Jumat, 04 Maret 2022

KELAS I TEMA 7 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 5&6, JUM'AT 04 MARET 2022

 MATERI PEMBELAJARAN

 


Hari/ Tanggal : Jum’at, 04 Maret 2022

Tema 7             : Benda, Hewan, dan Tanaman di Sekitarku

Subtema 1     : Benda Hidup dan Tak Hidup di Sekitarku

Pembelajaran : 5 dan 6


Assalamualaikum Wr. Wb.

Anak-anak sudah siap belajar hari ini? Ayo, jangan lupa cuci tangan terlebih dahulu ya dengan sabun pada air mengalir sebelum dan sesudah memulai kegiatan! Nah, kalau sudah cuci tangan, mari kita bersiap memulai pembelajaran hari ini. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini! Mintalah bantuan kepada ayah/bunda untuk mendampingi selama melakukan kegiatan pembelajaran, ya! Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan.



Ayo Mengamati 

Perhatikan gambar berikut ini.

 

Benda hidup dapat berkembang biak. 

Benda tak hidup tidak dapat berkembang biak. 

Berkembang biak untuk mendapatkan keturunan. 

Berkembang biak juga untuk memperbanyak jumlahnya. 

Tujuan berkembang biak agar benda hidup terjaga kelestariannya.

 

 

Ayo Berlatih

Ayam berkembang biak dengan cara bertelur. 

Ayam biasanya bertelur sehari hanya satu butir. 

Mari menghitung banyaknya telur dalam gambar berikut ini.

 

Banyaknya telur adalah 47. 

Telur diletakkan di dalam keranjang besar dan keranjang kecil. 

Ada 4 keranjang besar dan 7 keranjang kecil. 

Keranjang besar dianggap sebagai keranjang puluhan. 

Keranjang kecil dianggap sebagai keranjang satuan. 

Jadi, 47 = 40 + 7

47 = 4 puluhan + 7 satuan 

4 menempati tempat puluhan 7 menempati tempat satuan 

Jika dituliskan dalam nilai tempat adalah seperti berikut.

47 

47 ditulis empat puluh tujuh.

 

Jadi, 47 = 40 + 7 

4 menempati puluhan. 

7 menempati satuan.

 

 

Ayo Berlatih

Aneka jenis permainan termasuk benda tak hidup. 

Boneka, mobil-mobilan, dan kartu adalah benda tak hidup. 

Dadu pun termasuk benda tak hidup. 

Mari, mencoba membuat dadu. 

Kegiatan membuat dadu untuk berlatih menentukan nilai tempat suatu bilangan.

 

Pertama-tama guntinglah pola dadu berikut.

Kemudian rekatkan dengan lem sehingga membentuk dadu.

 

 

 

 

 

Tugas

Selesaikan latihan yang ada di buku Lalisba halaman 17 ya Nak ^,^


Rabu, 02 Maret 2022

KELAS I TEMA 7 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 3&4, RABU 02 MARET 2022

 MATERI PEMBELAJARAN

 


Hari/ Tanggal : Rabu, 02 Maret 2022

Tema 7             : Benda, Hewan, dan Tanaman di Sekitarku

Subtema 1     : Benda Hidup dan Tak Hidup di Sekitarku

Pembelajaran : 3 dan 4


Assalamualaikum Wr. Wb.

Anak-anak sudah siap belajar hari ini? Ayo, jangan lupa cuci tangan terlebih dahulu ya dengan sabun pada air mengalir sebelum dan sesudah memulai kegiatan! Nah, kalau sudah cuci tangan, mari kita bersiap memulai pembelajaran hari ini. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini! Mintalah bantuan kepada ayah/bunda untuk mendampingi selama melakukan kegiatan pembelajaran, ya! Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan.



Ayo Berlatih

Apakah kamu sudah dapat membedakan antara benda hidup dan benda tak hidup? 

Mari kita amati gambar benda pada simbol sila-sila Pancasila. 

Berilah tanda centang () pada kolom yang sesuai.

 

Masih ingatkah kamu dengan bunyi sila ke-4 Pancasila?

Iya benar, “Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan”.

 

Perhatikan simbol Pancasila berikut ini. 

Manakah gambar yang menunjukkan simbol sila ke-4 Pancasila?

 

Yaa… benar, “Kepala Banteng”

Gambar kepala banteng adalah gambar buatan manusia. 

Gambar kepala banteng adalah simbol sila ke-4 Pancasila. 

Banteng merupakan hewan ciptaan Tuhan. 

 

Banteng termasuk salah satu contoh benda hidup. 

Benda hidup dapat bergerak dan membutuhkan makanan.

 

 

Ayo Mengamati

Amati perubahan benda pada gambar berikut ini.

 

Benda hidup dapat tumbuh besar. 

Benda hidup dapat bertambah berat dan tinggi.

Tinggi badan kita bertambah sejak bayi hingga sekarang.

 

Hewan dan tumbuhan juga dapat bertambah tinggi. 

Benda tak hidup tidak dapat tumbuh besar. 

Benda-benda dapat memiliki tinggi yang berbeda-beda.

 

 

 

Ayo Berlatih

 C:\Users\User\Downloads\WhatsApp Image 2022-02-07 at 11.08.10.jpeg

 

 

Tugas

Tolong tugasnya di print kemudian di kerjakan dan di tempel ke buku tematiknya ya sayang!


C:\Users\User\Downloads\WhatsApp Image 2022-02-07 at 11.10.35.jpeg

 

 

Selamat mengerjakan! 

Jangan lupa ucapkan terima kasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah hari ini! Mari, kita akhiri kegiatan belajar di rumah hari ini dengan membaca doa sesudah belajar. Terima kasih.. Sampai jumpa besok yaa sholih shaliha.

 

Wassalamualaikum Wr. Wb.



Selasa, 01 Maret 2022

KELAS I TEMA 7 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 1&2, SELASA 01 MARET 2022

     MATERI PEMBELAJARAN

 


Hari/ Tanggal : Selasa, 01 Maret 2022

Tema 7             : Benda, Hewan, dan Tanaman di Sekitarku

Subtema 1     : Benda Hidup dan Tak Hidup di Sekitarku

Pembelajaran : 1 dan 2


Assalamualaikum Wr. Wb.

Anak-anak sudah siap belajar hari ini? Ayo, jangan lupa cuci tangan terlebih dahulu ya dengan sabun pada air mengalir sebelum dan sesudah memulai kegiatan! Nah, kalau sudah cuci tangan, mari kita bersiap memulai pembelajaran hari ini. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini! Mintalah bantuan kepada ayah/bunda untuk mendampingi selama melakukan kegiatan pembelajaran, ya! Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan.



Udin dan teman-teman pergi bersama ke sekolah. 

Mereka mengenakan seragam dengan rapi dan lengkap. 

Topi termasuk bagian dari seragam yang harus dikenakan. 

Topi dan seragam merupakan contoh benda tak hidup. 

Apakah kamu suka mengenakan topi? 

Tahukah kamu lagu Topi Saya Bundar? 

Coba nyanyikan lagu Topi Saya Bundar bersama teman-temanmu.

 

 

Perhatikan lirik lagu tersebut. 

Apakah topimu juga berbentuk bundar? 

Kemudian perhatikan tanda yang ada di bawah syair lagu berikut ini.

 

Dapatkah kamu membedakan antara lirik lagu yang diberi tanda pendek () dan panjang ()?          

Diskusikan bersama temanmu. 

Apa saja benda yang memiliki kesamaan dengan topi?

 

 

Ayo Berlatih

Mari, belajar mengenali benda-benda di sekitar kita. 

Amati gambar di bawah ini.

 

Apa saja benda hidup yang ada di sekitarmu? 

Apa saja benda tak hidup yang ada di sekitarmu? 

Coba kelompokkan benda-benda tersebut berdasarkan cirinya.

 

Perhatikan gambar benda-benda berikut.

Dari benda-benda di atas, apakah anak-anak mengetahui mana saja benda yang hidup dan benda ya mati?

Ya benar sekali anak-anak Ibu Guru..

Yang merupakan benda hidup adalah Edo, Lani, Udin, Anak bebek

Yang merupakan benda tak hidup adalah Tiang bendera, gedung sekolah, sepeda, boneka, mobil-mobilan dan garuda Pancasila.  

 

 

Ayo Mengamati

Benda-benda di kelas harus kita pelihara dengan baik. 

Kegiatan memelihara benda dengan baik termasuk perbuatan yang terpuji. 

Berikut ini adalah lambang negara kita yaitu Garuda Pancasila.

Lambang negara biasa dipajang pada dinding kelas. 

Pada lambang negara tersebut terdapat sila-sila Pancasila. 

Kamu sudah mengetahui sila ke-1 sampai sila ke-3 pada pembelajaran sebelumnya.

Sekarang, mari kita mengenal simbol dan bunyi sila ke-4 Pancasila. 

Simbol sila ke-4 Pancasila adalah kepala banteng.

 

Bacalah dengan nyaring!

Udin dan Lani bermain bersama. 

Udin membawa kucing peliharaannya. 

Lani membawa boneka kesayangannya. 

Setiap hari Udin memberi makan kucingnya. 

Semakin lama tubuh kucing tumbuh besar. 

Udin sering mengajak kucingnya berjalan-jalan di taman. 

Udin merawat kucingnya setiap hari. 

Lani tidak perlu memberi makan bonekanya.

Lani membersihkan bonekanya setiap hari.

 

 

 

Tugas

Tugasnya tolong di print dan di kerjakan lalu di tempel ke buku latihannya ya sayang!

C:\Users\User\Downloads\WhatsApp Image 2022-02-07 at 10.54.22.jpeg

 

 

Selamat mengerjakan! 

Jangan lupa ucapkan terima kasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah hari ini! Mari, kita akhiri kegiatan belajar di rumah hari ini dengan membaca doa sesudah belajar. Terima kasih.. Sampai jumpa besok yaa sholih shaliha.

 

Wassalamualaikum Wr. Wb.



Jumat, 25 Februari 2022

KELAS I TEMA 6 SUBTEMA 4 PEMBELAJARAN 6, JUM'AT 25 FEBRUARI 2022

 MATERI PEMBELAJARAN

 


Hari/ Tanggal : Jum’at, 25 Februari 2022

Tema 6             : Lingkungan Bersih, Sehat dan Asri

Subtema 4     : Bekerja Sama Menjaga Kebersihan dan Kesehatan Lingkungan

Pembelajaran : 6


Assalamualaikum Wr. Wb.

Anak-anak sudah siap belajar hari ini? Ayo, jangan lupa cuci tangan terlebih dahulu ya dengan sabun pada air mengalir sebelum dan sesudah memulai kegiatan! Nah, kalau sudah cuci tangan, mari kita bersiap memulai pembelajaran hari ini. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini! Mintalah bantuan kepada ayah/bunda untuk mendampingi selama melakukan kegiatan pembelajaran, ya! Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan.



Ayo Membaca

Siti pergi ke sekolah bersama Lani. 

Mereka berjalan kaki. 

Siti bercerita tentang berbelanja ke pasar. 

Tak terasa mereka sudah tiba di sekolah. 

Udin mengajaknya berkumpul di kelas. 


Bacalah teks percakapan berikut.


Udin : Selamat pagi, teman-teman. Aku mempunyai berita penting. 

  Lingkungan kita akan mengikuti lomba kebersihan. 

Edo     :  Wow...., berita yang sangat bagus. Aku senang mendengarnya.

Lani  : Lingkungan kita memiliki pasar yang bersih. 

Beni : Jalan di lingkungan kita bersih dan sejuk. 

Siti     : Sekolah kita bersih dan indah.   

Dayu : Balai desa bersih dan rapi. 

Beni : Taman bermain sejuk dan indah. 

Siti      : Mari kita bekerja sama merapikan sekolah. Sekolah kita harus lebih bersih dan rapi.



Udin dan teman-temannya bekerja sama. 

Mereka merapikan sekolah. 

Merapikan kelas dan perpustakaan. 

Merapikan kantin dan toilet. 

Merapikan halaman dan lingkungan sekolah. 

Semua bekerja dengan gembira.



Dapatkah kamu merapikan sekolah atau rumah seperti Udin?

Lakukanlah bersama teman-temanmu atau keluargamu ya Nak..



Ayo Mencoba

Beni dan Edo  merapikan kerikil di beberapa tempat. 

Lani mengumpulkan daun yang berserakan. 

Siti memunguti bunga melati yang gugur.

 

Hitunglah banyaknya benda-benda berikut.

Jodohkanlah dengan bilangan yang tepat.

 

  

Ayo Menulis

Dayu bertugas merapikan toilet. 

Ada ember terisi air. 

Ada gayung untuk mengambil air. 

Ada tanaman di sudut toilet. 

Dayu menuliskan aturan di dinding toilet.

 

TUGAS!


PH

TEMA 6 SUBTEMA 3

TEMA 6 SUBTEMA 4

BAHASA LAMPUNG

 

 

Selamat mengerjakan! 

Jangan lupa ucapkan terima kasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah hari ini! Mari, kita akhiri kegiatan belajar di rumah hari ini dengan membaca doa sesudah belajar. Terima kasih.. Sampai jumpa besok yaa sholih shaliha.

 

Wassalamualaikum Wr. Wb.