiban dan mendapatkan hak sebagai seorang siswa
5. Suka melakukan kegiatan kemanusiaan

Sila Ketiga: Persatuan Indonesia
1. Menjaga kerukunan dengan teman di sekolah
2. Menunjukkan rasa cinta tanah air dengan selalu mengikuti upacara bendera dengan tertib dan khidmat
3. Menghargai dan menghormati perbedaan
4. Tidak melakukan hal-hal yang memicu pertengkaran
5. Menjaga kebersihan lingkungan bersama warga sekolah

Sila Keempat: Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan

1. Menyelesaikan persoalan yang menyangkut banyak orang dengan melakukan musyawarah untuk mencapai mufakat

2.Tidak memaksakan kehendak teman dalam menentukan keputusan

3. Mempertanggungjawabkan keputusan yang diambil
4. Menghormati hasil keputusan bersama
5. Mengutamakan kepentingan bersama di atas kepentingan pribadi

Sila Kelima: Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia

1. Bekerja sama dengan teman dan warga sekolah dalam kerja bakti
2. Bekerja keras dalam menyelesaikan tugas yang diberikan guru
3. Membiasakan diri untuk saling membantu dengan teman-teman dan warga sekolah
4. Bersikap adil dalam setiap kegiatan yang dilakukan bersama orang lain
5. Berteman dengan siapa saja karena setiap orang berkedudukan sama selaku rakyat Indonesia

Sudahkah anak-anak mengamalkan sila pancasila yang baik dan benar di rumah dan disekolah?

Semoga anak-anak ibu yang shalih dan shalihah dapat menjadi anak yang baik budi pekerti nya serta memiliki akhlak yang mulia ya setelah memahami Sila-sila yang ada di Pancasila, aamiin

Sekian pembelajaran kita hari ini, mari kita tutup dengan membaca Hamdalah, Alhamdulillah Hirobbil Allamiin

Waassalamualaikum🙏🏻🥰